Uji Kompetensi 1

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1. Suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam forma data elektronik dari satu komputer ke komputer lain disebut . . . . a. chatting b. e-mail c. surfing d. browsing e. dating Jawaban: b. e-mail 2. Penulisan alamat e-mail yang benar adalah . . . . a. siswa yahoo.com b. siswa $yahoo.com c. siswa @yahoo.com d. siswa@yahoo.com e. siswa_yahoo.com Jawaban: d. siswa@yahoo.com 3. Tanda @ dalam penulisan alamat e-mail menunjukkan .... a. identitas pengguna b. berlokasi di c. nama domain d. nama server e. nama pengguna Jawaban: b. berlokasi di

4. Yang bukan fungsi e-mail adalah . . . . a. surat-menyurat elektronik b. gaya hidup c. sarana komunitas diskusi d. sarana komunikasi e. sarana chatting Jawaban: b. gaya hidup 5. Yang tidak termasuk cara memperoleh layanan e-mail adalah . . . . a. melalui penyedia e-mail gratis b. melalui undangan c. melalui ISP d. dengan membeli e. dibuatkan oleh orang lain Jawaban: e. dibuatkan oleh orang lain 6. Web yang tidak memberikan layanan e-mail gratis adalah .... a. Yahoo! b. Hotmail c. Plasa d. Telkom e. Google Jawaban: e. Google 7. Faktor kredibilitas e-mail sangat penting. Biasanya, yang menjadi faktor pertimbangan adalah . . . . a. asal domain b. fasilitas layanan

. Di bawah ini yang tidak termasuk etika dalam e-mail adalah .c. subjek e-mail lengkap 9. . Post Office Protocol 12. a. . Fasilitas akses e-mail yang dapat dibaca saat offline adalah . subjek e-mail lengkap b. Microsoft NetMeeting d. . Post On Protocol Jawaban: b. . a. a. . Waktu aktif akun e-mail pada Yahoo! adalah . Microsoft Outlook c. menggunakan kombinasi huruf. Microsoft PowerPoint e. menggunakan kombinasi huruf. Protocol On Post e. . Protocol Office Post b. Untuk keamanan dan kenyamanan suratmenyurat bagi pemilik email. dan kode tertentu d. SMTP . asal domain 8. menggunakan nomor telepon Jawaban: c. menggunakan angka saja c. hindari penggunaan huruf besar berlebihan d. struktur kaliamat yang baik Jawaban: a. hindari kesalahan ketik e. menggunakan tanggal lahir e. Post Office Protocol c. angka. Microsoft Chatting Jawaban: b. . . 3 bulan 11. . . Microsoft Network b. 3 bulan d. Aplikasi khusus untuk layanan POP yang dapat diinstal di komputer adalah . Microsoft Outlook 13. 4 bulan e. Kemampuan dalam layanan e-mail antara lain adalah akses POP. a. a. . . dan kode tertentu 10. angka. . Protocol Online Post d. a. pemberian kata sandi sebaiknya dengan cara . iklan Jawaban: a. harga e-mail d.. kapasitas penyimpanan data e. subjek e-mail singkat c. 1 bulan b. menggunakan huruf saja b. POP adalah kependekan dari . 2 bulan c. . 5 bulan Jawaban: c. . .

com d. . Sebutkan dan jelaskan faktor dalam memilih layanan email.  E-mail berbasis web: fasilitas e-mail yang .e-mail. Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang e-mail berbasis web dan e-mail berbasis POP. POP GPRD X25 IP Jawaban: b.  Kredibilitas domain: Dapat dilihat dari asal domain II. . a. e. Alamat untuk pendaftaran email Yahoo! adalah .com Jawaban: a. mail. Sign Out d. c.  Subjek e-mail singkat  Tidak menggunakan huruf besar berlebih  Struktur kalimat baik  Minta persetujuan mengirim attachment file ke penerima e-mail 3. . Pada jendela Yahoo! Mail. Sebutkan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh e-mail. untuk melakukan pendaftaran e-mail baru dilakukan dengan cara mengklik .  E-mail berbasis POP: fasilitas e-mail tanpa harus masuk ke halaman web. e-mail.b. Sign Up e. Sign In b. Sign Up hanya dapat diakses dengan membuka web. Jawablah dengan singkat dan jelas. mail. a. .com c.yahoo. POP 14.yahoo. Sebutkan etika yang digunakan dalam membuat e-mail.com b. yahoo. email. yahoo. Login c. Logout Jawaban: d.com e. d.yahoo. .yahoo.mail. . 2.  Melalui penyedia e-mail gratis  Melalui undangan  Melalui ISP  Dari lembaga atau perusahaan  Dengan membeli (menyewa) 4. 1.com 15.

Kemampuan akses POP: email dapat diakses dan disimpan langsung di komputer sehingga kita dapat membukanya saat offline. Send d. . Sign In c. Spam e. Home e. . . Saat akan masuk ke akun email Yahoo! anda. Exit . Untuk keluar dari akun email Yahoo! dapat dilakukan dengan mangklik . . Inbox b. Logout d. Pilihlah jawaban yang paling tepat. a. Sign In b. perusahaannya kuat. Contohnya seperti milik yahoo. .com : 5 GB Waktu aktif akun: waktu aktif akun berbeda-beda. Fasilitas layanan: beberapa layanan tambahan dapat diperoleh. sesuai kebijakan penyedia layanan e-mail tersebut. . Trash Jawaban: a. yaitu chats. waktu aktifnya 3 bulan. Suatu layanan e-mail dapat mendukung anda ke arah positif. Iklan: layanan e-mail gratis biasanya menampilkan iklan. seperti hotmail.      servernya. aksesnya cepat. Uji Kompetensi 2 I. a. Inbox 3. setelah mengisikan User ID dan Password. dan hosting login ke e-mail. . yang merupakan risiko dari pengguna e-mail gratis ini. 1. Kapasitas penyimpanan data: Kapasitas yang bagus adalah yang mempunyai ruang penyimpanan cukup besar. Bagian dari Yahoo! Mail yang berisi surat masuk adalah . Sign Up b. selanjutnya anda dapat mengklik . . Exit Jawaban: b. Sign Out c. a. Sign In 2. groups. Stabilitas layanan: Stabilitas layanan e-mail yang baik adalah yang memiliki umur panjang. Draft c. .

Trash b. . penentu ukuran e-mail c. sebagai salinan e-mail yang dikirimkan kepada penerima lain b. sebagai salinan e-mail yang tidak dapat dilihat oleh penerima e-mail e. . untuk e-mail penting d. Pada daftar e-mail. . Forward d. sebagai salinan e-mail yang dikirimkan kepada penerima lain b. Spam 9. . anda dapat membuka dan membaca e-mail dengan cara mengklik . . . a. untuk membuat lampiran file Jawaban: a. . biasa b. Folder untuk e-mail sampah dalam Yahoo! Mail adalah .. . Kata URGENT untuk subjek e-mail menunjukkan sifat email . terbuka e. a. penentu ukuran e-mail c. Send e. setelah masuk ke akun Yahoo! Mail. a. . . anda dapat mengklik . tidak penting d. Inbox Jawaban: d. a. Subject c. sebagai salinan e-mail yang dikirimkan kepada penerima lain 7. . Check Mail Jawaban: a. untuk membuat lampiran file Jawaban: e. tertutup Jawaban: b. sebagai salinan e-mail yang tidak dapat dilihat oleh penerima e-mail e. New b. . . . Junk d. Sign Out 4. . . Reply c. Close Jawaban: b. untuk membuat lampiran file 8. Login e. Spam e. segera 5. Sent c. a. untuk e-mail penting d. Sender b. segera c.d. New 6. Date . a. Fungsi dari attachment file dalam e-mail adalah . Untuk mengirimkan e-mail. Fungsi dari CC dalam e-mail adalah . .

Size e. TDEM b. MDTE Jawaban: b. Urgent d. . Promotion e.d. TDEM 15. ECU d. . a. Forward e. alamat e-mail e. Mark Jawaban: b. Backward Jawaban: c. Forward 13. Gambar yang dilingkari menunjukkan . . E-mail yang dikirimkan secara massal yang isinya tentang promosi suatu produk atau jasa yang banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis di internet disebut . Inbox c. . . . . . ECU d. a. . e-mail tanpa isi c. Reply 12. Perhatikan gambar berikut. Trash c. TDEM b. Pengiriman e-mail kepada siapa pun secara acak tanpa batasan apa pun disebut . e-mail berisi attachment file b. Fasilitas untuk meneruskan e-mail ke alamat e-mail lain adalah . DTEM e. . Reply d. Fasilitas untuk membalas email dengan alamat tujuan otomatis tersedia dan isi email dapat kita sertakan kembali adalah . e-mail berisi attachment file 11. Reply d. Spam b. Forward e. UCE c. . Trash Jawaban: a. MDTE Jawaban: a. e-mail tanpa attachment file d. Subject 10. . Pengiriman e-mail kepada target tertentu yang dianggap memiliki minat terhadap produk yang ditawakan disebut . . New b. . a. Backward Jawaban: d. Compose b. UCE . . a. Trash c. DTEM e. Spam 14. . a. a. UCE c. judul e-mail Jawaban: a. . .

5. Dapat berupa dokumen atau gambar. e- mail yang sudah dikirim (Sent). Biasanya berisi tentang promosi suatu produk atau jasa.  Forward: merupakan fasilitas untuk meneruskan e-mail yang dikirimkan kepada kita ke alamat e-mail lain. Apa yang anda ketahui tentang CC dan BCC dalam email? CC: salinan e-mail yang diisi dengan beberapa alamat email tujuan yang lain dan penerima e-mail dapat mengetahui kepada siapa saja e-mail tersebut dikirim BCC: diisi dengan alamat email tujuan yang lain dan penerima e-mail tidak akan mengetahui kepada siapa saja e-mail tersebut dikirim 2. Banyak dilakukan . Jawablah dengan singkat dan jelas.  Untuk melihat e-mail yang masuk. Jelaskan tentang e-mail spam. tunggu hingga beberapa saat terbuka 4.II. bulk e-mail. 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan attachment file dalam e-mail. Apakah fungsi reply dan forward dalam e-mail?  Reply: untuk membalas email yang dikirimkan ke alamat e-mail kita sehingga alamat tujuan otomatis sudah ada dan isi e-mail yang sebelumnya dikirim ke kita dapat disertakan kembali. Spam.  Aktifkan Yahoo@ Mail anda. Pada tampilan halaman email anda terdapat Inbox. Disebut juga junk e-mail. makan akan ditampilkan e-mail yang terdapat dalam Inbox  Klik judul e-mail pada kolom Subject. 3. Draft. Fasilitas attachment figunakan untuk mengirimkan sebuah file. Tuliskan secara singkat bagaimana langkah untuk membaca e-mail yang anda terima. atau e-mail sampah. dan Trash. klik Inbox.

oleh para pelaku bisnis di internet. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful