Kenyataan menunjukkan. Kesalahan pemahaman dapat menyebabkan masalah.Berkaitan dengan bisnis antar negara. . diperkirakan 30%-50% manajer internasional gagal karena kelemahan mereka untuk menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda. hal yang pertama kali perlu disadari adalah memahami institusi bisnis yang berasal dari sistem dan format budaya lain dimana pemahaman ini akan memberikan wawasan kultural yang sangat berharga.

dan filsuf-filsuf Yunani lain menyelidiki bagaimana mengatur kehidupan manusia bersama dalam negara serta kehidupan ekonomi dan kegiatan niaga. 2. Aristoteles.Pertama kali Serikat. Situasi dulu Pada awal sejarah filsafat. muncul ada tahun 1970-an di Amerika Perkembangan etika bisnis menurut Bertens (2000): 1. lingkungan dan ekonomi menyebabkan munculnya mata kuliah Business Society and Coorporate Social Responsibility. . sosial. Masa Peralihan tahun 1960-an. Plato. Di Amerika Serikat ditandai oleh pemberontakan terhadap kuasa dan otoritas penolakan serta demoralisasi baik dalam bidang politik.

5. etika bisnis sebagai ilmu baru mulai berkembang kira-kira 10 tahun kemudian. Etika Bisnis Meluas ke Eropa: tahun 1980-an Di Eropa Barat. and Ethics (ISBEE) pada 25-28 Juli 1996 di Tokyo. Etika Bisnis menjadi Fenomena Global: tahun 1990-an Tidak terbatas lagi pada dunia Barat. Masa Kelahiran Etika Bisnis tahun 1970-an Pertama sejumlah filosof mulai terlibat dalam memikirkan masalahmasalah sekitar bisnis dan etika bisnis sebagai suatu tanggapan atas krisis moral yang sedang meliputi dunia bisnis di Amerika Serikat. Etika bisnis sudah dikembangkan di seluruh dunia. .3. Telah didirikan International Society for Business. 4. Economics. Terdapat forum pertemuan antara akademisi dari universitas serta sekolah bisnis yang disebut European Business Ethics Network (EBEN).

senyum dan 'halo’ 2. Tetaplah berdiri sampai diundang untuk duduk. Taruh serbet di pangkuan Anda segera setelah Anda duduk.Gunakan nama pertama. Pertemuan dan Ucapan 1. Etika di Meja Makan 1. 2. Jabatan tangan (biasanya disertai tepukan ekstra di punggung). dan pastikan untuk memperkenalkan setiap orang satu sama lain. Etiket Memberi Hadiah Ketika diundang ke rumah seseorang untuk makan malam. 3. sebotol anggur atau bunga untuk nyonya rumah yang menunjukkan kesopanan dan hadiah biasanya dibuka saat diterima. Jangan mulai makan sampai nyonya rumah mengatakan untuk memulai.Informal dan Ramah Orang cenderung tidak menunggu untuk diperkenalkan. bawa sekotak kecil cokelat yang baik. .

Wanita bisa memakai setelan bisnis. penekanan rapat pada kontrak yang ditandatangani daripada membangun hubungan. Jabat tangan yang tegas. 3. Sapaan 1. Pertahankan kontak mata selama salam. berpakaian konservatif selalu dalam rasa yang baik. Laki-laki harus memakai setelan bisnis kecuali anda tahu perusahaan cukup santai. gaun atau pantsuits. . singkat dan percaya diri. 2. sajikan data secara to-the-point. Kartu nama dipertukarkan tanpa ritual formal. Pertemuan Bisnis Tiba tepat waktu. Gaya Komunikasi Langsung (direct) dan tidak menuntut melakukan bisnis dengan orang yang sudah dikenal baik sebelumnya.Etika Berpakaian Untuk pertemuan awal.

Sangat Struktural dan Terorganisasi Feodal Team-work Oriented Menghargai Waktu Practical Personal Demokratis .

Membaca Orang Amerika Memukul meja atau berdiri tiba-tiba untuk menekankan komitmen dan kepercayaan Menaikkan alis atau menarik kepala tiba-tiba menunjukkan terkejut. mereka mengetuk-ngetukkan jari di atas meja Mengangkat bahu atau berpaling berarti tidak pasti atau tidak setuju Ketika capek atau bosen akan merasa gelisah Ketika siap untuk pergi. mereka melihat jam tangan Jabat tangan yang semakin kuat semakin baik Kontak mata dianggap sebagai kejujuran dan ketulusan Suara meninggi kadang bukan marah tetapi antusias . tidak percaya atau heran Ketika tidak sabar.

Konsep Muka Kehilangan muka sungguh-sungguh berarti kegagalan ‘ pribadi ’ dan dibatasi pada individu. Pandangan terhadap Kontrak Kontrak-kontrak panjang dan mencakup setiap peristiwa yang dipercaya mungkin terjadi. Pengambilan Keputusan Kekuasaan terdesentralisasi. Dan sasarannya pada keuntungan yang maksimal dan efisiensi operasi. 2. Penyelesaian Konflik 1. . Budaya individual yang menggunakan konfrontasi langsung karena yakin bahwa itu merupakan rute tercepat dalam menyelesaikan masalah. Berorientasi tugas sehingga tingkat menghindari resiko rendah. keputusan diambil dengan cepat dan seringkalli oleh 1 orang saja.

Di Amerika. Mereka ‘menggunakan' waktu dan 'menghabiskan' waktu seperti jika menyimpan uang di bank. Misalnya. . orang yang selalu tepat waktu yang dianggap orang baik dan dapat diandalkan. waktu adalah komoditi yang sangat penting. Amerika menganggap karakteristik kepribadian dan nilai-nilai didasarkan pada bagaimana orang menggunakan waktu.

Semuanya sangat memuaskan Setuju Tidak setuju Kemenangan / Kedamaian Sangat Menyerang .

atasan dan karyawan . Jadi mereka akan menciptakan berbagai inovasi dalam meningkatkan kemajuan perusahaan mereka.Budaya organisasi orang Amerika terkait dengan inovasi. Orang Amerika juga menganut prinsip kapitalisme yaitu memupuk kekayaan sendiri serta menganut prinsip kepemimpinan dan budaya feodal yang mengutamakan perbedaan harkat dan martabat antar petinggi dan bawahan.