P. 1
Metode-Metode Pembelajaran

Metode-Metode Pembelajaran

|Views: 30|Likes:
Published by Sauqina Rachman
Tentang metode -metode pembelajaran
Tentang metode -metode pembelajaran

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Sauqina Rachman on Feb 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2013

pdf

text

original

Dosen Pengasuh

:

        Adriansyah Anggi Kharisma Anton Aminah Eddy Wibowo Muslimah Rahmadhani Sauqina Thoyyibah .

Apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran? Apa sajakah metode-metode pembelajaran? Bagaimana cara untuk menentukan metode yang tepat untuk palajaran IPA (biologi)? . 3. 2.1.

.

metode pembelajaran merupakan alat untuk menciptakan proses belajar mengajar. Menurut Hamdani (2010: 80) Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa. . metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Karena penyampaian itu berlangsung dalam interaksi edukatif. Dengan demikian.

.  “Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan”--M. Sobri Sutikno (2009: 88) Menurut Ahmadi (1997: 52) dikutip oleh Yatik Hidayanti. metode pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur.

Guru menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa Guru sebagai pusat perhatian (Teacher centered) .

Siswa cenderung terlibat aktif Proses pembicaraan yang terarah pada pemahaman dan pertimbangan mengenai suatu masalah .

menerapkan. mengklasifikasikan. membuat kesimpulan.Memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan siswa Metode ini mengembangkan keterampilan mengamati. . dan mengkomunikasikan ide. menginterpretasikan.

Langsung melibatkan para siswa melakukan percobaan untuk mencari jawaban terhadap permasalahan yang diajukan Metode ini merupakan unsur pokok dalam pendekatan inquiry dan discovery Siswa aktif berpatisipasi .

Guru lebih aktif dalam kegiatan (mendemonstrasikan) Membantu memperoleh jawaban dengan mengamati suatu proses atau peristiwa tertentu. .

mengobservasi masalah. mencari hubungan antara berbagai data yang terkumpul kemudian menarik kesimpulan yang merupakan hasil pemecahan Siswa aktif dalam proses .   Memberikan masalah riil kepada siswa untuk dipecahkan Diperlukan serta mengasah kemampuan untuk melihat sebab akibat.

Memberikan tugas kepada siswa (misal: memberi soalsoal. mengumpulkan kliping menanamkan kebiasaankebiasaan tertentu pada siswa Metode yang mendukung pendekatan problem solving .

.

membaca dll. Membuat laporan berupa makalah .Siswa diberi tugas Mengamati.

Motivasi .1. Interaktif b. 3. Menantang e. 4. Inspiratif c. Tujuan Pembelajaran Aktivitas dan Pengetahuan Awal Siswa Integritas Bidang Studi/Pokok Bahasan Jumlah Siswa a. Menyenangkan d. 2.

Jika ada yang masih kurang jelas. silahkan ditanyakan kepada penyaji .

Sekian dan Terimakasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->