P. 1
Syarat Beasiswa Bidik Misi 2013

Syarat Beasiswa Bidik Misi 2013

|Views: 6|Likes:
Published by Bonardo Tevez

More info:

Published by: Bonardo Tevez on Feb 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2014

pdf

text

original

Syarat Beasiswa Bidik Misi 2013 Bidik Misi 2013 ini sebenarnya telah terintegrasi dengan program SNMPTN

Undangan 2013. Bagi siswa yang memiliki prestasi baik di sekolah dan konsisten untuk semester 3, 4 dan 5 diberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa bidik misi dengan sangat mudah. Integrasi dengan SNMPTN Jalur Undangan itu nantinya akan terlihat pada langkah akhir proses rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah.

Jadi, jika penghasilan orang tua siswa yang mendaftar SNMPTN Undangan memenuhi syarat, siswa bersangkutan dapat langsung mendapatkan rekomendasi untuk terdaftar sebagai calon penerima beasiswa Bidik Misi. Semoga Jalur ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk Calon Mahasiswa yang benarbenar tidak mampu dan berprestasi atau minimal punya semangat yang tinggi terhadap pengembangan dunia pendidikan. Oke, peraturan berikut ini adalah syarat untuk tahun 2012, karena belum ada info terbaru kemungkinan besar syarat dan ketentuan masih sama dengan tahun 2012. Semoga tetap seperti ini aturanya. Berikut ini Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh Calon Peserta Beasiswa Bidik Misi 2013 : 1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013 2. Lulusan tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN 3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun 4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut: #Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp 3.000.000,00 setiap bulan; #Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp 600.000,00 setiap bulannya; dan #Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4. 5. Untuk peserta seleksi SNMPTN Ujian Tulis dan Seleksi Mandiri (sekarang hanya berlaku jalur undangan) harus memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2012)

Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3.d. 7. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN dengan 2 (dua) program studi pilihan 10. 6. Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3. 4 dan 5. 4 dan 5. ^ . Pendaftar difasilitasi untuk memilih seleksi nasional dan/atau seleksi mandiri apabila mendaftar ke: Semua jenis seleksi nasional (SNMPTN Undangan dan/atau Ujian Tulis) 10. 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MK). Khusus SNMPTN jalur undangan hanya diperuntukkan bagi yang akan lulus tahun 2013 serta memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah. yaitu masuk di dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3. 11. serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS) 8. Oke selamat berjuang dan jangan lupa berdo'a agar Anda masuk seleksi dan diterima lewat jalur SNMPTN maupun Bidik Misi ini. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan Lampiran 2 9. Tidak buta warna bagi program studi tertentu. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.6. 4 dan 5. dengan rincian sebagai berikut: Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3. 4 dan 5. Amiien. Lainnya: 5% terbaik dan konsisten di semester 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->