Jenry Fransiscus Ulipi

Tugas Penelitian Pendidikan Matematika
-Perbedaan Metode dan Metodologi Penelitian

NIM : 10313414 Kelas/Semester: C/VI

Winarno Surachmad (1961). Selain itu dengan redaksi yang lebih ringkas. Selain itu metode atau metodik berasal dari bahasa Yunani. . Sedangkan. mengatakan bahwa metode adalah cara sistematik yang digunakan untuk mencapai tujuan. Kata “Metodos” terdiri dari dua suku kata yaitu “Metha” yang berarti melalui dan melewati dan “Hodos” yang berarti jalan atau cara. 2. metode adalah prosedur atau cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. metode bisa berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu. yaitu cara yang spesifik dalam memecahkan masalah tertentu yang ditemukan dalam melaksanakan prosedur. Metha (melalui atau melewati). yakni teknik yaitu cara yang spesifik dalam memecahkan masalah tertentu yang ditemukan dalam melaksanakan prosedur. metode penelitian mengemukakan secara teknis tentang metode-metode yang terbaik untuk digunakan dalam penelitiannya. PENGERTIAN METODE Metode (method). kita bias mendefinisikan metodologi sebagai pengetahuan tentang metode-metode yang dipergunakan dalam penelitian. Tentang perbedaan keduanya. metode atau metodik berarti ilmu tentang jalan yang dilalui untuk mengajar kepada anak didik supaya dapat tercapai tujuan belajar dan mengajar. Dr. mengatakan bahwa metode mengajar adalah caracara pelaksanaan dari pada murid-murid di sekolah. PENGERTIAN METODOLOGI Banyak orang yang menyamakan istilah antara metode dan metodologi yang sebenarnya memiliki pengertian yang berbeda diantara keduanya. Secara umum. Metode berarti suatu jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan. Jadi.PERBEDAAN METODE PENELITIAN DAN METODOLOGI PENELITIAN 1. Kemudian ada satu istilah yang erat kaitannya dengan dua istilah ini. yang kemudian dilanjutkan dengan pemilihan metode yang terbaik untuk digunakan. dan Hodos (jalan atau cara). Sedangkan metode adalah prosedur atau cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Metodologi berasal dari bahasa Yunani “Metodos” dan “Logos”. Kemudian satu istilah lain yang erat kaitannya dengan dua istilah ini. yakni teknik. secara harafiah berarti cara. Pasaribu dan Simajuntak (1982). Prof. “Logos” artinya ilmu. baik kelebihan dan kekurangannya dalam kajian ilmiah. Jadi. Noeng Muhadjir menyebutkan bahwa metodologi penelitian membahas konsep teoritik berbagai metode.

Jadi. Oleh karena itu. yaitu bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan manusia yang selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu. Hakekat penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk melakukan penelitian. Motivasi dan tujuan penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama. kegiatan. PENELITIAN Penelitian (research) merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. PENGERTIAN METODOLOGI PENELITIAN Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan. tidak jarang pemecahan permasalahan baru dapat dicapai lewat pemaduan hasil beberapa penelitian yang berkaitan. Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan. Fungsi penelitian adalah mencarikan penjelasan dan jawaban terhadap permasalahan serta memberikan alternative bagi kemungkinan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara-cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran. 3. 4. dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu.Jadi. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda. Jadi penelitian merupakan bagian dari usaha pemecahan masalah. juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban. di antaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing. Penelitian dasar biasanya tidak langsung memberikan informasi yang siap pakai untuk penyelesaian permasalahn akan tetapi lebih menekankan bagi pengembangan model atau teori yang menunjukkan semua variabel terkait dalam situasi dan berhipotesi mengenai hubungan di antara variabel-variabel tersebut. dapat disimpulkan bahwa Metodologi Penelitian adalah gabungan dari beberapa Metode Penelitian. Penjelasan dan jawaban terhadap permasalahan itu dapat bersifat abstrak dan umum sebagaimana halnya dalam penelitian dasar (basic research) dan dapat pula sangat konkret dan spesifik seperti biasanya ditemui pada penelitian terapan (applied research). . tergantung dari realitas yang sedang dikaji. Keinginan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan kebutuhan dasar manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian. Metodologi juga merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode.

yaitu interpretasi atau penafsiran. serta prosedur penelitian yang cocok. Asumsi ini didasarkan atas kenyataan bahwa antropologi ingin mendeskripsikan. . menginterpretasikan. metode kualitatif dan metode kuantitatif juga sering digunakan sebagai penciri. Penelitian kualitatif dan kuantitatif hendaknya tidak dilawankan. Data kualitatif berada secara tersirat di dalam sumber datanya.KEUNGGULAN KUANTITATIF DAN KELEMAHAN PENELITIAN KULITATIF DAN Pada masa lalu. Antropologi sering menggunakan metode kualitatif. Hal ini disebabkan karena adanya kenyataan bahwa penelitian itu dilakukan karena ada masalah. Hal tersebut seolah-olah menempatkan antropologi dalam posisi memiliki satu pendekatan. Alasan pemilihan suatu metode. penanda. tentunya didasarkan pada kesesuaiannya dengan masalah penelitian. transkrip interviu mendalam (depth interview). melainkan dikontraskan. Penelitian Kualitatif Pendekatan penelitian kualitatif sering disebut dengan naturalistic inquiry (inkuiri alamiah). sedangkan sosiologi hampir selalu menggunakan metode kuantitatif. sosiologi sudah terlanjur dikenal sering menggunakan metode kuantitatif dan melakukan penelitian terhadap masyarakat modern yang kompleks. Apapun macam. Ada kesan bahwa penelitian sosiologis selalu menggunakan metode kuantitatif. Kontras ini diperlukan untuk melihat keunggulan dan kelemahannya masing-masing dalam memecahkan masalah dan atau dalam pengembangan teori. Kesan tersebut muncul karena masing-masing disiplin ilmu tersebut terus menerus menggunakan metode secara konsisten. tujuan penelitian. perbuatan awal yang senyatanya dilakukan adalah membaca fenomena. dan dokumen-dokumen terkait berupa tulisan ataupun gambar. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif masing-masing berkembang berdasarkan paradigma tertentu (yang berbeda) yang menjadi acuannya. hasil yang diharapkan. Sementara itu. dan mengklasifikasikan masyarakat yang masih tradisonal. selalu didasarkan pada masalah yang diteliti. dan kondisi kelompok sasaran atau objek penelitiannya. cara atau corak analisis data kualitatif suatu penelitian. bukan ditetapkan jenis penelitiannya dulu baru ditetapkan masalahnya. Setiap data kualitatif mempunyai karakteristiuknya sendiri. Jenis penelitian apa yang harus digunakan. dan pembeda antara antropologi dan sosiologi. Sumber data kualitatif adalah catatan hasil observasi.

Wawancara Mendalam (Indepth Interview) 3. Setting/latar alamiah atau wajar dengan konteks utuh (holistik). Instrumen penelitian berupa manusia (human instrument). 8. Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif. 9. Analisis Konten (Content Analysis) Penelitian Kuantitatif Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Metode pengumpulan data observasi sebagai metode utama. Metode Pengumpulan Data 1. Pengamatan dengan berpartisipasi (Participant Observation) 2. .Karakteristik Penelitian Kualitatif 1. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis. Analisis data secara induktif. 6. 4. 7. Laporan bernada studi kasus. Penyelidikan Sejarah Hidup (Life Historical Investigation) 4. teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Interpretasi ideografik. 5. 3. Desain penelitian bersifat sementara. 2. Proses lebih berperanan penting daripada hasil. Penelitian dibatasi oleh fokus.

pengambilan data ini adalah disebut sebagai survei kuantitatif atau penelitian kuantitatif. pada umumnya. . Sebagai contoh: 240 orang. Istilah penelitian kuantitatif sering dipergunakan dalam ilmu-ilmu sosial untuk membedakannya dengan penelitian kualitatif. Anda akan mendapatkan respon yang sama) dan plus / minus 5 persentase poin margin dari kesalahan. misalnya besarnya sampel. pada umumnya tidak dapat diubah-ubah. maka 79% dari penemuan dapat diproyeksikan ke seluruh populasi dari sampel yang telah dipilih. Pada penelitian kuantitatif pengidentifikasian variabel. dari fisika dan biologi hingga sosiologi dan jurnalisme. Pendekatan ini juga digunakan sebagai cara untuk meneliti berbagai aspek dari pendidikan. oleh karena sifat teknisnya metode pilihan pada survei atau penelitian oleh karena sifat teknis. dan siapa yang dan bagaimana memperoleh sampel. Menurut ketentuan ukuran sampel statistik yang berlaku.Penelitian kuantitatif banyak dipergunakan baik dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial. Penelitian kuantitatif adalah definisi. dan perumusan hipotesis pada umumnya didasarkan pada teori-teori atau konsep-konsep yang telah ada. kriteria yang sesuai untuk memilih metode dan teknologi untuk mengumpulkan informasi dari berbagai macam responden survei. 79% dari populasi sampel. Desain penelitian kuantitatif bersifat tetap (permanent). pengukuran data kuantitatif dan statistik objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang atau penduduk yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survei untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka. Hasil penelitian kuantitatif dirumuskan hanya berdasarkan data yang ada. 2. 95 kali dari seratus. mengatakan bahwa mereka lebih percaya pada diri mereka pribadi masa depan mereka dari setahun yang lalu hingga hari ini. para peneliti mencari ukuran sampel yang akan menghasilkan temuan dengan minimal 95% tingkat keyakinan (yang berarti bahwa jika Anda survei diulang 100 kali. Beberapa survei dengan melalui pertanyaan tertulis dan tes. Ukuran sampel untuk survei oleh statistik dihitung dengan menggunakan rumusan untuk menentukan seberapa besar ukuran sampel yang diperlukan dari suatu populasi untuk mencapai hasil dengan tingkat akurasi yang dapat diterima. maka topik yang lain tidak tercakup dalam cakupan ini. Banyak survei sampel dirancang untuk menghasilkan margin yang lebih kecil dari kesalahan. survei dan administrasi statistik analisis dan pelaporan semua layanan yang diberikan oleh pengantar komunikasi. Namun. Karakteristik penelitian kuantitatif 1.

peneliti kuantitatif lazimnya bermain dengan tabel-tabel data. Proses penelitian kuantitatif seyogyanya bebas dari pengaruh nilai. 5. karena suatu kesimpulan yang dibuat harus benar-benar akurat dan menyimbulkan realitanya . analisis statistik dan grafik. Dalam menulis laporan hasil penelitian. teori dan kesimpulan pada penelitian kuantitatif dilakukan dengan metode deduktif. Pekerjaan kuantitatif didasatkan pada ”realistik epistimology” yang beranggapan bahwa apa yang dikatakan sebagai suatu ”truth” itu persis sama dengan benda atau kenyataan yang sebenarnya. 6. Dalam pendekatan kuantitatif diasumsikan bahwa peneliti tahu arti suatu perbuatan yang dilakukan oleh orang-orang yang sedang diteliti. tetapi teori atau konsep itu dipakai dalam analisis data dan perumusan pola-pola temuan. Pada penelitian kualitatif perujukan teori dan konsep seperti itu sangat dibatasi pada langkah-langkah awal. Perumusan konsep. (value bound). 4. bebas nilai (value free).3. 8. sedangkan peneliti kualitatif bermain kata untuk menyampaikan makna. sedankan penelitian kualitatif mengakui tidak mungkin bebas dari nilai. 7.

jelas.Human Instrument .Test.Berkembang.Wawancara terbuka Teknik Penelitian Eksperimen.Hasil pengukuran berdasarkan variabel ucapan responden.Buku Catatan . catatan lapangan.Kuantitatif . Kalkulator Data .Menjadi pegangan langkah demi langkah penelitian Tujuan Tujuan . tampil dalam proses .Menggambarkan realitas yang kompleks .Observasi.Menunjukkan hubungan antara variabel verstehen .Metode Kualitatif Desain . survey.Ditentukan secara mantap sejak awal .Memperoleh pemahaman makna : . dokumen.Mentest teori .Mengembangkan teori .Wawancara berstruktur Instrumen Penelitian . dll yang dioperasionalkan dengan menggunakan instrumen .Fleksibel Metode Kuantitatif Desain . participant observation . angket.Recording Instrumen Penelitian . terinci . observasi berstruktur .Dokumen pribadi. wawancara.Komputer.Spesifik.Deskriptif Data .Umum .Mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif Teknik Penelitian . . skala .

Hipotesis dirumuskan dengan jelas dan ditulis terinci dan lengkap sebelum terjun ke lapangan Ket: Kontras antara Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif. tema data selesai .Mencari pola.Berjarak.Masalah yang diduga relevan .Kecil .Pada taraf akhir setelah pengumpulan penelitian . akrab . . jangka lama Hubungan dengan responden . sering tanpa kontak langsung .Representatif . setara.Hubungan antara peneliti – svubjek jangka pendek Usulan Desain .Besar .Tidak representatif .Induktif .Luas dan terinci .Tidak ada hipotesis Usulan Desain .Pendekatan secara umum .Banyak literatur yang berhubungan dengan masalah .Sampel Sampel .Sedapat mungkin random Analisis Analisis .Empati.Terus menerus sejak awal sampai akhir .Singkat .Masalah diuraikan dan ditujukan kepada data yang dikumpulkan dari lapangan fokus tertentu . model.Purposif .Prosedur yang spesifik dan terinci langkah-langkahnya .Menggunakan statistik Hubungan dengan Responden .Sedikit literatur .Fokus penelitian sering ditulis setelah ada .Kedudukan sama.Deduktif .

TUGAS PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA NAMA : JENRY FRANSISCUS ULIPI NIM : 10313414 KELAS/SEMESTER : C/VI .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful