LEMBAR REFLEKSI SETELAH MELAKUKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN SIKLUS I Nama NIM Proram Studi UPBJJ : Een Ernawati

: NIM.818416879 : PG PAUD : Serang

A. Refleksi Komponen Kegiatan 1. Apakah kegiatan yang telah saya lakukan sesuai dengan indikator yang saya tentukan? Ya Hal ini terjadi karena : Kegiatan berdasarkan RKH yang disusun. 2. Apakah materi yang telah saya sajikan dengan tingkat perkembangan anak? Ya Hal ini terjadi karena: Kegiatan yang di berikan berdasarkan indikator perkembangan. 3. Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan? Ya Hal ini terjadi karena : Media yag di gunakan sesuai RKH yang di buat.yang mana RKH mengacu pada indikator perkembangan anak. 4. Bagaiman reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan? Pola pikir dan kecerdasan anak satu dengan yang lain berbeda-beda, tergantung lingkunganya. Apakah alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak ? Ya Hal ini terjadi karena : Alat penilaian yang saya gunakan merupakan pedoman dalam kurikulum

Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam kegiatan yang yang saya lakukan? Terkadang anak asyik bermain dan bercerita sendiri. Refleksi Proses Kegiatan 1. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut? Anak belum memahami kegiatan yang di berikan pada anak. Apakah penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan? Bahwa anak usia dini adalah usia emas. Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan? Mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan anak sesuai karakteristik perkembangan. Bagaimana memperbaiki kelemahan saya tersebut? Memberikan cara pembelajaran yang menarik bagi anak. penataan kegiatan. komunikasi dan pendekatan terhadap anak. penasaran dengan apa yang disampaikan. 2.B. 3. antusias. penggunaan media da sumber belajar. anak akan belajar dari pengalaman yang diberikan/diperolehnya. . penggunaan waktu. 7. 4. Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan (pengusaan materi. 8. 6. Apakah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan RKH yang saya susun ? Ya Hal ini terjadi karena : Semua kegiatan mengacu pada RKH. serta penilaian prosees dan hasil belajar)? Kelemahan-kelemahan saya adalah penggunaa metode pembelajaran yang kurang menarik. 5. dimana dengan memeberikan stimulasi yag tepat dapat mengoptimalkan kecerdasannya. Apakah penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan? Dengan memberikan kegiatan pembelajaran dengan bermain. penggunaan metode pembelajaran. tetapi terkadang ada beberapa anak yang begitu serius. pengelolaan kelas.

15. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu kegiatan dengan baik? Belum Hal ini terjadi karena : . 14. 10.9. Apakah anak dapat menangkap penjelasan yag saya berikan (misalnya anak dapat menjawab pertanyaan yang sya berikan. melaksanakan tugas dengan tepat? Ya Hal ini terjadi karena : Pola pikir kecerdasan aak berbeda-beda. Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggung jawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan Jika ya.pengertian dan mengatasi masalah dengan memberikan pendekatan yang baik pada anak dan selalu memberikan motivasi yang positif. alasan saya adalah : Saya mengambil keputusan dari pengamatan dan berusaha memperbaiki kesalahn yang dilakuka anak. 11. 13. perhatian. cara saya mengatasi masalah. Bagaimana reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan? Mereka selalu bangga dengan hasil karya masing-masing. 12. memotivasi anak dan sebagainya) Saya perlakukan anak dengan sama dalam hal memberikan kasih sayang. Bagimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak. Apakah anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan? Belum Hal ini terjadi karena : Ada beberapa atau sebagian anak belum mampu melaksankan kegiatan dengan baik. Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan? Ya Hal ini terjadi karena : Penilaian berdasarkan indikator pengembangan.

. Hal ini terjadi karena : Ada beberapa anak kurang memperhatikan apa yang disampaikan.Waktu yang direncanakan kurang memenuhi sehingga banyak anak yang belum selesai melaksanakan tugas. Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan? 50% dapat menguasai. 16.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful