P. 1
Analisis Pasar

Analisis Pasar

|Views: 178|Likes:
Published by Murliadi Palham

More info:

Published by: Murliadi Palham on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2013

pdf

text

original

Analisis Pasar

Pengertian
Analisis pasar adalah investigasi terdokumentasi dari pasar yang digunakan untuk menginformasikan berencana kegiatan perusahaan terutama sekitar keputusan persediaan, pembelian, tenaga kerja ekspansi / kontraksi, perluasan fasilitas, pembelian peralatan modal, kegiatan promosi, dan banyak aspek lain dari perusahaan.

Dimensi Analisis Pasar
David A. Aaker menjabarkan dimensi berikut dari analisis pasar: - Ukuran pasar (sekarang dan masa depan) - Tingkat pertumbuhan pasar - Pasar profitabilitas - Industri struktur biaya - Saluran distribusi - Kecenderungan pasar - Faktor-faktor kunci keberhasilan Tujuan dari analisis pasar adalah untuk menentukan daya tarik pasar, baik sekarang dan di masa depan. Organisasi mengevaluasi daya tarik masa depan pasar dengan memperoleh pemahaman tentang peluang dan ancaman yang berkembang yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan organisasi. Organisasi menggunakan temuan untuk menuntun keputusan investasi yang mereka buat untuk memajukan keberhasilan mereka. Temuan dari analisis pasar dapat memotivasi organisasi untuk mengubah berbagai aspek strategi investasi. Daerah yang terkena pengaruh meliputi timgkat persediaan, sebuah angkatan kerja ekspansi / kontraksi, perluasan fasilitas, pembelian peralatan modal, dan kegiatan promosi.

itu tidak memprediksi titik balik penting. sosial. mereka memiliki potensi untuk secara dramatis mempengaruhi memperluas pasar. Berikut ini adalah contoh sumber informasi untuk menentukan memperluas pasar: . sensitivitas harga. titik infleksi Penting dalam tingkat pertumbuhan pasar yang kadang-kadang dapat diprediksi dengan membangun kurva difusi produk. Metode yang lebih baik adalah untuk mempelajari kecenderungan pasar dan pertumbuhan penjualan produk komplementer. dan politik dan teknologi yang tersedia. Pasar laju pertumbuhan Sebuah cara sederhana peramalan tingkat pertumbuhan pasar adalah ekstrapolasi data masa lalu ke masa depan. Bentuk kurva dapat diperkirakan dengan mempelajari karakteristik tingkat adopsi produk yang sama di masa lalu. dan tingkat penekanan pada layanan dan dukungan. Selain itu.Survei pelanggan Kecenderungan pasar Perubahan yang sering terjadi di pasar adalah sumber peluang baru dan ancaman.Data pemerintah . Meskipun metode ini dapat memberikan perkiraan orde pertama.Keuangan data dari pemain utama . hukum. peraturan. . driver seperti itu berfungsi sebagai indikator terkemuka yang lebih akurat dari sekadar ekstrapolasi data historis. Contoh-contoh termasuk perubahan dalam kondisi ekonomi. permintaan varietas.Asosiasi perdagangan data .Unsur Analisis Pasar Cakupan pasar Tindakan paling umum untuk memperluas pasar adalah jumlah pendapatan dari peserta.

Analisis ini membantu organisasi menentukan area mana pemakai dengan bagian terbesar dari pertumbuhan pasar dan lebih rentan terhadap perubahan.Hambatan untuk masuk .Pada akhirnya. banyak pasar jatuh tempo dan menurun. pada gilirannya. Untuk tujuan ini. membantu mereka menentukan peluang yang paling menjanjikan dalam pasar secara keseluruhan dan memandu pilihan investasi yang spesifik. mereka semua mirip dengan kondisi pasar yang berbeda. munculnya produk pengganti. Michael Porter menyusun kerangka kerja yang berguna untuk mengevaluasi daya tarik industri atau pasar. Segmen Pasar Pasar tidak seragam. Kerangka ini. Oleh karena itu juga penting bagi investor untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai segmen yang membentuk total pasar.Daya supplier . dikenal sebagai lima Porter kekuatan. Informasi ini. . Beberapa indikator terkemuka penurunan pasar termasuk kejenuhan pasar. model rantai nilai Porter berguna untuk menentukan di mana nilai tambah dan untuk mengisolasi biaya. mengidentifikasi lima faktor yang mempengaruhi profitabilitas pasar: .Daya pembeli . Pasar profitabilitas Sementara berbagai organisasi di pasar akan memiliki tingkat profitabilitas yang berbeda.Persaingan antara perusahaan-perusahaan dalam industri Industri struktur biaya Struktur biaya adalah penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci keberhasilan.Ancaman produk pengganti . dan / atau tidak adanya laju pertumbuhan.

dalam kasus produk yang memiliki ekuitas merek kecil. Tidak semua manajer harus melakukan analisis pasar. Namun demikian. riset pasar .Kemajuan teknologi Penting untuk mempertimbangkan bahwa faktor-faktor kunci keberhasilan dapat berubah dari waktu ke waktu. Saluran distribusi Meneliti aspek dari sistem distribusi dapat membantu dengan analisis pasar:    Saluran distribusi yang ada dan dapat digambarkan oleh bagaimana langsung mereka kepada pelanggan.Struktur biaya juga sangat membantu untuk merumuskan strategi untuk mengembangkan keunggulan kompetitif. pengecer memiliki kuasa atas negosiasi produsen dan dapat menangkap margin lebih. Beberapa contoh faktor tersebut mencakup: . Tren dan saluran yang baru muncul . Penerapan literatur mendefinisikan beberapa daerah di mana analisis pasar adalah penting.Akses ke saluran distribusi . di beberapa lingkungan efek kurva pengalaman dapat digunakan untuk mengembangkan keunggulan biaya atas pesaing. Ini termasuk: peramalan penjualan. Sebagai contoh. Channel struktur kekuasaan misalnya. dan strategi pemasaran. terutama sebagai produk kemajuan melalui siklus hidupnya.saluran baru dapat menawarkan kesempatan untuk mengembangkan keunggulan kompetitif.Akses ke sumber daya yang unik penting . Faktor Sukses Faktor kunci keberhasilan adalah unsur-unsur yang diperlukan dalam rangka bagi perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.Kemampuan untuk mencapai skala ekonomi . penting bagi para manajer yang menggunakan data .

pasar analisis untuk mendapatkan kesimpulan bagaimana analis dan teknik apa yang mereka gunakan untuk melakukannya. Sumber: Wikipedia .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->