P. 1
Seni Patung 1

Seni Patung 1

|Views: 25|Likes:
Published by Maskur Efendi
xzvcsdfsad SAFafsAS asfAFSasf SAFSDVGADGSFH ADGASDGFASDF
xzvcsdfsad SAFafsAS asfAFSasf SAFSDVGADGSFH ADGASDGFASDF

More info:

Published by: Maskur Efendi on Feb 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2013

pdf

text

original

CONTOH HASIL KARYA SENI 3 DIMENSI -- SENI PATUNG -Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil

karyanya berwujud tiga dimensi. Arti dari seni rupa 3 dimensi itu sendiri adalah seni yang karya karyanya memiliki bentuk volume atau isi (memiliki 3 ukuran : panjang, lebar, dan tinggi/tebal) serta dapat dinikmati dari berbagai arah. Seni patung biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan). Seiring dengan perkembangan seni patung modern, maka karya-karya seni patung menjadi semakin beragam, baik bentuk maupun bahan dan teknik yang digunakan, sejalan dengan perkembangan teknologi serta penemuan bahan-bahan baru.

SENI PATUNG DI INDONESIA Seni patung di Indonesia adalah seni yang diciptakan dengan fungsinya sendiri sendiri. Contohnya di Bali, patung digunakan untuk bersembahyang berbeda dengan daerah lain. Seni patung juga banyak digunakan sebagai monumen yang mengabadikan peristiwa penting atau menghormati tokoh, terutama pejuang kemerdekaan. Kelahiran Seni patung modern Indonesia diawali oleh para seniman (antara lain Hendra Gunawan, Trubus, Edhi Soenarso, dll) yang membuat karya-karya patung pahatan dari batu vulkanik di Yogyakarta, di tahun 50-an. Berbagai patung figuratif itu sebagian masih ada di halaman gedung DPRD D.I Yogyakarta. Seni patung modern baru dikembangkan dan dipelajari secara akademik setelah adanya Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) di Yogyakarta.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->