P. 1
Rekayasa genetika

Rekayasa genetika

|Views: 213|Likes:
rekayasa dari genetika keperawatan dan membahas tentang replikasi DNA, hukum mendel, seperti pada kasus cloning, atau bayi tabung.
rekayasa dari genetika keperawatan dan membahas tentang replikasi DNA, hukum mendel, seperti pada kasus cloning, atau bayi tabung.

More info:

Published by: Ahmad Maulidi Sofyan on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

06/12/2015

$0.99

USD

pdf

text

original

Rekayasa genetika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belum Diperiksa

Rekayasa genetika (Ing. genetic engineering) dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk kepentingan manusia. Dengan pengertian ini kegiatan pemuliaan hewan atau tanaman melalui seleksi dalam populasi dapat dimasukkan. Demikian pula penerapan mutasi buatan tanpa target dapat pula dimasukkan. Walaupun demikian, masyarakat ilmiah sekarang lebih bersepakat dengan batasan yang lebih sempit, yaitu penerapan teknik-teknik biologi molekular untuk mengubah susunan genetik dalam kromosom atau mengubah sistem ekspresi genetik yang diarahkan pada kemanfaatan tertentu. Obyek rekayasa genetika mencakup hampir semua golongan organisme, mulai dari bakteri, fungi, hewan tingkat rendah, hewan tingkat tinggi, hingga tumbuh-tumbuhan. Bidang kedokteran dan farmasi paling banyak berinvestasi di bidang yang relatif baru ini. Sementara itu bidang lain, seperti ilmu pangan, kedokteran hewan, pertanian (termasuk peternakan dan perikanan), serta teknik lingkungan juga telah melibatkan ilmu ini untuk mengembangkan bidang masing-masing. [sunting]Perkembangan Ilmu terapan ini dapat dianggap sebagai cabang biologi maupun sebagai ilmu-ilmu rekayasa (keteknikan). Dapat dianggap, awal mulanya adalah dari usaha-usaha yang dilakukan untuk menyingkap material yang diwariskan dari satu generasi ke generasi yang lain. Ketika orang mengetahui bahwa kromosom adalah material yang membawa bahan terwariskan itu (disebut gen) maka itulah awal mula ilmu ini. Tentu saja, penemuan struktur DNA menjadi titik yang paling pokok karena dari sinilah orang kemudian dapat menentukan bagaimana sifat dapat diubah dengan mengubah komposisi DNA, yang adalah suatu polimer bervariasi. Tahap-tahap penting berikutnya adalah serangkaian penemuan enzim restriksi (pemotong) DNA, regulasi (pengaturan ekspresi) DNA (diawali dari penemuan operon laktosa pada prokariota), perakitan teknik PCR,transformasi genetik, teknik peredaman gen (termasuk interferensi RNA), dan teknik mutasi terarah (seperti Tilling). Sejalan dengan penemuanpenemuan penting itu, perkembangan di bidang biostatistika,bioinformatika dan robotika/automasi memainkan peranan penting dalam kemajuan dan efisiensi kerja bidang ini.

Artikel bertopik biologi ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

Dampak Penggunaan Hasil Rekayasa Genetika Telah Menjadi Kenyataan?

* Mangku Sitepoe

Domba Dolly yang lahir pada 5 Juli 1996 diumumkan pada 23 Februari 1997 oleh majalah Nature. Pada 4 Januari 2002 di hadapan para wartawan dinyatakan domba itu menderita radang sendi di kaki belakang kiri di dekat pinggul dan lutut atau menderita arthritis. (Kompas, 5/1/02)Kelahiran domba Dolly berkat kemajuan teknologi rekayasa genetika yang disebut kloning dengan mentransplantasikan gen dari sel ambing susu domba ke ovum (sel telur domba) dari induknya sendiri. Sel telur yang sudah ditransplantasi ditumbuhkembangkan di dalam kandungan domba, sesudah masa kebuntingan tercapai maka sang domba lahir yang diberi nama Dolly. Sehingga domba Dolly lahir tanpa kehadiran sang jantan domba, seolah-olah seperti sepotong batang ubi kayu ditanam di tanah yang kemudian tumbuh disebut mencangkok. Sejak lahir si domba Dolly tumbuh dan berkembang dalam keadaan sehat tetapi sesudah hampir enam tahun mulai muncul penyakit arthritis yang dijelaskan di hadapan wartawan. Menjadi pertanyaan: Mengapa domba Dolly menderita arthritis saja diumumkan ke seluruh muka Bumi? *** Domba Dolly dihasilkan dari hasil transplantasi gen atau gen yang satu dipindahkan ke gen yang lain. Diasosiasikan perpindahan gen. Dapat antarjenis maupun lintas jenis yang kemudian ditumbuhkembangkan. Jenis penyakit yang ditemukan oleh Prusiner SB, 1986 diklasifikasikan sebagai penyakit prion; pada domba disebut penyakit Scrapie pada tahun 1787, dapat menular ke sapi yang disebut penyakit Sapi-gila tahun 1986. Penyakit sapi gila dapat menular ke manusia menjadi penyakit Creutzfeldt-Jakob varian baru (nv CJD) tahun 1996. Sedangkan CJD tradisional dijumpai pada tahun 1922. Ada satu jenis penyakit lagi pada manusia disebut penyakit kuru juga disebabkan oleh prion, tahun 1957. Penyakit prion juga disebut “gangguan dari gen“, dapat dicetuskan apabila adanya kanibalisme. Kekhawatiran penyakit prion atau penyakit gen sesudah 200 tahun kemudian baru menjadi kenyataan, Yaitu sejak tahun 1787 sampai 1986. Demikian pun halnya dengan kekhawatiran penyakit arthritis yang diderita oleh domba Dolly sesudah enam tahun baru muncul. Masa inkubasi penyakit Scrapie pada domba 1,5 sampai dengan empat tahun, penyakit sapi gila empat sampai dengan delapan tahun, dan penyakit kuru pada manusia delapan sampai dengan 20 tahun. Apakah penyakit arthritis yang dijumpai pada domba Dolly sesudah enam tahun juga merupakan suatu penyakit dari gen atau muncul dari

kekerdilan. Walaupun percobaan Arfad Putzai ditentang oleh berbagai pakar di seluruh dunia tentang keakuratan penelitian tersebut. dan lain-lain. Satu-satunya gangguan kesehatan sebagai dampak negatif atau bentuk nyata penggunaan hasil rekayasa genetika (GMO). Kedua percobaan tersebut merupakan kenyataan dampak negatif yang disebabkan oleh penggunaan GMO. Demikian pula penelitian Arfad Putzai (1998) menggunakan kentang transgenik yang mentah diberikan kepada tikus percobaan memberikan gejala gangguan pencernaan. arthritis. Bentuk nyata lainnya penggunaan hasil rekayasa genetika yang telah pernah dijumpai ialah adanya gangguan lingkungan berupa . Sedangkan untuk hewan dan beberapa hewan percobaan ada pula dijumpai di lapangan seperti adanya penggunaan GMO pada tanaman yang digunakan sebagai bahan pakan pokok larva kupu-kupu raja menimbulkan gangguan pencernaan. Tetapi. pada manusia yang telah dapat dibuktikan ialah reaksi alergis. imunosupresif. baik diketahui bahwa gen tersebut menimbulkan reaksi alergis maka seketika itu seluruh gen serta produk dari gen tersebut ditarik dari peredaran. Temuan di lapangan mengenai kasus kematian larva kupu-kupu yang memakan bahan pakan produk GMO dan hasil penelitian Arfad Putzai memberikan kekhawatiran terhadap pemberian hasil rekayasa genetika kepada hewan maupun manusia dalam keadaan mentah.penggunaan rekayasa genetika? Pertanyaan ini muncul sesudah adanya pengalaman pada penyakit prion seperti penyakit sapi gila di Inggris yang dikemukakan oleh Prusiner S B di tahun 1986. Kekhawatiran terhadap penyakit arthritis si domba Dolly disebabkan oleh penggunaan rekayasa genetika didukung pula oleh beberapa hasil hewan percobaan: Percobaan Guff B L (1985). menjadi kuntet akhirnya larva kupu-kupu mati. gangguan pencernaan. tetapi Perdana Menteri Inggris menyatakan agar meninjau kembali tentang peraturan penggunaan produk-produk biotehnologi di Inggris. serta adanya arthritis. immunosupresif. penggunaan gen pertumbuhan manusia kepada embrio. 2000. diharapkan akan muncul keadaan yang baik ternyata muncullah yang buta. bahwa tidak seorang pun di muka Bumi ini ingin menjadi hewan percobaan terhadap penggunaan produk GMO. Seperti dikemukakan oleh Wallase. Apakah arthritis pada domba Dolly sesudah enam tahun dari kelahirannya disebabkan oleh penggunaan teknologi rekayasa genetika? masih diragukan kebenarannya. sehingga dikatakan sampai saat ini belum dijumpai lagi adanya dampak negatif gangguan kesehatan yang ditimbulkan dalam penggunaan GMO pada manusia.

Di khawatirkan pada areal tanaman transgenetik sesudah bertahun-tahun akan memunculkan gurun pasir. kedua ini akan menghasilkan hasil sampingan berupa insulin growth factor I (IGF I) yang banyak dijumpai di dalam darah maupun di dalam daging. Kenyataan di lapangan bahwa hasil trasngenik akan mematikan jasad renik dalam tanah sehingga dalam jangka panjang dikhawatirkan akan memberikan gangguan terhadap struktur dan tekstur tanah. Penggunaan bovinesomatotropine hormon yang berasal hasil rekayasa genetika dapat meningkatkan produksi susu sapi mencapai 40 persen dari produksi biasanya. Sesudah dewasa tanaman transgenik yang tahan hama tanaman menjadi mati dan berguguran ke tanah. bagi umat Islam penggunaan gen yang ditransplantasikan ke produk makanan maka akan menimbulkan . Mengonsumsi IGF I akan memberikan kekhawatiran risiko munculnya penyakit diabetes. hati. Cross-polination dapat terjadi pada jarak 600 meter sampai satu kilometer dari areal tanaman transgenic. Sehingga bagi areal tanaman transgenik yang sempit dan berbatasan dengan gulma maka dikhawatirkan akan munculnya gulma baru yang juga resisten terhadap hama tanaman tertentu. tetapi bila subsidi supplier ditarik apakah tetap efisien? Kekhawatiran akan musnahnya komoditas bersaing apabila minyak kanola diproduksi dengan rekayasa genetika dapat meningkatkan produksi minyak goreng beratus kali lipat maka akan punah penanaman tanaman penghasil minyak goreng lainnya seperti kelapa dan kelapa sawit. demikian pula porcine somatotropin yang dapat meningkatkan produksi daging babi 25 persen dari daily gain biasanya. Demikian pula kekhawatiran penanaman kapas Bt di Provinsi Sulawesi Selatan dapat meningkatkan produksi tiga kali lipat. maka dikekhawatirkan musnahnya tanaman penghasil gula. di Meksiko penggunaan bovinesomatothropine kepada sapi meningkatkan produksi susu 25 persen tetapi penggunaan pakan meningkat sehingga tidak adanya efisiensi. Demikian pula dengan teknologi rekayasa genetika telah diproduksi gula dengan derajat kemanisan beribu kali dari gula biasanya. serta di dalam susu.polination dengan tumbuhan lainnya sehingga mengakibatkan munculnya tumbuhan baru yang dapat resisten terhadap gen yang tahan terhadap hama penyakit. Kekhawatiran munculnya dampak negatif penggunaan GMO terhadap sosial bersifat religi. penyakit AIDS dan resisten terhadap antibiotika pada manusia sedangkan pada sapi akan memberikan risiko munculnya penyakit sapi-gila serta penyakit radang kelenjar susu (mastitis). Gen tanaman transgenetik dapat ber-cross. misalnya. Kenyataan di lapangan adanya sifat GMO yang disebut cross-polination. Tetapi. Kekhawatiran munculnya dampak negatif penggunaan GMO terhadap ekonomi bibit yang dihasilkan dengan rekayasa genetika merupakan final stok bahkan disebut dengan suicide seed sehingga membuat kekhawatiran akan adanya monopoli. Bakteri dan jasat renik lainya yang dijumpai pada tanah tanaman tersebut mengalami kematian.tanaman yang mempergunakan bibit rekayasa genetika menghasilkan pestisida. Kekhawatiran terhadap efesiensi penggunaan GMO.

perkayuan. di Indonesia memiliki kekhususan tersendiri dalam pola konsumsi daging. dengan adanya sifat cross-polination dari GMO maka dikhawatirkan akan bermunculan gulma baru yang lebih resisten. hasil peternakan dan sebagainya diduga mengandung GMO atau tercemar GMO. Kekhawatiran munculnya dampak negatif penggunaan GMO di Indonesia. Jangka panjang akan merubah struktur dan tekstur tanah. berasal dari negara-negara yang telah menggunakan teknologi rekayasa genetika. bunga. Indonesia telah mengimpor berbagai komoditas yang diduga sebagai hasil dari rekayasa genetika maupun yang tercemar dengan GMO. Kloning manusia seutuhnya merupakan kekhawatiran umat manusia yang akan memusnahkan nilainilai kemanusiaan. Mulai dari tanaman. penyedap rasa Ajinomoto diduga menggunakan unsur babi di dalam memroses pembuatan salah satu enzimnya. Apabila sapi disuntik dengan bovinesomatotropin. Tanpa membakar sisa tanaman GMO akan memusnahkan jasad renik dalam tanah bekas penanaman tanaman GMO akibat sifat dari sisa GMO yang bersifat toksis. hasil perkebunan. Penggunaan gen hewan pada bahan makanan hasil rekayasa genetika yang akan dikonsumsi merupakan kekhawatiran bagi mereka yang vegetarian. obat-obatan.kekhawatiran bagi warga Muslim. akan memberikan kekhawatiran punahnya kupu-kupu di Sulawesi Selatan. tidak ada bagian tubuh sapi yang tidak dikonsumsi. Sifat tanaman GMO yang dapat membunuh larva kupu-kupu. bahan pangan dan pakan. hormon. Gangguan terhadap kesehatan. Gen hewan disilangkan dengan gen manusia yang akan memberikan turunan sebagai hewan. Pembuatan enzim ini dapat menggunakan teknologi rekayasa genetika menggunakan gen. *** Kasus Ajinomoto di Indonesia di awal tahun 2001. Satu-satunya gangguan kesehatan akibat penggunaan hasil rekayasa genetika ialah reaksi alergis yang sudah dapat dibuktikan. Seluruh produk Ajinomoto yang diduga menggunakan unsur babi di dalam proses pembuatan enzimnya ditarik dari peredaran. Kebiasaan mengonsumsi daging. mengakibatkan kadar IGF I meningkat sangat tinggi dalam darah dan hati. yang jelas-jelas menurunkan nilai-nilai kemanusiaan. Kebiasaan akan mendorong kekhawatiran munculnya dampak negatif penggunaan hasil rekayasa genetika Gangguan terhadap lingkungan Pola tanam produk pertanian di Indonesia areal kecil dikelilingi oleh berbagai gulma. Bagi daerah yang menggunakan darah sebagai bahan pangan demikian pula . Seperti diketahui Sulawesi Selatan termasyhur dengan kupu-kupunya.

serta xenotransplatation yang menggunakan katup jantung babi ditransplantasikan ke jantung manusia memberikan kekhawatiran terhadap mereka yang beragama Islam. Kebiasaan di Indonesia menggunakan tauge mentah. mendeteksi apakah komoditas yang diimpor mengandung GMO saja belum pernah dilakukan di Indonesia. Jangankan mendeteksi dampak negatif penggunaan GMO. Gangguan terhadap religi dan etika. dari gulma. baik bungkil kedele maupun jagung berasal dari negara-negara menggunakan GMO sehingga diduga mengandung bahan GMO. kemungkinan dipergunakan kedele impor yang diduga kedele transgenik. Dari sumber lain didapat juga informasi bahwa usia dolly yang lahir itu. Justru untuk itulah kami memberanikan diri mengemukakan dugaan kekhawatiran munculnya dampak negatif penggunaan dari produk rekayasa genetika di Indonesia dr drh Mangku Sitepoe Mantan Staf Dirjen Peternakan Bagian Pakan Konsentrat Catatan : Soal kematian Dolly. Maksudnya . Jadi. Tetapi. Penggunaan obat insulin yang diproduksi dari transplantasi sel pancreas babi ke sel bakteri. Pakan ternak Indonesia didominasi bahan impor. sehingga sudah dapat dipastikan Indonesia telah mengonsumsi hasil rekayasa genetika. hingga saat ini belum pernah dilaporkan adanya dampak negatif dari penggunaan GMO. maka dikhawatirkan munculnya dampak negatif seperti percobaan Arfad Putzai. Penyakit ayam kuntet telah dijumpai di Indonesia. Kebiasaan pakan ternak. Kebiasaan di Indonesia mengonsumsi lalapan. meski baru terlahir. kacang panjang.mengonsumsi hati (Indonesia mengimpor hati sejumlah lima juta kg dari negara-negara yang menggunakan GMO) memberikan kekhawatiran munculnya dampak negatif penggunaan GMO. kemangi. Rekayasa genetik juga menarik. dikhawatirkan akibat dari penggunaan jagung dan kedelai transgenik seperti percobaan Arfad Putzai. Indonesia telah mengimpor kedelai dua juta ton dan jagung 1. bahwa sistem informasi dari dalam satu sel bersifat holografis. sama dengan usia dari sel sebenarnya.2 juta ton serta berbagai komoditas lainnya pada tahun 2000 yang diduga mengandung GMO. mulai dari kol. dan sebagainya apabila berasal dari tanaman transgenik maka dikhawatirkan memunculkan dampak negatif seperti larva kupu-kupu. sisa-sisa dari hasil pertanian apabila berasal dari areal penanaman transgenik kemungkinan telah mengandung transgenik akan memberikan kekhawatiran seperti percobaan Arfad Putzai. si kambing lahir sebagai rekayasa genetik menarik. dia sesungguhnya sudah tua. terong.

sel. lihat Kloning (disambiguasi).. AB I PENDAH KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kami.memberikan informasi terhadap keseluruhan dari wujud keseluruhannya. sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah tentang renang ini. κλῶνος ("klonos") yang berarti "cabang" atau "ranting". dalam bahasa Inggris. atauorganisme... Ineng Hasanah sebagai guru . yang juga dibentuk dari kata bahasa Yunani. merujuk pada penggunaan pertama dalam bidang hortikultura sebagai bahan tanam dalam perbanyakan vegetatif. Sepotong sel daun. [sunting] Makalah Rekayasa Genetika Orang itu minta aku buatin Makalah tentang Rekayasa Genetika. Coba Tebak apa yang terjadi. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Untuk kegunaan lain dari Kloning. Shalawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Arti lain kloning digunakan pula di luar ilmu-ilmu hayati.. atau tumbuhan. Ini fakta pengetahuan yang menarik. Dalam bioteknologi. sahabatnya dan kepada kita semua selaku umatnya. Kloning Dari Wikipedia bahasa Indonesia.. kepada keluarganya. Kata ini diturunkan dari kata clone atau clon. Kloning merupakan proses reproduksi aseksual yang biasa terjadi di alam dan dialami oleh banyak bakteria. serangga.. Kloning dalam biologi adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik. memberikan informasi lengkap tentang pohon itu sendiri. kloning merujuk pada berbagai usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk menghasilkan salinan berkas DNA atau gen. Adapun tujuan penyusunan makalah ini salah satunya untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Biologi Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyususnan makalah ini dan terima kasih kepada Ibu Hj.

Garut. Penyebab Berkembangnya Rekayasa Genetika 3 E. Tahap Pembuatan Insulin 3 D. Terima kasih kepada kedua orang tua yang selalu memberikan motivasi dan spirit kepada kami. Sadar akan keterbatasan dan kemampuan yang kami miliki.mata pelajaran biologi yang selalu sabar membimbing kami. Kami berharap semoga makalah ini bermanfaat. Penerapan Rekayasa Genetika 4 F. maka kami mohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam penyusunan makalah ini. Saran dan kritik kami harapkan untuk meningkatkan bobot makalah ini. Pengertian Rekayasa Genetika 2 B. Tujuan Rekayasa Genetika 3 C. Dampak Rekayasa Genetika 4 BAB III KESIMPULAN 6 DAFTAR PUSTAKA 7 . April 2010 Penulis DAFTAR ISI KATA PENGANTAR i DAFTAR ISI ii BAB I PENDAHULUAN 1 BAB II PEMBAHASAN 2 A.

Masyarakat ilmiah sekarang lebih bersepakat dengan batasan yang lebih sempit. histologi.Dalam ilmu ini dipelajari bagaimana sifat keturunan (hereditas) itu diwariskan kepada anak cucu. Namun. anatomi. yaitu penerapan teknik-teknik genetika molekular untuk mengubah susunan genetik dalam kromosom atau mengubah sistem . serta variasi yang mungkin timbul didalamnya. Karena manusia sulit dipakai sebagai objek atau bahan percobaan genetis. fisika dan metematika juga ilmu pengetahuan dasar dalam bidang biologi sendiri seperti bioselluler. berasal dari kata genos (bahasa latin). Sebagai ilmu pengetahuan murni ia harus ditunjang oleh ilmu pengetahuan dasar lain seperti kimia. Dengan pengertian ini kegiatan pemuliaaan hewan atau tanaman melalui seleksi dalam populasi dapat dimasukkan. agar kita dapat mengetahui sifat-sifat keturunan kita sendiri serta setiap makhuk hidup yang berada dilingkungan kita. karena itu selain kita harus mengetahui sifat-sifat menurun dalam tubuh kita.BAB I PENDAHULUAN Genetika disebut juga ilmu keturunan. taksonomi dan evolusi. maka dengan singkat dapat pula dikatakan bahwa genetika adalah ilmu tentang pewarisan sifat . biokimia. Lagi pula prinsip-prinsep genetika itu dapat disebut sama saja bagi seluruh makluk. Genetika bisa sebagai ilmu pengetahuan murni. juga pada tumbuhan dan hewan. Oleh karena cara berlangsungnya alih informasi hayati tersebut mendasari adanya perbedaan dan persamaan sifat diantara individu organisme. Rekayasa genetika dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk kepentingan manusia. fiosiologi. artinya suku bangsa-bangsa atau asal-usul. kita mempelajari hukum-hukumnya lewat sifat menurun yang terkandung dalam tubuh-tumbuhan dan hewan sekitar. Secara “Etimologi”kata genetika berasal dari kata genos dalam bahasa latin. Genitika adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk alih informasi hayati dari generasi kegenerasi. genetika bukanlah ilmu tentang asal mula kejadian meskipun pada batas-batas tertentu memang ada kaitannya dengan hal itu juga. yang berarti asal mula kejadian. embriologi. Sebagai ilmu pengetahuan terapan ia menunjang banyak bidang kegiatan ilmiah dan pelayanan kebutuhan masyarakat. Genetika perlu dipelajari. Demikian pula penerapan mutasi buatan tanpa target dapat pula dimasukkan. bisa pula sebagai ilmu pengetahuan terapan. kita sebagai manusia tidak hidup autonom dan terinsolir dari makhuk lain sekitar kita tapi kita menjalin ekosistem dengan mereka.

ekspresi genetik yang diarahkan pada kemanfaatan tertentu. Pengertian Rekayasa Genetika Rekayasa genetika merupakan transplantasi atau pencangkokan satu gen ke gen lainnya dimana dapat bersifat antar gen dan dapat pula lintas gen sehingga mampu menghasilkan produk. Coli yang bertujuan untuk mendapatkan insulin. pengikat nitrogen udara. tahan terhadap herbisida. yang dapat menembus rintangan reproduksi dan rekombinasi alami. kualitas aroma dan nutrisi. atau fusi sel di luar keluarga taksonomi. Gen yang diselipkan dan organisme penerima dapat berasal dari organisme apa saja. peningkatan mutu produk supaya tahan lama dalam penyimpanan pascapanen. perubahan pigmentasi. dan untuk menghasilkan bahan obat- . mempercepat proses kompos dan pembuatan makanan ternak. tahan terhadap serangan hama dan penyakit tertentu (serangga. B. toleransi terhadap pendinginan. bakteri. sterilitas dan fertilitas serangga jantan (untuk produksi benih hibrida). peningkatan kandunagn gizi. Teknologi Rekayasa Genetika merupakan inti dari bioteknologi didifinisikan sebagai teknik in-vitro asam nukleat. termasuk DNA rekombinan dan injeksi langsung DNA ke dalam sel atau organel. BAB II REKAYASA GENETIKA A. Rekayasa genetika juga diartikan sebagai perpindahan gen. Tujuan Rekayasa Genetika Rekayasa genetika pada tanaman mempunyai target dan tujuan antara lain peningkatan produksi. penundaan kematangan buah. atau virus). Prinsip dasar teknologi rekayasa genetika adalah memanipulasi atau melakukan perubahan susunan asam nukleat dari DNA (gen) atau menyelipkan gen baru ke dalam struktur DNA organisme penerima. mikroba prebiotik untuk makanan olahan). jamur. meningkatkan kesuburan tanah. Rekayasa Genetika pada mikroba bertujuan untuk meningkatkan efektivitas kerja mikroba tersebut (misalnya mikroba untuk fermentasi. dan bukan teknik yang digunakan dalam pemuliaan dan seleksi tradisional. gen dari sel pankreas manusia yang kemudian diklon dan dimasukkan ke dalam sel E. Misalnya.

Setelah itu ADN rekombinan itu dimasukkan ke dalam tubuh bakteri baru . Bidang pertanian dan bahan pangan .Bakteri yang masih mempunyai plasmid.Ditemukannya vaksin penyakit mulut dan kuku .Ditemukannya enzim pemotong DNA yaitu enzim restriksi endonuklease . Tahap Pembuatan Insulin : . C.Bakteri dibiarkan berkembang biak dalam wadah fermentasi sehingga dihasilkan insulin.Ditemukannya sapi dengan produksi susu meningkat 20% .Lalu gen insulin ini di sisipkan pada plasmid bakteri dengan menggunakan enzim ligase sehingga disebut dengan ADN rekombinan . perkembangan di bidang biostatistika.Kemudian gen insulin dari sel pankreas juga dipotong dengan menggunakan enzim restriksi .Ditemukannya pengatur ekspresi DNA yang diawali dengan penemuan operon laktosa pada prokariota .obatan dan kosmetika. E. Penerapan Rekayasa Genetika 1.Ditemukannya medium untuk memindahkan gen ke dalam sel mikroorganisme Sejalan dengan penemuan-penemuan penting itu. D.Ditemukannya perekat biologi yaitu enzim ligase . bioinformatika dan robotika/automasi memainkan peranan penting dalam kemajuan dan efisiensi kerja bidang ini.Ditemukannya tomat Flavr Savr yang tahan . Penyebab Berkembangnya Rekayasa Genetika . plasmidnya dipotong dengan menggunakan enzim Restriksi Endonuklease .Ditemukannya tanaman ber-pestisida .Ditemukannya kopi super .

Bidang Industri .Diproduksinya beberapa hormon pertumbuhan 3. swastanisasi dan kosentrasi bioteknologi pada kelompok tertentu. Tomat Flavr Savr diketahui mengandung gen resisten terhaap antibiotic. c. Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal di inggris. Bidang kesehatan dan farmasi .. Produk bioteknologi dapat merugikan petanikecil.Adanya terapi genetic . . Dampak di bidang sosial ekonomi Dampak ekonomi yang tampak adalah paten hasil rekayasa. Menyisipkan gen makhluk hidup lain yang tidak berkerabat5 dianggap sebagai pelanggaran terhadap hukum alam dan sulit diterima manusia. Dampak Rekayasa Genetika a.Terciptanya bakteri yang mampu membersihkan lingkungan tercemar . b. Dampak di bidang kesehatan Produk rekayasa di bidang kesehatan ini memang sudah ada yang menimbulkan masalah yang serius.Jagung dengan protein tinggi 2. Susu sapi yang disuntik dengan hormone BGH disinyalir mengandung bahan kimia baru yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia.Bakteri yang dapat mengubah bahan tercemar menjadi bahan tidak berbahaya . memberikan pengaruh yang sangat luas pada masyarakat. niscaya akan menggusur peternak kecil. Penggunakan hormon pertumbuhan sapi dapat meningkatkan produksi susu sapi sampai 20%. Dampak di bidang etika dan moral Menyisipkan gen makhluk hidup kepada makhluk hidup lain memiliki dampak etika yag serius. Bahan pangan transgenic yang tidak berlabel juga membawa konsekuensi bagi penganut agama tertentu.Diproduksinya insulin dengan cepat dan murah .Diproduksinya interferon .Bateri pembuat aspartanik F.

wordpress. http://senyawa-kimia. Hamid. bakteri yang mampu mengubah bahan tercemar menjadi bahan lain yang tidak berbahaya. manusia dapat memuat organisme yang tidak dapat menghasilkan bahan tertentu menjadi mampu menghasilkan bahan tertentu yang dibutuhkan manusia. Rekayasa Genetika. tomat yang tahan lama. dan sebagainya. Hal ini bertentangan dengan banyak nilai-nilai budaya yang mengghargai nilai intrinsic makhluk hidup. Dampak Penggunaan Hasil Rekayasa http://agorsiloku. Susu sapi yang disuntik dengan hormone BGH disinyalir mengandung bahan kimia baru yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Tomat Flavr Savr diketahui mengandung gen resisten terhadap antibiotic. Selain produk.Penerapan hak paten pada organism hasil rekayasa merupakan pemberian hak pribadi atas organism. Namun masalah muncul ketika produk rekayasa sudah menimbulkan masalah yang serius. Proses ini disebut terapi genetik. Genetika Dasar. Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal di inggris.wordpress. Mikroorganisme yang berperan ini disebut makluk transgenic. Contoh makhluk hidup transgenic adalah bakteri yang mampu menambang tembaga. jagung yang memiliki kandungan protein tinggi. Amarullah. Dengan rekayasa genetika.com diakses tanggal 4 April 2010 .com diakses tanggal 4 April 2010 Genetika. http://zaifbio. Zakky.com. bakteri yang mampu membersihkan lingkungan yang tercemar. DAFTAR PUSTAKA Huzaifah. BAB III KESIMPULAN Rekayasa genetika adalah upaya pencangkokan gen dengan teknik rekombinan DNA pada mikroorganisme tertentu.blogspot. Diakses tanggal 4 April 2010 Agorsiloku. dengan bioteknologi modern banyak pula penyakit menurun yang dapat disembuhkan. Penyembuhan Penyakit menurun ini dilakukan dengan jalan menyisipkan gen yang kurang pada penderita.

.. Saran dan kritik kami harapkan untuk meningkatkan bobot makalah ini. Terima kasih kepada kedua orang tua yang selalu memberikan motivasi dan spirit kepada kami. KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kami... sahabatnya dan kepada kita semua selaku umatnya. April 2010 Penulis DAFTAR ISI KATA PENGANTAR i DAFTAR ISI ii BAB I PENDAHULUAN 1 BAB II PEMBAHASAN 2 .. Shalawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW.Anonim Makalah Rekayasa Genetika Orang itu minta aku buatin Makalah tentang Rekayasa Genetika. Adapun tujuan penyusunan makalah ini salah satunya untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Biologi Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyususnan makalah ini dan terima kasih kepada Ibu Hj. kepada keluarganya. Garut.. sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah tentang renang ini. Coba Tebak apa yang terjadi. maka kami mohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam penyusunan makalah ini. Ineng Hasanah sebagai guru mata pelajaran biologi yang selalu sabar membimbing kami. Sadar akan keterbatasan dan kemampuan yang kami miliki. Kami berharap semoga makalah ini bermanfaat.

artinya suku bangsa-bangsa atau asal-usul. Genetika perlu dipelajari. berasal dari kata genos (bahasa latin). kita sebagai manusia tidak . Pengertian Rekayasa Genetika 2 B. maka dengan singkat dapat pula dikatakan bahwa genetika adalah ilmu tentang pewarisan sifat . Secara “Etimologi”kata genetika berasal dari kata genos dalam bahasa latin.Dalam ilmu ini dipelajari bagaimana sifat keturunan (hereditas) itu diwariskan kepada anak cucu. Oleh karena cara berlangsungnya alih informasi hayati tersebut mendasari adanya perbedaan dan persamaan sifat diantara individu organisme.A. serta variasi yang mungkin timbul didalamnya. agar kita dapat mengetahui sifat-sifat keturunan kita sendiri serta setiap makhuk hidup yang berada dilingkungan kita. Tahap Pembuatan Insulin 3 D. Penerapan Rekayasa Genetika 4 F. Dampak Rekayasa Genetika 4 BAB III KESIMPULAN 6 DAFTAR PUSTAKA 7 BAB I PENDAHULUAN Genetika disebut juga ilmu keturunan. Penyebab Berkembangnya Rekayasa Genetika 3 E. genetika bukanlah ilmu tentang asal mula kejadian meskipun pada batas-batas tertentu memang ada kaitannya dengan hal itu juga. yang berarti asal mula kejadian. Namun. Tujuan Rekayasa Genetika 3 C. Genitika adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk alih informasi hayati dari generasi kegenerasi.

Sebagai ilmu pengetahuan terapan ia menunjang banyak bidang kegiatan ilmiah dan pelayanan kebutuhan masyarakat. Masyarakat ilmiah sekarang lebih bersepakat dengan batasan yang lebih sempit. yaitu penerapan teknik-teknik genetika molekular untuk mengubah susunan genetik dalam kromosom atau mengubah sistem ekspresi genetik yang diarahkan pada kemanfaatan tertentu. histologi. Rekayasa genetika dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk kepentingan manusia. karena itu selain kita harus mengetahui sifat-sifat menurun dalam tubuh kita. taksonomi dan evolusi. kita mempelajari hukum-hukumnya lewat sifat menurun yang terkandung dalam tubuh-tumbuhan dan hewan sekitar. . BAB II REKAYASA GENETIKA A. embriologi. Rekayasa genetika juga diartikan sebagai perpindahan gen. Genetika bisa sebagai ilmu pengetahuan murni. fiosiologi. atau fusi sel di luar keluarga taksonomi. yang dapat menembus rintangan reproduksi dan rekombinasi alami. Karena manusia sulit dipakai sebagai objek atau bahan percobaan genetis. juga pada tumbuhan dan hewan. Gen yang diselipkan dan organisme penerima dapat berasal dari organisme apa saja. Dengan pengertian ini kegiatan pemuliaaan hewan atau tanaman melalui seleksi dalam populasi dapat dimasukkan. Misalnya. termasuk DNA rekombinan dan injeksi langsung DNA ke dalam sel atau organel. biokimia. Prinsip dasar teknologi rekayasa genetika adalah memanipulasi atau melakukan perubahan susunan asam nukleat dari DNA (gen) atau menyelipkan gen baru ke dalam struktur DNA organisme penerima. Coli yang bertujuan untuk mendapatkan insulin. Lagi pula prinsip-prinsep genetika itu dapat disebut sama saja bagi seluruh makluk. Pengertian Rekayasa Genetika Rekayasa genetika merupakan transplantasi atau pencangkokan satu gen ke gen lainnya dimana dapat bersifat antar gen dan dapat pula lintas gen sehingga mampu menghasilkan produk. bisa pula sebagai ilmu pengetahuan terapan. anatomi. gen dari sel pankreas manusia yang kemudian diklon dan dimasukkan ke dalam sel E. Demikian pula penerapan mutasi buatan tanpa target dapat pula dimasukkan. Sebagai ilmu pengetahuan murni ia harus ditunjang oleh ilmu pengetahuan dasar lain seperti kimia. fisika dan metematika juga ilmu pengetahuan dasar dalam bidang biologi sendiri seperti bioselluler. dan bukan teknik yang digunakan dalam pemuliaan dan seleksi tradisional. Teknologi Rekayasa Genetika merupakan inti dari bioteknologi didifinisikan sebagai teknik in-vitro asam nukleat.hidup autonom dan terinsolir dari makhuk lain sekitar kita tapi kita menjalin ekosistem dengan mereka.

perubahan pigmentasi. plasmidnya dipotong dengan menggunakan enzim Restriksi Endonuklease .Bakteri yang masih mempunyai plasmid. Penyebab Berkembangnya Rekayasa Genetika . Tahap Pembuatan Insulin : . C. mikroba prebiotik untuk makanan olahan). bakteri.Lalu gen insulin ini di sisipkan pada plasmid bakteri dengan menggunakan enzim ligase sehingga disebut dengan ADN rekombinan . pengikat nitrogen udara. sterilitas dan fertilitas serangga jantan (untuk produksi benih hibrida).Ditemukannya pengatur ekspresi DNA yang diawali dengan penemuan operon laktosa pada prokariota .Setelah itu ADN rekombinan itu dimasukkan ke dalam tubuh bakteri baru . dan untuk menghasilkan bahan obatobatan dan kosmetika. peningkatan kandunagn gizi. kualitas aroma dan nutrisi. tahan terhadap herbisida. penundaan kematangan buah. peningkatan mutu produk supaya tahan lama dalam penyimpanan pascapanen.Kemudian gen insulin dari sel pankreas juga dipotong dengan menggunakan enzim restriksi .B. jamur. meningkatkan kesuburan tanah. atau virus).Bakteri dibiarkan berkembang biak dalam wadah fermentasi sehingga dihasilkan insulin. toleransi terhadap pendinginan. Tujuan Rekayasa Genetika Rekayasa genetika pada tanaman mempunyai target dan tujuan antara lain peningkatan produksi.Ditemukannya perekat biologi yaitu enzim ligase . tahan terhadap serangan hama dan penyakit tertentu (serangga. Rekayasa Genetika pada mikroba bertujuan untuk meningkatkan efektivitas kerja mikroba tersebut (misalnya mikroba untuk fermentasi. mempercepat proses kompos dan pembuatan makanan ternak. D.Ditemukannya enzim pemotong DNA yaitu enzim restriksi endonuklease .

Bateri pembuat aspartanik F. Produk bioteknologi dapat merugikan petanikecil. E. Dampak Rekayasa Genetika a. Bidang Industri .Diproduksinya interferon .Adanya terapi genetic .Ditemukannya tomat Flavr Savr yang tahan .Ditemukannya tanaman ber-pestisida .Ditemukannya vaksin penyakit mulut dan kuku . Dampak di bidang sosial ekonomi Dampak ekonomi yang tampak adalah paten hasil rekayasa. Penerapan Rekayasa Genetika 1. Bidang pertanian dan bahan pangan .Ditemukannya sapi dengan produksi susu meningkat 20% .Terciptanya bakteri yang mampu membersihkan lingkungan tercemar .Jagung dengan protein tinggi 2. memberikan pengaruh yang sangat luas pada masyarakat. swastanisasi dan kosentrasi bioteknologi pada kelompok tertentu. Bidang kesehatan dan farmasi .Diproduksinya beberapa hormon pertumbuhan 3.Diproduksinya insulin dengan cepat dan murah .Bakteri yang dapat mengubah bahan tercemar menjadi bahan tidak berbahaya . Penggunakan hormon .Ditemukannya kopi super . bioinformatika dan robotika/automasi memainkan peranan penting dalam kemajuan dan efisiensi kerja bidang ini. perkembangan di bidang biostatistika..Ditemukannya medium untuk memindahkan gen ke dalam sel mikroorganisme Sejalan dengan penemuan-penemuan penting itu.

Dampak di bidang etika dan moral Menyisipkan gen makhluk hidup kepada makhluk hidup lain memiliki dampak etika yag serius. Contoh makhluk hidup transgenic adalah bakteri yang mampu menambang tembaga. dengan bioteknologi modern banyak pula penyakit menurun yang dapat disembuhkan. Hal ini bertentangan dengan banyak nilai-nilai budaya yang mengghargai nilai intrinsic makhluk hidup. niscaya akan menggusur peternak kecil. Selain produk. dan sebagainya. b. jagung yang memiliki kandungan protein tinggi. tomat yang tahan lama. c. Susu sapi yang disuntik dengan hormone BGH disinyalir mengandung bahan kimia baru yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Penyembuhan Penyakit menurun ini dilakukan dengan jalan menyisipkan . Dengan rekayasa genetika. Penerapan hak paten pada organism hasil rekayasa merupakan pemberian hak pribadi atas organism. Dampak di bidang kesehatan Produk rekayasa di bidang kesehatan ini memang sudah ada yang menimbulkan masalah yang serius. Menyisipkan gen makhluk hidup lain yang tidak berkerabat5 dianggap sebagai pelanggaran terhadap hukum alam dan sulit diterima manusia. Tomat Flavr Savr diketahui mengandung gen resisten terhaap antibiotic.pertumbuhan sapi dapat meningkatkan produksi susu sapi sampai 20%. Mikroorganisme yang berperan ini disebut makluk transgenic. Bahan pangan transgenic yang tidak berlabel juga membawa konsekuensi bagi penganut agama tertentu. BAB III KESIMPULAN Rekayasa genetika adalah upaya pencangkokan gen dengan teknik rekombinan DNA pada mikroorganisme tertentu. bakteri yang mampu mengubah bahan tercemar menjadi bahan lain yang tidak berbahaya. Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal di inggris. manusia dapat memuat organisme yang tidak dapat menghasilkan bahan tertentu menjadi mampu menghasilkan bahan tertentu yang dibutuhkan manusia. bakteri yang mampu membersihkan lingkungan yang tercemar.

blogspot.com/ www..wikipedia. http://senyawa-kimia. Dampak Penggunaan Hasil Rekayasa http://agorsiloku.co.. Makalah Rekayasa Genetika Orang itu minta aku buatin Makalah tentang Rekayasa Genetika.answers. KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kami. Pelajaran Biologi Untuk Kelas XII Jurusan IPA Semester 1 dan 2. Namun masalah muncul ketika produk rekayasa sudah menimbulkan masalah yang serius.yahoo..answers. 2005. 2005.google. diakses tanggal 4 April 2010 http://id.id Herwandi. Diakses tanggal 4 April 2010 Agorsiloku. Hamid. Yuyun. Rekayasa Genetika.co.org. www. diakses tanggal 4 April 2010 http://id. Rekayasa Genetika. Tomat Flavr Savr diketahui mengandung gen resisten terhadap antibiotic. . Zakky.yahoo. Rekayasa Genetika. Amarullah.org. sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah tentang renang ini.. Yuyun.com diakses tanggal 4 April 2010 Anonim.id Herwandi..com. Proses ini disebut terapi genetik. .gen yang kurang pada penderita. www. Coba Tebak apa yang terjadi..google.wikipedia.com/ www.com diakses tanggal 4 April 2010 Genetika. Genetika Dasar. Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal di inggris.wordpress. DAFTAR PUSTAKA Huzaifah.wordpress. http://zaifbio. Susu sapi yang disuntik dengan hormone BGH disinyalir mengandung bahan kimia baru yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Pelajaran Biologi Untuk Kelas XII Jurusan IPA Semester 1 dan 2.

sahabatnya dan kepada kita semua selaku umatnya. Pengertian Rekayasa Genetika 2 B. Garut. kepada keluarganya. Tujuan Rekayasa Genetika 3 C. April 2010 Penulis DAFTAR ISI KATA PENGANTAR i DAFTAR ISI ii BAB I PENDAHULUAN 1 BAB II PEMBAHASAN 2 A. Adapun tujuan penyusunan makalah ini salah satunya untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Biologi Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyususnan makalah ini dan terima kasih kepada Ibu Hj. Penerapan Rekayasa Genetika 4 F. Terima kasih kepada kedua orang tua yang selalu memberikan motivasi dan spirit kepada kami. Sadar akan keterbatasan dan kemampuan yang kami miliki. Saran dan kritik kami harapkan untuk meningkatkan bobot makalah ini.Shalawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dampak Rekayasa Genetika 4 . Penyebab Berkembangnya Rekayasa Genetika 3 E. Tahap Pembuatan Insulin 3 D. Ineng Hasanah sebagai guru mata pelajaran biologi yang selalu sabar membimbing kami. maka kami mohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam penyusunan makalah ini. Kami berharap semoga makalah ini bermanfaat.

kita mempelajari hukum-hukumnya lewat sifat menurun yang terkandung dalam tubuh-tumbuhan dan hewan sekitar. embriologi. Genetika bisa sebagai ilmu pengetahuan murni. fiosiologi. Genetika perlu dipelajari. Oleh karena cara berlangsungnya alih informasi hayati tersebut mendasari adanya perbedaan dan persamaan sifat diantara individu organisme. fisika dan metematika juga ilmu pengetahuan dasar dalam bidang biologi sendiri seperti bioselluler. artinya suku bangsa-bangsa atau asal-usul. Secara “Etimologi”kata genetika berasal dari kata genos dalam bahasa latin. kita sebagai manusia tidak hidup autonom dan terinsolir dari makhuk lain sekitar kita tapi kita menjalin ekosistem dengan mereka. maka dengan singkat dapat pula dikatakan bahwa genetika adalah ilmu tentang pewarisan sifat . karena itu selain kita harus mengetahui sifat-sifat menurun dalam tubuh kita. juga pada tumbuhan dan hewan. Lagi pula prinsip-prinsep genetika itu dapat disebut sama saja bagi seluruh makluk. Genitika adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk alih informasi hayati dari generasi kegenerasi. genetika bukanlah ilmu tentang asal mula kejadian meskipun pada batas-batas tertentu memang ada kaitannya dengan hal itu juga. berasal dari kata genos (bahasa latin). Namun. anatomi. bisa pula sebagai ilmu pengetahuan terapan. Sebagai ilmu pengetahuan murni ia harus ditunjang oleh ilmu pengetahuan dasar lain seperti kimia. taksonomi dan . agar kita dapat mengetahui sifat-sifat keturunan kita sendiri serta setiap makhuk hidup yang berada dilingkungan kita. Karena manusia sulit dipakai sebagai objek atau bahan percobaan genetis. serta variasi yang mungkin timbul didalamnya.BAB III KESIMPULAN 6 DAFTAR PUSTAKA 7 BAB I PENDAHULUAN Genetika disebut juga ilmu keturunan. histologi. yang berarti asal mula kejadian. biokimia.Dalam ilmu ini dipelajari bagaimana sifat keturunan (hereditas) itu diwariskan kepada anak cucu.

Gen yang diselipkan dan organisme penerima dapat berasal dari organisme apa saja. tahan terhadap herbisida. Rekayasa genetika dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk kepentingan manusia. termasuk DNA rekombinan dan injeksi langsung DNA ke dalam sel atau organel. jamur. Dengan pengertian ini kegiatan pemuliaaan hewan atau tanaman melalui seleksi dalam populasi dapat dimasukkan. bakteri. Prinsip dasar teknologi rekayasa genetika adalah memanipulasi atau melakukan perubahan susunan asam nukleat dari DNA (gen) atau menyelipkan gen baru ke dalam struktur DNA organisme penerima. peningkatan kandunagn gizi. yang dapat menembus rintangan reproduksi dan rekombinasi alami. sterilitas dan . Masyarakat ilmiah sekarang lebih bersepakat dengan batasan yang lebih sempit.evolusi. Coli yang bertujuan untuk mendapatkan insulin. tahan terhadap serangan hama dan penyakit tertentu (serangga. peningkatan mutu produk supaya tahan lama dalam penyimpanan pascapanen. Tujuan Rekayasa Genetika Rekayasa genetika pada tanaman mempunyai target dan tujuan antara lain peningkatan produksi. dan bukan teknik yang digunakan dalam pemuliaan dan seleksi tradisional. atau virus). Demikian pula penerapan mutasi buatan tanpa target dapat pula dimasukkan. BAB II REKAYASA GENETIKA A. gen dari sel pankreas manusia yang kemudian diklon dan dimasukkan ke dalam sel E. Rekayasa genetika juga diartikan sebagai perpindahan gen. atau fusi sel di luar keluarga taksonomi. Teknologi Rekayasa Genetika merupakan inti dari bioteknologi didifinisikan sebagai teknik in-vitro asam nukleat. Sebagai ilmu pengetahuan terapan ia menunjang banyak bidang kegiatan ilmiah dan pelayanan kebutuhan masyarakat. B. Pengertian Rekayasa Genetika Rekayasa genetika merupakan transplantasi atau pencangkokan satu gen ke gen lainnya dimana dapat bersifat antar gen dan dapat pula lintas gen sehingga mampu menghasilkan produk. Misalnya. yaitu penerapan teknik-teknik genetika molekular untuk mengubah susunan genetik dalam kromosom atau mengubah sistem ekspresi genetik yang diarahkan pada kemanfaatan tertentu.

E.Ditemukannya perekat biologi yaitu enzim ligase . Tahap Pembuatan Insulin : .Lalu gen insulin ini di sisipkan pada plasmid bakteri dengan menggunakan enzim ligase sehingga disebut dengan ADN rekombinan . D. mikroba prebiotik untuk makanan olahan). Penyebab Berkembangnya Rekayasa Genetika .Ditemukannya pengatur ekspresi DNA yang diawali dengan penemuan operon laktosa pada prokariota . C. plasmidnya dipotong dengan menggunakan enzim Restriksi Endonuklease . dan untuk menghasilkan bahan obatobatan dan kosmetika. Rekayasa Genetika pada mikroba bertujuan untuk meningkatkan efektivitas kerja mikroba tersebut (misalnya mikroba untuk fermentasi.Ditemukannya medium untuk memindahkan gen ke dalam sel mikroorganisme Sejalan dengan penemuan-penemuan penting itu.fertilitas serangga jantan (untuk produksi benih hibrida). Penerapan Rekayasa Genetika 1. kualitas aroma dan nutrisi. perkembangan di bidang biostatistika.Ditemukannya enzim pemotong DNA yaitu enzim restriksi endonuklease . bioinformatika dan robotika/automasi memainkan peranan penting dalam kemajuan dan efisiensi kerja bidang ini. toleransi terhadap pendinginan.Bakteri dibiarkan berkembang biak dalam wadah fermentasi sehingga dihasilkan insulin.Setelah itu ADN rekombinan itu dimasukkan ke dalam tubuh bakteri baru . meningkatkan kesuburan tanah.Bakteri yang masih mempunyai plasmid. perubahan pigmentasi. Bidang pertanian dan bahan pangan . penundaan kematangan buah. pengikat nitrogen udara. mempercepat proses kompos dan pembuatan makanan ternak.Kemudian gen insulin dari sel pankreas juga dipotong dengan menggunakan enzim restriksi .

swastanisasi dan kosentrasi bioteknologi pada kelompok tertentu.Bakteri yang dapat mengubah bahan tercemar menjadi bahan tidak berbahaya . niscaya akan menggusur peternak kecil. Dampak di bidang kesehatan Produk rekayasa di bidang kesehatan ini memang sudah ada yang menimbulkan masalah yang serius. Dampak di bidang sosial ekonomi Dampak ekonomi yang tampak adalah paten hasil rekayasa.Ditemukannya tomat Flavr Savr yang tahan .Ditemukannya tanaman ber-pestisida .Diproduksinya beberapa hormon pertumbuhan 3. Dampak Rekayasa Genetika a. Penggunakan hormon pertumbuhan sapi dapat meningkatkan produksi susu sapi sampai 20%. Bidang Industri .Diproduksinya interferon .Terciptanya bakteri yang mampu membersihkan lingkungan tercemar . memberikan pengaruh yang sangat luas pada masyarakat.Diproduksinya insulin dengan cepat dan murah . Tomat Flavr Savr diketahui mengandung gen resisten terhaap antibiotic.Jagung dengan protein tinggi 2. Produk bioteknologi dapat merugikan petanikecil. b.. Bidang kesehatan dan farmasi .Ditemukannya kopi super .Bateri pembuat aspartanik F. Susu sapi yang disuntik dengan hormone BGH disinyalir mengandung bahan . Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal di inggris.Adanya terapi genetic .Ditemukannya sapi dengan produksi susu meningkat 20% .Ditemukannya vaksin penyakit mulut dan kuku .

Penerapan hak paten pada organism hasil rekayasa merupakan pemberian hak pribadi atas organism. Menyisipkan gen makhluk hidup lain yang tidak berkerabat5 dianggap sebagai pelanggaran terhadap hukum alam dan sulit diterima manusia. Contoh makhluk hidup transgenic adalah bakteri yang mampu menambang tembaga. dengan bioteknologi modern banyak pula penyakit menurun yang dapat disembuhkan. Proses ini disebut terapi genetik. Namun masalah muncul ketika produk rekayasa sudah menimbulkan masalah yang serius. bakteri yang mampu membersihkan lingkungan yang tercemar.kimia baru yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Tomat Flavr Savr diketahui mengandung gen resisten terhadap antibiotic. manusia dapat memuat organisme yang tidak dapat menghasilkan bahan tertentu menjadi mampu menghasilkan bahan tertentu yang dibutuhkan manusia. c. Selain produk. jagung yang memiliki kandungan protein tinggi. BAB III KESIMPULAN Rekayasa genetika adalah upaya pencangkokan gen dengan teknik rekombinan DNA pada mikroorganisme tertentu. Bahan pangan transgenic yang tidak berlabel juga membawa konsekuensi bagi penganut agama tertentu. Dampak di bidang etika dan moral Menyisipkan gen makhluk hidup kepada makhluk hidup lain memiliki dampak etika yag serius. Susu sapi yang disuntik dengan hormone BGH disinyalir mengandung bahan kimia baru yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia. dan sebagainya. Penyembuhan Penyakit menurun ini dilakukan dengan jalan menyisipkan gen yang kurang pada penderita. tomat yang tahan lama. Mikroorganisme yang berperan ini disebut makluk transgenic. Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal di inggris. Hal ini bertentangan dengan banyak nilai-nilai budaya yang mengghargai nilai intrinsic makhluk hidup. DAFTAR PUSTAKA . Dengan rekayasa genetika. bakteri yang mampu mengubah bahan tercemar menjadi bahan lain yang tidak berbahaya.

com/ www. Amarullah.com diakses tanggal 4 April 2010 Genetika. www.wordpress. http://senyawa-kimia. Diakses tanggal 4 April 2010 Agorsiloku.wordpress.google. Rekayasa Genetika. Hamid.blogspot. . Dampak Penggunaan Hasil Rekayasa http://agorsiloku. http://zaifbio.yahoo. Yuyun.com.wikipedia. Rekayasa Genetika.org. Genetika Dasar.com diakses tanggal 4 April 2010 Anonim. diakses tanggal 4 April 2010 http://id.id Herwandi.Huzaifah.co.answers. Pelajaran Biologi Untuk Kelas XII Jurusan IPA Semester 1 dan 2. Zakky. 2005.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->