P. 1
Tekanan Hidrostatis

Tekanan Hidrostatis

|Views: 21|Likes:

More info:

Published by: Eza Physics LuoPherz on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2013

pdf

text

original

Tekanan Hidrostatis

Tekanan Hidrostatis Pengertian tekanan hidrostatis : Tekanan yang diberikan oleh Persamaan : zat cair yang diam. Contoh Soal : Pada air laut dengan kedalaman 900 meter yang memiliki massa jenis 1.024 kg/m3 (g = 9,8 m/s2) , tentukan : a. Tekanan pada dasar laut. b. Tekanan oleh ikan yang berada 300 meter dari dasar laut (tekanan atmosfer diabaika). Dik : ρa = 1.024 Kg/m3 ha = 900 m Dit : a. Pa pada ha ? b. Pa pada h = 600 m ? Jawab : a. ⁄ Besar tekanan (Ph) oleh fluida dalam gelas adalah : b. ⁄  Dengan F adalah gaya tekan oleh air ke meja yakni sebesar gaya berat. Sehingga : F = w ,ingat w = mg F = mg, ingat m = ρV F=ρgV A adalah luas permukaan bawah gelas yang menyentuh/menekan lantai. Perhatikan bahwa volume zat cair dalam gelas adalah V = A h, sehingga : ⁄ ⁄

Jadi, semakin jauh suatu titik dari permukaan zat cair maka tekanan hidrostatis yang dirasakannya semakin besar. Soal : Perhatikan gambar untuk menjawab soal 1-5. Gunakan g = 10 m/s2 ; ρ = 1 gr/cm3 , abaikan tekanan atmosfer.

Dengan : Ph = Tekanan Hidrostatis (Pa) ρ = Massa jenis zat cair/fluida (kg/m3) g = Percepatan gravitasi (m/s2) h = Kedalaman fluida (m) Namun, jika fluida itu sendiri mendapat tekanan atmosfer Po, maka tekanan total yang dirasakan meja adalah :

1.

2.

3.

Dengan : Po : Tekanan atmosfer (Pa)

4. 5.

Satuan tekanan ; 1 atm = 1,01 x 105 Pa = 760 torr = 14,7 lb/in2

Jika h = 1 m, x = 40 cm. Tentukan tekanan pada dasar bejana dan tentukan tekanan yang dirasakan ikan ! Jika tekanan yang dirasakan ikan 8.000 Pa dan tekanan pada dasar bejana 1,5 kali dari tekanan pada ikan, berapakah harga x dan h ? Jika perbandingan x dan h adalah 1 : 3, berapakah perbandingan tekanan pada ikan dan tekanan pada dasar bejana > Agar tekanan pada bejana 3 kali dari tekanan pada ikan, dengan x = 20 cm maka berapakah harga h ? Jika tekanan yang dirasakan ikan ditambah dengan tekanan pada dasar bejana 15 x 104 Pa dengan x = 50 cm, berapakah harga h ?

Fluida Statis . Oleh : Muhammad Reyza Arief Taqwa

Page 1

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->