OBJEK ILMU (Menurut Saya

)
………….Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap……… (Dikutip dari Alkitab, 1 Korintus 13: 9-10)

Objek ilmu adalah hal-hal tentang manusia dan/atau alam semesta beserta seluruh isinya, baik secara parsial, maupun secara bersama-sama berikut hubungan antara yang satu dengan yang lain.

Manusia berpikir, menggambarkan, meramalkan, mempersiapkan, bahkan menjangkau masa depannya dengan ilmu yang dimilikinya hari ini. Namun dalam waktu yang bersamaan pula, kekinian selalu tidak terjangkau secara sempurna dengan menggunakan ilmu yang dimilikinya. Karakter manusia yang selalu berusaha untuk mempertahankan maupun memperbaiki kehidupan, membawa manusia untuk selalu mengembangkan ilmu pengetahuan. Demikian juga halnya dengan objek ilmu, berkembang dan bertambah seiring dengan dinamika kehidupan manusia dan alam sekitarnya. Perkembangan dan pertambahan objek ilmu dapat dianalogikan sebagai sebuah siklus yang kontinu dalam sebuah sistem. Objek ilmu itu akan terus menerus berubah dan bertambah, namun perubahan dan pertambahannya tidak akan pernah sama antara siklus yang satu dengan yang lain. Dan perubahan itu juga lah yang akan membuat objek ilmu itu selalu akan bertambah. Pada suatu saat kita sampai pada suatu pencapaian dalam suatu bidang ilmu. Kemudian ilmu itu kita gunakan dan terapkan. Penggunaan atau penerapan itu akan menghasilkan suatu keadaan baru. Keadaan baru tersebut akan memberikan umpan balik (feed-back) terhadap bidang ilmu itu. Proses umpan balik dan

Halaman 1 dari 11

Di samping itu juga terjadi perubahan struktur ketenagakerjaan akibat dari mekanisasi pertanian. Pada masa itu hal-hal yang berhubungan dengan ketersediaan pangan belum dikategorikan sebagai objek ilmu.Objek Ilmu (menurut saya) pengaruhnya akan mengubah batasan yang ada sebelumnya. tetapi sudah memasuki tahapan yang disebut sebagai sebuah revolusi dalam bidang pertanian yang dinamakan revolusi hijau (Green Revolution). dan sebagainya. Pertumbuhan penduduk meningkatkan permintaan terhadap bahan pangan. Demikian siklus berikutnya dan seterusnya. Pada tahapan tertentu masalah di atas bukan lagi sekedar bagaimana meningkatkan produktifitas. Dalam hal ini ketersediaan pangan dengan bercocok tanam dan memelihara ternak kemudian menjadi objek ilmu. Seiring dengan keanekaragaman aspek kehidupan manusia dan alam sekitarnya. untuk memenuhi kebutuhan makanannya. Seiring perkembangan peradaban. Secara bersamaan berkembanglah ilmu pertanian (maupun peternakan). kerumitan atau kompleksitas hal-hal yang terdapat dalam suatu objek ilmu dapat menimbulkan timbulnya suatu objek ilmu yang baru. berupa ketidakseimbangan alam akibat dari pemakaian pestidida. Halaman 2 dari 11 . bagaimana untuk meningkatkan produktifitas pertanian. Timbul masalah-masalah baru sebagai akibat dari revolusi hijau ini. insektisida dan herbisida serta penggunaan zat-zat kimia lainnya. membuat objek ilmu itu akan selalu berkembang. manusia akhirnya bercocok tanam dan memelihara ternak. Dalam tingkatan dan kondisi tertentu. tanpa perlu bercocok tanam maupun memelihara ternak. manusia mengambil makanan langsung dari alam. Hal ini juga kemudian menjadi objek ilmu. objek ilmu itu akan berkembang dan bertambah secara paralel. Halhal di atas dapat diterangkan dengan contoh rangkaian peristiwa berikut ini: Pada awalnya. Di sisi lain menurunkan rasio luas lahan pertanian terhadap jumlah penduduk.

begitu luas. baik secara parsial. bintang. hari ini kita anggap kurang atau tidak sempurna. Maka.Objek Ilmu (menurut saya) Demikianlah revolusi hijau itu sendiri dan hal-hal yang timbul sebagai akibatnya kemudian menjadi objek ilmu. Alam Semesta Suatu keniscayaan menjadikan alam semesta yang merupakan “tempat besar” di mana bumi dan manusia berada. Alam semesta sebagai objek ilmu telah lama dikenal di Timur Tengah. meteor. dan lain sebagainya. Hal ini tentunya tidak akan berhenti di situ saja. sebagai objek ilmu. dan tidak terhingga bagian dari semesta alam yang masih dapat dan harus dipelajari untuk dapat kemudian menjelajahinya. Itulah sebabnya ilmu berkembang. Sejauh ini dapat disimpulkan bahwa suatu pencapaian pada akhirnya menjadi awal dari pencapaian selanjutnya. Sehingga begitu jauh. planet. I. Ilmu ini mempelajari dan menguraikan atau menggambarkan seluk beluk alam semesta. Halaman 3 dari 11 . termasuk bendabenda yang ada di dalamnya seperti galaksi. maupun secara bersama-sama berikut hubungan antara yang satu dengan yang lain. maupun sebagai turunan dari perubahan perilaku dari manusia sebagai subjek maupun objek. selanjutnya penulis akan menyampaikan pandangan pribadi tentang apa saja yang menjadi objek ilmu. dan oleh perubahan cara pandang terhadap hal-hal dan masalah-masalah yang ada di dalamnya. Tuntutan tingkat kepuasan yang relatif meningkat akan mengubah standar dalam segala bidang. Sesuatu yang kemarin kita anggap sempurna. komet. asteroid. Bumi di antara planet yang merupakan bagian dari tata surya ternyata hanya sebhagian kecildari alam semesta. dan akan tetap berkembang terus. Arab. Dalam penjelasan di awal telah disebut bahwa (yang menjadi) objek ilmu itu adalah hal-hal tentang manusia dan/atau alam semesta beserta seluruh isinya. melainkan akan berkembang terus seiring dari perkembangan pengetahuan dan teknologi. dengan nama Ilmu Falak atau Kosmografi. satelit.

Manusia senantiasa ingin tahu bagaimana terjadinya alam semesta ini. Bumi Hingga saat ini “alamat tetap” manusia adalah Bumi. sifat atau kejadian benda-benda alam semesta waktu itu. Astronomi Ekstragalaksi Penelitian benda (sebagian besar galaksi) di luar galaksi kita. 5. Kosmologi Telaah atau kajian tentang struktur dan sifat alam semesta yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah atau rasional. Mendefinisikan sistem koordinat yang dipakai dan kinematika dari benda-benda di galaksi kita. Kemudian gejala-gejala alam dan kejadian-kejadian kosmis tetap menjadi objek pengamatan dan penelitian. Tentu juga akan tetap menjadi tanda tanya akan bagaimana nantinya alam semesta ini. Astronomi Galaksi Penelitian struktur dan bagian galaksi kita dan galaksi lain. Astrometri Penelitian posisi benda di langit dan perubahan posisi mereka. 4. Meskipun manusia telah berhasil menembus lapisan atmosfir.Objek Ilmu (menurut saya) Untuk mempelajari alam semesta lebih jauh lagi maka objek-objek yang menjadi bahan studipun bertambah. kemudian menginjakkan kaki di Bulan. Kosmogoni Tentang struktur asal-usul alam semesta atas dasar mitos atau legenda 2. Ilmu ini dikenal juga dengan Horoscope yaitu meramal nasib berdasarkan kenstelasi bintang-bintang sewaktu kelahiran seseorang. Halaman 4 dari 11 . II. 6. Hal ini melahirkan ilmu-ilmu yang antara lain: 1. 3. Sehingga alam semesta sebagai objek ilmu akan bertahan sepanjang sejarah manusia ke depan. negara atau bangsa yang dikaitkan dengan kondisi letak. Astrologi Ilmu tentang peramalan nasib seseorang.

maka Bumi mulai dari angkasanya. Dari kenyataan bahwa Bumi adalah tempat kita hidup sejak dimulainya sejarah keberadaan manusia. kimiawi dan biologis.Objek Ilmu (menurut saya) bahkan dalam beberapa ekspedisi manusia telah ada yang tinggal berbulan-bulan di luar angkasa (bumi). Sehubungan dengan kompleksitas bumi itu. menjadi objek ilmu yang juga akan sangat rumit dan tak akan habis-habisnya untuk dijadikan sebagai objek ilmu. namun itu belum mempengaruhi keberadaan Bumi sebagai tempat tinggal manusia. Geodesi Ilmu tentang pengukuran dan pemetaan permukaan Bumi dan dasar laut. petrologi. hingga yang terdalam yaitu inti bumi. lapisan-lapisannya. maka lahirlah banyak bidang ilmu sesuai dengan objek yang lebih khusus dan detil sebagai bagian dari studi tentang bumi secara fisik. geokimia. 3. mantel Bumi. grafis. isinya. Beberapa cabang utama dari ilmu yang mempelajari objek-objek tersebut antara lain: 1. Ilmu Tanah Halaman 5 dari 11 . aspek dan bagian dari bumi yang menjadi objek ilmu. paleontologi. seperti bentuk Bumi. 4. Begitu banyak sisi. matematis. serta medan potensial Bumi (medan magnet dan gravitasi). Geofisika juga menyelidiki interior Bumi seperti inti. geoscience). Bumi sebagai objek ilmu pertamakali melahirkan cabang ilmu yang disebut Ilmu Bumi (bahasa Inggris: earth science. stratigrafi dan sedimentologi. reaksi terhadap gaya. permukaannya. dan kulit Bumi serta kandungan-kandungan alaminya. 2. Geologi Mempelajari lapisan batuan dari kulit Bumi (atau litosfer) dan perkembangan sejarahnya. Geofisika Mempelajari sifat-sifat fisis Bumi. Cabang utama dari ilmu ini adalah mineralogi.

Cabang utama bidang ini adalah meteorologi. Namun mengingat Halaman 6 dari 11 . dan kualitas air di seluruh Bumi. bekerja dalam bidang ilmu Bumi dan ilmu lingkungan. dan aeronomi. Seperti diketahui bahwa Bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer. Disiplin ilmu utama antara lain adalah edafologi dan pedologi. Secara sederhana oseanografi dapat diartikan sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. 6.Objek Ilmu (menurut saya) Mempelajari lapisan terluar kulit Bumi yang terlibat dalam proses pembentukan tanah (atau pedosfer). 5. Ilmu Atmosfer Mempelajari bagian gas dari Bumi (atau atmosfer) antara permukaan Bumi sampai lapisan eksofer (~1000 km). klimatologi. Orang yang ahli dalam bidang hidrologi disebut hidrolog. terdengar begitu sederhana. Laut sendiri adalah bagian dari hidrosfer. 7. termasuk siklus hidrologi dan sumber daya air. Oseanografi Cabang dari ilmu Bumi yang mempelajari segala aspek dari samudera dan lautan. Seolaholah manusia itu telah benar-benar mengerti tentang manusia. Hal itu secara kualitatif dapat menunjukkan bagaimana Bumi sebagai salah satu objek ilmu yang sangat penting. Dalam bahasa lain yang lebih lengkap. oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. bagian cair yang disebut hidrosfer dan bagian gas yang disebut atmosfer. III. Puluhan cabang ilmu Bumi lainnya yang mempelajari berbagai objek ilmu tentang Bumi. Hidrologi Adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari pergerakan. serta teknik sipil dan teknik lingkungan. distribusi. Manusia Manusia dijadikan objek ilmu oleh manusia.

ruang dan waktu. Ilmu Gizi dan Pangan. III. Di satu sisi. Tetapi dalam kenyataannya.2. bumi dan alam semesta adalah objek yang sangat kompleks. serta banyak hal lain lagi. budaya. Manusia sebagai objek ilmu memiliki banyak segi untuk dipelajari. Objek-objek ini umumnya menghasilkan cabang-cabang ilmu berupa ilmu Tubuh Manusia.1. kelahiran. Genetika. oleh keterbatasan jangkauan manusia terhadap jarak. Antropologi Mempelajari manusia pada umumnya. Bahkan sering seseorang membutuhkan orang lain untuk melihat dan menunjukkan suatu hal tentang dirinya. dan khususnya antropologi budaya.Objek Ilmu (menurut saya) dan menyadari bahwa manusia adalah makhluk/benda yang paling kompleks dan dinamis. tentunya manusia juga merupakan objek ilmu yang paling kompleks. Segi Biologis Manusia Mulai dari pembuahan sel telur oleh sperma. bumi dan alam semesta sebagai objek ilmu akhirnya tidak lebih kompleks dibandingkan dengan manusia sebagai objek ilmu. Ekonomi Mempelajari produksi dan pembagian kekayaan dalam masyarakat Halaman 7 dari 11 . hingga proses kematian menjadi objek ilmu tentang manusia dari segi biologis. Sehingga ilmu yang berkembang dan bertambah tentang objek yang lebih spesifik dan detil selalu lebih banyak tentang manusia. Segi Sosial Manusia Objek ilmu dari segi sosial manusia melahirkan cabang-cabang utama dari ilmu sosial antara lain: 1. hingga proses dalam kandungan. Ilmu tentang Penyakit. sosial. yang mempelajari segi kebudayaan masyarakat 2. bahkan dari segi spiritual. dan banyak cabang ilmu yang lain. Mulai dari sisi-sisi utama berupa segi biologis. Ilmu Kedokteran. III. kehidupan biologis.

adalah merupakan makhluk yang di bawah penguasaan manusia sebagai makhluk tertinggi dalam alam semesta ini.Objek Ilmu (menurut saya) 3. Manusia sebagai “ilmuwan” akan memilah-milah objek tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. dihuni oleh berbagai makhluk hidup selain manusia. Pendidikan Mempelajari masalah yang berkaitan dengan belajar. Geografi Mempelajari lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi 4. Politik Mempelajari pemerintahan sekelompok manusia (termasuk negara) 8. Linguistik Mempelajari aspek kognitif dan sosial dari bahasa 6. alam semesta. terutama yang kita ketahui bumi. Sejarah Mempelajari masa lalu yang berhubungan dengan umat manusia 10. Seluruh makhluk hidup dalam alam semesta ini. Psikologi Mempelajari tingkah laku dan proses mental 9. Sosiologi Mempelajari masyarakat dan hubungan antar manusia di dalamnya IV. serta pembentukan karakter dan moral 7. Halaman 8 dari 11 . Makhluk Hidup Selain Manusia Selain manusia. ditinjau dari perspektif manusia. pembelajaran. dan demikian halnya sehubungan dengan keilmuan tentu akan menjadi objek ilmu. Seluruh makhluk tersebut menjadi objek bagi manusia. Hukum Mempelajari sistem aturan yang telah dilembagakan 5.

V.4 di atas. sehubungan dengan kehidupannya bersama manusia sebagai kompetitor maupun kehidupannya sebagai makhluk yang dapat dieksploitasi oleh manusia. perkembangbiakan makhluk lain tersebut menjadi objek ilmu. Pernafasan Berhubungan dengan siklus zat-zat atau gas yang diperlukan makhluk tersebut dan juga hubungannya dengan kebutuhan oksigen bagi kehidupan lain. 5. terutama bila berhubungan dengan kompetisi maupun hubungannya sebagai bahan yang dapat dieksploitasi oleh manusia. planet. atau sumber energi. Baik pergerakan tubuhnya.: sebagai bahan makanan. Pertumbuhan Pertumbuhan makhluk-makhluk tersebut menjadi penting sebagai objek ilmu. juga tentang makhluk tersebut sebagai sumber nutrisi bagi manusia. 2. satelit dan benda-benda kosmis lainnya. Dalam hal ini kita pisahkan terlebih dahulu dari bintang-bintang. mis. Zat-zat atau Benda Mati Seluruh benda dan zat yang terdapat dalam alam semesta ini adalah merupakan objek ilmu. diantaranya: 1. Pergerakan Pergerakan makhluk tersebut dapat juga menjadi objek ilmu. Nutrisi Disamping tentang nutrisi yang dibutuhkan makhluk tersebut. mis. Yang menjadi objek ilmu dari zat-zat yang ada itu terutama yang berhubungan dengan pengelompokannya. Perkembangbiakan Mirip dengan no. maupun pergerakan dalam arti perpindahan atau migrasi. terutama kehidupan manusia. kegunaannya. cara Halaman 9 dari 11 . 3. 4.: sebagai sumber makanan atau sumber energi.Objek Ilmu (menurut saya) Yang menjadi objek ilmu yang utama dari makhluk hidup selain manusia ini adalah berhubungan dengan beberapa hal utama.

Instrumentasi Medis. manusia. seperti: Ilmu Lingkungan. Disamping hal-hal positip. hal-hal negatip dari zat-zat tersebut juga menjadi objek ilmu. bumi dan alam semesta di masa yang akan datang.Objek Ilmu (menurut saya) memperolehnya/mendapatkannya. makhluk hidup selain manusia. Hubungan dan Interaksi Antar Makhluk dan Benda dalam Alam Semesta Setelah uraian tentang objek ilmu berupa alam semesta. VI. Interaksi antara objek-objek tersebut menjadi objek ilmu yang selalu akan berkembang seiring dengan perkembangan ilmu itu. melainkan berkembang secara berkelanjutan. Halaman 10 dari 11 . Oleh tingkat kompleksitas permasalahan kehidupan manusia masa sekarang ini dan masa yang akan datang. maka objek ilmu selanjutnya adalah hubungan dan interaksi antara objek-objek tersebut. Baik hubungan antara dua objek. maka perkembangan objek ilmu itu akan menentukan bentuk dan kondisi kehidupan dan keberadaan manusia. Hubungan dan interaksi antar objek tersebut melahirkan cabang-cabang ilmu multidisiplin. Rekayasa Genetika. Objek ilmu oleh manusia akan terseleksi. PERSPEKTIF TERHADAP OBJEK ILMU Objek ilmu akan bertransformasi dan berkembang seiring dengan dinamika kehidupan manusia. Biokimia. dan lain-lain. maupun reaksi antara zat-zat yang ada. dan zat-zat lain yang ada dalam alam semesta. Ada objek yang menjadi prioritas sehubungan dengan prioritas dalam kehidupan manusia. maupun hubungan multi-objek. bumi. sehingga manusia sebagai sentra dari zat dalam alam semesta terhindar dari kerugian yang dapat timbul oleh keberadaan zat-zat tersebut. Transformasi dan perkembangan objek ilmu itu merupakan siklus. Namun siklus tersebut bukan merupakan pengulangan yang sama.

ac.. 2012. 2012. “ Alam Semesta”.fis. “Ilmu Sosial”.php/en/kosmografi/60-alam-semesta Wikipedia.Objek Ilmu (menurut saya) DAFTAR PUSTAKA Sukma Perdana.T.wikipedia. S.unesa.id/web/index.Pd. “Ilmu Bumi”. 2012.wikipedia. http://id..org/wiki/Ilmu_bumi Wikipedia. http://id.org/wiki/Ilmu_sosial Halaman 11 dari 11 . http://geo. M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful