JENIS-JENIS APLIKASI OTOMATIASI PERKANTORAN

PERTEMUAN 5

 Pilihan pribadi. yaitu seorang manajer diperusahaan dengan satu lokasi tidak akan mempertimbangkan konferensi audio dan video.  Sumber daya OA yang tersedia paduan manajer dibatasi oleh sumber oleh sumber daya OA yang tersedia dalam perusahaan  .Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Aplikasi Otomatisasi Kantor Jenis Organisasi. manajer yang memilih komunikasi tatap muka tertarik pada konferensi video dan memanfaatkan kalender elektronik.

4. Konfrensi video. 8. Konfrensi audio. Pengolahan kata (word Processing). 5. 3. Surat elektronik (electronic mail). 7. APLIKASI OTOMATISASI KANTOR : . Transmisi faximile (FAX) Videotex. Voice mail. 9. 10. 6.1. Kalender elektronik (electronic calendaring). Desktop publishing. 2. Konfrensi komputer.

Word Processing Word processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronic yang secara otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.  Word processing memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah dengan memberikan kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan kepada anggota lain  .

doc . AutoFormat. Illustrations. AutoComplete. kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar) . sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Tables of Contents. Text Frames dan Linking. Indexing.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice. Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect. Selain itu.odt .pdf dengan sekali klik.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .rtf dan bisa export ke .contoh  OpenOffice. Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat. Bibliographical References. Styles and Formatting. Tables.

.

.

.

Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3. .ELECTRONIK MAIL   Electronic mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan pemakai untuk mengirim. Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan.

Surat elektronik yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP. ia akan diberikan satu surat elektronik gratis. sertifikat digital. . dan lain-lain) Cara membaca surat elektronik Surat elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet.  Saya menulis surel → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima).

Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client).Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik   Dengan cara menggunakan 'browser'. . Mozilla Thunderbird. seperti: Eudora Mail. pengguna haruslah dalam keadaan online. Mutt. artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat. Outlook Express. Untuk menggunakannya. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Windows Mail. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Metode ini disebut sebagai web-based. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Dengan menggunakan program seperti ini.

untuk 5 kelompok.    Konsep Dasar Otomatiasi Perkantoran Perancangan Sistem Otomatisasi Perkantoran Penggunaan Sistem Otomatiasi Prkantoran Pengembangan Sistem Otomatiasi Perkantoran Peralatan yang menunjang Otomatisasi Perkantoran .Tugas  Buat   Makalah .

.Membuat Aplikasi  5 kelompok lainnya membuat atau menampilkan Jenis Aplikasi Otomatisasi Perkantoran (contoh sistem arsip elektronik dll).

Konsep SIM (Sistem Informasi Manajemen) menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen. OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh. electronik calendaring. e-mail.Kesimpulan   Tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer. voice mail. Otomatisasi kantor (office automation/OA) memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat elektronik. Komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. suatu aplikasi yang . facsimile transmission. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM (Sistem Informasi Manajemen) dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful