Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Penilaian PKn SD

orang dan objek . Penilaian juga merupakan indikator keberhasilan guru dalam proses pembelajaran (supratiningsih dan Suharja. 2006). Menurut Davies (1981) pengertian penilaian mengacu pada proses yang menetapkan nilai kepada sejumlah tujuan. serta keberhasilan siswa dalam kelas secara keseluruhan. unjuk kerja. proses. kegiatan.Penilaian Penilaian adalah suatu kegiatan untuk membuat keputusan tentang hasil pembelajaran dari masingmasing siswa. keputusan.

Keterandalan (reliability) 3.Syarat-syarat penilaian yang baik Alat penilaian yang baik adalah yang mampu mengukur keberhasilan proses pendidikan secara tepat dan akurat Syarat-syarat penilaian yang baik adalah : 1.Kepraktisan .Kesahihan ( validity) 2.

Mendapatkan informasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menempatkan dan menentukan langkah berikutnya terhadap siswa. 3. Selaku guru. Mengetahui kedudukan siswa dalam kelompok di kelas 2. . kita harus mampu mencari penyebab ketidakberhasilan siswa. Sebagai balikan bagi guru untuk mengetahui ketepatan pemilihan metode dan program yang digunakan. Kita harus mampu menganalisis kendala apa saja yang dialami siswa sehingga ia tidak dapat berhasil secara optimal. Apakah ia termasuk dalam katergori rendah. kita juga harus mau melakukan introsfeksi diri. Selaku pendidik. 4. 7. Pada akhirnya hal ini akan tertulis dan terlihat dari nilia rapor siswa. 5. Apakah pembelajaran yang telah anda lakukan sudah tepat atau belum. ataukah tinggi. kita perlu mengetahui kedudukan prestasi siswa di dalam kelas.Tujuan Penilaian 1. sedang. Mendiagnosa kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran 6. Selaku guru.

Fungsi Penilaian 1.Sebagai bahan diagnosis dan pengembangan 2.Sebagai bahan pertimbangan untuk penempatan .Sebagai bahan seleksi 3.Sebagai bahan pertimbangan kenaikan kelas 4.

Penilaian hendaknya menggunakan prinsip respresentatif 5.Prinsip Penilaian 1. Penilaian hendaknya memiliki prinsip kejelasan 3. Penilaian hendaknya dikerjakan dengan seksama 4. Penilaian hendaknya dilaksanakan dengan menggunakan prinsip terbuka . Penilaian hendaknya memiliki penilaian yang objektif 2.

Perhatikan bahwa petunjuk jawaban latihan hanya digunakan sebagai rambu-rambu dalam menjawab soal. Kerjakan soal-soal latihan yang disediakan. selanjutnya jabarkan jawaban anda sesuai dengan uraian materi yang ada dalam topik yang diajarkan. Buatlah rangkuman materi bahasan dari sejumlah topik bacaan yang dianjurkan. 2.Umpan Balik Tindak Lanjut 1. Bila anda telah menjawab seluruh soal latihan sesuai dengan bacaaan tersebut. 3. . Baca dan pahamilah uraian materi yang ada dalam topik bacaan-bacaan yang dianjurkan. silahkan lanjutkan ke unit berikutnya. 4. catatlah konsep-konsep utama dan kata-kata kunci yang ada dalam bacaaan tersebut.

ATAS PERHATIANNYA KAMI UCAPKAN Terima Kasih .