Berdamai dengan Allah

Dosa membuat hubungan antara manusia dengan Allah menjadi rusak. Untuk memperbaiki hubungan tersebut, satu-satunya jalan adalah dengan mengadakan pendamaian. Bagaimana caranya berdamai dengan Allah? Berdamai merupakan tindakan yang melibatkan dua pihak. Jika salah satu pihak tidak setuju dengan apa yang ditawarkan pihak lain, niscaya perdamaian keduanya tidak akan terwujud. Allah menawarkan jalan damai kepada manusia, sekalipun sebenarnya manusialah yang telah berbuat dosa. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menyambut tawaran pendamaian dari Allah? Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ambil.  Langkah Untuk Berdamai dengan Allah

1. Pahami tujuan Allah. Tuhan mengasihi dan menghendaki kita memperoleh damai sejahtera dan hidup kekal (Roma 5:1; Yohanes 3:16; Yohanes 10:10). 2. Sadari bahwa dosa merupakan pemisah antara kita dengan Allah. Tuhan menciptakan kita menurut rupa dan gambar-Nya agar kita memperoleh hidup yang kekal. Dia tidak menciptakan kita seperti robot. Tuhan memberikan kita keinginan dan kebebasan untuk memilih. Kita bebas memilih untuk menuruti Tuhan dan menuruti kemauan diri kita sendiri. Namun, jika kita salah memilih kita bisa jatuh dalam dosa. Inilah yang memisahkan kita dari Tuhan (Roma 3:23; Yesaya 59:2). Dosa itu juga yang membawa kita ke dalam kematian kekal (Roma 6:23).

sama seperti Kristus juga telah menerima kita. maka kita melanggar perintah-perintah Alkitab. Pertama. “Sebab itu terimalah satu akan yang lain. Keterampilan dalam ketidaksepakatan akan membantu kita hidup dalam keselarasan. “Setiap orang di antara kita harus mencari kesenangan sesama kita demi kebaikannya untuk membangunnya. Tetapi. beda pendapat. Oleh sebab itu. dalam jangkauan-jangkauan di mana Alkitab memberikan kebebasan untuk tidak sependapat. Padahal. Roma 15:1-13 memberikan dua cara untuk tidak sepakat dengan ikhlas. Menjadi benar dengan cara yang salah bisa saja terjadi. maka kita berdekatan dengan dosa.Berdamai Dengan Sesama Kadang-kadang kita mengalami perbedaan pendapat dan berusaha memberikan alasan-alasan untuk membenarkan pendapat kita. Percakapan-percakapan yang merusak meninggalkan kepahitan dalam suatu hubungan. sebab apabila kita menjadi marah atau frustrasi. jika kita memutuskan untuk saling menghindari. hikmat. Allah lebih peduli pada sikap kita masingmasing terhadap satu sama lain dibandingkan pendapat kita tentang sebuah masalah. dan prinsip-prinsip alkitabiah dapat merangsang adanya diskusi yang sehat dan mengarahkan dalam mengambil keputusan-keputusan yang tepat. Kesulitannya adalah membuat diskusi tetap bersemangat tanpa bersifat merusak. Alkitab memberikan kebebasan kepada setiap individu untuk tidak sepakat dan setiap pihak benar. kita memiliki tanggung jawab untuk tidak sependapat secara ikhlas. Setiap kita perlu melatih diri dengan keterampilan ketidaksepakatan yang sehat.” (ayat 7) .” (ayat 2) Kedua. untuk kemuliaan Allah.

erosi. Itulah kata kunci dari segala keluhan manusia. . Kalau dilanggar ada akibatnya. “penuhilah bumi dan taklukanlah itu. Pemanasan global yang kini menjadi isu bersama yang menghentakkan sehingga kita dalam posisi penuh tanya. Dalam perkembangannya teologi Kristen menginterpretasikan dengan keliru. Kata kuasai dikonotasikan bebas untuk mengeksploitasi alam.” masih berlaku? Seharusnya orang Kristen pahami bahwa ketika menciptakan alam semesta. ada dua hal yang perlu dimengerti. Akibatnya melewati ambang batas ekosistem dan rusak. badai. Yang kedua. Allah melihat semuanya baik.Berdamai Dengan Alam Bumi telah memasuki babak baru yang menggelisahkan. Ternyata manusia melanggar dan kita semua merasakan akibatnya. Bahwa ada sesuatu yang tidak boleh dilanggar. dalam suasana yang masih utuh dan berlimpah terjadi kepicikan manusia yang kurang perduli. Hujan. ketika Allah melarang manusia memakan buah dari pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat. 2:17. Sebetulnya. Tentang hal ini. 1:28b. longsor yang tidak terduga seperti mempertanyakan ulang hubungan manusia dengan alam. Zaman dahulu. Dia telah meletakkan dasar-dasar ilmu Ekologi. Apakah perintah Allah dalam Kej. Apakah betul manusia diberi kuasa atas bumi? Alam yang sekian tahun dikelola dan seperti “terkendali” di tangan manusia kini bergerak liar. kosa kata yang bisa diterjemahkan ke arah pelestarian belum ada. dalam Kej.

Hindari menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yangdialami dan mulailah memasang senyum termanis di wajah Anda. Latihlah diri Anda untuk terus berdamai! . Saat Anda menghadapi kegagalan. Kekuatan akan semakin bertambah jika Anda mempertebalkeikhlasan dalam menerima kegagalan.Anda akan menemukan solusi alternatif untuk menyiasatinya. Rasa takut ini seringkali menjadijebakan yang membuat Anda pesimis dan menyalahkan diri sendiri. Anda dapat melalui masa-masa sulit dengan fokusdan penuh ketenangan. Belajar ikhlas Mengalah bukan berarti kalah. Gerakan rahang dan tulang pipi saattersenyum akan mengaktifkan sensor syaraf dalam otak yang memicu produksi hormonbahagia. mengapatidak menerima diri Anda apa adanya? Menerima kenyataan merupakan titik awal darisikap optimis dan pandangan jernih terhadap diri. 2. tersenyumlah. Pepatah mengatakan. jika Andadapat berdamai dengan diri sendiri. Kesempatan promosi dari atasanjatuh pada sahabat Anda. Percayalah. Alihalih menggerutu sambil menahan kecewa. Berdamai dengan diri sendiri merupakan cara yang paling ampuh untuk bisa lebih menikmati hidup. di saat itu pulalahkekuatan Anda bertambah. keterbatasan apapun yang Anda miliki. bukan pada Anda? Jangan dulu mengira Anda tidak layakmendapat kesempatan emas. orang yang kuat adalah orang yangbanyak menerima cobaan. Anggap ini sebagai perpanjangan waktu bagi Anda untukmenunjukkan usaha lebih keras. 1.mengapa tidak mencari tahu titik kelemahan dan mencoba untuk memperbaikinya? 3.Saat Anda tersenyum-walau dipaksakan--hormon-hormon baik dalam otak akanmembuang bad mood dari pikiran. Senyum Saat Anda gagal meraih keinginan. Padahal. Menerima kenyataan Alih-alih protes pada diri sendiri akan segala keterbatasan yang dimiliki.Berdamai Dengan Diri Sendiri Memaafkan diri sendiri juga berarti menghapus segala kekhawatiran dan ketakutan yangkerap muncul dalam menghadapi masa-masa sulit.

A : 2012 / 2013 .Pengertian dan Contoh Tentang  Berdamai Dengan Allah  Berdamai Dengan Sesama  Berdamai Dengan Alam  Berdamai Dengan Diri Sendiri Oleh : Nama Kelas : Wilda Meilani Sipayung : XII – RPL 3 SMK NEGERI 1 SETIA JANJI Kec. Setia Janji T.