P. 1
Bab 5 Pasar Dan Institusi Keuangan

Bab 5 Pasar Dan Institusi Keuangan

|Views: 1,194|Likes:
manajemen keuangan
manajemen keuangan

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Laura Monica Agnesia Pasaribu on Feb 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2015

pdf

text

original

Bab 5 PASAR DAN INSTITUSI KEUANGAN

Lingkungan keuangan yang kompleks harus di pahami agar para manajer keuangan dan investor karena disitulah mereka berkecimpung. Banyak berbagai skandal , perubahan dan berbagai peristiwa seputar pasar dan institusi keuangan yang terjadi . Hal ini menuntut para manajer keuangan dan investor harus paham benar tentang ruang lingkup dan mekanismenya.

5.1 Tinjauan Atas Proses Alokasi Modal
Setiap masyarakat pasti memiliki kuantitas dan kebutuhan berbeda-beda terhadap modal . Ada yang modal berlebih tetapi tidak tau cara menginvestasi kan , ada juga yang punya banyak tujuan investasi tetapi tidak mempunya modal yang cukup. Maka orang yang mempunyai dana berlebih bisa meminjamkan dana tersebut terhadap yang membutuhkan , dan mendapatkan timbal balik berupa pembagian laba, persentase bunga , deviden , dll tergantung dengan mekanisme yang diapakai Ada 3 mekanisme yaitu : 1. Perpindahan langsung uang dan efek 2. Perbankan Investasi 3. Perantara Keuangan Para pembuat kebijakan sangant mendukung globalisasi pasar keuangan untuk memperluas range peminjaman dan pengkreditan modal , yang diharapkan akan meningkatkan potensi perekonomian tersebut.

5.2 PASAR- PASAR KEUANGAN
Jenis-jenis Pasar 1. Pasar aset fisik Vs Pasar Aset keuangan. ( Berdasarkan wujud) Contoh : Penjualan Komoditi dan Obligasi 2. Pasar Tunai Vs Pasar Berjangka ( Berdasarkan waktu pembayaran yang biasanya komoditi ) Contoh : Pembelian Tunai dan Pembelian dengan sistem ijon pada petani. 3. Pasar Uang Vs Pasar Modal ( Berdasarkan lama jatuh tempo pembayaran utang ) Contoh : Pasar uang dan Bursa Saham 4. Pasar Primer Vs Pasar Sekunder ( Berdasarkan pihak keberapa yang menerima saham)

Contoh : Perusahaan menjual saham ke bursa efek dan Bursa efek menjual ke Investor 5. Pasar Privat VS Pasar Publik (Berdasarkan Sistem pasar ) Contoh : Asuransi dan Obligasi Pasar uang sangat penting untuk investasi yang sehat kerena perekonomian yang sehat bergantung pasa efesiensi perpindahan dana dari orang yang merupakan penabung bersih kepada instansi atau individu yang memerlukan dana. Tanpa Perpindahan yang efesien , perekonomian tidak berfungsi.

Tren Terbaru Seiring dengan perkembangan Globalisasi IT , pasar keuangan juga mendapat imbas untuk terus melakukan deregulasi untuk mengefisienkan kinerja dan memenjalin keterikatan internasional sejalan dengan kenajuan dan peningkatan range antara peminjam dan pemodal. Ada beberapa trend yang terjadi , tetapi yang paling penting adalah meningkatnya penggunaan derivative. Derivatif adalah efek yang nilainya diturunkan (derived) dari harga asset lain yang mendasari

5.3

INSTITUSI KEUANGAN

Berbagai jenis institusi keuangan sebagai berikut 1. Investasi Perbankan , memberikan layana kepada entitas yang ingin memperoleh modal. Organisasi ini membantu perusahaan untuk merancang , membeli dan menjual efek dari perusahaan kepada penabung. Tetapi disini efek yang dijual kembali tetap transaksi pasar primer , karena banker investasi hanya bertindak sebagai fasilisator 2. Perbankan Komersial , merupakan “ departemen keuangan tradisional ”karena masi melayani beragam penabung dan peminjam. Tetapi beriring dengan waktu , bank komersial mulai memberikan rentang layanan yang semakin luas seperti , layanan pialang saham dan asuransi. 3. Perusahaan Jasa Keuangan merupakan konglomerasi besar yang menggabungkan
beberapa institusi keuangan dalam suatu perusahaan

4. Reksa Dana (mutual fund) merupakan perusahaan yang menerima uang dari penabung dan menggunakannya untuk membeli saham , obligasi jangka panjang , atau instrument utang jangka pendek yang diterbitkan oleh kalangan usaha atau unit pemerintah.

Institusi Keuangan sangnat diregulasi untuk memastikan keamaan institusi tersebut , dan juga melindungi investor. 5.4 BURSA SAHAM Tujuan utama dari para manajer keuangan adalah memaksimalkan harga perusahaan mereka di pasar sekunder, dan yang paling aktif dan penting untuk di pantau adalah bursa saham. Ada 2 jenis bursa saham , yaitu (1) bursa dengan lokasi fisik, (2) pasar berbasis diler elektronik Bursa Saham dengan Lokasi Fisik Bursa dengan lokasi fisik ( physical location exchanges ) memiliki wujud fisik seperti bangunan , anggota dan badan pengawas yang dipilih sendiri yang melakukan efek yang ditunjuk („‟terdaftar”). Anggota bursa dengan perintah jual menawarkan saham yang dijual , dan saham tersebut akan ditawar oleh anggota dengan perintah beli. Jadi , bursa akan beroperasi sebagai suatu pasar lelang. Pasar Luar Bursa dan Bursa Saham Nasdaq Saham yang dijual dengan lokasi fisik , dalam jumlah yang lebih besar lagi diperdagangkan di luar bursa oleh sekumpulan besar pialang dandiler yang terhubung secara online yang melakukan perdagangan efek tidak terdaftar. Pasar seperti ini sering disebut dealer market. Suatu dealer market meliputi seluruh fasilitas yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi efek , tetapi pasar tersebut tidak ada lokasi fisik. Setiap diler mengumumkan harga saham yang mereka perdagangkan. Selisih dari harga jual dan beli yang menjadi profit( margin) bagi diler disebut Spread permintaan-penawaran. Risiko diler akan meningkat jika saham lebit tidak stabil , atau jika jarang diperdagangkan. Biasanya diler akan mengharapkan spead yang lebih besar untuk saham jenis ini , untuk menutup kerugian yang mungkin terjadi. 5.5 PASAR UNTUK SAHAM BIASA Beberapa perusahaan memiliki ukuranyang begitu kecil sehingga saham yang diperdagankan tidak begitu aktif bahkan dimiliki sendiri oleh para manajer disebut perusahaan tertutup (closely held corporation). Sebaliknya perusahaan besar yang memiliki saham yang dijual ke masyarakat luas dan mayoritas bukan manajer perusahan tersebut siebut perusahaan terbuka (publicly owned corporation) Jenis Transaksi Bursa Saham Ada 3 kelompok katagori :

1. Perdagangan saham beredar dari perusahaan terbuka yang telah mapan : pasar sekunder 2. Tambahan saham yang dijual oleh perusahaan terbuka yang telah mapan : pasar primer 3. Penawaran saham perdana oleh perusahaan tertutup : pasar IPO ( dalam proses Going Public)

5.6 PASAR MODAL DAN PENGEMBALIAN PELAPORAN PASAR MODAL Sampai dua tahun yang lalu harga saham dilaporkan di surat kabar, tetapi harga yang tertera adalah harga sebelum di cetak. Sekarang setelah ada internet harga saham di update di berbagai situs seperti YAHOO! Yang harganya terupdate sepanjang hari. PENGEMBALIAN PASAR MODAL Trend pasar yang menunjukan kenaikan yang stabi tidak sertamerta memeberi jaminan tidak adanya penurunan saham.Dalam tahun yang buruk sekalipun perusahaan individual dapat memberikan hasil yang baik sehingga “inti permainan” dalam analisi efek adalah memilih pemenangnya. 5.7 EFISIENSI PASAR MODAL Hipotesis Pasar Efisien ( efiicient market hypothesis- EMH) menyatakan bahwa saham akan selalu dalam keadaan ekulibrium , dan investor yang terus “mengalahkan pasar” secara konsisten adalah mustahil. TINGKAT EFISIENSI PASAR  Efisiensi Bentuk Lemah Menyatakan bahwa seluruh informasi yang dimuat dalam pergerakan harga saham masal lalu akan tercermin dalam harga pasar saat ini. Artinya segala isu perusahaan , pola penuruan dan kenaikan harga saham , informasi harga saham masal lalu tidak berpengaruh dalam harga pasar sekarang. Efisiensi ini mengandung arti bahwa setiap informasi yang berasal dari penelaahan harga saham masa laulu tidak dapat digunakan untuk memperoleh keuntungan dengan meramalkan harga saham masa depan.  Efisiensi Bentuk Semikuat

Menyatakan bahwa harga pasar saat ini menccerminkan seluruh informasi yang tersedia kepada public. Artinya seluruh informasi yang bias di akses semua orang tidak berarti lagi , namun orang dalam yang memiliki informasi yang tidak tersedia bagi public akan menerima penerimaan diatas rata-rata.  Efisiensi Bentuk Kuat Menyatakan bahwa harga pasar saat ini mencerminkan seluruh informasi yang relevan. Jika bentuk ini berlaku maka orang dalam sekalipun akan mustahil mendapatkan pengembalian abnormal yang tinggi dalam bursa saham.

DAMPAK EFISIENSI PASAR Jika EMH benar , maka kita akan sia-sia mencoba mendapatkan keuntungan dengan menganalisis pasar. Tetapi efisiensi pasar bukan berarti seluruh saham selalu dihargai dengan tepat. Untuk dapat mengalahkan pasar , anda harus memiliki informasi , keahlian analitis atau nasp baik diatas rata-rata.

TUGAS MANAJEMEN KEUANGAN

RINGKASAN PASAR DAN INSTITUSI KEUANGAN

LAURA MONICA AGNESIA 110503133 S-1 AKUNTANSI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->