PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

Disusun oleh:
Oris wicaksono

Pengertian Ideologi
• • Kata ideologi berasal dari bahasa latin (idea; daya cipta sebagai hasil

kesadaran manusia dan logos; ilmu).
Istilah ini diperkenalkan oleh filsuf Perancis A. Destult de Tracy (1801) yang mempelajari berbagai gagasan (idea) manusia serta kadar kebenarannya. • Pengertian ini kemudian meluas sebagai keseluruhan pemikiran, cita rasa, serta segala upaya, terutama di bidang politik. Ideologi juga diartikan sebagai falsafat hidup dan pandangan dunia (dalam bahasa jerman disebut

Weltanschauung).

Beberapa pengertian ideologi :
1. Destult de Tracy Ideologi adalah bagian dari filsafat yang merupakan ilmu yang mendasari ilmu- ilmu lain seperti pendidikan, etika, politik dan sebagainya.

2. Laboratorium IKIP Malang Ideologi adalah seperangkat nilai, ide, dan cita- cita, serta pedoman dan metode melaksanakannya/ mewujudkannya. 3. Kmus Ilmiah Populer Ideologi adalah cita- cita yang merupakan dasar salah satu sistem politik, paham, kepercayaan, dan seterusnya (ideologi sosialis, ideologi islam, dan lain- lain).

4. Moerdiono Ideologi adalah kompleksitas pengetahuan dan nilai secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang (masyarakat) untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya. 5. Encyclopedia International Ideologi adalah “system of ideas, belief, and attitude which underlie the way of live in a particular group, class or society” (sistem gagasan, keyakinan, dan sikap yang mendasari cara hidup suatu kelompok, kelas atau masyarakat tertentu). 6. Dr. Alfian Ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

7. Prof. Padmo Wahyono, SH Ideologi diberi makna sebagai pandangan hidup bangsa, falsafah hidup bangsa, yang berupa seperangkat tata nilai yang dicita- citakan dan akan direalisasikan di dalam kehidupan berkelompok. Ideologi ini akan memberikan stabilitas arah dalam hidup berkelompok dan sekaligus memberikan dinamika gerak menuju apa yang dicita- citakan.

serta menuntut para pengikutnya untuk patuh terhadap ajarannya. dan tidak berubah. Sebagai akibat kekhasan tersebut suatu ideologi bisa saja tidak dimengerti oleh kelompok lain yang tidak mau menerimanya. sumber kekuasaan bagi penguasa. dan tidak jarang pula suatu ideologi menjadi beku. kaku. dan tingkat kesederajatan antarmanusia. hubungan manusia dengan dengan kekuasaan.DARI PENDAPAT-PENDAPAT TERSEBUT DAPAT DISIMPULKAN : suatu ideologi pada umumnya mewujudkan pandangan khas tentang pentingnya kerja sama antarmanusia dalam kerja. .

FUNGISI IDEOLOGI 1. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami. 3. 6. serta bertingkah laku sesuai dengan orientasi dan norma. menghayati. Norma. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan. yaitu keseluruhan pengetahuan yang dapat merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian.norma yang terkandung di dalamnya. Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia. Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya.norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak. 5. . 2. Stuktur kognitif.kejadian dalam alam sekitarnya. 4.

Diyakini kebenarannya untuk hidup bersama Dicantumkan dalam konstitusi negara Diakui adanya nilainilai dasar IDEOLOGI NEGARA Dirumuskan dalam deklarasi negara Tumbuh.konsep abstrak (inkrimental) Kedua Dijabarkan dalam berbagai kehidupan Hasil olah pikir para cendikiawan .kembang di dalam masyarakat Pertama Konsep.

serta sebagai pertahanan bangsa dan negara indonesia. Ir. 2. pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik. atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian. 3. Soekarno Pancasila adalah isi jiwa bangsa indonesia yang turun. Notonegoro Pancasila adalah dasar falsafah negara indonesia. .masing: 1. pancasila tidak saja falsafah negara.Beberapa tokoh nasional yang telah merumuskan konsep pancasila sesuai dengan sudut pandang masing. asas. dasar. Muhammad Yamin Pancasila berasal dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti sendi. lambang persatuan dan kesatuan. Berdasarkan pengertian ini dapat disimpulkan bahwa pancasila pada hakikatnya merupakan dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa indonesia sebagai dasar pemersatu.temurun yang sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. yakni falsafah bangsa indonesia. Dengan demikian. tetapi lebih luas lagi.

memelihara dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan itu. 4.Fungsi pancasila sebagai ideologi negara 1. Memberikan tekad untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa. Membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. 3. Menyoroti kenyataan yang ada dan mengkritisi upaya perwujudan cita.cita yang terkandung dalam pancasila. 2. . Mempersatukan bangsa.

2. 4. Melakukan kekerasan Mencuri Berjiwa dengki Berbohong Mabuk akibat minuman keras . 3. 5.buku sutasoma karangan Mpu Tantular pancasila diartikan sebagai lima perintah kesusilaan (pancasila krama). yang berisi lima larangan 1.

3. Menyelidiki kemungkinan indonesia merdeka Mempersiapkan lahirnya indonesia merdeka Menyusun dasar negara Menyusun rancangan UUD negara indonesia merdeka . 2.Tugas BPUPKI yang diatur oleh jepang 1. 4.

Muhammad Yamin pada tanggal 29 mei 1945 1. Kebangsaan persatuan indonesia 3. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia .Rumusan asas dasar negara yang di usulkan oleh Mr. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan 5. Ketuhanan Yang Maha Esa 2.

Sistem badan permusyawaratan 4. Soepomo pada tanggal 31 mei 1945 • • • • • 1. Paham negara kesatuan 2. Sosialosasi negara 5. Perhubungan negara dengan agama 3. Hubungan antar bangsa .Rumusan lima dasar negara yang di usulkan oleh Mr.

Soekarno pada tanggal 1 juni 1945 • • • • • 1. Kesejahteraan sosial 5.Rumusan dasar negara yang di usulkan oleh Ir. Internasionalisme atau perikemanusiaan 3. Kebangsaan indonesia 2. Ketuhanan yang berkebudayaan . Mufakat atau demokrasi 4.

Rumusan dasar negara yang di usulkan oleh Panitia Kecil pada sidang PPKI pada tanggal 22 juni 1945 1.pemeluknya 2. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan 5. Kemanusiaan yang adil dan beradab 3. Persatuan indonesia 4. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia . dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk. Ketuhanan.

Kemanusiaan yang adil dan beradab 3. Persatuan indonesia 4. Ketuhanan Yang Maha Esa 2.Rumusan akhir Pancasila yang ditetapkan pada tanggal 18 agustus 1945 dalam sidang PPKI 1. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia .

XVIII/ MPR/ 1998.RI 1. . kemanusiaan yang adil dan beradab. republik indonesia yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara”.undang dasar 1945. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan. serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. persatuan indonesia.Di dalam pembukaan UUD 1945 tidak dicantumkan kata pancasila sebagai dasar negara tetapi kesepakatan tersebut tercantum dalam ketetapan MPR. yaitu ketuhanan Yang Maha Esa. diantaranya menyebutkan: sumber hukum dasar nasional yang tertulis dalam pembukaan undang. III/ MPR/ 2000. Ketetapan MPR No.RI No. Ketetapan MPR. pasal 1 menyebutkan bahwa “Pancasila sebagaimana dimaksud dalam pembukaan undangundang dasar 1945 adalah dasar negara dari negara kesatuan 2.

Mengesahkan UUD 3. Memilih presiden dan wakil presiden 4. Mengesahkan pembukaan UUD 2. PPKI bersidang dan mengambil bebreapa keputusan penting. Menetapkan bahwa untuk sementara waktu presiden dibantu oleh sebuah komite nasional.Pada tanggal 18 agustus 1945. yaitu: 1. .

Pancasila memliki potensi menjamin keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terbentang dari sabang sampai merauke. Pancasila memiliki potensi menampung keadaan pluralistik masyarakat indonesia yang beraneka ragam suku. 5. yang terdiri atas ribuan pulau Pancasila memberikan jaminan berlangsungnya demokrasi dan hak.hak asasi sesuai dengan budaya bangsa. agama. dan golongan Pancasila memberikan jaminan terealisasinya kehidupan yang pluralistik.Pancasila memenuhi syarat sebagai dasar negara bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan alasan 1. 4. 2. ras. . 3. Pancasila menjamin terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera sesuai dengan Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. dengan menjunjung tinggi dan menghargai manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan secara berkeadilan yang disesuaikan dengan kemampuan dan hasil usahanya.

undang 4. Peraturan pemerintah pengganti undang. Undang.Undang Dasar 1945 2. Ketetapan majelis permusyawaratan rakyat republik indonesia 3.Tata urutan perundangan: 1. Undang.undang (Perpu) 5. Keputusan presiden 7. Peraturan daerah . Peraturan pemerintah 6.

hari dengan berbagai dimensinya.nilai dasar itu adalah milik mereka bersama.betul merasakan dan menghayati bahwa nilai. bukan angan.nilai dasar di dalam suatu ideologi bersumber dari nilai.angan (utopia).nilai riil yang hidup dalam masyarakat yang tertanam dan berakar di dalam masyarakat. yang memberi harapan tentang masa depan yang lebih baik melalui perwujudan atau pengalamannya dalam praktik kehidupan bersama sehari. terutama pada waktu ideologi itu lahir. Dimensi Idealisme Bahwa nilai.nilai dasar ideologi tersebut meng andung idealisme. Alfian 1.3 Dimensi menurut Dr. 2. Dengan demikian. mereka betul. . Dimensi realitas Bahwa nilai.

tanpa menghilangkan atau mengingkari hakikat (jati diri) yang terkandung dalam nilai. Dimensi fleksibilitas (pengembangan) Bahwa ideologi tersebut memiliki keluwesan yang memungkinkan dan bahkan merangsang pengembangan pemikiran.pemikiran baru yang relevan tentang dirinya.nilai dasarnya. .3. Dimensi fleksibilitas atau dimensi pengembangan sangat diperlukan oleh suatu ideologi guna memelihara dan memperkuat relevansinya dari masa ke masa.

terutama menghadapi globalisasi dan keterbukaan. Sebagai ideologi terbuka. 3. Hal.Hal Yang Harus Diperhatikan Sehubungan Dengan Gagasan Pancasila 4. pancasila harus mampu memberikan orientasi ke depan. . 2. Ideologi pancasila menghendaki agar bangsa indonesia tetap bertahan dalam jiwa dan budaya indonesia dalam wadah negara kesatuan republik indonesia. mengahruskan bangsa indonesia untuk selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dan akan dihadapinya.1. Ideologi pancasila harus mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi zaman yang terus mengalami perubahan. dengan memperhatikan tingkat kebutuhan dan perkembangan masyarakat indonesia sendiri. Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung makna bahwa nilainilai dasar pancasila dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan bangsa indonesia dan tuntutan perkembangan zaman secara kreatif.

TAP MPR. berbangsa. . 3. Nilai praksis Merupakan nilai. dan peraturan perundang. maupun bernegara.nilai dasar yang dijabarkan secara lebih kreatif dan dinamis dalam bentuk UUD 1945.undangan lainnya.nilai yang terkandung dalam pancasila 1.Nilai.nilai lebih lanjut dari nilai. 2.hari baik dalam kehidupan bermasyarakat.nilai yang sesungguhnya dilaksanakan dalam kehidupan nyata sehari.nilai dasar yang relatif tetap ( tidak berubah) yang terdapat di dalam pembukaan UUD 1945. Nilai instrumental Merupakan nilai. Nilai dasar Merupakan nilai.

nilainya ditentukan oleh negara atau kelompok masyarakat atau penguasa. Nilai.IDEOLOGI TERTUTUP • Ideologi tertutup adalah ideologi yang bersifat mutlak dimana nilai.nilainya bersifat instan .

norma. Nilai.Ciri. melainkan cita. Bukan merupakan cita.cita sebuah kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk mengubah masyarakat • 2. norma.ciri ideologi tertutup • 1. Apabila kelompok tersebut berhasil menguasai negara. . ideologinya itu akan dipaksakan kepada masyarakat. dan berbagai segi kehidupan masyarakat akan diubah sesuai dengan ideologi tersebut.cita yang sudah hidup dalam masyarakat.nilai.

artinya mencakup/ mengurusi semua bidang kehidupan.cita. ideologi tertutup ini cenderung cepatcepat berusaha menguasai bidang informasi dan pendidikan. dan total . Pluralisme pandangan dan kebudayaaan ditiadakan.nilai dan cita. Menuntut masyarakat untuk memiliki kesetiaan total dan kesediaan untuk berkorban bagi ideologi tersebut 6. Karena itu. hak asasi tidak dihormati. 5.3. mutlak. Isi ideologi tidak hanya nilai. Bersifat totaliter. tetapi tuntutantuntutan konkret dan operasional yang keras. sebab. kedua bidang tersebut merupakan sarana efektif untuk mempengaruhi perilaku masyarakat 4.

IDEOLOGI TERBUKA • Ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak dimutlakkan. dimana nilainya tidak dipaksakan dari luar bukan pemberian negara tetapi merupakan realita masyarakat itu .

dan budaya masyarakat (falsafah).Ciri. tetapi ditemukan dalam masyarakat sendiri. moral. Jadi bukan keyakinan ideologis sekelompok orang. rohani. melainkan kesepakatan masyarakat ii. dan bisa digali dan ditemukan dalam kehidupan mereka .ciri ideologi terbuka i. Tidak diciptakan oleh negara. ia adalah milik seluruh rakyat. Merupakan keyakinan.

Isinya tidak langsung operasional. Menghargai pluralitas. setiap generasi baru dapat dan perlu menggali kembali falsafah tersebut dan mencari implikasinya dalam situasi kekinian mereka iv.iii. sehingga dapat diterima warga masyarakat yang berasal dari berbagai latar belakang budaya dan agama . Sehingga. melainkan menginspirasi masyarakat untuk berusaha hidup bertanggung jawab sesuai dengan falsafah itu v. Tidak pernah memperkosa kebebasan dan tanggungjawab masyarakat.

cita tertentu.ciri ideologi tertutup menurut Frans Magnis Suseno Nilai. jadi bukan berasal dari masyarakat itu sendiri Berlakunya nilai ideologi itu dipaksakan di masyarakat Isinya bukan hanya nilai.nilai yang terkandung dalam ideologi itu merupakan cita.Ciri. melainkan terdiri atas tuntutan. operasional.cita suatu kelompok orang untuk mengubah dan memperbarui masyarakat.tuntutan yang konkret. dan diajukan dengan mutlak .nilai dan cita.

Dasarnya bukan keyakinan ideologis sekelompok orang. Nilai.nilai ideologi bersifat garis besar dan dasar sehingga isinya tidak langsung operasional.Ciri. . Nilai. melainkan hasil musyawarah dari konsensus masyarakat tersebut 3.ciri ideologi terbuka menurut Frans Magnis Suseno 1.nilai dan cita.citanya tidak dapat dipaksakan dari luar tetapi digali dan diambil dari moral budaya masyarakat itu sendiri 2.

Ideologi berisi nilai. Ideologi memiliki dua fungsi pokok di kehidupan masyarakat A.nilai atau seperangkat nilai yang dianggap baik.cita yang hendak dicapai secara bersama oleh suatu masyarakat B.Sebagai tujuan atau. dan diterima di masyarakat itu.cita.Sebagai pemersatu masyarakat dan dengan demikian dapat menjadi prosedur penyeleseian konflik yang terjadi . adil.

Pada masa pengaruh komunisme yang ideologinya bersifat tertutup. pancasila merosot peranannya. Tekad kita untuk menegaskan kembali pancasila sebagi dasar negara dan ideologi nasional indonesia . Pancasila dipakai sebagai senjata untuk menyerang lawan.lawan politik sehingga apabila ada perbedaan pendapat langsung dicap sebagai anti pancasila B.A.

nilai dasar yang sifatnya tetap.Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah nilai. namun dapat dijabarkan menjadi nilai instrumental. Kita mengatakan pancasila sebagai ideologi terbuka karena nilai dalam pancasila adalah nilai.nilai yang sifatnya tetap. namun penjabarannya dapat dijabarkan secara dinamis dan kreatif sesuai dengan kebutuhan perkembangan masyarakat indonesia. . Nilai yang berubah dan berkembang adalah nilai instrumental dan nilai praktis. yang berubah dan berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat indonesia.

Sesuatu dikatakan mempunyai nilai.PENGERTIAN NILAI • Dalam pandangan filsafat. . Nilai itu ideal. apabila sesuatu itu berguna. nilai (value: inggris) sering dihubungkan dengan masalah kebaikan. nilai adalah sesuatu yang abstrak dan tidak dapat disentuh oleh panca indera. benar (nilai kebenaran). Yang dapat ditangkap adalah barang atau laku perbuatan yang mengandung nilai itu. baik (nilai moral). indah (nilai estetika). bersifat ide. Karena itu. religius (nilai religi). dan sebagainya.

nilai utilitaris (kegunaan). Nilai sebagai sesuatu yang bergantung pada penangkapan dan perasaan orang (subjektif) Menurut nietzche. sering ditata menurut susunan tingkatannya yang dimulai dari bawah. nilai diri estetis (keindahan.Cara beradanya nilai 1. yang menjadi ukuran tertinggi dari perilaku manusia (menurut max scheller dan nocolia hartman) 2. yang merupakan tujuan dari kehendak manusia yang benar. nilai yang dimaksudkan adalah tingkat atau derajat yang diinginkan oleh manusia.nilai pribadi (sosial. baik). nilai. Nilai sebagai sesuatu yang ada pada objek itu sendiri (objektif) Merupakan suatu hal yang objektif dan membentuk semacam “dunia nilai”. dan yang paling atas adalah nilai religius (kesucian). nilai biologis (kemuliaan). . kecantikan). yaitu nilai hedonis (kenikmatan). Nilai.

sifatnya lebih abstrak dari norma. benar. . bijaksana. dan apa yang berguna.Pengertian nilai menurut Kamus Ilmiah Populer • Nilai adalah ide tentang apa yang baik.

mengarahkan sikap dan perilaku manusia. yang indah. yang berguna.Pengertian nilai menurut Laboratorium Pancasila IKIP Malang • Nilai adalah sesuatu yang berharga. Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong. . yang memperkaya batin. yang menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya.

perasaan yang selalu diperhatikan melalui perilaku oleh manusia. Nilai bukanlah soal benar salah. disenangi atai tidak. . Nilai merupakan kumpulan sikap dan perasaan. tetapi soal dikehendaki atau tidak.Pengertian nilai menurut Nursal Luth dan Daniel Fernandez • Nilai adalah perasaan.perasaan tentang apa yang diinginkan atau tidak diinginkan yang mempengaruhi perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai itu.

Ukuranukuran yang dipakai untuk mengatasi kemauan pada saat dan situasi tertentu itulah yang dimaksud dengan nilai. Nilai bukanlah keinginan tetpai apa yang diinginkan. dan tujuan dari tindakan. nilai itu bukan hanya diharapkan tetapi diusahakan sebagai sesuatu yang pantas dan benar bagi diri sendiri dan orang lain. . sarana. Kluckhoorn  Nilai adalah suatu konsepsi yang eksplisit khas dari perorangan atau karakteristik dari sekelompok orang mengenai sesuatu yang didambakan. Artinya. yang berpengaruh pada pemilihan pola.Pengertian nilai menurut C.

dan negara. sehingga manusia akan menerima atau menolak kehadirannya. . nilai akan menjadi tujuan hidup yang ingin diwujudkan dalam kenyataan. masyarakat. Kehadiran nilai dalam kehidupan manusia dapat menimbulkan aksi dan reaksi. bangsa. Konsekuensinya.• Dari beberapa pengertian nilai yang ada. dapat dipahami bahwa nilai adalah kualitas ketentuan yang bermakna bagi kehidupan manusia perorangan.

nilai yang mendarah daging (internalized value)  Yaitu nilai yang telah menjadi kepribadian bawah sadar atau yang mendorong timbulnya tindakan tanpa berfikir lagi.misalnya. . Bila dilanggar.1. timbul perasaan malu atau bersalah yang mendalam dan sukar dilupakan. orang yang taat beragama akan menderita beban mental apabila melanggar salah satu norma agama tersebut.

nilai lainnya.2. Beberapa pertimbangan dominan tidaknya nilai: banyaknya orang yang menganut nilai tersebut. . nilai yang dominan  Merupakan nilai yang dianggap lebih penting daripada nilai.tingginya usaha untuk mempertahankan nilai itu. lamanya nilai itu dirasakan oleh para anggota kelompok tersebut. Hal ini tampak pada pilihan yang dilakukan seseorang pada waktu berhadapan dengan beberapa alternatif tindakan yang harus diambil.

Nilai teori 2. Nilai sosial 5.1. Nilai estetika 4. Nilai ekonomi 3. Nilai politik 6. Nilai religi .

Nilai agama 4. Nilai politik .macam nilai menurut Sprange 1. Nilai ekonomi 3.Macam.Nilai sosial 6. Nilai ilmu pengetahuan 2.Nilai seni 5.

respek (respect) . Harold Lasswell         Kekuasaan Pendidikan/ pencerahan (enlightenment) Kekayaan (wealth) Kesehatan (well.being) Keterampilan (skill) Kasih sayang (affection) Kejujuran (rectitude) dan keadilan (rechtschapenheid) Kesegaran.macam nilai menurut Sprange.Macam.

yaitu segala sesuatu yang bergun a bagi unsur manusia  Nilai vital. yaitu segala sesuatu yang berguna bagi jiwa/ rohani manusia. yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan atau aktivitas  Nilai kerohanian. Notonegoro menggolongkan nilai menjadi 3  Nilai material.Prof. . Dr.

nilai. alasan. atau motivasi dalam segala tingkah laku dan perbuatannya. Dalam bidang pelaksaannya.nilai dijabarkan dalam bentuk kaidah atau norma. .• Manusia menjadikan nilai sebagai landasan.

. pola. atau contoh. Dalam kamus umum bahasa indonesia.ubah. paradigma diartikan sebagai seperangkat unsur bahasa yang sebagian bersifat konstan (tetap) dan yang sebagian berubah.Pengertian paradigma pembangunan • Kata paradigma (inggris: paradigm) mengandung arti model.

. ciri dan karakter ilmu pengetahuan tersebut.• Paradigma adalah asumsiasumsi teoritis yang umum merupakan sumber hukum. metode serta cara penerapan dalam ilmu pengetahuan sehingga sangat menenttukan sifat.

• Secara umum .cita kehidupan masyarakat menuju hari esok yang lebih baik ( secara kualitatif dan kuantitatif) . yang dimaksud paradigma adalah suatu model. pola berfikir sebagai upaya untuk melaksanakn perubahan yang direncanakan guna mewujudkan cita.

. sedangkan negara adalah organisasi atau persekutuan hidup manusia maka tidak berlebihan.Pancasila sebagai paradigma pembangunan • Pancasila sebagai paradigma pembangunan artinya nilai. dan tolok ukur segenap aspek pembangunan nasional yang dijalankan di indonesia. kerangka acuan.nilai dasar pancasila secara normatif menjadi dasar. Hal ini sebagai dasar negara indonesia. apabila pancasila menjadi landasan dan tolok ukur penyelenggaraan bernegara termasuk dalam melaksanakan pembangunan.