P. 1
Prinsip Kerja Kapal selam.doc

Prinsip Kerja Kapal selam.doc

|Views: 185|Likes:
Published by Puspo Negoro

More info:

Published by: Puspo Negoro on Feb 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2015

pdf

text

original

Prinsip Kerja Kapal Selam

Pada dasarnya prinsip kerja kapal selam dan galangan kapal sama. Jika kapal akan menyelam, maka air laut dimasukkan ke dalam ruang cadangan sehingga berat kapal bertambah. Pengaturan banyak sedikitnya air laut yang dimasukkan, menyebabkan kapal selam dapat menyelam pada kedalaman yang dikehendaki. Jika akan mengapung, maka air laut dikeluarkan dari ruang cadangan. Berdasarkan konsep tekanan hidrostastis, kapal selam mempunyai batasan tertentu dalam menyelam. Jika kapal menyelam terlalu dalam, maka kapal bisa hancur karena tekanan hidrostatisnya terlalu besar. Untuk memperbaiki kerusakan kapal bagian bawah, digunakan galangan kapal. Jika kapal akan diperbaiki, galangan kapal ditenggelamkan dan kapal dimasukkan. Setelah itu galangan diapungkan. Galangan ditenggelamkan dan diapungkan dengan cara memasukkan dan mengeluarkan air laut pada ruang cadangan.

Prinsip Kerja Kursi Hidrolik
Desain kursi gigi yang disesuaikan dengan ukuran dan bentuk tubuh manusia diharapkan dapat memberikan kenyaman dan mengurangi rasa takut pasien ketika melakukan perawatan gigi. Sebuah model kursi gigi yang bisa diatur posisinya naik dan turun atau tegak dan rebah akan memberikan rasa nyaman tidak hanya bagi pasien tetapi juga dokter. Sistem penggerak kursi gigi menggunakan sistem hidrolik, pneumatik, dan motor listrik. Kursi gigi yang menerapkan sistem hidrolik pada prinsipnya memanfaatkan hukum Pascal. Cara kerjanya mirip dengan dongkrak hidrolik. Ketika pedal atau tuas tertekan atau diinjak oleh dokter gigi, tekanan fluida dalam bejana berhubungan akan diteruskan ke kursi pasien sehingga kursi mendapat gaya ke atas. Adapun sistem pneumatik adalah sebuah sistem transfer daya yang memanfaatkan udara bertekanan sebagai fluida kerjanya. Sedangkan sistem motor listrik menggunakan roda gigi atau gear yang terangkai dengan sistem kelistrikan, baik itu arus bolakbalik (AC) maupun arus searah (DC). Roda gigi itu memiliki peran utama mengurangi atau menambah putaran yang berfungsi menaikkan dan menurunkan kursi gigi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->