P. 1
Perdagangan International

Perdagangan International

|Views: 15|Likes:
Published by Emily Amelia

More info:

Published by: Emily Amelia on Feb 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2014

pdf

text

original

Perdagangan International

by : Chris Surya Sudjianto, SE.

Definisi
 Perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama  Perdagangan antara dua negara atau lebih yang saling menguntungkan

Faktor – Faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional  Sumber daya alam (SDA)  Selera  Penghematan biaya produksi (efisiensi)  Tingkat teknologi .

Faktor – Faktor pendorong lainnya perdagangan internasional  Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri  Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara. .  Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi.

. hubungan politik dan dukungan dari negara lain.Faktor – Faktor pendorong lainnya perdagangan internasional  Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.  Keinginan membuka kerja sama.  Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.

Manfaat Perdagangan Internasional  Memperoleh Devisa  Memperluas Kesempatan Kerja  Menstabilkan HargaHarga  Meningkatkan Kualitas Konsumsi  Mempercepat Alih Teknologi .

Menurut Sudono Sukirno  Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri  Memperoleh keuntungan dari spesialisasi  Memperluas pasar dan menambah keuntungan  Transfer teknologi modern .

Teori Keunggulan Perdagangan Internasional  Teori Keunggulan Mutlak (Absolute Advantage Theory) Adam Smith – Suatu negara dikatakan memiliki keunggulan mutlak apabila negara tersebut mampu memproduksi lebih banyak barang dari negara lain. dengan menggunakan sumber daya produksi yang sama. . Dengan keunggulan itu mereka akan memperoleh keuntungan dalam perdagangan internasional.

yakni dengan berspesialisasi pada barang yang memiliki kekurangan yang kecil dibandingkan dengan produksi barang lain. Teori Keunggulan Komparatif (Comparative Advantedge Theory) David Ricardo – Suatu negara dapat melakukan perdagangan internasional meskipun tidak memiliki keunggulan mutlak. .

Dampak terhadap produktifitas dan konsumsi negara yang bersangkutan  Menurunkan biaya produksi melalui kenaikan tingkat produksi (skala ekonomi)  Meningkatkan produktifitas pekerja karena adanya spesialisasi  Meningkatkan kemampuan konsumsi masyarakat  Meningkatkan pilihan barang konsumsi masyarakat .

Wujud hubungan dagang antar negara  Ekspor  hubungan dagang melalui penualan barang yang dihasilkan di suatub negara ke negara lain.  Impor  hubungan dagang dengan cara membeli barang dari luar negeri untuk kebutuhan dalam negeri .

Devisa  Segala mata uang asign yang beredar dalam negeri suatu negara dan memiliki catatan kurs resmi di bank sentral .

Fungsi Devisa  Alat tukar internasional  Alat pembayaran luar neheri  Alat stabilisasi mata uang suatu negara .

Sumber penerimaan devisa berupa  Ekspor barang dan jasa  Pinjaman luar negeri  Bunga atau pendapatan investasi .

Nilai tukar Valuta Asing (Kurs)  Jumlah satuan mata uang yang harus diserahkan untuk mendapatkan satu satuan mata uang asing  Perbandingan nilai antara mata uang dalam negeri dengan mata uang asing  Nilai kurs berubah tergantung permintaan dan penawaran .

Fungsi Kurs      Pembayaran antar negara Pertukaran barang dan jasa Mengukur kekayaan Menimbun kekayaan Cadangan moneter .

Kurs  Kurs Jual  kurs valas yang digunakan jika bank/money changer menjual valas kepada nasabah  Kurs Beli  kurs valas yang digunakan ketika bank/money changer membeli vasal sari nasabah .

Contoh Perhitungan Kurs Mata Uang USD Kurs Jual 12100 Kurs Beli 11500 SGD HKD JPY 8000 1560 138 7600 1480 128 GBP AUD THB EUR 17300 7640 350 15460 16360 7220 290 14660 .

000. Berapa rupiahkah yang harus dibayar oleh Tuan Amir . Ketika ditukar di Bank maka uang yang didapat Tuan Yoshihara sejumlah ….Contoh Soal  Tuan Yoshihara berkunjung ke Indonesia dengan membawa uang sebesar 150.  Tuan Amir mengimpor mobil dari Amerika dengan harga US$ 15.000 yen.

Berapa rupiahkah yang harus ia siapkan jika punya tabungan senilai USD 4.000 untuk modal usahanya. dia berniat untuk membeli perlengkapan Pecinta Alam senilai SGD 300. Ia membutuhkan THB 150.Latihan Soal  Stevanus ingin membuka usaha di bidang impor gula dari thailand.500  Budi mendapat kiriman sebesar EUR 1.400.500 GBP maka berapa rupiahkah yang harus ia siapkan lagi dari tabungannya ? . jika Budi ingin membelikan istrinya perhiasan dari inggris senilai 1. beras untuk keluarganya selama 3 bulan senilai HKD 300.

Ia ingin membelikan anak kembarnya notebook masing-masing senilai SGD 975. selain itu ia ingin juga mengajak pergi istrinya ke Ruskan dan Tour per orang dikenakan USD 4000 dan biaya fiskal Rp.000.000. 2.Latihan Soal  Jimmy memperoleh deviden dari sejumlah saham yang ia punya di luar negeri sejumlah AUD 12. Berapa Euro yang harus diambil Jimmy dari tabungannya? .500.

Berapa Australia Dollar yang harus ia minta dari ayahnya yang sedang berbisnis di Australia ? . ia membutuhkan US$ 5. sedangkan Allan memiliki simpanan di rumah sebesar SGD 4.000.500. Setelah dilakukannya kalkulasi modal.Latihan Soal  Allan ingin membuka usaha nengkel di Jakarta Barat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->