P. 1
Petunjuk Program Penghitungan Suara

Petunjuk Program Penghitungan Suara

|Views: 318|Likes:
Published by Rudi Si Pelayan

More info:

Published by: Rudi Si Pelayan on Feb 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2015

pdf

text

original

Program Penghitungan Suara

Satu lagi persembahan dari Kedaiscript.Com, yakni software penghitungan suara yang berbasis website. Program ini bisa digunakan untuk penghitungan suara pada acara pemilihan Ketua OSIS, Badan Eksekutif Mahasiswa, Pilihan Ketua RT/RW, Pilkada, Pemilu, dan semacamnya. Karena program ini berbasis website dengan basis program PHP, maka bisa diinstal di localhost (komputer sendiri) maupun diinstal secara online di webhosting, jika program ini diinstal di webhosting secara online maka bisa disaksikan secara live oleh siapa pun dan di mana pun. Terima kasih telah menggunakan program ini, silakan hubungi kami via email jika Anda menemui kesulitan dalam aplikasi program ini, kami tidak memungut biaya apapun untuk konsultasi Anda.

Salam Kami

Kedaiscript.com

Manual Instalasi Program Penghitungan Suara Edited By: http://kedaiscript.com

Installasi Program Penghitungan Suara
1. Instalasi Server. Untuk bisa menjalankan program ini, Anda harus instal web server terlebih dahulu dengan menggunakan program XAMPP berbasis Windows. Silakan download XAMPP server win32 installer di http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html silakan pilih versi Installer agar mudah dalam instalasi, terutama bagi pemula dan yang belum pernah menginstal program tersebut. Jika Anda telah menginstal program tersebut, silakan langsung pada instalasi database.

Untuk cara install software XAMPP tersebut silakan ikuti manual/petunjuk yang disediakan oleh apachefriends. Yang perlu diingat silakan install program tersebut di path C:/ sehingga hasil installasi nanti menjadi c:/xampp/ 2. Instalasi Database. a. Buka web browser Anda, kami sarankan menggunakan Mozilla Firefox terbaru agar performa bisa maksimal dan menyesuaikan dengan program yang telah kami edit tersebut. Jalankan server database localhost dengan mengetikkan di address browser sebagai berikut http://localhost/phpmyadmin

b.

c.

Pilih atau klik Tab Menu “Databases”

Manual Instalasi Program Penghitungan Suara Edited By: http://kedaiscript.com

d.

Ketikkan nama database baru dengan nama “pemilu” pada isian create database, lalu klik tombol “Create”.

e.

Maka database dengan nama “pemilu” akan tercipta dan tampil pada kolom sebelah kiri. Klik nama database “pemilu” tersebut.

f.

Database “pemilu” masih kosong, belum berisi apa pun, maka silakan lakukan dumping atau import database dengan cara klik Tab Menu “Import” lalu klik tombol telusuri, pilih atau arahkan browse di folder script pemilu di dalam folder Docs, pilih file pemilu.sql lalu “Open”. Langkah selanjutnya klik “Go”.

Manual Instalasi Program Penghitungan Suara Edited By: http://kedaiscript.com

g.

Maka bila import database berhasil, di sebelah kiri pada database “pemilu” akan muncul beberapa tabel dari isi database tersebut.

h.

Selanjutnya silakan Copy atau letakkan folder yang berisi script “pemilu” ke dalam path: c:/xampp/htdocs Sehingga posisinya menjadi: c:/xampp/htdocs/pemilu

i.

Coba buka hasil instalasi Anda dengan mengetikkan di address browser http://localhost/pemilu

Manual Instalasi Program Penghitungan Suara Edited By: http://kedaiscript.com

j.

Maka jika tidak ada masalah, Anda akan segera bisa menggunakan software tersebut. Dan tampilan pertama adalah seperti pada gambar berikut ini:

Anda bisa menyesuaikan penggunaan dengan cara memanfaatkan menu yang ada. Misalnya menghapus data yang tidak dipakai, menambah calon baru, mengganti nama dan photo calon, dan sebagainya.

Manual Instalasi Program Penghitungan Suara Edited By: http://kedaiscript.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->