Kelompok

Anggota : Simon XII A2 / 12 Alex XII A2 / 13 Eka XII A2 / 16 Cinthya XII A2 / 26

JALAN LAIN KE ROMA Karya : M. Idrus .

Semua dilaluinya dengan ketegaran dan kejujuran. Namun. Bercerai dengan isteri pun dialaminya. hal itu tidak membuatnya putus asa. . Tema : Ketegaran hati Menceritakan tentang Open yang memiliki sifat terus terang. Namun beralih menjadi guru agama dan pada akhirnya menjadi pengarang. Semua yang dialaminya tidaklah mudah. Pekerjaan awalnya adalah seorang guru.Unsur Intrinsik 1.

-Selalu berterus terang (hal 153 “Kemarin aku telah kawin dengan seorang gadis”) secara dramatik -Pemalu (hal 161 Ya. Namun berubah profesi menjadi guru agama dan menjadi penulis pada akhirnya.2. sampai sekarang pun ia merasakan malu itu) secara analitik -Berbakti (hal 153 Open sungguh-sungguh berniat dalam hatinya akan mengabulkan cita-cita ibunya) secara analitik -Kasar (hal 154 Dia memegang seorang anak yang terdekat dari dia lalu dipukulnya) secara analitik -Penuh syukur (hal 155 ia bersyukur karena punya sepeda ini) secara analitik -Pelupa (hal 158 ia lekas lupa kepada kejadian-kejadian yang berlalu) sacara analitik . • Penokohan : Open: anak ibu Open yang bekerja sebagai guru pada awal cerita.

Tapi.Carilah pekerjaan!”) secara dramatik -Mudah tersinggung (hal 165 Tapi sekarang ini. -Perhatian (hal 165 “Kak.karangan-karangan itu bagus. Dan Surtiah dengan sedih hati pulang ke rumah orang tuanya.) secara dramatik • Surtiah: perempuan biasa yang merupakan wanita idaman Open yang menggantikan posisi isterinya terdahulu.• Ibu Open: wanita yang melahirkan Open -Penyayang (hal 158 begitu selalu seorang ibu selalu kasih sayang kepada anak) secara analitik -Pengertian (hal 160 Ibumu ini sudah tua kadang-kadang banyak tak mengerti lagi akan perasaanmu itu.) secara analitik . lebih baik ia pulang saja ke desa.kita hampir mati.

• Boethius: ahli filsafat.) . ia dipenjarakan oleh kebaikan itu sendiri. – Baik (hal 168 : Dipenjarakan karena hendak berbuak baik kepada manusia sesamanya.

• Latar/setting : – Indonesia pada masa pendudukan Jepangmerdeka. ia dilepas) – Sekolah (hal 154 setiap ia masuk kelas ada saja anak-anak nakal yang berteriak keras) – Desa (hal 157 Desa itu seperti desa-desa lainnya tidak punya penerangan) – Kota (hal 161 Pada suatu hari dibawa Open Surtiah ke kota) – Penjara (hal 168 demikian ia dengan sabar menanggungkan penderitannya dalam penjara Kenpeitai) . (hal 168 Dan waktu Republik Indonesia diproklamasikan.

♥ Berhati-hatilah menjaga perasaan orang lain. • Amanat : ♥ Kejujuran adalah hal yang baik. tetapi kita harus berhati-hati karena kejujuran juga dapat membuat kita terjebak. ♥ Mengendalikan tindakan dengan mengatur emosi. ♥ Jangan mudah putus asa menghadapi kegagalan.• Alur: maju Menceritakan secara urut kejadian dari awal hingga akhir cerita. ♥ Berani mencoba hal yang baru. .

Terima kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful