P. 1
Buku PAI 1

Buku PAI 1

|Views: 1,683|Likes:
Published by Mesenu SAg

More info:

Published by: Mesenu SAg on Feb 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/08/2014

pdf

text

original

MANUSIA DAN TUGASNYA A. Quran surat Al Baqarah (2): 30 Tentang Manusia sebagai Khalifah 1. Bacalah QS.

Al Baqarah (2): 30 dengan tartil sesuai dengan ilmu Tajwid                                 1. Penjelasan Tajwid Lafal Hukum membacanya Alasan Bacaan qaala fathah pada huruf qaf Mad tabi’i panjang dua harakat bertemu alif mati Mad jaiz muttasil Ikhfa’ Idgam bigunnah Mad jaiz munfasil lilmalaaaaaikati panjang 5 harakat jaa’ilun fi dibaca samar May nun sukun tidak dibaca Inniiiii a’lamu panjang 5 harakat setelah mad ada hamzah dalam satu lafal tanwin dhummah bertemu dengan fa nun mati bertemu ya setelah mad ada hamzah tidak dalam satu lafal

 Kegiatan Siswa Lafal Pernyataan Fathah mengadap alif yang mati Setelah Mad ada hamzah dalam satu lafal Tanwin fathah menghadap qaf Kasroh menghadap ya sukun Huruf nun disyiddah ( ditasydid)

Hukum bacaan ........ ..... ...... ...... ...

Cara membacanya ......... ......... ...... ...... .....

1

2.

Terjemahan Per-kata

sesungguhnya Aku

kepada para malaikat

Tuhanmu

berfirman

dan tatkala

mereka berkata

khalifah

bumi

di

menjadikan

dan menumpahkan

di dalamnya

orang yang akan merusak

di dalamnya ( bumi)

mengapa Engkau akan menjadikan

dan kami mensucikan Engkau

dengan memuji Engkau

kami bertasbih

dan kami

darah

kalian ketahui

apa yang tidak

Aku lebih mengetahui

Sungguhnya Aku

Dia berfirman

3. Terjemahan ayat Terjemahan Q.S. Al Baqarah, 2: 30. adalah : Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirkan kepada para Malaikat, “ Aku hendak menjadikan khalifah*) di bumi “ Mereka berkata, “ Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “ Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui” *) Khalifah bermakna pengganti, pemimpin atau penguasa 4. Kandungan Ayat Kandungan Al-Qur’an Surat Al Baqarah ayat 30 adalah : o Allah mengabarkan kepada Malaikat tentang rencananya menciptakan makhluk yang dinamakan manusia menjadi khalifah di bumi. o Para Malaikat ingin mengetahui secara pasti dengan mengajukan pertanyaan “ Apakah Allah akan menciptakan makhluk di bumi yang akan berbuat kerusakan dan pertumpahan darah?” Padahal mereka ( para Malaikat ) merupakan makhluk yang senantiasa bertasbih, menyucikan Allah, mentaati perintah-Nya dan tidak mendurhakai-Nya.

2

o Ketidak tahuan para Malaikat dan kekhawatirannya setelah mendapatkan penjelasan dari Allah, bahwa Allah lebih mengetahui dari apa yang telah di ketahui para Malaikat.

5.

Penjelasan : Qur’an surat Al Baqarah adalah surat yang ke 2 terdiri atas 286 ayat diturunkan di Madinah yang sebagian besar diturunkan pada permulaan tahun Hijriyah, kecuali ayat ke 281 diturunkan di Mina pada Hajji Wada’ (Haji Nabi Muhammad yang terakhir). Surat Al Baqarah termasuk golongan ayat-ayat Madaniyyah, merupakan surat yang terpanjang diantara surat-surat yang ada dalam Al Qur’an, dan di dalamnya terdapat pula ayat yang paling panjang yaitu ayat yang ke 282. Dinamakan “Al Baqarah” yang berarti “ sapi betina” karena di dalamnya disebutkan kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Isra’il (lihat ayat yang ke 67 s/d 74), dimana dijelaskan bagaimana watak orang Yahudi pada umumnya Pada ayat ke 30 dalam surat ini menjelaskan kedudukan manusia sebagai khalifah di muka bumi yaitu manusia diberi tugas untuk memelihara dan melestarikan alam, menggali, mengelola, dan mengolah kekayaan alam untuk dimanfaatkan demi kesejahteraan segenap manusia dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. Untuk mewujudkan tugas yang mulia tersebut, manusia selama hidup di dunia diwajibkan meningkatkan kemampuannya baik fisik maupun rohaninya kearah yang lebih maju baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun teknologi. Dalam menjalankan tugas hidupnya manusia diharuskan menjauhi sifat-sifat yang buruk yang menjadi penyebab kerusakan tata hubungan antara manusia seperti pertumpahan darah maupun kerusakan alam. Oleh karena itu senantiasa manusia dianjurkan selalu ingat kepada Allah dengan berzikir, bertasbih, dan selalu menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjahui segala larangan-larangan-Nya. a. Terjemahnya “ Ingatlah ketika Tuhan-Mu berfirman kepada para malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Tuhan berfirman: “ Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.

b.

Isi kandungan QS. Al Baqarah (2) : 30 Dalam ayat ini Al-Quran menceritakan tentang penciptaan Adam as. Yang mendapat tugas sebagai kholifah dari Allah swt. Manusia bukan hasil kemajuan perkembangan dari asal jenis hewan, melainkan sejak semula ia dijadikan dari jenis (dzarrah) hayat yang mandiri, terpisah dari jenis hayat makhluk lain (QS. Nuh (71):13-18). Sebagai Kholifah dituntut adanya interaksi antar sesama dan alam sekitar sesuai petunjuk Ilahi yang tertera dalam wahyunya. Perhatikan QS. Az Zukhruf (42):32. Suasana dialog tercipta antara Allah swt dengan malaikat karena adanya perbedaan persepsi dan sudut pandang, sehingga terkesan terkesan seolah-olah makhluk ( manusia) yang akan diciptakan sudah dikenal atau diketahui tabiatnya oleh malaikat. Keberatan yang disampaikan malaikat memberi pelajaran yang berharga bahwa, manusia yang bertugas sebagai kholifah ada yang berhasil memerankan (QS. Al-Jin (72):16 dan QS. AlFath (48):29 dan ada pula yang gagal (QS. Thaha (20):117-119.

3

Adapun pertanyaan yang di ajukan malaikat tentang keberatan atasterciptanya manusia, bukan berdasarkan iri hati atau menentang kehendak Allah swt. Namun sekedar menginginkan penjelasan dari hikmat ketuhanan yang masih belum diketahui sehubungan dengan penciptaan Adam as. Sebab tidak mungkin malaikat menentang Allah swt.

c. Perilaku yang mencerminkan QS. Al Baqarah (2): 30 1. Ide dan gagasan harus disampaikan dan disosialisasikan terlebih dahulu, kemudian disaring
dari beragam pandangan , lalu diambil kesimpulan yang membawa maslahat bersama. 2. Menghindari sikap yang diktator dalam mengelola setiap bentuk kepemimpinan, meski ia berada diatas angin kemenangan dan berpijak dijalan yang benar. 3. Mengisi hidup dengan benar, karena setiap muslim memiliki peran dimuka bumi, yaitu sebagai khalifah. Namun peran ini harus sejalan dengan kedudukannya sebagai hamba Allah. 4. Tetap berperilaku sebagai manusia yang memiliki jasmani dan Rahani, tarikan positif berhadapan dengan negatif. Jangan terlalu menjulang sehingga menyamai malaikat, begitu pula dihindari perilaku yang beakibat meluncur kebawah sehingga menjadi dibawah binatang. B. QS. Adzariyat (51) : 56 Tentang Tujua Hidup Manusia Bacalah ayat berikut sesuai dengan kaidah ilmu tajwit            Cara membaca wamaa dibaca panjang 2 harakat khalaqqtu huruf Qaf diba-ca memantul aljinna hurul al dibaca jelas walinssi liya’buduun dibaca panjang 2,4 atau 5 harakat Alasan fathah pada huruf mim berte-mu alif mati qaf bertanda sukun huruf al berha-dapan dengan huruf jim Huruf nun menghadap sin sukun

o

 Penjelasan Tajwid Lafal Hukum Bacaan Mad tabi’i qalqalah al qamariyah Ikhfa’ Mad arid lissukun

dummah pada huruf dal meng-hadap wau mati dan huruf nun yang diwaqafkan

1.

Terjemahan Per-kata

supaya mereka menyembahKu

melainkan

dan manusia

jin

Aku menciptakan

dan tidak

4

merupakan surat yang terpanjang diantara surat-surat yang ada dalam Al Qur’an. dan selalu menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjahui segala larangan-larangan-Nya. Maksudnya agar mentaati semua perintah-Nya dan menjahui segala larangan-nya. Oleh karena itu senantiasa manusia dianjurkan selalu ingat kepada Allah dengan berzikir. seperti salat. 5 .S. Al Mukminun. patuh. Allah SWT menciptakan jin dan manusia agar beribadah kepada-Nya. Sedangkan ibadah ghoiru mahdhah adalah bentuk ibadah yang berupa aktivitas manusia yang baik dengan niat mencari ridlo Allah. manusia selama hidup di dunia diwajibkan meningkatkan kemampuannya baik fisik maupun rohaninya kearah yang lebih maju baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun teknologi. o Menurut pengertian bahasa kata ibadah berarti : taat. Dinamakan “Al Baqarah” yang berarti “ sapi betina” karena di dalamnya disebutkan kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Isra’il (lihat ayat yang ke 67 s/d 74).2. o o 4. Penjelaasan Qur’an surat Al Baqarah adalah surat yang ke 2 terdiri atas 286 ayat diturunkan di Madinah yang sebagian besar diturunkan pada permulaan tahun Hijriyah. sillaturrahmi dan lain-lain. bertasbih. maksudnya agar taat dan patuh segala perintah-perintah-Nya. 51 : 56 adalah tentang pemberitahuan dari Allah SWT bahwa maksud dan tujuan diciptakan makhluk berupa jin dan manusia ialah agar mereka beribadah kepada-Nya. seperti bekerja. puasa. Kandungan ayat Kandungan Al Qur’an Surah Az-Zariyat. mengelola. B. Q. menggali. o Pengertian ibadah dapat dibedakan ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdha. Az Zariyat. dan menjauhi semua larangan-larangan-Nya. haji dan lain-lain. Terjemahan ayat Terjemahan Q. 51 : 56 adalah : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepadaKu.fasih. Kemudian salin kembali ayat-ayatnya dengan benar dan baik. kecuali ayat ke 281 diturunkan di Mina pada Hajji Wada’ (Haji Nabi Muhammad yang terakhir). dan menurut. 3. tunduk. Ibadah mahdhah adalah bentuk ibadah yang berhubungan antara manusia dengan Allah. Untuk mewujudkan tugas yang mulia tersebut. Surat Al Baqarah termasuk golongan ayat-ayat Madaniyyah. dimana dijelaskan bagaimana watak orang Yahudi pada umumnya Pada ayat ke 30 dalam surat ini menjelaskan kedudukan manusia sebagai khalifah di muka bumi yaitu manusia diberi tugas untuk memelihara dan melestarikan alam. Dalam menjalankan tugas hidupnya manusia diharuskan menjauhi sifat-sifat yang buruk yang menjadi penyebab kerusakan tata hubungan antara manusia seperti pertumpahan darah maupun kerusakan alam. dan mengolah kekayaan alam untuk dimanfaatkan demi kesejahteraan segenap manusia dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. 23 : 12-14 Tentang Asal Kejadian Manusia Bacalah ayat berikut dengan tartil.S. belajar. dan di dalamnya terdapat pula ayat yang paling panjang yaitu ayat yang ke 282.

.. Terjemahan Per-kata Cara membaca walaqadd huruf dal dibaca memantul minssulalatin nun mati dibaca samar Summa mim bertasydid dibaca dengung qaraarimm dibaca terpadu dengan mim Alasan huruf dal ditan-da sukun huruf nun mati bertemu sin mim bersyiddah tanwin kasroh menghadap mim Khalqan akhara Tanwin fatkhah Tanwin fatkhah menghadap dibaca jelas hamzah Hukum bacaan .. ... . .. ...... .... ...... Dari tanah Dari saripati manusia Kami telah menciptakan Dan sungguh 6 .... . Cara membacanya .. ........Penjelasan Tajwid Lafal Hukum Bacaan qalqalah Ikhfa’ gunnah Idgham bigunnah Izhar  Kegiatan Siswa Lafal Pernyataan Qaf disukun ( mati) Nun sukun menghadap tha Fathah berdiri pada huruf nun Nun sukun bertemu sin Tanwin kasroh menghadap mim 1.....

Terjemahan ayat Terjemahan Q. o Informasi dari Allah SWT tentang proses kejadian manusia ketika masih ada dalam kandungan. lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Al Mukminun. Maha suci Allah. 5. Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Kandungan Ayat Kandungan Al-Qur’an Surat Al Mukminun ayat 12 – 14 adalah : o Penegasan Allah bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan-Nya yang asal kejadiannya dari tanah. 2. yang kemudian ditumpahkan kedalam qarar ( rahim atau kandungan). Kemudian Allah SWT menjadikannya sebagai makhluk lain yaitu manusia dengan segenap anggota-anggotanya. air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat. 23 : 12-14 adalah : Dan sungguh. Allah SWT merubah nutfah menjadi alaqah yang berbentuk gumpalan darah menyerupai buah lecis atau lintah. Pencipta yang paling baik. Proses kejadian manusia ketika masih dalam kandungan sebagai berikut : 1.Yang kuat/kokoh dalam tempat Air mani Kami jadikannya kemudian segumpal darah itu lalu Kami ciptakan segumpal darah air mani (sperma ) kemudian Kami ciptakan lalu Kami bungkus tulang belulang segumpal daging itu lalu Kami ciptakan segumpal daging Maha suci Allah makhluk lain kemudian Kami jadikan dengan daging tulang itu Pencipta paling baik 2. Dari alaqah Allah SWT menjadikannya sebagai mudgah yaitu segumpal daging menyerupai daging yang telah hancur berkas dikunyah. dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang. 4.S. Kemudian. Kemudian. Kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal ) dari tanah. 4. Penjelasan : 7 . Kemudian Kami menjadikannya air mani ( yang disimpan) dalam tempat yang kokoh ( rahim). Dari mudgah Allah SWT menjadikannya sebagai idzam yaitu tulang belulang yang menjadi rangka. Allah SWT menjadikan saripati tanah yang terdapat dalam tubuh manusia sebagai nutfah ( spermatozoa). 3. 3. lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging.

Gambar perkembangan janin dalam kandungan C.Qur’an surat Al Mukminun adalah surat yang ke 23 yang terdiri atas 118 ayat.fasih. mereka telah mendengarkan pesan-pesan yang diberikan melalui ibunya. Dalam perkembangan organ bayi bahwa pendengaran itu lebih dahulu berfungsi dari pada mata. 5. dan hati nurani. Berdasarkan penelitian yang ilmiah di bidang kedokteran ditemukan bahwa otak manusia terdiri dari beberapa kepingan. Kemudian salin kembali ayat-ayatnya dengan benar dan baik. Demikian tingginya sifat-sifat itu. Penjelasan Tajwid Lafal Hukum Bacaan Mad tabi’i qalqalah al qamariyah Ikhfa’ Cara membaca wamaa dibaca panjang 2 harakat khalaqqtu huruf Qaf diba-ca memantul aljinna hurul al dibaca jelas walinssi Alasan fathah pada huruf mim berte-mu alif mati qaf bertanda sukun huruf al berha-dapan dengan huruf jim Huruf nun menghadap sin sukun 8 . Kepingan-kepingan itu mengalami perkembangan menuju kesempurnaan sesuai dengan derap perkembangan manusia sejak lahir sampai tua. QS. dahi. Dengan tiga hal tersebut manusia akan menjadi makhluk yang paling sempurna. Dalam ilmu Embriologi janin ketika masih ada di rahim ibunya. Bagaimana menurut pandangan ilmu kedokteran tentang proses kejadian manusia itu? Allah memberikan anugrah kepada manusia sejak lahir tiga hal. Kemudian barulah mata itu berfungsi ketika bayi itu telah lahir di dunia. yaitu pendengaran. penglihatan.a. Menurut para ulama bahwa pendengaran merupakan alat untuk mendengar seruan di dunia dan akherat. yaitu keping otak bagian depan. pelipis. sehingga bayi itu dapat melihat apaapa yang ada di sekelilingnya.w. Barulah pada perkembangan berikutnya bayi itu bisa berfungsi hati nuraninya yang terdiri dari otak dan hatinya. tergolong surat-surat Makkiyah. dan belakang. Kepingan-kepingan itu menjadi pusat berbagai macam indra manusia. Dinamai “Al Mukminun” karena permulaan surat ini menerangkan bagaimana seharusnya sifat-sifat orang yang mukmin yang menyebabkan keberuntungan mereka di akherat dan ketentraman jiwa mereka di dunia.Adz dzariyat: 56 Tentang Tujuan hidup manusia Bacaan dan Penjelasan Tajwid Bacalah ayat berikut dengan tartil. hingga ia telah menjadi pengikut bagi Nabi Muhammad s.

.fasih...4 atau 5 harakat dummah pada huruf dal meng-hadap wau mati dan huruf nun yang diwaqafkan 1............ . Cara membaca .. .. ... ....Mad arid lissukun liya’buduun dibaca panjang 2...  Lafal Penjelasan Tajwid Hukum Bacaan Tafkhim Idgham silain Iqlab Izhar syafawi mutamasCara membaca wallohu huru lam dibaca tebal Akhrajakummin Mimmbutuuni Nun mati berubah suara mim ummahaatikum laa menyuarakan mim dengan jelas Assam’a hurul lam mati tidak dibaca Syai-an Alasan Lam jalalah didahului harakat fatkhah Huruf mim menghadap mim Nun mati menghadap huruf ba Mim mati huruf lam Huruf al dengan sin bertemu bertemu Al syamsyiyah Mad layyin  Kegiatan Siswa Lafal Pernyataan alif lam ( al ) menghadap hamzah Tanwin fathah menghadap wau alif lam menghadap hamzah ‫ﺖ‬ Mim sukun menghadap ta’ Mad menghadap nun Mad ya berada setelah fatkhah Hukum Bacaan ... .. perhatikanlah adab dan sopan santun ketika membaca Al Qur’an. 9 .... .. Bacaan dan Penjelasan Tajwid  Bacalah ayat berikut dengan tartil...

An Nahl.. 4. o Agar manusia sadar bahwa kesempurnaan fisik dan panca indera yang dimilikinya itu dapat dipergunakan untuk mengabdi kepada Allah SWT. penglihatan dan hati nurani. 10 .. dan hati ( qalbu) sebagai alat untuk memperoleh ilmu pengetahuan. 16 : 78 adalah : Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun. Sedang Al Qur’an mengandung inti sari dari kitab-kitab yang pernah diturunkan Allah kepada nabi-nabi terdahulu dengan ajaran-ajaran yang diperlukan oleh semua bangsa sepanjang masa untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akherat ( lihat ayat 10 ). 1. Terjemahan Per-kata tidak ibu-ibu kalian dari perutperut mengeluarkan kalian dan Allah pendengaran bagi kalian dan Dia jadikan sesuatu kalian mengetahui (kalian) bersyukur 2. Lebah adalah makhluk Allah yang banyak memberi manfaat dan kenikmatan kepada manusia. termasuk golongan surat Makiyyah. dan Dia memberimu pendengaran. sehingga mereka mau bersyukur kepada-Nya. dan orang tua kita. agar kamu bersyukur. 3. agar kalian dan hati / akal dan penglihatan Terjemahan ayat Terjemahan Q. dan kondisinya sangat lemah sehingga membutuhkan orang lain untuk menolongnya seperti dokter. Penjelasan Surat An Nahl terdiri atas 128 ayat. Pada Q. Dinamakan “ An Nahl “ yang berarti “ lebah “ seperti dinyatakan dalam surat ini ayat 68 yang artinya “ Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah “... An Nahl : 78 diterangkan bahwa manusia ketika dilahirkan pertama kali awalnya tidak mengerti apa-apa. penglihatan.S. Madu berasal dari bermacam-macam sari bunga dan bisa menjadi obat bermacammacam penyakit manusia ( lihat ayat 69). Ada persamaan antara madu yang dihasilkan oleh lebah dan Al Qur’anul Karim. perawat. . bidan. Pada ayat tersebut Allah menegaskan bahwa sejak manusia lahir telah dibekali tiga kemampuan dasar.. o Kemudian Allah SWT memberi manusia pendengaran..S... Kandungan ayat o Allah SWT memberitahukan kepada manusia bahwa setiap manusia itu dilahirkan dari perut ibunya dalam keadaan tidak berilmu pengetahuan.yang diwakafkan .

dan melestarikannya 3 Kita sebagai seorang muslim …… …… ….  Coba identifikasi fungsi indra pendengaran. Aspek Afektif Isilah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia INTERNALISASI AKHLAK MULIA tidak tidak No Pernyataan setuju setuju tahu 1 Membaca Al Qur'an hendaknya …… …… …. KEGIATAN SISWA  Coba sebutkan contoh-contoh perbuatan manusia yang mengakibatkan pertumpahan darah . Memegang teguh adab dan sopan santun membacanya. dan merasa melalui hati. RANGKUMAN ♦ Surah Al Baqarah ayat 30 menjelaskan tentang pemberitahuan Allah kepada malaikat bahwa Allah SWT akan menciptakan Adam ( manusia ) sebagai kholifah di muka bumi. khalifah di bumi adalah meman faatkan. alasan …… …… …… 11 . Para malaikat khawatir bahwa dijadikannya manusia sebagai khalifah akan merusak bumi dan mereka saling membunuh. Kekhawatiran malaikat itu hilang setelah ada penjelasan dari Allah. dan hati nurani.. ♦ Surah Az-Zariyat ayat 56.yaitu pendengaran. Oleh karena itu manusia diharapkan sadar akan nikmat-nikmat itu agar mereka mau bersyukur kepada-Nya. ♦ Surat An Nahl ayat 78. Bagaimanakah kamu mensyukurinya?  Coba renungkan perintah-perintah Allah SWT yang sudah dapat kamu kerjakan. 2 Kedudukan manusia sebagai …… …… …. UJI KOMPETENSI a. bahwa Allah SWT memberitahukan bahwa maksud dan tujuan dijadikan manusia itu adalah untuk beribadah kepada-Nya dengan cara mentaati perintah-perintah-Nya dan meninggalkan segala yang dilarang-Nya. Ketiga bekal tersebut agar manusia dapat mengembangkan sesuai dengan petunjuk Allah dalam Al Qur’an sehingga akan dapat menjadi manusia yang sempurna yang dapat mengemban tugas sebagai khalifah di bumi dengan baik. mendengar melalui telinga. Kemudian proses perkembangan selanjutnya dijadikannya melalui fase demi fase dalam rahim ibu. membaca melalui penglihatan.. ♦ Surah Al Mukminun ayat 12-14 berisi tentang asal kejadian manusia bahwa dijadikannya manusia itu berasal dari saripati tanah. bahwa Allah telah memberi karunia kepada manusia yang sangat mahal. akal dan kalbu. penglihatan. yaitu panca indera. Manusia akan menjadi beriman dan berilmu ketika mereka bisa belajar melalui tiga bekal tersebut sehingga dapat menangkap informasi-informasi di luar dirinya untuk dapat dikembangkan yaitu. penglihatan..

…… ……. memanfaatkan alam untuk kepentingan manusia 5. adapun yang tidak termasuk didalamnya adalah… 12 . qalqalah d. dia menumpahkan darah di dalamnya e. mad 2.51:56 adalah sebagai… a.. memelihara alam sebagai anugrah Allah 2. orang yang akan membuat kerusakan di bumi d. ikhfa’ e.d. mengam bil kekayaan alam meskipun dengan cara merusak 4. Az Zariyat. mengapa Engkau menjadikan (khalifah) di bumi c. Al Baqarah. di dalam bumi manusia saling membunuhnya b. 1. …… ……. Hal-hal berikut adalah tugas manusia sebagai khalifah dibumi. beribada h dan beramal dengan ikhlas c. Lafal a. i. tidak saling bunuh membunuh b. menjauh kan diri dari durhaka kepada kedua orang tua. Berikut ini adalah ibadah yang hukumnya fardlu ain. menggali kekayaan alam untuk kesejahteraan manusia 4. a.S.c.b. izhar b. ……. ikhfa’ ada nun sukun menghadap ya adalah bacaan… c.. Sikap dan perilaku yang mencerminkan pengamalan Q. mengaku i manusia dilahirkan pada awalnya tidak mengetahui apa-apa e. Sesungguhnya Aku akan menjadikan pemimpin di muka bumi. atau e. Adapun yang tidak termasuk didalamnya adalah…. b. Aspek Kognitif Soal pilihan ganda Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara menyilang (X) pada huruf a. menyada ri manusia diciptakan dari segumpal darah d.S.4 5 harus menyadari bahwa asal kejadian manusia dari saripati tanah Proses kejadian manusia yang diterangkan dalam Al Qur’an sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan Ibadah yang berkualitas dan bermakna adalah ibadah yang dilaksanakan dengan penuh keikhlasan …… …… …. memelihara alam jangan sampai rusak 3. 1. Lafal dalam Q. 3. 5. 2:30 artinya adalah….

(3). syafawi b. (5) 2). tarowih 6. puasa salat e. (4) d. kematiannya c. idgham bigunnah idgham e. hati / akal kamu Dialah 8. Lafal a. (1). tulang belulang b. 23: 14 artinya adalah… a. penglihatanmu c. Putus asa ketika cita-citanya tidak tercapai. asal kejadiannya d. An Nahl. (1). (2). tugas dan tanggung jawabnya b. jenisnya e. 16: 78 adalah… a.S. Mengucapkan hamdalah ketika memperoleh nikmat (2). mutamassilain c. spermato zoa d. segumpal darah e. janin / bayi c. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut: (1). segumpal daging Makhluk Allah antara malaikat dengan manusia yang menjadi persamaannya adalah… a. alam kehidupannya Lafal dalam Q. (4). mengetahui apa-apa b. terdapat mim sukun bertemu dengan mim. perut ibumu dari e. (3). An Nahl. tidak mau berusaha karena sudah kaya (3) Berusaha melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya (4). Perilaku bersyukur kepada Allah sesuai dengan perintah Q. yang menjadikan kamu 9.S.S. bacaan tajwidnya adalah … ikhfa’ d. Soal Uraian Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar 13 . (5) b. (4). Bersabar ketika mendapat musibah (5). (2). waktu b. (4) c. 16: 78 artinya adalah … tidak d. jum’ah c. izhar syafawi iqlab 10. (3) e. lafal yang terdapat dalam Q. salat lima d.a. (1). (2). a. Al Mukminun. haji salat 7. Bermalas-malasan.

Kecakapan apa saja yang dimiliki manusia ketika ia lahir di bumi sebabagai anugrah Allah SWT? IMAM KEPADA ALLAH Standar Kompetensi : 3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. Kemukakan fase-fase perkembangan kejadian manusia dalam kandungan menurut Al Qur’an Surat Al Mukminun 12-14 ! 3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul husna Kompetensi Dasar : 3. 3.S. Mengapa para malaikat mempertanyakan rencana Allah SWT menjadikan manusia sebagai khalifah di bumi? 2. S An Nahl ayat 78 ! 5.3 Menampilkan perilaku yang menceminkan keimanan terhap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna 14 . serta bacaan mad thabi’I yang terdapat pada Q.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna 3.1. Tulislah lafal-lafal hukum bacaan yang berkaitan dengan nun mati dan tanwin. 4. Al Baqarah : 30 ! Kemukakan kandungan Q.

memahami. serta meneladani sifat-sifat Allah swt.Bacalah ayat-ayat berikut dengan tartil dan renungkanlah maknanya serta perhatikan adab dan sopan santun membaca Al Qur’an. Iman kepada Allah merupakan rukun iman yang pertama sekaligus sebagai pondasi dari rukun iman yang lain.S. kita harus meyakini. pencipta alam beserta seluruh isinya. Bacalah Al-Qur’an 5-10 menit sebelum memulai pelajaran! 2 Awali pelajaranmu dengan membaca doa belajar! 3. khususnya yang terkandung dalam Asmaul Husna di dalam kehidupan kita. yang tidak pernah merasa lelah. Allah swt. • Q. S. Al Mukminun : 116 IFTITAH . yang tidak 15 . 1.181 • Q. Hayatilah keimanan kepada Allah dan terapkan dalam perilaku sehari-hari! Pernahkah kamu memperhatikan diri dan alam sekitarmu? Siapakah pencipta semua itu? Dialah Allah swt. dan sesama makhluk-Nya! 4. adalah Zat yang Mahakuasa. yang menciptakan alam beserta seluruh isinya sekaligus sebagai penjaga dan pengatur alam jagat ini. Bersikap baiklah kepada Allah swt. Al A’raf : 180 . Oleh karena itu. Dia menciptakan semua itu dengan kehendak dan kuasa-Nya. Al Baqarah 255 • Q.S.

mustahil. dan tidak merasa berat menjaga keduanya. Dia tidak pernah merasa berat menjaga langit dan bumi beserta seluruh isinya. adalah Zat Maha Pencipta dan Pengatur seluruh alam beserta isinya. Hal ini tertera dalam hadis yang menyebutkan tentang Asmaul Husna berbunyi sebagai berikut. memiliki sifat wajib." (HR Ibnu Majah). mustahil. kita selalu dianjurkan untuk menyebut-Nya. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Sesungguhnya Allah Maha ganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil. Hal ini tercermin pada sifat wajib yang 13 dan bila ditambah dengan sifat maknawiyah yang ada 7 buah akan menjadi 20. yang memiliki sifat wajib. yaitu sifat wenang (bebas). Barang siapa menghapalnya (dengan meyakini kebenarannya) ia masuk surga. Allah bebas berbuat sesuai dengan kuasa dan kehendak-Nya atau dengan kata lain. Allah swt. Adapun sifat-sifat wajib dan sifat-sifat mustahil bagi Allah adalah sebagai berikut. dan jaiz sebagai sifat kesempurnaan-Nya. No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Sifat wajib Wujud Qidam Baqa Mukhalafatuhu lil hawadis Qiyamuhu binafsih Wahdaniah Qudrat Iradat I1mu Hayat Sama Basar Kalam Artinya Ada Terdahulu Kekal Berbeda dengan Sifat mustahil Adam Hudus Fana Mumasalatuhu lil Artinya Tidak ada Baru Lenyap Serupa dengan yang baru Berhajat kepada yang lain Berbilang/berjumlah Lemah Terpaksa Bodoh Mati Tuli Buta Bisu yang baru hawadis Berdiri dengan Ihtiyaju bigairih sendiri-Nya Esa Berkuasa Berkehendak Mengetahui Hidup Mendengar Melihat Berfirman Ta’addud Ajzu Karahah Jahlun Maut Summun Umyun Bukmun 16 . Allah boleh berbuat atau tidak berbuat sesuai dengan keinginan-Nya.pernah mengantuk. Asmaul Husna adalah nama-nama yang baik bagi Allah yang jumlahnya adalah 99 nama. Allah swt. tidak pernah tidur. Sebagai orang yang beriman. Artinya. A. Adapun sifat mustahil adalah sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh Allah. Sedangkan sifat jaiz. (‫)رواه ابن ماجه‬ َ ْ ِ ْ ّ ِ ُ َ ٌ ْ ِ َ ّ َِ َ ّ َ ْ َ َ َ َ َ َ َ ْ َ َ ْ ِ َ ْ ِ ْ ِ َ ً َ ْ ِ ّ ّ ِ ‫ان ل تسعة وتسعين اسمامن حفظهادخل الجنة وان ال وتر ويحب الوتر‬ ِ Artinya: Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Dialah Allah swt. Sifat-Sifat Allah SWT. Dia tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tidur. Sifat wajib artinya sifat yang harus dimiliki oleh Allah sebagai sifat kesempurnaan-Nya karena Dia adalah segala-galanya. dan jaiz yang dimiliki-Nya sebagai kesempurnaan-Nya.

Apabila sifat-sifat tersebut ditambah dengan sifat maknawiyah sebanyak tujuh sifat. RISALAH Surah Al lkhlas merupakan sebuah surah dalam Al Quran yang berisi ketegasan dan kesaksian tauhid kepada Allah swt. Konsekuensinya adalah bahwa Allah tidak akan menerima dosa yang bernama syirik atau menyekutukan-Nya dengan sesuatu yang lain. Maksudnya. 17 . maka akan menjadi 20. Rasulullah Saw bersabda. Firman Allah swt. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Sifat Allah dalam Asmaul Husna Selain sifat kesempurnaan Allah swt. yaitu sebagai berikut. No 1 2 3 4 5 6 7 Sifat Maknawiyah Qadiran Muridan Aliman Hayyan Sami'an Basiran Mutakalliman Artinya Mahakuasa Maha Berkehendak Maha Mengetahui Mahahidup Maha Mendengar Maha Melihat Maha Berfirman Selain sifat wajib dan mustahil tersebut. Allah bebas berbuat sesuatu dan bebas pula tidak berbuat sesuatu sesuai dengan kehendak dan kuasa-Nya. Sebagai orang yang beriman." (QS Al A’raf: 180). Artinya: Allah mempunyai Asmaul Husna (nama-nama yang agung sesuai dengan sifat-sifat Allah). Di dalamnya sifat keesaan Allah dan beberapa Asmaul Husna-Nya benarbenar menjadi titik sentral. TUGAS Sebutkan cara menghayati sifat Allah dalam kehidupan pribadimu! Buatlah dalam bentuk tabel! B. Allah juga mempunyai nama-nama baik yang jumlahnya 99. kita dianjurkan untuk selalu menyebut-Nya. sebagaimana telah disebutkan. Allah juga mempunyai sifat jaiz yang artinya boleh (bebas).

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 30 32 33 34 35 36 37 38 39 Asmaul Husna Ar Rahman Ar Rahim Al Malik Al Quddus As Salam Al Mu'min Al Muhaimin Al `Aziz Al Jabbar Al Mutakabbir Al Khaliq Al Bari' Al Musawwir Al Gaffar Al Qahhar Al Wahhab Ar Razzaq Al Fattah Al 'Alim Al Qabid Al Basit Al Khafid Ar Rafi' Al Mu'iz Al Muzill As Sami' Al Basir Al Hakam Al `Adl Al Latif Al Khabir Al Halim Al `Azim Al Gafur Asy Syakur Al `Aliyy Al Kabir Al Hafiz Al Mugit Artinya Maha Pemurah Maha Pengasih Maharaja Mahasuci Mahasejahtera Maha Terpercaya Maha Memelihara Mahaperkasa Kehendaknya Tak Ayat Rujukan (QS Al Fatihah: 3) (QS Al Fatihah: 3) (QS Al Mu'minun: 116) (QS Al Jumuah: 1) (QS Al Hasyr: 23) (QS Al Hasyr: 23) (QS Al Hasyr: 23) (QS Ali Imran: 62) Dapat (QS Al Hasyr: 23) (QS Al Hasyr: 23) (QS Ar Ra'd: 16) (QS Al Hasyr: 24) (QS Al Hasyr: 24) (QS Al Baqarah: 235) (QS Ar Ra'd: 16) (QS Ali Imran: 8) (QS Az Zariyat: 58) (QS Saba: 26) (QS Al Baqarah: 29) (QS Al Baqarah: 245) (QS Ar Ra'd: 35) (HR At Turmuzi) (QS Al An'am: 83) (QS Ali Imran: 26) (QS Ali Imran: 26) (QS Al Isra: 1) (QS Al Hadid: 4) (QS Al Mu'min: 48) (QS AI An'am: 115) (QS Al Mulk: 14) (QS Al An'am: 18) (QS Al Baqarah: 235) (QS Asy Syura: 4) (QS Ali lmran: 89) (QS Fatir: 30) (QS An Nisa: 34) (QS Ar Ra'd: 9) (QS Hud: 57) (QS An Nisa: 85) Diingkari Memiliki Kebesaran Maha Pencipta Mengadakan dari Tiada Membuat Bentuk Maha Pengampun Mahaperkasa Maha Pemberi Maha Pemberi Rezeki Maha membuka (hati) Maha Mengetahui Maha Pengendali Maha Melapangkan Maha Merendahkan Maha Meninggikan Maha Terhormat Maha Menghinakan Maha Mendengar Maha Melihat Maha Memutuskan Hukum Maha adil Maha lembut Maha Mengetahui Maha Penyantun Maha agung Maha Pengampun Maha Menerima Syukur Maha tinggi Maha besar Maha Penjaga Maha Pemelihara 18 .(‫ان ل تسعة وتسعين اسمامن حفظهادخل الجنة وان ال وتر ويحب الوتر )رواه ابن ماجه‬ َ ْ ِ ْ ّ ِ ُ َ ٌ ْ ِ َ ّ َِ َ ّ َ ْ َ َ َ َ َ َ َ ْ َ َ ْ ِ َ ْ ِ ْ ِ َ ً َ ْ ِ ّ ّ ِ ِ Artinya: "Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. is masuk surga. Sesungguhnya Allah itu Mahaganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil. Barangsiapa menghafalnya (dengan meyakini akan kebenarannya). jumlahnya ada 99. yaitu sebagai berikut. Adapun Asmaul Husna sebagaimana difirmankan Allah swt. dalam Al Quran dan disabdakan oleh Rasullullah saw."(HR Ibnu Majah).

40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 Al Hasib Al Jalil Al Karim Ar Raqib Al Mujib Al Wasi' Al Hakim Al Wadud AI Majid Al Ba'is Asy Syahid Al Haqq Al Wakil Al Qawiyy Al Matin Al Waliyy Al Hamid Al Muhsi Al Mubdi Al Mu'id Al Muhyi Al Mumit Al Hayy Al Qayyum Al Wajid Al Majid Al Ahad Al Wahid As Samad Al Qadir Al Muqtadir Al Mugaddim Al Mu'akhkhir Al Awwal Al Akhir Az Zahir Al Batin Al Wali Al Muta'ali Al Barr At Tawwab AI Muntagim Al 'Afuww Ar Rauf Malik Al Mulk Zul Jalal wa Al Ikram Al Mugsit Al Jami' Al Ganiyy Maha Pembuat Perhitungan Maha luhur Maha mulia Maha Mengawasi Maha Mengabulkan Maha luas Maha bijaksana Maha Mengasihi Maha mulia Maha Membangkitkan Maha Menyaksikan Maha benar Maha Pemelihara Maha kuat Maha kokoh Maha Melindungi Maha Terpuji Maha Menghitung Maha Memulai Maha Mengembalikan Maha Menghidupkan Maha Mematikan Maha hidup Maha mandiri Maha Menemukan Maha Mulia Maha Esa Maha Tunggal Maha Dibutuhkan Maha kuat Maha Berkuasa Maha Mendahulukan Maha Mengakhirkan Maha Permulaan Maha akhir Maha nyata Maha gaib Maha Memerintah Maha tinggi Maha dermawan Maha Penerima Tobat Maha Penyiksa Maha Pemaaf Maha Pengasih Maha Penguasa Kerajaan Maha Pemilik Keagungan dan Kemuliaan Maha adil Maha Pengumpul Maha kaya (QS An Nisa: 6) (QS Ar Rahman: 27) (QS An Naml: 40) (QS Al Ahzab: 52) (QS Hud: 61) (QS Al Baqarah: 268) (QS Al An'am: 18) (QS Al Buruj: 14) (QS Al Buruj: 15) (QS Yasin: 52) (QS Al Maidah: 117) (QS Taha: 114) (QS Al An'am: 102) (QS Al Anfal: 52) (QS Az Zariyat: 58) (QS An Nisa: 45) (QS An Nisa: 31) (QS Maryam: 94) (QS AI Buruj: 13) (QS Ar Rum: 27) (QS Ar Rum: 50) (QS Al Mu'min: 68) (QS Taha: 111) (QS Taha: 11) (QS Ad Duha: 6-8) (QS hud: 73) (QS Al lkhlas: 1) (QS Al Baqarah: 133) (QS Al Ikhlas: 2) (QS Al Baqarah: 20) (QS Al Qamar: 42) (QS Qaf: 28) (QS Ibrahim: 42) (QS Al Hadid: 3) (QS Al Hadid: 3) (QS Al Hadid: 3) (QS Al Hadid: 3) (QS Ar Ra'd: 11) (QS Ar Ra'd: 9) (QS At Tur: 28) (QS An Nisa: 16) (QS As Sajadah: 22) (QS An Nisa: 99) (QS Al Baqarah: 207) (QS Ali Imran: 26) (QS Ar Rahman: 27) (QS An Nur: 47) (QS Saba: 26) (QS Al Baqarah: 267) 19 .

Allah adalah satu-satunya yang paling berhak disembah. Dengan nama yang mana saja kamu seru." (HR Muslim). Ia pun tidak akan ragu mencurahkan kasih sayang tersebut kepada sesama manusia tanpa memandang perbedaan suku. maka is hanya berupa rahmat di dunia saja dan tidak bersifat abadi. disimpan di sisi-Nya sembilan puluh sembilan dan diturunkan-Nya ke bumi ini satu bagian. Kuputuskan (rahmat-Ku baginya). karena sementaranya itu. atau agama bahkan tingkat keimanannya serta memberi pula rahmat dan kasih sayang kepada makhluk-makhluk lain. menjadikan rahmat itu seratus bagian. memberikan sebuah ilustrasi melalui hadisnya menyangkut besarnya rahmat Allah yang artinya: "Allah swt. Dalam sebuah hadis qudsi dinyatakan bahwa Allah swt.89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 1. semua kata yang terdiri dari huruf ra. mengandung makna kelemahlembutan. khawatir jangan sampai menyakitinya. berfirman yang artinya: "Aku adalah Ar Rahman. Quraish Shihab." (HR Abu Daud dan At Turmuzi). Muhammad Abduh berpendapat bahwa Ar Rahman adalah rahmat Tuhan yang sempurna. Serulah Allah atau serulah Ar Rahman." (QS Al Isra: 110). Akan tetapi. baik mukmin ataupun kafir. dan kehalusan. Siapa yang menyambungnya (silaturahim) akan Kusambung (rahmat-Ku) untuknya dan siapa yang memutuskannya. Rasulullah saw. Akan tetapi. khusus untuk nama dan sifat Ar Rahman yang juga berakar sama dengan huruf-huruf tersebut tidak dapat disandang. yaitu sebagai berikut: Artinya: "Katakanlah. (yang tercermin antara lain) pada seekor binatang yang mengangkat kakinya dari anaknya terdorongoleh rahmat kasih sayang. Oleh karena itu. Al Ghazali berpendapat bahwa buah yang dihasilkan seseorang yang dihasilkan oleh sifat rahman ini pada kehidupan seseorang. kasih sayang. dan mim. kecuali hanya oleh Allah swt. Al Mugni Al Mani' Ad Darr An Nafi' An Nur Al Hadi Al Badi' Al Baqi Al Waris Ar Rasyid As Sabur Maha Mencukupi Maha Mencegah Maha Pemberi Derita Maha Pemberi Keman-faatan Maha Bercahaya Maha Pemberi Petunjuk Maha Pencipta Maha kekal Maha Mewarisi Maha pandai Maha sabar (QS An Najm: 48) (HR At Turmuzi) (QS Al An'am: 17) (QS Al Fath: 11) (QS An Nu 35) (QS Al Hajj: 54) (QS AI Baqarah: 117) (QS Taha: 73) (QS Al Hijr: 23) (QS Al Jin: 10) (HR At Turmuzi) Ar Rahman Sebagaimana dijelaskan dalam buku Menyingkap Tabir Ilahi karya M. yang satu bagian inilah yang dibagi pada seluruh makhluk. baik yang hidup maupun yang mati. ras. tetapi sifatnya sementara dan yang dicurahkan-Nya kepada semua makhluk. antara lain is akan menebarkan kasih sayang kepada sesamanya yang lengah dan lemah serta mengalihkan hal tersebut menuju jalan Allah. 20 . Berdasarkan ayat tersebut. ha. ada ayat Al Quran yang mengajak manusia menyembah-Nya dengan menggunakan kata ArRahman sebagai ganti kata Allah atau menyebut kedua kata tersebut sejajar dan bersamaan. Aku menciptakan rahim. Kuambilkan untuknya nama yang berakar dari nama-Ku. Dia memunyai Asmaul Husna nama-nama yang terbaik.

Artinya: "Katakanlah: Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezeki yang balk? Katakanlah: Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia. baik dalam zat. Kita harus meyakini bahwa kasih sayang Tuhan tidak akan pernah sepadan dengan kasih sayang ibu. Tetapi. Kemantapan dan kesinambungan hanya dapat terwujud di akhirat kelak." (HR Bukhari dan Muslim). Imam Ghazali mengartikan kata As Sabur sebagai sikap yang tidak terdorong oleh ketergesaan sehingga bergegas melakukan sesuatu sebelum waktunya. Ada yang memahami sifat ini dalam arti melimpahkan kemampuan bersabar ke hati hambahamba-Nya.2. tetapi meletakkan sesuatu dengan kadar tertentu dan memberlakukannya dengan aturan-aturan tertentu pula. Allah adalah wujud yang tidak dapat dipersamakan. khususnya pada saat salat. 21 . Hanya saja sifat At Rahim Allah sudah tentu dalam kapasitas dan substansi yang jauh lebih sempurna dari sifat manusia." (QS Al Araf: 32). rahmat ukhrawi hanya diraih oleh orang yang taat dan bertakwa sebagaimana diungkapkan dalam ayat berikut ini. jangan diduga bahwa sifat kasih sayang atau rahmat Tuhan akan sama dengan sifat rahmat ibu tersebut. sifat. As Sahur Arti dari As Sabur adalah Maha Penyabar. pasti yang terlintas adalah ibu yang memiliki anak dan pikiran kita akan melayang pada kasih sayang yang dicurahkan sang Ibu kepada anaknya. Kerabat pun dinamakan rahim karena kasih sayang yang terjalin di antara anggota-anggotanya. Salah seorang di antaranya adalah Freud yang menyatakan bahwa manusia memiliki kemampuan memikul sesuatu yang tidak disenanginya dan mendapat kenikmatan di balik itu. "Sesungguhnya rahmat-Ku mengalahkan amarah-Ku. berfirman yang artinya. Rahim juga berarti peranakan (kandungan) yang melahirkan kasih sayang. Silaturahim adalah hubungan kasih sayang. Melalui pemahaman akan sifat ini. Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui. Sifat sabar yang dimiliki Allah swt. Ar Rahim Ketika disebutkan kata rahim. 3. Firman Allah dalam Al Quran. menunjuk kepada sifat zat Allah atau menunjukkan kepada kesinambungan dan kemantapan nikmat-Nya. dan perbuatan-Nya dengan apa pun. kita dianjurkan untuk mencontoh sifat Allah tersebut untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai mukmin kita menyebut nama ini beberapa kali. Seseorang yang menahan gejolak hatinya dinamakan sabar. Kemampuan bersabar bagi manusia memang diakui oleh para pakar ilmu jiwa. kata rahim yang polanya menunjukkan kemantapan dan kesinambungan. harus kita contoh dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. At Rahim artinya adalah Maha Pengasih dan nama ini terdapat dalam Al Quran Surah Al Fatihah Ayat 3 sebagaimana pula nama At Rahman. Rahmat kasih sayang Allah tidak terhingga (QS Al Araf 156) dan dalam sebuah hadis qudsi dinyatakan bahwa Allah swt. Menurut Muhammad Abduh. khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat. Uraian Al Quran tentang sabar adalah kebajikan dan kedudukan tertinggi yang diperoleh seseorang karena kesabarannya. Di sisi lain.

Artinya: "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. 5. yaitu ketika orang-orang durhaka dipersilakan masuk ke neraka (QS At Tur: 16)." (QS Az Zumar: 10). Firman Allah swt. Artinya: "Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya." Sabar memang selalu pahit awalnya. kecuali ganjaran kesabaran sebagaimana disebutkan dalam ayat-ayat tersebut." (QS Al Baqarah: 153). mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Aneka anugerah diberikan Allah semata-mata atas dasar kasih sayang-Nya. puasa yang inti pelaksanaannya adalah sabar dinyatakan oleh Allah melalui hadis qudsi "Puasa adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang yang akan memberi (menetapkan ganjaran bagi pelakunya. Seorang hamba yang meneladani sifat ini hendaknya selalu mendasari sesuatu dengan maksud yang balk dan memberikan hal-hal yang bermanfaat kepada manusia atau makhluk Allah yang lainnya. Asy Syakur Asy Syakur diartikan sebagai Allah yang mengembangkan dari amalan hamba-hamba-Nya meskipun sedikit dan melipatgandakan ganjarannya (QS Al Baqarah: 261). Anugerah Allah sangat luas yang tidak terbilang atau tidak terhingga. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Semua ganjaran amal ditetapkan Allah kadarnya. Artinya: "Hai orang-orang yang beriman. Manusia wajib bersyukur atas segala karunia yang diberikan Allah kepada kits. Hanya sekali Allah memberi kebebasan manusia untuk bersabar atau tidak. Firman Allah berkaitan dengan syukur ini. Sesungguhnya Dialah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang. Al Barr Allah bersifat Al." (QS At Tur: 28). 4. kita pun harus senantiasa ingat bahwa Allah tidak menghendaki kesukaran bagi kita dan pasti akan menepati janji-Nya. dituntut untuk melaksanakan petunjuk Allah tersebut dalam menjalani kesabaran sambil juga tetap menghayati makna As Sabur sehingga dapat dilakukan sekuat kemampuan. Ada pula yang memahami bahwa Allah senantiasa menepati janji dan Dia selalu menghendaki kebaikan untuk hamba-hamba-Nya serta kemudahan buat mereka (QS Al Baqarah: 185). namun akan berbuah manis pada akhirnya. Oleh karena itu. Manusia yang meneladani sifat ini. Barr dipahami bahwa Allah memberikan aneka anugerah untuk kemaslahatan makhluk-Nya. Adapun manusia kadang memberi kebaikan atau melakukan sesuatu atas dasar pamrih atau ingin mendapatkan manfaat tertentu dari hal tersebut. antara lain sebagai berikut: 22 .

Allah memerintahkan kepada manusia supaya berbuat adil terhadap sesamanya. dan Allah melarang dari perbuatan keji. (QS. Oleh karena itu. Oleh karena itu.Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur. Al Gaffar (Maha Pengampun) Manusia dalam hidupnya selalu mengalami tarik menarik antara perbuatan dan buruk. Akan tetapi. Itulah sebabnya kita diajarkan untuk mengucapkan hamdalah apabila kita bersyukur atas nikmat-Nya. maka (dosanya) atas dirinya sendiri dan sekali-kali tidaklah Tuhanmu menganiaya hamba-Nya" (QS Fussilat: 46). Keadilan Allah adalah keadilan yang hakiki dart berlaku bagi seluruh hamba-Nya. Dosa ada yang kecil dan ada yang besar. pujian apa pun yang kita sampaikan kepada siapa pun. Apa yang balk dari did kita pun berasal dari Allah semata. Artinya: “Barang siapa yang mengerjakan amal saleh. dan jika kamu mengingkari. pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Menurut pengertian Islam. Menurut Islam. 23 . Jika menyimpang. 6. Firman Allah swt. maka ia akan diampuni oleh Allah karena Dia Maha Pengampun. Makna dan kapasitas Syakur Allah dan manusia pasti berbeda. Pada hakikatnya. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. Artinya: Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan. Allah menentukan hukuman dan pahala sesuai dengan keadilanNya. maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barang siapa berbuat jahat. An Nahl: 90) 7. agar tidak terjadi kezaliman dalam kehidupan hamba-Nya. Berdasarkan ayat tersebut. kemungkaran dan permusuhan. maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. Firman Allah swt. memberi kepada kaum kerabat. Firman Allah SWT. barang siapa yang berdosa dan selama ia bertobat serta tidak akan mengulangi perbuatan buruknya." (QS Ibrahim: 7). setiap pekerjaan atau sesuatu yang baik lahir di alam ini adalah atas izin Allah semata. adil adalah menentukan suatu hukum berlandaskan kebenaran. akhirnya akan kembali pada Allah juga. maka perbuatan itu termasuk perbuatan tidak baik dan berdosa. Al Adil (Maha adil) Pengertian adil secara umum adalah meletakkan segala sesuatu pada tempatnya. perbuatan baik adalah perbuatan yang sesuai dengan ketentuan agama.

Tauhid dalam ibadah dan doa. Semuanya itu berdasarkan kebijaksanaan Allah. dan lain-lain. yaitu bismillah. c. Al Hasib (Maha Menghitung) Allah menciptakan alam semesta beserta isinya berdasarkan perhitungan yang teliti dan tepat. 9. Tauhid dalam mudarat. Tuhan (yang memunyai) Arsy yang mulia. petaka dan musibah. yaitu hanya Allah yang mampu mendatangkan dan menghilangkan bencana. Tauhid dalam berekonomi. Artinya: 'Maka Mahatinggi Allah. 10. tetapi bila keadaan sudah biasa. Al Maliku (Maha Merajai) Allah-lah yang merajai seluruh alam semesta. Demikian pula dengan perhitungan amal manusia selama hidup di dunia. b. Artinya: "Dan Dialah Tuhan (yang disembah) di langit dan Tuhan (yang disembah) di bumi dan Dialah Yang Maha bijaksana lagi Maha Mengetahui. Dengan kekuasaan itu. kekuasaan Allah tidak ada batasnya. Sad : 66) a. e. Demikian pula ketika Allah menentukan suatu perintah kepada manusia. Tauhid dalam manfaat. d. Tauhid dalam dakwah dan pendidikan karena hanya Allah yang kuasa membukakan pintu hati dan akal pikiran manusia. yaitu dengan hanya menyembah dan memohon kepada Allah SWT. Apabila dalam keadaan yang sulit. Firman Allah SWT. yaitu bahwa Allah kuasa memahami manfaat dan keberhasilan pada diri manusia serta mencabutnya. Tauhid dalam ucapan. ( QS. Firman Allah SWT. Baik atau buruknya amal tersebut akan mendapat balasan seadil-adilnya di akhirat kelak karena tidak ada kesulitan bagi Allah untuk menghitungnya. tidak ada Tuhan selain Dia. Allah mengatur dan memimpin makhluk-Nya yang dilandasi sifat kesempurnaan-Nya serta tidak ada satu pun yang terlepas dari kemahakuasaan-Nya. insya Allah. segala sesuatu tercipta sesuai dengan kadarnya masing-masing. alhamdulillah. 8. Al Hakim (Mahabijaksana) Semua makhluk yang diciptakan Allah tidak ada yang sia-sia karena satu dengan yang lainnya selalu terkait dan Baling membutuhkan. yaitu bahwa hanya Allah yang mampu membukakan pintu rezeki umat manusia.Artinya : Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. " (QS Az Zukhruf : 84). 24 . Artinya. Firman Allah SWT. maka keringanan itu kembali seperti semula. f. " (QS Al Mukminun: 116). Artinya. Raja yang sebenarnya. Allah memberikan keringanan.

tentu dia memiliki tanda sebagai cermin penghayatannya tersebut. Mengenai hawa nafsu. Rasulullah saw. 4. Ada pun tanda-tandanya. janganlah menyakiti tetangganya. dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah is berkata baik atau diam saja.Artinya: “Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan.” (QS An Nisa: 86). ْ َ َ ُ َ ْ َ ْ ِ ْ َُْ ِ ِ َ َْ ِ ِ ُ ِ ْ ُ َ َ ْ َ َ ُ َ َ ِ ْ ُ َ َ ِ ِ َ ْ ِ ْ َْ َ ِ ِ ُ ِ ْ ُ َ َ ْ َ ‫عن ابى هريرة قل رسول ال صلعم من كان يؤ من بال واليوم الخر فل يؤذ جاره ومن كان يؤمن بال والخر فليك مرم ض ميفه وم من‬ ِ ُ ْ ُ َ َ َ َ َ ْ َ ُ َِ ْ َ (‫كان يؤمن بال واليوم الخر فليقل خيرا اوليصمت )رواه البخارى‬ ْ ُ ْ َ ِْ َ ً ْ َ ْ ُ َ ْ َ ِ ِ َ ْ ِ ْ َ ْ َ ِ ِ ُ ِ ْ ُ َ َ Artinya: "Barang siapa beriman kepada Allah maupun hari akhir. Sesungguhnya Tuhan-ku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan bari akhir. Beriman kepada Allah swt. Orang yang benar-benar menghayati terhadap iman kepada Allah. hendaknya terlebih dahulu menyebut asma-Nya (lihat QS Al A'raf 180)." (HR Bukhari). Bersyukur atas nikmat dari Allah SWT. Demikian pula ketika kita berdoa. manusia harus mencontoh dan mengamalkan sifat-sifat Allah yang tertera dalam Asmaul Husna sebagaimana sudah disebutkan. tabah. Bersifat sabar. 3. Agar manusia dapat melaksanakan hal tersebut. dan tawakal. atau balaslah (dengan yang serupa). Berbudi luhur dan memiliki sopan santun. Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu. Jika manusia mampu menundukkan hawa nafsunya. maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik. baik dalam perbuatan maupun perkataannya. Tanda Penghayatan Iman Kepada Allah Dalam kehidupan sehari-hari. Tidak cepat putus asa dalam menghadapi cobaan dan ujian dari Allah SWT. kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhan-ku. 2. bersabda sebagai berikut. 5. hendaklah memuliakan para tamunya. Artinya: "Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan. baik ibadah mahdah maupun gairu mahdah. TUGAS Sebutkan minimal dua puluh Asmaul Husna selain yang terdapat dalam pembahasan sub bab ini beserta cara menghayatinya dalam kehidupan sehari-hari! Buatlah dalam bentuk table C. 25 . Rajin beribadah. Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an. Imam Ghazali juga menyatakan bahwa hawa nafsu lebih berbahaya bagi manusia daripada setan. antara lain sebagai berikut : 1." (QS Yusuf: 53). maka is mampu menundukkan setan karena setan menggunakan hawa nafsu manusia untuk menjerumuskan dirinya sendiri. dengan sifat dan asma-Nya harus dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. manusia harus menundukkan dan menjinakkan hawa nafsunya.

Memupuk sifat qanaah atau menerima dengan ikhlas semua pemberian Allah setelah berusaha dan berdoa. Hikmah Beriman kepada Allah Beriman kepada Allah mengandung banyak hikmah. Qidam d. Tidak cepat putus asa dalam menghadapi persoalan. Demikian pula perhitungan aural manusia selama di dunia. Allah menciptakan alam semesta beserta isinya berdasarkan perhitungan yang teliti dan tepat. Dengan kekuasaan itu. ibadah mahdah atau gairu mahdah? Jelaskanlah beserta alasannya! D. is tidak ada artinya di hadapan Allah SWT. Berilah tanda silang (x) pada huruf a. a. Bersyukur atas nikmat pemberian Allah dan bersabar apabila ia mendapat cobaan. Akan melatih istikamah dalam kebenaran.. 26 . Muslim Alah SWT. Mukmin c. b. Muttaqin d.6. a. Baqa 2. Demikian pula ketika Allah menentukan suatu perintah kepada manusia. Tidak ada satu pun yang lepas dari kemahakuasaan-Nya. Allah memberi perintah sesuai dengan kondisinya. TUGAS Sebutkan sikap positif yang dapat muncul dari keimanan terhadap Allah! Allah memberi balasan sesuai dengan keadilan-Nya. dia sadar bahwa putus asa adalah sifat orang yang kafir.. mustahil bersifat hudus karena Allah bersifat. Allah mengatur dan memimpin makhluk-Nya yang dilandasi sifat kesempurnaan-Nya. Mukhlis b. 3. Barang siapa berdosa dan bertobat serta tidak mengulangi keburukannya. Akan mengingatkan kita untuk bersikap tawadu atau rendah hati dan tidak sombong. ia akan diampuni oleh Allah karena Dia Maha Pengampun. 4.. c. yang setimpal. Dirinya akan menyadari bahwa sebagai makhluk yang lemah. antara lain sebagai berikut. Berani mengatakan benar jika memang itu benar dan berani mengatakan salah jika itu memang salah. DISKUSI Yakin akan keadilan Allah karena setiap perbuatan pasti akan ada balasannya Menurut pendapatmu. 1. 5. Baik atau buruk amal tersebut akan dibalas seadiladilnya di akhirat dan tidak sulit bagi Allah menghitungnya. Beriman kepada Allah swt. manakah yang lebih penting.. dengan sifat dan asma-Nya harus dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 1. atau e pada jawaban yang benar! Orang beriman kepada Allah dan rukun iman lainnya disebut. kekuasaan Allah tidak ada batasnya. Allah merajai seluruh alam semesta. d. 2. 6.. Muhsin e.. IMTIHAN A. Artinya. Ia akan mampu menerima kritik atau saran yang konstruktif.

Jahlun d. 5. Ilmu d. Fana c. a.. Maut b.. 6. Qudrat c. Qudrat b.. Ihtiyaju bigairih adalah mustahil bagi Allah berhajat kepada yang lain karena Dia mempunyai sifat wajib. a. a. d. Adam c. Ajzu d. Basar b.. a... Hayat e.. Qudrat c.. Sama' Karahah adalah mustahil bagi Allah karena Dia mempunyai sifat wajib yaitu. Mengetahui 9. Sama’ Allah SWT. Wahdaniah d... Ilmu b. bersifat baqa dan mustahil Dia bersifat.. Qudrat b. Hidup e. Hayat c. Ajzu Mustahil Allah bersifat jahlun karena Dia mempunyai sifat. Melihat 10... a. 27 . Ta’addud 4.b. a.. َُ َ ُ َ ُ ْ ُ ‫قل هو ال احد‬ Ayat ini menunjukkan bahwa Allah bersifat …. Kalam c.. Kuasa b. Mukhalafatuhu lilhawadis c. a. Wahdaniah d. Karahah e. Ta’addud b. Hayat e. wajib bersifat wahdaniah sehingga mustahil Dia bersifat.. Iradat Mustahil Allah bersifat ama karena Dia bersifat. Fana e.. Qidam e.... Wahdaniah 3. Berkehendak c. Iradat Allah SWT. Baqa 7. e. Ilmu 8. Qudrat e. e. a.. bersikap maut karena Dia bersifat. Tidak mungkin Allah swt. Wahdaniah c. Hayat 11. Iradat Arti ilmu adalah. Ilmu b.. Wujud d.. d..

d. Arti dari Asmaul Husna adalah nama-nama yang. a. Basiran b.. Mahamulia c. Maha Pengampun d. Qudrat b.. Jujur dan ikhlas Makruf nahi munkar Baik dan ramah Kebaikan dan ikhlas Adil dan baik d. Maha Merajai e. Maha perkasa b. Maha Penyayang QS An Nahl:90 memerintahkan kita untuk berbuat. Maha Merajai b. Al Bari' adalah salah satu Asmaul Husna yang artinya. Ilmu 12. a. Terkenal b. Maha Terpercaya e. Maha Mendengar d. a. Maha Pencipta 17. c. Mahabijaksana b... 18.... Al Hakim c. memiliki nama Al Jabbar yang artinya . Indah d. Hayat e... Allah swt.. Maha Penyantun c. Allah disebut juga Al Hakim yang artinya. Maha Mengetahui e.. Muridan c..... Mutakalliman e.a. Al Malik e. Al Azim artinya.. Al Gaffar 19.. Sami'an 13. Maha suci 28 . Baik e. Al Hasib d. Al Hadi b. a. a. Allah swt. Maha Menghitung 14.. e.. Maha Pembuat d. a. Maha Berkehendak adalah salah satu sifat wajib bagi Allah yaitu... a.. Maha Pemberi 16.. Maha mulia e. Maha agung b. Suci 15. Hayyan d. Gagah c. a. Basar d. Iradat c. Maha Menguasai c. b.. Maha Pengampun dan akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang bertobat karena Allah memiliki nama.

Sebutkanlah sifat wajib bagi Allah beserta artinya! 3.99 c.c.. Apabila seseorang ingin memakai nama Asmaul Husna sebagai namanya. Maha kuasa 20. hendaknya ia mengawali dengan kata Abdun. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas! 1. 99 e. 99. Mengapa? Jelaskan! 6. Sebutkanlah sifat mustahil bagi Allah beserta artinya! 4. Apakah yang dimaksud dengan ahkamul hakimin? Jelaskan! Bagaimana pendapatmu jika Allah swt.! 9.. Apakah maksud bahwa Allah swt bersifat jaiz? 7. 9. 999 d. Jelaskanlah pengertian dari Asmaul Husna! 5. Tulislah dalil naqli bahwa Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan! 8. tidak bersifat adil? Jelaskan! 29 . َ ْ ِ ْ َِ ً َ ْ ِ ‫ تسعة وتسعين‬Artinya.9 B. 100 b. Jelaskan pendapatmu mengapa tidak ada tuhan lain selain Allah swt. a. Apakah yang dimaksud dengan iman? 2.. 10.

Bacalah dengan baik sesuai dengan kaidah ilmu tajwid                          2. Al Bayyinah (98) : 5 1. Makna mufradat :  :  :  Tiadalah Mereka diperintahkan Kecuali 30 .BAB II KEIKHLASAN BERIBADAH A. QS.Penjelasan berdasarkan ilmu tajwid Bacaan Hukum bacaan Cara membaca Alasan Mad jaiz munfasil Wamaa umiruu Apabila ada mad bertemu hamzah  dalam dua kalimah                Mad Thobii muhlishiena Kasrah bertemu dengan ya’ sukun Mad badal Ash sholaata Dengan tanda mad berdiri Mad wajib mutasil hunafaa Apabila ada mad bertemu hamzah pada satu kalimah 3.

b. Al Bayyinah (98) :5 a. dan demikian itulah agama yang lurus”.Terjemah ayat : :   “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam ( menjalankan) agama dengan lurus. orang yang mengabdi kepada selain Allah swt. Nabi Saleh as. dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat. Berdasarkan QS. dan semacamnya sekaligus mampu menyingkirkannya ragam perilaku tercela. b. termasuk nabi Isa as. iri.Mengabdi kepada Allah Demikian itu Agama Condong kepada kebaikan :    :  :  :   Mereke menegakkan Salat   Menunaikan Zakat : :   Dengan tulus Yang lurus 4.. juga di akhirat kelak akan ditanya tentang sesembahan-sesembahan yang dijadikan sekutu Allah ketika hidup di dunia. a. Diantara cara mengabdi kepada Allah swt adalah dengan mendirikan salat sebagai wujud hablumminallah dan mengeluarkan zakat sebagai wujud hablumminanas yang semua itu dilakukan dengan ketulusan hati tanpa ada rasa pamrih. Nabi Ibrahim as. Menjadikan segala aktifitas dan amaliah hanya untuk Allah semata ( lilahitaala ) yang pada akhirnya memperoleh ridha-Nya. 31 . diperoleh manfaat sebagai berikut : (1) Terhindar dari godaan setan (2) Terhindar dari penyakit hati. serta jauh dari sikap psimisme. 5. Al Bayyinah (98): 5 a. padahal setan merupakan musuh bagi manusia. 6. Berarti sudah mengabdi kepada setan. Semua Rasul yang diutus Allah swt. Ayat ini menjelaskan bahwa manusia diperintah untuk mengabdi hanya karena Allah semata. Seorang yang berhasil menempuh kehidupan ikhlas. perasaan tentram dan aman. (3) Mendapat pertolongan sewaktumenghadapi kesusahan dan kesulitan (4) Kehidupan akan dijalaninya dengan penuh optimisme. Begitupun Rasul yang lain seperti Nabi nuh as. Perilaku yang mencerminkan QS. mengajak umatnya untuk mengabdi hanya kepada Allah swt. maka balasannya adalah neraka jahanam. dan Nabi Yakub as yang memberi nasehat kepada anak-anaknya. Isi kandungan QS.. seperti kianat. An Nisa (4) : 117. walaupun pengikutnya saat ini menganut paham Trinitas. Orang yang mengabdi kepada selain Allah.

Kehidupan dijalani dengan penuh harapan. pamer dan ada unsure pamreh (termasuk penyakit hati dan yang lain). Penjelasan berdasar Ilmu Tajwid No Bacaan Hukum Bacaan Cara membaca Alasan 1 Ghunnah inna Nun yang di tasydid  2       Mad Thobi’i shalaatie Setelah fathah ada mat alif 3 Mad ‘Aridl Lissukun Al ‘aalamien Setelah ya’ sukun diakhiiri dengan nun 3. Makna Mufradat Katakanlah =   Sesungguhnya Shalatku  Ibadahku Hidupku  Matiku Hanya untuk Allah swt Menyerahkan diri Terjemah ayat: =  Semesta =  Demikian itulah = alam = Tiada/tidak ada =  = =  Aku diperintahkan = Aku Tuhan =  = =  =  =  32 . kuat. (aturan manusia) B.b. d. Al An’am (6) : 162-163 Tentang prinsip hidup Muslim 1. Sikap ikhlas menjadikan segala beban menjadi ringan. c. jauh dari penyakit stress. dan menentramkan. Menghindari sikap riya. Pencapaian ini dilandas.                             2. Bacalah dengan fasih sesuai dengan kaidah Ilmu Tajwid. QS. stroke. serta selalu bersikap optimis. dan beberapa penyakit orang modern. dan stabil (Agama). menyenangkan. tidak cepat berputus asa. Memantul dalam sikap yang dimunculkan berupa perilaku yang benar. karena ia memiliki standar hidup yang kokoh. e.. bukan aturan yang labil dan berubah-ubah. hasud.

menjadi hamba materi. Beberapa contoh : berdoa kepada selain Allah. Atau mempercayai adanya benda-benda keramat. 33 . f. Selanjutnya. Al An’am (6) : 162-163. e. perjuangan hidup dan matinya seorang beriman hanya untuk Allah swt. Semata. 1) Adanya sikap riya.Al An’am (6) : 162-163 a. Kolusi dan Nepotisme (KKN).. Sekuat tenaga memegang prinsip hidup ( Sejalan dengan aturan Islam). Tapi bagi orang yang memasrahkan hidupnya hanya untuk Allah swt. namun esa juga Dalam mengabi dan mengambil pedoman hidup. serta sikap hidup berkepribadian ganda. mengingat melelahnya orientasai amal ibadah manusia cenderung menyimpang dari tujuan penghambaan. 3) Tidak memasrahkan hidupnya hanya untuk Allah swt. Bertauhid yang benar. Dalam Islam bentuk penyimpangan pengabdian disebut “syirik”. sesame manusia dan didri pribadi. dan diperbudak oleh dunia serta gejala materialisme dengan “anak cucunya” yaitu hedonisme dan permisivisme. An Niosa’ (4): 48 ).“Katakanlah : “ Sesungguhnys Shalatku. Hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam. dan aji mumpung. keinginan dan kemampuan. sehingga orang beribadah tidak lagi hanya untuk Allah tapi dalam rangka mencari popularitas atau adanya pamrih atau karena adanya perasaan malu dan takut 2) Salah dalam niat. Sebab-sebab terjadinya penyimpangan pengabdian kepada selain Allah swt. c. Memegang teguh janji dengan Allah. Tetapi diiringi kepentingan lain yang sangat pribadi dan berjangka pendek. dan demikian itulah yang di perintahkan kepadaku dan akau adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)” Isi Kandungan QS. Pemahaman hanya mengabdi kepada-Nya perlu dipertegas. Perilaku yang mencerminkan QS. dunia dan akhirat. maka bentuk pengabdian sudah tidak murni lagi. potong kompas. serta peduli terhdap etika dan moralitas kemasyarakatan. Sehingga hidupnya hanya di gantungkan atas ihtiar lahir saja ( duniawi semata) 4) Semakin kuatnya pengaruh alat komunikasi dan teknologi informasi yang mengandung “pendangkalan aqidah” sehingga menyebabkan makin melemahnya sikap kepasrahan dan konsep jihad menjadi lentur. Bagi segenap makhluk yang bernyawa. Evaluasi ! Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat. dibuktikan adanya budaya korupsi. 1. kematian adalah sesuatu yang tidak dapat di tangguhkan. tidak satunya kata dengan perbuatan. Jelaskan pengertian Istilah : Kolusi. Mengapa dosa syirik itu dianggap dosa besar yang tidak bias di ampuni. 4. meski rintangan hidup banyak menghadang. b. Nepotisme. menjahui sifat kemunafikan. Sebutkan factor penyebab terjadinya penyimpangan pengabdian kepada Allah swt ! 3. b. perjuangan terkadang tidak dilandasi niat karena Allah swt. Tidak menjadikan setiap janji dan ikrar hanya sebatas bibir. Seimbang dalam menggapai cita-cita. Sehingga orang takut untuk mati. Hedonisme permisivisme. d. yaitu : Jasmani dan rohani. mengejar harapan. dan menjalani hidup. dan lain sebagainya. seolah olah mati itu bukan kepastian hokum Allah swt. yaitu bukan hanya beriman bahwa Allah itusa. Tiada sekutu bagi-Nya. 2. dengan mendatangi kuburan yang dianggap keramat untuk minta jodoh. d. a. Ayat ini menjelaskan bahwa untuk menunjukkan komitmen seorang muslim haruslah memurnikan dari segala kemusrikan dalam mengabdi kepada Allah swt. Namun diberi label Agama. Ibadahku. Jelaskan. serta realita dan mimpi. Menyertakan segala yang dilakukan harus sejalan dengan aturan Allah swt. tidak menhujam ke dalam lubuk hati. c.semata. dan menjadi sekedar formalitas. Padahal syirik merupakan dosa besar yang tidak terampuni (QS. Adanya penyimpanagn dalam mengabi kepada Allah swt.

sifat-sifat. maha pengasih dan penyayang.Pengertian iman kepada Allah Menurut bahasa. 7. 6. Cara beriman kepada Allah ada dua yaitu : a. yaitu Yang berarti : percaya. yaitu : a. b.Macam-macam sifat-sifat Allah Allah swt. sedangkan menurut istilah Iman: ialah keyakinan yaqng tidak tergoyahkan yang timbul berdasarkan pengetahuan dan kepercxayaan. Wujud >< Adam 34 . Seperti meyakini Allah itu ada. Mengapa riya’ itu merupakan syirik kecil. Iman kepada Allah dan sifat-sifat-Nya 1. 5. Secara Ijmali yaitu : Percaya kepada Allah secara garis besar. ciptaan dan hukum-hukumnya. Al An’am (6) : 162-163 Mengapa setan itu tidak mampu menggoda orang yang ikhlas? Coba kemukakan ciri-ciri orang yang beramal dengan ikhlas ! Mengapa dalam ayat diatas ibadah salat dan ibadah zakat selalu bersama-sama? sebutkan Hikmah salat yang kamu ketahui! Mengapa salat yang khusu’ dapat mencegah perbuatan keji dan munkar? BAB III IMAN KEPADA ALLAH SWT A. Secara rinci dengan mengetahui sifat-sifat dan nama-nama yang indah (asmaul Husna) 2.Secara Tafshili yaitu : Percaya adanya Allah swt. 8. menciptakan alam semesta mengatur makhluknya.4. Salinlah dengan baik dan benar QS. Dengan demikian yang dimaksud dengan Iman kepada Allah ialah Percaya dan yakin dengan sepenuh hati adanya Allah. 9. Iman berasal dari bahasa Arab. Jelaskan. Memiliki 20 sifat wajib dan 20 mustahil serta 1 sifat jaiz. 10.

Pencipta segala sesuatu. dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu”. Allah tidak ada yang mewujudkan. Maka mustahil Allah bersifat Huduts. Pelukis lebih dahulu ada dari lukisannya.Pendapat bahwa Tuhan itu tidak adadan memandang ala mini terjadi secara kebetulan adalah irasional (tidak masuk akal). tidak adaTuhan selain Allah (yang wajib kita mengabdi) selain dia. Lawan dari sifat wujud adalah “Adam” menurut fitrah dan pertimbangan akal tidak mungkin Allah tidak ada. maka akal sehat menolak bahwa yang diciptakan lebih dahulu adanya daripada yang menciptakan. maksudnya Allah Maha Kekal.Wujud artinya ada. Manfaat mempelajari agar manusia mau mengabdikan diri ( menyembah) kepada yang wujud yaitu Allah swt. lihatlah disekitar kita misalnya kursi. hidup selama-lamanya tidak berawal dan tidak berakhir. karena ada yang dibuat yaitu makhluk. Seluruh makhluk di alam semesta iniada awlnya dan pasti akan berakhir. Qidam><Huduts Qidam artinya dahulu. Al-Hadid (57) : 3                  “Dialah yang Awal yang akhir yang dhahir yang bathin. tidak akan ada dengan sendirinya. penghapus dan lain-lain. keberadaannya tidak diketahui oleh orang lain dan adanya Allah wajib diyakini oleh setiap muslim. maksudnya Allah lebih dahulu adanya daripada makhluk. Alam semesta ini beserta isinya ciptaan Allah yang sebelumnya tidak ada. seperti tidak mungkin mobil itu ada kalau tidak ada yang membuat. Manfaat mempelajarinya. Maka wajib bagi Allah bersifat Qidam (terdahulu) tanpa permulaan). Firman Allah Dalam QS. Setiap akal sehat akan menerima bahwa setiap sesuatu (makhluk) ada yang membuatnya ( khaliq). Iman kepada Allah sudah menjadi fitrah ( pembawaan) manusia sejak kecil. Memperhatikan tanda-tanda kekuasaan Allah. dan Dia adalah pemelihara segala sesuatu”. Al-Anam (6) : 102                         “Yang memiliki sifat-sifat) yang demikian itu adalah Allah Rab kamu. c. maka mustahil bagi Allah memiliki sifat seperti makhluk. karena wujudnya Allah tidak ada yang menciptakan. Demikian juga langit dan bumi dan segala isi alam semesta ini pasti ada yang membuatnya yaitu Allah swt. agar manusia yakin bahwa Allah swt. Telah sedia atau sempurna sejak awal sedangkan manusia senantiasa ada kekurangan. Maka semuanya akan Hancur Firman Allah d-alam QS. Ar-Rahman (55) :26-27 35 . maka sembahlah dia. Firman Allah dalam QS. maksudnya Allah wajib ada. Sebagai khaliq. sedang Allah telah ada sebelumnya tanpa permulaan. Allah Maha Awal. Baqa>< Fana Baqa berarti kekal. bangku. Setelah beranjak dewasa iman berkembang karena diperkuat oleh keyakinan dan akalnya (dalil aqli) serta diperkokoh oleh keterangan Al-Quran dan Hadis (dalil naqli). b.

Mukhalafatu lil Hawaditsi>< Mumatsalatu Lil Hawaditsi Kita wajib percaya bahwa Allah mempunyai sifat mukhalafatu lil hawaditsi ( berarti berbeda/berlainan dengan yang baru). Asy-Syura (42): 11          “…Tidak ada sesuatu yang serupa dengan Dia ( Allah) dan Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. yan dibuat tidak sama dengan yang membuatnya. Jika Allah memerlukan bantuan orang lain berarti Allah bersifat Ihtiyaju Lighairihi. maksudnya Allah tidak memerlukan bantuan dari yang lain. kapur tulis. begitu pula Allah sebagai khaliq berbeda dengan makhluk-Nya. Firman Allah dalam Qs. antara manusia harus saling tolong menolong karena yang berdiri sendiri hanya Allah semata. sementara manusia pasti binasa dan manusia harus menyiapkan bekal untuk kehidupan sesudah binasa. Contoh Allah memiliki sifat mendengar. Meja kursi. Yang tersusun dari beberapa bagian hanya ada pada mahluk begitu pula esa sifat-Nya berarti sifatsifat Allah yang dimiliki Allah swt.                “Semua yang ada di bumi akan binasa dan yang tetap kekaladalah Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. f. Allahpun Esa dalam perbuatan-Nya maksudnya 36 . sekalipun makhluk mempunyai kemampuan mendengar. Dia berkuasa sendiri.“Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Agung”. tetapi pendengarannya dibatasi ruang dan waktu sesuai dengan sifat kekurangannya. Maksud dzat Allah itu Esa adalah wujud Allah tidak tersusun dari beberapa unsure dan bagian. Wahdaniyat ><Taadud Wahdaniyat artinya Esa atau tunggal maksudnya Allah bersifat Esa. Esa wujud-Nya. agar manusia tidak sombong karena manusia saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. e. Manfaat mempelajarinya : Agar manusia yakin bahwa manusia tidak mampumenandingi Dzat Allah yang pasti tidak sama dengan manusia. karena Dia Maha Sempurna.. Bersifat kekal. Al-Baqarah (2) : 255 …           . itu tidak mungkin bagi Allah karena menunjukkan kelemahan dan kekurangan yang mempunyai sifat kelemahan mustahil demikkian Allah.. Maksudnya Allahberbeda atau tidak sama dengan makhluk artinya tidak ada yang menyerupai-Nya. d. Qiyamuhu binafsihi>< Ihtiyaju Lilghairihi Qiyamuhu binafsihi artinya berdiri sendiri. Tidak ada yang menyamai-Nya. Esa perbuatanNya dan Esa sifat-sifat-Nya. Firman Allah dalam QS.” Manfaat mempelajarinya : Agar manusia yakin bahwasanya Allah swt. Papan tulis tentu berlainan dengan dengan yang membuat papan tulis. Manfaat mempelajarinya.

Berfirman :                           “Katakanlah : Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan (kekuasaan). dan perbuatan-Nya tanpa dipengaruhi pihak lain. nampak keteraturan antara yang satu dengan yang lain. tetapi yang harus dipikirkan hanyalah ciptaan-Nya saja. Manfaat mempelajarinya. Firman Allah dalam Qs.tidak ada sesuatu yang mampu berbuat seperti berbuat khaliq.Iradat >< Karahah Iradat artinya ”berkehendak” maksudnya segala kehendak Allah tidak dipengaruhi atau dicampuri oleh siapapun. Al. agar manusia yakin akan ke-Esaan Allah dan hanya taat kepada Allah yang Esa itu. pasti keduanya akan binasa”. Dalam QS. Manfaat mempelajarinya. Engkau muliakan orang yang engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang engkau kehendaki. menghidupkan juga mematikan. Sesdungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Jika kita perhatikan alam semesta dan segala isinya. karena kekuasaan yang dimiliki sifatnya hanya sementara dan terbatas. Engkau beri kekuasaan kepada orang yang engkau kehendaki dan engkau cabut kekuasaan dari orang yang Engkau kehendaki. Jika demikian.Imran (3) : 26 Allah swt. Kerusakan akan terjadi bila adanya Tuhan lebih dari satu Firman Allah dalam QS. Qudrat >< Ajzun Qudrat artinya “ Kuasa”. Dia yang mewujudkan semua rencana. Namun jangan sampai memikirkan Dzat atau bentuk Allah. Sedangkan selain Allah. c. maksudnya kekuasaan yang dimiliki oleh Allah swt. Keesaan Allah wajib diyakini oleh setiap mukmin secara utuh dan sempurna. tidak memiliki kekuasaan apa-apa. maka yang mengatur hanya Dzat yang tunggal yaitu Allah. d. Bersifat mutlak baik dalam menciptakan. agar manusia tidak berlaku sewenang-wenang bila memiliki kekuasaan. Yaasin (36) :82              “Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya jadilah maka jadilah ia. Al-Anbiya (21) :22                “Sekiranya dilangit dan di bumi ada Tuhan-tuhan selain Allah.” 37 . Apabila Allah menghendaki sesuatu cukup berkata ”Jadilah ” maka terjadilah sesuatu yang dikehendaki-Nya. Ditangan Engkaulah segala kebajikan. itu adalah bukti bahwa ala mini berjalan atas “sunatullah” tidak nampak sedikitpun benturan.

Setiap muslim dimanapun berada. Pendengaran Allah sangat luas tidak dibatasi oleh sesuatu. Al-Hujurat (49) : 18             “Sesungguhnya Allah mengetahui yang Gaib dilangit dan di bumi dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. h. Sesuai dengan kekuasaan-Nya. bahkan yang tersembunyi dalam diri manusia sendiri. Al-Baqarah (2) :127                   “Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan ( membina) dasar-dasar Baitullah beserta Ismail ( seraya berdoa) : “ Ya Tuhan kami terimalahdari kami (amalan kami) sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. Firman Allah dalam QS. e. Allah memiliki sifat hayat yang mutlak. jangan berkata kotor. Manfaat mempelajarinya. senantiasa didengar oleh Allah. Manfaat mempelajarinya : agar manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini hati-hati.Bashar >< Umyun 38 . Tidak ada kesulitan bagi Allah mendengar sesuatu dan semua suara walaupun suara itu sangat lemah. porno. mengetahui yang sudah terjadi dan yang akan terjadi baik yang ada di langait dan yang ada di bumi. begitu pula ilmu Allah itu sangat luas dan tidak dibatasi oleh kelemahan dan kekurangan.Sama >< Shummun Sama artinya mendengar. agar manusia tidak lekas putus asa kehendaknya tidak tercapai atau menemui kegagalan. karena mati hanya milik makhluk. Maksudnya Allah Maha mendengar kepada seluruh makhluk-Nya.Manfaat mempelajarinya. Allah lengetahui yang nampak dan tersembunyi. terhadap apa yang nampak maupun tersembunyi. hidup dengan sendirinya dan sifat-NYa kekal. Ilmun >< Jahlun Ilmu artinya “mengetahui”. Firman Allah QS. g. maksudnya Allah memiliki sifat Maha Mengetahui terhadap segala sesuatu. bahkan suara hati manusia akan didengar oleh Allah swt. sebab dimana manusia berbicara Allah mendengar. sebab kewajiban manusia hanya berusaha dan yang menentukan segalanya adalah Allah swt. Hidup tidak pernah berakhir dengan kematian. agar manusia dalam berbicara harus berhati-hati. Dengan demikian wajib bagi Allah bersifat hayat. dan mustahil bagi-Nya bersifat maut alias mati. Sikap ini harus ditanamkan dalam perilaku sehari-hari. cabul. f. ditempat ramai atau tersembunyi. Sifat Allah itu sebagai bukti bahwa Allah tidak pernah didahului oleh ketidaktahuan. siang malam. Hayat >< Mautun Hayat artinya “hidup” . jangan berbuat maksiat sebab Allah pasti melihat meskipun dimana saja kita berada.

Maksudnya Allah memiliki sifat berbicara kerpada makhluk. An. didunia ini hati-hati. Kalam >< Bukmun Kalam artinya berbicara. Penglihatan Allah sangat luas tidak dibatasi oleh suatu apapun. Firman Allah QS.Injil. Firman Allah dalam Qs. dan Al Quran. Kalam ydi maksud adalah pemberian petunjuk bagi manusia berupa wahyu Allah. i.Nisa (4) : 164       …  “ Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung”. Manfaat mempelajarinya agar manusia mau taat dan patuh terhadap kalam Allah sebab kalam Allah Pasti selalu benar. sedangkan menurut Abu Hasan Al Asy Ari ditambah 7 sifat lagi yaitu : 14. Sifat Allah tersebut diatas (13 sifat) menurut pendapat abu Musa Al Maturidi. Baik wahyu melalui malaikat jibril dengan demikian mustahil Allah bersifat “bisu” (bukmun). Taurat. Sebagai bukti Allah bersifat kalam adalah adanya wahyu yang difirmankan kepada Rasul-RasulNya seperti yang tercantum dalam kitab Zabur. Maksudnya Allah Maha Melihat kepada seluruh maklhuk-Nya. Hayyan Mayyitan Dzat Yang Hidup >< Dzat Yang Mati 18 Sami’an Kaunuhu Ashamma Maha Mendengar >< Dzat Yang Tuli 19 Bashiran Kaunuhu Ama Dzat Yang Maha Melihat >< Dzat Yang Buta 20 Mutakaliman Kaunuhu Abkama Dzat Yang Berfirman >< Dzat Yang Bisu 39 . jangan berbuat maksiat sebab Allah pasti melihat me Manfaat mempelajarinya. Al –Hujurat (49) :18             “Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib di langit dan di bumi dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. Muridan Kaunuhu Karihan Dzat Yang Maha Berkehendak >< Dzat Yang Terpaksa 16 Aliman >< Kaunuhu Jahilan Dzat Yang Maha Mengetahui Dzat yang sangat Bodoh 17. Allah Maha Melihat terhadap yang nampak maupun yang tersembunyi. agar manusia dalam menjalani kehidupan skipun dimana saja kamu berada. Qodiran Kaunuhu Ajiyan Yang Maha Kuasa >< Yang Tidak Kuasa 15.Bashar artinya melihat.

Pengertian Asmaul Husna Asmaul Husna berarti nama-nama yang baik dan indah berjumlah 99. seperti sifat no 2. Baihaqi). Al Fatihah (1) : 4 Sebagai perwujudan tauhid uluhiyah bagi seorang mukmin selalu beribadah kepada Allah. yaitu sifat-sifat yang membedakan Allah swt. Sifat Nafsiah ( kedirian). Sifat Maknawiyah. akan masuk surga. b.dan pengatur segala yang ada di alam semesta ini. 5 dan 6. Barang siapa menghapalkannya. Sesungguhnya Allah itu witir ( tidak genap). Yaitu tarkulikulimumkinin aufilulu artinya Allah berwenang menciptakan semua atau tidak. diwujudkan dalam 3 hal yaitu: a. 4. yaitu sifat-sifat yang tergantung pada maani 3. 13. yaitu sifat yang pertama Sifat Salbiyah. Sifat Maani. Memiliki 1 sifat jaiz (wewenang) Allah swt. Asmaul Husna dapat dibagi 5 kelompok: 40 . yaitu sifat-sifat Abstraks seperti sifat-sifat nomor 7. Dia memiliki Al Asmaul Husna (nama-nama yang baik dan indah)” Dan dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah Rasulullah SAW bersabda : ”Sesungguhnya Allah mempunyai 99 nama yaitu 100 dikurangi 1 (satu). Menurut Abdullah Sani dalam bukunya Asmaul Husna 76 nama dari Asmaul Husna terdapat dalam Al Quran. 10. 9. keyakinan dan makrifat kepada Rububiyah Allah swt. Dengan zat-zat yang lain. 3. keyakinan dan makrifat kepada ”Asma wa Sifatihi Allah swt ” artinya Allah memiliki nama-nama indah serta sifat-sifat yang Maha sempurna dan maha luhur. penguasa. 12. Artinya Allah adalah ilaah ( sesembahan) yang haq. 11. sedang 23 lainnya terdapat dalam hadis. khusus (rukun Islam) maupun ibadah umum yaitu segala aktifitas yang bernilai positif dilakukan dengan ikhlas mengharap ridho dari Allah swt. Memiliki Pengetahuan. Tanda-tanda penghayatan terhadap sifat-sifat Allah Tanda-tanda seorang mukmin dalam menghayati sifat-sifat Allah. Sebagai perwujudan tauhid Asma Wasifatihi bagi mukmin selalu selalu berdzikir dan mengamalkan sifat-sifat Allah serta berakhlak Mulia. Thaha (20) :8           ”Dialah Allah Tidak ada Tuhan Melainkan Allah. B. Sifat-sifat Allah yang 20 tersebut diatas dikelompokkan menjadi 4 yaitu: a. Memiliki Pengetahuan.Selain sifat wajib dan mustahil yang tersebut diatas. keyakinan dan makrifat kepada Uluhiyah Allah swt. Artinya : bahwa Allah swt adalah Rabb Pencipta.Asmaul Husna 1. c. 8. Allah swt. b. Memiliki Pengetahuan. Dia menyukai witir itu” ( HR. Sebagai perwujudan tauhid rububiyah ini bagi seorang mukmin selalu bertawakal dan bersyukur atas nikmat yang dianugerahkan oleh Allah kepadanya. sedang segala sesembahan lainnya adalah batil( QS. Asmaul Husna diterangkan dalam Firman Allah QS.

D. Kelompok yang berhubungan dengan Ciptaan Allah swt. Al Bashir ( Maha Melihat). seperti Al Adzim ( Maha Agung). BEBERAPA PERILAKU BAIK (HUSNUL KHULUQ)  Khusnuzhon kepada Allah swt. Al Huduts ( Maha Suci). As Somad (Maha Dibutuhkan).A. Tulislah 13 sifat wajib bagi Allah beserta artinya ! 2. Seperti Al Alim ( Maha Mengetahui). Kelompok yang berhubungan dengan keluasan ilmu Allah swt. ! 3. atau segala keputusan 41 . Orang yang mempunyai sikap khusnuzhon berati orang yang senantiasa berprasangka baik. kepada sesama. Tulislah minimal 10 asma’ul Husna ! BAB IV PERILAKU TERPUJI A. Kasih Allah swt kepada Makhluk. Al haq ( Maha Benar). Jelaskan pengertian dari asma’ul Husna! 5. B. Tulis dalil naqli dari sifat baqa’ ! 4. Evaluasi Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat ! 1. seperti Arrahman ( Maha Pemurah) Ar Rahim (Maha Pengasih) Al Halim ( Maha Penyantun). Al Mushawwir ( Maha Membuat Bentuk) C. Kelompok yang berhubungan dengan zat Allah swt seperti Al Wahid ( Maha Tunggal). Seperti Al Khaliq ( Maha Pencipta). Kelompok yang berhubungan dengan keagungan kemuliaan zat-Nya. Al Bari ( Maha Mengadakan dari tiada). As Sami’ (maha Mendengar) C. Al A lii ( Maha Tinggi) E. Khusnuzhon adalah sikap atau keadaan jiwa yang berprasangka baik. Al Aziz ( Maha Perkasa). Jelaskan 3 tanda kebesaran Allah swt.

lebih-lebih kepada segala keputusan (takdir) Allah atas hamba (dirinya) Keuntungan lain lain yang diperoleh seseorang yang memiliki sifat husnudzon ialah. Sehingga timbul suatu keyakinan yang hakiki akaqn kebesaran Allah dan kemahakuasaan Allah swt. Hikmah daripada sifat gigih adalah memperoleh apa-apa yang dicita-citakannya. Maksudnya seluruh ucapan dan ragam gejala yang nampak pada pada tingkah laku seseorang diterima sebagaimana adanya tanpa diiringi dugaan-dugaan yang tidak baik. pendirian dan norma hidup. begitupun bila segala sesuatu yang diinginkan tidak tercapai maka sikapnya tidak akan menjauh dari Allah swt. An-Nahl (16) : 44. siapapun orangnya akan terhindar dari malapetaka duniawi dan kufur kepada Allah swt. karena inisiatif sangat diperlukan dalam mengembangkan harkat dan derajad kehidupan manusia. tidak terlalu mudah memberikan penilaian yang salah atau negatif. yakni manusia yang pandai membaca . Inisiatif berarti usaha sendiri. Baik yang menyangkut nilai-nilai positif (makruf) atau sebaliknya menghindari perilaku negatif.emanfaatkan akalnya. diserukan untuk gigih dalam mengabdi kepada Allah swt. kesuksesan seseorang sangat dipengaruhi kuantitas dan kualitas dalam inisiatif beramal. yang diakibatkan sifat dan tingkah laku orang lain. maka ditemukan energi listrik. tetap dan teguh pada pendirian dan pikiran. Oleh sebabitu sangat dibutuhkan manusia yang ”tanggap” terhadap segala perkembangan. Di era globalisasi sekarang ini terjadi persaingan disegala bidang kehidupan. kemudian membuat kreasi baru (karya baru) atau berinisiatifmemproduksi semua potensi menjadi berdaya guna. selanjutnya menjadi bahan renungan atau kreatifitas berfikir dalam semua waktu dan tempat. langkah awal. Dengan demikian manusia harus mampu berinisiatif untuk memanfaatkan peluang disetiap pergantian waktu. Sifat husnudzon merupakan salah satu sifat terpuji. menghimpun dan meneliti (iqra) sebagaimana kualitas SDM yang dibekalkan Allah swt. orang yang memiliki sifat ini termasuk salah seorang yang beruntung. Contoh seorang yang yang gigih adalah Thomas Alfa Edison dam eksperimen yang dilakukan secara berulang ulang. Makna lain adalah” teguh hati” dalam menjalankan serta memperetahankan prinsip. dan menjadikannya sebagai kreasi yang berarti. was-was dan khawatir serta sakit hati. Jauh dari perasaan gelisah.( QS> AT Tahrim (66) : 10-12 Dalam ajaran Islam. maka ia akan lebih mampu untuk menahan diri. baik industri. Berinisiatif berarti mengembangkan dan memperdayakan sektor kreatifitas daya fikir manusia untuk merencanakan ide atau buah pikiran menjadi konsep baru yang pada gilirannya diharapkan dapat berdaya guna dan bermanfaat. ide baru. Dengan memiliki sikap ini. baik dibidang agama.(takdir) Allah swt. Gigih Gigih berarti keras hati. Semuanya menjadi tanda bagi orang yang pandai m. atau hati yang tertutup QS: Muhammad (47) : 24 42 . Manusia yang berinisistif adalah manusia yang mampu mencermati kreasi Ilahi. Aturan agama menjelaskan. Kepada Rasulullah saw.jasa maupun pariwisata dal lain-lain.   Berinisiatif Berinisiatif berasal dari kata inisiatif. Banyak ayat-ayat Al-Quran yang menggugah manusia selalu berinisiatif (dengan kalimat ”agar mereka berfikir”) diantaranya dalam QS. maupun segala hal yang terkait dengan sisi keseharian yang ditempuh manusia. Kehidupan seorang manusia dianjurkan untuk menampilkan sikap berinisiatif. Dengan demikian orang yang gigih ialah orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai yang di cita-citakan sampai pada batas kemampuan. sebab jika kehidupan rohaninya telah diwarnai sifat ini. kehidupannya selalu diliputi oleh ketenangan dan ketentraman serta kedamaian. Siti Masithoh dimasukkan bejana byang berisi minyak mendidih beserta seluruh keluarganya demi mempertahankan keyakinannya kepada Allah swt.Atau pada masa Piraun.

Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orangorang yang berbuat baik. ”Syafaqah” ialah perasaan belas kasihan sehingga senantiasa ingin berbuat baik bagi sesama b. makhluk. diperlukan adanya kesediaan dengan ikhlas hati untuk memberikan sesuatu yang kita miliki untuk keperluan orang lain atau masyarakat. Mengapa akhlak terpuji sangat penting bagi kaum muslim/muslimat? 43 . Contoh : Tidak lupa menyiram bunga. Olehnya itu Islam memberikan pedoman tentang hubungan alam dengan lingkungan: 1. Contoh : Ketika menyembelih binatang menggunakan pisau yang tajam. 3. keserasian.berbangsa. Sebab lingkungan harus tetap terjaga kelestarian dan kelangsungan hidupnya. 2. Akhlak terhadap makhluk dapat ditempuh melalui dua cara yaitu : a. yaitu memelihara keserasian dan kelestarian serta tidak merusaknya. Rela berkorban Menurut istilah berarti bersedia dengaan ikhlas hati dengan tidak mengharap imbalan. meskipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya. Hal ini di tegaskan oleh Allah dalam QS. benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. kebersamaan. memberi makan dan minum serta tempat bila memelihara hewan. Dalam kehidupan bermasyarakat. kelestarian dan kesinambungan alam dan lingkungan. Makna yang terkandung dalam pengertian ini adalah bahwa untuk mencapai suatu kemajuan. Manusia dalam pemanfaatan alam harus tahu batas-batasnya. Dilarang mengekploitasi alam lingkungan hanya untuk kepentingan napsu serakah belaka B.  Sikap yang benar terhadap makhluk lain selain manusia Lingkungan hidup merupakan dukungan terhadap kehidupan dan kesejahteraan. bukan saja terhadap manusia tetapi juga makhluk lain. 4. Hidup manusia sangat tergantung kepada alam dan lingkungannya. Alam dan lingkungan ini diperuntukkan bagi manusia dan manusia diperintahkan untuk memakmurkan dengan cara memanfaatkan sebaik-baiknya. dan mau memberikan sebagian yang dimiliki. Akhlak terhadap lingkungan hidup dapat diwujudkan dalam bentuk perbuatan ihsan. dan kesejahteraan masyarakat. Manusia harus tetap menjaga keseimbangan. Kerusakan di darat berupa terjadinya kekeringan atau tanah longsor atau banjir ketika musim penghujan atau kekeringan ketika musim kemarau karena penggundulan hutan dan punahnya beberapa jenis binatang yang bisa mengganggu kesinambungan ekologi . Sehingga secara berkesinambungan tetap dalam fungsinya sebagai pendukung kehidupan. kemajuan. baik yang berkaitan dengan harta. Dalam ajaran Islam sikap rela berkorban sangat dianjurkan . dan bernegara kerelaan berkorban sangatlah penting sebab tidak ada kerukunan. bangsa dan negara tanpa adanya kerelaan berkorban dari warganya. Evaluasi 1. tenaga bahkan jiwa atau nyawapun dipersembahkan kehadirat Ilahi demi mengharapkan ridho-Nya. dan keseimbangan dalam hidup bermasyarakat. ” Himayah” ialah memelihara makhluk lain dengan penuh kasih sayang. Al-Ankabut (29) : 69              ”Dan orang-orang yang yang berjihad untuk (mencari keridhoan) Kami. Apa pengertian bahasa akhlaul karimah ? jelaskan 2.

Pendahuluan Apakah yang disebut Sumber hukum Islam? Sumber hukum Islam adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan dasar aturan atau pedoman agama Islam. Al-Quran adalah wahyu Allah swt. Sebagai mukjizat. Bagaimana caranya berakhlak yang baik terhadap Allah swt? Manfaat apa saja yang diperoleh bagi orang yang berakhlak baik jelaskan! Coba jelaskan dampak orang-orang yang berakhlak tidak terpuji dalam masyarakat! Bagaimana caranya berbuat baik terhadap kedua orang tua? Jelaskan 7. 5. Untuk memahami sumber-sumber hukum Islam tersebut. ALQURAN a) Definisi Al-Quran Menurut bahasa A-Quran adalah ”bacaan atau dibaca” sedang menurut istilah berarti kumpulan Wahyu swt. Yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. mengapa seorang muslim/muslimah dirinya perlu dihiasi dengan akhlak terpuji? BAB V SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM I .3. 6. Karena Al-Quran banyak menyebutkan tentaqng peranan fungsi akal.. sebagai pedoman hidup bagi muslim dan sebagai korektor serta penyenpurnaan terhadap kitab-kitab Allah yang diturunkan sebelumnya serta Al-Quran bernilai abadi. Halini berdasarkan ketetapan Rasulullah saw. Al-Quran telah menjadi salah satu sebab penting masuknya orang-orang Arab di zaman Rasulullha saw. 1. yaitu rakyu yang pelaksanaannya melalui Ijtihad. Kedalam Agama Islam. berikut ini akan dijabarkan penjelasannya. Sebagaimana sabda Rasul saw: ”Aku tinggalkan dua perkara yang jika kamu sekalian berpegang teguh pada keduanya tidak akan tersesat selamanya yaitu Al-Quran dan Sunah-Ku”. maka para ulama menjadikan nakal sebagai sumber hukum ketiga. 4. Dan menjadi sebab penting bagi masuknya orang-orang non muslim sekarang. Yang berfungsi sebagai mukjizat bagi Rasululah saw. Melalui perantara malaikat Jibril dan bagi yang membacanya mendapat pahala.. Ketika mengutus Muad bin Jabal ke Syam. 44 . Telah disepakati bahwa sumber pokok hukum Islam adalah Al-Quran dan Al-Hadits.

Sebagai pedoman hidup. yaitu hadits yang berupa keinginan Rasulullah saw. namun belum sempat terlaksana. Baik berupa perkataan. 114 surat. Bila ditinjau dari hukum syara’ terbagi menjadi 2 kelompok : a. 323.. b. perbuatan. Sebagai muslim. Hukum yang berkaitan dengan ibadah : hukum yang mengatur hubungan ruhaniah dengan Allah swt. Pengertian Al-Hadits adalah segala perilaku Nabi saw. dengan sesama dan alam sekitar.236 ayat.015 huruf dan 77. Yakni tuntutan agar setiap muslim memiliki sifat-sifat mulia sekaligus menjahui perilku-perilaku tercela. Hukum Muamalah. Hukum yang berkaitan dengan akhlak. Isi kandungan Al-Quran Isi kandungan Al-Quran dilihat dari segi kuantitas dan kualitas. b). AL-HADITS a.. Hadits Qauliyah : Hadits yang didasarkan atas segenap perkataan dan ucapan Nabi Muhammad saw. ketetapan serta diamnya. Selain itu dikenal Hadits lain yang disebut Hadits Hammiyah. Dan hal-hal lain yang berkaitan dengan keimanan. Segi kualitas Isi pokok Al-Quran ( ditinjau dari segi hukum ) terbagi menjadi 3 bagian : a. c. Terhadap apa yang dilakukan sahabatnya. Hukum ibadah b. manusia dengan sesamanya.439 kosakata. 6. Hadits Filiyah : Hadits yang didasarkan atas segenap perilaku dan perbuatan Nabi Muhammad saw. termasuk hukum ini adalah: • Hukum Munakahat ( pernikahan) • Hukum Faraid ( waris) • Hukum Jinayah ( pidana) • Hukum Hudud ( perdata) • Hukum jual beli dan perjanjian • Hukum al Khilafah ( tata negara) • Hukum makanan dan penyembelian • Hukum Aqdhiyah ( pengadilan) • Hukum Jihad ( peperangan) • Hukum Dualiyah ( antar bangsa) 2. ilmu yang mempelajarinya disebut ilmu tauhid atau ilmu kalam. disamping diwajibkan memtaati Al-Quran. 2. 45 . Pengertian Hadits tersebut adalah indentik dengan ”sunnah” yang berarti jalan atau tradisi juga undang-undang yang tetap berlaku” Al-Hadits merupakan sumberhukum Islam yang kedua setelah Al-Quran. b. Hadits Taqririyah : Hadits yang didasarkan pada persetujuan Nabi Muhammad saw. Hukum yang berkaitan dengan amaliah yang mengatur hubungan dengan Allah. Al-Quran banyak mengemukakan pokok-pokok serta prinsipprinsip umum pengaturanhidup dalam hubungan antara manusia dengan Allah swt. c). 1. Hukum ini tercermin dalam rukun Islam dan disebut ilmu fiqih. dan manusia dengan lingkungannya. berkewajiban pula mentaati apa-apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad saw. b) . Segi kuantitas Al-Quran terdiri dari 30 juz.. Macam-macam Hadits a).

”Tidak boleh seseorang mengumpulkan (memadu) seseorang wanita dengan seorang bibi dari pihak bapak (”Amah”). Menurut arti bahasa Ijtihad berarti : memeras pikiran. Dhaif : yaitu hadits yang tidak tersambung sanadnya 2). ”Bayan Tasyri) yaitu menetapkan hukum aturan-aturan yang tidak terdapat di dalam Al Quran . Islam menggariskan ijtihad sebagai sumber hukum ketiga. Orang yang melakukan ijtihad disebut Mujtahid.. 3. 2. b. Hadits maqbul yaitu hadits yang bisa dijadikan sumber hukum. dan seorang wanita dengan Khalah (bibi dari fihak ibu)” (Bukhari-Muslim) c. Fungsi Hadits Terhadap Al-Quran 1. Hasan : yaitu hadits yang dari segi hafalan rawinya kurang bila di bandingkan hadits Shahih. dengan menggunakan akal pikiran serta berpedoman kepada ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Pembagian Hadits Istilah istilah yang dipakai dalam ilmu Hadits adalah: • Matan : ialah materi yang disampaikan oleh perawi • Rawi : ilah orang yang meriwayatkan • Sanad : ialah orang yang menjadi perantarasampai kepada Nabi saw. Misalnya ayat Al-Quran yang memerintah salat. Sabda Rasulullah saw.durhaka kepada kedua orang tua dan berkata dusta” (HR. dan perawinya sempurna hafalannya. IJTIHAD Al-Quran dan Hadits tidak akan berubah dan mengalami penambahan isi bersamaan dengan berakhirnya wahyu. mencurahkan tenaga. Munqathi : yaitu hadits yang salah seorang perawinya tidak disebutkan namanya 3.. dan sanadnya hadits terbagi menjadi dua: a. menunaikan haji atau membayar zakat. Mauquf : yaitu segala sesuatu yang berasal dari para sahabat 3).Dan jahuilah perkataan dusta ” Larangan ini diperkuat Hadits : ”Sebesar-besar dosa adalah syirik kepada Allah swt. Ditinjau dari matan. ”Bayan Taqrir” yaitu berfungsi memperkuat hukum yang telah ditetapkan Al-Quran. 3).. Kepada Abdullah bin Mas’ud: 46 . Untuk rinciannya dapat kita temukan didalam hadits. Menurut istilah ijtihad berarti : berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memecahkan suatu masalah yang tidak ada ketetapan hukumnya.c. rawi. Adapun dasar keharusan ijtihad antara lain terdapat dalam Al-Quran surat An-Nisa (4) : 59 dan sabda Rasulullah saw. Hadits Mardud yaitu hadits yang tidak bisa dijadikan sebagai sumber hukum . Shahih : yaitu hadits yang cukup sanadnyadari awal sampai akhir. secara maksimal atau berusaha dengan sungguh-sungguh. Misalny diharamkan menghimpun dalam pernikahan seorang wanita dengan bibinya. semua bersifat umum. seperti hadits: ”Salatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku (Nabi) mendirikan salat”. Imam Bukhari). sementara permasalahan dan problematika kehidupan senantiasa muncul sejalan dengan perkembangan peradaban manusia. Untuk menjawab masalah tersebut. Mutawatir : yaitu hadits yang memiliki banyak sanad dan mustahil perawinya berdusta. contoh : 1). ”Bayan Tafsir” yaitu memberikan rincian dan penjelasan terhadap ayat-ayat AlQuran yang masih bersifat umum (global). 2). contoh : 1). Sebagai contoh Al-Quran melarang berdusta yang artinya: ”.. membunuh jiwa. baik dalam Al-Quran maupun Hadits.

Contoh ijtihad adalah mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang masih berserakan kemudian membukukannya sebagai mushaf sebagaimana yang kita miliki sekarang. Bahwa terjadinya sesuatu merupakan sebab. Sedangkan hukum wad’iialah ketentuan Allah swt. 47 . Qiyas berarti menetapkan hukum suatu masalah atau kejadian yang tidak ada hukumnya dengan masalah yang sudah ada hukumnya. An_Nisa (4) :59. Pengertiannya adalah segala perintah Allah yang harus dilakukan. Wajib (Fardhu) adalah suatu keharusan.”Berhukumlah engkau dengan Al-Quran dan As-sunnah apabila persoalan itu kau temukan pada dua sumber tersebut.Adanya kemampuan menjadi syarat wajibnya menunaikan ibadah haji. Misalnya salat. PEMBAGIAN HUKUM ISLAM A. Dari segi inilah Islam sangat menghargai Ijtihad. menjadi sebabnya kewajiban berwudu terlebih dahulu. kemudian ia melakukan ijtihad dan ternyata hasil ijtihadnya benar. • Mengetahui isi dan kandungan Al-Quran dan Al-Hadits • Mengetahui seluk beluk bahasa Arab dengan segala kelengkapannya • Mengetahui ilmu ushul dan kaidah-kaidah fiqih secara mendalam • Mengetahui soal-soal ijma Adapun hal-hal bisa di ijtihadkan adalah hal-hal yang didalam Al-Quran dan hadits tidak diketemukan hukumnya secara pasti. tapi apabila engkau tidak menemukannya pada dua sumber tersebut maka berijtihadlah” Syarat syarat melakukan Ijtihad. Kesepakatan seluruh mujtahid tentang hukum syara yang belum ditentukan hukumnya setelah Rasulullah saw. maka ia memperoleh dua pahala. Serta Islam sangat menghargai peran akal. alasan. Berpegang pada hasil Ijtima diperbolehkan berdasarkan QS.wafat. Bentuk-bentuk ijtihad 1) Ijma Kesepakatan para pakar Islam tentang hukum suatu masalah yang belum disebutkan dalam AlQuran dan Hadits. 2) Qiyas Menurut Istilah . karena diantara keduanya ada persamaan Illat (sebab-sebab hukumnya) Contoh : mengharamkan minuman keras seperti bir atau wiski. sifat) yaitu sama-sama memabukkan atau najis. syarat. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. : ”Apabila seseorang hakim memutuskan perkara. namun apabila ijtihadnya salah. juga harus taat kepada yang mempunyai keahlian (kekuasaan ) dalam bidangnya. Hukum Taklifi dan Hukum Wad’i • Pengertian Hukum Taklifi menurut bahasa berarti hukum pemberian beban. Menurut istilah ialah ketentuan Allah swt yang menuntut mualaf (balig dan berakal sehat) untuk melakukan atau meninggalkan suatu perbuatan atau berbentuk pilihan untuk melakukan atau tidak melakukan suatu perbuatan. Berdasarkan ayat tersebut setiap muslim disamping diperintahkan untuk taat dan patuh kepada Allah dan Rasul-Nya. atau penghalang bagi adanya sesuatu hukum. asal peran akal ini dipergunakan melalui rambu-rambu yang telah ditetapkan. maka ia memperoleh satu pahala. Bukhari-Muslim). 1. termasuk para mujtahid (ulama).(QS. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa problema kehidupan manusia yang muncul senantiasa bisa dijawab oleh Islam melalui pintu ijtihad.(HR. II. Al-Maidah (5) : 90-91 karena antara kedua-duanya terdapat illat ( sebab. Haramnya minuman ini karena dikiyaskan dengan khamar yang disebutkan dalam Al-Quran.

adalah suatu ketetapan yang apabila sudah dikerjakan oleh sebagian orang muslim. c. Sunnnah Ghairu muakkad adalah sunnah biasa. laka orang muslim lainnya terlepas dari kewajiban itu. makruh d. Sunnah adalah perkara yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala. b. Hukum Islam dibagi menjadi 5 bagian. 3. Sejarah Dakwah Rasulullah saw Periode Mekah 48 . Al Hadits dan Ijtihad ? Jelaskan b. Fardhu Kifayah. 1. Adapun macam-macam wajib antara lain: Wajib Syar’i. adal. Makruh adalah suatu hal yang tidak disukai /diinginkan. seperti mengangkat kedua tangan ketika takbir. sebaliknya jika tidak dikerjakan terhitung dosa. salat jumat. misalnya salat terwih dan salat Idul Fitri.a. seperti : membaca tasyahud awal. d. m. Wajib Aqli adalah suatu ketetapan hukum yang harus diyakini kebenarannya karena masuk akal atau rasional. puasa Ramadhan dan lain sebagainya.Apa pengertian menurut bahasa Al Quran. Haram. adalah suatun perkara yang dilarang mengerjakanya. dan kalau terlupakan maka harus melakukan sujud sahwi. antara lain salat lima waktu. Misalnya memberi salam kepada orang lain dan puasa pada hari senen dan kamis. seperti minum-minuman keras. Evaluasi: a. Sunnah Haiat adalah perkara-perkara dalam salat yang sebaiknya dikerjakan.ah suatu ketentuan yang apabila dikerjakan mendatangkan pahala. 2. petai dan lain-lai. Sunnah Muakkad adalah sunnah yang sangat dianjurkan. dan sebagainya. adalah suatu ketetapan yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. dan apabila di tinggalkan tidak berdosa. Fardhu Aini. Sunnah c. 4. Akan tetapi jika tidak ada yang mengerjakannya maka berdosalah semuanya. Akan tetapi apabila dikerjakan tidak berdosa. dan lain-lain. dan sebagainya. judi.Apa yang dimaksud dengan wajib Syar’i dan wajib aqli jelaskan! apa bedanya Fardhu ’ain dan kifayah? Jelaskan! apa pengertian menurut istilah syara’tentang hukum Islam dibawah ini: wajib b. Mubah e Haram BAB VI KETELADANAN RASULULLAH SAW PERIODE MEKAH A. yaitu : harus dikerjakan. adalah suatu perkara yang apabila dikerjakan atau ditinggalkan tidak berpahala dan juga tidak berdosa. Seperti makan bawang mentah. Apabila dikerjakan terhitung dosa. Adapun macam-macam sunah antara lain: a. Sunnah ab’ adh adalah perkara-perkara dalam salat yang harus dikerjakan. Sebaliknya jika ditinggalkan kita memperoleh pahala. Mubah.encuri. dan jika ditinggalkan berpahala. mengucapkan Allahu akbar ketika akan rukuk dan sujud.

sebab mereka akan takut kehilangan kekuasaan dan pengaruh. Mereka mengira sekedar gerakan saja yang akan lenyap dengan sendirinya. Sedang menurut Ahmad Syalabi. kaum Quraisy belum mencurahkan perhatiannya untuk menentang Agama Islam. 49 . Menyangkut ini. Pertamakali yang menerima ajakan itu adalah istrinya Khadijah. Tidak ada sesuatupun yang menyerupai-Nya. ada kaitannya dengan ekonomi. Patung-patungnya untuk mengharapkan kekuatan rohani dan berkat. Karena mereka menganggap akan meruntuhkan tradisi-tradisi dan dasar-dasar kehidupan mereka 1. Sementara itu penjaga-penjaga Ka’bah merasa pula bahwa mereka akan kehilangan kekayaan dan pengaruh. al Uzaa. Kaum Quraisy tidak menerima agama yang mengajarkan manusia bahwa akan hidup kembali dengan tidak mempunyai kekuasaan dan pengaruh. mulailah nabi menda’wahkan ajaran Islam ditengah-tengah ketersesatan masyarakat Mekah.apabila ia lebih bertakwa. Tetapi kenyataan berbicara lain. Oleh karena itu bagi bangsa Quraisy bukanlah hal yang mudah untuk menyerahkan pimpinan kepada Muhammad. semua urusan sudah selesai. bahkan kematian akan memberikeleluasan. Ajaran da’wah nabi Muhammad yang palingn pokok adalah keyakinan kepada Allah Yang Maha Esa (Tauhid). Zaid. Gambaran ini adalah gambaran keadilan yang tidak diingini oleh tiap-tiap penganiaya. Zubair bin Awwandan Thalhah bin Ubaidullah. menuju pada kesalehan. bin Jarrah. Karena itu saudagar-saudagar memandang agama Islamsebagai penghalang rizki. Menerima risalah kenabian. Ketiga tidak menerima ajaran adanya hari berbangkit. Mereka beralasan. ada lima penyebab yang mendorong kafir Quraisy menentang agama Islam dan kaum muslimin yaitu: Pertama Persaingan merebut kekuasaan. Bahwa masyarakat Mekah harus meninggalkan penyembahan berhala. Gambaran pertanggung jawaban yang amat ditakuti oleh orang-orang yang berdosa. Manah dan Hubal. sebab tidak lagi tertarik pada penyembahan dan pembelian patung-patung. Kafir Quraisy sadar bahwa yang dianggap gerakan itu ternyata semakin meluas pengaruhnya. seruan Nabi Muhammad itu dengan cepat menyebar dan telah memasuki rumah tangga mereka. ajaran persamaan derajat. Abubakar dan dengan perantara Abubakar kemudian masuk Islam antara lain Usman bin Affan. mereka baru sadar bahwa ajaran Nabi Muhammad ini menghendaki perombakan sosial dan politik yang sebagian diantaranya merasa posisi sosial politiknya terancam. kemudian disusul Ali. Karena itu kasta bangsawan dari Quraisy enggan menganut agama Islam. Mereka beranggapan kelak setelah meninggal. Islam memberikan hak sama kepada manusia. dan akan menyebabkanperniagaan mereka mati dan lenyap. telah tertarik dengan seruan Muhammad itu. serta dapat mempengaruhi kehidupan leluhur. Pada permulaan Islam. Mereka kaum kafir Quraisy tidak dapat membedakan antara kenabian dan kekuasaan. Menurut Yoseph Hell ada beberapa alasan penolakan terhadap Islam diantaranya yaitu: Mereka tidak menghendaki perombakan atas agama dan tatanan sosial politik mereka. Hak sama ini adalah suatu dasar yang penting disisi Allah swt. Awal Penyebaran Islam Setelah nabi Muhammad Saw. memahat dan menjual patung. Bangsa Arab hidup berkasta-kasta. Kedua. Alangkah kejamnya gambaran ini menurut pandangan pemimpin-pemimpin kaum Quraisy. Tetapi agama Islam melarang menyembah. Abdur Rahman bin Auf. dengan menerima ajaran tersebut be4rarti akan membatasi ruang gerak mereka. mereka beranggapan bahwa dengan tunduk kepada agama Muhammad berarti tunduk kepada kekuasaan Bani Abdul Muthalib. Keempat berkaitan dengan perniagaan patung. Dalam jangka waktu 3-4 tahun tercatat ada 40 orang yang beriman. Kemudian diadakanperhitungan dengan adil dan cermat. Bahkan hamba bisa menjadi lebih mulia dari tuannya. Abu Ubaidah. dan Arqam bin Abi al Arqam dan sa’ad bin Abi Waqqas. atau untuk sekedar kenang-kenangan. yakni memahat patung yang menggambarkan al-Lata. Para hamba sahaya bagi orang-orang kaya. Gambaran inilah yang mendorong mereka menolak agama baru. Maka mulailah bertindak kejam menyakiti Nabi dan para pengikutnya. Salah satu dari perusahaan orang arab zaman dahulu. Ka’bah dengan ratusan berhala di sekelilingnya menjadi income bagi mereka.

Kedua suku ini mendahului orang yahudi memeluk Islam agar mereka menjadi kuat. Antara lain : a. Sepuluh hari setelah Nabi di Tha. Mereka lebih awal mendengar kedatangan seorang Nabi. Sumpah ini dikenal sebagai ”Bai’ah Aqabah I” atau juga disebut ”bai’ah wanita”. Rasulullah Saw. namun di Tha. seperti dipasar. Ikrar (Bai’ah) Aqabah. Rasulullah didampingi pamannya Abbas. rumah-rumah dan perkumpulan maupun pada perayaan tertentu. Dan bahkan pada akhirnya dengan cara yang menyakitkan mereka mengusir Nabi. 73 orang penduduk Yastrib mendatangi Rasulullah dan mengajukan permintaan agar Rasululah berkenan hijrah ke Yastrib. Kemudian 50 . d. ada beberapa faktor penyebab sehinga orang yasrib dengan mudah memeluk agama Islam. dan mereka akan menerima sebagai nabi dannpemimpin. Antara suku aus Khazraj sering timbul peperanagan dan silang sengketa. Al-Maidah ayat 104) Nabi memanfaatkan segala fasilitas yang ada untuk menda’wahkan Islam.wahkan Islam yaitu dengan mendekati sekelompok jama’ah haji yang datang dari yastrib ditahun itu yang terdiri atas suku Aus dan suku dan suku Kazraj.if. sehingga sulit bagi mereka memeluk agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw. maka kaum kafir Quraisy bersekongkol untuk menahan laju misi itu dengan berbagai cara. 2) Iqrar Aqabah II Iqrar Aqabah II terjadi pada tahun ketigabelas kenabian. Saat itu ada 12 orang laki-laki dan satu orang perempuan yang disebut diatas datang mengunjungi Rasulullah dan berbaiat. taklid terhadap nenek moyang mereka. Al-baqarah :89) b. Melihat kepesatan para pengikut Muhammad ini. Inilah yang bersepakat memeluk Islam dan bersumpah setia di hadapan Nabi. Permusuhan antara bangsa Arab dengan bangsa Yahudi (lihat QS. Sehingga banyak panglima-panglima dan pemimpin Yastrib memeluk Islam. sehingga ketika bertemu dengan Nabi Saw. Bai’ah ini adalah semacam MOU (Memoris Of Undetunden). perjanjian inilah yang disebut dengan bai’ah Aqobah. Pada tahun ketujuh masa kenabian para pemuka Quraisy bersatu mengecilkan bani Hasyim. sebagian ada yang menerima seruan keislaman tetapi lebih mayoritas yang tidak menerima seruan Nabi itu.Kelima. sebelum hijrah ke Yastrib (Madinah). Dihadapan Nabi mereka menyatakan kesaksianya memeluk Islam dan bersama-sama mengangkat tangan Nabi seraya bersumpah bahwa mereka tidak menyembah sesuatu selain Allah semata. Tidak lama setelah ini Nabi menuju Tha. Dengan kaum Yastrib yang sedang menunaikan ibadah haji. Bahkan Rasulullah mengambil kesempatan mendatangi para kabilah yang berhaji untuk memeluk Islam. Tidak lama setelah perjanjian itu Nabi mendapat undangan Allah untuk mengadakan isra’ mi’raj untuk menerima kewajiban salat lima waktu sehari semalam. kesepahaman antara Nabi Saw. Meninggal pamannya. Iqrar Aqabah I Sekembali dari pengusiran di Tha. Penderitaan selama pengasingan ini selama tiga tahun. Maka mereka memeluk dan mengajak kaumnya masuk Islam. a. Ketike mereka telah kembali ke Madinah. Nabipun menuju Tha.if kekejaman tidak lebih ringan dari yang dialami di Mekah. Dalam menda. e. Kejadian ini terjadi pada tahun kesepuluh kenabian. Baru saja berakhir masa pengasingan. penasehat sekaligus pelindungnya. Menurut Ahmad Syalabi.if. Mengirim Muush’ab bin Umair ke Yastrib mengajarkan dan mendakwahkan Islam. maka ada langkah penting dalam sejarah yang ditempuh Rasulullah Saw.if. satu bulan kemudian meninggal istrinya. Bangsa Arab Yastrib lebih memahami agama-agama ketuhanan. Khadijah. (baca al-Quran S.if. Mereka enggan meninggalkan kebiasaan nenek moyang mereka. c. sebab adanya perempuan yang ikut pada perjanjian itu yang bernama Afrah binti Abid Ibnu Tsa’labah yang berlangsung di bukit Aqobah. Abu Thalib. Nabipun kembali ke Mekah. Mereka sepakat memboikot/ mengimbargo ekonomi dengan memaksa mereka menempati wilayah terpencil di luar kota Mekah yang dikenal dengan wilayah Syi’ib Abu Thalib (pertahanan Abu Thalib). maka cobaan menimpa Rasulullah dengan meninggalnya orang-orang yang dicintainya.

Rasulullh menggunakan jalan lain. Bahwa agama Yahudi waktu itu sangat berkembang di yastrib. Mendengar khabar tentang kedatangan rasul mekah langsung mereka sampaikan keyakinannya dan membenarkan khabar tersebut. Penganut yahudi meyakini akan adanya rasul terkhir. Lebih mengutamakan keyakinan akan kemuliaan dari yang telah dijanjikan Tuhandaripada kesenangan sesaat. 4. c. dua jalan yang kerap kali dilewati orangorang yang mau menuju keMadinah. Kekejaman orang Quraisy. 6. Ada beberapa hikmah yang dapat dipetik pada peristiwa hijrah. Kesetiaan inilah yang digambarkan oleh sahabat Abubakar Ashshiddiq dengan Ali Ra. Hijrah ke Madinah Faktor. Ali ada 6 faktor penyebab mudahnya Islam diterima masyarakat Madinah. tetapi menuju keselatan dan singgah beberapa malam pada sebuah gua yang dinamakan gua tsaur. sebagaimana di sampaikan kitab sucii mereka. b. tidak digunakan oleh Rasulullah. Tidak pernah surut dan ada rasa putus asa biar diwaktu paling sulit sekalipun. 6. Berkata: ”Saya ingin mengambil perjanjian dari kalian. kecuali waktu itu sahabat Abu Bakar dan Ali yang menemaninya. K. Maka berjanjilah mereka: ” bahwa mereka akan membelaMuhammad. sebab kekhawatirannya akan menjalar juga kesulitan itu padanya. Tergambar lukisan yang indah mengenai budi pekerti yang amat tinggi dan mulia. Nabi memakai siasat yang sangat jitu dan cemerlang. Ali Ra bersedia menjadi tumbal keganasan kafir Quraisy. dan jika berhadapandengan kesulitan. Ketika meninggalkan gua menuju nkeutara. Tergambar kesetiaan yang dalam dari seorang kawan. Antara mekah dan medinah telah terjadi hubungan perkawinan. sehingga kaum kafir Quraisy kelelahan dan kembali dengan putus harapan. 2. 3. beliau berusaha mencari jalan keluarnya untuk mencapai maksudnya. Bila beliau mencapai hasil yang baik dipupuk dan beliau pelihara. maka Rasulullah Saw mengijinkan kaum muslimin untuk melakukan hijrah kemadinah. Hijrahnya nabi berarti berartiberakhirnya periode mekah berganti dengan periode madinah. Sedang menurut Prof. yakni Hsyim telah mengawini seorang gadis medinah dan melahirkan seorang anak laki-laki-yang bernama ”Syabih” yang dikenal dengan Abdul Muthalib (kakek nabi Muhammad) 5. bahwa kalian akan menjaga saya sebagaimana menjaga keluarga dan anak-anak kalian sendiri”. Psikologi umat manusia seluruh dunia membuktikan bahwa perjuangan para Nabi tidak berkembang dinegeri sendiri.” Setelah peristiwa tersebut. Hikmah peristiwa Hijrah. Sehingga di perlukan pemimpin yang dapat mempersatukan kedua belah pihak.faktor Hijrahnya Rasul ke Madinah secara umum adalah Kondisi geografis sangat mempengaruhi sikap dan watak masyarakatnya. menyebabkan hijrahnya Rasulullah. Menjadi 51 . 5. sehingga kafir Quraisy tidak mengetahui jejak beliau. 3. dan siap menderita dengan segala macam keadaan. kebesaran jiwa dan kemauan yang kuat dari beliau untuk mengemban amanah yang luhur itu. harta benda dan keluarga untuk menuju tempat baru yang siap menerima risalah yang dikembangkannya itu. Madinah telah lama dilanda perang saudara antara baniAus dan Bani Khazraj.melakukan perjanjian dengan penduduk Yastrib yang bunyinya sebagai berikut: Rasulullah Saw. Nasab kakek nabi Muhammad adalah bergaris keturunan medinah. Ketika meninggalkan Mekah beliau tidak langsung ke utara. balkan masyarakatnya sendiri tidak menghormatinya. Dia rela menyerahkan segalanya termasuk dirinya dari pada Rasulullah saw dibunuh oleh mereka dikala itu. 4. 7. ketika kawan lagi ditimpa kesulitan. 1. sambil menunggu izin dari Allah untuk hijrah. Ditinggalkannya negeri tumpah darah. yakni dari suku Khazraj. 2. Para pemuka dan kalangan aristokrat Quraisy merupaka penentang Islam. yang sifatnya semu. yaitu: 1.

pelajaran bahwa sahabat nabi tersebut adalah sosok pahlawan-pahlawan penegak Islam sejati yang harus senantiasa dilestarikan nilai jihadnya oleh para pengikutnya hingga kini. BAB VII AYAT-AYAT AL QURAN TENTANG DEMOKRASI A. QS. Ali Imran (3) : 159 Tentang Prinsip Demokrasi 2. Penjelasan berdasar ilmu Tajwid Bacaan Hukum bacaan Idgham bigunnah Ikhfa Haqiqi Idzhar syafawi Ikhfa haqiqi Idzhar Halqi Al Qamariyah IkhfaHaqiqi Idzhar Halqi Cara membaca Rahmatin min Linta Lahum walau Kunta Fadl dlan ghalidla Alqalbu Lang fadldluu Min haulika Alasan 52 . Bacalah denang fasih sesuai dengan ilmu Tajwid 2.

dan apabila kamu telah membulatkan tekad maka bertakwalah kepada Allah swt. Ali Imran (3) : 159 Pada ayat ini Allah memuji akhlak Nabi Muhammad saw yang tinggi dalam memimpin masyarakat Islam. sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya”. Isi kandungan QS. e. mohonkan ampunbagi mereka. seperti terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh sebagian kaum muslimin pada peperangan uhud sehingga menyebabkan kaqum muslimin menderita kekalahan. tetapi Rasulullah tetap bersikap lemah lembut dan tidak marah 53 . Terjemahan ayat = = = = = = = = = = = = = ”Maka disebabkan rahmat dari Allah swt lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Karena itu maafkanlah mereka. dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.Idzhar Halqi Mad Aridl lisukun a. Meskipun dalam keadaan genting. Makna Mufradat/ Arti kata ’anhum almutawakkilien Maka disebabkan Rahmat Kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar Tentu mereka menjauhkan di Sekelilingmu maka maafkanlah Dan bermusyawarahlah urusan itu Telah membulatkan tekad lebih mencinta Orang-orang yang bertawakka b. tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.

Meskipun mendapat perintah Allah. Musyawarah adalah media untuk mensikronkan perbedaan-perbedaan dalam keputusan yang dapat diterima oleh semua pihak. Andai kata Nabi Muhammad saw. Rasulullah selalu bermusyawarah dengan mereka dalam segala hal. bahkan memaafkannya. karena tidak ada yang dapat membela kaum muslimin selain Allah swt. 4. Dan nabi Ismail as. mengenai suatu masalah atau beberapa masalah dengan maksud untuk mengambil keputusan atau kesepakatan bersama 5. Dalam QS. 2. Asy-syura 42: 38 Tentang anjuran bermusyawarah 1. Ruang Tajwid Bacaan Hukum Bacaan Mad thabi’i gunnah = tanda Waqf Jaiz ma’a kaunil waqf aula Ikhfa’ Cara Membaca Alasan Istajaa buu Karena Fathah di atas (jaa = panjangnya dua jim menghadapi alif harta) mati Mimma Karena mim bertasydid Shalah berhenti) (lebih baik = tanda waqf. sikap yang demikian ini hendaknya dipraktekkan dalam kehidupan kita B. 1. Perilaku yang mencerminkan QS. QS. antara satu golongan dan golongan lain. apalagi dalam urusan peperangan. beliau tetap menggunakan cara-cara yang demokratis. sepanjang kebebasan tersebut digunakan untuk menyebarluaskan kebenaran dan kebajikan. 3. Maka setelah kesepakatan usai harus dilakukan dengan penuh tawakkal. As-shaffat (37) : 102. politik dan sebagainya. Mereka tetap berjuang dan berjihad di jalan Allah dengan tekad yang bulat tanpa menghiraukan bahaya dan kesulitan yang mereka hadapi. 6. Al-Quran menyelipkan nilai-nilai demokrasi yang tercermin dalam dialog nabi Ibrahim as. Sedangkan menurut istilah yaitu berunding antara seseorang dengan orang lain. Islam memberikannhak dan kebebasan berfikir dan mengemukakan pendapat bagi umat Islam. bukan untuk kejahatan dan kekejian. Bacaan dan Penjelasan Bacaan  Bacalah ayat Al-Quran berikut dengan benar sesuai dengan tajwinya. sebagai standar moral harus dipatuhi dan tujuannya harus diarahkan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan. Bersikap keras dan berhati kasar. 159. Disamping itu. tentulah mereka akan menjauhkan diri dari beliau. Kebebasan berdemokrasi tidak pernah dikekang dalam syareat Islam. karena itu Islam mempersilahkan kepada siapa saja untuk mengadakan perkumpulan baik dalam bidang ekonomi. Musyawarah merupakan upaya memecahkan masalah bersama. sosial. tetapi nabi Ibrahim tidak pernah bertindak otoriter.terhadapa yang melanggar itu. Oleh karena itu kaum muslimin patuh melaksanakan keputusan-keputusan musyawarah itu karena keputusan itu merupakan keputusan mereka sendiri bersama Rasulullah. nun mati Yungfiquun (nun mati Karena 54 . Mereka bertawakkal sepenuhnya kepada Allah. untuk menghindari penyimpangan dan meletakkan langkah-langkah bersama yang secara bulat disepakati. (3). dan memohonkan untuk mereka ampunan dari Allah swt. Konsepsi kebebasan berekspresi dan berpendapatini ditunjukkan untuk amar makruf nahi munkar . Kata musyawarah berasal dari akar kata syawara yang artinya mengeluarkan madu dari sarang lebah. 5.

Sebutkan manfaat dari musyawarah ! c.”(Asy-Syura. 2. bahagia dunia maupun akhirat. Apa pengertian musyawarah menurut bahasa dan istilah ! b. Tugas Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat ! a. o Disiplin dalam mengerjakan salat yang hukumnya wajib o Selalu bermusyawarah. dalam hal-hal yang perlu dimusyawarhkan (Urusan dunia) o Menafkahkan sebagian rezeki karunia Alah swt. untuk hal-hal yang diridai-Nya (infa’fi sabilillah) Muslim/muslimah yang mengamalkan empat point diatas tentu selama hidupnya akan memperoleh rida dan rahmat dari Allah swt. Salin dengan benar QS.dibaca samar dengan menghadapi dengung) ikhfa :fa’ huruf a. Al Baqarah (2) : 233 dengan be 55 . Kenapa musyawarah diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat? e. Jelaskan prinsip-prinsip dari musyawarah ! d. Terjemahan Terjemahan Harfiah = = = Dan (bagi) orang-orang yang Menerima (memenuhi) seruan Tuhan-Nya Dan mendirikan salat Dan urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka dan dari rezeki yang kami berikan pada mereka mereka nafkahk f. dan mendirikan salat. 42: 38 tersebut adalah menjelaskan sifat-sifat orang beriman yang akan memasuki surga yaitu: o Senantiasa melaksanakan perintah Allahswt dan meninggalkan segala larangan-Nya. Terjemahan ayat = = = = ”Dan bagi orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya. 42: 38) 6. Kesimpulan Isi atau Kandungan Surah Asy-syura. sedangkan urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.

Al Hijr. Muslim) 56 . QS. untuk mengatur dan mengurus perjalanan alam semesta. Seperti mengatur udara.38: 71) Jin yang diciptakan dari “Nar” yang panas (QS. Yang berasal dari Aisyah: “Malaikat itu diciptakan dari cahaya. Malaikat diciptakan dari “Nur” (cahaya) berdasarkan hadis Rasulullah Saw. 55:15). Pengertian Iman kepada Malaikat Iman kepada malaikat ialah percaya dan yakin bahwa Allah telah mencdiptakan malaikat yang diberi tugas tertentu. Asal Kejadian Manusia diciptakan oleh Allah dari tanah (QS Al hijr. Arrahman. 15: 27.BAB VIII IMAN KEPADA MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH A. B. sedangkan Adam dari apa yang telah diterangkan kepada kamu semua”(HR. mengatur hujan. jin diciptakan dari api. 15: 28. mencabut nyawa dan mencatat segala perbuatan manusia. QS Ashaad.

mencatat amal-amal dan berbagai kemaslahatan yang lain. 57 . bila daya tarik nafsu mengalahkan daya tarik ruh Ilahi. Hidup ini harus ditempuh dengan hati-hati dan penuh perhitungan sekecil apapun perbuatan yang dilakukanakan mendapat balasannya. a. Makhluk yang tidak sombong dan selalu bertasbih kepada Allah. Dapat mengetahui kebesaran. Demikian pula iman kepada malaikat harus berfungsi dalam kehidupan manusia . Bila ditempuh jalan ketakwaan kedudukan manusia menempati posisi yang mulia disisi Allah swt. meskipun berbagai cobaan siap menghadang. 4. 2. malaikat dikenal dengan beberapa ciri diantaranya: 1. 5. Bisa bercakap-cakap dan menjelma sebagai manusia 3. Dalam rangka memerankan fungsi khalifah manusia diawasi malaikat-malaikat Allah.B. Mendidik kedisiplinan dan membiasakan untuk selalu taat kepada ajaran Islam. sehingga menugasi malaikat untuk memelihara. Terhindar dari penyakit takhayul dan khurafat dan bersamaan dengan itu untuk memperkokoh jiwa tauhid. dengan demikian disatu sisi malaikat berperan sebagai pangawas pengemban khalifah disisi lain menjalankan aturan yang telah digariskan Allah Agar perjalanan alam semesta dengan baik dan teratur. Hidup ini dijalani dengan penuh harapan dan optimisme. 2. Itulah salah satu sebab manusia diberi peran khalifah di bumi. Makhluk yang tidak pernah melakukan dosa dan maksiat 5. Makhluk yang mulia dan mempunyai kedudukan tertentu 4. 1. Sifat dan ciri Malaikat Sebagai Makhluk gaib (immateri). Selalu bersyukur kepada Allah swt. kekuatan dan kekuasaan Allah swt. E. Kebesaran makhluk pada hakekatnya adalah dari keagungan Sang Pencipta. C. Makhluk yang selalu patuh karena suci dari keinginan dan nafsu.Hikmah Iman terhadap Malaikat 7. Kedudukan Manusia dan Malaikat Kedudukan manusia berbeda dengan malaikat bila ditinjau dari segi keberadaan dan tugasnya. Atas perhatian-Nya terhadap manusia. Dibanding dengan malaikat. Fungsi Iman kepada Malaikat Tidak akan berfungsi pengakuan iman tanpa dibuktikan dengan amaliah sehari artinya keberadaan iman mengantar manusia mengendalikan perilakunya dari jalan yang tidak semestinya dilakukan. Adapun fungsi imankepada malaikat adalah: 1. Meningkatkan martabat manusia 2. D. Sebaliknya posisi manusia tersungkur dibawah derajad binatang. 3.

: ”Bertamu itu tiga hari ”(Muttafaq alaih) 58 . Tamu yang baik tentu akan memperhatikan peraturan atau cara yang telah di tetapkan sesuai dengan tuntunan agam. Sebutkan 10 malaikat sekaligus tugasnya! 4. sedang tidur atau disaat sedang makan. Tugas Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat! 1. Jadi hendaknya jangan bertamu pada waktu penerimanya sedang banyak pekerjaan. 11. tapi situasi tersebut perlu dipertimbangkan oleh orang-orang yang bertamu.! 2. 9. Dan menjadikannya ibrahdalam lehidupan kita. agar terhindar dari hal-hal yang mengecewakan. Artinya setelah keperluannya sudah cukup hendaklah segera pulang. Selalu cinta terhadap malaikat karena ibadah yang mereka lakukan kepada Allah swt. Sebutkan perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat BAB IX PERILAKU YANG BAIK A. Memberikan patokan secara umum bahwa bertamu itu paling lama tiga hari. karena yakin ada pelindung dan penolong. karena selalu diawasi oleh malaikat. Rasulullah saw. Pengertian Dalam pembahasan ini akan di ulas mengenai kiat-kiat bertamu dan menerima tamu. baik mengenai waktu bertamu maupun cara menempatkan diri. Berperilaku baik dan jujur.8. Sabda Rasulullah saw. yaitu sedang keadaan longgar. Taat melaksanakan perintah Allah swt. Memang tamuitu harus dihormati. Jelaskan pentingnya iman kepada malaikat! 3. 10. Jelaskan 2 (dua) alasan mengapa kita tidak perlu takut kepada malaikat. Sebagaimana dicontohkan oleh para malakat dalam pengabdian hanya kepada-Nya. Sebutkan 3 (tiga) fungsi iman kepada malaikat! 5. biasanya tergantung kepada keperluannya. Bertamu hendaknya memperhatikan keperluan/keadaan orang yang akan menerima tamu. Jelaskan buah iman kepada malaikat! 6. Berapa lama sebaiknya bertamu? Tidak ada peraturan yang pasti. Penuh optimis dalam menghadapi bentuk kehidupan ini.

artinya tidak mempunyai cukup rejeki untuk menjamu tamu. kapan mulainya tidak dapat dipastikan. ∗ Suguh memberikan suguhan/ jamuan makanan dan minuman. jika perlu tanyakan terlebih dahulu kepada tamu. ∗ Lungguh didudukkan pada tempat yang telah tersedia. nyatakan perasaan menyesal atas kedatangan yang singkat.Pedoman Bertamu ke Rumah Orang Lain Didalam Al-Quran surat an-Nuur (24) : 27-28 Allah swt. yang bentuk dan pola fashion diindentikkan dengan gaaya hidup. menampakkan kegembiraan hati atas kedatangannya. ulama atau tamu istimewa . itu lebih bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. maka hendaklah kamu kembali. Ketika berbicara tanyalah beberapa hal yang tidak menyinggung kedatangannya. apalagi tuan rumah dalam keadaan kesempitan. itu berarti tidak suguh namanya. Pandaipandailah mecari topik pembicaraan dan mencipkan suasana hangat. Sebagai seorang muslim. ∗ Saguh menciptakan suasana keakraban dan persaudaraan yang ikhlas dan semarak. Bila yang datang tamu orang terhormat.Bertamu lebih dari tiga hari dapat merepotkan tuan rumah (penerima tamu). tetapi juga tidak mau ketinggalan zaman. 59 . Bersabda yang artinya : ”Barangnsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya menghormati tamunya. Secara naluri siapa yang tidak tertarik dengan pakaian ketat seperti yang banyak dipakai saat ini. jawablah salamnya. Menghormati Tamu berarti kita harus melakukan hal-hal berikut: 2. Akhlak menerima Tamu Menerima tamu dengan cara yang baik adalah ciri orang yang beriman. dan ucapkan terimakasih telah dikunjungi dan agar tidak bosan-bosan datang kerumah ini. Jika tuan rumah tidak mengijinkan masuk atau mengatakan “kembali sajalah” atau sudah tiga kali berturut-turut memberi salam tidak ada jawaban darin penghuni rumah. Sementara mode pakaian moderen Umumnya didominasi gaya barat yang notabene Amerika dan eropa. Menjelaskan bahwa orang beriman tidak boleh memasuki rumah orang lain sebelum leminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. khususnya remaja Islam dalam mengikuti gaya berpakain. Jilbab sebagai busana gaul adalah bentuk ekspresi kawula muda yang menuntut kebebasan berpakaian. 3. Keadaan tersebut akan merepotkan tuan rumah. air putih atau kopi? Ajaklah bicara. Gangguan perasaan yang timbul. jangan didiamkan saja hingga ia meninggalkan ruang tamu. mereka tidak mau menanggalkan jibab busananya. Rasulullahsaw. walaupun kita dalam keadaan kurang senang. kita boleh memberikan sambutan yang lebih istimewasebagai penghormatan kepadanya. Sambutlah setiap tamu yang datang dengan manis muka dan penuh hormat. Bukhari Muslim) Kita harus yakin. pembesar. Era ini memberikan kebebasan mengekspresikan segala ide yang cenderung kebablasan.Akhlaq Berpakaian dan Berhias Penomena manusia moderen. dengan memakai jilbab dan busana yang khas. yang jelas mode ini muncul di awal dekade 90-an atau menjelang melenium ketiga di saat media cetak dan elektronik naik daun di Indonesia. minum teh. tentu harus sama-sama dihindari. D. Jilbab dan busana yang khas yang biasa disebut jilbab gaul atau jilbab busana selibritis. Sambutlah tamu dengan: ∗ Gupuh. sepanjang tridak berlebih-lebihan dari batas kewajaran. seperti nanti malam mau tidur dimana? Jika tamu akan pulang. songsonglah kedatangannya dan jabatlah tangannya. C. B.” (HR. siapapun tamu yang datang akan mendatangkan barokah sendiri baik langsung maupun tidak langsung.

Aurat laki-laki muslim. Pengertian berpakaian & berhias Berpakaian atau menutup aurat bagi seorang muslim dan muslimah adalah suatu kewajiban. Menutup seluruh badan selain yang dikecualikan. sedangkan bagi perempuan muslimah adalahg seluruh tubuhnya /fisiknya kecuali muka dan dua telapak tangan. Menghindari godaan setan. Tidak diberi wewangian atau farfum bagi wanita. Kainnya harus tebal tidak tipis. Memang mode mereka sangat bertolak belakang. moral. 2. Pedoman berhias a. Bahkan Allah swt menganjurkan berpakain yang indah setiap memasuki masjid. 6. Berhias merupakan alamiah. 7. 8. 8. 2. 4. melainkan berdasarkan Alquran dan as sunnah Syeikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani dalam bukunya.Tak heran jika dalam mengerjakan apapun. Bagi wanita. Tidak terlalu ketat sehingga membentuk lekuk tubuh terutam bagi wanita. Tujuan berpakain Adapun tujuan berpakaian menurut Islam adalah: 1. 7. : 1. Tidak menyerupai pakaian wanita kafir. 3. 5. Tidak terlalu panjang sampai menyapu tanah. jelas sangat kontras terlebih lagi bagi kaum muslimin yang menjunjung tinggi akhlak. terutama dalam shalat adalah tertutup fisiknya dari pusar hingga lutut. Bukan berfungsi sebagai perhiasan. 2. dan sopan santun berpakaian. Harus longgar dan tidak ketat. 4. 5. Menutup aurat dan sebagai perhiasan. Untuk memperoleh ridha Allah swt. Dikenal sebagai muslimah dan terhindar dari gangguan. 3. naluri 60 . Bagi wanita menutup seluruh tubuh selain muka dan telapak tangan kecuali dihadapan orang-orang tertentu. Tidak menyerupai laki-laki atau sebaliknya. Mereka yang tidak mengikuti mode pakaian tertentu untuk kegiatan tertentu pula. 3. 1. ”Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah fil Kitabi was sunnati” mengharuskan delapan syarat pakaian muslim/ muslimah. bersih dan sedap di pandang. Bukan libas syuhrah ( pakaian popularitas) Dari prinsip dasar tersebut perlu dipahami tentang ketentuan aurat dalam Islam. Tidak merangsang yang dapat mengarah kepada zina. 4. Kriteria busana Muslim/muslimah 1. sehingga tidak menggambarkan sesuatu dari tubuhnya. 3. 5. Kriteria pakaian bukanlah berdasarkan kepantasan atau mode yang lagi trend. Bagi pria minimal tertutup badan antara lutut dan pusar dan wanita tidak terlalu tipis hingga tembus pandang terhadap bagian badan yang menjadi Aurat. diindentikkan sebagai manusia terbelakang. Sementara itu Amerika dan Eropa dikenal dengan gaya pakaian bukabukaan sebagai cermin kebebasan itu sendiri atau mereka menganggapnya sebagai hak asasi manusia (HAM). 6. Namun itulah kultur Barat yang jika diterapkan di Indonesia yang memiliki kultur berbeda. Tidak menyerupai wanita (bagi pria) tidak menyerupai pria (bagi wanita) 4. selalu ada rambu-rambu yang namanya fashion atau mode. tidak menampakkan perhiasan dan menutup dada. Memelihara dir dari panas dan bahaya lainnya. 2. Indah .

Salinlan Firman Allah dalam Al-Quran yang menjelask 6. dia mengatakan”Lima perkara yang merupakan bagian dari fitrah. Bagaimana cara berhias yang di benarkan menurut ajaran Islam ? Jelaskan 10. yaitu memotong kuku. Jelaskan tata cara bertamu menurut ajaran Islam ! 2. mencabut bulu ketiak. Bagaimana pendapatmu tentang mode pakaian yanga dipakai oleh sebagian anak muda sekarang ini dilihat dari kacamata ajarann Islam? Jelaskan 9. Tugas Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat ! 1. mencukur kumis. Jelaskan prinsip-prinsip berpakaian menurutb Islam ! 7. 3. Bagaimana Tujkuan berpakain menurut Islam ! 8. Apa yang kamu ketahui tentang gupuh. mencukur bulu kemaluan. Bukhari) ∗ Larangan mencukur dan menyambung rambut. Kenapa Islam melarang bertamu kalau kita telah mengucapkan salam sebanyak tiga kali tidak dijawab. ∗ Tidak diperbolehkan bagi wanitamemakai wangi-wangian yang tercium aromanya oleh orang lain ∗ Diperbolehkan bagi wanita memakai kutek ∗ Tidak diperbolehkan memakai pakaian tipis ∗ Perintah berjilbab ∗ Tabarruj Tabarruj berarti berhias dengan memperlihatkan kecantikan dan menampakkan keindahan tubuh dan kecantikan wajah selain pada suaminya. Apa yang anda ketahui tentang Tabarruj ? Jelaskan ! ∗ ∗ ∗ ∗ ∗ 61 . dan khitan. saguh. Melaknat wanita yang menyambung rambut atau minta disambungkan rambutnya.” (HR.” Memulai segala sesuatu yang baik dengan sebelah kanan Larangan membuat tato dan merenggangkan gigi Diperbolehkan memakai pakaian sutera bagi wanita Larangan menjulurkan pakaian Dimakruhkan bagi wanita memperlihatkan perhiasan yang dipakainya.Dari Abu Hurairah Ra. dan lebih baik pergi/pulang ? jelaskan. Bagaimana tata cara menerima tamu yang baik menurut Islam ? 4. lungguh dansuguh ? Jelaskan ! 5. ”Rasulullah saw.

∗ Terkena kehinaan dan kekgelisahan apalagi ia menyadari bahwa orang lain telah memahami hasutannya. misalnya: ∗ Kerisauan dan kegelisahan akibat kebencian tak terputusputus. kalaupun orang lain memperolehnya diharapkan dibawah dirinya. d. c. 228) mengatakan . Bersabda: 62 . Dalam kitab Tanbihul Ghfilin dinyatakan bahwa orang hasud itu telah menentang Allah swt.BAB X PERILAKU TERCELA A. Yang diberikan kepada orang lain. kalau bisa semua anugerah dan kebajikan jatuh pada dirinya sendiri. Firman Allah dalam Al. Membenci akan nikmat atau anugerah Allah swt. tak perlu orang lain. maka ia dipandangdan pasti dijahui. Perbuatan hasud umumnya berkonotasi pemecah belah atau adu domba dikarenakan tidak senang melihat kesuksesan atau kesenangan pihak lain. Bahkan berusaha dengan berbagai cara agar orang yang mendapat nikmat dan kesenangan tersebut kembali seperti semula. Sifat hasud tersebut merupakan penyakit hati yang cukup berbahaya. Dalam kehidupan sehari-hari kita jumpai sifat ini. Pengertian Hasud adalah perasaan tidak senang melihat orang lain mendapatkan nikmat dari Alah swt. b. 2.Quran surat an-Nisa (4) :54 ”Apakah mereka dengki kepada manusia atas apa yang diberikan Allah kepada mereka dari keutamaan-Nya”. ∗ Hancurnya kebaikan kebaikan yang telah dilakukannya. Mengikuti pengaruh iblis yang sebetulnya sangat merugikan dirinya sendiri. Tidak rela menerima pembagian karunia Allah swt. di rumah. di masyarakat dan Negara dan mungkin pada diri kita sendiri. Pelit terhadap pemberian Allah swt. Nabi saw. Dalam beberapa hal seperti: a. sebab hasud merupakan bentuk perbuatan pengaruh buruk yang terbit dari hati manusia karena dorongan napsu dan setan. Atas dirinya. ∗ Jauh dari rahmat Allah swt dan sesama manusia. Sifat Hasud 1. missal di sekolah. tidak ada yang lebih jahat selain hasud. Kepuasannya akan tercapai apabila orang lain tidak bisa yang melebihinya dalam segala hal. Penghasud akan terkena bencana sebelum hasudnya mencelakai orang. Akibat perbuatan Hasud Abu Laits Asmarakandi (1980.

hatinya gelap. Ingin 63 . Sifat Riya Pengertian Riya menurut arti bahasa berarti melihat karena ketika berbuat. Niat karena Allah swt. Bila kita terkena penyakit hasud. Riya’ dalam Niat Artinya : Sejak awal perbuatan. ∗ Oleh karena itu sungguh berbahagia orang yang senantiasa bersih dari iri hati. hatinya merasa bangga dan mengharap pujian. pikirannya cupet. yaitu : a. apakah untuk mendapat ridha dan pahala Allah swt. Bersabda: ”Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung niatnya dan seseorang akan lemperoleh balasan sesuai dengan apa yang ia niatkan”( HR. Dan memohon maaf kepada orang yang dihasuti. karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan-kebaikan seperti api memakan kayu bakar(HR> Abu Daud). bukan ikhlas karena Allah swt.”Jahuilah olehmu sifat dengki. dengki dan hasud. tidak ikhlas karena Allah swt. 3. Senantiasa merahmati kita dengan kebersihan hati. Baik ibadah maupun pekerjaan amaliyah yang bersifat keduniaan bila didasari dengan niat riya. maka bersegeralah bertaubat kepada Allah swt. Mengapa? Karena sifat buruk itu akan menimbulkan perpecahan bahkan perselisihan yang berakibat merugikan dan mencelakakan orang lain. Akhirnya Semoga Allah swt.maka segala apa yang ia kerjakan baik ibadah shalat. Dirinya terhina dan tersiksa. Betapa rugi orang yang hasud. ingin pujian atau dilihat orang lain. B. akibatnya hati menjadi tentram serta pikirannya senantiasa tenang . Meningkatkan sifat Qanaah. Amin. Dengan kata lain riya adalah melakukan amal atau ibadah dengan niat karena selain Allah. Bukhari dan Muslim) Macam-macam Riya Riya terbagi menjadi dua kategori. Dengan demikian riya dalam niat apabila seseorang melakukan sesuatu pekerjaan. bahkan sebelumnya sudah didasari riya. Sedang riya menurut arti istilah adalah sikap atau tindakan seseorang memperlihatkan amal perbuatannya serta ibadahnya kepada orang lain. maupun amaliyah lainnya akan menjadi sia-sia dan musnah. Riya dalam perbuatan Artinya Riya yang dilakukan ketika sedang melakukan perbuatan.atau untuk tujuan lain. selalu berusaha agar dilihat dan diperhatikan orang lain untuk mendapat pujian. sanjungan dan penghargaan dari orang lain. Mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada kita. Karena niat buka karenaAllah swt. dibenci Allah dan sesama. Rasulullah saw. Cara menghindari sifat Hasud ∗ ∗ ∗ ∗ Selalu meningkatkan iman kepada Allah Berupaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah. Menyadari kedudukan harta dan jabatan dalam kehidupan manusia di dunia. b. puasa haji. Sangat menentukan nilai dan kadar iman seseorang yang melakukan pekerjaan.

ketika mereka berbuat kezaliman” Dalam sejarah. a. riya dan zalim. c.Yunus (10): 13 ”Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan umat sebelum kamu. Perbuatan zalim ini telah membinasakan umat sebelum umat Nabi Muhammad saw. Assyura : 52-60. Sifat zalim /aniaya dapat berupa beberapa bentuk: a. b. c. Bahaya sifat zalim a. akan tetapi Firaun tidak menggubris ajakan beliau. Dengan sikap congkak seperti diatas Allah swt melaknat/mengazab Firaun di dunia dan di akhirat. malah bersumbar mengatakan bahwa dirinya adalah Tuhan. Tugas 1. C. Zalim kepada Allah artiya tidak mau mengikuti perintah dan menjahui larangan Allah. dengan jalan mengurung. Telah memberikan nilai lebih antara yang satu dengan yang lain. 2. Selalu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah swt. Zalim kepada orang lain artinya memperkosa kehormatan atau harta benda atau berbuat semenamena kepada orang lain.artinya memperlakukan binatang secara tidak Islami. menjadikan dirinya bagian dari solusi dan bagian dari masalah. Zalim kepada binatang. c. oleh karena itu Allah mengutus Nabi Musa as untuk menuntun mereka supaya menyembah Allah. menjadi penguasa bangsa Qibthi/ Mesir serta menjadikan bangsa Israel menjadi obyek kekejaman. Semua kisah itu dijelaskan pada QS. b.dilihat orang mengharapkan mendapat pujian dan sanjungan dari orang lain tidak akan mendapatkan nilai atau manfaat bagi dirinya. menjadikan dirinya menjadi model seorang muslim yang istiqamah. Sesuai firman Allah QS. Kekejaman Firaun terhadap bani Israel pun telah melampaui batas. Selalu mensyukuri nikmat dan karunia Allah swt. masyarakat dan bangsa lebih-lebih untuk agama. Yang diberikan dan menyadari bahwa Allah swt. d. menyembelih dengan pisau tumpul dan sebagainya. Sifat Aniaya (zalim) Pengertian Aniaya berasal dari bahasa Arab ( ). tercatat Firaun dengan segenap bangsawan menguasai sungai Nil. Selalu menanamkan komitmen pribadi dalam setiap tindakannya dalam pergaulan dengan masyarakat yaitu : Menjdikan dirinya menjadi penyuluh bukan hakim. Tulislah apa yang di maksud dengan : Hasud 64 . b. dan menjadikan setiap usahanya membawa manfaat bukan membawa mudharat. Akan merugikan kehidupan diri sendiri baik di dunia maupun akhirat Akan memperoleh azab/laknat dari Allah Akan memperoleh Azb Allah di Akhirat Amal perbuatannya menjadi sia-sia di sisi Allahswt. Sifat ini termasuk salah satu yang dikutuk oleh Allah dan Rasul-Nya serta dikecam oleh seluruh umat manusia di dunia Sifat ini berakibat menjatuhkan martabat diri sendiri dan merugikan orang lain. bukan menjadi pengecam saudaranya. Sikap dan Perilaku Muslim yang menjahui sifat hasud.

sujud merupakan cermin penyerahan total pribadi muslim. maka rahanipun demikian dan salat adalah termasuk kebutuhan rohani. 4. Difinisi Salat menurut bahasa berarti ”doa” sedang salat menurut syara (hukum agama) berarti beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam disertai keikhlsanmenurut rukun dan syarat yang ditetapkan. Salat merupakan Hubungan langsung kepada Allah swt. Ucapan dalam salat berasal dari ayat-ayat Alquran dan doa-doa kepada Allah swt. Gerakan salat adalah gerakan yang sempurna mulai dari berdiri. riya dan aniaya dalam kehidupan sehari-hari! 6.3. Isi Dan Kandungan salat Salat terdiri dari ucapan dan gerakan. Riya Aniaya Apa akibat dari sifat hasud. Dan merupakan kebutuhan utama jiwa. 5. Bagaimana ragam manusia dalam mensikapi ibadah salat? Sangat beragam manusia dalam mensikapi salat antara lain sebagai berikut: 1. Lalai ketika salat dan selesai salat 65 . Malas untuk melaksanakan kewajiban salat 2. SALAT 1. Mengapa kita perlu salat? Manusia terdiri dari dua unsur jasmani dan rohani. Sifat-sifat apakah yang sangat dicintai oleh Allah swt? Jelaskan! BAB XI SALAT DAN PUASA A. ruku. Jasmani butuh makan minum.

2.Jelaslan definisi salat menurut syara 2. dikerjakan secara khusu dan sesuai petunjuk rasulullah saw.Tidak mengulang maksiyat kepada Allah swt. Puasa merupakan sarana memantapkan aqidah. menahan bicara.Tidak menyombongkan diri kepada sesamanya. iii. b. Pendahuluan Dalam pandangan Islam.Menyayangi orang miskin. Semua itu dijalaninyadalam rangka menggapai ridha-Nya. terpelihara dari waktu kewaktu. Menurut istilah berarti menahan diri dari sesuatu yang membukakan /membatalkan puasa satu hari lamanya mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan niat dan beberapa syarat. ii. Hikmah salat Mencegah dari perbuatan keji dan munkar Mendidik manusia hidup bersih Disiplin Waktu Membiasakan hidup sehat Melatih kesabaran Mengikat tali persaudaran sesama muslim Mendidik jiwa untuk menjahui sifat sombong Mendidik agar selalu ingat kepada Allah Mendidik agar jiwanya tetap tenang dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup. menahan makan dan sebagainya. c. 6.3. bukti keharmonisan hubungan seseorang dengan Allah swt. PUASA 1. d. e. 4.Semakin dallam rasa Tawaduknya karena keagungan Allah swt. a. yang dikerjakan tepat waktu . g. serta bukti ketaatan dan kepatuhan. bukan sekedar memenuhi kebugaran fisik (jasmani). Bahwa manusia melalui puasa dapat mengambil jarak dari rutinitas kehidupan sehingga mampu menyelami pasang surut (sedih dan senang. iv. 3. h. orang yang kena musibah. Begitu pula manusia dapat meninggikan derajat dan martabat (Ruh Ilahi). 2.Jelaskan pengertian salat sebagai tiang agama ! 3. Pengertian Menurut bahasa puasa berarti menahan diri dari segala sesuatu. Salat yang benar adalah salat yang dapat merubah perilaku.Sebutkan tanda-tanda yang diterima Allah swt. Yang membuahkan kepedulian dengan sesama. 66 .Sebutkan lima macam hikmah salat yang kaqmu ketahui.Khusu dan Ikhlas hanya karena Allah. i.Amalan apakah yang dihisab Allah di Akhirat kelak? 4. tertawa dan menangis. seperti menahan tidur. Kedudukan salat Salat Tiang agama Salat merupakan sarana Komunikasi antara seorang muslim dengan Allah swt. 5. B. nikmat dan musibah). 3. i.Senantiasa berdzikir kepada Allah swt 5. 3. Salat Merupakan Ibadah Yang Pertama Dihisab Salat Merupakan Batas antara muslim dan Kafir Tanda-Tanda Salat Yang di Terima 1. Evaluasi Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar dan tepat! 1. musafir. f. janda.

ii. Puasa di bulan Ramadhan itu merupakan salah satu rukun Islam yang lima. Puasa 6 ( enam ) hari di bulan syawal Sabda Rasulullah saw. kifaratnya adalah berpuasa dua bulan berturut-turut.Al-Quran menggunakan kata shiyam sebanyak delapan kali. c. Firman Allah swt : ”Hai orang orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”(QS. Hukumnya fardhu ain atas tiap-tiap mualaf (Islam. satu tahun lalu dan satu tahun yang akan datang” c. Karena merusak sumpah . : ”Dari Abu Qatadah. baligh dan berakal sehat). Tepatnya pada tahun kedua sesudah Nabi Muhammad saw. yaitu puasa wajib apabila seseorang berjanji pada dirinya sendiri untuk berpuasa kalau tercapai apa yang telah dicita-citakan. Puasa bulan Sya’ban e. ”Dari Abu Ayyub. maka ia seperti puasa sepanjang masa” b. Puasa Sunnah terdiri dari: a. 15 dari tiap-tiap bulan Qomariyah/ Hijriyah) 67 . diwajibkan pada tahun kedua hijriyah. 14. Al baqarah : 183 4. yaitu berpuasa tiga hari. Rasulullah saw. i. Hijrah kemadinah. Bersabda: ”Berpuasa hari Asyura dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu” ( HR. jika tidak sanggup memberi makan 10 orang fakir miskin. Rasulullah saw bersabda” Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan kemudian ia berpuasa enam hari di bulan syawal. Rasulullah saw Bersabda : ” Berpuasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun. Puasa dengan sebab bersetubuh disiang hari di bulan ramadhan. Sekali memakai kata Shaum tetapi bermakna menahan diri untuk tidak berbicara. Puasa Nazar. Muslim ) d. Puasa Arafah ( tanggal 9 Dzulhijah ) terkecuali bagi orang yang sedang melaksanakan ibadah haji. Puasa bulan Ramadhan selama satu bulan Puasa kafarat yaitu puasa wajib dikerjakan untuk menutupi suatu keteledoran yang telah kita lakukan. Puasa hari Asyura’ ( tanggal 10 Muharram) Sabda Rasulullah saw. Puasa hari Senen dan Kamis f. Mermbunuh orang dengan sengaja kifaratnya adalah berpuasa dua bulan berturut-turut. Puasa tengah bulan ( tanggal 13.: ”Dari Abu Qotadah. maka tidak di sunahkan berpuasa. iii. Yaitu: b. Sabda Rasulullah saw. Macam-macam Puasa Puasa wajib terdiri dari : a.

tidak melangkah ketempat ma’siat. dengki.: ” Barang siapa yang tidak berniat berpuasa” (HR. menahan mata dan telinga untuk tidak melakukan perbuatan dosa. orang yang gila tidak wajib Berpuasa b. dan bnagi wanita dengan keluarnya ”darah haid”) c. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar dan terbenam matahari. 4. hasud. 13 Dzulhijjah. Suci dari darah haid dan nifas d. 68 . c.berbuka dengan kurma atau sesuatu yang manis 2). 3) Bersetubuh 4) Kerluar darah haid dan nifas 5) Gila (tidak sadarkan diri) diwaktu siang hari. Berakal. maka bukanlah ia e. Baligh (ditandai dengan : Bagi laki-laki dengan ”Mimpi Basah”. Mampu berpuasa Syarat-syarat sah puasa : a. Lima Ahli Hadits) puasa pada malam sebelum terbit fajar. yaitu puasa menahan diri dari makan. 5. Syarat dan Rukun Puasa Syarat-syarat Wajib Puasa : a. 6) Keluar mani sebab bersentuhan dengan wanita (istri) atau dengan cara lain. Mengakhirkan makan sahur sampai kira-kira 15 menit sebelum terbit fajar. Puasa khusus yaitu menahan anggota badan untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang buruk seperti berdusta. Non Islam tidak sah puasanya b. sombong. Berdoa sewaktu berbuka puasa 3). Berniat pada malamnya. 12. minum dan melakukan hubungan seksual. Puasa Istimewa (khususul Khusus) yaitu menahan diri dari niat yang buruk seperti riya’. selama bulan Ramadhan Sabda Rasulullah saw. b. serta tiga Hari sesudah hari Raya Idul Adha ( Hari Tasyrik ). 4) Memperbanyak sedekah selama bulan Ramadhan 5) Memperbanyak membaca Al-quran dan mempelajarinya serta mengikuti ceramah ceramah Ramadhon. dan lain-lain. yaitu tanggal 11. Puasa awam (umum). Islam. Puasa Haram Yaitu berpuasa pada hari Raya Idul Fitri. muntah yang tidak disengaja tidak membatalkan puasa. Tingkatan Puasa Dan Orang Yang Di Perbolehkan Tidak berpuasa a. Dalam waktu yang dibolehkan berpuasa Rukun Puasa d.  Sunnah Puasa : 1). Menyegerakan berbuka puasa.  Hal-hal Yang membatalkan Puasa 1) Makan dan minum 2) Muntah dengan sengaja .g. apabila telah yakin waktu berbuka telah tiba. dan Hari Raya Idul Adha. Mumayyiz ( mampu membedakan yang baik dan yang buruk) c. .

b. Orang hamil dikhawatirkan membawa mudharat bagi diri dan kandungannya 4). 3). cobaan dan musibah. sehingga perut menjadi basar dan buncit Orang sering lupa bahwa perut itu adalah alat jasad yang membutuhkan istirahat serta harus melepaskan lelah. tetapi wajib mengqodonya. Orang yang diperbolehkan tidak berpuasa: Ada dua golongan yang diperbolehkan tidak berpuasa pada bulan romadhon yaitu: a.  Menempa jiwa supaya mempunyai kekuatan dan daya yang tanguh dalam menanggung derita.  Menjaga kesehatan baik lahir maupun bathin. melahirkan dan nifas 6). kadang-kadang membawa gejala cerdial dan cerebral yang amat keras. karena salah satu sebab yang membatalkan. Boleh meninggalkan puasa .  Sebagai tanda terima kasih kepada Allah.  Mendidik kepercayaan dan tanggung jawab. Itulah sebabnya mengapa orang-orang dahulu kala telah melazimkanpuasa pada waktu-waktu ttertentu . Orang yang sedang menyusui anak dikhawatirkan membawa mudharat bagi diri dan anaknya. Karena semua ibadah mengandung arti bersyukur kepada Allah atas nikmat yang dianugerahkan. Orang sedang haid. misalnya mengurangi makan nasi. dapat merusak (kesetabilan kerja) Organ organ tubuh yang penting. Intinya menunaikan ibadah puasa dengan tulus dan ikhlas akan membuat tubuh kita menjadi sehat. Apa saja rukun puasa itu dan apa pula yang membatalkannya ! 4. sebab puasa adalah amanah yang harus di pelihara . Salin. 6. Menurut ahli Kesehatan: 1. jika dimakn melebihi batasnya. Dokter Alexis Carrel. WAKAF DAN HAJI 69 . Apa hikmah puasa menurut para ahli kesehatan dan menurut pandangan Islam ! 5. 2). Orang yang sedang sakit dan sakitnya akan mendatangkan mudharat (bahaya) atau jika berpuasa akan bertambah lama sembuhnya. Tugas Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat ! 1. Baik penyakit lahir maupun batin. Sebutkan macam-macam puasa beserta contohnya ! 3. 1). 5).  Mengurangi atau mengendalikan serta membersihkan diri dari sifat rakus dan tama’ dalam segala hal. Bahwa mengisi perutdengan terlau cepat dan terlalu penuh aakan menimbulkan gejala Reflek .  Mendidik belas kasih tderhadap pakir miskin. Selanjudnya setiap amanah harus di pertanggung jawabkan. Al-Baqarah (2) : 183-184 ! BAB XII ZAKAT. Hikmah Puasa Dari segi kejiwaan/mental:  Lelatih jiwa dan watak untuk memelihara amanah. Orang yang bepergian jauh ( musafir) sedikitnya 81 km. terjemahkan dan jelaskan isi kandungan isi kandungan QS. ada yang hanya makan bubur secara teratur serta buah-buahansejak masa kanak-kanak)” MenurutPel Rutinga dalam bukunya ”De Ziekten Van De Maag” Menyatakan: ”Makanan yang mudah dicerna membawa bahaya. pemenang hadiah Nobel dalam ilmu pengobatandan pembedahan menjelaskan: ”Banyak makanan yang dimakan manusia secara tetap dan teratur setiap hari. Jelaskan pengertian puasa menurut bahasa dan Istilah! 2. Wajib qadha bagi orang yang batal puasa.” Dari dua pendapat pakar kesehatan ini dapat disimpulkan bahwa puasa merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Harat tersebut dapat berkembang atau memiliki prestasi untuk dikembangkan. dinilai kotor. b. Harat yang melebihi kebutuhan pokok yang diperlukan seseorang dan orang yang menjadi tanggungannya demi kelangsungan hidupnya. • Peranan zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Zakat memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu terpenuhinya kebutuhan hidup manusia seperti sandang. Sudah mencapai nisab. kalau tidak dikeluarkan zaklatnya. Rukun Islam ketiga d. e. menurut sifat-sifat dan ukuran tertentu kepada golongan tertentu yang berhak menerimanya Infaq ialah pemberian (sumbangan ) harta dan sebagainya ( selain zakat wajib ) untuk jalan kebaikan .” Dari ayat tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan : a. keamanan dan lain-lain. At Taubah (9) : 103 ”Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Menjadi milik sempurna. At Taubah (9) : 60 ada 8 asnaf yaitu : 70 . Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat maka terlebih dahulu yang harus dibina adalah sikap mental. c. dan pensucian. kesehatan. Mencapai haul artinya harta itu sudah dimilikinya selama satu tahun. c. bagaimana caranya agar penerima zakat tersebut bermental produktif sehingga dengan demikian akan melahirkan kembali pemberi zakat yang baru. d. kesucian. Sedangkan menurut syara’ pemberian sesuatu yang wajib diberikan dari sekumpulan harta tertentu. yaitu batas harta sehingga wajib dizakati. Shadaqah ialah pemberian kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya ( diluar kewajiban zakat) sesuai kemampuan sipemberi. pangan.. Tidak memberi zakat dinilai dosa besar • Dasar-dasar Kewajiban zakat Zakat diwajibkan mulai tahun kedua hijriyah. Zakat • Pengertian Mernurut bahasa Zakat berarti : Kesuburan. Kewajiban zakat berdasarkan firman Allah QS. • Syarat-syarat harta yang wajib dizakati a. Zakat yang diambil itu dalam bentuk harta. dengan zakat itu kamu membersihkan ( harta) dan mensucikan jiwa mereka. Sebanyak 82 kali perintah salat dalam Al-Quran disejajarkan dengan perintah salat b. Tidak memberikan zakat dapat dinilai sebagai merampas hak orang lain f. Zakat akan memberi keuntungan bgi yang mengeluarkan berupa bersihnya hati dari sifat yang kikirdan cinta yang berlebih-lebihan terhadap harta. papan. • Kedudukan zakat a.. keberkahan. e. Kewajiban yang universal dan telah diwajibkan kepada nabi-nabi yang terdahulu. yang penjabarannya bisa bermacam-macam. juga dapat menumbuhkan sifstsifst yang termasuk doa dari orang orang yang menerima zakat. berarti harta tersebut dimiliki secara sah dan dikuasai penuh oleh pribadi muslim. c. Berdasarkan QS. Harta kekayaan yang sudah mencapai nisab.A. pendidikan. Kata (ambillah) menunjukkan kata kerja perintah yang berarti wajib. b.

kerajinan mebel. ekspor/impor . harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut : No 1 Jenis Harta Pendapatan/Perdagangan/ Tabungan a. perak Perlengkapan perak Senilai 94 gr emas murni e. Makanan. Musafir adalah orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan. akuntan. padi buah. Perhiasan. logam mulialain ialah Senilai 94 gr : Platin emas murni f.1. honor. Emas murni 94 gr 1 thn b. 4. cara menghitung dengan menjumlah pendapatan 1 tahun dan dapat ditunaikan pada saat menerima. Industri Jasa : Notaris. Perdagangan : Pertokoan. 2. Mualaf adalah seseorang yang diharapkan tetap bertahan dengan akidah keislamannya. 6. konsultan. dokter. Pendapatan dari gaji. 5. Contoh menghitung zakat mal. 3. Sabilillah adalah segala sesuatu untuk kepentingan Islam. Emas. Biji-bijian. perak. 2. Fakir adalah seseorang yang memiliki harta atau usaha tapi penghasilannya belum mencukupi kebutuhannya. travel.5% Keterangan Yang dinilai semua kekayaan pada saat menunaikan zakat. umbi. dan kadar zakat harta 1. d. Uang simpanan : 5-10% Jika air sulit 5%. Nisab.5 % 71 . uang : a. kantin. dll b. Perhiasan emas Senilai 94 gr emas murni 672 gr perak c. perantara perdaganagan dll. 2 3 1350 kg gabah / Tiap panen 750 beras Senilai dengan b. Padi Nisab Senilai 94 emas murni Haul gr 1 hn Kadar zakat 2. dll. dll Tumbuh-tumbuhan a. Gharim adalah orang yang terlilit hutang. sayur. Haul. Amil adalah orang yang mengurus dan mengelola zakat. c. tanaman hias dll. Riqob adalah seseorang yang dijanjikan oleh tuannya akan dimerdekakan. Perak Senilai 672 gr d. Jenis. Hamba sahaya • Ragam. 7. jika mudah 10% 2. Industri barang : Konveksi. Miskin adalah seseorang yang memiliki harta atau usaha namun tidak mencukupi mski sudah lebih ½ kebutuhannya.

kuda 30 ekor 1 thn 1ekor umur1 thn 1 tahun 40 ekor 60 ekor 70 ekor c. Setiap 1 ekor unta penambahan 5 ekor zakatnya 1 ekor • Tata cara menghitung Zakat 2. mata uang asing 4 Binatang ternak a. Bapak Ahmad berdagang pakaian dengan aset 50 juta.Tabungan . 121-200 ekr 201-300 ekr b. Dipahami jenis. 3. nisab dan kadar harta serta usaha yang dijalankan. b. 20 juta. 40-120 ekor domba. Sedangkan hutang ke pihak lain sebesar 10 juta. uang tunai rupiah. Modal pokok ditambah keuntungan digabung . biri-biri. c. a. Berapa zakat mal yang harus dikeluarkan pak AHmad ? 72 . Segala peralatan usaha yang tidak dimaksudkan untuk diperjual belikan tidak dihitung sebagai komponen zakat. setelah setahun berusaha memperoleh laba Rp. deposito. kerbau. Sapi . Kambing . Beberapa contoh menghitung zakat : d. Unta 5 ekor 25 ekor 2ekor umur1 thn 2 ekor umur2 thn 1 ekor Selanjudnya setiap 2 ekor 100 ekor. kemudian dikurangi jmlah hutang bila ada. kadar 3 ekor zakatnya 1 ekor 1 ekor umr Selanjudnya tiap 30 2 thn ekor kadar zakat tambahan 1 ekor umur 1 thn 1 ekor dan tiap tambah 40 kambing ekor kadar zakat tambah 1 ekor umur 2 th.

berkata Rasulullah saw. Berapa zakatnya ? Jawab : Pendapatan-lebutuhan pokok Rp.5kg) kurma atau gandum.5% dari 60 juta = Rp 1. Syarat-syarat wajib Zakat Fitrah a. Abu dawud dan Ibnu Majah). supaya kewajiban itu mempunyai kekuatan memaksa maka kewajiban itu mempunyai sangsi.”(HR. Banyaknya 2. Terjalin persaudaraan dan kepedulian orang kaya kepada orang miskin 3. Islam b. Beras /makanan pokok yang dikeluarkan untuk zakat fitrah minimal sama dengan makanan sehari-hari. Dalam kedua bentuk kewajiban itu . atas tiap tiap orang muslim. c.5 liter beras. 20 juta-10 juta = Rp. unsur paksaan pernah dilakukan pada masa Khalifah Abu Bakar dan Khalifah Umar bin Khattab. • Hubungan Pajak dan zakat Persamaan zakat dan pajak terdapat unsur kewajiban . Lebih utama disaat terbenam matahari penghabisan bulan Ramadhan hingga sebelum shalat hari raya (’ied) Sabda Rasulullah saw. ia berkata ” Telah di wajibkan oleh Rasulullah saw zakat fitrah sebagai pembersih bagi otrang yang berpuasa dan memberi makan bagi orang miskin. Melalui pajak terdapat sangssi tyertentu bagi pelanggar pajak. dikeluarkan sejak hari pertama bulan Ramadhan hinga akhir Ramadhan. : Diwajibkan zakat Fitrah pada bulan Ramadhan sebanyak 1 sha’ (2. maka zakat itu diterima. Adapun kadar kewajiban zakat ditetapkan oleh Allah maka sifatnya pasti mutlak sedangkan pajak kadarnyaditetapkan negara yang besar kecilnya disesuaikan menurut kebutuhannya. merdeka atau hamba. sebelum salat Idul Fitri diutamakan. ”Dari Ibnu Umar. dan barang siapa yang membayarnya sesudah salataka zakat itu sebagai sedekah saja. Mendapatkan pahala yang dilipat gandakan 73 .Jawab: Aset Rp 50 juta Laba Rp 20 juta Rp 70 juta 70 juta – hutang (10 juta) = 60 juta Jadi zakat Pak Ahmad adalah 2. Kemudian pada zakat terkandung tujuan yang bersifat moral spiritual dalam rangka mensyukuri nikmat Allah. ”Dari Ibnu Abbas.• Pengelolaan Zakat Fitrah Zakat Fitrah adalah pengeluaran yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mempunyai kelebihan dari nafkah keluarga yang wajr pada malam idul fitri. Memiliki kelebihan harta untuk dimakan sekeluarga (diri dan tanggungan) pada malam hari raya dan siang hari raya.5 kg/3. Lahir sebelum terbenam matahari pada penghujung bulan Ramadhan. laki-laki atau perempuan. Di bolehkan pada awal Ramadhan b. 10 juta 2. yang kecil atau yang besar dari muslim dan diperintahkan supaya dikeluarkan sebelum orang keluar shalat( ied)” 1.5 liter beras yang dapat dibayarkan dengan uang seharga 2. 2 Waktu membayar zakat Fitrah a. Begitu pula zakat. Sedangkan pajak terlihat lebih material.5% xRp 10 juta = 250 juta. pihak yang dikenai kewajibansama-sama melaksanakan tanpa mengharapkan keuntungan yang bersifat material. Hikmah Zakat 1. Membersihkan dan mensucikan jiwa dan harta 2.500.000 e.5 kg atau 3. Barang siapa yang menunaikan sebelum salat hari raya. kebutuhan pokoknya Rp 10 juta. penghasilan pak Nasution setiap tahun Rp 20 juta .

sebutkan syarat-syarat harta yang wajib dizakati ! 5. Optimis.. Ifrad yaitu mengerjakan haji terlebih dahulu. Ketentuan Hukum Islam Tentang Haji a. b. 3. Sedangkan menurut istilah ulama fikih adalah menyengaja mendatangi Ka’bah (Baitulah) untuk menunaikan amalanamalan tertentu (antaralain tawaf dan sa’i) atau mengunjungi tempat tertentu pada waktu tertentu untuk melakukan amalan-amalan tertentu (seperti berkunjung ke arafah untuk wukuf dimulai etelah tergelincir matahari tanggal 9 Zulhijah sampai dengan terbit fajar pada tgl 10 Zulhijah. Sedang menurut Istilahfikih adalah sengaja mendatangi Ka’bah untuk melaksanakan amalan tertentu. Tamattu’ yaitu Mengerjakan umrah terlebih dahulu. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat ! 1. Untuk tahun ini menerima deviden Rp 560. Dermawan. Tidak berlaku sombong. 3: 97 Allah SWT berfirman: ”Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Alah. 5. 3. 1. Dasar Hukum Haji dan Umrah Dasar Hukum Haji dan Umrah adalah Al-Quran Surah Ali Imran. HAJI 1.000. setelah selesai baru mengerjakan umrah. sa’i dan bercukur. Zakat menurut istilah adalah. Sedangkan Qiran yaitu mengerjakan haji dan umrah sekaligus. Barang siapa mengingkari (kewajiban haji). karena yakin Allah akan memberikan lebih dari apa yang ia berikan di dunia dan di akhirat. maka sesungguhnya Allah mahakaya (tidak membutuhkan sesuatu) dari semesta alam. Rosulullah saw. Bersyukur karena lebih baik memberi dari pada menerima 4. yaitu bagi orang yang sanggupmengadakan perjalanan ke Baitullah. berapa zakat yang harus di keluarkan B. Berbahagia karena telah melaksanakan perintah Allah dengan jalan mampu berbagi untuk sesama. Jelaskan fungsi zakat memiliki misi meningkatkan kesejahteraan masyarakat ! 4. karena terlah memiliki kepedulian kepada yang membutuhkan 2. Pengertian Haji dan Umrah Pengertian haji secra bahasa berarti tujuan. Bapak Kasim mempunyai saham yang nilainya jika diuangkan saat ini berjumlah 10 juta. setelah selesai baru mengerjakan haji. Sedangkan umrah secara bahasa adalah ziarah. Pelaksanaan haji dan umrah dapat dilakukan dengan cara Ifrad. Bersabda: 74 .. Ibadah haji adalah salah satu dari rukun Islam.. dan menyengaja. terhindar dari kebakhilan Perilaku yang mencerminkan hikmah Zakat. karena apa saja yang dimiliki pada hakekatnya milik Allah swt. Tugas. yang terdiri dari tawaf. ia hanya sekedar titipan (amanah).4. maksud. Tamattu’ dan qiran. Jelaskan pengertian zakat ”tumbuh dengan subur” 2.

mendirikan salat. Miqat terbagi dua: Miqat Zamani (waktu) : waktu yang ditentukan untuk melakukan haji yaitu dimulai bulan syawal (bulan ke -10) sampai 10 hari bulan Dzulhijah. Adpun syarat-syarat wajib haji itu sebagai berikut: Beragama Islam Berakal sehat Balig. c. Orang yang sudah lanjut usia atau sakit. dan puasa Ramadlan” (HR. bila sudah balig berkewajiban haji. o Miqat Haji dan umrah Miqat adalah batas waktu atau tempat untuk melakukan ihram. membayar zakat. Ada lima tempat yang ditentukan sebagai miqat makani: o Dzulhulafah (Bir Ali) dari Madinah. o Kuasa atau mampu mengerjakan (Istitaah) o Dilakasanakan pada waktunya. dan Muhammad hamba-Nya serta Rasul-Nya.a. C. o Juhfah dari syam o Dzatu irqin dari Iraq o Qarnun Manazil dari Dubai 75 .” Adapun umrah tidak terikat waktu. Anak yang belum balig namun sudah berhaji. ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: ”Islam itu dibina atas lima perkara: pengakuan (syahadat) bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. 2 :197: ”(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi... haji ke Baitullah (Ka’bah). Orang yang sudah meninggal dan belum haji maka dapat dihajikan (haji badal) oleh orang lain. Paling utama umrah di bulan Ramadan. Al-Baqarah. o o o o Adapun orang-orang yang mendapat keringanan dalam berhaji. bisa diwakilkan oleh orang lain.” o Miqat Makani Yaitu batas batas bagi jamaah haji mulai berihram dan memakai pakaian ihram. Merdeka bukan hamba sahaya. o Wajib hanya sekali seumur hidup. antaralain: a.”Dari Abdullah r. b. o Khususbagi perempuan harus disertai suami atau mahramnya atau orang lain yang dapat diberi amanah. Sabda Rasulullah saw yang artinya ” Berumrah pada bulan Ramadan sama nilainya dengan satu kali haji. kapan dan bulan apapun itu bisa melakukan umrah.Muslim) Berdasarkan Al-Quran dan Hadis tersebut. Jamaah haji Indonesia gelombang I memulai ihram untuk umrah ditempat ini. ulama fikih sepakat bahwa hukum menunaikan ibadah haji adalah fardu ’ain bagi setiap muslim/muslimah yang telah memenuhi syarat wajibnya..(bulan ke-12) Firman Allah dalam QS.

Rukun Haji  Ihram  Wukuf  Thawaf  Sa’i  Tahalul  Tertib 2. diantaranya adalah: 1. maka hajinya tidak sah dan tidak bisa diganti dengan dam. 76 . Pelaksanaan Haji Pelaksanaan haji dan umrah dapat dilakukan dengan cara Ifrad. 1. melainkan dengan cara mengulaginya pada tahun depan. memerlukan biaya yang besar dan membutuhkan ketabahan. setelah selesai baru mengerjakan umrah.o Yulam lam dari Yaman Dan untuk Indonesia tempatmiqat dilaksanakan dari sebuah gunung yang terletak disebelah selatan kota Makah. Mempertebal dan memperkuat Iman dan takwa kepada Allah swt karena dalam ibadah tersebut diliputi rasa khusu’. keuletan dalam menghadapi godaan dan rintangan. Tentunya kedua-duanya wajib dilaksanakan. Perbedaannya terletak pada:  Wajib haji ditinggal (tidak dikerjakan) haji tetap sah namun ia wajib membayar dam (denda)  Rukun haji ditinggal. Wajib Haji Wajib haji ada lima:  Ihram dari miqat  Bermalam di Mudzalifah  Bermalam di Mina  Melontar Jumrah  Thawaf Wada’ 3. Mempererat ukhuwah Islamiyah antara umat Islam dari berbagai penjuru dunia. atau melakukan larangan ihra F. Tamattu’ yaitu Mengerjakan umrah terlebih dahulu. setelah selesai baru mengerjakan haji. harus kuat fisik dan mentall juga ibadah yang berani. E. sedangkan yangagak jauh namanya ji’ranah. suci bersih laksana bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya. 3. 2. Ifrad yaitu mengerjakan haji terlebih dahulu. Sedangkan Qiran yaitu mengerjakan haji dan umrah sekaligus Hikmah Haji dan Umrah Dalam ibadah haji dan umrah terkandung hikmah yang besar. disamping ada rukun ada pula wajib haji. Sunnah-sunnah Haji  Membaca Talbiyah  Membaca salawat Nabi  Melaksanakan Thawaf qudum (Thawaf ketika baru sampai)  Masuk ke Baitullah dari Hijr Ismail. Yang paling dekat dengan Baitullah namanya Tan’im. Tamattu’ dan qiran. kesabaran. D. Rukun dan Wajib Haji Di dalam ibadah haji. Mendapat ampunan dosa bila hajinya diterima oleh Allah swt. Dam Dam yaitu denda yang dikeluarkan karena meninggalkan wajib haji atau mengerjakan haji dengan cara tamattu’ dan qiran.

Penyelenggara Ibadah haji berdasarkan azas keadilan memperoleh kesempatan. Dephan dan Bank Indonesia. Azas dan Tujuan. Depkeu. perlindungan. b. dan kepastian hukum sesuai dengan Pancasila UUD 1945. dapat dikemukakan antara lain : a. Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) BPIH ditetapkan oleh Presiden atas usul menteri agama. Deplu.4.17 Tahun 1999. PPIH Embargasi (bandara udara tempat pemberangkatan) jamaah haji ke Arab Saudi). Penyelenggara Penyelenggara ibadah haji adalah pemerintah dan atau masyarakat pemerintah dibawah koordinasi menteri Agama. D/377 Tahun 2002 Tentang petunjuk pelaksanaan Penyelenggaraan Ibadah haji dan umrah terdiri dari 10 bab dan 97 pasal. Habibie di jakarta dengan persetujuan DPR pada tgl 3 Mei 1999. dan PPIH di Arab Saudi. kota Makkah. BPIH digunakan untuk keperluan penyelenggaraan ibadah haji yang terdiri dari biaya operasional 77 . Arafah dan sebagainya. Kemampuan mengendalikan diri. Madinah. 3. Perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap hikmah haji dan umrah 1. maka bacalah buku manasik haji. pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya melalui sistim dan manajemen penyelenggaraan yang baik agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman. Depkes. Dephub.  Penyelenggaraan Haji di Indonesia Semua penanganan terhadap jamaah haji Indonesia diatur oleh Undang-Undang dan peraturan-peraturan Pemerintah. Departemen terkait adalah Deddagri. Mengacu kepada UU No. Depkeh dan HAM. Dalam rangka penyelenggaraan ibadah haji Menteri Agama menunjuk petugas operasional yang menyertai ibadah haji Indonesia yang terdiri dari:  TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia)  TKHI ( Tim Kesehatan Haji Indonesia)  TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) Selain itu atas usul Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji. Undang-undang tersebut terdiri dari 16 bab 30 pasal. sehingga diperoleh haji mabrur. Undang-undang yang mengatur penyelenggaraan ibadah haji Indonesia adalah UU RI No. Motivasi yang tinggi untuk berkunjung datang lagi ke Baitullah 2. Tujuan: Memberikan pembinaan. SKMenteri Agama dan Dirjen Bimas Islam dan penyelenggara haji Indonesia. lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan agama serta jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri. tertib. Catatan : Penjelasan lebih lengkap tentang ketentuan haji. Menteri agama juga membentuk/ menunjuk: Panitia Penyelenggara Haji ibadan Haji Pusat (PPIH). sumur zam-zam. Mengenal tempat-tempat bersejarah seperti Ka’bah. Dalam melaksanakan tugas menteri agama melakukan koordinasi dengan departemen terkait dan pemerintah Arab Saudi. setelah mendapat persetujuan DPR RI. Sedang Peraturan-peraturan Pemerintah tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah adalah Keputusan Menteri Agama RI Nomor 371 Tahun 2002 terdiri 14 bab dan 38 pasal dan keputusan Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggara haji NO.17 Tahun 1999 yang disahkan oleh Presiden RI BJ. bukit shafa dan marwa. c. Ibadah amaliah lebih meningkat.

Apakah yang dimaksud Dam C. Qiran dan Tamattu’? 5. 723. Sumatra Selatan.327.44 ditambah dengan biaya dalam negeri dan administrasi sebesar RP. Sulteng). o Sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan sehat asli dari Puskesmas. Sulbar. Jateng. Wakaf 1. Kalteng). o Pelunasan tabungan dilakukan estela besaran BPIH ditetapkan melalui BPS BPIH di Prov. Jawa Barat. dan Prov. dan Prov. Prov. Lampung. 20. Kalimantan Barat). Bagi yang mendaftarkan estela tanggal 30 Maret 2005. o Menyerahkan fotokopi bukti tabungan haji pada BPS BPIH (Bank Penerima Setoran BPIH). menurut istilah wakaf adalah: mencegah dan menghentikan. Sebagai contoh syarat pendaftaran calon jamaah ají tahun 2006 adalah sebagai berikut: o Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku. Prov. Maluku Utara. Prov. Besarnya BPIH ditetapkan dengan perhitungan kurs dollar Amerika Serikat pada wakt penyetoran BPIH. Zona ini meliputi embarkasi Macasar (Prov. Apa yang dimaksud dengan hají dan umrah? 2. dan biaya operasional di Arab Saudi.733. Sulteng. DKI Yakarta.. o Menyerahkan pas foto terbaru berlatar belakang putih tampak muka 70%-80%. Apa yang dimaksud dengan cara ají Ifrad. Prov. Prov. Jatim. o Bagi wanita harus disertai oleh suami atau mahram. Gorontalo). Domisili calon jamaah haji yang tersambung dengan SISKOHAT (Sistim Komputerisasi Haji Terpadu). biaya transportasi Indonesia –Arab Saudi pulang pergi. Embargasi Solo (Prov. Maluku. Prov.722. Kalsel dan Prov. Prov. d. Prov. Prov. Papua. dan Prov. Sumut dan Sumbar). dan embarkasi Banjarmasin (Prov. Banten). Riau. Jambi. Prov.  Zona II USD 2. dan embarkasi Batam (Prov. ditetapkan sebagai berikut:  Zona I USD 2.00. Zona I meliputi embargasi Banda Aceh (Prov. Bali. dan embarkasi Surabaya (Prov.63. NAD. Nusa Tenggara Timar). dan Prov. Kapan waktunya bagi umat Islam untuk melaksanakan hají dan umrah? 3. Bangka Belitung dan Prov. Jelaskan beberapa syarat dan rukun ají! 4. Daerah Istimewa Yogyakarta). Riau. Prov. Sdang 78 . o Berusia minimal 17 tahun dan Belem pernah ají. Kep.(Dua Puluh Juta Rupiah).842. embargasi Medan (Prov. Bengkulu. Prov. Sulawesi Selatan. Sulut.00.000. Pendaftaran Setiap warga negara yang beragama Islam yang akan menunaikan Ibadan Ají diwajibkan untuk mendaftarkan diri ke cantor Departemen Agama Kabupaten/Kota dengan memenuhi beberapa persyaratan.  Zona III USD 2. Evaluasi Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat ! 1. Misalnya besarnya BPIH/ONH biasa tahun 2006. Pengertian Menurut bahasa wakaf berarti manahan.00 Zone II meliputi embarkasi Yakarta (Prov. Prov. dengan jumlah tabungan minimal Rp.44 ditambah biaya dalam negeri dan administrasi sebesar Rp. usuran 3x4 sebanyak 31 lembar dan usuran 4x6 sebanyak 2 lembar. Prov.327.dalam negeri.327.000. embarkasi Balikpapan (Prov.44 ditambah biaya dalam negeri dan administrasi sebesar Rp 722.

harta wakaf.a berkata kepada Nabi saw. AliImran. Muslim. dalam keadaan baik dan berfaedah. organisasi atau badan hukum dan lembaga.a. disebabkan pahala dan manfaatnya lebih besar diperoleh (pahalanya mengalir terus) bagi orang yang mewakafkan. ”Saya mempunyai seratus saham (tanah. 3. dan barang itulepas daripenguasaan si pemberi wakaf serta dimanfaatkan pada sesuatu yang diperbolehkan agama. baik berupa perorangan. Firman Alah dalam Q.S. Al-Nasa’i) 2. Ia berkata Umar r. kelompok. kebun ) di Khaibar. d. Ketentuan wakaf • Segala benda yang bergerak atau tidak. c. kemudian diganti yang baru yang merupakan penjualan barang tersebut. al-Tirmidzi. ”(HR. Berkata ”Tahanlah pokoknya dan sedekahkan buahnya pada sabilillah. atau anak shaleh yang mendoakannya” (HR. saya bermaksud menyedekahkannya. Rukun wakaf • Wakif yaitu pihak yang menyerahkan wakaf baik perorangan . Harus jelas kepada siapa barang tersebut diwakafkan. 6 tahun 1977 Peraturan Menag No.. 3 : 92 & Al-Haj.” Nabi saw. Tunai penyerahannya di saat sighat. 1ntahun 1978 Peraturan Dirjen Bimas Islam No. 5. 22 :77 ”Kamu sekali-kali belum memperoleh kebaikan. terputuslah (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga hal. dan Abu daud) ”Diriwayatkan dari Ibnu Umar r. alNasa’i. o a. Pelaksanaan Perwakafan di Indonesia Dasar Wakaf di Indonesia Peraturan Pemerintah No. Pihak ini disebut juga Nadhir. maka hukum wakaf sangat dianjurkan (sunnah).” ”. Namun karena begitu pentingnya nilai wakaf. • Mauquf yaitu benda atau harta yang diwakafkan • Sighat yaitu ikrar atau akad serah terima wakaf kepadaNadhir. belum pernah saya menda[patkan harta yang lebih saya kagumi melebihi tanah itu. badan hukum dan instansi..Dan berbuatlah kebajikan. • Mauquf ’Alaih yaitu pihak yang menerima wakaf. . • Harata yang diwakafkan atas dasar berhak berbuat baik. • Harta yang diwakafkan adalah milik sendiri. 8 tahun 1977 Peraturan Mendagri No. yaitu shadaqah jariyah (wakaf).a. sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Hal ini berarti wakif non muslim pun bisa diterima.” Hukum wakaf pada dasarnya ”jaiz” atau diperbolehkan. supaya kamu memperoleh keberuntungan. o o o Syarat-syarat wakaf Berlaku untuk selamanya dan tidak dibatasi waktu. b. 4. ilmu yang dimanfaatkan. tetap zatnya. dan sesuatu yang kamu nafkahkan sesungguhnya Allah Mahamengetahuinya. Wakaf senilai amal jariyah. Kep/P/75/1978 79 . • Harta wakaf tidak boleh dijual kecuali rusak atau tidak bisa diambil manfaatnya.”Menahan harta yang dapat diambil manfaatnya dengan tetap utuh barangnya. karena ia bukan sekedar sedekah biasa. bahwa Rasulullah saw bersabda: ”Apabila manusia meninggal dunia.” Hadis Nabi saw ”Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.

Dengan wakap benda-benda bersejarah dapat terpelihara dan terhindar dari kerusakan. • Adanya izan Bupati dan wali kota yang dalam hal ini diwakili Kepala Subdit Pertanahan. 2 (dua) orang saksi dan bentuk ikrarnya tertulis. Evaluasi Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat! 1.  Manajemen Amat terhadap sumber-sumber pembiayaan harus dikelola secara profesional. bahkan semakin baik bila kaya yang dermawan. 4. Untuk memajukan pembangunan. Sebutkan rukun-rukun wakaf serta pengertiannya masing-masing.. o 6. • Surat keterangan Kepala Desa atau Lurah yang dikuatkan Camat setempat tentang kepemilikan tanah dan ketuntasannya.  Meninggalkan anak keturunan yang berkehidupan cukup. 3. Hak dan Kewajiban Nadhir  Hak Nadhir : Berhak menerima penghasilan dari hasil wakaf sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh Kepala Kandepag kabupaten atau kotamadya dan penggunaannya demi kemaslahatan agama atau umum. Tulislah salah satu firman Allah dan Hadis Nabi 80 . dapatlah disusun secara sederhana tata cara pelaksanaan wakaf hádala sebagai berikut. 5.o Tata cara Pelaksanaan Wakaf Berdasarkanm perundang-undanagan diatas .  Kewajiban Nadhir :Mengelola dengan sebaik-baiknya dan mengamankan harta surat-suratdan hasil-hasil wakaf. Jelaskan pengertian wakaf menurut bahasa dan istilah! 2. Bedakan antara pengertian wakaf dan amal jariyah ! 3.: • Calon wakif menghadap Nadhir di hadapan Pejabat pembuat akta ikrar Wakaf (PPAIW). Pejabat ini adalah Kepala Kantor Urusan Agama setempat • Ikrar wakaf. Hikmah Wakaf 1. Begitu pula ia berhak menggunakan fasilitas yang tersedia sesuai dengan garis yang ditentukan. Apa yang menjadikan faktor utama mengalirnya pahala wakaf? Jelaskan. Pahala wakaf akan mengalir terus menerus selama barang wakaf itu maíz berguna (sedekah jariyah). Perilaku yang Mencerminkan Penghayatan Tentang Hikmah Wakaf  Mengisi kehidupan secara sungguh-sungguh dan maksimal. dengan wakaf generasi baru dapat mewarisi peninggalan wakaf dan memanfaatkannya untuk kepentingan umum. • Kelengkapan Administrasi Wakaf  Sertifikat tanah atau surat pengganti yang sah. sehingga membuahkan kesuksesan yang pada akhirnya memberi manfaat yang lebih untuk sesama. 7.  Menghindari jalan hidup yang menjadi bebanorang lain. 2.

Meninggalkan rumahnya di Makkah untuk berhijrah ke Yatsrib tersebut pengertiannya sama dengan orang 81 . Hijrah Rasulullah SAW dan umat Islam Ada dua macam pengertian hijrah yang harus di ketahui oleh umat Islam: Pertama. Rasulullah hijrah dari Makkah ke Yatsrib (Madinah) bertepatan dengan tanggal 28 Juni 622 M. Kedua.”( HR. Rasulullah saw bersabda: “Orang yang berhijrah itu ialah orang yang meninggalkan segala apa yang dilarang Allah swt. yang disuruh Allah swt dan diridhai-Nya.BAB XIII KETELADANAN RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH A. Dari Makkah ke Madinah adalah: o Menyelamatkan diri dan umat Islam dari tekanan. kenegeri Islam agar memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah dan beribadah. intimidasi sehingga tidak memiliki kebebasan dalam berdakwah dan beribadah. ancaman. Bahkan ketika Rasulullah saw. ancaman. hijrah berarti meninggalkan semua perbuatan yang dilarang dan dimurkai Allah swt untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang baik. Tujuan hijrah Rasulullah saw. Karena dinegeri asalnya itu umat Islam mendapat tekanan. SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH 1. Bukhari) Jadi orang yang melakukan perbuatan bertakwa. dan kekerasan kaum kafir Quraysy. hijrah berarti berpindah dari suatu negeri kafir (non Islam).

o

(Madinah), rumah beliau sudah dikepung oleh kaum kafir Quraisy dengan maksud untuk membunuhnya. Agar memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah serta beribadah, sehingga dapat meningkatkan usaha-usahanya dalam berjihad di jalan Allah swt. Untuk menegakkan dan meninggikan agama-Nya (Islam) .

2. Dakwah Rasulullah saw. Periode Madinah. Materi dakwah yang disampaikan Rasulullah saw. Pada periode Madinah, umumnya ajaran Islam tentang masalah sosial dan kemasyarakatan.Adapun obyek dakwah beliau pada periode Madinah adalah orang-orang yang sudah masuk Islam dari kalangan Muhajirin dan Ansar. Juga orang-orang yang belum masuk Islam seperti kaum Yahudi penduduk Madinah, para penduduk diluar kota Madinah yang termasuk bangsa Arab, dan yang tidak termasuk bangsa Arab. Rasulullah diutus bukan hanya untuk bangsa Arab tetapi untuk seluruh umat manusia di dunia. Allah swt. Berfirman:

“Dan tidaklah Kami mengutus kmu melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi alam semesta”. (QS. Al Anbiya’, 21: 107) Dalam kurun waktu sepuluh tahun Rasulullah saw. Berdakwah di Makkah banyak mengalami suka dan duka. Dakwah Rasulullah ditujukan kepada orang-orang yang sdudah masuk Islam (umat Islam) bertujuan agar mereka mengetahui seluruh ajaran Islam baik yang diturunkan di Makah maupun di Madinah, kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka betul-betul menjadi umat yang bertakwa. Selain itu Rasululah dibantu oleh para sahabatnya melakukan usaha-usaha nyata agar terwujud persaudaraan sesame umat Islam dan terbentuk masyarakat madani Madinah. Tujuan dakwah Rasulullah yang luhur dan cara penyampaiannya terpuji, menyebabkan umat manusia masuk Islam dengan kemauan dan kesadaran sendiri. Namun banyak juga orang –orang kafir tidak bersedia masuk islam, bahka mereka berusaha menghalang-halangi orang lain masuk Islam, dan juga berusaha melenyapkan agama Islam dan umatnya dari muka bumi. Misalnya orang-orang kafir Quraisy Makah dan kaum Yahudi Madinah dan sekutu-sekutunya. Setelah mendapat izin dari Allah untuk berperang, sebagaimana firman-Nya dalam surah al-Hajj, 22:39 dan al-Baqarah , 2 :190, maka kemudian Rasulullah saw dan para sahabatnay menyusun kekuatan untuk menghadapi peperangan dengan orang kafir yang tidak dapat dihindarkan lagi. Peperangan-peperangan yang dilakukan oleh Rasulullah saw. Dan para pengikutnya itu bukanlah bertujuan untuk melakukan penjajahan atau meraih harta rampasan perang, tetapi bertujuan untuk: o Membela diri, kehormatan dan harta. o Menjamin kelancaran dakwah, dan memberi desempatan lepada mereka yang hendak menganutnya. o Untuk memelihara umat Islam agar tidak dihancurkan oleh bala tentara Persia dan Romawi. Setelah Rasulullah saw. Dan para pengikutnya mampu membangun statu negara yang merdeka dan berdaulat, yang berpusat di Madinah, mereka berusah menyiarkan dan memashurkan agama Islam, bukan hanya pada penduduk Arab saja , melainkan juga non Arab, maka bangsa Romawi dan Persia menjadi cemas dan khawatir kekuasaan mereka akan tersaingi. Oleh karena itu bangsa Romawi dan Persia bertekad untuk menumpas dan menghancurkan Amat Islam dan agamanya. Untuk menghadapi tekad Romawi dan Persia, Rasulullah dan para sahabat tidak tingla diam sehingga terjadi peperangan antara Amat Islam dan bangsa Romawi, yaitu pertama perang mut’ah pada tahun 8 H, didekat desa Mut’ah, bagian utara Jazirah Arabia dan kedua , perang Tabuk pada tahun 9 H di Kota Tabuk, bagian

82

utara Jazirah Arabia. Sedangkan Bangsa Persia selalu mengadaka penyerangan terhadap wilayah kekuasaan umat Islam. Peperangan lainnya yang dilakukan dimasa Rasulullah saw. Seperti :  Perang Badar Al-Kubra, terjadi pada tgl 17 Ramadan tahun 2 H di sebuah tempat dekat perigi Badar, terletak antara Meca dan Medinah. Dalam perang melawan Kafir Quraisy ini kaum muslimin memperoleh kemenangan.  Perang Uhud, terjadi pada pertengahan Sya’ban tahun 3H. Pada perang ini kaum muslimin mengalami kekalahan.  Perang Ahzab (Kandaq), terjadi pada bulan syawal tahun 5 H. Ahzab artinya golongan-golongan, yaitu golongan kaum kafir Quraisy, kaum Yahudi, bani Salim, Bani Asad, Gathfan, Bani Murrah, dan Bani Asyja, sehingga berjumlah 10.000 lebih. Pasukan Ahzab ini meyerbu Madinah untuk menumpasIslamdan umat Islam. Atas inisiatif dari Salman Al-Farisi, untuk mempertahankan kota Madinah di buat parit yang dalam dan lebar. Berkat inisiatif itu, kekompakan umat Islam dan pertolongan Allahswt. Dalam perang Ahzab ini umat Islam memperoleh kemenangan. Pada tahun keenam hijriyah, terjadilah perundingan antara delegasi kaum kafir quraisy yang dipimpin oleh Suhail Ibnu Umar dan delegasi umat Islam diwakili oleh Rasulullah saw. Perundingan tersebut melahirkan kesepakatan antara kedua belah pihak dan melahirkan sebuah perjanjian yang dikenal dengan Perjanjian Hudaibiah (Sulhul Hudaibiah). Isi perjanjian itu sebagai berikut: • Selama sepuluh tahun diberlakukan gencatan senjata antara kaum Quraisy penduduk Mekah dan umat Islam penduduk Madinah. • Orang Islam dari kaum Quraisy yang datang kepada umat Islam, tanpa seizin walinya hendaklah ditolak oleh umat Islam. • Kaum Quraisy, tidak akan menolak orang-orang Islamyang kembalidan bergabung dengan mereka. • Tiap kabilah yang ingin masuk dalam persekutuan dengan kaum Quraisy, atau dengan kaum muslimindibolehkan dan tidak akan mendapat rintangan. • Kaum Muslimin tidak jadi mengadakan umrah saat itu, mereka harus kembali ke Madinah, dan boleh mengerjakanumrah ditahun berikutnya, dengan persyaratan: • Kaum Muslimin memasuki kota Mekah setelah penduduknya untuk sementara keluar dari kota Mekah. Kaum Muslimin memasuki kota Mekah tidak boleh membawa senjata. Kaum Muslimin tidak boleh berada dikota Mekah lebih dari tiga hari tiga malam.

• •

Perjanjian Hudaibiah inilah langkah awal untuk menciptakan perdamaian antara kaum kafir Quraisy dengan umat Islam. Dengan perjanjian ini Rasulullah saw. Dan umat Islam lebih leluasa untuk menyiarkan dakwah Islam. Kaum kafir Quraisy mengetahui, bahwa sangat menguntungkan kaum muslimin. Umat Islam semakin kuat, karena hampir seluruh semenanjung Arab yang paling selatan telah menggabungkan diri dengan Islam. Kaum kafir Quraisy merasa terpojok dan mereka secara sepihak berniat membatalkan perjanjian Hudaibiah itu, dengan cara menyerang Bani Khuzaah yang berada dibawah perlindungan Islam. Sejumlah orang Bani Khuzamah mereka bunuh dan

83

selebihnya mereka cerai beraikan.Bani Khuza’ah segera mengadu kepada Rasulullah saw. Dan mohon keadilan. Mendapat pengaduan seperti itu kemudian Nabi Muhammad saw. Dengan sepuluh ribu bala tentaranya berangkat menuju kota Mekah untuk membebaskan kota Mekah dari para penguasa kaum kafir yang zalim. Rasulullah sebenarnya tidak menginginkan terjadinya peperangan, yang sudah tentu akan menelan banyak korban jiwa. Untuk itru Rasulullah saw dan bala tentaranya berkemahdi pinggiran kota Mekah dengan maksud agar kaum kafir Quraisy melihat sendiri, kekuatan besar dari bala tentara kaum muslimin. Taktik Rasulullah saw seperti itu ternyata berhasil, sehingga dua orang pemimpin Quraisy datang menemui Rasulullah dan menyatakan diri masuk Islam. Setelah masuk Islamnya dua orang tokoh Quraisy yaitu Abbas ( paman Nabi saw) dan Abu Sufyan (seorang bangsawan Quraisy lahir tahun 567 M dan wafat tahun 652 M). Rasulullah saw dan bala tentaranya dapat memasuki kota mekah dengan aman dan membebaskan kota itu dari para penguasa kaum kafir Quraisy yang zalim tepat pada tahun 8 H secara damai tanpa adanya pertumpahan darah. Kemudian setelah itu kaum Quraisy berbondong-bondong masuk Islam, menerima ajakan Rasulullah dengan kerelaan hati. Kemudian bersama-sama dengan tentara Islam membersihkan kakbah dari berhala-berhala yang berserakan. Kaum muslimin masih menghadapi kaum musyrikin, yang semula bersekutu dengan kaum kafir Quraisy yang telah masuk Islam. Kaum musyrikin dibawah pimpinan Malik bin Auf (Bani Nasr) berangkat menuju Mekah untuk menyerang kaum muslimin yang telah menghancurkan berhala-berhala yang mereka sembah. Mendengar berita tersebut, maka Rasulullah saw.memimpin bala tentaranya sebanyak 12 ribu orang menuju kelembah Hunain tempat kaum musyrikin berkemah. Maka terjadilah pertempuran sengit antara pasukan Islam dan pasukan musyrikin, yang berakhir dengan kemenangan dipihak Islam. Perang Hunain ini terjadi dua minggu setelah peristiwa pembebasan kota Mekah. Sisa pasukan musyrikin melarikan diri ke thaif. Rasulullah dan bala tentaranya mengejar mereka sampai ke thaif, lalu mengadakan pengepungan selama beberapa hari lamanya sehingga pemimpin mereka Malik bin Auf dengan seluruh pasukan gabungannya, yaitu Bani Saqif, Bani Hawazin, Bani Nasr, dan Bani Jusyam menyatakan masuk Islam. Pada tahun ke-9 dan 10 H berbagai kabilah bangsa Arab seperti Bani Tamim, Bani Ammr, Bani Sa,ad Ibn Bakr, dan Bani Abdul Haris datang ke Madinah menghadap Rasulullah saw. Untuk menyatakan dukdungannya. Dengan demikian seluruh Jazirah Arabia telah masuk Islam, dan masuk wilayah pemerintahan Islam yang berpusat di Madinah. Rasulullah saw. Dan umat Islam memperoleh kemenangan yang gilang gemilang. 3. Dakwah Islam Keluar Jazirah Arabiah Rasulullah saw menyeru umat manusia di luar jazirah Arabiah agar memeluk agamaIslam, dengan jalan mengirim utusan untuk menyampaikan surat dakwah Rasulullah saw.itu seperti: 1. Heraclius, Kaisar Romawi Timur Yang mengirim surat dakwah Rasululah, melalui utusannya Dihijjah bin Khalifah. Heraclius tidak menerima seruan dakwah Rasulullah karena tidak mendapat persetujuan dari para pembesar negara dan para pendeta. Namun surat dakwah itu dibalasnya dengan tutur kata sopan, disamping mengirimkan hadiah untuk Rasulullahsaw. 2. Muqauqis, Gubernur Romawi di Mesir Rasulullah saw mengirim surat dakwah kepada uqauqis melalui utusannya yang bernama Hatib. Setelah surat itu dibaca uqauqis belum bisa menerima seruan masuk Islam, namun dia menyampaikan surat balasan kepada Rasulullah saw dan mengirim beberapa hadiah. 3. Syahinsyah, Kaisar Persia. Ia adalah penguasa yang lalim dan sombong. Karena kesombongannya surat dakwah Rasulullah dirobek-robeknya. Karena kesombongannya ia dibunuh oleh anaknya sendiri.

84

Kemudian Surat dakwah Rasulullah dikirimkan pula pada An Najasyi (Raja Ethiopia), Al-Munzir bin Sawi (Raja Bahrain), Hudah bin Ali (Raja Yamamah), dan Al-Haris (Gubernur Romawi) di Syam. Diatara penguasa-penguasa tersebut yang menerima seruan dakwah Rasulullah hanyalah Al-Munzir bin Sawi penguasa Bahrain yang menyatakan masuk Islam dan mengajak para pembesar negara dan rakyatnya agar masuk Islam. B. Strategi Dakwah Rasulullah saw periode Madinah. Piokok-pokok pikiran yang dijadikan strategi dakwak Rasulullah saw periode Madinah adalah: 1. Berdakwah dimulai dari diri sendiri, maksudnya sebelum mengajak orang lain meyakini kebenaran Islam dan mengamalkan ajarannya. 2. Cara (metode) melaksanakan dakwah sesuai dengan petunjuk Allah swt. 3. Berdakwah itu hukumnya wajib bagi Rasulullah saw dan umatnya. (lihat Q.S Al-Imran : 104, dan Hadis Rasulullah saw: “Sampaikanlah apa yang berasal dariku (tentang Islam),walaupun hanya satu ayat”. Hadis” (HR. Bukhari). 4. Berdakwah dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah swt semata, memperoleh popularitas dan keuntungan yang bersifat materi. a. Membangun Masjid Masjid yang dibangun pertama kali oleh Rasulullah adalah Masjid Quba, yang berjarak 5 km sebelah barat daya Madinah. Masjid ini di bangun pada tanggal 12 Rabiul awal tahun pertama Hijrah (20 September 622 M). Masjid kedua yang dibangun Rasulyullah saw adlah Masjid Nabawi di Medinah. Fungsi Masjid pada masa Rasulullah saw adalah sebagai berikut:  Masjid sebagai saran pembinaan umat Islam di bidang aqidah, ibadah dan akhlak.  Masjid merupakan saran ibadah, khususnya salat lima waktu, salat Jumat, salat Terawih, salat Idul Fitri dan Idul Adha.  Masjid merupakan tempat belajr dan mengajar tentang agama Islam yang bersumber kepada AlQuran dan Hadis.  Masjid sebagai tempat pertemuan untuk menjalin hubungan persaudaran sesama Muslim (ukhuwah Islamiyah) demi terwujudnya persatuan.  Menjadikan Masjid sebagai sarana kegiatan sosial. Misalnya sebagai tempat penampungan zakat, infak, dan sedekah dan menyalurkan kepada yang berhak menerimanya terutama para fakir miskin dan anak-anak terlantar.  Rasulullah saw. Menjadikan masjid sebagai tempat bermusyawarah dengan para sahabatnya.  Menjadikan halaman masjid sebagai tempat pengobatan masyarakat terutama para pejuang islam. b. Mempersaudarakan antara Kaum Muhajirin dan Ansor Muhajirin adalah para sahabat Rasulullah saw penduduk Makkah yang berhijrah ke Madinah. Ansor adalah para sahabat Rasulullah saw penduduk asli Madinah yang memberikan pertolongan kepada kaum Muhajirin. Rasulullah saw bermusyawarah dengan Abubakar r.a. dan Umar bin Khattab tentang mempersaudarakan antara Muhajirin dan Ansor, sehingga terwujud persatuan yang tangguh. Hasil musyawarah memutuskan agar setiap orang Muhajirin mencari dan mengangkat seorang dari kalangan Ansar, menjadi saudaranya senasab (seketurunan) Rasulullah saw memberi contoh memberi conto dengan mengangkat Ali sebagai saudaranya. Kemudian dicontoh oleh seluruh sahabatnya. Misalnya: bukan dengan niat untuk

85

dan Sosial yang Islami demi Terwujudnya Masyarakat Madani Islam tidak hanya mengajarkan bidang akidah dan ibadah. Sebagai kepala negara. Mereka saling mencintai. kaum Yahudi. ternyata membuahkan hasil sesama Muhajirin dan Ansar terjalin hubungan persaudaraan yang lebih baik.Meletakkan Dasar-dasar Politik. Rasulullah saw telah meletakkan dasar antara lain adanya persamaan derajat di antara individu. hormat menghormati dan tolong-menolong dalam kebaikan dann ketakwaan. Perjanjian bantu membantu antara umat Islam dan Non Islam Pada waktu Rasulullah menetap di Madinah. (4) Rasulullah saw adalah pemimpin seluruh penduduk Madinah. mantan hamba sahaya yang kemudian dijadikan anak angkat Rasulullah saw. dan orang-orang Arab yang masuk Islam.Hamzah bin Abdul Mutthalib. Rasulullah saw membuat perjanjian dengan penduduk Madinah non-Islam dan tertuang dalam Piagam Madinah antara lain: (1) Setiap golongan dari ketiga golongan penduduk Madinah memiliki hak pribadi. Evaluasi Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan ringkas dan tepat ! 1. o Abu Bakar As-shiddiq bersaudara dengan Kharizah bin Zaid. yakni musyawarah. dan politik. Dalam bidang sosial kemasyarakatan. yaitu umat Islam. o Utsman bin Affan bersaudar dengan Aus bin tsabit. Sehubungan dengan itu setiap golongan penduduk Madinah berhak menjatuhkan hukuman kepada orang yang yang membuat kerusakan dan memberi keamanan kepada orang yang mematuhi peraturan. keagamaan. Apakah tujuan utama perang di masa Rasulullah saw antara kaum Muslimin dan kaum kafir Quraisy pada periode Madinah? Jelaskan. umat Yahudi. dan orang-orang arab yang masuk Islam sesama mereka hendaknya saling membantu dalam bidang moril dan materiil. Penduduk Madinah mayoritas beragama Islam. 86 . Segala perkara dan perselisihan besar yang terjadi di Madinah harus diajukan kepada Rasulullah saw untuk diadilai sebagaimana mestinya. ekonomi dan soaial budaya yang kesemuanya bersumber pada Al-Quran dan Hadis. d. dan semua bangsa. o c. Kemukakan pokok-pokok pikiran yang dijadikanstrategi dakwah Rasulullah saw pada periode Madinah. maka selurul penduduk Madinah harus bantu membantu dalam mempertahankan kota Madinah. o Abdurrahman bin Auf bersaudara dengan Sa’ad bin Rabi (Ansar) Persaudaraan berpasangan tersebut. 2. Dengan syarat peraturan-peraturan itu tidak menyimpang dari tuntunan Al-Quran dan Hadis. menyayangi. Melalui musyawarah. (2) Setiap individu penduduk Madinah mendapat jaminan kebebasan beragama. umat Islam dapat mengangkat wakil-wakil rakyat dan kepala pemerintahan. paman Rasulullah saw pahlawan Islam yang pemberani bersaudara dengan Zaid bin Haritsah. Sesuatu yang membedakan derajat manusia ialah amal salehnya atau hidupnya yang bermanfaat. penduduknya terdiri dari tiga golongan. tetapi mengajarkan juga bidang politik. (3) Seluruh penduduk Madinah yang terdiri dari kaum Muslimin. serta membuat peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh seluruh rakyatnya. Rasulullah saw telah meletakkan dasar bagi sistim politik Islam. sehingga masyarakat Islam sudah terbentuk. Pada masa Rasulullah saw. maka adanya pemerintah Islam merupakan keharusan.. Ekonomi. semua golongan. Rasulullah saw selain sebagai seorang nabi dan rasul juga tampil sebagai seorang kepala negara. Apabial Madinah disrang musuh.

Sebutkan lima macam isi perjanjian Hudaibiyah. 87 .3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->