Clarissa Keke Wicaksana (12) – XI IPA 5

KOLONIALISME & IMPERIALISME
 PRA No. TOKOH Tahun Kelahiran / Wafat Tempat Lahir / Wafat Perjuangan Keterangan

1

Cut Nyak Dien

1848 - 6 November 1908

Lahir di Lampadang, Kerajaan Aceh dan wafat di Sumedang, Jawa Barat.

Ketika Belanda menduduki tanah kelahirannya, beliau mengungsi dan berpisah dengan ayah dan suaminya. Perpisahan ini menjadi akhir pertemuan beliau dengan suami tercintanya. Teuku Ibrahim Lamnga, suaminya, gugur dalam pertempuran dengan Belanda di Gletarum, Juni 1878. Cut Nyak Dien tidak menerima penghinaan yang dilakukan pemerintah kolonial Belanda yang pada awalnya menyerang Aceh dan membinasakan tempat ibadah. Kemarahannya terhadap Belanda semakin menjadi saat suami pertamanya, Teuku Cek Ibrahim Lamnga, gugur dalam perang.

Cut Nyak Dien menjadi orang yang paling dicari oleh Belanda untuk dibunuh karena perjuangannya mengancam keberadaan dan kelangsungan pemerintah kolonial Belanda di bumi Serambi Mekkah. Namun, perjuangan Cut Nyak Dien dikhianati oleh anak buahnya, Pang Lot, yang memberi tahu Belanda tempat persembunyian Cut Nyak Dien.

2

Tuanku Imam Bonjol

1772 – 6 November 1864

Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat dan

Pertikaian antara kaum Padri dan kaum Untuk Adat menjadi pencetus Perang Padri yang jasa-jasanya,

mengapresiasi pemerintah

Johanes van den Bosch. Tetapi. kiai dan para . bukan karena pencaplokan tanah syaraf (psy war) yang milik Pangeran Diponegoro.Indonesia mewakili rakyat 1837. 3 Pangeran Dipenogoro Yogyakarta. Kaum ulama (Padri) November 1973. pihak Belanda melanggar perjanjian perdamaian tersebut dengan melakuka penyerangan di nagari Pandai Sikek. dan wafat 11 November 1785 – 8 di Makassar. Penghargaan ini dikukuhkan Pertikaian tersebut disebabkan karena melalui SK Presiden RI Nomor ketidakcocokan pemahaman dalam 087/TK/Tahun 1973 tanggal 6 menjalankan syariat Islam. yaitu dari tahun 1821. Indonesia. karena menjurus kepada bid’ah. meminta agar Raja Pagaruyung dan pengikutnya (kaum Adat) meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai dengan syariat Islam. bersama dengan pemimpin kaum Padri pada saat itu yaitu Tuanku Imam Bonjol menandatangani perjanjian yang dikenal dengan nama Perjanjian Masang. Gubernur Jenderal Belanda.wafat di Lotak. dilakukan Belanda untuk menekan mental para Dengan pengaruh kebangsawanannya. mujahidin barisan serta didukung oleh kaum ulama. Pineleng. memberikan predikat Pahlawan Nasional Indonesia kepada beliau. Minahasa berlangsung cukup lama. Sulawesi Januari 1855 Selatan Perang antara Pangeran Diponegoro dengan Belanda dilatari karena kesemenaPerang Diponegoro menaan penjajah Belanda terhadap rakyat diwarnai dengan perang urat Indonesia. Pada 1824.

dan memobilisasi rakyat untuk Kegiatan telik sandi melawan penjajah Belanda. Perjuangan lawan. Kartini banyak bercerita dan mencurahkan kegelisahannya atas kondisi yang dihadapinya. Jawa Tengah dan wafat di Rembang. Pangeran Diponegoro bukan perang model perang juga berkoordinasi dengan Pakubowono VI antarsuku. A. Pada masanya. (spionase) dilancarkan kedua belah pihak untuk mematai dan mencari informasi Selama perang. dan taktik yang diperagakan di zaman modern. perempuan adalah makhluk yang terpinggirkan dan tidak memiliki hak untuk menikmati kebebasan sebagaimana yang diperoleh kaum laki-laki Dalam suratnya. para pimpinanpimpinan perang tersebut merupakan orang-orang ahli strategi yang memahami keadaan alam dan musuh. 4 R. Artinya.syaikh. Kartini 21 April 1879 – 17 September 1904 Jepara. Gayung sahabatnya bersambut. Dalam perang itu. perang yang serta Raden Tumenggung Prawirodigdoyo menggunakan segala metode Bupati Gagatan. sebanyak 15 dari 19 kekuatan dan kelemahan pangeran turut bergabung. memberikan . khususnya di tengah masyarakat Jawa. Diponegoro dibantu Kyai Modjo yang juga menjadi pemimpin spiritual dalam perang Perang Diponegoro itu. pangeran Diponegoro menyusun Diponegoro. Jawa Tengah Sikap pahlawan Kartini adalah karena keberaniannya untuk mendobrak tradisi kuno yang dianut oleh masyarakat Indonesia pada masa itu. Tapi. kekuatan.

pada masa Kartini masih hidup tradisi kuno peninggalan jaman kerajaan masih demikian kuat melekat di tengah sistem masyarakat. pahlawan kemerdekaan wanita asal Maluku yang memulai perang pertamanya ketika berusia 17 tahun. pemerintah mendirikan . Maluku dan wafat di Laut Banda. Pemerintah Republik Indonesia juga menjadikan 2 Januari sebagai Hari Martha Christina. dorongan kepada Kartini untuk memulai perlawanan dalam memperjuangkan kebebasan kaum perempuan dalam berekspresi. Selain gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Pemberian gelar ini berdasarkan Surat Keputusan RI No. Maluku Meskipun masih belia. Meskipun berjuang menggempur pasukan Belanda bersama pasukan ayahnya. saat itu.Hal ini disebabkan. Sehingga pada Gelap Terbitlah Terang". Pahlawan kemerdekaan wanita asal Maluku ini juga memberikan semangat pada Untuk mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan kemerdekaan Maluku ini. hanya mengandalkan sebatang tombak. pahlawan kemerdekaan wanita asal Maluku yang satu ini selalu ikut ambil bagian dan pantang menyerah. Dengan rambut panjangnya yang terurai dan ikat kepala berupa sehelai kain merah. Pemerintah Republik Indonesia memberikan gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional. 5 Martha Christina Tiahahu 4 Januari 1800 – 2 Januari 1818 Nusa Laut. 012/TK/1969. kehidupan masyarakat terkotak-kotak antara rakyat jelata dan keturunan bangsawan. pahlawan kemerdekaan wanita asal Maluku ini selalu mendampingi ayahnya pada setiap pertempuran. Kumpulan suratsurat Kartini ini kemudian Pembedaan kasta yang didasarkan pada disusun ke dalam sebuah faktor keturunan demikian kuat dijadikan buku yang berjudul "Habis sebagai tata krama pergaulan.

Organisasi Tokoh Tahun Pelaksanaan Lokasi Tujuan Keterangan  Masalah Organisasi . pada 2 Januari 1977 terletak di Karang Panjang.Banyak bupati yang dahulu menjadi anggota Boedi Utomo mendirikan organisasi sendiri . monumen Martha Christina Tiahahu. Monumen pahlawan kemerdekaan wanita asal Maluku ini yang diresmikan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia. 20 Mei 1908 Batavia. & Sutomo (Ketua) Tirtokusumo. Kabupaten Maluku Tengah. Indonesia  “Kemajuan bagi Hindia”  Meluaskan pendidikan Barat di kalangan priayi (Bahasa Belanda) . Serta pelajar Stovia dan masyarakat Jawa Madura. Pahlawan kemerdekaan wanita asal Maluku ini bersama ayahnya dan Thomas Matulessy.. HMS. Mereka berhasil membumihanguskan Benteng Duurstede.Kesulitan keuangan .H.Kalah saing dengan Serekat Islam dan Indish Partij . Kapitan Pattimura. Rabu.wanita-wanita di sekitarnya untuk membantu perjuangan kaum pria di medan pertempuran sehingga Belanda kewalahan menghadapi kaum wanita yang berjuang. Mintaredja. S. daerah bukit yang terlihat jelas dari Kota Ambon.  PASCA No.Gubernur Jenderal Mr. berhasil menggempur pasukan Belanda di Pulau Saparua. D Fock yang mengurangi 1 Budi Utomo Mas Ngabehi Wahidin Sudiohusodo.

 Memajukan pengajaran dan semua yang mempercepat naiknya derajat bumiputera sehingga tidak di perbudak oleh bangsa lain.  Masalah Organisasi . Samahudin sebagai Dagang Islam. Jawa pendiri. 2 Serikat Islam Akhir tahun 1911 berdiri sebagai Serikat Hj.Terjadi perpecahan antara golongan moderat dan radikal  Waktu Pembubaran Perpecahan Boedi Oetomo baru berakhir pada tahun 1935 setelah terjadi fusi dengan Persatuan Bangsa Indonesia untuk membentuk Parindra. . dan Hj. Umar Said pada bulan Tengah Cokroaminoto sebagai ketua November 1912 berubah menjadi Serikat Islam  Mengembangkan Jiwa dagang dikalangan Pribumi Muslim  Memberikan bantuan kepada anggota-anggota yang menderita kesulitan modal dalam berusaha. dan Solo.Menyusupnya ajaranajaran Marxis pada oraganisasi ini oleh kelompok SI Merah .Terjadi perpecahan antar anggota penganut agama Islam dan penganut ajaran Marxis (Si Putih dan Si Merah).anggaran pendidikan secara drastis .

Kuatnya organisasi Serekat Islam . Dr. 3 Indische Partij Douwes Dekker. Cipto Mengungkusomo.Ditangkapnya Douwes Dekker. . Cipto Mangunkusomo dan Soewardi Soejaningrat. dan Soewardi Soejaningrat oleh Belanda di internir di negeri Belanda.  Masalah Organisasi . Menentang pendapatpendapat yang keliru tentang agama Islam  Waktu Pembubaran Serekat Islam pada akhirnya diubah menjadi Partai Serekat Islam Indonesia (PSSI) pada tahun 1930 dengan ketua Haji Agus Salim. Dr.  Waktu Pembubaran Indishe Partij kemudian berganti nama menjadi National Indishe Partij. 25 Desember 1912 Bandung  Membangun patriotisme semua Indiers terhadap tanah air yang telah membangun lapangan hidup kepada mereka  Memajukan tanah air  Mempersiapkan kehidupan rakyat yang merdeka .Banyak anggota Indische Partij yang bergabung kepada Indische Bond.

Dituduh memberikan bantuan dana ke PKI di Indonesia.A Brandsteder. 1908 Belanda  Bertujuan untuk memajukan kepentingan-kepentingan bersama orang-orang pribumi dan nonpribumi bukan eropa di negeri Belanda. Indonesia  Mendirikan negara Komunis Indonesia .W. Hatta.  Masalah Organisasi . Datuk Pamontjak. H.N. J.J. Moh.  Berjuang untuk kemerdekaan Indonesia 5 Partai Komunis Indonesia H.  Berusaha agar masalah Indonesia mendapatkan perhatian dari dunia internasional. Dekker.M.Yang akhirnya kehilangan basis massanya dan akhirnya bubar. Pertama. didirikan ISDV Batavia.  Masalah Organisasi . dan Djojodiningrat yang akhirnya dibebaskan .Pernah terjadi penangkapan pemimpin PI seperti Moh.F. Ali Sastroamidjojom. Suroto. dan R.Saat Jenderal van Limburg Stirum 4 Perhimpunan Indonesia Orang-orang Indonesia di Belanda diantaranya Sutan Kasayangan. Sneevliet.  Waktu Pembubaran Partai Nasional Indonesia saat ini masih ada yaitu dengan terbentuknya Partai Nasional Indonesia yang ada di Indonesia.Hatta.

pemimpinpemimpin ISDV seperti Darsono. dan 1965. Jumlah anggota intinya kecil sehingga tidak bisa mengontrol anggotanya Terjadi pemberontakan PKI di Indonesia pada tahun 1926. sehingga terjadi perpecahan antara golongan Abdul Muis dan Agus Salim (penganut Islam) dengan golongan Semaun dan Darsono (Penganut ajaran Marxis. Kemudian pada tanggal 23 Mei 1920 berganti nama menjadi Partai Komunis Indonesia. dan Sneevlet diusir di Indonesia. Abdul Muis. Bergsma.   Mendapatkan anggota sebanyak mungkin. pada tanggal 9 Mei 1914. Partai Serekat Islam mulai mengetahui. yang dilaksakan dengan menyusupi Ajaran Marxisme ke dalam tubuh SI.dan P. dan Darsono. Semaun.  Waktu Pembubaran Partai Komunis Indonesia tetap berada . 1949. Menyebarkan ajaran Marxisme ke Indonesia - - - berkuasa.

hingga masa penjajahan Jepang dan Kemerdekaan.  PERSAMAAN & PERBEDAAN  Persamaan Pra & Pasca Sama-sama terorganisir oleh pemimpin Sama-sama mengadakan pemberontakan untuk melawan penjajah Sama-sama berjuang menentang pemerintah Hindia Belanda Sama-sama mencapai kemerdekaan tanpa bekerjasama dengan Belanda Sama-sama berjuang menarik anggota  Perbedaan No. Pada akhirnya PKI dimusnahkan oleh pemerintah Indonesia saat terjadi Pemberontakan pada tahun 1965. 1 2 3 Pra Tujuannya tidak jelas yang penting melawan musuh Memiliki 1 pemimpin Tidak punya bentuk organisasi Pasca Tujuannya jelas Tidak tergantung pada 1 pemimpin Punya bentuk organisasi (memiliki nama) .

4 5 6 Bila pemimpin tertangkap perjuangan gugur Perlawanan bersifat kedaerahan Perjuangan dilakukan sampai sepanjang hidup Bila pemimpin tertangkap perjuangan tetap berjalan Perlawanan bersifat nasional Perjuangan dilakukan sampai yang dicita-citakan tercapai .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful