PERAT URAN DAERAH KABUPATEN AGAM NOMOR 6 TAHUN 2003 TENTANG PENGEMBANGAN DAN PENDAYAGUNAAN WEBS ITE PEMERINTAH

DAERAH DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BUPAT I AGAM,

Menimbang

:

a.

bahwa pembangunan dan penyelenggaraan telekomunikasi memiliki ar ti strategis dan mer upakan salah satu faktor yang dapat menunjang dan mendorong kegiatan perekonomian, mencerdaskan kehidupan bangsa, memperlancar kegiatan pemerintahan, meningkatkan hubungan antar bangsa, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka perwujudan Wawasan Nusantara, dan memantapkan ketahanan Nasional; bahwa sebagai langkah nyata mengembangkan informasi dan komunikasi sebagai bagian dari telekomunikasi, Pemerintah Kabupaten Agam sudah memiliki website sebagai bagian pencerahan terhadap pengembangan otonomi daerah dan pembangunan secara umum; bahwa untuk mencapai maksud sebagaimana dimaksud hur uf a dan b, maka dipandang perlu adanya Peraturan Daerah yang memberikan landasan dalam pendayagunaan dan pemanfaatan website tersebut.

b.

c.

Mengingat

:

1. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kabupaten Dalam Lingkungan Propinsi Sumatera Tengah (Lembaran Negara Tahun 1956 Nomor 25); 2. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 60, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3839);

Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah Dan Kewenangan Propinsi Sebagai Daerah Otonom (Lembaran Negara Tahun 2000 Nomor 54. Tambahan Lembaran Negara Nomor 3881). Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1999 tentang Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-undangan Dan Bentuk Rancangan Undang-Undang. TENTANG WEBS ITE . 5. Rancangan Peraturan Pemerintah Dan Rancangan Keputusan Presiden ( Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 70 ). 7.3. 4. BAB I KET ENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam Peraturan Daerah ini yang dimaksud dengan: 1. Dengan persetujuan DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN AGAM MEMUTUS KAN : Menetapkan : PERAT URAN DAERAH KABUPATEN AGAM PENGEMBANGAN DAN PENDAYAGUNAAN PEMERINTAH DAERAH. Pemerintah Daerah adalah Pemerintah Kabupaten Agam. Tambahan Lembaran Negara Nomor 3980). Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 154. Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi ( Lembaran Negara Tahun 2000 Nomor 107. Tambahan Lembaran Negara Nomor 3952). 6. Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 6 Tahun 2002 tentang Rencana Strategis Kabupaten Agam Tahun 2001-2005 ( Lembaran Daerah Tahun 2002 Nomor 9).

per kumpulan. 13. perseroan komanditer. Alat Telekomunikasi adalah setiap alat perlengkapan yang digunakan untuk berkomunikasi. optik. gambar. adalah DPRD Kabupaten Agam. Daerah adalah Kabupaten Agam. 11. persekutuan. 3. Homepage adalah halaman atau tampilan pada website . 10. badan usaha milik Negara atau Daerah dengan nama dalam bentuk apapun. Website adalah alamat internet (international network). suara. kongsi. radio. Badan Pengembangan dan Pendayagunaan Website. Telekomunikasi adalah setiap pemancaran. selanj utnya disebut BP2W. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah selanjutnya disebut DPRD. isyarat. lembaga. 8. Badan adalah suatu bentuk badan usaha yang meliputi perseroan terbatas. firma. adalah lembaga operasional yang dibentuk oleh Bupati dalam pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah.2. perseroan lainnya. dan bunyi melalui sistem kawat. dana pensiun. 6. Penyelenggara telekomunikasi adalah instansi pemerintah. . yayasan atau organisasi yang sejenis. ser ta bentuk badan usaha lainnya. koperasi. 9. 14. Perangkat Telekomunikasi adalah sekelompok memungkinkan terlaksananya telekomunikasi. pengiriman dan/atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda-tanda. 4. orang pribadi atau badan hukum yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi. 7. tulisan. Bupati adalah Bupati Agam. Jaringan telekomunikasi adalah rangkaian perangkat kelengkapannya yang digunakan dalam berkomunikasi. telekomunikasi dan 12. Jasa telekomunikasi adalah layanan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan bertelekomunikasi dengan menggunakan jaringan telekomunikasi. atau sistem elektromagnetik lainnya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan berlaku. alat telekmunikasi yang 5.

adil dan merata. c. Sebagai langkah strategis untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). b. etika serta menjunj ung tinggi normanorma masyarakat di daerah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. d. BAB II ASAS DAN T UJUAN Pasal 2 Pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah sebagai bagian dari penyelenggaraan telekomunikasi dilaksanakan berdasarkan asas manfaat. Sebagai upaya nyata Pemerintah Daerah menuju e-gover nment dalam menyikapi perkembangan kemajuan teknologi serta pengembangan perangkat telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi. 16. Tenaga Ahli Cybermedia adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam pengoperasian inter net dan perangkat lunak (program atau software) yang mendukung pengoperasional internet. e. dalam mempromosikan jenis usaha yang dikembangkan. Penyelenggaraan telekomunikasi adalah kegiatan penyediaan dan pelayanan telekomunikasi sehingga memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi. . kepastian hukum. kemitraan.15. baik daerah maupun nasional dan inter nasional. Untuk mendukung kehidupan ekonomi dan kegiatan Pemerintah dan Pemerintahan Daerah. Pasal 3 Pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah diselenggarakan dengan tujuan: a. Sebagai media informasi bagi investor dan pengusaha. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat daerah secara adil. keamanan.

pengusaha daerah. Pasal 6 (1) Lembaga Pengembangan dan Pendayagunaan Website mempunyai tugas : a. Melakukan promosi atau hal lain yang dapat mengundang para investor. Bupati dapat membentuk BP2W. Pasal 5 (1) Dalam pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah. pengusaha atau pihak-pihak lain untuk memanfaatkan website Pemerintah daerah secara komersil. asosiasi pengusaha. pelaku bisnis. . BP2W bertanggungjawab kepada Bupati melalui perangkat Daerah yang bertanggungjawab di bidang informasi dan komunikasi. dalam (2) (3) Memperbaiki atau memodifikasi dan memperbaharui website Pemerintah Daerah secara berkala dan teratur. b. institusi masyarakat lainnya dan perorangan. c. (2) Perangkat Daerah yang bertanggung jawab di dibidang informasi dan komunikasi dapat bekerjasama dengan tenaga ahli cybermedia untuk membantu tugas BP2W.BAB III PENANGGUNGJAWAB Pasal 4 Penanggungjawab pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah adalah perangkat Daerah yang bertanggung jawab dibidang informasi dan komunikasi. d. dan Melibatkan peran serta masyarakat dan institusi lainnya sebagai upaya bersama dalam pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah. BP2W terdiri dari unsur Pemerintah Daerah. Menyusunan program jangka pendek dan jangka panjang pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah.

Bagian Kedua Bentuk Kerjasama Pasal 8 Kerjasama sebagaimana dimaksud pada Pasal 7 ayat (1) dilakukan dalam bentuk: a.BAB IV KERJASAMA Bagian Per tama Pelaksanaan Kerjasama Pasal 7 (1) Dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah. d. Barter (pertukaran) iklan atau pariwara dengan pihak lain. Pemasangan banner iklan pada homepage website Pemerintah Daerah. b. e. dan g. Lembaga/badan di luar negeri. Pemuatan pariwara usaha atau promosi lainnya. Pengusaha daerah dan pengusaha nasional atau internasional. (3) Kerjasama dilakukan dengan memperhatikan asas sebagaimana dimaksud pada Pasal 2. c. f. Para Investor. Pengrajin daerah. tujuan . Asoasiasi pengusaha. b. d. (2) Dalam pelaksanaan kerjasama. Individu dan kelompok masyarakat. Pemuatan informasi daerah dan peluang pengembangan usaha. c. Pemerintah Daerah dapat melakukan kerja sama dengan: a. e. Daerah lain. Bentuk-bentuk kerja sama lain yang tidak bertentangan dengan pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah dapat melimpahkannya kepada BP2W.

JENIS IKLAN/ PARIWARA Iklan baris Banner iklan Pariwara UKURAN ≤ 30 kata 4 x 9 CM 8 x 18 CM 1/2 halaman 1 halaman TARIF (Rp. yang membebani daerah harus mendapat persetujuan DPRD. kecuali dalam bentuk bar ter. 2.000 9.) 250. Pemerintah Daerah dapat membentuk Badan Kerjasama Antar Daerah dalam upaya mengoptimalisasikan pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah daerah.000 (3) Ukuran di luar ketentuan di atas dapat disesuaikan dengan ukuran yang ada.500. dan (2).000.000. dikenakan bayaran.300.000 2.Bagian Ketiga Kompensasi Kerjasama Pasal 9 (1) (2) Setiap orang atau badan yang memanfaatkan website Pemerintah Daerah. Besarnya pembayaran sebagaimana dimaksud ayat (1) yaitu : LAMA PEMASANGAN (TAHUN) 1 1 1 1 1 NO 1. Kerjasama atau pembentukan Badan Kerjasama Antar Daerah yang dibentuk sebagaimana dimaksud ayat (1).000 1. (2) (3) . 3. Bagian Keempat Perjanjian Kerjasama Pasal 11 (1) Kerjasama Pemerintah Daerah dengan pihak lain dalam pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah diatur dalam suatu perjanjian kerjasama. Pasal 10 Pembayaran sebagaimana dimaksud Pasal 9 merupakan Pendapatan Asli Daerah.000 5.

MUCHS IS MALIK NIP. d.to ARISTO MUNANDAR Diundangkan di Lubuk Basung pada tanggal 30 April 2003 SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN AGAM.o Drs.t. memerintahkan pengundangan Peraturan Daerah ini dengan penempatannya dalam Lembaran Daerah Kabupaten Agam. Agar setiap orang mengetahuinya. Ditetapkan di Lubuk Basung pada tanggal 30 April 2003 BUPATI AGAM. d.BAB VI KET ENTUAN PENUTUP Pasal 12 Peraturan Daerah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. 010081886 LEMBARAN DAERAH KABUPAT EN AGAM TAHUN 2003 NOMOR 14 .

memantapkan pertahanan keamanan. Badan Usaha Milik Daerah. dan memantapkan ketahanan nasional.net. Dalam Rencana Strategis Kabupaten Agam 2001-2005 ditegaskan bahwa salah satu tujuan dan sasaran yang ingin dicapai adalah terciptanya komunikasi yang efektif antara pemerintah dan rakyat dalam menunjang pembangunan yang tergambar pada terciptanya sistem seleksi informasi yang disajikan oleh media massa.agam. mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi ditegaskan bahwa penyelenggaraan telekomunikasi meliputi penyelenggaraan jaringan telekomunikasi. Badan Usaha Swasta dan Koperasi yang bentuk usahanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penyelenggaraan jaringan dan atau jasa telekomunikasi dapat diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara. juga sebagai salah satu faktor yang dapat menunjang dan mendorong kegiatan perekonomian. Sebagai langkah nyata untuk mengembangkan informasi dan komunikasi sebagai bagian dari telekomunikasi. Sedangkan penyelenggaraan telekomunikasi khusus dapat dilakukan oleh perseorangan. . instansi pemerintah dan badan hukum selain penyelenggara jaringan telekomunikasi dan atau penyelenggara jasa telekomunikasi. sehingga informasi tersebut dapat mendorong pembangunan Kabupaten Agam. memper kuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka perwujudan wawasan nusantara. dan penyelenggaraan telekomunikasi khusus. Pemerintah Daerah sudah memiliki website yang untuk pertama kalinya menggunakan kode www. penyelenggaraan jasa telekomunikasi. meningkatkan hubungan antar bangsa.PENJELASAN ATAS PERAT URAN DAERAH KABUPATEN AGAM NOMOR 6 TAHUN 2003 TENTANG PENGEMBANGAN DAN PENDAYAGUNAAN WEBS ITE PEMERINTAH DAERAH I. memperlancar kegiatan pemerintahan. UMUM Pembangunan dan penyelenggaraan telekomunikasi disamping memiliki arti penting dan strategis.

3. Peningkatan mutu website. diantaranya meng-uptodate-kan (memperbahar ui) data yang ada ataupun informasi yang dapat diakses masyarakat. PASAL DEMI PASAL Pasal 1 Angka 1 Cukup jelas Angka 2 Cukup jelas Angka 3 Cukup jelas Angka 4 Cukup jelas Angka 5 Cukup jelas Angka 6 Cukup jelas Angka 7 Cukup jelas Angka 8 Cukup jelas Angka 9 Cukup jelas Angka 10 Cukup jelas . II. Menjadikan website Pemda Agam sebagai cyber media untuk mempromosikan bisnis masyarakat Agam ataupun pengusaha dari luar Agam.Untuk pengembangan dan pendayagunaan website dimasa yang akan datang. Menambah sumber Pendapatan Asli Daerah. Pemerintah Kabupaten Agam berupaya melakukan terobosan dengan sasaran : 1. 2.

kesusilaan. pembangunan. dan siner gi dalam penyelenggaraan telekomunikasi. sarana perhubungan. kejujuran. dan komoditas ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah. Asas etika dimaksudkan agar dalam pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah senantiasa dilandasi oleh semangat profesionalisme. dan keterbukaan.Angka 11 Cukup jelas Angka 12 Cukup jelas Angka 13 Cukup jelas Angka 14 Cukup jelas Angka 15 Cukup jelas Angka 16 Cukup jelas Pasal 2 Asas manfaat berarti pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah lebih berdaya guna dan berhasil guna sebagai infrastruktur pembangunan. Asas keamanan dimaksudkan agar pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah selalu memperhatikan faktor keamanan dalam perencanaan. Asas adil dan merata maksudnya adalah pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama kepada semua pihak yang ingin berpartisipasi. . timbal balik. sarana penyelenggaraan pemerintahan. sehingga memberikan perlindungan hukum bagi para pihak yang terlibat dalam pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah. dan pengoperasiannya. sarana pendidikan. Asas kepastian hukum berarti bahwa pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah harus didasar kan kepada peraturan perundangundangan. Asas kemitraan mengandung makna pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah harus dapat mengembangkan iklim yang harmonis.

perlu didukung dengan penyediaan supra struktur dan infra struktur yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah. Hur uf a Cukup jelas Huruf b Cukup jelas Hur uf c Cukup jelas Huruf d Cukup jelas Hur uf e Cukup jelas Pasal 4 Cukup jelas Pasal 5 Ayat (1) Cukup jelas Ayat (2) Tujuan melibat komponen di luar Pemerintah Daerah adalah agar pengembangan dan pendayagunaan website Pemerintah Daerah mendapat dukungan dari lintas komponen masyarakat. Ayat (3) BP2W memberikan laporan pelaksanaan tugas sekurang-kurangnya satu kali setahun ter hitung sejak ditetapkannya Keputusan Bupati tentang Pembentukan BP2W. dan menyentuh komponen yang membutuhkan keberadaan website Pemerintah Daerah.Pasal 3 Dalam mewuj udkan tuj uan dimaksud. Pasal 6 Ayat (1) Huruf a Cukup jelas . penyebaran informasi berjalan lancar.

ahli cyber media har us memenuhi syarat sekurang-kurangnya : Memiliki kemampuan pemograman komputer dan aplikasi inter net. Memiliki sertifikat/ijazah komputer dan aplikasi internet.Huruf b Cukup jelas Huruf c Cukup jelas Hur uf d Cukup jelas Ayat (2) Tenaga a. Berpengalaman dalam pengelolaan website dan pembuatan homepage Pasal 7 Ayat (1) Huruf a Cukup jelas Huruf b Cukup jelas Huruf c Cukup jelas Hur uf d Cukup jelas Hur uf e Cukup jelas Huruf f Cukup jelas Hur uf g Cukup jelas Ayat (2) Cukup jelas Ayat (3) Cukup jelas . c. b.

Huruf b Cukup jelas Huruf c Cukup jelas Hur uf d Cukup jelas Hur uf e Cukup jelas Pasal 9 Ayat (1) Cukup jelas Ayat (2) Cukup jelas Ayat (3) Cukup jelas Pasal 10 Cukup jelas Pasal 11 Ayat (1) Cukup jelas Ayat (2) Cukup jelas Ayat (3) Cukup jelas Pasal 12 Cukup jelas .Pasal 8 Hur uf a Banner iklan adalah gambar (pic) yang menunjukan bentuk dari promosi yang dilakukan oleh pihak yang memasangnya pada homepage website Pemerintah Daerah Agam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful