P. 1
Minyak Bumi

Minyak Bumi

|Views: 18|Likes:
Published by Inna Nur Afiati
makalah tentang minyak bumi
makalah tentang minyak bumi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Inna Nur Afiati on Feb 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

08/26/2014

$0.99

USD

pdf

text

original

Di susun Oleh : 1. 2. 3. 4.

Diyah Ayuningtyas Faritzi Wais Alqornie Inna Nur Afiati Reza Sofyan Hidayat (09) (13) (16) (21)

UPTD SMA NEGERI 1 SLAWI
JL. KH Wahid Hasyim No. 1, Kotak Pos No. 6
Telp. (0283) 3317173, fax (0283) 491164 Kode Pos 52415

. Endapan lumpur ini kemudian dihanyutkan oleh arus sungai menuju lautan bersama bahan organik lainnya dari daratan. Binatang serta tumbuh-tumbuhan yang mati ataupun punah itu akhirnya tertimbun di bawah endapan lumpur. Pada kondisi tertentu. Akibat pengaruh waktu. sehingga di antaranya terdapat pori-pori. sungai-sungai menghanyutkan pasir dan lumpur ke dasar laut dan membuat lapisan batuan yang bercampur dengan fosil-fosil binatang dan tumbuh-tumbuhan. menyebabkan binatang dan tumbuh-tumbuhan yang mati tadi mengalami proses penguraian berupa perubahan kimia. dari bahasa Latin: petrus – karang dan oleum – minyak) dijuluki juga sebagai emas hitam.A. Pengertian Minyak Bumi Minyak bumi (bahasa Inggris: petroleum. lempung. yang mudah terbakar dan berbau kurang sedap. Batuan sedimen tersusun atas fragmenfragmen atau butiran mineral dari yang halus sampai yang kasar satu sama lain saling terikat oleh materi yang sangat halus dan berfungsi sebagai “semen”. berubah menjadi bintikbintik dan gelembung minyak yang berbentuk cairan kental dan gas. Peristiwa terperangkapnya minyak bumi dan gas alam dalam batuan sedimen disebut proses “akumulasi”. Pada zaman purba. lalu bergerak mencari tempat yang lebih baik (berimigrasi menuju tempat yang bertekanan lebih rendah) untuk berhenti dan terperangkap dalam batuan sedimen yang kedap atau kadangkadang merembes ke luar permukaan bumi. atau air. maka endapan lumpur berubah menjadi batuan sedimen. tumbuhan. b. dan jasad-jasad renik) yang terpendam bersama air laut dan masuk ke dalam batuan pasir. Karena ringan. dan tekanan beban lapisan batuan di atasnya. d. gas. batubara. B. pori-pori ini dapat mengandung fluida minyak. Batuan lunak yang berasal dari lumpur yang mengandung bintik-bintik minyak dikenal sebagai batuan induk atau “source rock”. c. yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. minyak bumi akan terdorong dan terapung. Nama petroleum diberikan kepada fosil hewan dan tumbuhan yang ditemukan dalam kulit bumi berupa gas alam. adalah suatu cairan kental yang berwarna coklat sampai hitam atau kehijauan. lapisan dan permukaan bumi mengalami perubahan besar berupa pergeseran-pergeseran sehingga fosil hewan dan tumbuhan yang terkubur di perut bumi masuk ke celah-celah lapisan bumi yang bersuhu dan bertekanan tinggi. Akibat peristiwa alam. di darat dan di dalam lautan hidup beraneka ragam binatang dan tumbuh tumbuhan. dan minyak bumi. Selama berjuta-juta tahun. Pembentukan Minyak Bumi Para ahli berpendapat bahwa minyak bumi terbentuk dari pelapukan sisa kehidupan purba (hewan. atau gamping yang terdapat di dalam lapisan kerak bumi selama berjuta juta tahun melalui proses fisika dan kimia. Akibat pengaruh yang sama. temperatur tinggi. Proses terbentuknya minyak bumi dapat dijelaskan sebagai berikut: a.

lapisan-lapisan lumpur dan pasir berubah menjadi batuan. Sekarang. Jika ada struktur batuan yang menggelembung (anti cline). Namun diduga. Eksplorasi dg penjelasan gambar Tahap pertama eksplorasi minyak bumi adalah mencari petunjuk di permukaan bumi seperti adanya lipatan-lipatan batuan. Kedua bahan tersebut terperangkap di antara lapisan-lapisan batuan dan tidak dapat keluar. minyak bumi banyak dijumpai di dasar laut dekat lepas pantai sehingga dibangun anjungan minyak bumi lepas pantai seperti pada Gambar slide 5 dan daratan yang tidak jauh dari pantai. minyak bumi terbentuk paling sedikit 2 juta tahun yang lalu. dan ada juga yang berpendapat bahwa minyak bumi terbentuk 5002500 juta tahun yang lalu. jasad mereka tertimbun oleh pasir dan lumpur di dasar laut. area selanjutnya diselidiki menggunakan pancaran gelombang seismik. ada yang mengatakan jutaan tahun. Lipatan-lipatan itu akibat tekanan gas dan minyak bumi yang merembes ke dalam batuan berpori sehingga minyak bumi dapat naik ke permukaan. Penjelasan Gambar Minyak bumi terbentuk dari fosil-fosil hewan dan tumbuhan kecil yang hidup di laut dan tertimbun selama berjuta-juta tahun lampau. Akibat tekanan dan panas bumi. pada awalnya minyak bumi akan memancar sendiri akibat tekanan lapisan bumi yang tinggi. Ada yang mengatakan ribuan tahun. Ini dilakukan dengan cara memompa . akibat pengaruh tekanan dan suhu bumi yang tinggi. Ketika hewan dan tumbuhan laut mati. Ledakan ini akan menghasilkan gelombang dan mengirimkannya sampai kedalaman tertentu. Kedalamannya dapat mencapai ratusan meter. Setelah dibor. Pancaran gelombang seismik digunakan untuk menentukan struktur batuan pada lapisan kulit bumi. Pantulan ini dapat dideteksi oleh sensor sehingga dapat diketahui secara akurat posisi minyak bumi (perhatikan Gambar slide 6). fosil hewan dan tumbuhan yang terjebak di lapisan batuan secara perlahan berubah menjadi minyak mentah dan gas alam. Setelah ribuan tahun tertimbun. bahkan ada yang berpendapat lebih dari itu. Gelombang seismik diciptakan menggunakan ledakan kecil. tetapi makin ke atas tekanan ini makin lemah sehingga diperlukan tekanan dari luar.Berapa lama proses terbentuknya minyak bumi? Mengenai hal ini masih terdapat pendapat yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil pengamatan dan petunjuk struktur permukaan bumi. Untuk mengeluarkan minyak bumi dan gas alam dari lapisan batuan diperlukan pemboran lapisan bumi hingga mencapai ke dasar lapisan batuan yang mengandung minyak bumi. seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. gelombang akan dipantulkan kembali. tetapi tidak mencapai permukaan bumi karena tertahan oleh lapisan batuan lain. Hal ini akibat adanya gerakan kerak bumi yang menimbulkan pergeseran pada lapisan batuan.

Berbeda dengan minyak dari Indonesia. dan bagian timur pulau Seram. Pengeboran Proses pengeboran minyak bumi dan gas alam tersebut digambarkan pada tayangan slide 7. a. propana dan butana merupakan komponen utama LPG berbentuk cair. Senyawa isoalkana Hanya sedikit isoalkana yang terkandung dalam minyak bumi. Senyawa sikloalkana Senyawa sikloalkana merupakan komponen terbesar kedua setelah n-alkana. sikloalkana. c. Metana dan etana merupakan komponen utama LNG. Komposisi Minyak Bumi Secara umum. metana dan etana berupa gas. minyak bumi terdapat di bagian utara pulau Jawa. Minyak bumi juga diperoleh di lepas pantai utara Jawa dan pantai timur Kalimantan. Pada suhu kamar. d. senyawa mikro.menggunakan air atau udara hingga minyak bumi dapat dipompa keluar. dan unsur-unsur anorganik seperti belerang. bagian timur Kalimantan dan Sumatra. Minyak Bumi di Indonesia Di Indonesia. terutama golongan alkana dengan berat molekul di atas 100–an. Senyawa sikloalkana yang paling banyak terdapat pada minyak bumi yaitu siklopentana dan sikloheksana. komposisi minyak bumi dapat digolongkan sebagai berikut. b. Senyawa aromatic Hanya sedikit senyawa aromatik dengan titik didih rendah dalam minyak bumi Keterangan lainnya Minyak bumi hasil pertambangan yang belum diolah dinamakan minyak mentah (crude oil). seperti asam-asam organik. Sebagian besar komponen minyak mentah adalah hidrokarbon jenuh. dan alisiklik. Minyak mentah merupakan campuran yang sangat kompleks. senyawa aromatik. . Senyawa n-alkana Senyawa alkana merupakan komponen utama minyak bumi. Minyak bumi yang ditambang di Indonesia umumnya banyak mengandung senyawa hidrokarbon siklik. minyak bumi dari negara-negara Arab lebih banyak mengandung alkana dan minyak bumi Rusia lebih banyak mengandung sikloalkana. baik sikloalkana maupun aromatik. yaitu sekitar 50–95% adalah hidrokarbon. C. Sementara itu. Hidrokarbon dalam minyak mentah terdiri atas hidrokarbon jenuh. yakni alkana dan sikloalkana. daerah Papua. Pengangkutan minyak mentah dapat dilakukan dengan menggunakan kapal tanker. alifatik.

h. Mulai C25 berbentuk padat dan dimanfaatkan sebagai lilin dan bitumen aspal. a. . C16 sampai C20 dimanfaatkan sebagai bahan utama solar untuk bahan bakar mesin jet. Propana (C3H8) dan butana (C4H10) sebagai bahan utama LPG. c. g. d. dan produk cepat kering lainnya. f. cairan pencuci kering (dry clean). e.Kegunaan Senyawa Alkana Berikut ini kegunaan senyawa-senyawa alkana yang terdapat dalam minyak mentah. Pentana (C5H12) dan heptana (C7H16) sebagai bahan pelarut. C10 sampai C15 dimanfaatkan sebagai bahan utama minyak tanah. C10 dan C20 dimanfaatkan sebagai bahan utama diesel dan bahan bakar minyak untuk mesin kapal. C20 ke atas yang berbentuk setengah padat digunakan sebagai bahan utama minyak pelumas dan vaselin. C6H14 sampai C12H26 dicampur bersama dan dimanfaatkan sebagai bensin. i. Metana (CH4) dan etana (C2H6) sebagai bahan utama LNG. b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->