TUGAS

Pelaksanaan

Pemeliharaan Jalan

ALAT BERAT DAN FUNGSINYA

Alat Pemadat Tanah (Compactor) Berdasarkan cara geraknya; ada yang bergerak sendiri, tapi ada juga yang harus ditarik traktor. - Berdasarkan bahan roda penggilasnya, ada yang terbuat dari baja (Steel Wheel) dan ada yang terbuat dari karet (pneumatic). - Dilihat dari bentuk permukaan roda; ada yang punya permukaan halus (plain), bersegmen, berbentuk grid, berbentuk kaki domba, dan sebagainya. - Dilihat dari susunan roda gilasnya; ada yang dengan roda tiga (Three Wheel), roda dua (Tandem Roller), dan Three Axle Tandem Roller. - Alat pemadat yang menggunakan penggetar (viberator).

Three Wheel Roller Sering juga disebut Macadam Roller, untuk menambah bobot alat ini, roda silinder baja yang kosong diisi dengan zat cair Alat Berat dan Pemindahan Tanah
Mekanis (minyak atau air), bahkan dalam kondisi tertentu kadang-kadang diisi

dengan pasir. Berat mesin penggilas ini berkisar antara enam sampai 12 ton.

Yosua Aditya Ratu 090211094

yaitu berporos dua dan berporos tiga. berat Tandem Roller berkisar antara delapan sampai 14 ton.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Tandem ada dua jenis. dalam satu kali lintasan mampu memadatkan material timbunan sedalam 24 inci. Roda-roda tersebut kecuali dapat bergerak maju dapat pula digetarkan atau digerakkan naik turun untuk memberikan tumbukan yang kuat. rodaroda penggilasnya terdiri dari ban karet yang dipompa (pneumatic). Pneumatic Roller sering juga disebut Universal Compactor. Yosua Aditya Ratu 090211094 . Alat ini beratnya 80 ton.

pengurugan kembali galian tanah dan sebagainya.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Vibvrator Roller adalah mesin pemadat dengan roda silinder baja dibagian depan yang dapat digetarkan. .Pembuatan parit (Crowning Ditching) .Pencampuran tanah maupun pencampuran material (Side cast/ mixing). Alat Perata Tanah (Grader) Alat perata tanah (Grader) berfungsi untuk meratakan pembukaan tanah secaa mekanis.Pemberaian butiran tanah (scarifying) Yosua Aditya Ratu 090211094 . meratakan tanggul. . pencampuran tanah. akan tetapi khusus untuk penggunaan pada pekerjaan pengurugan kembali galian tanah hasilnya kurang memuaskan.Pekerjaan tahap akhir (finishing) pada “pekerjaan tanah”. Beberapa pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh Grader antara lain adalah: .Perataan tanah (Spreading). efisiensi alat ini sangat tinggi dan dapat digunakan secara luas dalam setiap jenis pemadatan tanah. . dusamping itu Grader dapat dipakai pula untuk keperluan lain misalnya untuk penggusuran tanah.

TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Alat Pengangkut (Loader) Loader adalah alat pemuat hasil galian/ gusuran dari alat berat lainnya seperti Buldoser. menggali pondasi basement dan lain-lain. dan (2) Loader dengan roda karet (Wheel Loader). menggusur tonggak-tonggak kayu kecil. Grader dan sejenisnya. Yosua Aditya Ratu 090211094 . Selain itu Loader dapat digunakan sebagai alat pembersih lokasi (Cleaning) yang ringan. sebab dengan menggunakan Loader tak ada material yang tercecer. untuk menggusur bongkaran. bila digunakan sebagai alat pengangkut maka Loader dapat bekerja lebih aik dari Buldoser. Loader merupakan alat pengangkut material dalam jarak pendek. Pada prinsipnya Loader merupakan alat pembantu untuk menngangkut material dari tempat-tempat penimbunan ke alat pengangkut lain. Jenis Loader ada dua yaitu : (1) Loader dengan roda rantai (Crawler Loader).

misalnya material yang ditumpuk disuatu tempat oleh truck atau alat angkut lainnya. Menarik (Winching). misalnya medan dengan topografi tertentu truck tak dapat langsung dikendarai menuju lokasi. agar dapat dipindahkan ke tempat yang diinginkan.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Buldoser Alat ini merupakan alat berat yang sangat kuat untuk pekerjaan pekerjaan: penggalian tanah (excavator).  Trimming dan Sloping. Jenis Sudu ada 10 macam: (a) U-Blade. atau pipa air minum bila sudah terpasang. dan pembersihan lokasi (land clearing). mendorong tanah. menggusur tanah (dozer). Fungsi :  Menyebarkan material. (b) Straight Blade.  Memuat menggunakan Buldoser diperlukan pada kondisi-kondisi tertentu. yaitu pekerjaan untuk menarik benda-benda berat atau peralatan mekanis yang sedang rusak.   Ditching. yaitu pekerjaan pembuatan kemiringan tertentu pada suatu tempat. merupakan pekerjaan penimbunan kembali terhadap bekas lubang-lubang galian seperti menutup kembali gorong-gorong di bawah tanah. (d) Cushion Blade. dan sebagainya. maksudnya adalah menyebarkan tanah ke tempattempat tertentu denganketebalan yang dikehendaki. misalnya tanggul. penimbunan lubang fondasi atau tiang penyangga bangunan besar (jembatan. (c) Angling Blade. adalah kegiatan menggali saluran/ selokan/ kanal yang penampangnya berbentuk U atau V. (f) AEM U Blade. pipa gas alam. dan menutup kembali pipa minyak. menara beton. kanal besar. tepi jalan raya. membantu pekerjaan alat-alata muat.  Penimbunan kembali. (h) dan Rake Blade. dam. (e) Power Angle and Tild Blade. dan lain-lain). Yosua Aditya Ratu 090211094 . Sudu/ Bilah/ Blade pada Buldoser bentuknya tergantung pada jenis pekerjaan yang akan dilakukan oleh Buldoser itu. (g) V-Tree Cutter Blade.

adalah membantu Power Scrapper konvensional (standar) dalam mengisi muatan.  Pusher loading. dan jika perlu adalah pembuatan saluran air untuk drainase tempat kerja. Pekerjaan merintis meliputi: pekerjaan perataan tanah. sisa pohon yang sudah ditebang. pembuatan jalan darurat untuk transportasi alat mekanis. Buldoser mampu membersihkan lokasi dari semak-semak. kanal. menghilangkan/ membuang bagian tanah atau batuan yang menghalangi pekerjaanpekerjaan selanjutnya.  Gali/ angkut jarak pendek adalah menggali lalu mendorong tanah galian itu ke suatu tempat tertentu. pohon besar/ kecil.  Pioneering atau pekerjaan perintisan merupakan kelanjutan dari pekerjaan pembabatan/ penabasan.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan  Sebagai alat pembabat atau penebang. Yosua Aditya Ratu 090211094 . dan sebagainya. misalnya pada pembuatan jalan raya.

Tenaga penggerak untuk penarik: Scrapper. Scrapper mampu menggali/ mengupas permukaan tanah sampai setebal + 2.5 mm pula. Tenaga penggerak alat angkut. lalu mengangkut ke tempat yang ditentukan.5 mm atau menimbun suatu tempat sampai tebal minimum + 2.5 km/ jam. Tempat duduknya alat-alat berat lain. Yosua Aditya Ratu 090211094 . Loader. sebab Crawler Tractor tidak bisa selip. misalnya: Crane Scrapper Alat ini digunakan untuk menggali muatannya sendiri. kecepatan maksimum Crawler Tractor hanya sekitar 4.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Traktor Roda Kelabang (Crawler Tractor) Crawler Tractor dibutuhkan jika antara roda dan permukaan tanah dikehendaki gesekan yang besar. Sheep foot roller. Umumnya Crawler Tractor digunakan untuk menggusur tanah. Spesifikasi :     Tenaga penggerak untuk mendorong: Buldoser. misalnya: truck. tetapi kecepatannya sangat rendah. serta mendapatkan tenaga maksimum pada waktu kerja. kemudian muatan itu disebagkan dan diratakan.

ada dua tipe Excavator yaitu: (1) Excavator yang berjalan menggunakan roda kelabang (Crawler Excavator) dan (2) Excavator yang menggunakan roda karet dipompa (Wheel Excavator).Bagian bawah untuk berpindah tempat (Travelling unit) . Efisiensi penggunaan Scrapper tergantung pada: (1) kedalaman tanah yang digali. dan (3) operator yang bekerja. dan (2) Scrapper yang memiliki mesin penggerak sendiri (Self Propelled Scrappers). Bagian-bagian utama dari Excavator antara lain: . Jika ditinjau dari penggeraknya. jenis Scrapper ada dua macam yakni: (1) Scrapper yang ditarik Buldoser (Down Scrapper Tractor). (2) kondisi mesin. menggali tanah yang terdapat diantara bangunan beton.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Scrapper dapat digunakan untuk memotong lereng tanggul atau lereng bendungan. Excavator Alat penggali sering juga disebut Excavator. meratakan jalan raya atau lapangan terbang.Bagian-bagian tambahan (attachment) yang dapat diganti sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dikerjakan. Yosua Aditya Ratu 090211094 .Bagian atas yang dapat berputar (Revolving unit) .

Dalam pengunaannya Shovel terutama digunakan untuk menggali tebing yang letaknya lebih tinggi dari tempat kedudukan Yosua Aditya Ratu 090211094 . Shovel Alat ini baik untuk menggali tanah tanpa bantuan alat lain. dan memasukkannya ke dalam truck atau alat angkut lainnya. Shovel dapat juga digunakan untuk membuat timbunanbahan-bahan persediaan seperti kerikil. Jenisnya ada dua yaitu Wheel Back Hoe dan Crawler Back Hoe. dan sebagainya. pasir.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Back Hoe Back Hoe adalah alat dari golongan Shovel yang khusus dibuat untuk menggali material yang letaknya di bawah tempat kedudukan alat itu. semen PC. Umumnya Shovel dipasang di Truck Crawler.

Alat ini digunakan agar penghamparan aspal menjadi teratur dan rata. crane putar. sebab crane ini dapat dengan mudah dipindahpindahkan. Yosua Aditya Ratu 090211094 . karena pekerjaan pemindahan tanah secara mekanis membutuhkan mobilitas alat yang relatif tinggi. Beberapa contoh jenis Crane terdapat pada gambar. crane portal.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Crane Crane (alat pengangkat) jenisnya ada bermacam-macam: Crane gelegar. dan mobil crane. crane kabel. Asphalt Finisher/ Alat Penghampar Aspal Digunakan untuk menghampar aspal pada saat pembuatan aspal. crane kolom putar. crane menara. jenis yang banyak digunakan dalam proyek-proyek bangunan sipil yang berkaitan dengan pemindahan tanah adalah mobile crane.

(2) Side-Dump. Dump Truck dengan cara pengosongan muatan ke samping. Truck Jika dilihat dari cara pengosongan muatan. dan aspal. Dump Truck dengan cara pengosongan muatan ke samping. dan (3) Bottom-Dump. semen. Yang termasuk didalam alat ini adalah crusher dan concrete mixer truck. beton. Hasil dari alat ini misalnya adalah batuan bergradasi.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Concrete Mixing Truck Alat ini dipakai untuk mengubah batuan dan mineral alam menjadi suatu bentuk dan ukuran yang diinginkan. jenis truck dapat dibedakan menjadi tiga yaitu: (1) End-Dump atau Rear Dump. Berdasarkan ukuran muatannya. dump truck dapat dibedakan menjadi tiga: Ukuran Yosua Aditya Ratu 090211094 . yaitu Dump Truck dengan cara pengosongan muatan ke belakang. Alat yang dapat mencampur material-material di atas juga dikategorikan ke dalam alat pemroses material seperti concrete batch plant dan asphalt mixing plant.

dan ukuran besar jika kapasitasnya lebih dari 100 ton. ukuran sedang memiliki kapasitas 25 sampai 100 ton.TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan kecil. Yosua Aditya Ratu 090211094 . memiliki kapasitas angkut maksimum 25 ton.

TUGAS Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Yosua Aditya Ratu 090211094 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful