PANDUAN TEKNIS

DEBAT BAHASA INDONESIA SMK TINGKAT NASIONAL TAHUN 2012

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2012 A. Latar Belakang

Negara-negara seperti Amerika Serikat. bahasa Inggris masih mengintervensi situasi resmi pemakaian bahasa Pilipino. tidak ada bahasa Amerika. dan bahasa Singapura. Bahkan. Indonesia memiliki bahasa negara yang diambil dari dalam negeri sendiri. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Nasional memiliki arti yang sangat strategis. untuk meningkatkan daya saing dalam kehidupan modern. dan kompetitif serta mampu memecahkan persoalan kehidupan yang dihadapinya. Pernyataan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia itu menyuratkan bahwa posisi bahasa Indonesia sangat penting sebagai lambang kedaulatan negara. tidak lebih dari seperempatnya yang berdaulat seperti Indonesia. Situasi di sana tentu sangat jauh berbeda dari Indonesia. akan diketahui bahwa dari sejumlah negara di dunia (sekitar 200 negara). peran bahasa Indonesia dapat dikatakan sebagai keniscayaan. terutama persoalan kehidupan bernegara. Sebagai sebuah negara yang berdaulat. dan bahasa asing. bahasa Swiss. Bahasa ibu diperlukan sebagai pembentuk karakter budaya anak bangsa dan akar pembentuk watak individu. Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan agar siswa SMK menjadi insan cerdas. Sebelum menguasai bahasa asing hendaknya generasi muda sudah memiliki pemahaman yang benar akan pentingnya bahasa Indonesia. Negara-negara seperti Filipina dan Rwanda. Terdapat dua bahasa resmi. bahasa Rwanda dan bahasa Prancis. Mereka telah memilih bahasa negara yang namanya diambil dengan merujuk pada nama bahasa negara lain. dan Singapura ternyata tidak memiliki bahasa negara yang diambil dari dalam negerinya. Undang-Undang Dasar 1945 (Pasal 36) menyatakan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa negara. dan bahasa asing dikuasai sebagai tuntutan perkembangan hidup di jaman globalisasi. Swiss. bahasa Indonesai.Keikutsertaan Debat Bahasa Indonesia sebagai sebuah mata lomba dalam kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing. Bahasa Indonesia diperlukan sebagai bahasa negara dan bahasa nasional yang akan akan meningkatkan rasa nasionalisme sebagai anak bangsa. para pendiri negara Indonesia tidak setengah-setengah (setengah hati) membentuk Indonesia sebagai negara yang berdaulat penuh. 2 . peran bahasa Indonesia tidak perlu diragukan. Di Filipina. Australia. masih memilih bahasa lain yang berasal dari luar negeri sebagai bahasa kedua. terampil. Sebagai generasi muda sebaiknya setiap individu menguasai bahasa daerah. bahasa Australia. Dalam konstitusi mereka masing-masing. Jika pernyataan konstitusi Indonesia itu dibandingkan dengan konstitusi negara lain. meskipun telah mengambil langkah konstitusional untuk menjadikan bahasa Pilipino dan bahasa Rwanda sebagai bahasa negaranya. di Rwanda. Dengan memilih bahasa Indonesia sebagai satu-satunya bahasa negara. Beruntunglah negara Indonesia.

B. Tujuan Debat Bahasa Indonesia Siswa SMK Tahun 2012 memiliki tujuan sebagai berikut. Meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Indonesia secara terus-menerus. aspek kecintaan bahasa Indonesia sebelum menguasai bahasa asing perlu dikedepankan. 4. serta 7. 2. 24 Tahun 2009 tentang Bendera. 6. Meningkatkan gairah apresiasi sastra Indonesia di kalangan siswa. Untuk itu. kegiatan Debat Bahasa Indonesia SMK Tingkat Nasional sangat tepat dilaksanakan sebagai ajang untuk meningkatkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia sebagai salah satu wujud kecintaan terhadap bangsa dan negara. 1. 5. Meningkatkan daya guna bahasa Indonesia di dalam dunia usaha dan dunia industri. 3. Meningkatkan daya saing dengan berlatih menggunakan logika berpikir yang dituangkan dalam sikap berbahasa yang santun. Oleh karena itu. Dengan kuatnya kecintaan terhadap bangsa dan negara. dan Lambang Negara. Menunjukkan kepada siapa saja bahwa bahasa Indonesia pada dasarnya sederajat dengan bahasa lain. Mengondisikan dunia pendidikan pada umumnya bahwa Bahasa Indonesia merupakan suatu bahasa yang lengkap. 3 . Bahasa. yang salah satu fungsinya dapat dipergunakan sebagai sarana berdebat. generasi muda ini akan menjadi siap dalam menerima estafet kepemimpinan yang akan mereka emban kelak. serta Lagu Kebangsaan. Untuk itu. pengembangan dan pembinaan bahasa yang dilakukan perlu didukung oleh generasi muda yang akan menguatkan kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang. Melatih kemampuan Bahasa Indonesia siswa dalam ragam resmi sebagai sarana komunikasi formal dan intelektual. yang mempunyai kemungknan untuk dipergunakan dalam suatu debat yang elegan dan bercita rasa memadai.Kondisi saat ini semakin kuat dengan diberlakukannya UU No.

Penggunaan bahasa alay di masyarakat oleh remaja. Topik-topik tersebut adalah sebagai berikut. 6. Kadang-kandang meraka menggunakan bahasa tersebut tidak hanya kepada teman sesama. E. terutama di daerah perkotaan. Tes bahasa Indonesia sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan publik. Hal ini menyebabkan kesenjangan komunikasi. antara lain adalah sebagai berikut. d. D. 4 . 1. pendidikan. Topik Mengingat bahwa pemakaian bahasa mengalami perkembangan dan dinamika yang pesat—termasuk Bahasa Indonesia—maka dalam konteks Debat Bahasa Indonesia ini topik yang ditentukan dan ditawarkan kepada calon peserta debat berkenaan dengan permasalahan Bahasa Indonesia itu sendiri. Penggunaan bahasa alay a. dan lain-lain. Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar di sekolah Indonesia.C. Perlunya perundang-undangan untuk mengatur masalah kebahasaan. hukum. tetapi juga digunakan dalam komunikasi dalam keluarga. c. 2. 3. Kondisi tersebut membawa dampak negatif terhadap kehidupan sosial di masyarakat dalam hal berbahasa. Remaja menganggap bahwa generasi muda harus berbeda dengan generasi orang-tuanya. sosial budaya. Saat ini. remaja mengganggap bahasa alay merupakan ciri remaja modern dan kreatif. remaja cenderung sering menggunakan bahasa alay. 4. Materi Materi Debat Bahasa Indonesia Siswa SMK Tahun Tahun 2012 Tingkat Nasional adalah isu-isu yang hangat yang ada di masyarakat yang meliputi isu-isu politik. Kisi-kisi Materi Kisi-kisi materi debat bahasa Indonesia. Ada anggapan dari orang tua bahwa pengunaan bahasa alay oleh remaja merupakan bentuk penyimpangan berkomunikasi sehingga bahasa tersebut dianggap tidak sopan. Penginternasionalan bahasa Indonesia dan penggunaan bahasa Indonesia oleh pekerja asing. b. Di lain pihak. Penggunaan bahasa asing dalam persuratan lembaga swasta. 5. 1.

5 . Penggunaan bahasa alay tidak akan berpangaruh terhadap bahasa Indonesia.e.

1) Mungkinkah bahasa alay ini akan merusak Bahasa Indonesia? 2) Haruskah dibuat peraturan agar siapa saja dilarang menggunakan bahasa alay? 3) Apakah bahasa alay hanya milik orang kota? 4) Apakah penutur bahasa—khususnya remaja—di semua daerah di Indonesia akan memahami bahasa alay ataukah setiap daerah akan mempunyai bahasa alay sendiri? 5) Apakah bahasa alay perlu diajarkan di sekolah atau masuk kurikulum? 6) Apakah dibenarkan penulisan kata/istilah yang mencampurkan huruf dan angka? 2. dan bidang-bidang lainnya. d. 1) Perlukah pekerja asing yang bekerja di Indonesia berbahasa Indonesia? 2) Apakah diperlukan aturan untuk menangani hal tersebut? 3) Apakah kedudukan bahasa Indonesia sudah setara dengan kedudukan bahasa asing yang telah mapan? 4) Apakah ada hubungan langsung antara investasi asing di Indonesia dengan aturan berbahasa? 5) Keuntungan apa saja yang diperoleh masyarakat Indonesia berkenaan dengan hal tersebut? 6 . Saat ini bahasa Indonesia telah menjadi bahasa modern yang dapat digunakan untuk kepentingan alih teknologi. demikian pula orang asing yag berkerja di Indonesia harus bisa berbahasa Indonesia. f. pendidikan.f. Penginternasionalan bahasa Indonesia dan penggunaanya untuk pekerja asing a. Jika orang Indonesia yang bekerja di negara tertentu harus bisa berbahasa negara tersebut. Aturan penggunaan bahasa Indonesia oleh pekerja asing membuka lapangan pekerjaan baru. c. Kedudukan bahasa Indonesia belum setingkat dengan bahasa asing sehingga belum perlu dipelajari oleh orang asing. kehidupan politik. Saat ini Indonesia harus dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan negara lain. Pemberlakuan aturan pekerja asing harus bisa berbahasa Indonesia akan menghambat investasi yang masuk ke Indonesia. ekonomi. b. e. Berkenaan dengan bahasa alay ini akan timbul sejumlah pertanyaan. Berkenaan dengan fakta tersebut akan muncul pertanyaan sebagai berikut.

Lulusan sekolah bilingual dianggap memiliki peluang yang lebih baik untuk masa depannya. c) Bahasa Indonesia perlu ditingkatkan statusnya agar bisa sejajar dengan bahasa asing yang telah mapan kedudukannya.3. 7 . f) Aturan formal akan membatasi perkembangan bahasa itu sendiri dan tidak sesuai dengan hak asasi manusia. 1) Apakah perlu penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar dalam sistem pendidikan di Indonesia? 2) Apakah benar penyataan bahwa penggunaan bahasa asing dalam pendidikan di sekolah akan menggeser kedudukan bahasa Indonesia? 3) Apakah ada relevansi antara nasionalisme dengan penggunaan bahasa asing dalam pendidikan? 4) Apakah benar sekolah yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan melakukan praktik komersialisasi pendidikan? Perlunya perundang-undangan untuk mengatur masalah 4. Terkait dengan hal tersebut. e) Sifat dasar bahasa adalah manasuka sehingga tidak diperlukan adanya aturan formal dalam penggunaanya. a) b) c) d) e) f) g) Penggunaan bahasa asing di sekolah Indonesia Pilihan masyarakat secara umum. b) Adanya aturan formal yang dapat dijadikan pedoman untuk mengatur kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia. muncul pertanyaan sebagai berikut. Biaya untuk mendapatkan pendidikan di sekolah bilingual biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah reguler sehingga tidak setiap anak bisa masuk ke sekolah tersebut. kebahasaan a) Adanya fakta bahwa bahasa Indonesia semakin terpinggirkan dengan perkembangan bahasa asing di Indonesia. Tidak adanya kecintaan terhadap bahasa Indonesia akan berpengaruh terhadap rasa nasionalisme. Sekolah yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidikan dianggap sebagai sekolah modern. Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pendidkan akan menggeser kedudukan bahasa Indonesia. d) Pengembangan dan pembinaan bahasa akan semakin terarah dengan adanya aturan formal tentang kebahasaan. saat ini jatuh pada sekolah-sekolah Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pendidikan.

b) Tes bahasa asing. e) Ada beberapa pertanyaan terkait dengan informasi tersebut. b) Ciri-ciri masyarakat modern adalah selalu menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. 1) Seberapa jauh pergeseran penggunaan bahasa Indonesia yang disebabkan kecenderungan penggunaan bahasa asing? 2) Perlukah aturan formal penggunaan bahasa? 3) Sudah siapkah kedudukan bahasa Indonesia disejajarkan dengan kedudukan bahasa asing? 4) Sejauh mana peran aturan formal membatasi kebebasan dalam berbahasa? 5. Bagaimna dengan bahasa Indonesia? c) Banyak pejabat dan tokoh publik yang menggunakan bahasa Indonesia yang bercampur dengan bahasa asing dalam pidato. wawancara. khususnya bahasa Inggris. Penggunaan bahasa asing dalam tata persuratan di lembaga swasta a) Untuk alasan efisiensi komunikasi. termasuk dalam tata persuratan. lembaga swasta saat ini banyak menggunakan bahasa asing. muncul beberapa pertanyaan sebagai berikut. dalam tata persuratan. antara lain: 1) Apakah bentuk efisiensi dari penggunaan bahasa asing dalam tata persuratan? 2) Apakah ciri masyarakat modern selalu menggunakan bahasa asing. c) Penggunaan bahasa asing dalam tata persuratan di Indonesia. tidak memberikan kontribusi dalam pembangunan karakter bangsa.g) Berdasarkan informasi tersebut. dan komentar dalam berbagai hal. seperti TOEFL dan TOEIC dapat dijadikan tes standar untuk kepentingan tertentu. termasuk dalam tata persuratan pada lembaga swasta? 3) Apakah ada perbedaan perlakuan terhadap lembaga pengguna bahasa Indonesia dan bahasa asing dalam tata persuratan? 6. Tes bahasa Indonesia sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan publik. termasuk dalam tata persuratan. d) Lembaga swasta tidak wajib menggunakan bahasa Indonesia. a) Logika berbahasa menunjukkan logika berpikir. 8 .

d) Pejabat dan tokoh publik lebih mementingkan isi pembicaraan daripada bahasa yang digunakan. 9 .

Format debat mengikuti Sistem Parlemen Asia. yang memungkinkan adanya interupsi dari pihak “oposisi”. 3. H. yang jika tidak diindahkan akan berpengaruh pada total penilaian. 5. Urutan Berbicara Urutan setiap sesi debat diawali dari peserta posisi netral. diberikan keleluasaan kepada peserta untuk menyampaikan tanggapan terhadap pokok pikiran yang telah disampaikan dengan tidak melebihi waktu yang telah diberikan. Panduan Teknis 1. 1) Adakah kaitan antara berbahasa dan berpikir? 2) Bagaimana sikap masyarakat terhadap pejabat yang tidak tepat dalam berbahasa? 3) Apakah perlu dilakukan tes bahasa terhadapa calon pejabat untuk mengukur tingkat kompetensi berbahasanya? F. G. Juri dapat memberikan komentar terhadap materi dan jalannya debat. Lingkup Argumen: CERDAS Para pembicara diharap menerapkan pola debat dengan argumen yang “cerdas”. Setiap sesi debat diikuti oleh 3 peserta. yaitu pihak yang mendukung. Atas interupsi yang diajukan. 4. 6. Efektif: pembicaraan tidak boleh melantur ke mana-mana. harus fokus dan tidak bertele-tele atau banyak memakai hal-hal yang mubazir. pembicara boleh menanggapi atau menolaknya. diteruskan peserta yang mendukung. dan pihak yang netral. Selanjutnya. 2.e) Beberapa pertanyaan yang mungkin muncul terkait dengan informasi tersebut adalah sebagai berikut. Interupsi yang dimungkinkan hanya dapat diajukan setelah setiap peserta selesai menyampaikan pokok pikiran sesuai dengan posisinya. pihak yang menyanggah. dan yang terakhir posisi yang menyanggah. 7. 10 . Bahasa Indonesia yang dipergunakan adalah bahasa Indonesia ragam formal yang dikemukakan dengan sopan dan elegan. Cepat: pembicaraan harus dikemukakan dengan cepat namun jelas. Setiap pembicara akan diberi kesempatan berbicara selama 3 menit untuk menyampaikan pokok pikirannya sesuai dengan posisinya. Kesantunan sikap dan kesantunan berbahasa adalah keharusan.

00—16. namun tetap memperlihatkan keseriusan. Waktu Pelaksanaan Kegiatan Debat Bahasa Indonesia ini akan diselenggarakan pada tanggal 2— 6 September 2012. Digdaya: pembicaraan harus mampu menunjukkan wawasan atau pengetahuan mengenai bahasa Indonesia yang baik. teoretis maupun praktis.Rasional: dasar pembicaraan harus bernalar dan masuk akal. I. Jadwal Kegiatan dan Tempat Lomba No 1 Tanggal Minggu 02-09-2012 Senin 03-09-2012 Selasa 3 04-09-2012 Waktu Kegiatan Tempat Kedatangan dan Registrasi 07.00—15. Santai: pembicaraan harus menunjukkan keeleganan dengan penampilan yang tidak kaku melainkan santai.00 —selesai Debat bahasa Indonesia 05-09-2012 Kamis 06-09-2012 08.00—selesai Penutupan 11 .00—selesai Debat bahasa Indonesia Taman Mini Indonesia Indah P4TK Kejuruan 2 P4TK Kejuruan 4 Pelaksanaan lomba 08.00—selesaiPembukaan 14. bukan sekadar perian atau naratif belaka. Argumentatif: pembicaraan harus masuk wilayah perdebatan.00 Rabu P4TK Kejuruan 5 Pelaksanaan lomba Debat P4TK Kejuruan bahasa Indonesia P4TK Kejuruan 19.00—selesai P4TK Kejuruan Peserta 10.00 Taklimat Pelaksanaan lomba 08.

G. Denah Debat PESERTA I PESERTA II PESERTA III PENGISYARAT WAKTU PENCATAT JURI I JURI II JURI III PENONTON 12 .

Kedua finalis tersebut akan dipertemukan pada tahap IV untuk medapatkan Juara 1 dan 2. yaitu tahap I. Juara Harapan I 5. Pada tahap I akan dilakukan 11 sesi debat untuk menghasilkan 11 pemenang dari 33 peserta. Penyaji Terbaik ( 2 orang ) 13 . I. (b) Sikap Berbahasa. Skema Penyisihan Penyajian debat akan dilakukan dalam empat tahap. Juara III 4. Sedangkan juara harapan II diambil dari peserta nilai tertinggi pada tahap II yang tidak masuk pada tahap III. Komposisi bobot penilaian adalah 30% untuk (A). 40% untuk (B). 1. Sedangkan penyaji terbaik diputuskan melalui rapat juri yang dilakukan setelah proses debat selesai.H. Pemenang tahap I akan dipertemukan dalam tahap II untuk mendapatkan 4 pemenang. dan 30% untuk (C) dengan kemungkinan nilai antara 50 sampai dengan 100 untuk tiap-tiap komponen. Dengan demikian akan diperoleh urutan juara sebagai berikut. Kriteria Penilaian Kriteria penilaian Debat Bahasa Indonesia ini didasarkan atas tiga komponen utama yaitu: (a) Penguasaan Materi. Juara Harapan II 6. dan tahap IV. tahap II. Juara I 2. Tahap III akan mempertemukan 4 peserta untuk mendapatkan 2 finalis. dan tahap III. dan (c) Penyajian. Juara II 3. Sedangkan Juara III ditentukan dari nilai tertinggi pada tahap ke III yang tidak masuk pada tahap IV dan satu peserta lainnya menjadi juara harapan I.

J. Bagan Penyisihan Lomba Debat Bahasa Indonesia 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 1 2 3 1 4 5 6 1 7 8 9 2 10 4 11 3 2 1 14 .