Tugas Biologi

Nama : Desiana.N Kelas : XI IPA 5

Kelainan pada sistem reproduksi
Adakalanya organ-organ pada sistem reproduksi mengalami gangguan atau penyakit. Kelainan pada sistem reproduksi contohnya adalah sebagai berikut: 1. Sifilis Adalah penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri

Treponema pallidum. Gejalanya adalah merasa tidak enak badan, demam, sakit kepala, berkeringat, menggigil, luka pada alat kelamin, pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian paha, nyeri ditulang atau sendi dan ruam ditubuh. Penularan biasanya melalui kontak seksual, tetapi ada beberapa contoh lain seperti kontak langsung dan penularan melalui ibu ke anak dalam rahim (kongenital sifilis). Bila tidak segera diatasi dengan baik, sifilis dapat menyebabkan efek serius seperti kerusakan sistem saraf, jantung dan otak. Penderita sebaiknya menjalani pengobatan dengan pemberian antibiotik yaitu dengan suntikan penisilin. Perhatikan gambar dibawah ini! gambar 1 adalah gambar bakteri Treponema pallidum penyakit sifilis dan gambar 2 adalah gambar seorang yang menderita penyakit sifilis.

gambar 1 (sebelah kiri) & gambar 2 (sebelah kanan)

Dan radioterapi yaitu dengan menggunakan sinar X berkekuatan tinggi yang dapat dilakukan secara internal maupun eksternal. Penyebab kanker rahim adalah Human Papilloma Virus (HPV). Gejalanya adalah penurunan kekebalan tubuh. biasanya uterus beserta leher rahimnya. air ludah. dan air mata konsentrasinya tidak cukup tinggi untuk menularkan HIV. Pencegahannya yaitu dengan cara vaksinasi yang diberikan pada remaja putri dan perempuan dewasa. Cairan yang dapat menularkan HIV adalah darah. AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) Disebabkan oleh virus HIV (Human Immune Deficiency Virus). Virus ini juga sensitif terhadap panas dan tidak kuat hidup pada suhu di atas 60 ͦ HIV terdapat di hampir seluruh cairan tubuh manusia C. air mata. HIV sangat rapuh dan cepat mati di luar tubuh manusia. vaksin ini diberi nama "Gardasil". Penularan terjadi jika ada salah satu dari cairan tadi mengandung virus HIV.2. Hanya saja pada keringat. yaitu dengan mengambil daerah yang terserang kanker. cairan vagina. cairan vagina. air ludah. seperti keringat. gambar 1 (sebelah kiri) & gambar 2 (sebelah kanan) 3. . Ditandai dengan tumbuhnya sel-sel yang tidak terkendali pertumbuhannya pada leher rahim (abnormal). Perhatikan gambar dibawah ini! gambar 1 adalah gambar Human Papilloma Virus (HPV) dan gambar 2 adalah leher rahim (serviks) sesorang wanita yang terkena kanker. cairan sperma. Kanker leher rahim (serviks) Kanker leher rahim (serviks) atau karsinoma serviks uterus merupakan kanker pembunuh wanita nomor dua di dunia setelah kanker payudara. Dengan operasi. cairan sperma. darah.

yang ada hanyalah dan menolong kekebalan penderita tubuhnya. menggunakan perlatan medis dan nonmedis yang terjamin steril. penderita tampak sehat. mulai timbul diare berulang. Pada tahun ke-5 sampai keke-6.dan terjadi pembengkakan didaerah getah bening. Cara menghindari penyakit ini adalah dengan tidak bergonta-ganti pasangan dan menghindari hubungan seksual diluar nikah. gambar 1 (sebelah kiri) & gambar 2 (sebelah kanan) . penurunan berat badan secara mendadak. Sampai sekarang ini. sering sariawan dimulut. penyakit ini belum ditemukan obatnya. menghindari tranfusi darah yang tidak jelas asalnya. untuk serta mempertahankan tingkatkesehatan melakukan perilaku hidup sehat. selama 3-4 tahun. Secara fisik. Perhatikan gambar dibawah ini! gambar 1 adalah gambar virus HIV (Human Immune Deficiency Virus) dan gambar 2 adalah gambar seorang lakilaki yang menderita penyakit HIV/AIDS. penderita tidak memperlihatkan gejala yang khas.Tanda-tanda dan gejalanya adalah penderita akan sering mengalami penyakit ringan seperti flue dan diare.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.