P. 1
Hepatitis Sap

Hepatitis Sap

|Views: 17|Likes:
Published by Basory Ok Ok

More info:

Published by: Basory Ok Ok on Feb 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/22/2014

pdf

text

original

SATUAN ACARA PE`NYULUHAN HEPATITIS A

Disusun oleh : Basori S.Ked

FAKULTAS KEDOKTERAN UMUM UNIVERSITAS

MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG 2012 .

Menyebutkan kembali tanda dan gejala penyakit Hepatitis A .SATUAN ACARA PENYULUHAN 1. Cara pengobatan penyakit Hepatitis A d. Tempat 5. Sub pokok bahasan : Penyakit Hepatitis A : a. Hari/tanggal 6. Tanda dan gejala penyakit Hepatitis A c. Waktu 7. Tujuan Umum : Masyarakat : Puskesmas Cipedes : Selasa 28 Agustus 2012 : 1 x 25 menit : : Setelah di lakukan penyuluhan selama 1 x 25 menit. Cara pencegahan penyakit Hepatitis A 3. Pengertian penyakit Hepatitis A b. Menyebutkan kembali pengertian penyakit Hepatitis A b. Sasaran 4. Pokok bahasan 2. masyarakat mampu : a. masyarakat mampu mengetahui tentang penyakit Hepatitis A dan permasalahanya Khusus : Setelah di lakukan penyuluhan selama 1 x 25 menit.

wireles : Terlampir . Media 10. Kegiatan No 1 Kegiatan Pembukaan Waktu 5 menit • • Kegiatan sasaran Menyiapkan media Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri • • Melakukan kontrak waktu Menjelaskan pokok bahasan yang akan disampaikan • • 2 Inti 15 menit • Menggali pengetahuan masyarakat Menjelaskan maksud dan tujuan pembelajaran Menjelaskan materi sesuai dengan metode yang sudah ditentukan • Member kesempatan kepada : Presentasi dan Tanya jawab : Leaflet. Materi 11. Metode 9. Menyebutkan kembali cara pencegahan penyakit Hepatitis A 8. Menyebutkan kembali cara pengobatan penyakit Hepatitis A d.c.

Apakah . Apakah masyarakat mampu menyebutkan pengertian dari Hepatitis A? b. Apakah masyarakat mampu menyebutkan cara pengobatan penyakit Hepatitis A? d. Apakah masyarakat mampu menyebutkan pencegahan penyakit Hepatitis A? .masyarakat untuk bertanya • • Menjawab pertanyaan yang di ajukan Mengevalusi dengan meminta masyarakat untuk menyebutkan kembali tentang 3 Penutup 5 menit • penyakit Membuat kesimpulan dari materi secara keseluruhan • Memberi saran kepada masyarakat utuk melakukan apa yang telah didengar dan dipahami • Berpamitan dan mengucapkan salam 12. Rencana evaluasi a.asyarakat mampu menyebutkan tanda dan gejala penyakit Hepatitis A? c.

termasuk: Racun dan zat kimia seperti alkohol berlebihan. Hepatitis dan Klasifikasinya Hepatitis adalah istilah umum yang berarti radang hati. hormon. Sebagai reaksi terhadap infeksi. Kita tidak dapat hidup tanpa fungsi hati yang baik. Hati sekaligus menyimpan bahan gizi penting. yang semuanya dibutuhkan untuk mempertahankan hidup. HAV. dan pankreatitis). Hampir semua sel dan jaringan ditubuh kita tergantung pada hati. dermatitis. Kurang lebih sama besar dengan buah pepaya. memungkinkan hati secara cepat dan efektif menyaring racun dan produk pembuangan dari aliran darah. yang disebut sebagai penyakit autoimun. B. Hati adalah saringan dan gudang tubuh kita. dan HCV menyerang sel hati – atau hepatosit –yang menjadi tempat yang bersahabat bagi virus untuk berkembang biak. yang mencegah pendarahan yang berlebihan. termasuk virus. dan gula. Sedikit lebih dari 1½ liter darah dipompa melalui hati kita setiap menit. Bila hati mengalami masalah. hati terletak di perut kanan-atas. Hati juga berperan dalam menangani tingkat zat tertentu dalam tubuh. halini dapat sangat mempengaruhi hampir semua organ di tubuh. Hati dan Fungsinya Hati kita adalah organ yang terbesar dalam tubuh kita. . misalnya vitamin dan zat mineral termasuk zat besi. Penyakit yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat dalam tubuh. dan Mikroorganisme. “Hepa” berarti kaitan dengan hati. namun juga dapat menimbulkan masalah bila tidak seimbang. Radang hati – hepatitis – mempunyai beberapa penyebab. HBV. sementara “itis” berarti radang (seperti di atritis. Hati juga mempunyai peranan kunci dalam proses pencernaan makanan melalui pembuatan cairan empedu dan memproduksi faktor pembekuan darah. misalnya kadar kolesterol.MATERI PENYULUHAN A.

Kerusakan pada hati juga dapat mengurangi pembuatan cairan empedu yang dibutuhkan untuk pencernaan yang baik dan mengurangi kemampuan hati untuk menyimpan dan menguraikan bahan nutrisi yang dibutuhkan untuk hidup. virus hepatis delta (HDV.sistem kekebalan tubuh memberikan perlawanan dan menyebabkan peradangan hati (hepatitis). Ini disebut sebagai sirosis. yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan kesadaran dan bahkan koma. Bila hati rusak berat. Dampak lain dari hati yang rusak temasuk ketidakmampuan untuk menyaring racun dari aliran darah. E. Ada lima virus yang diketahui mempengaruhi hati dan menyebabkan hepatitis: HAV. Tidak ada virus hepatitis F. Virus hepatitis G (HGV) pada awal diperkirakan dapat menyebabkan kerusakan pada hati. yang dapat menghalangi aliran darah yang normal melalui hati dan sangat mempengaruhi bentuk dan kemampuannya untuk berfungsi semestinya. dan virus ini sekarang diberi nama baru sebagai virus GB-C (GBV-C). Bila hepatitisnya akut (yang dapat terjadi dengan HAV dan HBV) atau menjadi kronis (yang dapat terjadi dengan HBV dan HCV) maka dapat bekembang menjadi jaringan parut di hati. tetapi sebagai virus yang tidak menyebabkan masalah kesehatan. sebuah kondisi yang disebut fibrosis. Dampak dari kondisi ini – yang disebut sebagai hipertensi portal – termasuk pendarahan saluran cerna atas dan cairan dalam perut (asites). Pengertian Hepatitis A Hepatitis A adalah penyakit yang di sebabkan oleh yang meyerang dan . mengakibatkan bendungan di limpa dan kerongkongan bagian bawah akibat tekanan di organ yang tinggi. semakin banyak jaringan hati diganti dengan jaringan parut seperti bekas luka. HCV. dan virus hepatitis E (HEV). Lambat laun. yang hanya menyebabkan masalah pada orang yang terinfeksi HBV). HBV.

Minum air atau es batu yang tercemar dengan kotoran adalah sumber infeksi lain. HAV sangat jarang menular melalui hubungan darah-ke-darah. bukan melalui aktifitas seksual atau melalui darah. kita tidak dapat terinfeksi lagi. serta juga kerang-kerangan yang tidak cukup dimasak. berarti tidak menyebabkan infeksi kronis. Misalnya. HAV menular melalui makanan/minuman yang tercemar kotoran (tinja) dari seseorang yang terinfeksi masuk ke mulut orang lain. F. Namun. yang ditangani atau disiapkan oleh seseorang dengan hepatitis A (walaupun mungkin dia tidak mengetahui dirinya terinfeksi). Hepatitis A adalah bentuk hepatitis yang akut. banyak . Tanda Dan Gejala Tidak semua orang yang terinfeksi HAV akan mempunyai gejala.menyebabkan peradangan serta merusak sel-sel organ hati. Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A(HAV) jenis virus picornavirus. kita masih dapat tertular dengan virus hepatitis lain. HAV dapat menular melalui ‘rimming’ (hubungan seks oral-anal. HAV terutama menular melalui makanan mentah atau tidak cukup dimasak. atau antara mulut dan dubur). Biasanya virus ini menyerang manusia melalui makanan (fecal-oral). Sekali kita pernah terkena hepatitis A.

Hepatomegali tetapi jarang menebabkan kerusakan permanen 8. Ikterus /Kuning • Mata/kulit kuning. yang – sangat jarang – dapat menyebabkan kegagalan hati dan kematian.bayi dan anak muda terinfeksi HAV tidak mengalami gejala apa pun. Gejala lebih mungkin terjadi pada anak yang lebih tua. Penyakit hepatitis A memiliki masa inkubasi 2 sampai 6 minggu sejak penularan terjadi. kanan atas 5. Mencret atau diare 11. antara lain: 1. barulah kemudian penderita mununjukkan beberapa tanda dan gejala terserang penyakit Hepatitis A. mudah lelah dan pusing 4. Berat badan menurun 10. Mual/muntah 7. remaja dan orang dewasa. Letih. Nafsu makan berkurang/Anoreksia 6. Tidak bergejala 9. Kurang lebih satu dari 100 orang terinfeksi HAV dapat mengalami infeksi cepat dan parah (yang disebut ‘fulminant’). Demam 2. Sakit sendi Kurang lebih 15 persen orang dengan hepatitis A mengalami gejala dari enam sampai sembilan bulan. . Nyeri perut. • Tinja bewarna pucat dan • Urin bewarna gelap 3.

H. Bila tes menunjukkan negatif untuk antibodi IgM dan positif untuk antibodi IgG. yang menggantikan antibodi IgM dan untuk seterusnya melindungi terhadap infeksi HAV. Pertama.Tes darah ini mencari dua jenis antibodi terhadap virus. Bila tes darah menunjukkan negatif untuk antibodi IgM dan IgG. yang disebut sebagai IgM dan IgG (Ig adalah singkatan untuk imunoglobulin). Namun. Dokter akan meminta tes ini bila kita mengalami gejala hepatitis A atau bila kita ingin tahu apakah kita pernah terinfeksi HAV sebelumnya. yang dibuat olehhepatitis virus dan HIV 7 sistem kekebalan tubuh lima sampai sepuluh hari sebelum gejala muncul. Penegakkan Diagnosis Diagnosis hepatitis A ditegakkan dengan tes darah. dan biasanya hilang dalam enam bulan. dan sistem kekebalan sedang mengeluarkan virus atau infeksi menjadi semakin parah. atau kita sudah divaksinasikan terhadap HAV. di perlukan penatalaksanaan sebagai berikut: 1. Istirahat Bed rest pada fase akut.angsur. dicari antibodi IgM. untuk kembali bekerja perlu waktu berangsur. dan sebaiknya mempertimbangkan untuk divaksinasi terhadap HAV. kita mungkin terinfeksi HAV pada suatu waktu sebelumnya. Kita sekarang kebal terhadap HAV. CARA PERAWATAN Virus hepatitis A biasanya menghilang sendiri setelah beberapa minggu. Tes juga mencari antibodi IgG.G. Bila tes menunjukkan positif untuk antibodi IgM dan negatif untuk IgG. kita kemungkinan tertular HAV dalam enam bulan terakhir ini. kita kemungkinan tidak pernah terinfeksi HAV. untuk mempercepat proses penyembuhan. .

cuci alat masak dan alat makan dengan bersih dengan air mengalir. Memasak makanan hingga matang. Diet • • • Makanan disesuaikan dengan selera penderita Rendah lemak Diberikan sedikit-sedikit 3. Medikamentosa (simptomatik) • • • I.2. Pisahkan bahan makanan matang dan mentah dengan menggunakan alat dapur yang berbeda. mutah Vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan Cara Pencegahan Menjaga kebersihan perorangan seperti mencucui tangan dengan teliti sebelum makan dan setelah BAB. air sampai mendidih Menyimpan makanan pada suhu yang aman Gunakan air bersih dan bahan makanan yang baik Hindari makanan/minuman yang mengandung alkohol atau hepatotoksik Hindari jajanan atau makanan yang tidak terjamin kebersihanya Orang yang dekat penderita mungkin memerlukan terapi imuunoglobulin (imunisasi hepatitis A) Hindari kerang-kerangan yang mentah atau kurang masak Memakai penghalang lateks (‘dental dam’) untuk seks oralanal . sakit kepala atau pusing Antiemesis bila terjadi mual. Analgetik –antipiretik bila demam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->