rancangan penelitian

Hubungan Antara Minat Terhadap Ilmu Alam dengan Prestasi Belajar Siswa kelas XII IPA7 SMAN 3 Mataram

Nama : I gusti ayu religia utami Kelas : XII IPA 7 No.Absen : 15

Sebagian siswa belum menunjukkan prestasi belajar yang maksimal. Pemilihan jurusan sangat penting bagi prestasi siswa di sekolah. Siswa harus memilih jurusan yang sesui dengan minat dan kemampuan siswa sehingga tidak akan menjadi kendala dalam mengikuti pembelajaran. biasanya prestasi belajar siswa dipengaruh oleh minat siswa memilih jurusan yang ia inginkan. Rumusan Masalah 1. Memilih jurusan yang tepat sesuai dengan minat mereka merupakan hal yang penting. cara-cara belajar yang telah digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa masih belum mampu memperbaiki prestasi belajar siswa. bila siswa memiliki prestasi belajar yang maksimal akan memudahkan mereka untuk mendapatkan nilai yang baik. Apakah ada hubungan antara minat terhadap ilmu alam dengan prestasi belajar siswa XII IPA7 SMAN 3 Mataram . Seberapa besarkah tingkat prestasi belajar siswa XII IPA7 SMAN 3 Mataram 3.“Hubungan Antara Minat Terhadap Ilmu Alam dengan Prestasi Belajar Siswa kelas XII IPA7 SMAN 3 Mataram” Latar Belakang Siswa harus memiliki prestasi belajar yang maksimal. Seberapa besarkah minat siswa XII IPA7 SMAN 3 Mataram terhadap ilmu alam 2. Maka dari itu perlu diadakan penelitian terhadap minat siswa kelas XII IPA7 SMAN 3 Mataram memilih jurusan yang akan mempengaruhi prestasi belajar siswa.

2. 2. Untuk mengetahui hubungan antara minat terhadap ilmu alam dengan prestasi belajar siswa XII IPA7 SMAN 3 Mataram Manfaat Penelitian 1. Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa XII IPA7 SMAN 3 Mataram 3. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui seberapa besar minat siswa XII IPA7 SMAN 3 Mataram terhadap ilmu alam. Memberikan penjelasan kepada orang tua tentang prestasi belajar siswa sehingga orang tua tidak memaksakan kehendak pada anaknya untuk memilih jurusan IPA 3. Sebenarnya kata Prestasi belajar merupakan suatu pengertian yang terdiri dari dua kata Prestasi dan belajar. Dijadikan sebagai sumber teori bagi penelitian yang berkaitan dengan minat siswa terhadap ilmu alam dengan prstasi belajar siswa Landasan Teori Pengertian prestasi belajar (definisi).Tujuan Penelitian 1. Prestasi belajar mempunyai arti sesuatu yang diadalkan (dibuat. Pengertian Prestasi belajar tidak hanya yang tersebut di atas akan tetapi ada pengertian lain mengenal kata prestasi belajar yang dinyatakan oleh Suharto dan Iryanta Tata bahwa Prestasi belajar adalah suatu yang ada (terjadi) oleh suatu kerja. yang masing-masing mempunyai arti sendiri-sendiri. Prestasi belajar merupakan dambaan bagi setiap siswa yang sedang mengikuti proses pembelajaran di sekolah serta dambaan bagi orang tua maupun guru. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi motivasi siswa untuk lebih meningkatkan prestasi belajar. Dijadikan masukan bagi guru BK untuk mengadakan tes tentang minat siswa terhadap ilmu alam 4. Selanjutnya makna kata . dijadikan dan sebagainya) oleh usaha.

(3) kebiasaan. Praja menyatakan bahwa : Prestasi belajar yang utama adalah pola tingkah laku yang bulat. (4) ketrampilan (skill). Bloom membagi tingkat kemampuan atau tipe Prestasi belajar dari aspek kognitif menjadi enam : (a) pengetahuan hafalan. ketrampilan maupun pengetahuannya. (1) kecakapan. (7) hubungan sosial. (2) pengertian. Ditandai dengan hafalnya seseorang kepada sesuatu materi yang dipelajarinya yang dimanifestasikan dalam bentuk-bentuk : (1) pengetahuan. (3) prinsip-prinsip atau generalisasi atau pengertian. ketrampilan. (5) apresiasi. pengertian. sintesis. kebiasaan. (5) sikap-sikap dan respons-respons emosional dan (6) fakta-fakta dan pengetahuan. (d) analisis. dan (10) sikap (attitude). mengemukakan bahwa Prestasi belajar terdiri dari : . (3) aspek psikomotor meliputi keterampilan bergerak dan ketrampilan verbal dan non verbal. Dari pendapat-pendapat tersebut. Ngalim Purwanto menyatakan bahwa: “Prestasi belajar adalah tingkat kemampuan berpikir”. namun meliputi pula aspek pembentukan watak seorang siswa”. (b) Prestasi belajar yang dicapai oleh tiap-tiap anak setelah belajar atau usaha yang diandalkan oleh guru berupa angka-angka atau skala (c) Prestasi yang diperoleh murid berupa pengetahuan. Prestasi belajar adalah. (6) emosional. yaitu (1) aspek kognitif meliputi pengetahuan hafalan. Selanjutnya Abin Syamsudin secara garis besar membagi Prestasi belajar menjadi tiga golongan. normatif watak murid yang dikembangkan di sekolah melalui sejumlah mata pelajaran. pengamatan. dan ketrampilan. Burton menyatakan bahwa. (9) etika atau budi pekerti. (2) aspek efektif meliputi penerimaan. dan (f) evaluasi. tingkah laku. Jenis-jenis Prestasi Belajar E. internalisasi. evaluasi. pengertian Prestasi belajar adalah (a) sesuatu yang didapat atau dicapai seseorang setelah mengalami proses belajar yang dinyatakan dengan berubahnya pengetahuan. sambutan.“Prestasi belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya”. Usman Effendi dan Juhaya S. Prestasi belajar ditandai dengan perubahan seluruh aspek tingkah laku yaitu aspek motorik. (8) jasmani. (b) pemahaman atau komprehensif. (2) ketrampilan. Sedang Sindgren. (c) penerapan aplikasi. penghargaan. Pusat Pengujian Balitbang Depdikbud menyatakan bahwa : “Prestasi belajar tidak hanya meliput aspek pengetahuan dan ketrampilan. aplikasi. karakterisasi. ketrampilan mental. aspek kognitif sikap. analisis. apresiasi.

com . Selanjutnya Moh.wikipedia. Pengumpulan Data 1. penafsiran dan memberi arti dari kesimpulan yang diterimanya melalui alat indra. dalam rangka interaksinya dengan lingkungan dan dalam rangka proses belajar. Dokumenter Penulis mendata rapot siswa untuk mengetahui hubungan minat siswa terhadap prestasi belajar siswa Daftar Pustaka  www. adalah proses penerimaan.(a) ketrampilan (skill). Angket Penulis memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang minat minat siswa terhadap ilmu alam dengan prestasi belajar siswa 2. Surya dan Nana Syaodih Sukmadinata menyatakan bahwa selain aspek-aspek yang telah dibahas di atas. (3) inhibisi adalah kesanggupan seseorang untuk memilih tindakan yang perlu dilakukan dan meninggalkan tindakan-tindakan yang tidak perlu.com  www. juga terdapat perubahan aspek-aspek : (1) pengamatan. (c) pengertian (konsep) dan (d) sikap (attitude). (2) Berpikir assosiatif daya ingatan adalah suatu proses berpikir di mana terbentuk hubungan antara perangsang-perangsang dan respon.google. (b) informasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful