P. 1
Sistem Transpor Aktif, Transpor Pasif Dan Endositosis 12

Sistem Transpor Aktif, Transpor Pasif Dan Endositosis 12

|Views: 460|Likes:
SISTEM TRANSPOR AKTIF, TRANSPOR PASIF DAN ENDOSITOSIS
SISTEM TRANSPOR AKTIF, TRANSPOR PASIF DAN ENDOSITOSIS

More info:

Published by: Felisia Nuhan 'troublesherpes' on Feb 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2014

pdf

text

original

SISTEM TRANSPOR AKTIF, TRANSPOR PASIF DAN ENDOSITOSIS

OLEH KELOMPOK 6

. Pasif dan Endositosis) 1. • Fungsi Transpor Aktif Transfor aktif berfungsi untuk memelihara keseimbangan di dalam sel. Energi yang digunakan pada transpor aktif adalah (Adenosin Trifosfat) yang merupakan energi kimia tinggi yang berasal dari hasil respirasi sel di mitokondria.TRANSPOR PADA MEMBRAN (Aktif. Transpor aktif • Pengertian transpor aktif Merupakan perpindahan molekul zat dari tinggi ke konsentrasi rendah dengan melawan gradien konsentrasi yang membutuhkan energi di ATP. Transpor aktif juga merupakan Transpor yang memerlukan energi.

3 Na akan dipompa keluar sel sedang 2 K akan dipompa kedalam sel. Pada Na-K pump. yaitu transpor aktif primer dan sekunder – Transpor aktif primer Transport aktif primer memakai energi langsung dari ATP. . ca akan dipompa keluar sel agar konsentrasi Ca dalam sel rendah.• Jenis-jenis Transpor Aktif Transpor aktif dibedakan menjadi dua. misalnya pada Na-K pump dan Ca pump. Pada Ca pump.

glukosa atau asam amino akan ditransport masuk dalam sel mengikuti masuknya Natrium. meskipun asam amino atau glukosa di dalam sel konsentrasinya lebih tinggi dari luar sel. tetapi asam amino atau glukosa ini memakai energi dari Na (akibat perbedaan konsentrasi Na). Sehingga glukosa atau asam amino ditransport secara transport aktif sekunder co-transport . Natrium yang masuk akibat perbedaan konsentrasi mengikutkan glukosa atau asam amino ke dalam sel.Transport sekunder co-transport Pada transport sekunder co-transport .- Transpor aktif sekunder Transport aktif sekunder juga terdiri atas cotransport dan counter 1.

Pada Na-Ca exchange. hal ini untuk menjaga kadar Ca intrasel. Misalnya pada Na-Ca exchange dan Na-H exchange.2. masuknya ion Na ke dalam sel akan menyebabkan bahan lain ditransport keluar. khususnya pada otot jantung sehingga berperan pada kontraktiitas jantung. . Transport sekunder counter-transport Pada proses counter transport/exchange. 3 ion Na akan ditransport kedalam sel untuk setiap 1 ion Ca yang ditransport keluar sel. Na-H exchange terutama berperan mengatur konsentrasi ion Na dan Hidrogen dalam tubulus proksimal ginjal. sehingga turut mengatur pH dalam sel.

symport (membawa dua molekul kearah yang sama). antiport (membawa dua molekul kearah yang berlawanan). . uniport (transport pembawa satu molekul kearah yang searah). 2.• Transpor aktif terdiri atas 3 cara yaitu : 1. 3.

Transpor Pasif • Pengertian Transpor Pasif Merupakan proses perpindahan zat secara spontan tanpa memerlukan energi di ATP (Adenosin Trifosfat) yang dihasilkan oleh mitokondria.2. .

yaitu Osmosis dan difusi -Osmosis Perpindahan molekul air (pelarut) dari larutan yang berkonsentrasi rendah (hipertonis) menuju larutan yang berkonsentrasi tinggi (hipotonis) melalui membran semipermeabel.• Jenis-jenis Transpor Pasif Transpor pasif dibedakan menjadi dua. .

Difusi Sederhana = difusi tanpa melalui membran. Difusi Terfasilitasi = difusi melalui membran dengan bantuan protein pembantu yaitu protein integral. 1. 2.. Difusi terbagi menjadi 2. yaitu Difusi sederhana dan Difusi terfasilisasi.Difusi Perpindahan molekul yang terjadi secara spontan dari konsentrasi tinggi (hipotonis) ke konsentrasi rendah (hipertonis)sehingga konsentrasinya menjadi sama (isotonis) yang berlangsung melalui membran atau tidak. .contohnya larutan gula dalam air.

3. Endositosis • Pengertian Endositosis Merupakan masuknya zat ke dalam sel sebagai akibat melekuknya membran sel sehingga zat tersebut terjebak di dalam sel atau terbungkus oleh membrane sel. . yaitu: Pinositosis dan Fagositosis. • Jenis jenis Endositosis Terdapat dua jenis endositosis.

Pinositosis terjadi pada benda-benda cair.Pinositosis dalam bahasa Yunani `pinos` berarti minum. . contoh peristiwa pinositosis adalah penyerapan nutrisi oleh embrio mamalia. Peristiwa ini dapat terjadi jika terdapat konsentrasi yang sesuai dari asam amino. contohnya penyerapan nutrisi oleh sel-sel embrio. protein.. atau ion-ion tertentu pada medium sekeliling sel dengan di dalam sel.

Fagositosis dikemukakan oleh E. Metchnikkaf pada akhir abad 19 untuk benda padat. contoh fagositosis adalah sel darah putih menelan bakteri amoeba dalam menyerap makanan.. .

F ANNIE NDAMA (2443011128) 2. MARIA YULITA KAROLINA (2443011141) 3. PUTRI YUNINGSIH (2443011151) 4.NAMA ANGGOTA KELOMPOK 6 : 1. ANNA OKTAVIYANI (2443011119) . MARTHA PURBA (2443011154) 6. FELISIA ANITA NUHAN (2443011127) 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->