P. 1
kwu 1-2

kwu 1-2

|Views: 633|Likes:
Kewirausahaan
Kewirausahaan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Ichal Irsyadulibadillafiisabili Rasyad on Feb 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2014

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar 1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Menjelaskan pengertian, tujuan, perkembangan dan ruang lingkup kewirausahaan. Menjelaskan karakteristik wirausaha. Menjelaskan sikap dan perilaku wirausaha. Menyebutkan faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha. Memahami tentang mitos yang salah tentang kewirausahaan. Mengetahui alasan seseorang tidak berminat menjadi enterpreneur. Menjelaskan tingkat kemampuan wirausaha dalam mengatasi rasa takutnya.

Alokasi Waktu:

5 Jam × 45 Menit (3 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. Memahami dan membedakan konsep wirausaha dengan kewirausahaan. Memahami tujuan kewirausahaan. Membedakan karakteristik kewirausahaan sebelum abad pertengahan sampai dengan kewirausahaan pada abad 21. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Memahami ruang lingkup kewirausahaan, baik internal maupun eksternal. Mengidentifikasi kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan berdasarkan sikap dan perilakunya sehari-hari. Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal. Bersikap proaktif dan antisipatif terhadap faktor kegagalan dan keberhasilan pada setiap aspek usaha. Mengubah pola pikir/cara pandang yang keliru mengenai kewirausahaan. Mengidentifikasi tingkatan wirausaha dalam mengatasi rasa takut/kegagalan.

B. Materi Pembelajaran        Pengertian, tujuan, perkembangan dan ruang lingkup kewirausahaan Karakteristik wirausaha Sikap dan perilaku wirausaha Faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha Mitos yang salah tentang wirausaha Alasan seseorang tidak berminat menjadi wirausaha Tingkat dan kemampuan usaha

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter bangsa dan kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/ Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Eksplorasi       Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya berwirausaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai konsep wirausaha dan kewirausahaan. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tujuan perlunya kewirausahaan bagi diri sendiri dan dunia pendidikan. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai perkembangan kewirausahaan, mulai dari abad pertengahan sampai dengan kewirausahaan pada abad 21. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai ruang lingkup kewirausahaan. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai karakteristik wirausaha, serta sikap dan perilaku wirausaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 5 sd 23). Konfirmasi    Siswa menjelaskan perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Siswa menjelaskan tujuan kewirausahaan. Siswa menjelaskan sikap dan perilaku wirausaha.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai karakteristik, sikap dan perilaku wirausaha, materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.     Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;     Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan Ke-2

Kegiatan Inti Eksplorasi      Siswa diminta mengingat kembali mengenai konsep wirausaha, karakteristik, sikap serta perilaku wirausaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor yang dapat mendukung keberhasilan dan kegagalan wirausaha pada setiap aspek usaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pola pikir/mitos yang keliru mengenai kewirausahaan. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 23 sd 33).

Konfirmasi Siswa menyebutkan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menyebutkan kembali mengenai faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha, materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.     Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;     Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali materi mengenai faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha, dan mitos yang salah mengenai kewirausahaan. Elaborasi   Siswa menyimak penjelasan guru mengenai beberapa alasan seseorang tidak berminat menjadi wirausaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tingkatan kemampuan wirausaha dalam mengatasi rasa takut akan kegagalan atau kesulitan yang dihadapi. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 33 sd 40).

Konfirmasi  Siswa menjelaskan tingkatan wirausaha dalam mengatasi rasa takut.

Kegiatan Penutup  Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif, materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.     Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;     Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. b. c. d. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 5 sd 46. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi Laporan/portofolio

b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian

c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Sikap wirausaha salah satunya adalah bersikap positif dalam hal . . . . a. b. c. melihat kegagalan berpikir untuk diri sendiri menjalankan tugas d. bergaul di lingkungan e. membuat rencana

- Contoh tes uraian Jelaskan pengertian dari: a. b. Wirausaha Kewirausahaan

Format Penilaian Sikap Personal :

Kesediaan di kritik

No

Nama Siswa

Komitmen Tugas (Hasil Tugas)

Kesediaan Bekerja sama

Bekerja Sistematis

Tanggung Jawab

Ketekunan

Keaktifan

Ketelitian

Inisiatif

Minat

Kriteria Penilaian : Nilai Kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai Kuantitatif 4 3 2 1

REKAPITULASI NILAI

Skor

Penilaian antarteman ( Peer )

Unjuk Kerja (Performance)

Observasi ( Observation )

Tertulis (Paper & Pencil)

Diri (Self Assesstment)

Hasil Kerja (Product)

Portofolio (Portfolio)

Penugasan (Project)

Jurnal ( Journal )

Sikap (Affectif)

Lisan ( Verbal )

Jumlah Skor

No

Nama Siswa

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian Untuk siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

..MURNIATI.S.Pd........................... NIP.19820413 200903 2 005

Nilai

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar 1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif.

Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri sikap dan perilaku kerja prestatif. 2. Menerapkan pola kerja prestatif. 3. Menambahkan motivasi untuk memiliki sikap dan perilaku kerja prestatif. 4. Melatih sikap dan perilaku kerja prestatif.
Alokasi Waktu: 7 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. 4. Mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersikap dan perilaku kerja prestatif. Memahami dan membedakan aspek-aspek dalam pola kerja prestatif beserta ciri-cirinya. Menjelaskan teori motivasi Maslow sebagai salah satu pendorong untuk berprestasi. Menerapkan cara melatih sikap dan perilaku kerja prestatif.

B. Materi Pembelajaran     Pengertian, ciri-ciri dan sikap perilaku kerja prestatif Pola kerja prestatif Motivasi untuk memiliki sikap dan perilaku kerja prestatif Melatih sikap dan perilaku kerja prestatif

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/ Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Eksplorasi    Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya berwirausaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tipe-tipe orang dalam melihat suatu kesuksesan. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai ciri-ciri sikap dan perilaku kerja prestatif.

Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pola kerja prestatif, yaitu kerja keras, kerja cerdas dan pembangunan berkarakter positif. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 49 sd 51).

Konfirmasi   Siswa menyebutkan ciri sikap dan perilaku kerja prestatif. Siswa menjelaskan pola kerja prestatif.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai ciri sikap dan perilaku kerja prestatif, serta pola kerja prestatif., materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.     Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;     Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali mengenai pengertian dan ciri-ciri sikap dan perilaku prestatif serta pola kerja prestatif. Elaborasi  Siswa menyimak penjelasan guru mengenai motivasi untuk memiliki sikap dan perilaku kerja prestatif. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 51 sd 53). Konfirmasi  Siswa menjelaskan teori Maslow sebagai salah satu teori motivasi.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai teori Maslow sebagai salah satu teori motivasi.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali mengenai pengertian dan ciri-ciri sikap dan perilaku prestatif serta pola kerja prestatif. Elaborasi  Siswa menyimak penjelasan guru mengenai cara melatih sikap dan perilaku kerja prestatif. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 53 sd 54). Konfirmasi   Siswa menjelaskan langkah-langkah melatih sikap dan perilaku kerja prestatif.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menjelaskan kembali langkah-langkah melatih sikap dan perilaku kerja prestatif.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa mengingat kembali materi mengenai mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha (bab 1), dan menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif. Elaborasi    Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek. Konfirmasi  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai karakteristik, sikap dan perilaku wirausaha, materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.    Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;

   

Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. b. c. d. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 47 sd 58. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi Laporan/portofolio b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Siklus sikap dan perilaku kerja prestatif diawali dari . . . . a. b. c. mengerti menyukai mencoba lagi d. berpikir ingin tahu e. belajar dari awal

- Contoh tes uraian Jelaskan pengertian perilaku kerja prestatif!

Kriteria Penilaian :

REKAPITULASI NILAI

Format Penilaian Sikap Personal :

No No Baik Cukup Nama Siswa Nilai Kualitatif Memuaskan Kurang Nama Siswa Ketekunan Kesediaan Bekerja sama Keaktifan Bekerja Sistematis Inisiatif Kesediaan di kritik Portofolio (Portfolio) Tanggung Jawab Komitmen Tugas (Hasil Tugas) Sikap (Affectif) Ketelitian Minat Skor

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian 1 2 3 4 Nilai Kuantitatif Penugasan (Project) Hasil Kerja (Product) Lisan ( Verbal ) Diri (Self Assesstment) Jurnal ( Journal ) Jumlah Skor Nilai

Unjuk Kerja (Performance)

Tertulis (Paper & Pencil)

Penilaian antarteman ( Peer )

Observasi ( Observation )

Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

.MURNIATI.S.Pd............................ NIP.19820413 200903 2 005

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar 1.3 Merumuskan solusi masalah

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. 3. 4. 5. 6. Menjelaskan pengertian masalah. Menjelaskan teknik pemecahan masalah. Membedaan masalah dan bukan masalah. Mengidentifikasi masalah dan faktor penyebabnya. Menjelaskan cara mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah. Menjelaskan kunci sukses pemecahan masalah.

Alokasi Waktu:

7 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. 4. 5. Memiliki kemampuan dalam mengatasi rasa takut dan berpikir kreatif. Membedakan masalah dan bukan masalah. Mengidentifikasi dan merumuskan/menguraikan masalah dalam usaha berdasarkan data. Memberikan alternatif pemecahan masalah yang berbeda-beda Memahami dan menerapkan kunci sukses dalam memecahkan masalah.

B. Materi Pembelajaran  Pengertian masalah

    

Teknik pemecahan masalah Membedakan masalah dan bukan masalah Masalah dan faktor penyebabnya Alternatif pemecahan masalah Kunci sukses pemecahan masalah

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya merumuskan solusi atas suatu masalah.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pengertian masalah dan teknik-teknik pemecahan masalah, diantaranya kemampuan mengatasi rasa takut dan kemampuan berpikir kreatif. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 61 sd 65). Konfirmasi  Siswa menjelaskan teknik pemecahan masalah.

Kegiatan Penutup      Siswa diminta menjelaskan kembali teknik pemecahan masalah. materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar. Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;     Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai pengertian masalah dan teknik-teknik pemecahan masalah.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai perbedaan masalah dan bukan masalah, serta jenis-jenis masalah dalam sebuah usaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 65 sd 66). Konfirmasi

 

Siswa menjelaskan perbedaan masalah dan bukan masalah. Siswa menyebutkan jenis-jenis masalah dalam sebuah usaha.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menyebutkan kembali perbedaan masalah dan bukan masalah, serta jenis-jenis masalah dalam sebuah usaha, materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.     Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;     Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa diminta mengingat kembali mengenai membedakan masalah dan bukan masalah.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah mengidentifikasi masalah dan faktor penyebabnya. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai kunci sukses pemecahan masalah. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 67 sd 71). Konfirmasi   Siswa berlatih menguraikan suatu masalah. Siswa berlatih menentukan alternatif pemecahan suatu masalah.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menganalisis suatu masalah, serta menentukan alternatif pemecahannya, materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.

   

Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;

   

Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai merumuskan solusi masalah.

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek. Konfirmasi  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup      Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu mengembangkan semangat wirausaha. Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;   Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. b. c. d. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 59 sd 76. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi Laporan/portofolio b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Hal yang perlu diperhatikan dalam teknik pemecahan masalah diantaranya adalah . . . . a. b. c. d. e. kemampuan mengatasi rasa takut peluang dari suatu masalah kenyamanan ketika menyelesaikan masalah pikiran negatif tentang masalah tantangan dari sebuah masalah

- Contoh tes uraian Jelaskan pengertian masalah menurut Djarwanto (1989).

Format Penilaian Sikap Personal :

Kesediaan di kritik

No

Nama Siswa

Komitmen Tugas (Hasil Tugas)

Kesediaan Bekerja sama

Bekerja Sistematis

Tanggung Jawab

Ketekunan

Keaktifan

Ketelitian

Inisiatif

Minat

Skor

Kriteria Penilaian : Nilai Kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai Kuantitatif 4 3 2 1

REKAPITULASI NILAI

Penilaian antarteman ( Peer )

Unjuk Kerja (Performance)

Observasi ( Observation )

Tertulis (Paper & Pencil)

Diri (Self Assesstment)

Hasil Kerja (Product)

Portofolio (Portfolio)

Penugasan (Project)

Jurnal ( Journal )

Sikap (Affectif)

Lisan ( Verbal )

Jumlah Skor

No

Nama Siswa

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

..MURNIATI.S.Pd........................... NIP. 19820413 200903 2 005

Nilai

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar 1.4 Mengembangkan semangat wirausaha

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. 3. 4. 5. 6. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip kewirausahaan. Menjelaskan faktor-faktor penyebab munculnya semangat wirausaha. Menjelaskan cara mengembangkan semangat wirausaha. Menjelaskan tentang pengertian, perkembangan, jenis-jensi dan faktor pendukung keberhasilan inovasi. Menjelaskan tentang faktor penyebab kegagalan wirausaha dalam memotivasi diri. Menjelaskan tentang sikap bekerja yang efisien dan efektif.

Alokasi Waktu:

8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Memahami unsur-unsur prinsip kewirausahaan. Memahami faktor-faktor penyebab munculnya semangat wirausaha. Memahami dan mengembangkan pola pikir semangat wirausaha. Membedakan penemuan dan inovasi. Mengidentifikasi faktor pendukung keberhasilan inovasi dan jenis-jenis inovasi. Menumbuhkan kreativitas dan inovasi. Membedakan kerja efisien dan efektif serta menerapkannya dalam bekerja/wirausaha.

B. Materi Pembelajaran       Prinsip-prinsip kewirausahaan Faktor-faktor munculnya semangat kewirausahaan Mengembangkan semangat wirausaha Inovasi Motivasi Sikap bekerja efisien dan efektif

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya merumuskan solusi atas suatu masalah.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai prinsip-prinsip kewirausahaan. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 79 sd 80). Konfirmasi  Siswa menyebutkan unsur-unsur dalam prinsip kewirausahaan.

Kegiatan Penutup      Siswa diminta menyebutkan kembali unsur-unsur dalam prinsip kewirausahaan, materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar. Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;     Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai prinsip-prinsip kewirausahaan.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang menyebabkan munculnya semangat usaha dan langkah-langkah mengembangkan semangat wirausaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 80 sd 84).

Konfirmasi  Siswa berlatih mengembangkan kemampuan kreatif.

Kegiatan Penutup      Siswa diminta berlatih kembali mengembangkan kemampuan kreatif. Mengerjakan post tes melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;     Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali mengenai faktor-faktor penyebab munculnya semangat wirausaha dan mengembangkan semangat wirausaha. Elaborasi   Siswa menyimak penjelasan guru mengenai inovasi, termasuk diantaranya awal munculnya inovasi, faktorfaktor pendukung keberhasilan inovasi, serta jenis-jenis inovasi. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pentingnya motivasi dalam berwirausaha/bekerja. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 84 sd 90). Konfirmasi   Siswa menjelaskan perbedaan inovasi dengan penemuan (invention). Siswa menyebutkan jenis-jenis inovasi.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai perbedaan inovasi dengan penemuan (invention), serta menyebutkan kembali jenis-jenis inovasi, materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.  Mengerjakan post tes

  

melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;

   

Pemberian PR / tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai inovasi dan motivasi.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai sikap kerja efisian dan efektif. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 90 sd 92).

Konfirmasi Siswa menjelaskan perbedaan kerja efisien dan efektif.

Kegiatan Penutup    Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu membangun komitmen dalam berwirausaha. Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. b. c. d. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 77 sd 96. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi Laporan/portofolio

b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Prinsip kewirausahaan terdiri dari beberapa unsur penting, diantaranya adalah . . . . a. b. c. d. e. ada unsur pola pikir kebelakang ada zona nyaman ada distribusi ada unsur improvisasi dalam prosesnya ada proses

- Contoh tes uraian Sebutkan dan jelaskan apa saja yang mendorong terjadinya inovasi.

Format Penilaian Sikap Personal :

Kesediaan di kritik

No

Nama Siswa

Komitmen Tugas (Hasil Tugas)

Kesediaan Bekerja sama

Bekerja Sistematis

Tanggung Jawab

Ketekunan

Keaktifan

Ketelitian

Inisiatif

Minat

Kriteria Penilaian : Nilai Kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai Kuantitatif 4 3 2 1

REKAPITULASI NILAI

Skor

Penilaian antarteman ( Peer )

Unjuk Kerja (Performance)

Observasi ( Observation )

Tertulis (Paper & Pencil)

Diri (Self Assesstment)

Hasil Kerja (Product)

Portofolio (Portfolio)

Penugasan (Project)

Jurnal ( Journal )

Sikap (Affectif)

Lisan ( Verbal )

Jumlah Skor

No

Nama Siswa

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

..MURNIATI.S.Pd........................... NIP.19820413 200903 2 005

Nilai

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar 1.5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. 3. 4. Menjelaskan pengertian komitmen. Menjelaskan pentingnya komitmen tinggi dlaam berwirausaha. Menjelaskan faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi. Menjelaskan jenis-jenis komitmen dlama berwirausaha.

Alokasi Waktu:

7 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. Mengidentifikasi manfaat komitmen dalam berwirausaha. Mengidentifikasi faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi. Menerapkan komitmen tinggi terhadap wirausaha.

B. Materi Pembelajaran     Komitmen Pentingnya komitmen tinggi dalam berwirausaha Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi Jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Eksplorasi      Siswa dan guru mendiskusikan komitmen dalam berwirausaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai komitmen dan pentingnya komitmen dalam berwirausaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 99 sd 100).

Konfirmasi Siswa menyebutkan kegunaan komitmen dalam berwirausaha.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali kegunaan komitmen dalam berwirausaha.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai pentingnya komitmen dalam berwirausaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang menunjukkan seseorang berkomitmen tinggi terhadap pekerjaannya. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 100 sd 101). Konfirmasi   Siswa menyebutkan faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi      Siswa diminta mengingat kembali mengenai faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai jenis-jenis komitmen yang perlu dimiliki dalam berwirausaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 101 sd 103).

Konfirmasi Siswa menyebutkan jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali mengenai jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha.

Pertemuan Ke-4 Pembuka Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa mengingat kembali materi mengenai mengembangkan semangat wirausaha (bab 4), dan membangun komitmen dalam berwirausaha. Elaborasi   Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.

Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.

Konfirmasi     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu mengambil risiko usaha. Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. b. c. d. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 97 sd 106. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi Laporan/portofolio b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Komitmen adalah . . . . a. b. c. d. e. perjanjian keterikatan untuk melakukan sesuatu keterampilan yang dimiliki untuk mendukung suatu usaha dorongan internal memberikan nilai bagi diri sendiri dan perusahaan tingkat pengetahuan yang dimiliki untuk meraih perusahaan dedikasi terhadap kelangsungan perusahaan

- Contoh tes uraian Jelaskan pengertian komitmen.

Kriteria Penilaian :

REKAPITULASI NILAI

Format Penilaian Sikap Personal :

No No Baik Cukup Nama Siswa Nilai Kualitatif Memuaskan Kurang Nama Siswa Ketekunan Kesediaan Bekerja sama Keaktifan Bekerja Sistematis Inisiatif Kesediaan di kritik Portofolio (Portfolio) Tanggung Jawab Komitmen Tugas (Hasil Tugas) Sikap (Affectif) Ketelitian Minat Skor

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian 1 2 3 4 Nilai Kuantitatif Penugasan (Project) Hasil Kerja (Product) Lisan ( Verbal ) Diri (Self Assesstment) Jurnal ( Journal ) Jumlah Skor Nilai

Unjuk Kerja (Performance)

Tertulis (Paper & Pencil)

Penilaian antarteman ( Peer )

Observasi ( Observation )

Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

.MURNIATI.S.Pd............................ NIP. 19820413 200903 2 005

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar 1.6 Mengambil resiko usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Memahami risiko dan ketidakpastian usaha. Mengklasifikasi risiko usaha. Menjelaskan tentang jenis-jenis risiko usaha. Menjelaskan faktor penyebab risiko usaha. Mengklasifikasi tipe-tipe orang dalam menghadapi risiko. Menjelaskan cara mengidentifikasi risiko. Mengatasi dan memperkecil risiko. Menjelaskan tentang prosedur menganalisis risiko usaha.

Alokasi Waktu:

6 Jam × 45 Menit (3 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Membedakan ketidakpastian (unexpected risk) dengan risiko (risk). Mengidentifikasi risiko murni dan spekulatif. Mengidentifikasi risiko berdasarkan jenis dampak yang ditimbulkan (risiko sistematik dan risiko spesifik). Mengidentifikasi jenis-jenis risiko yang sering terjadi dalam dunia usaha. Memahami penyebab faktor munculnya risiko usaha. Mengidentifikasi jenis-jenis orang dalam menghadapi risiko. Mengidentifikasi risiko usaha menggunakan beberapa metode. Menganalisis risiko usaha berdasarkan data.

B. Materi Pembelajaran         Risiko dan ketidakpastian Klasifikasi risiko usaha Jenis-jenis risiko usaha Faktor penyebab risiko usaha Klasifikasi orang dalam menghadapi risiko usaha Cara mengidentifikasi risiko usaha Mengatasi dan memperkecil risiko usaha Prosedur menganalisis risiko usaha

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Eksplorasi        Siswa dan guru mendiskusikan risiko usaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai ketidakpastian (unexpected risk) dan risiko (risk). Siswa menyimak penjelasan guru mengenai klasifikasi risiko usaha, diantaranya risiko murni dan spekulatif, serta risiko berdasarkan jenis dampak yang ditimbulkan (risiko sistematik dan risiko spesifik). (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 109 sd 111).

Konfirmasi Siswa menjelaskan perbedaan ketidakpastian dan risiko. Siswa menyebutkan klasifikasi risiko usaha.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menjelaskan kembali perbedaan ketidakpastian dan risiko, dan klasifikasi risiko usaha

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi         Siswa diminta mengingat kembali mengenai risiko dan ketidakpastian serta klasifikasi risiko usaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai jenis-jenis risiko yang terjadi dalam dunia usaha dan berwirausaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor penyebab munculnya risiko usaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 111 sd 112).

Konfirmasi Siswa menyebutkan jenis-jenis risiko usaha. Siswa menyebutkan faktor-faktor penyebab risiko usaha. Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali jenis-jenis risiko usaha, dan faktor-faktor penyebab risiko usaha.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi Siswa diminta mengingat kembali mengenai jenis-jenis risiko usaha, dan faktor-faktor penyebab risiko usaha. Elaborasi    Siswa menyimak penjelasan guru mengenai klasifikasi orang dalam menghadapi risiko (cara pandang). Siswa menyimak penjelasan guru mengenai cara-cara mengidentifikasi risiko usaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 112 sd 114).

Konfirmasi    Siswa menyebutkan jenis-jenis orang dalam menghadapi risiko. Siswa menyebutkan cara-cara mengidentifikasi risiko.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali mengenai jenis-jenis orang dalam menghadapi risiko, serta cara-cara mengidentifikasi risiko.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali mengenai klasifikasi orang dalam menghadapi risiko usaha dan cara mengidentifikasi risiko usaha. Elaborasi         Siswa menyimak penjelasan guru mengenai cara mengatasi dan memperkecil risiko usaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai prosedur manganalisis risiko usaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 114 sd 115).

Konfirmasi Siswa menyebutkan langkah-langkah mengatasi risiko usaha. Siswa berlatih menganalisis risiko usaha.

Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu membuat keputusan. Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. b. c. d. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 107 sd 118. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi Laporan/portofolio

b. Bentuk Instrumen:

- PG - Uraian

c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Perbedaan paling mendasar antara belajar di sekolah dan berwirausaha adalah . . . . a. belajar di sekolah penuh dengan teori dan kepastian, sedangkan berwirausaha penuh hal-hal yang tidak pasti dan berisiko b. c. belajar di sekolah penuh ketidakpastian, sedangkan berwirausaha mengandung banyak sekali risiko baik berwirausaha maupun belajar di sekolah sama-sama mengandung risiko, hanya skalanya saja yang membedakan d. e. belajar di sekolah hanya dilakukan di dalam ruangan, sedangkan berwirausaha dilakukan di luar ruangan belajar di sekolah berisiko, sedangkan berwirausaha tidak berisiko

- Contoh tes uraian Jelaskan perbedaan antara risiko dengan ketidakpastian.

Format Penilaian Sikap Personal :

Kesediaan di kritik

No

Nama Siswa

Komitmen Tugas (Hasil Tugas)

Kesediaan Bekerja sama

Bekerja Sistematis

Tanggung Jawab

Ketekunan

Keaktifan

Ketelitian

Inisiatif

Minat

Kriteria Penilaian : Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif

Skor

Memuaskan Baik Cukup Kurang

4 3 2 1

REKAPITULASI NILAI

Penilaian antarteman ( Peer )

Unjuk Kerja (Performance)

Observasi ( Observation )

Tertulis (Paper & Pencil)

Diri (Self Assesstment)

Hasil Kerja (Product)

Portofolio (Portfolio)

Penugasan (Project)

Jurnal ( Journal )

Sikap (Affectif)

Lisan ( Verbal )

Jumlah Skor

No

Nama Siswa

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

.............................. NIP. 19820413 200903 2 005

Nilai

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah

: ............................................

Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar 1.7 Membuat keputusan

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Menjelaskan pengertian pengambilan keputusan. Mendeskripsikan jenis-jenis keputusan. Menjelaskan latar belakang munculnya sebuah keputusan. Menjelaskan proses pengambilan keputusan. Menjelaskan tentang mengomunikasikan keputusan. Menganalisis masalah menggunakan analisis SWOT. Menerapkan analisis SWOT dalam pengambilan keputusan.

Alokasi Waktu:

8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. 4. 5. Memahami dan menyebutkan jenis-jenis keputusan. Memahami sebab/alasan perlunya pengambilan keputusan. Mempraktikan tahapan dalam pengambilan keputusan. Mengomunikasikan hasil suatu keputusan kepada pihak-pihak terkait menggunakan media komunikasi. Menggunakan analisis SWOT dalam menganalisis suau permasalahan.

B. Materi Pembelajaran   Pengambilan keputusan Jenis-jenis keputusan

    

Latar belakang keputusan Proses pengambilan keputusan Mengkomunikasikan keputusan Analisis masalah menggunakan analisis SWOT Penerapan analisis SWOT dalam pengambilan keputusan

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Eksplorasi       Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya pengambilan keputusan yang tepat dalam berwirausaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pengambilan keputusan. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai jenis-jenis keputusan yang sering dilakukan oleh seorang wirausaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 121 sd 123).

Konfirmasi Siswa menyebutkan jenis-jenis keputusan.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali jenis-jenis keputusan.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa diminta mengingat kembali mengenai pengambilan keputusan dan jenis-jenis keputusan.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai latar belakang (alasan dan faktor) sebuah keputusan. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tahap-tahap pengambilan keputusan. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai mengomunikasikan hasil pengambilan keputusan kepada pihakpihak terkait beserta jenis-jenis media komunikasi.(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 123 sd 126). Konfirmasi  Siswa berlatih mempraktikan proses pengambilan keputusan dan mengomunikasikan hasil keputusan kepada pihak terkait. Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali mempraktikan proses pengambilan keputusan dan mengomunikasikan hasil keputusan kepada pihak terkait.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali mengenai latar belakang sebuah keputusan, proses pengambilan keputusan, serta mengomunikasikan keputusan.

Elaborasi     Siswa menyimak penjelasan guru mengenai analisis SWOT dan penerapannya dalam pengambilan keputusan. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 126 sd 130).

Konfirmasi Siswa menjelaskan analisis SWOT.

Kegiatan Penutup Siswa diminta berlatih menganalisis suatu usaha dengan menggunakan analisis SWOT.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai mengambil risiko usaha (bab 6), dan membuat keputusan.

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek. Konfirmasi      Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu sikap pantang menyerah dan ulet. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. b. c. d. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 119 sd 134. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi Laporan/portofolio

b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Salah satu jenis keputusan adalah tidak mengambil keputusan, yaitu dengan cara . . . . a. tertidur b. diam c. makan d. menyanyi e. menghindar

- Contoh tes uraian Sebutkan dan jelaskan tentang jenis-jenis keputusan.

Format Penilaian Sikap Personal :

Kesediaan di kritik

No

Nama Siswa

Komitmen Tugas (Hasil Tugas)

Kesediaan Bekerja sama

Bekerja Sistematis

Tanggung Jawab

Ketekunan

Keaktifan

Ketelitian

Inisiatif

Minat

Kriteria Penilaian : Nilai Kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai Kuantitatif 4 3 2 1

REKAPITULASI NILAI

Skor

Penilaian antarteman ( Peer )

Unjuk Kerja (Performance)

Observasi ( Observation )

Tertulis (Paper & Pencil)

Diri (Self Assesstment)

Hasil Kerja (Product)

Portofolio (Portfolio)

Penugasan (Project)

Jurnal ( Journal )

Sikap (Affectif)

Lisan ( Verbal )

Jumlah Skor

No

Nama Siswa

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

.............................. NIP. 19820413 200903 2 005

Nilai

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan

Kompetensi Dasar 2. 1 Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. Mendeskripsikan tentang jiwa kepemimpinan. Menjelaskan tentang sikap pantang menyerah dan ulet dalam berwirausaha.

Alokasi Waktu:

8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. Membedakan konsep manajemen dan kepemimpinan (leadership). Mengidentifikasi sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan. Mendeskripsikan faktor yang mampu menumbuhkan semangat pantang menyerah dan ulet (kegagalan dan modal) dalam berwirausaha.

B. Materi Pembelajaran   Jiwa kepemimpinan (leadership) Semangat pantang menyerah dan ulet

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya bersikap pantang menyerah dan ulet dalam berwirausaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai konsep manajemen dan kepemimpinan. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 137 sd 138). Konfirmasi   Siswa menjelaskan perbedaan manajemen dan kepemimpinan.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menjelaskan kembali perbedaan manajemen dan kepemimpinan.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi      Siswa diminta mengingat kembali mengenai konsep manajemen dan kepemimpinan.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan dalam sebuah organisasi. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 138 sd 139).

Konfirmasi Siswa menyebutkan sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai kegagalan dan modal sebagai hal yang dapat menumbuhkan semangat pantang menyerah dan ulet.(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 139 sd 142). Konfirmasi   Siswa menjelaskan kegagalan dan modal.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai kegagalan dan modal.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai sikap pantang menyerah dan ulet.

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.

Konfirmasi     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu mengelola konflik. Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 135 sd 146. b. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan c. Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

d. Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi Laporan/portofolio b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Berikut ini yang dimaksud dengan self leadership adalah . . . . a. b. c. d. e. kemampuan orang lain untuk memengaruhi pikiran Anda kemampuan memimpin orang lain kemampuan untuk memengaruhi pikiran Anda agar mau mengikuti keinginan Anda kemampuan untuk memengaruhi pikiran orang lain agar mau mengikuti keinginan Anda semuanya benar

- Contoh tes uraian Jelaskan apakah perbedaan manajemen dan kepemimpinan.

Kriteria Penilaian :

REKAPITULASI NILAI

Format Penilaian Sikap Personal :

No No Baik Cukup Nama Siswa Nilai Kualitatif Memuaskan Kurang Nama Siswa Ketekunan Kesediaan Bekerja sama Keaktifan Bekerja Sistematis Inisiatif Kesediaan di kritik Portofolio (Portfolio) Tanggung Jawab Komitmen Tugas (Hasil Tugas) Sikap (Affectif) Ketelitian Minat Skor

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian 1 2 3 4 Nilai Kuantitatif Penugasan (Project) Hasil Kerja (Product) Lisan ( Verbal ) Diri (Self Assesstment) Jurnal ( Journal ) Jumlah Skor Nilai

Unjuk Kerja (Performance)

Tertulis (Paper & Pencil)

Penilaian antarteman ( Peer )

Observasi ( Observation )

Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

.............................. NIP. 19820413 200903 2 005

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi

2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
Kompetensi Dasar 2. 2 Mengelola konflik

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. 3. 4. 5. 6. Menjelaskan pengertian konflik. Menjelaskan faktor penyebab konflik. Menjelaskan tentang proses munculnya konflik. Menjelaskan tipe-tipe konflik. Menjelaskan cara mengelola dan mengatasi konflik. Menunjukkan manfaat positif dan negatif suatu konflik.

Alokasi Waktu:

8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. 4. 5. 6. Memahami pengertian konflik. Memahami dan mengidentifikasi faktor penyebab timbulnya konflik. Menganalisis munculnya konflik dalam sebuah tim. Mengidentifikasi tipe-tipe konflik berdasarkan faktor penyebab dan tingkatannya. Mengelola dan mengatasi suatu konflik berdasarkan informasi. Mengambil manfaat (negatif dan positif) dari suatu konflik.

B. Materi Pembelajaran   Konflik Faktor penyebab konflik

   

Munculnya konflik Tipe-tipe konflik Mengelola dan mengatasi konflik Manfaat konflik

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Eksplorasi    Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya mengelola konflik.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai beragam makna dan jenis konflik. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai berbagai sumber dan faktor penyebab konflik. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 148 sd 149). Konfirmasi   Siswa menyebutkan faktor penyebab konflik.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali faktor penyebab konflik.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi    Siswa diminta mengingat kembali mengenai konflik dan faktor-faktor penyebabnya.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai munculnya konflik, termasuk diantaranya munculnya konflik pada tim dalam berbagai tahapan. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tipe konflik berdasarkan faktor penyebabnya dan tipe konflik berdasarkan tingkatannya. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 149 sd 153). Konfirmasi   Siswa menyebutkan tahapan dalam tim yang memiliki risiko timbulnya konflik. Siswa menyebutkan tipe-tipe konflik.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menyebutkan kembali tahapan dalam tim yang memiliki risiko timbulnya konflik, dan tipe-tipe konflik.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali mengenai munculnya konflik dan tipe-tipe konflik.

Elaborasi

      

Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor yang memengaruhi pemecahan konflik dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi konflik. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai manfaat negatif dan manfaat positif adanya suatu konflik. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 153 sd 156). Siswa berlatih mempraktikan pengelolaan konfik.

Konfirmasi Siswa menyebutkan manfaat konflik. Kegiatan Penutup Siswa diminta mempraktikan kembali mempraktikan pengelolaan konfik, serta menyebutkan manfaat konflik.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai mengelola konflik.

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek. Konfirmasi     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu membangun visi dan misi usaha. Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. b. c. d. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 147 sd 158. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi

-

Laporan/portofolio b. Bentuk Instrumen:

- PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Pernyataan yang paling benar tentang konflik dan masalah adalah . . . . a. b. c. d. e. konflik itu bukan masalah masalah adalah konflik konflik adalah masalah masalah selalu berujung pada konflik semua jawaban benar

- Contoh tes uraian Konflik itu beragam makna dan jenisya. Sebutkan dan jelaskan.

Format Penilaian Sikap Personal :

Kesediaan di kritik

No

Nama Siswa

Komitmen Tugas (Hasil Tugas)

Kesediaan Bekerja sama

Bekerja Sistematis

Tanggung Jawab

Ketekunan

Keaktifan

Ketelitian

Inisiatif

Minat

Kriteria Penilaian : Nilai Kualitatif Memuaskan Baik Cukup Kurang Nilai Kuantitatif 4 3 2 1

Skor

REKAPITULASI NILAI

Penilaian antarteman ( Peer )

Unjuk Kerja (Performance)

Observasi ( Observation )

Tertulis (Paper & Pencil)

Diri (Self Assesstment)

Hasil Kerja (Product)

Portofolio (Portfolio)

Penugasan (Project)

Jurnal ( Journal )

Sikap (Affectif)

Lisan ( Verbal )

Jumlah Skor

No

Nama Siswa

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

.............................. NIP. 19820413 200903 2 005

Nilai

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan

Kompetensi Dasar 2. 3 Membangun visi dan misi usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. 3. Mendeskripsikan tentang visi dan misi usaha. Menjelaskan peran kepemimpinan dan manajemen dalam merumuskan visi dan misi. Menjelaskan langkah-langkah menyusun visi dan misi usaha.

Alokasi Waktu:

8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. Mampu membedakan visi dengan misi usaha. Peran pemimpin dan manajer dalam mewujudkan visi dan misi dideskripsikan. Mampu merumuskan visi dan misi usaha yang ideal.

B. Materi Pembelajaran    Visi dan misi Peran kepemimpinan dan manajemen dalam merumuskan visi dan misi usaha Langkah-langkah menyusun visi dan misi usaha

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-1 Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Kegiatan Inti Pertemuan Pertama Eksplorasi   Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya mengelola konflik.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai visi dan misi, diantaranya visi yang ideal serta unsur-unsur pokok sebuah misi. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 161 sd 165). Konfirmasi  Siswa menjelaskan konsep visi dan misi usaha.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menjelaskan kembali konsep visi dan misi usaha.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai visi dan misi.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai peran pemimpin dan manajer dalam merumuskan serta mewujudkan visi dan misi perusahaan.(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 165 sd 166). Konfirmasi   Siswa menjelaskan peran pemimpin dan manajer dalam mewujudkan visi dan misi usaha.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menjelaskan kembali peran pemimpin dan manajer dalam mewujudkan visi dan misi usaha.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali mengenai peran kepemimpinan dan manajemen dalam mewujudkan visi dan misi usaha. Elaborasi      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah menyusun visi dan misi usaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 166 sd 167).

Konfirmasi Siswa berlatih merumuskan visi dan misi usaha. Kegiatan Penutup Siswa diminta berlatih kembali merumuskan visi dan misi usaha.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa mengingat kembali materi mengenai membangun visi dan misi usaha.

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.

 

Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.

Konfirmasi     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari seluruh materi pada semester 1 dan 2 untuk menghadapi ulangan akhir semester. Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar a. b. c. Modul Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro, hal 159 sd 173. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

d. Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi Laporan/portofolio b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Setiap individu ataupun usaha dalam meraih kesuksesan membutuhkan . . . . a. teman kerja b. informasi c. alat tulis d. visi dan misi e. modal

- Contoh tes uraian Jelaskan mengapa setiap individu membutuhkan visi dan misi.

Kriteria Penilaian :

REKAPITULASI NILAI

Format Penilaian Sikap Personal :

No No Baik Cukup Nama Siswa Nilai Kualitatif Memuaskan Kurang Nama Siswa Ketekunan Kesediaan Bekerja sama Keaktifan Bekerja Sistematis Inisiatif Kesediaan di kritik Portofolio (Portfolio) Tanggung Jawab Komitmen Tugas (Hasil Tugas) Sikap (Affectif) Ketelitian Minat Skor

Nilai = Jumlah Skor : Aspek Penilaian 1 2 3 4 Nilai Kuantitatif Penugasan (Project) Hasil Kerja (Product) Lisan ( Verbal ) Diri (Self Assesstment) Jurnal ( Journal ) Jumlah Skor Nilai

Unjuk Kerja (Performance)

Tertulis (Paper & Pencil)

Penilaian antarteman ( Peer )

Observasi ( Observation )

Untuk Siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

...............,................... Mengetahui Kepala SMK/MAK Guru Mata Pelajaran

......................... NIP.

.............................. NIP. 19820413 200903 2 005

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: .SMK NEG. 4 KENDARI : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1 Alokasi Waktu : 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

Standar Kompetensi 3. Merencanakan usaha kecil/mikro

Kompetensi Dasar 3.1 Menganalisis peluang usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi 1. 2. 3. 4. 5. Menjelaskan pengertian peluang dan inspirasi usaha. Menjelasan tentang sumber peluang dan cara mengembangkannya. Menjelaskan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan suatu peluang usaha. Memetakan peluang usaha. Menunjukkan cara memanfaatkan peluang secara kreatif dan inovatif.

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Menjelaskan munculnya ide atas sebuah inspirasi, termasuk faktor-faktornya. Mengidentifikasi ide atau gagasan yang memiliki nilai jual tinggi. Mengidentifikasi ciri-ciri usaha yang potensial dan peluang usaha yang baik. Mengidentifikasi sumber-sumber yang dapat dijadikan usaha beserta contohnya masing-masing. Mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan peluang usaha. Memahami pentingnya melakukan uji coba pasar sebelum melaksanakan usaha. Memanfaatkan peluang menjadi sebuah usaha melalui pemetaan peluang usaha. Memahami dan menerapkan langkah-langkah pemberdayaan peluang usaha secara kreatif dan inovatif.

B. Materi Pembelajaran  Peluang dan inspirasi usaha

   

Sumber peluang usaha dan cara mengembangkannya Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan peluang usaha Memetakan peluang usaha Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Pertemuan Ke-1 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya berpikir kreatif untuk menemukan inspirasi usaha.

Elaborasi    Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang dapat memunculkan inspirasi usaha (faktor internal dan faktor eksternal). Siswa menyimak penjelasan guru mengenai ciri-ciri ide/gagasan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai ciri-ciri usaha yang potensial dan ciri-ciri usaha yang baik. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 5 sd 7). Konfirmasi     Siswa menjelaskan munculnya ide untuk sebuah inspirasi. Siswa menyebutkan ide/gagasan yang memiliki nilai jual tinggi. Siswa menyebutkan ciri-ciri usaha yang potensial dan yang baik.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai munculnya ide untuk sebuah inspirasi, dan mengenai peluang usaha.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa diminta mengingat kembali mengenai peluang dan inspirasi usaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai sumber-sumber peluang usaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan peluang usaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pentingnya melakukan uji pasar sebelum melaksanakan usaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 7 sd 13). Konfirmasi    Siswa menyebutkan sumber-sumber peluang usaha. Siswa menyebutkan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan peluang usaha.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali mengenai sumber-sumber peluang usaha, dan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan peluang usaha.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali materi mengenai sumber peluang usaha dan cara mengembangkannya, serta faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan peluang usaha.

Elaborasi   Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pemetaan peluang usaha dan langkah-langkah menemukan inspirasi usaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai cara-cara memanfaatkan peluang secara kereatif dan inovatif. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 13 sd 16). Konfirmasi    Siswa menyebutkan cara-cara memanfaatkan peluang secara kreatif dan inovatif. Siswa berlatih memetakan peluang usaha.

Kegiatan Penutup Siswa diminta berlatih kembali memetakan peluang usaha.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai peluang usaha.

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek. Konfirmasi   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu aspek organisasi dan produksi dalam pengelolaan usaha.  

Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

E. Sumber Belajar Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro, hal 3 sd 20. Profil usaha yang berhasil. Biografi orang yang berhasil. Modul CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri). Objek nyata/riil (tempat wirausaha sekolah, lingkungan, museum, pameran dll).

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis. Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen. Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio. b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Inspirasi muncul ketika terjadi . . . . antara pengetahuan, memori dan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang dimiliki seseorang dengan cara pandangnya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. a. b. c. integrasi konflik konektivitas d. difusi e. kristalisasi

- Contoh tes uraian Ada dua faktor yang menjadi sumber untuk memunculkan sebuah inspirasi. Sebutkan faktor-faktor tersebut beserta contohnya.

Kendari, Kordinator Normatif/Adaptif

Juli 20

Guru Mata Pelajaran

Siti Hasmah, S.Pd NIP. 19660911 198812 2 002

NIP. 19820413 200903 2 005

Mengetahui, Kepala sekolah

Drs. Susi Husen NIP. 19630317 198702 1 008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: SMK NEG 4 KENDARI : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1 Alokasi Waktu: 12 Jam × 45 Menit (6 Pertemuan)

Standar Kompetensi 3. Merencanakan usaha kecil/mikro

Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi        Menentukan tujuan dan sasaran usaha. Memahami bentuk-bentuk badan usaha. Memahami struktur organisasi usaha. Memahami produk dan jasa. Mengelola persediaan. Memahami manajemen dan proses produksi. Menyimpan produk.

Alokasi Waktu: 12 Jam × 45 Menit (6 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. 4. 5. Memahami visi, misi, tujuan dan sasaran dalam mempersiapkan dan merencanakan usaha. Menjelaskan beberapa bentuk badan usaha, beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mengidentifikasi suatu struktur organisasi beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Membedakan konsep produk barang dan produk jasa. Menghitung jumlah persediaan barang melalui metode EOQ (Economic Order Quantity), dan total biaya persediaan (TCo dan TCc) dengan tepat. 6. Menganalisis aspek-aspek produksi mulai dari alur persediaan, proses produksi dan penyimpanan hasil

produksi, dan membuat aliran proses produksi pada kegiatan usaha di sekolah dan DUDI. 7. Melaksanakan proses produksi usaha pada program keahlian dalam bentuk program CBP.

B. Materi Pembelajaran   Aspek organisasi usaha sederhana dalam pengelolaan usaha Aspek produksi dalam pengelolaan usaha

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Pertemuan Ke-1 Kegiatan Inti Eksplorasi    Siswa dan guru mendiskusikan aspek-aspek pengelolaan usaha kecil

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai visi, misi, tujuan dan sasaran usaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai bentuk-bentuk badan usaha, termasuk diantaranya ciri-ciri serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 23 sd 28). Konfirmasi     Siswa menjelaskan tujuan dan sasaran usaha serta berlatih merumuskan visi dan misi usaha. Siswa menjelaskan beberapa bentuk badan usaha beserta kelebihan dan kekurangannya. Siswa berlatih mengidentifikasi bentuk usaha suatu bisnis.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai tujuan dan sasaran usaha, serta beberapa bentuk badan usaha.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai tujuan dan sasaran usaha dan bentuk badan usaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai struktur organisasi.(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 28 sd 33). Konfirmasi    Siswa menjelaskan struktur organisasi beserta kelebihan dan kekurangannya. Siswa berlatih mengidentifikasi struktur organisasi suatu usaha.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai struktur organisasi.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi    Siswa diminta mengingat kembali mengenai struktur organisasi.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai produk, termasuk diantaranya jenis-jenis produk berdasarkan tipe konsumen yang menggunakannya, dan tingkatan produk. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai jasa.

Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pentingnya kualitas produk. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 33 sd 37).

Konfirmasi    Siswa menyebutkan jenis-jenis produk dan tingkatannya. Siswa menyebutkan ciri-ciri jasa. Siswa menjelaskan kualitas produk.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menyebutkan kembali jenis-jenis produk dan tingkatannya, serta ciri-ciri jasa.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai jenis dan kualitas produk barang dan jasa.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pengelolaan persediaan, termasuk diantaranya cara pembelian bahan baku, fungsi persediaan, perhitungan jumlah persediaan barang dengan menggunakan metode Economic Quantity Order (EOQ) serta perhitungan total biaya persediaan. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 37 sd 42). Konfirmasi     Siswa menyebutkan fungsi persediaan. Siswa berlatih menghitung Siswa berlatih menghitung jumlah persediaan barang dengan menggunakan metode (EOQ). Siswa berlatih menghitung total biaya persediaan TCo dan TCc.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menghitung EOQ, TCo dan TCc.

Pertemuan Ke-5 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai pengelolaan persediaan.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai manajemen dan proses produksi, termasuk diantaranya konsep manajemen produksi, ruang lingkup manajemen produksi, jenis-jenis proses produksi, proses produksi berdasarkan sifatnya, serta tahapan-tahapan produksi.

Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pentingnya penyimpanan produk, dan biaya yang timbul atas adanya penyimpanan produk. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 43 sd 47).

Konfirmasi     Siswa menyebutkan dua jenis proses produksi. Siswa menyebutkan proses produksi berdasarkan sifatnya. Siswa menyebutkan tahap-tahap produksi. Siswa menyebutkan biaya yang timbul pada penyimpanan produk.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menyebutkan kembali jenis-jenis proses produksi, proses produksi berdasarkan sifatnya, tahaptahap produksi, dan biaya yang timbul pada penyimpanan produk.

Pertemuan Ke-6 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai aspek organisasi dan produksi dalam pengelolaan usaha.

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek. Konfirmasi  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup  Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu aspek administrasi usaha dalam pengelolaan usaha.

E. Sumber Belajar Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro, hal 21 sd 52. Profil organisasi usaha Objek nyata/riil (tempat usaha/perusahaan, pameran dll) Bagan/struktur organisasi Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri).

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Berikut ini salah satu aspek dalam organisasi usaha sederhana adalah . . . . a. b. c. jumlah karyawan struktur organisasi jumlah modal d. peraturan pemerintah e. jumlah pajak perusahaan

- Contoh tes uraian Sebutkan alasan-alasan seseorang memulai usaha.

Kendari, Kordinator Normatif/Adaptif

Juli 2012

Guru Mata Pelajaran

Siti Hasmah, S.Pd NIP. 19660911 198812 2 002

Elisabeth, S.Pd NIP. 19791227 200801 2 013

Mengetahui, Kepala sekolah

Drs. Susi Husen NIP. 19630317 198702 1 008

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: SMK NEG 4 KENDARI : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1 Alokasi Waktu: 12 Jam × 45 Menit (6 Pertemuan)

Standar Kompetensi 3. Merencanakan usaha kecil/mikro

Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi      Menjelaskan tentang cara perizinan usaha. Menjalaskan tentang cara surat-menyurat. Menjelaskan tentang cara pencatatan transaksi barang dan jasa. Menjelaskan cara pencatatan transaksi keuangan. Memahami pajak pribadi dan pajak usaha.

Alokasi Waktu: 12 Jam × 45 Menit (6 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. Mengidentifikasi surat-surat yang diperlukan dalam pendirian usaha beserta persyaratan yang diperlukan sesuai dengan bentuk usahanya. 2. 3. 4. 5. Mengidentifikasi jenis-jenis surat niaga dan membuat surat niaga dengan benar. Mengidentifikasi bukti-bukti transaksi intern dan ekstern perusahaan. Memahami dan membuat jenis-jenis laporan keuangan. Membuat sistem administrasi usaha sederhana pada kegiatan usaha program keahlian dalam bentuk program CBP. 6. 7. 8. Menganalisis aspek keuangan suatu usaha berdasarkan laporan keuangannya. Menyebutkan jenis-jenis pajak yang berlaku di Indonesia. Menghitung tarif pajak untuk wajib pajak dan PPN.

B. Materi Pembelajaran      Perizinan usaha Surat-menyurat Pencatatan transaksi barang/jasa Pencatatan transaksi keuangan Pajak

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Pertemuan Ke-1 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya aspek administrasi dalam pengelolaan usaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai bidang-bidang usaha yang memerlukan izin usaha. Siswa menyimak penjelasan guru Surat Izin Gangguan (HO) dan Surat Izin Tempat Usaha (SITU), beserta persyaratan yang diperlukan dalam memperoleh SITU-HO dan manfaatnya. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), diantaranya pembagian SIUP, dan persyaratan pengajuan SIUP berdasarkan bentuk usahanya. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 55 sd 59). Konfirmasi  Siswa menjelaskan surat-surat yang harus dipersiapkan dalam membuka usaha beserta persyaratan untuk mendapatkannya.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menjelaskan kembali mengenai SITU-HO dan SIUP.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai perizinan usaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai jenis-jenis surat yang digunakan dalam kegiatan usaha/surat niaga. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 59 sd 65). Konfirmasi  Siswa berlatih membuat jenis-jenis surat niaga.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali mambuat surat niaga.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali mengenai surat-menyurat.

Elaborasi  Siswa menyimak penjelasan guru mengenai bukti transaksi intern dan ekstern perusahaan beserta penggunaannya. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 65 sd 67). Konfirmasi  Siswa menyebutkan bukti transaksi barang/jasa perusahaan.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menyebutkan kembali bukti transaksi barang/jasa perusahaan.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi    Siswa diminta mengingat kembali mengenai pencatatan transaksi barang/jasa.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai penyusunan laporan keuangan, diantaranya laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai analisa aspek keuangan perusahaan berdasarkan laporan keuangannya. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 68 sd 72). Konfirmasi   Siswa berlatih menyusun laporan keuangan. Siswa berlatih menganalisis keuangan suatu usaha berdasarkan laporan keuangannya.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menyusun laporan keuangan.

Pertemuan Ke-5 Pembuka Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai pencatatan transaksi keuangan.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai jenis-jenis pajak yang berlaku di Indonesia.

Siswa menyimak penjelasan guru mengenai penghitungan tarif pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai (PPN).(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 72 sd 78).

Konfirmasi    Siswa menyebutkan jenis-jenis pajak di Indonesia. Siswa berlatih menghitung tarif pajak untuk wajib pajak perorangan dalam satu tahun dan wajib pajak badan (PPH pasal 25). Siswa berlatih menghitung pajak pertambahan nilai (PPN).

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menghitung tarif pajak untuk wajib pajak, dan PPN.

Pertemuan Ke-6 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai aspek administrasi usaha dalam pengelolaan usaha.

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek. Konfirmasi  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup  Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha.

E. Sumber Belajar Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro, hal 53 sd 82. Profil organisasi usaha Objek nyata/riil (tempat usaha/perusahaan, pameran dll). Contoh format-format pendirian dan perijinan usaha. Contoh macam-macam surat. Panduan penghitungan pajak.

F. Penilaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian

c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG

Salah satu aspek administrasi dalam kegiatan berwirausaha adalah . . . a. b. c. proses produksi kegiatan promosi pencatatan transaksi barang/jasa d. pelelangan barang e. pembukaan tender usaha

- Contoh tes uraian Sebutkan persyaratan yang harus dipenuhi dalam memperoleh Surat Izin Gangguan dan Surat Izin Usaha.

Kendari, Kordinator Normatif/Adaptif

Juli 2012

Guru Mata Pelajaran

Siti Hasmah, S.Pd NIP. 19660911 198812 2 002

Elisabeth, S.Pd NIP. 19791227 200801 2 013

Mengetahui, Kepala sekolah

Drs. Susi Husen NIP. 19630317 198702 1 008

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

:SMK NEG 4 KENDARI : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : XI (sebelas) / 2 Program Alokasi Waktu : Semua Program Keahlian : 10 Jam × 45 Menit (5 Pertemuan)

Standar Kompetensi 3. Merencanakan usaha kecil/mikro

Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi 2. 3. 4. 5. 6. 7. Menjelaskan tentang seni menjual Menjelaskan cara menetapkan harga jual. Menganalisis kepuasan pelanggan. Menjelaskan cara melakukan promosi. Menjelaskan cara melakukan negosiasi. Menjelaskan tentang saluran dan jaringan distribusi.

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. Memahami pentingnya dan manfaat tenaga penjual (sales person). Menetapkan harga jual suatu produk berdasarkan harga pasar (market based price), biaya (cost based price), dan titik impas (break even point based price) dengan mempertimbangkan jenis biaya yang digunakan dalam proses produksi. 3. 4. 5. 6. 7. Memahami beberapa metode untuk mengetahui kepuasan pelanggan. Menentukan dan merencanakan jenis kegiatan komunikasi yang sesuai dengan (tujuan) perusahaan. Memahami perbedaan distributive negotiation dan integrative negotiation. Melakukan negosiasi dalam proses jual beli. Memahami konsep distribusi serta mampu membedakan konsep saluran distribusi konvensional dengan saluran distribusi pemasaran vertikal.

8.

Melakukan pemasaran produk yang dihasilkan oleh unit usaha/unit produksi sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP.

B. Materi Pembelajaran       Memahami seni menjual Menetapkan harga jual Menganalisis kepuasan pelanggan Promosi Negosiasi Saluran dan jaringan distribusi

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Pertemuan Ke-1 Kegiatan Inti Eksplorasi      Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pentingnya serta manfaat tenaga penjual. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai beberapa hal yang diperlukan untuk mendapatkan kualitas yang baik dari produk dan bisnis. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga jual. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tiga cara menentukan harga jual, antara lain berdasarkan harga pasar, biaya, dan berdasarkan titik impasnya. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 85 sd 89). Konfirmasi  Siswa berlatih menentukan harga jual berdasarkan harga pasar, biaya, dan titik impasnya.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menentukan harga jual berdasarkan harga pasar, biaya, dan titik impasnya.

Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi    Siswa diminta mengingat kembali mengenai memahami seni menjual dan menetapkan harga jual.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Siswa menyimak penjelasan guru jenis-jenis kegiatan promosi (bauran promosi). (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 90 sd 93). Konfirmasi    Siswa berlatih menganalisis tingkat kepuasan pelanggan. Siswa menyebutkan jenis-jensi kegiatan promosi. Siswa berlatih merencanakan kegiatan promosi yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menganalisis tingkat kepuasan pelanggan, dan merencanakan kegiatan promosi.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi    Siswa diminta mengingat kembali mengenai analisis kepuasan pelanggan dan promosi.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai dua tipe negosiasi yang sering digunakan penjual (distributive negotiation dan integrative negotiation). Siswa menyimak penjelasan guru mengenai beberapa taktik strategis dalam negosiasi.(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 94 sd 96). Konfirmasi   Siswa menjelaskan perbedaan distributive negotiation dan integrative negotiation. Siswa berlatih melakukan negosiasi dalam proses jual-beli.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali bernegosiasi dalam proses jual-beli.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi    Siswa mengingat kembali materi mengenai negosiasi.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai jenis saluran distribusi. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai saluran distribusi konvensional dan sistem pemasaran vertikal, serta tanggung (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 97 sd 98). Konfirmasi  Siswa menjelaskan perbedaan saluran distribusi konvensional dan sistem pemasaran vertikal.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menjelaskan kembali konsep saluran dan jaringan distribusi.

Pertemuan Ke-6 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa mengingat kembali materi mengenai aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha.

Elaborasi

  

Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.

Konfirmasi  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup  Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu aspek permodalan dan pembiayaan usaha dalam pengelolaan usaha.

E. Sumber Belajar Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro, hal 83 sd 102. Objek nyata/riil. Buku Panduan Pemasaran Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian

c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Pemasaran sebagai proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, merupakan definisi pemasaran menurut . . . . a. b. c. Peter Drucker Philip Kotler Philip Porter d. John Naisbith e. William Chan

- Contoh tes uraian Sebutkan dan jelaskan lima alasan pentingnya tenaga penjual.

Kendari, Kordinator Normatif/Adaptif

Juli 2012

Guru Mata Pelajaran

Siti Hasmah, S.Pd NIP. 19660911 198812 2 002

Elisabeth, S.Pd NIP. 19791227 200801 2 013

Mengetahui, Kepala sekolah

Drs. Susi Husen NIP. 19630317 198702 1 008

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 3. Merencanakan usaha kecil/mikro

Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

Indikator 2. 3. 4. 5. 6. Menjelaskan tentang permodalan dan pembiayaan usaha. Menjelaskan tentang rancangan anggaran biaya. Memahami proyeksi arus kas. Menghitung Break Event Point (BEP). Menghitung NPV (Net Present Value) dan IRR (Internal Rate of Return).

Alokasi Waktu: 12 Jam × 45 Menit (6 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. 3. Memahami lingkup manajemen keuangan. Menjelaskan perbedaan konsep akuntansi dengan manajemen keuangan. Memahami konsep modal, diantaranya macam-macam modal, dan prosedur dalam memperoleh modal usaha (kredit). 4. 5. 6. 7. 8. Menyebutkan jenis-jenis biaya dan modal kerja. Memahami konsep (RAB), dan mampu menyusun RAB suatu kegiatan usaha. Menganalisis kondisi kas/keuangan suatu usaha berdasarkan laporan arus kas. Mengetahui BEP melalui perhitungan secara kuantitatif dan menggambarkan kurva BEP dengan tepat. Memahami dan menghitung NPV dan IRR dengan tepat untuk menghitung nilai uang pada suatu waktu tertentu dan menganalisis kelayakan suatu investasi usaha.

9.

Menyusun RAB, menghitung arus kas, dan BEP pada kegiatan usaha di sekolah (produk unit usaha/unit produksi sekolah).

B. Materi Pembelajaran Memahami permodalan dan pembiayaan usaha Memahami Rencana Anggaran Biaya (RAB) Memahami proyeksi arus kas Menghitung Break even point (BEP) Menghitung Net Present Value (NPV) dan Internal Rate of Return (IRR)

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Pertemuan Ke-1 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya mengelola aspek keuangan (manajemen keuangan) pada kegiatan usaha. Elaborasi   Siswa menyimak penjelasan guru mengenai permodalan usaha, termasuk diantaranya macam-macam modal dan petunjuk teknis dalam memperoleh modal usaha (kredit). Siswa menyimak penjelasan guru mengenai biaya dan modal kerja yang diperlukan dalam pembiayaan usaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 105 sd 111). Konfirmasi    Siswa menyebutkan macam-macam modal. Siswa menjelaskan prosedur memperoleh kredit investasi kecil dan/atau kredit modal kerja permanen. Siswa menyebutkan jenis-jenis biaya dan modal kerja.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta menyebutkan kembali macam-macam modal, jenis-jenis biaya dan modal kerja.

Pertemuan Ke-2 Pembuka Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai permodalan dan pembiayaan usaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Rencana Anggaran Biaya (RAB). (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 112). Konfirmasi   Siswa menyebutkan unsur-unsur dalam penyusunan RAB. Siswa berlatih menyusun RAB.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menyusun RAB.

Pertemuan Ke-3 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pentingnya memahami proyeksi arus kas. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 112 sd 114). Konfirmasi   Siswa menjelaskan pentingnya posisi arus kas kegiatan usaha. Siswa berlatih menganalisis keadaan keuangan suatu usaha berdasarkan laporan arus kas.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menganalisis keadaan keuangan suatu usaha berdasarkan laporan arus kas.

Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai proyeksi arus kas.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai penghitungan titik pulang pokok/Break Even Point (BEP) dalam mengetahui laba/kerugian yang diperoleh usaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 114 sd 116). Konfirmasi    Siswa berlatih menghitung BEP suatu usaha. Siswa berlatih menggambarkan kurva BEP berdasarkan hasil perhitungan. Siswa menjelaskan pendapatan usaha berdasarkan perhitungan BEP.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menghitung BEP dan menggambarkan kurvanya.

Pertemuan Ke-5 Kegiatan Inti Eksplorasi  Siswa diminta mengingat kembali mengenai Break Even Point (BEP)

Elaborasi    Siswa menyimak penjelasan guru mengenai penghitungan Net Present Value (NPV) untuk menentukan nilai uang pada periode tertentu. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai penghitungan Internal Rate Return (IRR) dalam menganalisis layak tidaknya suatu investasi usaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 116 sd 121). Konfirmasi   Siswa berlatih menghitung NPV. Siswa berlatih IRR.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih kembali menghitung NPV, dan IRR.

Pertemuan Ke-6 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai aspek permodalan dan pembiayaan usaha dalam pengelolaan usaha.

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek. Konfirmasi  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup  Siswa diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu proposal usaha.

E. Sumber Belajar Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro, hal 103 sd 124. Objek nyata/riil. Buku Panduan Pemasaran Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri).

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian

c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Modal usaha biasanya berupa . . . . a. b. c. uang harta benda alat-alat d. barang-barang e. semua benar

- Contoh tes uraian Sebutkan lima ruang lingkup manajemen keuangan.

Kendari, Kordinator Normatif/Adaptif

Juli 2012 Guru Mata Pelajaran

Siti Hasmah, S.Pd NIP. 19660911 198812 2 002

Elisabeth, S.Pd NIP. 19791227 200801 2 013

Mengetahui, Kepala sekolah

Drs. Susi Husen NIP. 19630317 198702 1 008

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah Mata Pelajaran

: ............................................ : KEWIRAUSAHAAN

Kelas / Semester : XI (sebelas) / 2 Program : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi 3. Merencanakan usaha kecil/mikro

Kompetensi Dasar 3.3 Menyusun proposal usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi 2. 3. Menjelaskan sistematika penyusunan proposal usaha. Menjelaksan cara membuat proposal usaha.

Alokasi Waktu: 10 Jam × 45 Menit (5 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah KBM siswa diharapkan mampu : 1. 2. Memahami fungsi proposal usaha. Mempertimbangkan beberapa hal dalam penyusunan proposal usaha, dan memahami faktor penunjang isi proposal usaha. 3. Mampu menyusun proposal usaha dengan mempertimbangkan aspek pengelolaan usaha dan sesuai dengan sistematika yang ditetapkan.

B. Materi Pembelajaran Proposal usaha Menyusun proposal usaha

C. Metode Pembelajaran Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas  Berdoa sebelum membuka pelajaran  Memeriksa kehadiran siswa  Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya  Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu  Menegur siswa yang terlambat dengan sopan  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai kewirausahaan

Nilai Karakter Bangsa/Kewirausahaan yang ditanamkan : Mandiri Kreatif Berani mengambil risiko Berorientasi pada tindakan Kepemimpinan Kerja keras Jujur Disiplin Inovatif Tanggung jawab Kerjasama Pantang menyerah Komitmen Realistis Rasa Ingin tahu Komunikatif Motivasi kuat untuk sukses

Pertemuan Ke-1 dan Pertemuan Ke-2 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa dan guru mendiskusikan pentingnya proposal usaha bagi wirausaha dalam memulai usaha baru.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai fungsi proposal bagi wirausaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan proposal usaha. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai faktor-faktor penunjang isi proposal usaha.(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 127 sd 129). Konfirmasi  Siswa menjelaskan arti penting proposal usaha bagi wirausaha.

 

Siswa menyebutkan faktor-faktor penunjang isi proposal usaha.

Kegiatan Penutup Siswa diminta menyebutkan kembali faktor-faktor penunjang isi proposal usaha.

Pertemuan Ke-3 dan Pertemuan Ke-4 Kegiatan Inti Eksplorasi   Siswa diminta mengingat kembali mengenai arti penting proposal usaha bagi wirausaha.

Elaborasi Siswa menyimak penjelasan guru mengenai penyusunan proposal usaha dengan memperhatikan aspek-aspek usaha (produk, permodalan, pemasaran, dll). (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro hal. 129 sd 135). Konfirmasi  Siswa menjelaskan sistematika/draft proposal usaha.

Kegiatan Penutup  Siswa diminta berlatih menyusun proposal usaha sesuai sistematika yang telah ditetapkan.

Pertemuan Ke-5 Kegiatan Inti Eksplorasi     Siswa mengingat kembali materi mengenai proposal usaha

Elaborasi Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek. Konfirmasi  Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Kegiatan Penutup  Siswa diingatkan untuk mempelajari seluruh materi pada semester 1 dan 2 untuk menghadapi ulangan akhir semester.

E. Sumber Belajar Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI, karangan Hendro, hal 125 sd 136.

-

Produk yang akan dihasilkan Buku panduan penyusunan proposal Buku-buku analisis aspek pendirian usaha Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

F. Penilaian Hasil Belajar a. Teknik Penilaian: Tes tertulis Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

b. Bentuk Instrumen: - PG - Uraian

c. Contoh Instrumen: - Contoh tes PG Hal yang tidak perlu dicantumkan dalam pembuatan proposal usaha adalah . . . . a) pemasaran d. risiko yang dihadapi e. riwayat hidup wirausaha

b) masalah pabrik c) manajemen usaha

- Contoh tes uraian Jelaskan tentang pentingnya proposal usaha bagi wirausaha.

Kendari, Kordinator Normatif/Adaptif

Juli 2012 Guru Mata Pelajaran

Siti Hasmah, S.Pd NIP. 19660911 198812 2 002

Elisabeth, S.Pd NIP. 19791227 200801 2 013

Mengetahui, Kepala sekolah

Drs. Susi Husen NIP. 19630317 198702 1 008

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->