Etiket Makan Internasional dan Penataan Meja ( International Dinning Ethiquette and Table Setting ) by : Jainur Santoso

Istilah etiket berasal dari Etiquette (Perancis) yang berarti dari awal suatu kartu undangan yang biasanya dipergunakan semasa raja-raja di Perancis mengadakan pertemuan resmi, pesta dan resepsi untuk kalangan para elite kerajaan atau bangsawan. Dalam pertemuan tersebut telah ditentukan atau disepakati berbagai peraturan atau tata krama yang harus dipatuhi, seperti cara berpakaian (tata busana), cara duduk, cara bersalaman, cara berbicara, dan cara bertamu dengan si kap serta perilaku yang penuh sopan santun dalam pergaulan formal atau resmi. Definisi etiket, menurut para pakar ada beberapa pengertian, yaitu merupakan kumpulan tata cara dan sikap baik dalam pergaulan antar manusia yang beradab. Pendapat lain mengatakan bahwa etiket adalah tata aturan sopan santun yang disetujui oleh masyarakat tertentu dan menjadi norma serta panutan dalam bertingkah laku sebagai anggota masyarakat yang baik dan menyenangkan. Dalam Materi ini akan Di Bahas : 1. Undangan / invitation 2. Memasuki Lokasi acara Makan / Getting Seated 3. Hal – Hal yang di larang di Meja Makan / Table Taboo 4. Penenpatan Tempat / Place Setting 5. Cara menggunakan Serbet / The Napkin 6. Menggunakan Peralatan Makan / Using Utensils 7. Menggunakan Gelas / The Glass Ware 8. Menggunakan atau Cara makan Roti / The bread and Condiment 9. Memakan Sup / The Soup Course 10. Makan Salad / The Salad Course 11. Makan Menu Utama / The Main Course

Undangan / invitation Undangan Makan bias saja Makan Siang atau Makan malam. 2. Konfirmasi segera jika anda bisa hadir ataupun tidak bias hadir pada acara makan tersebut. 5. Jika di tujukan kepada anda sendiri. Makanan Penutup dan Kopi / The Dessert and Coffee 15.12. Hal – Hal yang Harus di perhatikan adalah ketika menerima undangan makan : 1. 3. Memasuki Lokasi acara Makan / Getting Seated Ketika memasuki lokasi atau tempat acara yang anda harus lakukan . Undangan ditujukan kepada anda sendiri atau berpasangan. Menggunakan Mangkuk Pencuci Tangan / Using a Finger Bowl 14. Kode Busana atau Dress code. Missal nya anda alergi terhadap jenis makanan tertentu. Makan Makanan Yang Sulit / Eating difficult Foods 13. 2. Anda Boleh menginformasikan kepada pihak mengundang apa saja yang anda tidak makan. Tempat dan waktu Makan. anda boleh menanyakan kepada pihak yang mengundang apakah anda boleh membawa pasangan atau tidak. Atau pun memerlukan kursi roda. Biasanya international dinning itu adalah makan malam. 4. Tips Melakukan Toast / The Toast Tip 1.

maka persilahkan wanita terlebih duduk dahulu dengan cara menarik kursi ke belakang dan meminta pasangan wanita anda duduk. Ada kala penggunaan tanda pengenal tersebut di lakukan oleh pihak pengundang. 2. Sapa lah beberapa org yang sudah duduk di meja baik kiri maupun kanan. 3. permisilah ke tyoilet jika anda ingin menambahkan lipstick. Jika Pasangan anda wanita. Jika tanda pengenal berbentuk name tag. handbag dan lain lain di meja. Di meja regestrasi ini anda akan di berikan tanda pengenal. Ada kala tanda pengenal berbentuk kalung atau gelang. Kenal kan diri anda dan pasangan anda. Jangan meminum obat dan meletakan obat di meja. Jika sudah berada di meja berdirilah di belakang kursi. Selanjut nya anda akan menuju meja anda di mana sudah di meja sudah ada nomer meja dan di atas piring sudah ada nama anda. atau hand bag letakan di pangkuan anda.adalah : 1. Jangan meletakan Handphone di meja makan dan jangan . 3. 2. Jangan menggunakan lipstick di meja makan. 4. Hal – Hal yang di larang di Meja Makan / Table Taboo Hal hal yang tidak boleh anda lakukan di meja makan adalah : 1. 5. Setelah Duduk Di meja anda tidak boleh melatakan Handpone. Biasakan berjabat tangan dengan erat dan selalu tersenyum. tetapi lebih bagus anda menambahkan lipstick ketika selesai makan. pasang lah name tag di bagian kanan baju anda. Letakan lah barang tersebut di saku anda. Hal ini juga wajib di lakukan kepada tamu lain yang dating bersamaan jika tamu tersebut wanita dan datang sendiri. 4. Jangan memindahkan kartu nama anda di meja. Melakukan regestrasi di meja regestrasi. Dimeja regestrasi juga anda akan mendapatkan nomer meja. 3. Kenakan tanda pengenal tersebut.

Selalu bicara kepada tamu kiri dan kanan anda. jika makanan pembuka adalah roti dan sup maka mangkuk sup akan di sediakan oleh pelayan dan akan di isi pelayan. 3. 6. 5. 2. Silent kan hape. Piring di letakan di tengah. Jika anda terpaksa harus mengangkat telpon ijin permisi kepada tamu lai dan berbicaralah di luar ruangan makan. Warna bias di pilih sesuai thema.5 cm dari tepi meja. Alas Meja harus menutupi seluruh meja sampai 5 Cm dari permukaan lantai. Permisilah ke toilet.mengangkat telpon di meja di depan tamu tamu lain nya. Jangan mengorek gigi anda jika merasa ada makanan nyangkut. Peralaratan di susun 1 inchi arau 2. . Warna standar adalah putih. dan jangan membicarakan masalah rasa makanan 4. Jangan berbicara yang tidak sopan. Penempatan Tempat / Place Setting / Table Setting Penempatan peratalatan makan di meja secara sebagai berikut : Penyusunan Peralatan Makan di meja sebagai berikut : 1. di atas nya biasa di letakan mangkuk sup jika makanan pembuka adalah sup. 7.

Jika di undang Makan di rumah menggunakan serbet tunggu instruksi dari tuan rumah. Sebelah kiri piring di letakan Garpu Ikan. 2. Sebelah kanan piring di letak Garpu Seafood dan di bawah nya sendok sup yang berbentuk bulat. Serbet diletakan di atas Piring atau mangkuk bias juga di letakan di dalam salah satu gelas. 11. Garpu Makan. Pisau Salad 10.4. jika menu makanan ada menu masakan terbuat dari ikan 9. namun jika anda makan di restoran atau di gala dinner sebuah hotel biasanya ketika anda duduk pelayan akan segera meletakan serbet di pangkuan anda. Pisau ikan. Diatas Serbet biasanya ada kertas yg bertuliskan nama anda. Jika tidak maka segera letakan serbet di pangkuan ketika anda sudah duduk. Gelas Sampanye. . 3. Pisau Makan 8. 13. Gelas Anggur Putih. Gelas Softdrink dan Cangkir kopi. dan garpu salad. Piring dan Pengoles mentega di letakan di kiri atas. Cara menggunakan Serbet / The Napkin 1. Ambil kertas tersebut dan letakan di bagian depan atas piring. Gelas Anggur Merah. Serbet tidak boleh di gunakan untuk mengelap keringat di wajah. 14. Di bagian atas piting di letakan sendok dan garpu pencuci mulut atau desert. Terkadang di sedikan juga Garam dan Merica serta gula dan creamer (tidak ada dalam gambar) 5. 5. Sendok Makan 7. Kanan atas di letakan Gelas Air Putih. 6. 12.

leher atau mengelap hidung. Ini menandakan anda masih ingin melanjutkan makan. letakan serbet di kursi anda. . Amerika Style jika sudah memotong makanan maka garpu di pindahkan ke tangan kanan untuk memasukan makanan ke mulut. 5. Namun jika anda ingin menyudahi makan maka letakan menyerong dengan posisi garpu terbuka. 4. 2. 3. Potonglah makanan satu garis. Tetapi tidak boleh di lakukan berulang ulang sesering mungkin. 4. Garpu di tangan kiri di gunakan menahan ketika memotong makan. Serbet juga tidak boleh untuk mengelap sendok. Menggunakan Sendok sup dari arah dalam (badan) keluar. Ini menandakan anda sudah selesai makan. Menggunakan Pisau di tangan kanan dengan cara memegang seperti pensil dan jari telunjuk tepat di antara badan pisau dan pegangan pisau. Jika anda sedang makan dan anda berhenti sejenak dan akan melanjutkan makan lagi maka pisau dan garpu di letakan terlungkup menyerong ke kanan. Ini menandakan anda masih ingin melanjutkan makan. dan pisau di letakan di bagian atas piring. Namun jika anda ingin menyudahi makan maka letakan menyerong dengan posisi garpu terbuka. Menggunakan Peralatan Makan / Using Utensils 1. Serbet hanya boleh mengelap bibir yang basah atau berminyak. garpu dan piring juga untuk mengibas sisa makanan di pangkuan anda. Jika anda sedang makan dan anda berhenti sejenak dan akan melanjutkan makan lagi maka pisau dan garpu di letakan bersilang dengan posisi garpu di atas pisau dan terlungkup. 6. Eropa style tetap menggunakan garpu di kiri untuk memasukan makanan ke mulut. Jika anda akan meninggalkan meja sementara seperti mengangkat telpon atau ke toilet. maka pelayan akan mengambil dan merapikan peralatan makan anda. 5. Jika anda sudah selesai makan maka letakan serbet di sebelah kiri piring anda.

Menggunakan atau Cara makan Roti / The bread and Condiment 1. Jika belum maka pada saat makan sup pelayan akan memnagntarkan ada mankuk sup yg bertatakan piring dan di letakan di atas piring utama. Jika di sajikan tersendiri maka dengan menggunakan tangan ambil secuil kemudian oleskan dengan mentega. Bila mangkuk sup mempunyai pinggir. Demikian juga dengan pelengkap rasa yang lain seperti garam dan merica. bukan dari ujung. Memakan Sup / The Soup Course 1. Jika mentega nya di sajikan untuk bersama maka ambil mentega kemdian letakan di ujung piring roti. Jika mentega nya individual maka seperti biasa oleslah mentega kemudian masukan ke mulut. Sup di sajikan di mangkuk sup yang sudah tersedia di atas piring atau belum. maka pereskan sendok agar tidak ada sup yang jatuh tercecer. Menggunakan Gelas / The Glass Ware 1. gelas untuk sofdrink bias di guanakan goblet panjang dan cangkir buat kopi atau the. Posisi badan tegak dan jarak antara pinggir meja dan perut . 3. 4. 9. Oleskan ke roti seperti biasa. 2. Gunakan sendok sup dan mulai lah mengambil sup dari arah dalam ke luar. Mentega bisa di sajikan secara individual atau bersama sama. Cara memegang flute bisa memegang tangkai bawah. 3.7. Sedangkan goblet haris ful di pegang karena bentuk nya besar dan berat. Posisi sendok ketika makan sup adalah miring. 8. gelas air putih di sebut goblet. gelas sampanye di sebut flute. 4. 5. gelas wine di sebut seloki. 2. Roti di sajikan secara individual atau untuk bersama di dalam suatu wadah. Jangan pernah memakan roti langsung satu buah langsung ke mulut. untuk seloki tangan di tangan sementara jari jari bisa melinigkar atau menahan nya. Gelas ada beragam. 2.

Apabila sudah selesai letakkan sendok arah meyerong di kanan dengan posisi terbuka. pada waktu pelayan menyajikan menu utma anda dapat mengatakan jika anda tidak ingin memakan salah satu menu yang di sajikan. jika anda menggunakan sendok dan pisau maka pisau di gunakan pada tangan kanan. 2. 3. tetapi jika eropa maka salad mengikuti atau sesudah menu utama. Makan salad bisa menggunakan garpu salad saja atau dengan bantuan pisau salad. Makan Salad / The Salad Course 1. 3. Ingat menu utama hanya di sajikan satu kali saja. Makan Menu Utama 1. Posisi badan tetap tegak. Cara makan sama seperti menggunakan garpu dan pisau makan baik itu amerika style atau pun eropa style. selanjut nya seperti penggunaam garpu dan pisau. namun jika tidak ada. 2. 10. Amerika style salad di sajikan sebelum menu utama. Sendok di arahkan ke mulut bukan mulut yang mengejar sendok. Apabila mangkuk sup di tata dengan tatakan pring maka letak kan sendok sup di piring utama dengan posisi terbuka di sebelah kanan.adalah 2 tangan anda. Jika merasa kurang banyak maka anda boleh minta tambah pada saat itu. anda tidak boleh meminta kepada pelayan atau tuan rumah. gunakan sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. 6. Menu utama akan di sajikan pelayan. 12. Makan Makanan yang Sulit / Eating Dificults Food . Jika anda merasa menu makanan kurang asin atau sebagai nya jika terdapat penambah rasa tersebut di meja anda bisa menambahkan nya. Gunakan Garpu dan pisau seperti yang di jelaskan di atas. Jika selesai lakukan peletakan alat makan seperti yang di jelaskan di atas. 11. 4. Jika menggunakan Garpu dan sendok . 5.

sedikit banyak. tulang dan lain lain yang anda tidak ingin makan. Setalah itu pegang cangkang dengan tanhgan kiri kemudian gunakan garpu ikan atau sendok untuk memasukan makanan ke mulut. 5. Spagetti Makan spageti menggunakan demi sedikit. jangan makan jagung rebus dengan cara “Micky Mouse Style” 3. Jika selesai lakukan seperti cara yang sudah di jelaskan di atas. Lakukan memutar. garpu. Udang yang di sajikan di dalam Mangkuk Goblet Tinggi Jika mendapat kan menu tersebut maka lakukan beberapa hal seperti di jelaskan di atas untuk saos nya. Makan Ikan Ikan biasa nya di sajikan sudah dalam potongan. Makan lah dengan cara memegang jagung dan makan perlahan dengan elegan. Jika selesai atas. Gunakan tangan untuk memakan atau menggunakan garpu ikan untuk mengambil dari Goblet dan di letakan di atas piring kemudian menggunakan garpu ikan untuk memasukan ke dalam mulut. tetapi jika ikan di sajikan dalam bentuk 1 ekor maka gunakan pisau ikan di kanan dan garpu ikan di kri. Potong ikan tersebut dan mulai lah makan.1. 4. Jagung Rebus Makan jagung rebus biasanya amerikan style. Anda dapat menggunakan di tangan kiri dan memutar spageti lakukan seperti yang di jelaskan di . Jangan pernah mengangkat cangkang tersebut dari piring. Makan Tiram atau siput Tiram biasanya di sajikan sudah terbuka sebagian atau sudah terbelah total. Jika ingin mencurahkan atau memeras jeruk untuk membuang rasa amis maka tusuk jeruk dengan menggunakan garpu dengan tangan kanan kemudian tangan kiri memeras jeruk tersebut. Jika terbelah sebagian maka gunakan tangan untuk menelah nya. 2. Sebelum makan bersihkan ikan seperti kulit. Jangan terlalu bantuan sendok makan makan di dalam sendok.

Menggunakan Mangkuk Pencuci Tangan 1. Tips Melakukan Toast . Jika anda menggunakan teh celup. 2. sendok di kanan dan garpu di kiri. baik itu di sajikan individual maupun di sajikan untuk bersama. 8. Jika anda tidak mau minum kopi maka letakan gelas secara terbalik. 5. celup kan the secara elegan dan tidak boleh di putar putar. 2. Makanan Penutup bisa berupa cake. Mangkuk pencuci tangan di sajikan jika menu utama telah selesai di sajikan. 4. Cuci tangan anda satu persatu di mulai tangan kanan kemudian di lap kan di serbet yang berada di pangkuan anda. Dilakukan tanpa mengangkat piring atau dengan mengangkat piring. 4.13. pudding dan lain lain. Minum dengan memegang kuping cangkir. Gunakan Sendok dan garpu desert seperti yang telah di jelaskan di atas. Letakan sendok di samping cangkir dan diatas piring cangkir. 14. Makanan Penutup dan Kopi / The Dessert and Coffee 1. 6. Jangan memindahkan barang barang yang ada di dalam mangkuk tersebut. Mengaduk gula harus sangat elegan dan tidak boleh bersuara. 3. Jika selesai angkat dan latakan mangkuk tersebut di bagian kiri atas pring desert. Menggunakan Gula dan cream sama seperti menggunakan mentega atau garam dan merica. Pindahkan sendok dan garpu desert dari atas ke samping piring desert. kemudian di lanjutkan tangan kiri. Dalam mangkuk pencuci tangan biasa nya terdapat riasan untuk memberi aroma segar. 7. Mangkuk pencuci tangan akan di letakan di atas piring desert 3. 15. 6. 5.

Jangan memukul flute dengan sendok untuk menarik perhatian orang karena cara ini salah tidak sopan dan tidak beradab. Jika anda tidak minum alcohol maka jangan mengangkat gelas air. Selalu ke toilet untuk merapikan riasan make up anda 7. Tidak boleh berbicara terlalu keras 2. Tidak boleh membicarakan rasa dan bentuk makanan jika tidak enak 8. Tidak boleh tertawa terbahak bahak 3. Hal hal yang harus di ingat dalam Jamuan Makan adalah sebagai berikut : 1. malam ini saya ingin mengucapkan selamat kepada Bapak Andrew atas Promosi Pangkat nya semoga tambah sukses kedepan nya “ Tangan Flute Sampanye di angkat kemudian arah kan ke sekitar anda. Badan tegak lurus 5. Karena dalam kultur eropa dan amerika toast hanya di lakukan dengan minuman alcohol. 4.1. Selalu permisi kepada tamu lain 6. Selalu tersenyum dan ramah tamah kepada tuan rumah dan tamu lain. Jika anda merokok pada saat di meja regestrasi harus mengatakan anda meminta smoking area. Misal nya “ Mohon perhatian anda semua. 2. Ucap kan Toast atau Chers dan anda memulai meminum sampanye anda. . Jika melakukan toast anda harus berdiri kemudian berbicara dengan suara lantan. kopi dan lain – lain. 3.