P. 1
Makala h

Makala h

|Views: 3|Likes:
Published by Eko Rizki
makalah
makalah

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Eko Rizki on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2013

pdf

text

original

MAKALAH

SKILSLAB IDENTIFIKASI MASALAH KESEHATAN KELUARGA PBL BLOK 20 TOPIK : TENSION HEADACHE

OLEH : EKO RIZKI NO BP : 0810312074 KELOMPOK 7A

TUTOR : DR DETTY IRIANI

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 2011

Tindakan pemberian obat ini merupakan tindakan pertama yang paling sering dilakukan dalam upaya mengobati penyakit dan merupakan satu tahap dari perilaku mencari penyembuhan atau kesehatan yang dikenal sebagai “health seeking behavior”. Ikut merawat anggota keluarga yang sakit. Dikatakan bahwa dalam sistem perawatan kesehatan ini terdapat unsur-unsur pengetahuan dari sistem medis tradisional dan moderen. Jika upaya ini tidak berhasil. Peran / tugas keluarga dalam kesehatan yang dikembangkan oleh ilmu keperawatan dalam hal ini adalah ilmu kesehatan masyarakat (Komunitas) sangatlah mempunyai arti dalam peningkatan dalam peran / tugas keluarga itu sendiri. barulah dicari upaya lain misalnya membawa ke petugas kesehatan seperti dokter. Perawat diharapkan mampu meningkatkan peran keluarga dalam mengatasi masalah kesehatan keluarga. 1980).(Friedman. mantri dan lain-lain . 1998).1 Latar Belakang Keluarga merupakan orang terdekat dari seseorang yang mengalami gangguan kesehatan / dalam keadaan sakit. Keluarga adalah lingkungan terkecil dari masyarakat yang cukup berperan dalam masalah kesehatan keluarga. Sesungguhnya pola pemberian makanan pada anak. (Friedman. maka si ibu atau anggota keluarga lain akan melakukan pengobatan sendiri (self treatment) terlebih dahulu. dan memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada sangatlah penting dalam mengatasi kecemasan klien. apakah itu dengan menggunakan obat tradisional ataupun obat moderen. 1998 : 145) Peran keluarga dalam mengenal masalah kesehatan yaitu mampu mengambil keputusan dalam kesehatan. Hal ini terlihat bila ada anak yang menderita sakit. ed 3. memodifikasi lingkungan.BAB I PENDAHULUAN 1. 2003 : 146). etiologi penyakit dan tindakan kuratif penyakit merupakan bagian dari sistem perawaatan kesehatan umum dalam masyarakat (Klienman. Keluarga juga merupakan salah satu indikator dalam masyarakat apakah masyarakat sehat atau sakit (Efendi .

Dokter puskesmas menanyakan apakah ada riwayat sakit kepala sebelumnya juga apakah ada kerja lembur dan minum kopi. tangan dan kaki serta lututnya sering terasa ngilu dan kadang kalau ia makan sayur kankung atau kacang panjang kakinya jadi penat-penat. 2) Riwayat penyakit sekarang: . 54 tahun. Identitas Pasien Nama Umur Alamat No telpon : Amirunas : 54 tahun : Cengkeh. seorang pengrajin rotan dengan satu orang istri dan 4 orang anak. Bapak amirunas mengeluhkan sakit kepala sampai ke leher sejak kemarin. Masalah pekerjaan. Tadi pagi ketika bangun. Menurut dokter. ia selalu bekerja dari pagi menjelang malam setiap hari. bapak Amirunas menderita tension headache dan dokter menyarankan pasien untuk memeriksa kadar kolesterol dan gula darahnya ke rumah sakit. Pasien juga mengeluhkan beberapa bulan terakhir. Pasien juga mengaku sering kencing dimalam hari sekitar 3-4 kali tiap malam. ia mendapati kepala dan tengkuknya berat dan sakit jika digerakkan terutama saat menoleh. Pasien menyangkal tidak pernah minum kopi tapi lebih suka minum teh 2 kali sehari. no 31 Padang : 081374494858 Anamnesis 1) Keluhan utama : Nyeri kepala sejak 1 hari yang lalu. Anak ketiga dan keempatnya masih duduk di bangku sekolah. Anak pertama dan kedua sudah berkeluarga dan masing-masing punya anak 2 orang. Dokter hanya memberikan analgetik dan meminta pasien beristirahat dulu dan kembali memeriksakan diri ke puskesmas.BAB 2 ISI KASUS: Bapak Amirunas.

beliau tidak tahu nama obatnya. Nyeri kepala disertai tengkuk (bagian belakang leher)t seperti ada beban dan nyeri saat digerakkan terutama jika menoleh sejak 1 hari yang lalu.  Ada riwayat sering BAK di malam hari (sekitar 3-4kali) sejak 2 minggu terakhir. polifagi dan penurunan berat badan  badan terasa cepat lelah dan tidak bersemangat sejak 2 hari yang lalu. tapi ada 3 macam obat. nyeri konstan dan terasa meningkat jika melakukan aktivitas. Riwayat penyakit dahulu 4).  Persendian tangan dan kaki serta lutut sering terasa ngilu dan sakit hampir sejak beberapa bulan terakhir. Nyeri sudah dirasakan sejak 3 tahun yang lalu. tapi tidak ada gejala polidipsy. 3). nyeri terasa berat. Tapi obat tersebut sekarang sudah habis dan bungkusnya juga tidak ada. Di rasakan pada pagi hari. muncul setelah bangun pagi. untuk sakit pada persendiannya. yang di minum sehabis makan 5). terasa penat pada kaki setelah makan kacang panjang dan kangkung dan hilang setelah minum obat dari dokter. Sebelumnya pernah berobat ke dokter dan dokter menyatakan bahwa bapak amirunas mengalami penyakit asam urat. Mengiyakan ketika ditanyakan dulu sebelum nyeri persendian pernah mengalami bengkak di jempol kaki dengan nyeri yang hebat. Riwayat penyakit keluarga : tidak ada Pemeriksaan fisik  Tanda – tanda vital : Normal  Kesadaran  Nadi  TD  Suhu tubuh  Nafas  Status gizi  Mata  Wajah : kompos mentis kooperatif : normal : 120/90 mmHg : Normal : normal : baik : normal : tampak lesu . Riwayat pengobatan : tidak ada yang berhubungan :ada.

nyeri Nyeri persendian MTP 1. Olekranon.Diagnosa primer : Tension headache Patognomonis : Nyeri pada kepala yang terasa berat seperti ada beban disertai Nyeri pada tengkuk di daerah leher. tendon achilles Pemeriksaan Penunjang : Tension headache Artritis Gout : Rekaman elektromiografi ( tidak disarankan ) : pemeriksaan kadar asam urat darah Aspirasi sendi Saran dari dokter untuk pemeriksaa kadar gula darah dan kolesterol bapak Amirunas ke rumah sakit terdekat. Diagnosa sekunder : Artritis gout Patognomonis : Pernah mengalami podagra 1 tahun sebelumnya. konstan dan meningkat ketika melakukan aktivitas. . nyeri timbul jika ada Stress berlebihan. adanya Tofi pada beberapa bagian tubuh terutama telinga. MTP-1. dan pada posisi leher yang Salah. aktivitas berat. hilang cepat dengan terapi yang Sesuai Pemeriksaan Fisik yang seharusnya dilakukan : Tension Headache :-armchair sign -invisible pillow Artritis gout :-tofus pada daun telinga.

Analisis keluarga Data demonstrasi keluarga 1) Fungsi dalam keluarga  Biologis  Psikologis  Sosial  Ekonomi : tidak ada cacat pada tubuh : hubungan antara anggota keluarga cukup harmonis : hubungan dengan lingkungan sekitar kurang. Amirunas (54tahun) : pengrajin Rotan . sehabis kerja bapak lansung ke rumah dan tidak ada keluar rumah lagi : sumber pendapatan ayah dan menantu 2) Penyakit dalam keluarga Nama penderita Pekerjaan : Bpk.

Faktor Lingkungan Penyakit tidak ada hubungannya dengan penyakit menular Penyakit tidak ada hubungan dengan lingkungan di sekitar rumah Bapak Amirunas. Kimia : Tidak ada mengkonsumsi obat-obatan jenis diuretik ( tidak ada riwayat hipertensi ). water borne disease dan soil transmited. Tidak ada pada saat ini penyakit dalam keluarga bapak amirunas yang berhubungan dengan air borne disease.Faktor Genetik/ Keturunan Tidak ada penyakit genetik yang terjadi pada keluaraga bapak Amirunas dan tidak ada hubungan apa yang terjadi pada bapak Amirunas terhadap faktor genetik untuk tension headache.D/ tension headache dan asam urat Nama Penderita lain : Uni el D/ mengaku rematik Analisa Masalah Kesehatan Keluarga Menurut teori Blum ada 4 teori yang yang mempengaruhi kesehatan keluarga 1. 2. asetazolamid ( Tidak ada pernah sakit mata yang berat ). Biologis : Sosial : Tidak ada yang berhubungan Faktor umur Faktor berat badan . Tidur larut malam Posisi dalam pekerjaan yang mungkin kurang nyaman. Fisik : Aktivitas yang bertambah akibat jumlah pesanan yang bertambah pada pesanan pembuatan perabot rumah tangga.

Minum teh 2 x sehari. ayam. air minum : air galon. kadang ikan.3.Faktor Perilaku / kebiasaan Bapak amirunas sangat suka makanan gajeboh ( berlemak tinggi ) dan selalu menggunakan sayur. tahu. terjangkau  Kualitas pelayanan kesehatan tersebut :baik Lingkungan tempat tinggal . mandi : sumur  Pencegahan penyakit  imunisasi lengkap terutama cucunya  Gizi keluarga  baik. sekarang 2 bungkus sehari.Faktor Pelayanan Kesehatan Pelayanan kesehatan yang ada dilingkungan tempat tinggal pasien sudah cukup bagus.gratis tapi di rumah bidan. tempe (digoreng) dan selalu ada sayur. sehingga mudah dijangkau serta tidak adanya hambatan dalam penggunaan fasilitas.  Latihan jasmani / aktivitas fisik : jarang Penggunaan yankes  kuratif : Rumah bidan atau puskesmas  Pusat Yankes yang digunakan keluarga .  Rumah bidan  Puskesmas  Rumah sakit/Poliklinik  Cara Mencapai pusat Yankes : pake ankot atau motor  Tarif Yankes : puskesmas . sumber air cuci. Tempatnya yang dekat dengan tempat tinggal. Sering tidur terlambat pada malam hari. telur. Kebiasaan lain yang ada bapak Amirunas adalah merokok dari remaja. Data internal keluarga  Kebersihan  mandi 2xsehari. dilihat dari bentuk ukuran badan (bb/tb. daging. lemak subkutan)  Sehari-hari sambal ganti. Tidak pernah mengkonsumsi alkohol 4.

saran Untuk mengatasi masalah kesehatan pada bapak Amirunas dan juga mengenai lingkungan maka dapat dilakukan upaya-upaya sebagai berikut : Upaya promotif yang dapat dilakukan  Memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga tentang pola hidup sehat.Kesimpulan Dari hasil wawancara dengan bapak Amirunas diketahui bahwa penyebab penyakit tension headacehe adalah karena aktivitas pekerjaan yang meningkat dan untuk asam urat diakibatkan oleh faktor umur.  Tata letak ruang : kurang rapi karena rumah baru selesai. Kepemilikan Rumah`  Luas rumah  Jumlah orang dalam rumah  Luas halaman rumah  Rumah tidak bertingkat. listrik. berat badan dan pola makan yang salah. di usahakan menghindari alkohol  Menasehati pasien agar tidak merokok dan tidak tidur larut malam .  Dinding rumah dari tembok  Sebagian lantai keramik : milik sendiri : 15mx 10m : 8 orang : 1x1  Penerangan dalam rumah ada jendela . berkabut karena ditepi jalan. cucunya yang masih kecil suka mengacak barang.  Ventilasi : kalau siang terasa panas.  Perbaiki life style. Di kamar ada kipas angin. b. tapi sumur digunakan bersamaan dengan tetangga BAB 3 KESIMPULAN DAN SARAN a.  Kebersihan dalam rumah : rumah dibersihkan 2x sehari pagi dan petang.  MCK ada.

kacang panjang. kacang-kacangan.X S2dd1 R/ Indometacin 25 mg no. jeroan. ( gout)  Olahraga teratur dan turunkan berat badan ( gout )  Hindari stress dan aktivitas fisik berlebihan ( Tension headache ) Upaya kuratif bisa dilakukan Tension headache  Dengan melakukan pemijatan pada regio atas tubuh  Mengobati gejala yang ada Resep yang diberikan dokter : Resep dari dokter : R/ as. kurangi makanan berlemak. Mefenamat 500 mg no. X S2dd1 Asam urat Mengobati gejala yang ada Obat yang mungkin diberikan R/ Alopurinol 100 mg no. X S3dd1 R/ Ranitidin 150 mg no. III S1dd1 R/ b comp no.Upaya preventif yang dapat dilakukan  Diet sehat dengan Makan teratur dan bervariasi. X S3dd1 PC R/ diazepam 2 mg no. sayur-sayur yang hijaunya dominan seperti bayam.X S2dd1 Pemakaian harus bersamaan waktunya .

Rehabilitasi  Pada pasien ini belum dilakukan karena belum terjadi kecacatan atau gangguan fungsi akibat keluhan pasien. hanya perlu pencegahan. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->