P. 1
Tata Busana : Pengertian Mengambil Ukuran

Tata Busana : Pengertian Mengambil Ukuran

|Views: 633|Likes:
Published by Sayid Sidik

More info:

Published by: Sayid Sidik on Feb 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2014

pdf

text

original

MENGAMBIL UKURAN

Oleh : RR. DWI PURWANI

A. Pengertian Mengambil Ukuran
Mengambil ukuran adalah mengukur bagian-bagian badan tertentu yang akan digunakan untuk ukuran membuat pola pakaian dengan cepat.

B. Cara Mengambil Ukuran
1. Alat untuk mengambil ukuran : - Buku & bolpoin untuk mencatat. - Veterban untuk mengikat bagian badan. - Matlin (pita ukur). 2. Yang perlu diperhatikan dalam mengukur: - Orang yang diukur dilihat bagian dada, pinggang dan pinggul. - Orang yang diukur dalam posisi tegak, tidak boleh ikut mengukur. - Pada saat mengukur harus pas, tidak boleh ditambah atau dikurangi.

C. Teknik Mengambil Ukuran
a. Lingkar Badan (LB) Diukur sekeliling badan yang terbesar, ditambah 4 cm atau ditambah 4 jari orang yang mengukur. b. Panjang Muka (PM) Diukur dari lekuk leher sampai batas pinggang. c. Lebar Muka (LM) Diukur dari batas pangkal lengan kiri sampai kebatas lengan kanan.

d. Panjang Sisi (PSi) Dibawah ketiak diberi penggaris, kemudian diukur dari bawah ketiak/penggaris/2 cm dibawah ketiak sampai batas pinggang. e. Panjang Bahu (PBh) Diukur dari batas leher sampai ujung bahu terendah. f. Lingkar Leher (LL) Diukur sekeliling leher.

g. Tinggi Dada (TD) Diukur dari tinggi payudara sampai pinggang. h. Lingkar Pinggang (LPi) Diukur sekeliling pinggul yang telah dilihat dengan veterban ditambah 1 cm. i. Panjang Punggung (PP) Diukur dari tulang leher yang menonjol sampai batas pinggang.

j. Lebar Punggung (LP) Diukur dari batas tengan kiri sampai kanan pada setengah tinggi jarak bahu terendah sampai ketiak, 8 cm dibawah lekuk leher (tulang menonjol). k. Lingkar Panggul (LPa) Diukur dari sekeliling panggul terbesar pas. l. Tinggi Panggul (TPa) Diukur dari batas pinggang sampai panggul terbesar.

m. Panjang Rok (PR) Diukur dari batas pinggang sampai batas/panjang rok yang dikehendaki. n. Lingkar Lurung Lengan (LLL) Diukur melingkar pangkal lengan, melalui ketiak, dilonggarkan, matlin bertemu dibahu terendah. o. Tinggi Puncak Lengan (TPL) Diukur dari ujung bahu terendah sampai batas batas lengan.

p. Lingkar Lengan (LLg) Diukur sekeliling lengan pada batas panjang lengan. q. Lingkar Lubang Lengan (LLLg) Diukur sekeliling lengan, kalau dibawah sekeliling jari-jari tangan. r. Panjang Lengan Pendek (PLPd) Diukur dari ujung bahu terendah sampai batas yang dikehendaki (sampai siku)

s. Panjang Lengan Panjang (PLPj) Diukur dari ujung bahu terendah sampai pergelangan tangan, tangan bagian siku agak dibengkokkan. t. Tinggi Duduk (TDd) Orang yang diukur duduk tegak di kursi, kemudian diukur dari pinggang bagian sisi sampai batas kursi.

Ukuran Celana Laki-laki
a. Panjang Celana (PC) Diukur dari pinggang sampai panjang celana yang dikehendaki. b. Lilngkar Paha (LPh) Diukur dari lipatan celana bagian depan sampai belakang dikalikan 2.

c. Lingkar Lubang Celana (LLC) Diukur sekeliling lubang celana/diukur dari lipatan depan samapai belakang dikalikan 2. d. Panjang Mistak (PMT) Diukur dari pinggang bagian depan kebawah terus kebelakang naik sampai pinggang bagian belakang.

SEKIAN TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->