P. 1
Format Instrumen Biologi 8agst-Final

Format Instrumen Biologi 8agst-Final

|Views: 97|Likes:
Published by Edi Gunawan

More info:

Published by: Edi Gunawan on Feb 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/23/2013

pdf

text

original

INSTRUMEN PENILAIAN TAHAP II BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI SMA/MA

BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN 2006

BSNP 2006

1

Keluasan materi 2. Akurasi teori 4. Akurasi fakta 2. Menumbuhkan rasa ingin tahu 2. AKURASI MATERI 1. Kebenaran prinsip/hukum 5. Menumbuhkan semangat inovatif/kreativitas 4. Menumbuhkan semangat kewirausahaan 2. BUTIR SKOR 1 2 3 4 RERATA SKOR PROFIL BUKU I. Akurasi prosedur /metode C. Kebenaran konsep 3. CAKUPAN MATERI 1. Menumbuhkan etos kerja 3. MERANGSANG KEINGINTAHUAN (CURIOSITY) 1. MENGANDUNG WAWASAN PRODUKTIVITAS 1. Kedalaman materi B. Menumbuhkan daya saing E. Rujukan termasa (up to date) D. KOMPONEN KELAYAKAN ISI A. KEMUTAKHIRAN 1. Kemampuan merangsang berpikir kritis BSNP 2006 2 . Kesesuaian dengan perkembangan ilmu 2. Keterkinian/ketermasaan fitur (contoh-contoh) 3.INSTRUMEN PENILAIAN TAHAP II BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI SMA/MA NO.

Mengembangkan kecakapan sosial 3. BSNP 2006 3 .Mendorong untuk mencari informasi lebih jauh F. KOMPONEN KEBAHASAAN A. Keterpahaman peserta didik terhadap pesan 2. Mengembangkan kecakapan vokasional G. KOMUNIKATIF 1. Biologi RERATA SKOR KOMPONEN KELAYAKAN ISI II. lingkungan lokal/nasional/regional/internasional Apresiasi terhadap pakar perintis perkembangan 2. Mengembangkan kecakapan personal 2. Mengembangkan kecakapan akademik 4. berpikir peserta didik Kesesuaian dengan tingkat perkembangan 2. Apresiasi terhadap kekayaan potensi Indonesia H. sosial-emosional peserta didik B. MENGEMBANGKAN WAWASAN KEBINEKAAN (SENSE OF DIVERSITY) Apresiasi terhadap keanekaragaman hayati dan 1. MENGANDUNG WAWASAN KONTEKSTUAL Menyajikan contoh-contoh konkret dari 1. Menciptakan komunikasi interaktif 3. SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Kesesuaian dengan tingkat perkembangan 1. membangkitkan rasa syukur peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa 2. merespons pesan 2. Kesesuaian ilustrasi dengan substansi pesan C. DIALOGIS DAN INTERAKTIF Kemampuan memotivasi peserta didik untuk 1. MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) 1.

materi Penyajian teks. Kelogisan penyajian 3. Pengantar BSNP 2006 4 . gambar dan lampiran Ketepatan penomoran dan penamaan tabel. gambar dan lampiran Advance organizer (pembangkit motivasi 5. Ketepatan struktur kalimat 2. KOHERENSI DAN KERUNTUTAN ALUR PIKIR 1. Ketepatan ejaan G. Ketepatan tatabahasa 2. Keruntutan konsep 4.D. belajar) pada awal bab 6. Ketepatan penulisan nama ilmiah/asing RERATA SKOR KOMPONEN KEBAHASAAN III. dengan rujukan/sumber acuan 3. gambar. Konsistensi penggunaan istilah 2. KESESUAIAN DENGAN KAIDAH BAHASA INDONESIA YANG BENAR 1. PENGGUNAAN ISTILAH DAN SIMBOL/LAMBANG 1. KOMPONEN PENYAJIAN A. PENDUKUNG PENYAJIAN MATERI Kesesuaian/ketepatan ilustrasi dengan 1. Ketertautan antarbab/subbab/alinea/kalimat F. tabel. dan lampiran disertai 2. Identitas tabel. 4. Kebakuan istilah E. Keutuhan makna dalam bab/subbab/alinea 2. LUGAS 1. Konsistensi sistematika sajian dalam bab 2. Konsistensi penggunaan simbol/lambang 3. TEKNIK PENYAJIAN 1. Keseimbangan substansi antarbab/subbab B.

Kesesuaian dengan karakteristik mata pelajaran 4. Daftar Pustaka 10. didik melalui ilustrasi. Berpusat pada peserta didik 3.7. Glosarium 8. Rangkuman C. analisis kasus. dan soal latihan RERATA SKOR KOMPONEN PENYAJIAN BSNP 2006 5 . Menyajikan umpan balik untuk evaluasi diri Kemampuan merangsang kedalaman berpikir peserta 5. PENYAJIAN PEMBELAJARAN 1. Indeks ( subjek dan pengarang ) 9. Keterlibatan peserta didik 2.

DESKRIPSI BUTIR INSTRUMEN PENILAIAN TAHAP II BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI SMA/MA I. KOMPONEN KELAYAKAN ISI A. Akurasi materi Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Butir 3 Deskripsi Butir 4 Deskripsi Akurasi fakta Fakta yang disajikan sesuai dengan kenyataan dan efisien untuk meningkatkan pemahaman peserta didik Kebenaran konsep Konsep yang disajikan tidak menimbulkan banyak tafsir dan sesuai dengan definisi yang berlaku dalam bidang biologi Akurasi teori Teori yang disajikan sesuai dengan yang berlaku dalam bidang biologi Kebenaran prinsip/hukum Prinsip/hukum yang disajikan sesuai dengan yang berlaku dalam bidang biologi. BSNP 2006 6 . Cakupan materi Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Keluasan materi Materi yang disajikan minimal mencerminkan jabaran substansi materi yang terkandung dalam Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) Kedalaman materi Materi mencakup mulai dari pengenalan konsep sampai dengan interaksi antarkonsep dengan memperhatikan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) B.

contoh.secara benar (akurat) Butir 5 Deskripsi Akurasi prosedur/metode Prosedur/metode yang disajikan dapat diterapkan dengan runtut dan benar C. Materi yang disajikan dapat memotivasi peserta didik untuk menghasilkan karya-karya baru. dan gagasangagasan baru BSNP 2006 7 . dan latihan yang disajikan relevan dan menarik. dan mencerminkan ketermasaan (up to date) D. kejadian atau kondisi termasa (up to date) Rujukan termasa (up to date) Rujukan yang digunakan relevan. serta mencerminkan peristiwa. sesuai dengan perkembangan keilmuan biologi terkini Keterkinian/ketermasaan fitur (contoh-contoh) Uraian. valid. Kemutakhiran Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Butir 3 Deskripsi Kesesuaian dengan perkembangan ilmu Materi yang disajikan up to date. Mengandung wawasan produktivitas Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Butir 3 Deskripsi Menumbuhkan semangat kewirausahaan Latihan atau contoh-contoh yang disajikan memotivasi peserta didik untuk bekerja keras dan maju Menumbuhkan etos kerja Latihan atau contoh-contoh yang diberikan memotivasi peserta didik untuk membentuk sikap disiplin dalam belajar dan bekerja Menumbuhkan semangat inovatif/kreativitas Latihan atau contoh-contoh yang disajikan dapat merangsang berpikir kreatif dan inovatif termasuk melalui metode inkuiri/eksperimen.

contoh. berinteraksi. makhluk sosial. menyelesaikan masalah. dan membuat keputusan dalam kerja ilmiah Butir 2 Deskripsi Butir 3 Deskripsi BSNP 2006 8 . serta mengembangkan diri sendiri sebagai pribadi mandiri.Butir 4 Deskripsi Menumbuhkan daya saing Latihan atau contoh-contoh yang disajikan memotivasi peserta didik untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih E. dan inovatif termasuk melalui metode inkuiri/eksperimen Mendorong untuk mencari informasi lebih jauh Uraian. contoh. kreatif. dan latihan yang disajikan memotivasi peserta didik untuk menggali dan memanfaatkan informasi. dan makhluk ciptaan Tuhan Mengembangkan kecakapan sosial Uraian. dan latihan yang diberikan memotivasi peserta didik untuk berkomunikasi. atau fenomena alam) yang disajikan merangsang peserta didik untuk berpikir lebih jauh Kemampuan merangsang berpikir kritis Materi yang disajikan dapat merangsang berpikir kritis. contoh. dan latihan (soal. Merangsang keingintahuan (curiosity) Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Butir 3 Deskripsi Menumbuhkan rasa ingin tahu Uraian. kasus. contoh. dan bekerjasama dengan orang lain Mengembangkan kecakapan akademik Uraian. dan latihan yang disajikan memotivasi peserta didik untuk mengenal kelebihan dan kekurangan. Mengembangkan kecakapan hidup (life skills) Butir 1 Deskripsi Mengembangkan kecakapan personal Uraian. dan latihan mendorong peserta didik untuk memperoleh informasi dari berbagai sumber F. contoh.

menggali potensi. serta membangkitkan rasa syukur peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan beranekaragam mahluk hidup Apresiasi terhadap kekayaan potensi keanekaragaman hayati indonesia Uraian. dan latihan yang disajikan dapat membuka wawasan peserta didik untuk mengenal dan memelihara kelestarian keanekaragaman makhluk hidup. dan memelihara kelestarian sumberdaya yang dimiliki oleh Indonesia Butir 2 Deskripsi H. dan latihan yang disajikan dapat membuka wawasan peserta didik untuk mengenal. contoh. contoh. dan latihan yang disajikan dapat berasal dari lingkungan terdekat peserta didik/Indonesia/Asia Tenggara/dunia Apresiasi terhadap pakar perintis perkembangan ilmu biologi Memberikan apresiasi terhadap pakar penemu/perintis dalam perkembangan ilmu Biologi dengan memuat foto dan hasil temuannya BSNP 2006 9 .Butir 4 Deskripsi Mengembangkan kecakapan vokasional Uraian. Mengembangkan wawasan kebinekaan (sense of diversity) Butir 1 Deskripsi Apresiasi terhadap keanekaragaman hayati dan membangkitkan rasa syukur peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa Uraian. contoh. contoh. Mengandung wawasan kontekstual Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Menyajikan contoh-contoh dari lingkungan lokal/nasional/regional/internasional Uraian. dan latihan yang disajikan mengembangkan kemampuan psikomotorik berdasarkan kerja ilmiah yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan/profesi tertentu G.

baik untuk menjelaskan konsep maupun ilustrasi aplikasi konsep. KOMPONEN KEBAHASAAN A.II. menggambarkan contoh konkrit (yang dapat dijumpai oleh peserta didik) sampai dengan contoh abstrak (yang secara imajinatif dapat dibayangkan peserta didik) Kesesuaian dengan tingkat perkembangan sosial-emosional peserta didik Bahasa yang digunakan sesuai dengan kematangan emosi peserta didik dengan ilustrasi yang menggambarkan konsep-konsep dari lingkungan terdekat sampai dengan lingkungan global Butir 2 Deskripsi B. Dialogis dan interaktif Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Kemampuan memotivasi peserta didik untuk merespon pesan Bahasa yang digunakan menumbuhkan rasa senang ketika peserta didik membacanya dan mendorong mereka untuk mempelajari buku tersebut secara tuntas Menciptakan komunikasi interaktif Penyajian materi bersifat dialogis yang memungkinkan peserta didik seolah-olah BSNP 2006 10 . Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik Butir 1 Deskripsi Kesesuaian dengan tingkat perkembangan berpikir peserta didik Bahasa yang digunakan. Komunikatif Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Keterpahaman peserta didik terhadap pesan Pesan (dapat berbentuk materi ajar) disajikan dengan bahasa yang menarik dan lazim dalam komunikasi tulis bahasa Indonesia Kesesuaian ilustrasi dengan substansi pesan Ilustrasi yang digunakan untuk menjelaskan materi dalam setiap bab atau subbab relevan dengan pesan yang disampaikan dalam wacana C.

antarsubbab. dan kesatuan pokok pikiran dalam satu alinea Ketertautan antarbab/subbab/alinea/kalimat Penyampaian pesan antara satu bab dengan bab lain. antara bab dengan subbab dalam bab. Koherensi dan keruntutan alur pikir Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Keutuhan makna dalam bab/subbab/alinea Pesan atau materi yang disajikan dalam satu bab harus mencerminkan kesatuan tema. dan antarkalimat dalam satu alinea yang berdekatan mencerminkan keruntutan dan keterkaitan isi F.berkomunikasi dengan penulis buku D. Lugas Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Ketepatan struktur kalimat Kalimat yang dipakai mewakili isi pesan yang disampaikan dan mengikuti tata kalimat yang benar dalam Bahasa Indonesia Kebakuan istilah Istilah yang digunakan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan/atau istilah teknis ilmu pengetahuan yang disepakati E. kesatuan subtema dalam subbab. mengacu pada kaidah tatabahasa Indonesia yang baik dan benar Ketepatan ejaan Ejaan yang digunakan mengacu pada pedoman Ejaan Yang Disempurnakan BSNP 2006 11 . Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Ketepatan tatabahasa Tata kalimat yang digunakan untuk menyampaikan pesan.

KOMPONEN PENYAJIAN A. Penggunaan istilah dan simbol/lambang Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Butir 3 Deskripsi Konsistensi penggunaan istilah Penggunaan istilah yang menggambarkan suatu konsep. isi dan penutup Kelogisan penyajian Penyajian sesuai dengan alur berpikir deduktif (umum ke khusus) atau induktif (khusus ke umum) Keruntutan konsep Penyajian konsep dari yang mudah ke sukar. dari yang dikenal sampai yang belum dikenal Keseimbangan substansi antarbab/subbab Uraian substansi antarbab (tercermin dalam jumlah halaman) proporsional dengan mempertimbangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. prinsip. dan dari yang sederhana ke kompleks. asas. Uraian substansi antarsubbab dalam bab (tercermin dalam jumlah halaman) proporsional dengan BSNP 2006 12 . prinsip. Teknik Penyajian Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Butir 3 Deskripsi Butir 4 Deskripsi Konsistensi sistematika sajian dalam bab Sistematika penyajian dalam setiap bab taat asas dan runtut. memiliki pendahuluan. asas. atau sejenisnya harus konsisten antarbagian dalam buku Konsistensi penggunaan simbol/lambang Penggunaan simbol/lambang yang menggambarkan suatu konsep. dari yang konkret ke abstrak.G. atau sejenisnya harus konsisten antarbagian dalam buku Ketepatan penulisan nama ilmiah/asing Penulisan nama ilmiah/asing dengan benar/tepat III.

nama. gambar dan lampiran Penomoran dan penamaan pada tabel. tabel. dan lampiran disertai dengan rujukan/sumber acuan Teks. tabel. gambar.mempertimbangkan Kompetensi Dasar B. atau judul sesuai dengan yang disebut dalam teks Ketepatan penomoran dan penamaan tabel. lampiran diberi nomor. Indeks (Subjek dan Pengarang) Indeks subjek merupakan daftar kata penting yang diikuti dengan nomor halaman kemunculan. gambar dan lampiran urut dan sesuai dengan yang tertulis pada teks Advance organizer (pembangkit motivasi belajar) pada awal bab Penjelasan singkat sebelum memulai bab baru diberikan untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik Pengantar Uraian isi buku dan cara penggunaannya di awal buku Glosarium Glossarium berupa istilah-istilah penting dalam teks dengan penjelasan arti istilah tersebut. gambar. dan indeks pengarang merupakan daftar nama pengarang yang Butir 8 Deskripsi BSNP 2006 13 . dan lampiran yang diambil dari sumber lain harus disertai dengan rujukan/sumber acuan Identitas tabel. gambar dan lampiran Setiap tabel. ditulis alfabetis dan disertai nomor halaman tempat istilah terdapat dalam teks. Pendukung penyajian materi Butir 1 Deskripsi Butir 2 Deskripsi Butir 3 Deskripsi Butir 4 Deskripsi Butir 5 Deskripsi Butir 6 Deskripsi Butir 7 Deskripsi Kesesuaian /ketepatan ilustrasi dengan materi Kesesuaian/ketepatan penggunaan ilustrasi dengan materi dalam bab Penyajian teks. gambar.

C. tahun terbitan. Penyajian Pembelajaran Butir 1 Deskripsi Keterlibatan peserta didik Penyajian materi bersifat interaktif dan partisipatif yang memotivasi peserta didik terlibat secara mental dan emosional dalam pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Berpusat pada peserta didik Penyajian materi menempatkan peserta didik sebagai subjek pembelajaran Kesesuaian dengan karakteristik mata pelajaran Metode dan pendekatan penyajian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Menyajikan umpan balik untuk evaluasi diri Setiap bab menyajikan rangkuman/kesimpulan dan atau soal latihan untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang disajikan Kemampuan merangsang kedalaman berpikir peserta didik Penyajian materi dapat merangsang kedalaman berpikir peserta didik termasuk melalui ilustrasi. tempat. dan nama penerbit Rangkuman Rangkuman atau ringkasan merupakan konsep kunci bab yang bersangkutan yang dinyatakan dengan kalimat ringkas dan jelas.Butir 9 Deskripsi Butir 10 Deskripsi karyanya diacu di dalam buku yang diikuti nomor halaman kemunculannya Daftar pustaka Daftar buku yang digunakan sebagai bahan rujukan dalam penulisan buku tersebut yang diawali dengan nama pengarang (yang disusun secara alfabetis). memudahkan peserta didik memahami keseluruhan isi bab. analisis kasus. dan soal latihan Butir 2 Deskripsi Butir 3 Deskripsi Butir 4 Deskripsi Butir 5 Deskripsi BSNP 2006 14 . judul buku. inkuiri atau eksperimen.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->