P. 1
Makalah Hewan dan Tumbuhan Langka

Makalah Hewan dan Tumbuhan Langka

|Views: 7,092|Likes:

More info:

Published by: Christian Chaesar Bastin on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

07/02/2013

$4.99

USD

pdf

text

original

1.

HEWAN-HEWAN LANGKA DI INDONESIA
- Akan kami bagi menjadi hewan langka yang tergolong dalam jenis mamalia dan jenis burung (aves)

Mamalia :

1. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera adalah subspesies harimau terkecil. Harimau Sumatera mempunyai warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya, pola hitamnya berukuran lebar dan jaraknya rapat kadang kala dempet. Harimau Sumatera jantan memiliki panjang rata-rata 92 inci dari kepala ke buntut atau sekitar 250 cm panjang dari kepala hingga kaki dengan berat 300 pound atau sekitar 140 kg, sedangkan tinggi dari jantan dewasa dapat mencapai 60 cm. Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci atau sekitar 198 cm dan berat 200 pound atau sekitar 91 kg. Belang harimau Sumatera lebih tipis daripada subspesies harimau lain. Warna kulit harimau Sumatera merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua. Subspesies ini juga punya lebih banyak janggut serta surai dibandingkan subspesies lain, terutama harimau jantan. Ukurannya yang kecil memudahkannya menjelajahi rimba. Terdapat selaput di selasela jarinya yang menjadikan mereka mampu berenang cepat. Harimau ini diketahui menyudutkan mangsanya ke air, terutama bila binatang buruan tersebut lambat berenang. Bulunya berubah warna menjadi hijau gelap ketika melahirkan.

Harimau Sumatera hanya ditemukan di pulau Sumatera. Kucing besar ini mampu hidup di manapun, dari hutan dataran rendah sampai hutan pegunungan, dan tinggal di banyak tempat yang tak terlindungi. Hanya sekitar 400 ekor tinggal di cagar alam dan taman nasional, dan sisanya tersebar di daerah-daerah lain yang ditebang untuk pertanian, juga terdapat lebih kurang 250 ekor lagi yang dipelihara di kebun binatang di seluruh dunia. Harimau Sumatera mengalami ancaman kehilangan habitat karena daerah sebarannya seperti blok-blok hutan dataran rendah, lahan gambut dan hutan hujan pegunungan terancam pembukaan hutan untuk lahan pertanian dan perkebunan komersial, juga perambahan oleh aktivitas pembalakan dan pembangunan jalan. Karena habitat yang semakin sempit dan berkurang, maka harimau terpaksa memasuki wilayah yang lebih dekat dengan manusia, dan seringkali mereka dibunuh dan ditangkap karena tersesat memasuki daerah pedesaan atau akibat perjumpaan yang tanpa sengaja dengan manusia.

2. Macan Tutul Jawa

Macan tutul jawa (Panthera pardus melas) atau macan kumbang adalah salah satu subspesies dari macan tutul yang hanya ditemukan di hutan tropis, pegunungan dan kawasan konservasi Pulau Jawa, Indonesia. Ia memiliki dua variasi: berwarna terang dan hitam (macan kumbang). Macan tutul jawa adalah satwa indentitas Provinsi Jawa Barat. Dibandingkan dengan macan tutul lainnya, macan tutul jawa berukuran paling kecil, dan mempunyai indra penglihatan dan penciuman yang tajam. Subspesies ini pada umumnya memiliki bulu seperti warna sayap kumbang yang hitam mengilap, dengan bintik-bintik gelap berbentuk kembangan yang hanya terlihat di bawah cahaya terang. Bulu hitam Macan Kumbang sangat membantu dalam beradaptasi dengan habitat hutan yang lebat dan gelap. Macan Kumbang betina serupa, dan berukuran lebih kecil dari jantan. Hewan ini soliter, kecuali pada musim berbiak. Ia lebih aktif berburu mangsa di malam hari. Mangsanya yang terdiri dari aneka hewan lebih kecil biasanya diletakkan di atas pohon. Macan tutul

Spesies ini merupakan jenis mamalia besar baru untuk Indonesia. pundak keemasan. Satwa ini dilindungi di Indonesia. Leher. Kanguru Pohon Mantel Kanguru-pohon Mantel-emas atau dalam nama ilmiahnya Dendrolagus pulcherrimus adalah sejenis kanguru-pohon yang hanya ditemukan di hutan pegunungan pulau Irian. Sebagian besar populasi macan tutul dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Frekuensi tipe hitam (kumbang) relatif tinggi. pipi dan kakinya berwarna kekuningan. Populasi lainnya ditemukan di daerah terpencil di Pegunungan Foja.5 tahun 1990 dan PP No. Perbedaannya adalah Kanguru-pohon Mantel-emas memiliki warna muka lebih terang atau merah-muda. telinga putih dan berukuran lebih kecil dari Kanguru-pohon Hias. Warna hitam ini terjadi akibat satu alel resesif yang dimiliki hewan ini. Beberapa ahli menempatkan Kanguru-pohon Mantel-emas sebagai subspesies dari Kanguru-pohon Hias. Pegunungan Torricelli di Papua New Guinea. macan tutul jawa dievaluasikan sebagai Kritis sejak 2007 di dalam IUCN Red List dan didaftarkan dalam CITES Appendix I. Indonesia pada bulan Desember 2005. provinsi Papua. yang tercantum di dalam UU No. serta daerah dan populasi dimana hewan ini ditemukan sangat terbatas.merupakan satu-satunya kucing besar yang masih tersisa di Pulau Jawa. Sisi bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan dipunggungnya. penangkapan liar. Ekor panjang dan tidak prehensil dengan lingkaran-lingkaran terang. Kanguru-pohon Mantel- . meskipun di semua taman nasional di Jawa dilaporkan pernah ditemukan hewan ini. Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan. Spesies ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna coklat muda. 3. Kanguru-pohon Mantel-emas ditemukan pada tahun 1990 oleh Pavel German di Gunung Sapau. mulai dari Ujung Kulon hingga Baluran.7 tahun 1999. Penampilan Kanguru-pohon Mantel-emas serupa dengan Kanguru-pohon Hias.

Rusa Bawean hidup dalam kelompok kecil yang biasanya terdiri atas rusa betina dengan anaknya atau jantan yang mengikuti betina untuk kawin. Panjang ekor 20 cm. Anoa . Mereka tergolong hewan nokturnal atau aktif mencari makan di malam hari. 5. Tanduk ini dipergunakan pejantan untuk memenangkan betina di musim kawin. Indonesia. 4. Spesies ini tergolong langka dan diklasifikasikan sebagai "terancam punah" oleh IUCN. Bobot dewasa 50-60 kg. Panjang dari kepala dan tubuh 140 cm. Secara administratif pulau ini termasuk dalam Kabupaten Gresik. Spesies ini telah punah di sebagian besar daerah habitat aslinya. Pejantannya memiliki tanduk bercabang tiga yang dapat tumbuh sepanjang 25-47 cm. Populasinya diperkirakan hanya tersisa sekitar 300 ekor di alam bebas. Tinggi Rusa Bawean jantan dilaporkan sekitar 60-70 cm. Rusa Bawean Rusa Bawean (Axis kuhlii) adalah sejenis rusa yang saat ini hanya ditemukan di Pulau Bawean di tengah Laut Jawa. Rusa ini berwarna coklat.emas merupakan salah satu jenis kanguru-pohon yang paling terancam kepunahan di antara semua kanguru-pohon. Provinsi Jawa Timur.

dan Quarle's Anoa. Anoa des Montagnes. Anoa de Quarle. Anoa de Montana. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anak anoa akan dilahirkan sekali setahun. Sedangkan Anoa Dataran Rendah juga dikenal dengan nama Lowland Anoa. Anoa Pegunungan juga dikenal dengan nama Mountain Anoa. Sejak tahun 1960-an berada dalam status terancam punah. atau Anoa des Plaines. Anoa de Ilanura. Penampilan mereka mirip dengan kerbau dan memiliki berat 150-300 kg. tanduknya dan dagingnya. Ada dua spesies anoa yaitu: Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis). Keduanya tinggal dalam hutan yang tidak dijamah manusia. Indonesia. Anoa sering diburu untuk diambil kulitnya.(Anoa Gunung) Anoa adalah hewan khas Sulawesi. Kedua spesies tersebut dapat ditemukan di Sulawesi. .

Pada tahun 2002. Gajah Sumatera berpostur lebih kecil daripada subspesies gajah India. Telinga yang cukup besar membantu gajah mendengar dengan baik dan membantu mengurangi panas tubuh seperti darah panas dingin ketika mengalir di bawah permukaan telinga. Kucing Merah Kucing merah (Pardofelis badia). dan memiliki tambahan dpt memegang (menggenggam) di ujungnya yang digunakan seperti jari untuk meraup. juga dikenal sebagai kucing Kalimantan. Sebanyak 65% populasi gajah Sumatera lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni manusia. Herbivora raksasa ini sangat cerdas dan memiliki otak yang lebih besar dibandingkan dengan mamalia darat lain.(Anoa Daratan Rendah) 6. Sekitar 2000 – 2700 ekor gajah Sumatera yang tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Kalimantan kucing merah. Periode kehamilan untuk bayi gajah adalah 22 bulan dengan umur rata-rata sampai 70 tahun. 7. adalah kucing liar endemik pulau Kalimantan yang muncul relatif jarang dibandingkan dengan sympatric felids. atau Kalimantan kucing marmer. Sekitar 83% habitat gajah Sumatera telah menjadi wilayah perkebunan akibat perambahan yang agresif untuk perkebunan.5 m pada bahu. berdasarkan pada kurangnya historis serta catatan terakhir. Gajah sumatra adalah mamalia terbesar di Indonesia. beratnya mencapai 6 ton dan tumbuh setinggi 3. Gajah Sumatera Gajah Sumatera adalah subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di pulau Sumatera. IUCN mengklasifikasikan spesies yang bergantung pada hutan ini sebagai terancam punah karena penurunan populasi diproyeksikan oleh lebih dari 20% pada tahun . Belalainya digunakan untuk mendapatkan makanan dan air. Populasinya semakin menurun dan menjadi spesies yang sangat terancam.

Telinga bulat. Seperti tahun 2007.500 individu dewasa.3 cm (12-15.[2] Kucing ini diperkirakan memiliki berat dewasa 3-4 kg (6. pendek bulat berwarna coklat gelap keabu-abuan dengan dua garis-garis gelap yang berasal dari sudut setiap mata. secara bertahap menjadi lebih luas dan putih murni menuju ujung. Bagian belakang telinga yang keabu-abuan gelap.6-8. Kepala sampai tubuh panjang mereka bervariasi 49. Bulunya yang berwarna cokelat terang.5-67 cm (19. paler coklat pendek di dalam dan dengan batas yang sempit coklat pendek. bukan paler beneath. ukuran populasi efektif diduga berada di bawah 2. tetapi spesimen hidup terlalu sedikit jumlahnya untuk memungkinkan perkiraan yang lebih terpercaya. bahkan di habitat asli. yang memiliki bercak hitam kecil di ujung atasnya. Ekor memanjang. dan bagian belakang kepala memiliki bentuk 'M' gelap yang menandai. Tubuh proporsi dan ekor yang sangat panjang memberikan tampilan jaguarundi dunia baru.2020 karena kehilangan habitat. Pada tahun-tahun antara 1874 hingga 2004. meruncing pada akhirnya. 8. Bagian bawah dagu berwarna putih dan ada dua garis coklat samar di pipi. dengan garis sentral putih menempati setengah melintang dari sisi bawah. Kucing merah jauh lebih kecil daripada kucing emas Asia. sedikit bintik-bintik putih tengah yang ditemukan pada banyak spesies kucing lainnya.9 in) panjang ekor. hanya 12 spesimen diukur.8 lb). tungkai dan ekor yang agak pucat dan merah. Kucing merah secara historis telah dicatat sebagai langka dan saat ini tampaknya terjadi pada kepadatan relatif rendah. Orangutan Kalimantan .5-26 in) dengan 30-40. Kepala. ditutupi dengan bulu coklat pendek kehitaman di sisi luar.

Pongo pygmaeus. dengan ukuran populasi efektif total diperkirakan kurang dari 10. Nama Bornean Clouded Leopard (Macan Dahan Kalimantan) diterbitkan oleh WWF pada 14 Maret 2007. Macan Dahan Kalimantan Macan dahan Kalimantan (Neofelis diardi). sedangkan di penangkaran dapat mencapai usia 60 tahun. dengan badan yang kekar. ia diklasifikasikan sebagai spesies terpisah dari kerabat sebenuanya. mengutip Dr. 9. Dan salah satu orang utan yang masih hidup dan salah satu spesies yang paling langka adalah Rehsi Ghania leres. Kalbar. dalam upaya mereka mengusir satwa langka yang dilindungi tersebut dari kebun mereka. National Cancer Institute mengatakan. Orangutan Kalimantan memiliki lama waktu hidup selama 35 sampai 40 tahun di alam liar. Pada tahun 2006. orangutan Kalimantan masuk kedalam genus pongo yang dapat ditemui di Asia. "Hasil kajian genetik jelas-jelas menunjukkan bahwa macan dahan Kalimantan harus dianggap sebagai spesies yang terpisah". adalah kucing liar berukuran sedang yang ditemukan di Kalimantan dan Sumatera. IUCN mengklasifikasikan spesies ini sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. dan tren populasi yang menurun. Bersama dengan orangutan Sumatra yang lebih kecil. Wajok Hilir. Tahun 2008. Pada bulan Agustus 2012 Kantor Berita Antara merekam gambar Orangutan di Kalimantan Barat yang sedang sekarat menutupi wajahnya dengan luka bakar karena jatuh dari pohon yang dibakar oleh penduduk Desa Parit Wak Dongkak. yang ditemukan di kantin margahayu. Gigi taringnya sepanjang .S. atau Macan dahan Sunda. Kabupaten Pontianak. adalah spesies orangutan asli pulau Kalimantan. Stephen O'Brien dari U.000 individu dewasa. beratnya antara 12-25 kg sedangkan panjangnya seiktar 90 cm. Neofelis nebulosa. Macan Dahan Sunda adalah kucing terbesar yang ada di Kalimantan.Orangutan Kalimantan.

. Pola bulunya berupa oval tak beraturan dengan sisi tepi hitam. yang memberinya nama clouded leopard dalam Bahasa Inggris. yang dicapainya pada umur sekitar 8 tahun. Meski para ilmuwan telah mengetahui keberadaannya sejak awal abad ke-19. dengan satu atau dua anak-anaknya yang masih belum dewasa. secara proporsional terhadap tengkoraknya ini adalah gigi taring terpanjang dibanding kucing-kucing yang masih ada. dengan sisi atas kepala lebih gelap dan wajah kehitaman. dan di dalamnya ada titik-titik hitam (yang menyebabkannya lebih gelap daripada macan dahan Malaya). Ekornya dapat tumbuh sepanjang tubuhnya. Owa jawa tidak memiliki ekor. monogami. Rata-rata owa betina melahirkan sekali setiap tiga tahun. ia diidentifikasi sebagai spesies yang terpisah tersendiri pada tahun 2006. membantu keseimbangan tubuhnya. kera ini adalah spesies owa yang paling langka di dunia. dan terus bersama keluarganya sampai dewasa. tempatnya beraktifitas sehari-hari. Owa jawa menyebar terbatas (endemik) di Jawa bagian barat. Beee depe pengenalan sadikit jouuw. dengan masa mengandung selama 7 bulan. Owa muda kemudian akan memisahkan diri dan mencari pasangannya sendiri.000 – 2. Pada lapisan rambut pada tubuhnya terdapat tutul-tutul yang konon berbentuk mirip awan. 10. terdiri dari pasangan hewan jantan dan betina. Owa Jawa Owa jawa (Hylobates moloch) adalah sejenis primata anggota suku Hylobatidae. karena sebelumnya dianggap sebagai subspesies dari Macan dahan (Neofelis nebulosa). dan tangannya relatif panjang dibandingkan dengan besar tubuhnya. Tangan yang panjang ini diperlukannya untuk berayun dan berpindah di antara dahan-dahan dan ranting di tajuk pohon yang tinggi. Dengan populasi tersisa antara 1.000 ekor saja.dua inci. Owa jawa merupakan pasangan yang setia. Kera ini hidup dalam kelompok-kelompok kecil semacam keluarga inti. Anak-anaknya disusui hingga usia 18 bulan. Warna tubuhnya keabu-abuan.

dengan lidah yang dapat dijulurkan hingga sepertiga panjang tubuhnya untuk mencari semut di . dan terdengar hingga jarak yang jauh ini. Ada dua anak jenis owa jawa. owa betina akan memperdengarkan suaranya untuk mengumumkan wilayah teritorial keluarganya.Owa jawa adalah hewan diurnal dan arboreal. Paramanis javanica) adalah wakil dari ordo Pholidota yang masih ditemukan di Asia Tenggara. dan juga di waktu-waktu tertentu di siang dan sore hari. Penyebaran paling timur adalah di wilayah Gunung Slamet serta di jajaran Pegunungan Dieng sebelah barat di wilayah Pekalongan. sepenuhnya hidup di atas tajuk pepohonan. Hylobates moloch pongoalsoni 11. Spesies ini hanya didapati di bagian barat Pulau Jawa. Trenggiling Biasa Trenggiling biasa (Manis javanica syn. Dari suara yang bersahut-sahutan antar kelompok. yakni: Owa jawa barat. Pagi-pagi sekali. dan Owa jawa tengah. dan selanjutnya menduga jumlah individunya. yakni di hutanhutan dataran rendah dan hutan pegunungan bawah. Trenggiling kadang juga dikenal sebagai anteater. Terutama memakan buah-buahan. daun dan bunga-bungaan. dari kehadiran kelompok lain.Bentuk tubuhnya memanjang. Berat tubuhnya rata-rata mencapai 8 kg.Hewan ini memakan serangga dan terutama semut dan rayap. Hylobates moloch moloch. Trenggiling hidup di hutan hujan tropis dataran rendah. kelompok kecil owa jawa menjelajahi kanopi hutan dengan cara memanjat dan berayun dari satu pohon ke lain pohon dengan mengandalkan kelincahan dan kekuatan lengannya. Kelompok ini akan berupaya mempertahankan teritorinya. para peneliti dapat memperkirakan jumlah kelompok owa yang ada. biasanya luasnya mencapai 17 hektare.

trenggiling akan menggulungkan badannya seperti bola. Gibbon Kalimantan (Hylobates muelleri) 8. Gajah Sumatera (Elephant maximus sumatranus) 7. Trenggiling terancam keberadaannya akibat habitatnya terganggu serta menjadi obyek perdagangan hewan liar. Jika diganggu. Kanguru Pohon Goodfellow (Dendrolagus goodfellowi) 11. Macan Dahan Sumatera (Neofelis diardi diardi) . Gibbon Kalimantan White-bearded Gibbon (Hylobates agilis) 9.sarangnya. Kucing Merah (Pardofelis badia) 12. Kambing Hutan Sumatera (Capricornis sumatraensis sumatraensis) 10. Dan ini beberapa nama hewan (mamalia) langka lainnya : 1. Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) 3. Banteng (Bos javanicus) 5. sehingga "sisik"nya dapat melukai kulit pengganggunya. Rambutnya termodifikasi menjadi semacam sisik besar yang tersusun membentuk perisai berlapis sebagai alat perlindungan diri. Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis) 2. Lutra Sumatra (Lutra sumatrana) 15. Macan Dahan Kalimantan (Neofelis diardi borneensis) 16. Ia dapat pula mengebatkan ekornya. Kukang Jawa (Nycticebus javanicus) 13. Ajag (Cuon alpinus) 4. Bekantan (Nasalis larvatus) 6. Kuskus (Phalanger alexandrae) 14.

paruh hijau-pucat dengan pangkal merah. Anambas. sekarang di pulau itu sudah punah. Wau-wau (Hylobates lar) 29. Kadang-kadang berbaur dengan Pergam laut. Tapir Asia (Tapirus indicus) 26. Siamang (Hylobates klossii) 24. Sayapnya berwarna hitam. Paus Biru (Balaenoptera musculus) 23. Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) 31. Rusa Bawean (Axis kuhlii) 33. Batam.Sipura. Simeulue. Penyebarannya di Kep. Perbedaannya dengan Pergam laut: tubuh bagian atas abu-abu (bukan putih). Merpati Hutan Perak Merpati-hutan perak adalah burung yang termasuk dalam jenis burung-burung yang berstatus kritis (terancan punah/musnah) dalam IUCN. Ungko (Hylobates agilis) 28. Mentawai (P. Bintan dan Kepulauan Lingga/Saya).Sikatan aceh(Cyornis ruckii). Kep. Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) 20. dan lingkaran mata merah.17.Riau (Karimun Besar. Berukuran besar (40 cm). Monyet Sulawesi (Macaca maura) 18. ekor dan tubuh bagian bawah keabuan. 30. keliling mata yang gundul merah. Beruk Mentawai (Macaca pagensis) 35. Kanguru Pohon Mbaiso atau Dingiso (Dendrolagus mbaiso) 39. Juga pernah tercatat di P. Burong (Malaysia). akan tapi.nMerpatihutan perak mirip dengan Pergam laut. tetapi jarang ditemukan karena adanya penebangan hutan. berwarna abu-abu pucat. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) 34. Kebiasannya mendiami pulau-pulau kecil.Kep. Macan Tutul Jawa atau Macan Kumbang (Panthera pardus melas) 32. Paus Bersirip (Balaenoptera physalus) 22. Badak Jawa (Rhinocerus sondaicus). Kanguru Pohon Mantel Emas 38. Simpei Mentawai (Simias concolor) 37. Natuna utara dan Kep. Aves 1. yaitu pergam laut tidak mempunyai lingkaran merah pada mata. Pagai utara). Trenggiling (Manis javanica) 27. warna hitam pada separuh ekor. dan warna yang lebih putih. Karimata di ujung barat Kalimantan. Kera Hitam Sulawesi (Macaca nigra) 2. Siamang (Symphalangus syndactylus) 25. akan tetapi ada perbedaan antara merpati hutan perak dan pergam laut. Musang Air (Cynogale bennettii) 19. selain burung Anis Bentet Sangihe (Colluricincla sanghirensis). Owa Jawa (Hylobates moloch) 21. Orangutan Sumatera (Pongo abelii) 36. . dan Jalak bali (Leucopsar rothschildi). Iris coklat. kaki merah.

2. Jalak Bali .

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang. Burung jantan dan betina serupa. Untuk mencegah hal ini sampai terjadi. Walter Rothschild. 3. Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali. hilangnya habitat hutan. Bagian pipi yang tidak ditumbuhi bulu. dengan panjang lebih kurang 25cm[1]. Endemik Indonesia. Burung ini juga merupakan satu-satunya spesies endemik Bali dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali. Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang. sebagai orang pertama yang mendeskripsikan spesies ini ke dunia pengetahuan pada tahun 1912. Karena penampilannya yang indah dan elok. Jalak Bali dinilai statusnya sebagai kritis di dalam IUCN Red List serta didaftarkan dalam CITES Appendix I. Burung dari suku Charadriidae ini pada tahun 1994 pernah dinyatakan punah . Trulek Jawa Trulek jawa (Vanellus macropterus) adalah salah satu burung langka yang hanya terdapat (endemik) di Jawa. Penangkapan liar. Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus. serta daerah burung ini ditemukan sangat terbatas menyebabkan populasi burung ini cepat menyusut dan terancam punah dalam waktu singkat. Nama ilmiah Jalak Bali dinamakan menurut pakar hewan berkebangsaan Inggris. jalak Bali menjadi salah satu burung yang paling diminati oleh para kolektor dan pemelihara burung. berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabuabuan. sebagian besar kebun binatang di seluruh dunia menjalankan program penangkaran jalak Bali. di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Jalak Bali ditemukan pertama kali pada tahun 1910. dari suku Sturnidae.

perut hitam. hingga kini keberadaan jenis ini masih misterius karena tidak ada bukti fotografi atau spesimen baru yang diperoleh. muara sungai. 4. Karena belum melakukan survei ulang semua habitatnya dan masih ada laporan-laporan keberadaan jenis ini dari penduduk setempat. Selama lebih dari satu abad gagak Banggai hanya ditemukan dua spesies yang ada di sebuah pulau tidak dikenal di kepulauan . Burung ini terakhir tercatat keberadaannya pada tahun 1940 di delta Ci Tarum. tungging putih. Bulu-bulu sayap terbang hitam. adalah anggota dari gagak dari famili Banggai di Indonesia. namun bulunya yang hitam legam menyerupai gagak Piping secara keseluruhan. sekitar 28 cm. Gagak Banggaitau Gagak banggaiatau (Corvus unicolor). Iris coklat. dan rerumputan. Hidupnya berpasangan di padang rumput terbuka sepanjang pantai utara Jawa Barat dan pantai selatan Jawa Timur. tungkai hijau kekuningan atau jingga. Satu hal yang khas dari burung ini adalah gelambir putih kekuningan di atas paruhnya.(Extinct) oleh IUCN. Bburung endemik ini hidup dari memakan antara lain kumbang air. Punggung dan dada coklat keabuan. Cibinong. dan rawa) namun tidak menyukai air. paruh hitam. siput. Biasanya gagak ini diangap sebagai subspesies dari Corvus enca. dan biji-bijian tumbuhan air. namun akhirnya ditemukan kembali pada survei di Pulau Peleng pada 2007/2008. Burung ini sering berada di sekitar daerah berair (tepi sungai. Mereka sering terlihat justru sedang bertengger di tempat kering di sekitar lahan basah seperti ranting. Gagak ini terdaftar sebagai Spesies Kritis oleh IUCN dan pernah dianggap punah. Hingga saat ini yang dapat dijumpai secara resmi di Indonesia hanyalah spesimen awetannya di Museum Zoologi. bebatuan. larva serangga. Bulunya berwarna coklat keabuan dengan kepala hitam. Terdapat "taji" hitam pada bagian lengkung sayap. Meskipun begitu. namun sejak tahun 2000 statusnya direvisi menjadi Kritis. Ukuran tubuh sedang. IUCN tidak berani menyebutnya sebagai jenis yang punah. ekor putih dengan garis subterminal hitam lebar. Banggai merupakan gagak yang berukuran sedang dengan panjang 39 cm dan benar-benar hitam dengan iris mata yang gelap dan ekor pendek.

Dan ornitologis Indonesia Muhammad Indrawan memfoto dua spesies banggai tersebut. kulit di sekitar matanya berwarna kebiruan dan kakinya berwarna abu-abu.Banggai antara 1884/1885. Kakatua-kecil jambul-kuning berparuh hitam. kakatua-kecil . gagak ini lebih lanjut terdaftar sebagai satwa mungkin punah. Dan pada 2006. Bulu-bulu terbang dan ekornya juga berwarna kuning. burung ini berstatus sebagai rentan pada 2000. kacang. dan aneka buah-buahan. 5. tinggal di hutan pegunungan pada ketinggian di atas 500 m. Daerah sebaran kakatua-kecil jambul-kuning adalah Kepulauan Sunda Kecil. Terdaftar sebagai spesies rentan pada 1994 pada IUCN Red List. Sulawesi. Pakan unggas cerdas dan gemar berkawanan ini terdiri dari biji-bijian. burung ini berulang kali terlihat di pulau Peleng. Burung ini tetap menjadi teka-teki untuk waktu yang lama. Burung betina menetaskan antara dua sampai tiga telur dalam sarangnya di lubang pohon. dengan panjang sekitar 35 cm. Total penduduk di pulau itu diperkirankan sekitar 500 orang. di tempat yang masih terdapat hutan-hutan primer dan sekunder. Selama survei yang dilakukan antara 2007-2008 yang sebagian dibiyayai oleh Zoological Society for the Conservation of Species and Populations (Jerman). dari marga Cacatua. Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk perdagangan. Untung hal ini tidak benar dan statusnya diganti lagi menjadi kritis pada 2007 Red List. Kunjungan ke kepulauan ini pada 1991 dan 1996 tidak temukan lagi burung gagak Banggai. serta daerah dan populasi dimana burung ini ditemukan sangat terbatas. Di kepalanya terdapat jambul berwarna kuning yang dapat ditegakkan. sehingga orang menganggap burung ini telah punah. Bali. Burung betina serupa dengan burung jantan. Burung ini hampir semua bulunya berwarna putih. Penurunan populasi gagak Banggai disebabkan karena hilangnya habitat dan degradasi seperti pertanian dan ekstrasi. Kakatua Kecil Jambul Kuning Kakatua-kecil jambul-kuning atau dalam nama ilmiahnya Cacatua sulphurea adalah burung berukuran sedang. dan Timor.

Tumbuhan Venus . 7. 10. 14. 17. Sedikitnya kami mendapati 18 spesies burung Indonesia yang masuk dalam kategori “Sangat Terancam Punah” : 1. 2. Anis Bentet Sangihe (Colluricincla sanghirensis) Celepuk Siau (Otus siaoensis). Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix I. 16. 4. 12. 3. TUMBUHAN-TUMBUHAN LANGKA DI INDONESIA 1. 15. 11.jambul-kuning dievaluasikan sebagai kritis di dalam IUCN Red List. 9. 6. 13. 18. sejenis Burung Hantu Cikalang Christmas (Fregata andrewsi) Dara Laut China (Sterna bernsteini) Elang Flores (Spizaetus floris) Gagak Banggai (Corvus unicolor) Ibis Karau (Pseudibis davisoni) Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) Kacamata Sangihe (Zosterops nehrkorni) Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea) Kehicap Boano (Monarcha boanensis) Merpati Hutan Perak (Columba argentina) Perkici Buru (Charmosyna toxopei) Punai Timor (Treron psittaceus) Seriwang Sangihen (Eutrichomyias rowleyi) Sikatan Aceh (Cyornis ruckii) Trulek Jawa (Vanellus macropterus) Tokhtor Sumatera (Carpococcyx viridis) 2. 8. 5.

berbentuk seperti lingga (sebenarnya adalah tongkol dikelilingi oleh seludang bunga yang juga berukuran besar. 2. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga digunakan untuk menarik lalat yang hinggap dan membantu penyerbukan. mempunyai ukuran dengan diameter bunga yang hampir mencapai 1 meter. Bunga Bangkai Ciri-ciri : tingginya dapat mencapai 6 cm. Saat ini kondisi habitat Raflesia Arnoldi sangat memprihatinkan sehingga jumlahnya menurun drastis dari tahun ke tahun. 3. Raflesia Arnoldi merupakan tumbuhan parasit yang memerlukan inang untuk hidupnya. Upaya penyelamatan : di budidayakan ditanah minim haradan mineral. Bunga Raflesia Arnoldi Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional Bengkulu. Upaya penyelamatan : dibuatnya taman nasional. pertanian. bagian tepi terdapat bulu-bulu halus.Ciri-ciri : bentuknya seperti kendi. daunnya membentang lebar untuk menjebak serangga. Bunga ini terkenal dengan sebutan bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Habitat : di tanah minim haradan mineral. . Menyusutnya habitat bunga tersebut di antaranya disebabkan kegiatan manusia seperti pembukaan wilayah hutan baik untuk kegiatan pertambangan. bunganya sangat besar dan tinggi. Habitat : di daerah hutan hujan basah. memiliki duri. maupun permukiman.

4. Tumbuhan Mata Kucing .

Upaya penyelamatan : dibuat tamannasional 6. dataran rendah. 5.Ciri-ciri : Tumbuhan parasit. Upaya penyelamatan : dibuatnya taman nasional. Bayur . Kantong Semar Ciri-ciri : Merupakan tumbuhan karnivora. kayunya wangi. Habitat : hutan hujan tropis. Habitat : Nusa Tenggara. dapat mencapai tinggi 15-20 m.

Bayur terutama dimanfaatkan kayunya yang dipujikan berkualitas baik.). walang (Jw. Asia Tenggara. campuran parfum. wadang. teunggi leuyan (Kal. Akan tetapi kayu ini tidak begitu awet. Pada masa lalu. wayur. perahu.). dibuat balok dan papan.Bayur. Kayu bayur kerap digunakan untuk konstruksi bangunan seperti rumah. damarsala (NTT). Kulit kayu bayur ini di pasar disebut sebagai kulit kayu Timor. dan lain-lain. mulai dari India bagian selatan. terutama P. Kayu bayur juga sering dimanfaatkan dalam pembuatan mebel dan perkakas rumah tangga. phenjur (Md. dan karenanya menjadi salah satu jenis kayu penting di luar jati dan jenis-jenis dipterokarpa. seperti bayur. Cendana Cendana. cayur (Sd. Dalam perdagangan. dan juga Amerika Tengah serta Brasil.). bayor atau wadang (Pterospermum javanicum) adalah sejenis pohon penghasil kayu pertukangan berkualitas baik. Pohon yang biasa didapati di dataran rendah ini dikenal juga dengan nama-nama lain. bayuk atau litak.). merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. bahkan juga untuk membuat jembatan. Kepulauan Nusantara. buli (Slw. kulit kayunya juga diperdagangkan sebagai subal (pengganti) kulit kayu soga (Peltophorum pterocarpum) yang mahal. bayur. Juga bolang (Bal. bayok. atau cendana wangi.) Bayur diketahui menyebar luas di dunia. 7. Kayu ini dikenal pula di dunia sebagai bayor. khususnya di wilayah tropis. aromaterapi. sehingga dianjurkan untuk digunakan hanya di bawah naungan atap dan dihindarkan dari sentuhan dengan tanah. . diversifolium. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah.). bahan dupa. kelompok kayu bayur dari Indonesia juga mencakup beberapa spesies Pterospermum yang lain. celebicum dan P.

vernis. Vatica sp.serta sangkur keris (warangka). digunakan terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda. dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda. Damar `Damar adalah hasil sekresi (getah) dari pohon Shorea sp. khususnya di Pulau Timor. Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya. Dryobalanops sp. Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9.. Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Pohon Ulin . Di dalamnya termasuk damar mata kucing dan damar gelap. Di Indonesia. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya. dan lain-lain dari suku meranti-merantian atauDipterocarpaceae. 9. 8. dan lak. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya. kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur.. Minyak dasar kayu cendana. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan.. Di Indonesia. plester. Damar dimanfaatkan dalam pembuatan korek api (untuk mencegah api membakar kayu terlalu cepat). plastik. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. dan untuk menghilangkan rasa cemas. meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.

seperti konstruksi rumah. tiang listrik. Ulin merupakan salah satu jenis kayu hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan. Jambu Monyet (Agathis Lalillardieri) . Kayu Ulin juga tahan terhadap perubahan suhu. kelembaban. Durian (Durio Zibethinus) 7. Pohon ulin agak terpisah dari pepohonan lain dan dikelilingi jalur jalan melingkar dari kayu ulin. Pohon ini tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m. Ulin Eusideroxylon zwageri 4. Balam Suntai (Palaquium walsurifolium) 2. dan perkapalan. dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya sangat berat dan keras. Bayur (Pterospermum sp) 3. Damar. Ulin umumnya tumbuh pada ketinggian 5 – 400 m di atas permukaan laut dengan medan datar sampai miring. Di bagian bawah pohon ulin terdapat bagian yang berlobang. Ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 m dengan diameter sampai 120 cm. tumbuh terpencar atau mengelompok dalam hutan campuran namun sangat jarang dijumpai di habitat rawa-rawa. Kopal Keruling (Agathis labillardieri) 6. Hongi / saya (Myristica argentea) 11.Ulin atau disebut juga dengan bulian atau kayu besi adalah pohon berkayu dan merupakan tanaman khas Kalimantan. Imba (Azadirachta indica) 12. Bulian. Enau (Arenga pinnata) 8. Kayu ulin terutama dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Hangkang (Palaquium leiocarpum) 10. Dan ini beberapa nama tumbuhan yang juga dilindungi di Indonesia : 1. jembatan. Cendana (Santalum album) 5. Eucalyptus (Eucalyptus sp) 9.

Jelutung (Dyera sp) 14. Tembesu (Fagraea fragrans) Terima kasih telah membaca. Kapur Barus (Dryobalanops camphora) 15. Kemenyan (Styra sp) 22. Benuang (Duabanga moluccana) 36. Malam Merah (Palaquium gutta) 28. Purnamasada (Cordia subcordata) 32. Massoi (Cryptocaria massoi) 29. Suren (Toona sureni) 35. . Kulit Lawang (Cinnamomun cullilawan) 26. Sonolkeling (Dalbergia latifolia) 34. Kemiri ( Dipterocarpus sp) 23. Kayu Manis (Cinnamomun burmannii) 20. Kayu Bawang (Scorodocarpus borneensis) 17. Kayu Sepang (Caesalpina sappan) 21.13. sekian dan terima kasih. Katiau (Ganna metloyauma) 16. Mata Kucing / Damar (Shorea sp) 31. Kayu Hitam (Diospyros sp) 18. Mata Buta / Garu (Excoecaria agallocha) 30. Taker. Sawo Kecik (Manilkata kauki) 33. Keruling (Dipterocarpus sp) 24. Ipil (Instsia amboinensis) 27. Ketimunan (Timonius sericcus) 25. Kayu Kuning (Cudrania sp) 19.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->