P. 1
Kronologis Perang Dunia 2 Kelompok 3

Kronologis Perang Dunia 2 Kelompok 3

|Views: 64|Likes:
Published by Yunia Nurazizah

More info:

Published by: Yunia Nurazizah on Feb 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2013

pdf

text

original

Kronologis perang dunia 2 1.

3 september 1939
Serangan pertama yang menjadi penyulut api Perang Dunia II adalah serangan Jerman ke kota Danzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Inggris mengeluarkan ultimatum keras atas hal tersebut, karena Jerman merupakan negara yang berada di bawah pengawasan LBB. Jerman tidak menghiraukan ultimatum Inggris untuk menyudahi penyerangan tersebut. Hingga akhirnya pada tanggal 3 September 1939, Inggris bersama sekutunya Prancis menyatakan perang terhadap Jerman.

2. 10 juni 1940 3. 22 juni 1940 4. 6 april 1941 5. 8 september 1941

B. PENGARUH PERANG DUNIA 2

Pengaruh Perang Dunia II bagi Indonesia Terjadinya PD II secara tidak langsung berpengaruh terhadap kehidupan politik dan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Berbagai kebijakan Jepang di Indonesia diarahkan untuk memperkuat kekuatan militer.5 tahun. Indonesia dalam keadaan “vacuum of power” (kekosongan kekuasaan). Artinya Indonesia mulai dijajah oleh Jepang. Perang Dunia II juga berpengaruh bagi Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pada tahun 1942 Jepang berhasil mengalahkan Belanda. Setelah Jepang kalah menyerah kepada Sekutu tanggal 14 Agustus 1945. Kondisi ini kemudian dimanfaatkan bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan. saat itu belum datang. Masa pendudukan Jepang berjalan sekitar 3. . maka posisi Belanda Indonesia diambil alih oleh Jepang. Jepang sudah menyerah berarti tidak mempunyai hak memerintah Indonesia. Selain itu untuk ikut mendukung kemenangannya dalam menghadapi Sekutu. sementara Sekutu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->