Dosen Pengasuh

:

        Adriansyah Anggi Kharisma Anton Aminah Eddy Wibowo Muslimah Rahmadhani Sauqina Thoyyibah .

Apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran? Apa sajakah metode-metode pembelajaran? Bagaimana cara untuk menentukan metode yang tepat untuk palajaran IPA (biologi)? . 2.1. 3.

.

Karena penyampaian itu berlangsung dalam interaksi edukatif. Dengan demikian. metode pembelajaran merupakan alat untuk menciptakan proses belajar mengajar. metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. . Menurut Hamdani (2010: 80) Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa.

metode pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur. . Sobri Sutikno (2009: 88) Menurut Ahmadi (1997: 52) dikutip oleh Yatik Hidayanti.  “Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan”--M.

Guru menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa Guru sebagai pusat perhatian (Teacher centered) .

Siswa cenderung terlibat aktif Proses pembicaraan yang terarah pada pemahaman dan pertimbangan mengenai suatu masalah .

menerapkan. membuat kesimpulan. dan mengkomunikasikan ide.Memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan siswa Metode ini mengembangkan keterampilan mengamati. . menginterpretasikan. mengklasifikasikan.

Langsung melibatkan para siswa melakukan percobaan untuk mencari jawaban terhadap permasalahan yang diajukan Metode ini merupakan unsur pokok dalam pendekatan inquiry dan discovery Siswa aktif berpatisipasi .

Guru lebih aktif dalam kegiatan (mendemonstrasikan) Membantu memperoleh jawaban dengan mengamati suatu proses atau peristiwa tertentu. .

mencari hubungan antara berbagai data yang terkumpul kemudian menarik kesimpulan yang merupakan hasil pemecahan Siswa aktif dalam proses . mengobservasi masalah.   Memberikan masalah riil kepada siswa untuk dipecahkan Diperlukan serta mengasah kemampuan untuk melihat sebab akibat.

mengumpulkan kliping menanamkan kebiasaankebiasaan tertentu pada siswa Metode yang mendukung pendekatan problem solving .Memberikan tugas kepada siswa (misal: memberi soalsoal.

.

Membuat laporan berupa makalah . membaca dll.Siswa diberi tugas Mengamati.

4. Interaktif b. Tujuan Pembelajaran Aktivitas dan Pengetahuan Awal Siswa Integritas Bidang Studi/Pokok Bahasan Jumlah Siswa a. 2. Inspiratif c. Motivasi . 3. Menantang e.1. Menyenangkan d.

silahkan ditanyakan kepada penyaji .Jika ada yang masih kurang jelas.

Sekian dan Terimakasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful