Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas : XI/ Penulis: Nina Irnawati,S.

Pd Kegiatan Belajar 1 1

Ekspresi karya seni rupA

Setelah mempelajari kegiatan belajar 1 ini diharapkan Anda dapat :
1. Menyiapkan alat dan bahan 2. Membuat karya gambar geometri dua dimensi 3. Menyelesaikan pada tahap akhir proses karya gambar geometri

1.

Memperindah Gambar Mistar
Setelah mengenal dasar-dasar menggambar/melukis menurut ketentuan pola yang terdapat dalam teori geometri, langkah selanjutnya adalah menciptakan berbagai gambar mistar dengan mengolah unsur-unsur konstruksi segi sebagai dasarnya. Untuk mendapatkan keindahan gambar, selain di beri warna, dipengaruhi juga dengan keharmonisan bentuk-bentuk hiasan.

2. Variasi Hiasan

Unsur-unsur variasi hiasan yang terdapat dalam gambar banyak ragamnya, tetapi berbagai bentuk tersebut adalah hasil perpaduan dari garis lurus dan garis lengkung yang diciptakan menjadi suatu motif baru, misalnya berupa pita, bentuk hati, ujung panah, bentuk tambang dan lain-lain. 1. Jenis Pita dan macam-macam ukurannya a. Pita garis lurus dan patah dengan ukuran-ukuran lebarnya: 1 cm, 8 mm, 6 mm, dan 5 mm (1/2 cm)

b. Pita lengkung dengan ukuran-ukuran lebarnya 1 cm, 8 mm, dan 5 mm (1/2 cm)

Bahan Ajar SMA X Seni Budaya (Nina Irnawati,S.Pd)

1

Pd) 2 .c. Jenis Hiasan dengan Motif Hati Bahan Ajar SMA X Seni Budaya (Nina Irnawati.S.

Perhatikan contoh di bawah ini : e. dan anyaman pita lengkung dengan pita lengkung.d. anyaman pita lurus dengan pita lengkung. Komposisi Anyaman Pita Hiasan dengan komposisi anyaman pita dapat diterapkan secara bervariasi. Perhatikan contoh berikut ini : Bahan Ajar SMA X Seni Budaya (Nina Irnawati.S.Pd) 3 . Antara lain : anyaman pita lurus dengan pita lurus. Jenis hiasan yang menyerupai ujung panah Hiasan yang bermotif seperti ujung panah dapat dibentuk atau dibuat secara berlainan.

S. Contoh Gambar Geometri Pengembangan bentuk Segi tiga 3. Contoh Gambar Geometri Pengembangan bentuk Segi enam Bahan Ajar SMA X Seni Budaya (Nina Irnawati.1.Pd) 4 . Contoh Gambar Geometri Pengembangan bentuk Segi empat 2.

Contoh Gambar Geometri Pengembangan bentuk Lingkaran Bahan Ajar SMA X Seni Budaya (Nina Irnawati.S.4.Pd) 5 .

lingkaran c. segi empat d. Kerjakanlah di lembar/kertas kerja Anda! 1.Kegiatan 1 A. elips 6. Dalam gambar ini kita mengenal sebagai bentuk a. garis tebal d. segi tiga b. garis putus b. segi enam e. Pilihlah salah satu jawaban dengan memberikan tanda silang pada salah satu huruf yang paling tepat. garis lengkung c. Dalam gambar ini kita mengenal sebagai bentuk a. garis lengkung c. garis tipis e. garis tipis e. bujur sangkar b. segi empat d.S. bujur sangkar b. segi tiga e. garis lengkung c. garis potong-potong titik 2. segi tiga e. segi lima : : : : : : Bahan Ajar SMA X Seni Budaya (Nina Irnawati. garis putus b. Dalam gambar ini kita mengenal sebagai bentuk a. garis putus b. garis tebal d. garis tebal d.Pd) 6 . lingkaran c. Dalam gambar ini kita mengenal sebagai bentuk a. garis potong-potong titik 3. elips 5. segi empat d. Gambar di sebelah kanan ini kita mengenal sebagai bentuk a. garis potong-potong titik 4. Dalam gambar ini kita mengenal sebagai bentuk a. lingkaran c. garis tipis e.

Diarsir dan diwarna e. limas e. Diarsir d. kotak segi empat b. Penyelesaian akhir pada gambar di samping dengan cara : d.S.Pd) 7 . Tekstur dan warna a. limas e. Diarsir dan diwarna b. Dalam gambar ini kita mengenal sebagai bentuk a. Diblok dan diwarna c. Diwarna e. Diwarna e. kotak segi empat b. silinder 9. balok c. trapezium d. Diblok 10. Dalam gambar ini kita mengenal sebagai bentuk a. balok c. trapezium d.7. Diblok : : Bahan Ajar SMA X Seni Budaya (Nina Irnawati. Diarsir d. Penyelesaian akhir pada gambar di samping dengan cara : a. silinder 8.

pilihlah salah satu bentuk dasar gambar dibawah : 1. Pita tidak diwarna. Lebar masingmasing pita 1 cm. sisinya 11 cm. Di samping itu ada sambungan garis pita lurus dan lengkung. Proyek/tugas diselesaikan selama 2 minggu.B. tetapi harus ada bagian yang diarsir. Selamat berkarya! Bahan Ajar SMA X Seni Budaya (Nina Irnawati. pola hiasan pada gambar terdiri dari pita lurus dan pita lengkung. motif hiasan gunakan anyaman pita lurus dua macam dengan ukuran lebarnya 1 cm dan ½ cm.8 mm. Konstruksi dasarnya bidang bujur sangkar berukuran 20 X 20 cm. 2. Selesaikan dengan tinta cina dan berikan warna transparan 2 macam pada bagian bidang kosong.Pd) 8 . Tugas & Proyek Buatlah satu buah rancangan gambar mistar di dalam kertas gambar ukuran A4 dengan kreatifitas sendiri. Berikan warna transparan 3 macam dan tentukan sendiri bagian-bagian yang akan diwarna. Konstruksi dasarnya menggunakan segienam beraturan. Tebal garis tinta 0.S.8 mm. Tebal garis tinta 0.