SILABUS

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester
Standar kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna 1.1 Merespon makna dalam dalam teks percakapan percakapan transaksional(to get transaksional dan things done) dan interpersonal interpersonal(bersosialisa resmi dan si) resmi dan berlanjut dalam berlanjut(sustained) konteks kehidupan secara akurat, lancar dan sehari-hari. berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan seharihari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,bertemu/berp isah, menyetujui ajakan tawaran/undangan, menerima janji dan membatalkan janji Berkenalan,  Mendengarkan percakapan bertemu/ berpisah interpersonal/transaksional melalui Mis.A: pleased to tape secara klasikal meet you! B : pleased to  Mendiskusikan berbagai tindak tutur meet you too! yang digunakan dalam percakapan Menyetujui yang didengar secara berpasangan. ajakan/tawaran/u  Mendiskusikan respon yang ndangan diberikan terehadap tindak tutur Mis. A: come to my yang didengar secara berkelompok party. B: thank for the invitation. Menerima janji Mis. A: I wiil get you the book. B: it’s very kind of you. Membatalkan janji Mis. A:i’m sorry I can’t make it. B: that’s OK. We’ll do it some other time. Toleransi, Rasa Ingin Tahu        Mengidentifikasi makna tindak tutur yang didengar Mengidentifikasi tindak tutur berkenalan Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ajakan Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji Merespon makna tindak tutur menerima janji. Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji Merespon tindak tutur membatalkan janji Tugas Kelompok

: SMAN 1 KALAENA : BAHASA INGGRIS :X : GANJIL
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Nilai Karakter Indikator Penilaian Alokasi waktu (menit)
(4 x 45)
2 X 45

Sumber/ Bahan/ Alat Look ahead (Erlangga) LKS (Pratama Mitra Aksara)

Lisan

2 x 45

        (4 x 45) Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia Merespon tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan simpati Merespon tindak tutur menunjukkan simpati Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan perhatian Merespon tindak tutur menunjukkan perhatian Mengidentifikasi makna tindak tutur member instruksi Merespon tindak tutur member instruksi Tugas kelompok 2 x 45 Performans 2 x 45 . menunjukkan perhatian. Rasa ingin Tahu. Tugas kelompok (4 x 45) 2 x 45 Lisan 2 x 25     Mendengarkan 1.A: open the window! B: OK.bertemu/berp isah.1 Mengungkapkan makna makna dalam teks dalam percakapan percakapan transaksional(to get transaksional dan things done) dan interpersonal interpersonal(bersosialisa resmi dan si) resmi dan berlanjut dalam berlanjut(sustaind) secara konteks kehidupan akurat. menunjukkan simpati.  Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara individu  Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dan responnya dalam percakapan yang didengar secara berkelompok/berpasangan  Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar Toleransi. menyetujui ajakan tawaran/undangan. berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan seharihari dan melibatkan tindak tutur: Mengungkapkan perasaan bahagia. menerima janji dan membatalkan janji  Bermain peran secara berkelompok/berpasangan    Melakukan tourist hinting dan merekam percakapan   Menggunakan tindak tutur berkenalan Melakukan percakapan interpersonal Menggunakan tindak tutur tawaran/undangan/ajakan Menggunakan tindak tutur menyetujui ajakan/tawaran/ tawaran/undangan dalam percakapan Menggunakan tindak tutur berjanji Menggunakan tindak tutur berjanji Menggunakan tindak tutur menerima janji Menggunakan tindak tutur membatalkan janji. lancar dan sehari-hari. Menunjukkan simpati Mis. B: Thank you.2 Merespon makna dalam dalam teks percakapan percakapan transaksional(to get transaksional dan things done) dan interpersonal interpersonal(bersosialisa resmi dan si) resmi dan berlanjut dalam berlanjut(sustaind) secara konteks kehidupan akurat. lancar dan sehari-hari. berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan seharihari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan. kerja keras. Memahami makna 1.A: Please accept my condolences B: Thank you so much Memberi instruksi Mis. A: I’m so happy to get a scholarship B: I’m happy for you Menunjukkan perhatian Mis.Berbicara 3.A: you look fantasstic.Mengungkapkan 3. dan memberikan instruksi Mengungkapkan perasaan bahagia Mis.

   (8x45) Memberi pengumuman lisan Menyampaikan undangan lisan Menggunakan bahasa lisan Tugas individu Lisan 2 x 45 2 x 45 . (4 x 45) Tugas kelompok tugas individu 2 x 45 2 x 45 Berbicara 4. Rasa ingin Tahu. toleransi. undangan) resmi procedure dalam dan tak resmi dalam konteks kehidupan berbagai konteks sehari-hari. iklan. kehidupan sehari-hari Pengumuman lisan (Undangan lisan) Kosa kata yang terkait dengan pengumuman  Mengidentifikasi beberapa pengumuman lisan di tempat umum secara berkelompok  Mendengarkan pengumuman malaui tape secara klasikal  Mediskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara kelompok komunikatif.Mengungkapkan makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount.1 Merespon makna secara teks fungsional akurat. menunjukkan simpati. sederhana (Pengumuman. Memahami makna 2.1 Mengungkapan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek (misx: Pengumuman.    Mengidentifikasi topic sebuah pengumuman lisan Mengidentifikasi informasi tertentu dari pengumuman Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar. lancar dan pendek dan berterima dalam teks monolog lisan fungsional pendek berbentuk recount. akurat. narrative dan iklan.Mengungkapkan 3. rasa ingin tahu .Berbicara 3. lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan seharihari dan melibatkan tindak tutur: Mengungkapkan perasaan bahagia.Kreatif. narrative dan procedure dalam konteks kehidupan 4. kerja keras.        Menggunakan tindak tutur Mengungkapkan perasaan bahagia Menggunakan tindak tutur menunjukkan perhatian Menggunakan tindak tutur menunjukkan simpati Menggunakan tindak tutur memberikan instruksi lisan Memberi instruksi lisan Melakukan interview Melakukan pertunjukkan drama Tugas Ulangan tertulis (6 x 45) 2 x 45 2 x 45 Performans 2 x 45 (4 x 45) 2 x 45 2 x 45 Mendengarkan 2. undangan dll) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam  Membuat pengumuman lisan secara berpasangan dan menyampaikannya didepan kelas. dan memberikan instruksi  Secara berpasangan menggunakan tindak tutur dan responnya  Bermain peran secara kelompok Toleransi. menunjukkan perhatian.2 Mengungkapkan makna makna dalam teks dalam percakapan percakapan transaksional(to get transaksional dan things done) dan interpersonal resmi interpersonal(bersosialisa dan berlanjut dalam si) resmi dan konteks kehidupan berlanjut(sustaind) secara sehari-hari.

lancar dan berterima dalam berbagai konteks Pengumuman Iklan undangan  Mengidentifikasi beberapa pengumuman tertulis ditempat umum secara berkelompok.  Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapannya dan intonasi yang benar  Mengidentifikasi topic dari teks yang dibaca Tugas ( 4 x 45 ) 4x45 Unjuk kerja . lancar dan procedure dalam berterima dalam berbagai konteks kehidupan konteks kehidupan seharisehari-hari.Mengungkapkan 4. toleransi dan kerja keras.2 Mengungkapkan makna makna teks yang terdapat dalam teks fungsional pendek monolog dengan dan monolog menggunakan ragam berbentuk recount. toleransi. undangan dll) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat. narrative dan procedure Teks lisan  Berdiskusi secara berkelompok untuk berbentuk membuat sebuah cerita dan Narrative bercerita secara sambung Teks lisan menyambung.rasa  ingin tahu. procedure toleransi. kerja keras. berbentuk Recount  Membuat sebuah cerita secara Teks lisan individu dan menceritakannya berbentuk kepada teman sekelasnya. iklan. procedure Rasa Ingin  Tahu.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misx pengumuman. berbagai konteks kehidupan sehari-hari 4 x 45 Mendengarkan 2.kerja keras.      Mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar Mengidentifikasi bahan yang digunakan dalam teks procedure yang didengar Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang didengar Tugas individu Tugas kelompok (4 x 45) 2 x 45 Ulangan Tertulis (PG dan Uraian) 2 x 45 Berbicara 4. narrative dan procedure Teks lisan  Mendengarkan cerita/petunjuk berbentuk melakukan sesuatu untuk Narrative menemukan berbagai informasi Teks lisan secara individu berbentuk Recount  Mendiskusikan perbedaan Teks lisan penggunaan bahasa secara lisan dan berbentuk tertulis secara berkelompok. Memahami makna teks fungsional pendek (Pengumuman. sehari-hari.ikla n. akurat. rasa ingin tahu. hari dalam teks berbentuk recount.2 Merespon makna dalam teks fungsional teks monolog yang pendek dan menggunakan ragam monolog bahasa lisan secara berbentuk recount. Memahami makna 2.    Menggunakan kalimat past tense dalam menyampikan sebuah peristiwa Melakukan monolog untuk menceritakan pengalaman Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah procedure Mendongeng Tugas kelompok Tugas individu (4 x 45) 2 x 45 2 x 45 Membaca 5.sehari-hari. lancar dan narrative dan berterima dalam berbagai procedure dalam konteks kehidupan seharikonteks kehidupan hari dalam teks recount. bahasa lisan secara narrative dan akurat.  Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok Kreatif. undangan) dalam konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu 5.

yester day. he went yesterday Teks tulis berbentuk narrative Teks tulis berbentuk procedure Gemar membaca. menyunting  Menghasilkan teks fungsional pendek Tugas kelompok (8x45) 2x45 Tugas kelompok Tugas individu Ulangan tertulis 2x45 4x45 Membaca 5. 6.  Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca  Mengidentifikasi main idea dari sebuah paragraph  Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca  Mengidentifikasi variasi susunan kalimat dalam teks berbentuk: recount. ejaan dan tata tulis dengan akurat  Menulis gagasan utama  Mengelaborasi gagasan utama  Membuat draff. trip to Bunaken secara berkelompok  Who went to Bunaken?  Berlatih menggunakan kalimat past tense untuk menyatakan peristiwa  He went to dan kalimat imperative untuk Bunaken menyatakan petunjuk yesterday. narrative ragam bahasa tulis secara  Membuat draft teks narrative. he went to Bunaken. kreatif. toleransi. Pengumuman. bersahabat/ko munikatif.2 Mengungkapkan makna makna teks dan langkah retorika fungsional pendek dalam esei dengan dan esei sederhana menggunakan ragam recount. kosa kata. tanggung jawab.  Menggunakan tata bahasa. lancar dan procedure dalam berterima dalam berbagai konteks kehidupan konteks kehidupan seharisehari-hari dan hari dalam teks untuk mengakses berbentuk: recount. rasa ingin tahu. merevisi. kehidupan sehari-hari Menulis 6. Memahami makna 5. mengahargai prestasi.Mengungkapkan 6.1 Mengungkapan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misx. recount dengan melakukan chain writing  Melakukan koreksi teman sejawat untuk menyempurnakan draft Kreatif.  To Bunaken. undangan dll) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat.2 Merespon makna dan teks fungsional langkah retorika dalam pendek dan esei esei dengan sederhana menggunakan ragam berbentuk recount. narrative dan procedure  Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang dibaca  Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks  Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca  Mengidentifikasi langkahlangkah retorika dari teks  Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca   Menggunakan kalimat past tense dalam menyampaikan sebuah peristiwa Menggunakan kalimat imperative dalam membuat Tugas individu Ulangan tertulis (6 x 45) 2 x 45 4 x 45 Menulis 6. tanda baca. ilmu pengetahuan.Mengungkapkan makna teks fungsional pendek dalam konteks kehidupan seharihari.pengetahuan. . iklan. lancar dan berterima konteks kehidupan seharihari  Membuat pengumuman secara berpasangan dan mempublikasikannya dikelas/sekolah Kerja keras.rasa ingin tahu. narrative dan procedure Teks tulis  Membaca nyaring bermakna teks berbentuk recount narrative secara individu Past tense  Mendiskusikan berbagai aspek dari  Jim Carrey had a teks seperti isi dan struktur teks. ragam bahasa tulis secara narrative dan akurat.

lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan seharihari dalam teks berbentuk: recount narrative dan procedure  Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman     sebuah resep atau petunjuk Menggunakan kalimat langsung dan tak langsung dalam menulis sebuah narasi Menghasilkan teks berbentuk recount Menghasilkan teks berbentuk narrative Menghasilkan teks berbentukan procedure Kalaena.…………………………2011 Mengetahui : Kepala Sekolah SMAN 1 KALAENA Guru Mata Pelajaran Drs.dan procedure dalam konteks kehidupan seharihari akurat. BAKHTIAR NIP: 19670112 199303 1010 ALFRIDA SILA. S.Pd NIP: 19820403 200902 2003 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.