Naskah Pildacil SDN 02 Balandongan @2012

BERBAKTI PADA ORANG TUA Asslamu ‘alaikum Wr. Wb.

‫الحمد ل رب العالمين و به نستعين على أمور الدنيا و الدين أشهد أن ل إاللله إل الل و أشللهد أن محمللدا رسللول‬ : ‫ال، أما بعد‬
Yang saya hormati Dewan Juri ! Yang saya hormati kawan-kawan peserta lomba ! Serta hadirin dan hadirat yang berbahagia ! Pertama-tama marilah kita mengucapkan Tahmid dan Tsyakur kehadirat Allah SWT,karena kita dapat hadir di tempat ini. Rahmat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada seorang Nabi yang tidak akan ada Nabi sesudahnya, Nabi Muhammad Saw. , kepada keluarga dan sahabatnya seluruhnya. Setiap manusia sudah pasti memiliki orang tua. Tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua. Maka dari inilah izinkan saya untuk menyampaikan Tausiyah saya yang berjudul ‘’berbakti kepada orang tua’’. Kaum muslimin muslimat Berbakti kepada kedua orang tua termasuk ibadah dan sangat besar pahalanya. Karena orang tualah yang mengasuh, membesarkan, mendidik, dan menghidupi anak-anaknya.Oleh sebab itu besarnya jasa orang tua tidak mungkin bisa dibalas dengan segala bentuk balasan dari anaknya, baik berupa jasa maupun materi, termasuk kemewahan dunia. Mengingat begitu besarnya jasa kedua orang tua terhadap anaknya, maka wajib hukumnya bagi seorang anak untuk menghormati kedua orang tuanya.Sebagai mana firman Allah dalam surah Al-isra ayat 23 yang berbunyi artinya : janganlah kamu berkata ah kepada kedua orang tuamu.Dan jangan pula kamu bentak keduanya,tapi berkatalah kepadanya dengan kata yang sopan. Dan Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi :

‫رضى ال فى رضى الوالدين و سخط ال فى سخط الوالدين‬
Yang artinya : Ridho Allah disebabkan keridoan Ibu bapak,begitu juga kebencian Allah disebabkan kebencian ibu bapak. Kaum muslmin muslimat yang dirahmati oleh Allah Alangkah lebih baik jika kita memahami arti Penting dan Kedudukan Berbakti Pada Orang Tua. Berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu amal sholih yang mulia bahkan disebutkan berkali-kali dalam Al Quran tentang keutamaan berbakti pada orang tua. Alloh Ta’ala berfirman: “Sembahlah Alloh dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak.” (An Nisa: 36). Di dalam ayat ini perintah berbakti kepada dua orang tua disandingkan dengan amal yang paling utama yaitu tauhid, maka ini menunjukkan bahwa amal ini pun sangat utama di sisi Alloh ‘Azza wa Jalla. Begitu besarnya martabat mereka dipandang dari kacamata syari’at. Nabi mengutamakan bakti mereka atas jihad fi sabilillah, Ibnu Mas’ud berkata: “Aku pernah bertanya kepada Rosululloh, ‘Amalan apakah yang paling dicintai Alloh?’ Beliau menjawab, ‘mendirikan sholat pada waktunya,’ Aku bertanya kembali, ‘Kemudian apa?’ Jawab Beliau, ‘berbakti kepada orang tua,’ lanjut Beliau. Aku bertanya lagi, ‘Kemudian?’ Beliau menjawab, ‘Jihad di jalan Alloh.’” (HR. Al Bukhori no. 5970). Demikian agungnya kedudukan berbakti pada orang tua, bahkan di atas jihad fi sabililllah, padahal jihad memiliki keutamaan yang sangat besar pula. Kaum muslimin muslimat yang berbahagia Marilah kita sedikit merenung. Coba bayangkan bagaimana lelahnya ibu kita mengandung. Kemana-mana harus membawa beban yang berat berat

Saat bayi. namun ketaatan kita pada Alloh dan orang tua telah membayar segala keletihan mereka. Kita melawan apa yang orang tua katakan. ketika kita sudah besar. Sampai disini tausiah dari saya.Naskah Pildacil SDN 02 Balandongan @2012 diperutnya. kita bahkan membantah kata-kata orang tua kita.Saya akhiri dengan pantun. Tapi. Betapa sedihnya mereka. Karena mengompol. kita sering mengganggu waktu tidur orang tua dengan menangis ditengah malam. Kemudian ibu kita mempertaruhkan nyawa saat melahirkan kita. Orang tua tidak menginginkan kita membayar apa yang telah mereka beri. Dara manis sedang tertawa Putri cantik pakai selendang Jangan durhaka kepada orangtua Nanti terkutuk seperti malin kundang Jalan-jalan ke Balikpapan Tidak lupa membeli teri Mohon maaf atas kekhilafan Lain waktu berjumpa lagi Beli kain berwarna merah Pohon durian berbuah tujuh Wabilahitaufik wal hidayah Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh . kehausan dan lain-lain.

Orang yang tidak pandai bersyukur. 6. Betul…. Allah SWT berfirman dalam Surat An-Naml Ayat :40 yang artinya : Dan barang siapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barang siapa yang ingkar..000: 6000 adalah Rp.Bayangkan Kalau Kita Hidup 40 tahun.600 per liter.000 yang isinya 6000 liter berarti tiap liternya adalah 40. Berapa besarkah nilai ekonominya?????? Misalnya saja satu tabung oksigen harganya Rp.800.Allah berikan secara Cuma-Cuma. Sesungguhnya.Ashadualailahaillallah wa ashaduanna Muhammadan abduhu warosuluh. Puji syukur kita panjatkan pada ilahi Gofur yang telah memberikan nikmat pada kita yang tiada terukur. Telah banyak contoh yang diberikan oleh Allah pada Manusia.600 liter udara. 22. Ini berarti oksigen setiap harinya dengan nilai 11. Ada Istilah mengatakan Orang yang pandai bersyukur.000. Izinkan saya menyampaikan pidato yang berjudul Mensyukuri Nikmat Allah Bersyukur adalah ungkapan yang berisikan pujian kepada Allah SWT. Assalamu alaikum Warohmatullahi wabarokatu. Amaba’du The honorable juries The honorable my Teacher The honorable my beloved friends And Muslim wal muslimat rohimakumullah. "Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah supaya kamu beruntung. ini berarti semenit akan menghirup 40 liter udara. Kalau sehari semalam (24 jam) kita akan mengkonsumsi 57. Namun .Solawat serta salam semoga selalu tercurah pada junjungan Nabi Besar Kita Muhammad Saw.Meskipun tadi pagi Cuma sarapan bubur Cuma kita saja yang tak pernah Syukur. Syukur berarti mengakui segala kebaikan dan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.betul gak temen-temen Perlu diketahui bahwa manusia dalam keadaan normal.kaum.520 liter oksigen seharinya. dari 57. dalam satu menit 20 (Dua Puluh) kali bernapas. hidupnya mujur dan makmur.600 sama dengan 760. Semoga yang jawab salam saya Masuk Syurga Allahuma A…Min Innalhamdalillah Nahmaduhu wanastainuhu wanastaqfiruhu wanauzubillahi ming sururi anfusina waming sayiati akmalina mayahdillah fala mudlillah wamayudlil fala hadiyalah. maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia".000. serta bangsa yang sebelumnya diberi kenikmatan. hidupnya hancur lebur.520 kali 6. namun karena tidak bersyukur. hakikat bersyukur itu akan kembali kepada kita sendiri.kalau sebulan nilainya menjadi Rp.Naskah Pildacil SDN 02 Balandongan @2012 Mensyukuri Nikmat Allah Sayur urab Dicampur daun salam Tolong jawab Kalau saya ucap salam. Satu kali bernafas 2 liter udara. 40.600 liter udara adalah 11. maka Allah memberikan azab yang tidak terbayangkan.Kolalahutaala fil Qur’anil karim Ya ayuhal lazinaamanu hakotukotih walatamutun na ila wa antum muslimun. 50 tahun atau 60 tahun berapa dana yang harus kita keluarkan untuk beli oksigen. Banyak cara untuk bersyukur kepada Allah Swt Mulai dari mengucapkan Alhamdulillahi rabbil alamin sampai mengeluarkan sebahagian harta untuk disedekahkan.

kemana-mana pakai baju keren.rumah mewah. Tentu ngak mau dooong.Mari Kita bersyukur pada Allah.Punya Mobil mewah.mau jalan-jalan encok. Apa gunanya banyak uang tapi badan kita sakit mau makan sate darah tinggi.Buk….Oleh karena itu dalam surat Ar-rahman. Makanya Pak…. Allah Subhannahu wa Ta’ala mewanti-wanti kepada hambaNya dengan mengulang-ulang 31 kali peringatan bagi umat manusia dalam surat arrahman. yang artinya: "Jika engkau bersyukur.Semoga bermanfaat buat kita semua dan pribadi saya sendiri.yang artinya : Ada dua nikmat yang sering dilupakan oleh manusia yaitu nikmat sehat dan Waktu senggang. yang artinya:“NikmatKu manakah yang kamu dustakan.kita sambung dilain waktu..sakit… melulu.itu kenikmatan.bu…milih sehat apa milih kaya……………… Kalau saya sih milih sehat tapi kaya. Kalau Kita banyak uang. maka akan kutambahkan (nikmatKu).” Satu hal lagi yang lebih membesarkan hati kita yakni adanya jaminan Allah Subhannahu wa Ta’ala bagi hambaNya dengan firmanNya dalam surat Ibrahim ayat 7.Karena kalau kita bersyukur maka nikmat akan bertambah dan sebaliknya jika kita kufur maka maka azab yang kita peroleh Mungkin sampai disini dulu ceramah singkat dari saya. Pak…. Ada pantun Begini Pak Mamad sarapan Bubur makannya Di warung Pak Maskur Kalau ingin hidup Makmur Harus Pandai Bersyukur Bila Hitofiq wal Hidayah Wassalam Mualaikum Wr. . Tapi Manusia lupa akan kenikmatan yang paling utama yaitu nikmat sehat sebagaimana sabda Rasulullah Saw.Kaya harta. dan jika engkau kufur sesungguhnya siksa-Ku amat pedih.Naskah Pildacil SDN 02 Balandongan @2012 semua itu tidak pernah kita Fikirkan kebanyakan orang mengartikan. Mau minum kopi kencing manis.kaya hati dan dermawan Tapi itulah manusia jarang sekali beryukur atas kesehatan.Wb. jangan sekali kali kita kufur atas nikmat Allah.banyak uang. kaya raya tapi sakit-sakitan mau ngak pak…." Betapa banyak orang orang yang Syukur akhirnya ia menjadi Makmur Betapa banyak orang kufur akhirnya ia menjadi tersungkur.mau ngak bu….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful