Ciri – Ciri Binatang yang Hidup di Darat 1.

SINGA Singa adalah hewan yang termasuk dalam keluarga kucing. Singa memiliki ukuran yang lebih b esar bila dibandingkan dengan cheetah atau jaguar. Singa hidup berkelompok, biasanya dalam satu kelompok sedangkan singa jantan lebih santai dan lebih sering meminta jatah hasil buruan dari singa betina. Ciri-ciri singa jantan adalah mereka memiliki bulu tebal di sekitar lehernya. Panjang singa jantan adalah 260-330 cm, kalau betina 240-270 cm. Berat singa jantan bisa mencapai 250 kg sedangkan singa betina memeilki berat mencapai 185 kg. Singa jantan dipercaya lebih unggul dari kucing besar lainnya karena memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, namun kelemahan dari singa jantan adalah mereka tidak bisa memanjat pohon tidak seperti jenis kucing besar lain yang pandai memanjat pohon. Singa juga memiliki perbedaan dengan harimau karena singa tidak menyukai air sedangkan harimau suka dengan air.

2. GAJAH SUMATERA Gajah Sumatera secara umum memiliki ukuran tubuh lebih lebar dan gemuk. Pada ujung belalainya memiliki satu bibir. Berbeda dengan gajah Afrika, gajah Sumatera memiliki 5 kuku pada kaki depan dan 4 kuku pada kaki belakang. Berat gajah Sumatera dewasabisa mencapai 5000kg atau 5 ton oleh karena itu gajah disebut

Kaki depan jerapah lebih tinggi dari kaki belakangnya. Gajah Sumatera memiliki gading yang lebih kecil daripada gajah afrika. Unta memiliki ciri yang khas yaitu memiliki punuk di punggungnya. lehernya saja memiliki panjang 1. Kaki unta memiliki telapak yang luas dan menggembung. Tinggi jerapah bisa mencapai 6 meter. Punuk tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan persediaan air oleh karena itu unta bisa bertahan di tempat yang panas dan memiliki sedikit air. Unta memiliki kaki yang berukuran besar dan panjang untuk berjalan diatas pasir tanpa terperosok dan menghindari pasir yang panas.sebagai binatang darat terbesar yang masih ada. JERAPAH Jerapah memiliki tubuh yang sangat tinggi. UNTA Unta merupakan hewan berkuku genap yang hidup di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika. Jerapah juga memiliki tanduk kecil yang tertutup kulit di kepala mereka. Tubuh jerapah sebenarnya pendek tetapi jerapah memiliki kaki yang panjang. Secara keseluruhan gajah sumatera memang lebih kecil daripada gajah afrika.5 meter. 4. selain itu telinganya juga lebih kecil disbanding gajah afrika yang memiliki telinga yang lebar. 3. Tanduk jerapah jantan lebih besar dari jerapah . bahkan jerapah adalah hewan tertinggi di dunia saat ini.

Beruang Madu memiliki warna hitam. Oleh karena itu beruang madu adalah jenis beruang terkecil diantara jenis beruang lainnya.4 meter dengan tinggi punggung 70cm. Jerapah memiliki kulit yang sangat unik. Pola warna jerapah membuat mereka membaur dengan pohon dan semak disekitar mereka sehingga keberadaan mereka tersamarkan. Berat jerapah jantan bisa mencapai 1900 kilogram. selain itu beruang madu juga memakan buah-buahan dan serangga kecil sampai ayam. Beruang madu sangat menyukai sarang lebah yang menghasilkan madu sebagai makanannya. Berat beruang madu dewasa mencapai 65kg.betina. memiliki bulu unik berwarna kuning keputih-putihan yang berbentuk “V” di dadanya. 5. . BERUANG MADU Beruang Madu memiliki panjang sekitar 1. yaitu memiliki pola seperti tambalan berwarna cokelat. Jerapah banyak hidup di padang savanna di daerah afrika.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful