P. 1
Pakaian adat Betawi

Pakaian adat Betawi

|Views: 1,040|Likes:
Published by Arief Fadillah
pakaian adat
pakaian adat

More info:

Published by: Arief Fadillah on Feb 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2014

pdf

text

original

Pakaian adat Betawi

Pakaian Sehari-Hari Laki-Laki Pakaian adat Betawi yang dipergunakan oleh para kaum lelaki Betawi terdiri dari: * Baju koko (sadariah). Baju koko yang dikenakan disebut juga sadariah. Bentuknya sama dengan baju koko pada umumnya, hanya biasanya berwarna polos * Celana batik. Celana batik yang dikenakan adalah celana kolor batik panjang. Dengan warna yang tidak terlalu ramai, biasanya hanya putih, cokelat, dan hitam dalam motifmotifnya. * Kain pelekat. Kain pelekat ini bentuknya seperti selendang yang ditempatkan sebelah pundak atau diselempangkan pada leher. * Peci. Peci yang digunakan pada umumnya berwarna hitam berbahan beludru yang menjadi ciri khas masyarakat Betawi. Pakaian Sehari-Hari Perempuan Untuk perempuan Betawi, pakaian adat yang dipergunakan sehari-hari terdiri dari: * Baju kurung berlengan pendek. Baju kurung yang dikenakan memiliki lengan pendek, tak jarang ditambahkan saku di bagian depannya dengan warna-warna yang mencolok. * Kain sarung batik. Kain sarung batik yang sering dikenakan perempuanperempuan Betawi biasanya bercorak geometri dengan warna-warna yang cerah untuk dipadupadankan dengan baju kurung yang digunakan. * Kerudung. Kerudung yang digunakan yaitu selendang yang dikenakan pada kepala para perempuan Betawi. Warnanya serasi dengan baju kurung yang mereka kenakan. Pakaian Pengantin Laki-Laki Pakaian pengantin Betawi dipengaruhi oleh berbagai adat, di antaranya adalah adat Arab, Cina, Melayu, dan Barat. Pakaian adat Betawi yang dipergunakan untuk pernikahan adat Betawi laki-laki disebut Dandanan care haji. Pakaian pengantin laki-laki ini meliputi jubah dan tutup kepala. Jubah terbuat dari bahan beludru yang berwarna cerah. Jubah dalamnya terbuat dari kain berwarna putih yang halus. Sedangkan tutup kepala terbuat dari sorban disebut juga Alpie. Sebagai pelengkap dipergunakan selendang bermotif benang emas atau manik-manik yang warnanya cerah. Agar lebih serasi, pengantin lelaki pernikahan adat Betawi mempergunakan sepatu pantofel. Pakaian Pengantin Perempuan Pengantin perempuan dalam pernikahan adat Betawi mempergunakan pakaian adat betawi yang disebut Rias besar dandanan care none pengantin cine. Baju yang dikenakan blus bergaya Cina dengan bahan satin yang berwarna cerah. Bawahannya menggunakan rok atau disebut Kun yang berwarna gelap dengan model duyung. Warna yang sering digunakan hitam atau merah hati. Sebagai pelengkap bagian kepala digunakan kembang goyang dengan motif burung hong dengan sanggul palsu, dilengkapi dengan cadar di bagian wajah. Pada bagian sanggul dihiasi juga dengan bunga melati yang dibentuk roonje dan

Dulu. celana. dan hiasan teratai manik-manik dikalungkan di bagian dada. Baju adat Kalimantan Barat Ini merupakan baju adat khas Kalimantan Barat. baba = laki-laki) untuk lakilaki. warna yang dominan pada tenunan tradisional Dayak. dsb. Kulit kayu yang bisa difungsikan sebagai kain untuk membuat cawat. clan selimut itu disebut kapua atau ampuro. Suku Dayak di Kalimantan Barat ini mulai mengenal pakaian yang disebut king baba (king = cawat.. . . serta selop dengan model perahu sebagai alas kaki. Perhiasan lain yang dipergunakan adalah kalung lebar. Pakaian tersebut terbuat dari kulit kayu yang diproses hingga menjadi lunak seperti kain. baju. Masyarakat Dayak pun mengenal teknik menenun untuk membuat busana. unik ya. Warna dasar serat yang kuat yang dihasilkan adalah warna coklat muda. serat tengang itu dicelup dengan getah pohon yang dilarutkan dalam air. danking bibinge untuk perempuan (bibinge = wanita). putih. yang ditenun adalah serat benang yang dihasilkan dari kulit pohon tengang. Kini telah sangat jarang dijumpai tenunan yang dibuat dari serat tengang sehingga busana adat masyarakat Taman pun menggunakan tenunan benang kapas. Bahkan hingga kini masyarakat Dayak dikenal sebagai penenun yang terampil. merah muda. gelang listring. dibuat dari benang kapas yang diperoleh dari luar daerah. Tenunan yang beredar sekarang dengan warna-warna kuning. Untuk memperoleh warna hitam atau merah hati.sisir. Wauw.

diantaranya Suku Sunda sebagai suku mayoritas dan suku Badui yang dibedakan menjadi Suku Badui Dalam dan Suku Badui Luar. biasa disebut BEUBEUR yang fungsinya untuk mengancangkan kain KEBAT DILEPE Selendang. Ikat pinggang.Baju Adat Jawa Barat Provinsi Jawa Barat yang ibukota Provinsi nya terletak di Bandung mempunyai beberapa suku. Beberapa hiasan kembang goyang yang menghiasi bagian atas kepala serta rangkaian bunga melati yang menghiasi sanggul rambut kalung . • • • • • • Celana panjang yang sewarna dengan JAS TAKWA Penutup kepala / BENDO Kalung Sebilah keris yang terselip di belakang pinggang Alas kaki atau selop Rantai kuku macan atau jam rantai JAS TAKWA sebagai hiasan PAKAIAN ADAT WANITA JAWA BARAT : • • • • • • Baju kebaya motif polos dengan hiasan sulam atau manik-manik Kain batik atau disebut juga KAIN KEBAT DILEPE. Beikut ini adalah informasi penting mengenai pakaian adat Jawa Barat untuk pria dan wanita : PAKAIAN ADAT PRIA JAWA BARAT : • Terdiri dari baju jas dengan kerah menutup leher yang biasa disebut dengan JAS TAKWA. • Kain batik atau lebih dikenal dengan nama KAIN DODOT dengan motif bebas. biasa disebut KAREMBONG yang berfungsi sebagai pemanis.

serta kipas. cincin. cincin. pakaian bagi kaum laki-laki. gelang. ketiak. Sedangkan stagen dililitkan pada bagian perut untuk mengikat tapihan pinjung agar kuat dan tidak mudah lepas. Sementara itu. dan punggung. Bagian kepala rambutnya digelung (sanggul). dipadukan dengan kain sinjang atau jarik corak batik.• Alas kebaya kaki / selop yang warnanya sama dengan warna Pakaian Tradisional dari Jawa Tengah Pakaian tradisional kaum perempuan Suku Jawa pada umumnya. Bagian depan kain. Baju kebaya dipakai dengan kain sinjang jarik atau tapih. dan dilengkapi dengan perhiasan yang dipakai seperti subang (anting-anting). dan di Jawa Tengah khususnya adalah memakai kebaya. Pakaian sehari-hari perempuan Jawa biasanya cukup memakai kemben yang dipadukan dengan stagen dan kain jarik. Kelengkapan pakaian yang dipakai biasanya berupa subang kecil dengan kalung dan liontin yang serasi. di sebelah kiri dibuat wiron (lipatan) yang dililitkan dari kiri ke kanan. Kemben dipakai untuk menutupi dada. Untuk menutupi stagen digunakan selendang pelangi dari tenun ikat celup yang berwarna cerah. dan sepasang tusuk konde pada sanggul. Salah satu contoh pakaian upacara yang biasa dipakai dikalangan keraton adalah baju kebaya menggunakan peniti renteng. khususnya kerabat keraton adalah memakai baju beskap kembang-kembang atau motif . kalung. Kebaya memang biasa dikenakan oleh perempuan bangsawan maupun rakyat biasa sebagi pakaian seharihari maupun pakaian upacara. gelang. dan kain tapih pinjung dengan stagen. kemben.

Pada kepala memakai destar (blankon). Kita juga dapat mengetahui status sosial berdasarkan corak dan bentuk dari pakaian adat di sini. dan memakai destar atau blankon. Pakaian ini dinamakan Jawi Jangkep. pakaian yang dipakai adalah celana kolor warna hitam. yaitu pakaian laki-laki Jawa lengkap dengan keris. Dibedakan antara Pria dan Wanita. kain samping jarik. Di kalangan rakyat biasa. dan sarung. Pakaian yang digunakan pada saat upacara/ritual tentunya bereda dengan pakaian sehari-hari. khususnya laki-laki. ikat pinggang besar. biasanya memakai kain jarik dan sabuk sindur. Namun.bunga lainnya. 1. ikat kepala. Pakaian Adat Daerah Bali Pakaian adat Bali sebenarnya memiliki makna dan tujuan tertentu atau masing-masing walaupun kelihatannya sama. pakaian lengan panjang. jika ada pelaksanaan upacara. Pria Busana tradisional pria umumnya terdiri dari: • Kain wastra (kemben) . serta baju beskap atau sikepan. stagen untuk mengikat kain samping. keris dan alas kaki (cemila).

Wanita Para penari cilik mengenakan gelung. jingga. 4. Konon dahulu kala. ada peraturan mengenai pemakaian baju bodo. . Masing-masing 1. Warna putih digunakan oleh para inang dan dukun. mengenakannya.Sabuk Keris Beragam ornamen perhiasan Udeng (ikat kepala) Kain kampuh Umpal (selendang pengikat) Sering pula dikenakan baju kemeja. biasanya bercorak kotak dan dipakai sebagai bawahan baju bodo. dan alas kaki sebagai pelengkap. 5. songket dan kain prada. Warna ungu dipakai oleh para janda. • • • • • • 2. jas dan alas kaki sebagai pelengkap. di sebelah dalam • Beragam ornamen perhiasan • Gelung (sanggul) • Sesenteng (kemben songket) • Kain wastra Sering pula dikenakan kebaya. membelit pinggul dan dada • Selendang songket bahu ke bawah • Kain tapih atau sinjang. Warna hijau diperuntukkan bagi puteri bangsawan 6. Pakaian Adat Tradisional Sulawesi Selatan Baju bodo adalah baju adat Bugis-Makassar yang dikenakan oleh perempuan. Busana tradisional wanita umumnya terdiri dari: • Sabuk prada (stagen). Warna merah darah untuk 17-25 tahun. 3. perempuan 2. Sedangkan Lipa' sabbe adalah sarung sutra. kain penutup dada. Warna warna manunjukkan dipakai oleh tingkat usia perempuan umur 10 yang tahun. Warna jingga dan merah darah digunakan oleh perempuan umur 10-14 tahun.

Begitu pula untuk passappi'-nya (Pendamping mempelai.Pakaian adapt Sangihe Talaud disebut “laku tepu”. Laku tepu yang bentuknya memanjang dari leher sampai di betis . Baju bodo kini terpinggirkan.Benang kofo ditenun dengan alat tenun yang disebut “kahuwang”.merupakan baju terusan terbuat kain kofo.sedang tepu artinya agak sempit. baju adat ini sudah semakin terkikis oleh perubahan zaman. Akan tetapi saat ini.Kofo atau fami manila adalah sejenis pohon pisang yang banyak tumbuh di daerah Sangihe talaud yang berikim tropis Seratnya diambil untuk menghasilkan benang kofo. BUSANA WANITA. gaun malam yang katanya modis.Pakaian adat suku bangsa Sangihe Talaud sejak dulu menggunakan bahan serat kofo. Sulawesi Utara Pakaian adat dari Sulawesi Utara sering disebut dengan pakaian Sangihe. Juga digunakan oleh pagar ayu.Pada bagian leher terdapat lipatan berbentuk segitiga atau huruf V. Kahiwu atau kain sarung.maksudnya pakaian yang bagian lehernya agak sempit atau tidak terbuka.Laku artinya pakaian . digantikan oleh kebaya modern.sebesar ukuran kepala agar mudah memakainya. dahulu juga masih sering didapati perempuan Bugis-Makassar yang mengenakan Baju Bodo sebagai pakaian pesta. atau busana-busana yang lebih simpel dan mengikuti trend. Baju bodo kini tetap dikenakan oleh mempelai perempuan dalam resepsi pernikahan ataupun akad nikah. biasanya anakanak). misalnya pada pesta pernikahan.Selain peraturan pemakaian baju bodo itu. Walau dengan keterpinggirannya.Kahiwu juga dibuat dari kain .

sedangkan wanita keturunan bangsawan menggunakan“kaduku atau animating” .adalah selembar kain kofo dengan ukuran yang sama seperti bandang.Bandang digunakan oleh wanita biasa.berlengan panjang dan panjang pakain sampai ketumit.merupakan pelapis bagian dalam yang diikat dipinggang. BUSANA PRIA.Popehe juga memiliki makna membangkitkan semangat dalam melaksanakan tugas ataupun mengatasi berbagai rintangan. bahan dari kofo ukuran 1.hanya perbedaannya tergantung dari cara mengikat.Paporong atau pengikat kepala menggunakan bahan dari kain kofo dengan ukuran 1 kali 1 meter. Boto Pusige (konde) atau sanggul Pusige artinya ubun-ubun kepala. Pakaian laki-laki juga disebut Laku Tepu.Lipatan untuk rakyat biasa berjumlah 5 lipatan dan untuk bangsawan 7 atau 9 lipatan.perbedaannya bagian lehernya berbentuk setengah lingkaran.5 sentimeter panjang dan lebar 5 cm.kofo.Sanggul ini biasanya dibuat dari rambut wanita sendiri diatas kepala.Bandang ialah selembar kain kofo yang berukuran panjang 1.Popehe(pengikat pinggang).Bandang.5 meter dengan lebar kira-kira 5 sentimeter.Paporong dibentuk segitiga sama sisi.Kaduka atau animating kegunaannya untuk memperindah Laku Tepu dan melambangkan derajat sosial masyarakat.Kahiwu mempunyai lipatan seperti kain(wiron)terletak agak kekiri disebut “leiwade”.Fungsinya memperindah laku tepu sekalgus mengatur Laku Tepu apabila kepanjangan dapat diatur dengan menarik keatas.Paporong diikat pada bagian kepala menutupidahi.melambangkan keagungan masyarakat Sangihe Talaud.Boto Pusige artinya sanggul yang terletak pada ubun-ubun kepala wanita.Popehe diikat pada pinggang pengantin pria pada sebelah kiri dan ujungnya terurai kebawah. Untuk menjaga agar Boto Pusige tetap kuat digunakan Sasusu Boto (tusuk Konde) yang ditusukkan dari sebelah kanan sampai kiri.Laku tepu yang panjang berfungsi menutupi tubuh.alasnya dilipat tiga kali dengan lebar 3 sampai 5 sentimeter.Pemakaiannya diletakkan di bahu kanan dan ujungnya diikat pada pinggang sebelah kiri. Pakaian Adat Riau .Semakin tinggi Boto Pusige semakin indah.Paporong untuk laki-laki disebut paporong lingkaheng dan untuk keturunan bangsawan disebut paporong Kawawantuge.

gencarnya kebangkitan busana daerah dapat membangkitkan pula pakaian adat Riau. pemakaian pakaian adat pada saat-saat resmi dan dalam sebuah acara. Berkembangnya gaya hidup yang berbeda dari zaman dahulu. Pakaiannya yang tertutup mencerminkan makna bahwa pakaian haruslah menutup aurat. Busana yang disebut dengan istilah baju Melayugunting cina dipakai saat tidak resmi atau saat di rumah. Busana yang disebut dengan istilah baju Melayu cekak musang dipakai saat acara keluarga. Selain sebagai penutup aurat dan pelindung tubuh. Sebuah pakaian adat juga dianggap sebagai nilai dan moral pemakainya yang mewakili tradisi sebuah daerah. tampaknya gunting cina tidak lagi dipakai sebagai busana sehari-hari di rumah. membuat intensitas pemakaian busana daerah berkurang. Variasi pakaian adat Riau membedakan pula waktu pemakaiannya. kain. Kain sampin biasanya memiliki warna dan corak yang sama dengan baju atasannya. Busana Melayu Riau ini identik dengan nilai-nilai Islam. Makna Pakaian Adat Riau Pakaian adat Riau juga memiliki makna tersendiri. Meskipun demikian. busana ini terdiri dari celana. Pakaian Adat Wanita Untuk perempuan. . Ditambah lagi. baju yang dipakai adalah baju Melayu berupa atasan yang disebut teluk belanga. Hal ini turut membangkitkan pula kebudayaan nasional. dan selendang. Selendang dipakai dengan cara disampirkan di bahu. memungkinkan bertahannya pakaian adat tersebut. Pakaian Salah Satu Ciri Budaya Meskipun pakaian adat merupakan salah satu ciri budaya.Pakaian Adat Pria Untuk pakaian pria. selain melindungi tubuh dari cuaca. pakaian yang dipakai berupa baju kurung. Selain itu. dan songkok atau penutup kepala. pakaian adat bermakna sebagai penolak bala. Saat ini. generasi muda zaman sekarang tidak memakai pakaian adat lagi. seperti pernikahan. Tradisi Melayu Riau memang bersumber dari nilai-nilai Islam. kain sampin. Pakaian adat ini disebut dengan baju Melayu teluk belanga.

pegunungan dan lembah di daratan Papua (Asmat. dan lain-lain. seperti halnya upacara perkawinan nama/I stilah dan satu suku dengan sukulainnya yang ada di Papua tidaklah sama. Upacara-upacaraAdat Upacara Pemotongan Jari Tangan.Pakaian adat Papua yang unik dan aneh - PakaianAdat Koteka. yang biasanya dilakukan pada saat ada salah seorang anggota keluarga meninggal dunia (Wamena). tombak dan parang merupakan senjata yang biasanya digunakan untuk berperang antar suku dan juga merupakan perlengkapan berburu. Dani. hasil pertanian. makanan. Panah. Tas Noken. Upacara Pernikahan. merupakan pakaian yang biasanya dipakai yaitu pakaian adat papua oleh kaum laki-Iaki untuk menutupi auratnya (kelamin) yang sampai saat ini merupakan pakaian adat yang digunakan di daerah pedalaman. . terbuat dari kulit kayu lalu dikeringkan dan dianyam merupakans ebuah tas yang biasanya untuk memuat hasil buruan. prosesi dari upacara tersebut tiap suku berbeda satu dengan yang lainnya. biasanya prosesi pernikahan/perkawinanantara Bakar Batu. Wamena).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->