RINGKASAN MATERI Pesawat sederhana adalah alat-alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan.

Ada 4 jenis pesawat sederhana, yaitu tuas, katrol, bidang miring, dan roda gigi. TUAS Sistem kerja tuas terdiri atas tiga komponen, yaitu beban, titik tumpu, dan kuasa. Perhatikan gambar tuas di bawah ini.

Jenis-Jenis Tuas

Adapun persamaan / rumus yang berlaku pada tuas adalah :

Contoh Soal : Sebuah batu seberat 500 N akan dipindahkan dengan tuas yang panjangnya 3 m. Untuk membuat sistem pengungkit, digunakan sebuah batu sebagai tumpuan. Jika jarak titik tumpu terhadap beban 1 m, hitunglah gaya yang diperlukan untuk menggerakkan batu! Penyelesaian :

Katrol berfungsi untuk mengubah arah gaya sehingga berat beban tetap sama dengan gaya kuasanya tetapi dapat dilakukan dengan mudah. Katrol Bergerak .Diketahui : panjang tuas = 3m lb = 1m lk = 3m -1m = 2m F = 500 N Ditanyakan : F . karena lk = lb .…. Jawab : w x lb F = ______ lk 500N x 1m F = ___________ = 250 N 2m Katrol Tetap : W beban F = gaya kuasa lb = AO = lengan beban lk = OB = lengan kuasa Pemanfaatan katrol tetap biasanya digunakan untuk menimba air.? KATROL a. W = F Bagian-bagian = katrol tetap Keuntungan lk mekanis ( KM ) katrol tetap : KM = _____. maka : lb KM = 1 Jadi. keuntungan mekanis katrol tetap = 1 b.

Prinsip katrol tunggal bergerak hampir sama dengan tuas jenis kedua. Dengan demikian. Katrol Berganda ( = Takal atau Katrol Majemuk ) Katrol majemuk merupakan gabungan dari beberapa katrol sehingga kerja yang dilakukan semakin mudah. berlaku persamaan sebagai berikut : lk KM= ____. yaitu titik beban berada di antara titik tumpu dan titik kuasa. keuntungan mekanisnya sama dengan 4. keuntungan mekanis katrol tunggal bergerak adalah : 2 c. Keuntungan mekanis dari katrol majemuk bergantung pada banyaknya katrol atau tali yang dipergunakan untuk mengangkat beban. cukup dengan gaya 100 N saja benda sudah terangkat. Jika kamu akan mengangkat beban 400 N. BIDANG MIRING . Titik tumpu katrol tunggal bergerak berada di titik A. Jadi. maka : lb 2lb KM=____ = 2 lb Jadi. karena lk = 2lb . Lengan beban lb adalah jarak AO dan lengan kuasa lk adalah jarak AB.

keuntungan mekanis bidang miring ! Penyelesaian : Diketahui : W=600N s=4m h=2m Ditanyakan : a. Nah. Contoh Soal : Seseorang akan menaikkan sebuah peti seberat 600 N ke dalam bak truk.Ketika kita berada di toko bangunan. Yang termasuk bidang miring adalah baji. dan sekrup. paku. mungkin kalian pernah melihat orang yang akan menaikkan cetakan semen untuk membuat sumur ke atas bak truk. semakin besar keuntungan mekanisnya atau semakin kecil gaya kuasa yang harus dilakukan. kuasa yang diperlukan ! b. Semakin kecil sudut kemiringan bidang. F=…. Ia menggunakan sebuah papan dengan panjang 3m yang digunakan sebagai bidang miring.5m. pesawat sederhana apakah yang mereka gunakan untuk menaikkan cetakan semen tersebut? Bidang miring merupakan alat yang sangat efektif untuk memudahkan kerja. Keuntungan mekanis bidang miring bergantung pada panjang landasan bidang miring dan tingginya. hitunglah a. Jika jarak permukaan tanah dan bak truk 1..? . pisau. Keuntungan mekanis bidang miring adalah perbandingan panjang bidang miring (s) dan tinggi bidang miring (h).

5m Gigi roda merupakan contoh pesawat sederhana. F= _______ = _______________ = 300 N s 3m s b. Gigi roda banyak digunakan pada mesin-mesin mobil. dan sepeda.alat seperti pada gambar berikut : Dari keempat alat tersebut yang bekerja berdasarkan prinsip tuas adalah …. (2) dan (4) D.b. (3) dan (4) 2. Sepeda masa kini telah dilengkapi dengan gigi roda yang lebih dari satu. PREDIKSI SOAL UN 1. Perhatikan gambar produk teknologi berikut ! . (1) dan (3) B. Gigi roda ini berfungsi meningkatkan atau menurunkan putaran. A. Seorang siswa diminta untuk mengambil alat. sepeda motor. KM = ____ = h GIGI RODA 3m ______ =2 1. KM Jawab : W s ___ Berlaku Rumus : KM= = ___ F h Wxh 600N x 1. (2) dan (3) C.5m a.

Diantara keempat pesawat sederhana berikut yang memiliki prinsip kerja sejenis dengan produk teknologi tersebut adalah ….. Perhatikan gambar berikut ini ! Kelompok pesawat sederhana yang sejenis dengan gambar tersebut adalah . Seorang siswa melakukan kegiatan dengan menggunakan produk teknologi berikut : . 4... 3... 5.. Gambar berikut ini yang prinsip kerjanya sesuai dengan tuas jenis kedua adalah .

. 8. 9. memindahkan ibu jari dan telunjuk mendekati titik A B... B.Untuk memperbesar keuntungan mekanik alat tersebut. A. A. C.. Alat yang bekerja berdasarkan prinsip bidang miring adalah ... maka yang harus dilakukan adalah .. D. C. . Keuntungan mekanis dari sistem katrol yang ditunjukkan oleh gambar adalah .. 7. D. memindahkan ibu jari dan telunjuk mendekati titik C D. .. meletakkan ibu jari dan telunjuk tepat di titik A 6. Perhatikan gambar berikut ! Alat yang memiliki prinsip kerja seperti gambar di atas adalah . A..... Alat dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki prinsip kerjanya sama dengan gambar di samping adalah .. B. meletakkan ibu jari dan telunjuk tepat ditengah tengah titik B dan C C...

150 N c... 500 N . 200 N b. 30 N D. 10 N B.A. 20 N C... 100 N d.. maka agar setimbang beban Q adalah. 1 B. Kuasa yang digunakan adalah. 125 N B.. Apabila AB = 15 cm dan AC = 20 cm. Perhatikan gambar katrol berikut! Besarnya gaya F adalah. 40 N 12. Perhatikan gambar berikut ini ! Benda seberat 500 N dinaikkan ke atas tembok setinggi 4 m menggunakan bidang miring sepanjang 16 m. 50 N 11. 4 10... A. 3 D. 2 C. 250 N C. a. A..

D. 2. 80 N C.100 cm dari titik B C.5 N Sumber soal : Soal UN Fisika SMP 2008 . 2000 N 13. Perhatikan gambar berikut ! Apabila panjang tuas keseluruhan 100 cm. maka besar gaya F adalah …. maka titik tumpu harus ditempatkan pada jarak …. 12.30 cm dari titik A B.40 cm dari titik A D. 60 N B.0 N D.5 N C. A. Agar usaha yang dilakukannya lebih mudah. A. 15. Perhatikan gambar berikut ! Seorang siswa memindahkan batu dengan alat seperti pada gambar. 100 N 1) Perhatikan gambar berikut! Sebuah trolly yang beratnya 10 N ditarik dari dasar bidang miring hingga mencapai puncak bidang miring. 5. Besarnya gaya F yang diperlukan adalah… A.125 cm dari titik B 14.0 N B.

D.. 3 dan 4 Sumber soal : Soal UN Fisika SMP 2009 Pembahasan 1 dan 2 bidang miring 3 dan 4 tuas / pengungkit 3) Pesawat sederhana berikut yang memanfaatkan prinsip tuas adalah.. A. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D....5/2 ) = 2.Pembahasan F = W x ( h/S) = 10 x ( 0. C.5 N 2) Perhatikan gambar! Dari keempat pesawat sederhana di atas yang menggunakan prinsip bidang miring adalah. A. B.. 1 dan 2 B. .

jalan melingkar di pegunungan .beberapa jenis tangga .kerekan bendera .pisau .beberapa jenis pinset .stappler .catut / tang .bermacam macam variasi katrol .pasak .baji (kayu tajam atau besi tajam lancip) .gunting .pemotong kuku .dan lain-lain Termasuk katrol .katrol bebas .gerobak dorong .palu pencabut paku .pembuka tutup botol .Sumber soal : Soal UN Fisika SMP 2010 Pembahasan 1 katrol 2 tuas / pengungkit 3 bidang miring 4 bidang miring Catatan Contoh-contoh jenis pesawat sederhana Termasuk Tuas / pengungkit .dan lain-lain Termasuk bidang miring .screw / skrup .alat timba sumur .katrol tetap .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful