BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENENTUKAN NILAI TEMPAT BILANGAN SISWA KELAS IV SD GISIKDRONO 01

TUGAS AKHIR

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Akhir Program Studi D2 PGKSD Sebagai Syarat Untuk Mendapatkan Gelar Ahli Muda (A.Ma.Pd)

Oleh :
Nama NIM : Anik Tsalisati : 1402204647

PENDIDIKAN GURU KELAS SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

LEMBAR PENGESAHAN
Tugas akhir (TA) ini dengan judul “Bimbingan Belajar dalam menentukan Nilai Tempat Bilangan Siswa Kelas IV SD Gisikdrono 01” telah disahkan pada : Hari Tanggal Tempat : : :

Semarang, Kepala UPP Dosen Pembimbing

2006

Drs. Jaino, M.Pd NIP. 130875761

Dra. Nuraini Abbas, M.Pd NIP. 131671213

padahal kesabaran seharusnya menjadi bekal agar penantian berselubung tawakal Berbuatlah kasih saying kepada siapapun sebelum kamu menghabiskan sisa hidupmu Manusia memiliki rencana. tetapi sebagai manusia tetap harus berusaha Bila ia memberi waktu untuk pergi.HALAMAN MOTTO Hanya ketekunan dan kedisiplinan serta kejujuran yang mengantar kesuksesan Bila tidak sabar.karena pengalaman merupakan guru terbaik Ilmu akan bermanfaat apabila diamalkan dan ditularkan pada orang lain Jangan pernah putus asa menghadapi masalah karena setiap masalah yang dating pasti ada jalan keluarnya . semoga ia juga memberi waktu untuk pulang Belajarlah dari pengalaman. semua berubah jadi tak benar. Allah juga penentunya.

Hidayah dan Inayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ahir ini Untuk Bapak dan Ibu tersayang yang selalu memberikan do’a dan materi yang tak henti-hentinya.PERSEMBAHAN Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan Rahmat. yang telah membesarkan . mendidik dengan kasih sayang. dan mendo’akan tulus ikhlas untuk menjadikan kesuksesan bagi anak tercinta Kakak-Kakak dan adikku tersayang yang selalu memotivasi penulis baik dalam kesendirian maupun kebersamaan Pada temen-temen kos dan temen satu PPL serta temen seperjuangan PGKSD FIP UNNES Terakhir untuk temen –temen semuanya yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu dalam penulisan tugas akhir ini .

Dalam penyusunan tugas akhir ini. M. MPd. Penulis bersyukur karena dalam penulisan tugas akhir ini tidak ada hambatan maupun rintangan yang cukup berarti.KATA PENGANTAR Atas berkat rahmat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan baik yang disusun sebagai salah satu persyaratan kelulusan bagi mahasiswa D-2 PGKSD UNNES. Semua pihak yang telah membantu penulis atas terselesainya tugas akhir ini. H. Nuraini Abbas. penulis banyak mendapat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak.Pd. Drs. Selaku Kepala UPP PGKSD Semarang 4. Kepala SD Gisikdrono 01 7. Selaku Dosen Pembimbing 6. Sehubungan dengan itu penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Selaku ketua program D-2 PGKSD 3. Drs. Siswanto.Pd.Pd. Siswa-siswa SD Gisikdrono 01 9. Selaku Dekan FIP UNNES 2. H. Jaino.Aris Mujiono. . Dengan modal kemauan dan kesabaran serta bantuan dari berbagai pihak. M. Drs. MM.sSelaku Ketua Pelaksana PPL 5. Guru-guru SD Gisikdrono 01 8. Dra. akhirnya penulis dapat menyusun tugas akhir ini walaupun masih jauh dari sempurna.M. Drs.

Untuk itu. Semarang. 9 September 2006 Penulis Anik Tsalisati . selain ucapan doa semoga amal baik mereka diterima oleh Allah SWT dan mendapat pahala yang setimpal. saran dan kritik yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi keberhasilan dan kebaikan tugas akhir ini. Akhirnya penulis hanya bisa berharap semoga tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya. Penulis menyadari bahwa tugas akhir ini masih jauh dari kesempurnaan. Amin.Tidak ada yang dapat penulis berikan.

Teori Belajar Matematika Untuk Mengajar Matematika di SD........................................................................................................... 6 C.. 8 BAB III................................... PEMBAHASAN ......................................................... Sistematika Penulisan .................................................................. 2 C.................................................................................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL................................................... i HALAMAN MOTTO ........ 1 B................. 5 B.................................................... ii PERSEMBAHAN ........ Cara menanamkan konsep Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu .................................................... iv DAFTAR ISI.............. 3 BAB II................................ 1 A....................................................................... LANDASAN TEORI ..... Latar Belakang Masalah................................................... Metode dalam menjelaskan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu ............................................ 11 A................... 11 B............. Metode Dalam Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu ..................................................... Manfaat Penulisan ......................................................................... v BAB I PENDAHULUAN ..... 5 A...................................... 3 D..................................................................................................................................................................................................... Tujuan Penulisan ...................................... Rumusan Masalah ........................................... Makna dan Tujuan Bimbingan di SD.... 3 E........................................... iii KATA PENGANTAR ..... 13 ..................................................................................

........ 17 A.................................... Saran ....................... 17 B....... PAPARAN HASIL .................. Setelah Diberikan Bimbingan ...... 17 BAB V....................................... Sebelum Diberikan Bimbingan ................................................. 18 A.................. Peran Bimbingan Dalam Meningkatkan Materi Tentang Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu....... PENUTUP ............................................................................................. 18 B............................ 14 BAB IV..................................................................................... 19 ....C............................................................................................ Kesimpulan .

fisik. Untuk itu kita harus mengupayakan strategi belajar mengajar yang dapat melibatkan siswa secara langsung baik menggunakan lisan. Kita sebagai seorang guru harus memahami perkembangan dan karakteristik siswa. Untuk itu tentunya kita harus menyediakan media yang bervariasi dan menarik sehingga daya tarik keingintahuan siswa tinggi. Usia anak SD sekitar 6-11 tahun. Selain itu. . mengajar yang digunakan. Salah satu faktor yang menyebabkan anak sulit memahami materi adalah strategi belajar. Pada masa usia-usia SD anak masih suka bermain dan memahami konsep-konsep yang bersifat kongkrit. Pemahaman awal siswa yang demikian juga menentukan keberhasilan siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu kondisi tersebut benar-benar harus dipahami oleh seorang guru untuk membentuk sikap dan siap belajar bagi siswa.maupun tertulis.BAB I PENDAHULUAN A. mengkongkritkan objek matematika yang abstrak agar mudah dipahami siswa. situasi pembelajaran yang dapat membuat anak tertarik dan senang pada pelajaran matematika sangat diperlukan. Latar Belekang Masalah Dalam dunia pendidikan sering kita temui anak yang sulit memahami materi yang diajarkan. Dalam pembelajaran matematika diusahakan sesuai dengan perkembangan kognitf siswa. Menurut sebagian besar guru. palajaran matematka adalah pelajaran yang sulit bagi anak.

penulis akan membahas strategi belajar mengajar pada pelajaran matematika tentang cara untuk Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu. Untuk itu tentunya guru harus melibatkan siswa secara langsung dan mengarah pada penyelidikan dan pemecahan masalah sehingga siswa akan terbiasa dalam menghadapi masalah dalam matematika. Dalam tugas akhir ini. cuisioner. B. salah satu cara yang digunakan adalah penggunaan alat berupa sedotan dan tempatnya.Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai pemahaman konsep khususnya pemahaman konsep matematika tentang Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas dapat dirumuskan: 1 Bagaimana cara menanamkan konsep untuk Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu pada siswa kelas IV di SD Gisikdrono 01? 2 Metode apa saja yang digunakan untuk menjelaskan materi tentang Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu pada siswa kelas IV SD Gisikdrono 01? 3 Bagaimana memberikan bimbingan pada siswa kelas IV SD Gisikdrono 01 untuk Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu dalam pemecahan masalah sehari-hari ? .

Latar Belakang B. Tujuan Penulisan Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah: 1. Dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat Penulisan 1. Sebagai bekal untuk menjadi guru dalam menjelaskan “Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai Dengan Ratusan Ribu”. 3. Sistematika Penulisan . 3. dengan berbagai metode. Supaya pembaca dapat mengembangkan pembelajaran matematika khususnya dalam “Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai Dengan Ratusan Ribu“.C. 2. Untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai Dengan Ratusan Ribu. E. Tujuan Penulisan D. Sistematika Penulisan BAB I. Manfaat Penulisan E. D. 2. Sebagai masukan bagi guru dalam rangka peningkatan pembelajaran. Rumusan Masalah C. Sebagai persyaratan kelulusan D2 PGKSD FIP UNNES. PENDAHULUAN A.

Makna dan Tujuan Bimbingan di SD B. PEMBAHASAN A. PENUTUP A. Metode dalam menjelaskan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu. Cara menanamkan konsep Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu. Teori Belajar Matematika Untuk Mengajar Matematika di SD BAB III. LANDASAN TEORI A. Peran Bimbingan Dalam Meningkatkan Materi Tentang Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu. Metode Dalam Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu C. BAB IV. Saran .BAB II. C. Kesimpulan B. Sebelum Diberikan Bimbingan B. PAPARAN HASIL A. Setelah Diberikan Bimbingan BAB V. B.

1992.kemampuan memecahkan masalah. 2. Makna dan Tujuan Bimbingan di SD Bimbingan adalah proses membantu individu memperoleh pemahaman diri dan pengarahan yang diperlukan untuk penyesuaian diri secara maksimal kepada keluarga. dan sosial Kartadinata.sekolah. kehidupan emosi dan identitas diri. Keragaman individual anak SD. Bimbingan di SD dapat digolongkan menjadi 4 yaitu: a. pribadi. Hasil studi menunjukkan bahwa masalah perkambangan anak SD menyangkut perkenbangan fisik. . konsep diri. Terdapat masalah-masalah yang dihadapi anak SD. Bimbingan Pribadi Upaya membantu pesarta didik mengembangkan aspek-aspek kepribadian yang menyangkut pemahaman diri dan lingkungan. Bimbingan Belajar Upaya membantu siswa dalam mempelajari konsep dan keterampilan yang berkaitan dengan program kurikuler sekolah atau berbagai bidang studi bimbingan belajar dilaksanakan terpadu dengan proses (Sunaryo pembelajaran.dan masyarakat.BAB II LANDASAN TEORI A. kognitif. b.Kebutuhan akan layanan bimbingan di Sekolah Dasar dilandasi oleh kondisi-kondisi sebagai berikut: 1. Sutaryat Trisnamansyah dkk.1992).

c.dan budaya untuk pengembangan pengetahuan. d. Belajar adalah proses perubahan pengetahuan / perilaku sebagai hasil dari .dan pengembangan pribadi. Adapun tujuan bimbingan di SD adalah: 1) Pengembangan sikap dan kebiasaan yang baik. Bimbingan Sosial Upaya membantu peserta didik mengembangkan keterampilan social atau interaksi dalam kelompok. Definisi Teori Belajar Belajar adalah proses tingkah laku ( dalam arti luas ) ditimbulkan atau diubah melalui praktik atau latihan ( Garry & Kingsley.keterampilan. Metode Dalam Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu Sebelum penulis menjelaskan materi kepada siswa kelas IV SD Gisikdrono 01 terlebih dahulu penulis mendemonstrasikan alat peraga yang berupa sedotan dan tempatnya supaya siswa dapat memahaminya sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan penulis 1. B. 2) Menumbuhkan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik. 3) Menumbuhkan disiplin belajar dan terlatih. 1970 : 15 ). Bimbingan Karir Upaya menumbuhkan kasadaran dan pemahaman peserta didik akan ragam kegiatan dan pekerjaan didunia sekitar.sosial.

kurang media pembelajaran. Keluarga (rumah) Keluarga yang kurang utuh atau kurang harmonis . 2. Kelemahan emosional. Kelemahan yang disebabkan oleh kebiasaan dan sikap yang salah seperti kurang perhatian dan minat terhadap pelajaran. terlalu berat beban belajar (murid) dan mengajar (guru). Sekolah Sifat kurikulum yang kurang fleksibel.pengalaman. metode mengajar kurang memadai. malas dan sering bolos. Faktor Internal adalah factor-faktor yang berada pada diri murid itu sendiri seperti : Gangguan fisik seperti kurang berfungsinya organ-organ perasaan dan alat panca indera. b. 1995 : 196) 2.keadaan ekonomi. c. Faktor eksternal (faktor-faktor yang timbul dari luar individu) 1. Pengertian Matematika Sekolah Dasar Matematika adalah suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif yang kebenaran suatu konsep . dan sikap orang tua tidak memperhatikan pendidikan anaknya. Pengalaman ini terjadi melalui interaksi dan lingkungannya (Anita E Wool Folk. Ketidakseimbangan mental. Faktor yang Mempengaruhi Belajar a.

Tujuan Matematika Melatih dan menumbuhkan cara berfikir secara sistematis. diagram. Fungsi Matematika Mengembangkan kemampuan bernalar melalui kegiatan penyelidikan eksplorasi dan eksperimen. 2. dan percaya diri sesuai dalam menyelesaikan masalah (Kurikulum Matemetika . anak-anak akan dapat memahami secara penuh konsep tersebut. 2004 : 6 ) 2. kreatif. . 2004 : 6 ). C. 2004:5) 1. Teori Belajar Zoltan P. dan konsisten serta mengembangkan sikap gigih. Dienes Dengan menggunakan berbagai sajian / representasi tentang suatu konsep matematika.diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga berkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas (kurikulum Matematika. logis. grafik.serta sebagai alat komunikasi melalui symbol. Teori belajar William Brownell Anak-anak pasti memehami apa yang sedang mereka pelajari jika belajar secara permanen / terus-menerus untuk waktu lama dalam mengembangkan pemahaman tentang matematika dengan benda kongkrit. dan penjelasan gagasan (kurikulum matematika. Teori Belajar Matematika Untuk Mengajar Matematika di SD 1. kritis. tabel.

Teori belajar Richard Skemp Manipulasi benda-benda kongkrit. 5. Tahap praoprasional ( 2 – 7 Tahun ) Tahap ini anak sudah menggunakan bahasa untuk menyatakan suatu ide. Iconic : Menunjuk pada sajian berupa gambar / grafik. Tahap operasi formal (12 – Dewasa ) Tahap ini anak sudah berfikir abstrak.Tahap ini adalah tahap perkembangan anak SD pada umumnya. tetepi ide tersebut masih tergantung pada persepsi. kemudian dilanjutkan pada tingkat abstrak. Tahap operasi kongkrit (7 – 12 Tahun ) Tahap ini anak mengembangkan konsep dengan menggunakan benda kongkrit untuk menyelidiki hubungan dan model-model ide abstrak. Symbolic:Menggunakan kata-kata dan symbol. b.3. d. b. Tahap sensorimotor (0 – 2 tahun ) Tahap ini anak mengembangkan konsep pada dasarnya melakui interaksi dengan dunia fisik. Enaktive : Berkaitan dengan benda-benda kongkrit. . 4. Teori Belajar Jean Piaget Perkembangan kognitif manusia a. c. Teori belajar Jerome & Bruner a. c.

namun tidak dapat dipastikan hasil belajar akan tercapai secara optimal dalam hal ini anak juga mempunyai pengaruh yang cukup besar. . Gagne Belajar dapat ditingkatkan jika subtugas-subtugas yang dubutuhkan untuk menuntaskan tugas-tugas yang lebih luas sudah secara jelas diidentifikasi dan diurutkan. Meskipun guru sudah menggunakan metode dan media yang bervariasi. Teori belajar Robert M. Gagne lebih menekankan pada hasil.6.

Penulis sengaja memilih sedotan dengan enam warna yang berbeda karena sedotan tersebut akan digunakan sebagai nilai tempat pada bilangan supaya siswa lebih mudah memahaminya. penulis terlebih dahulu menjelaskan nilai tempat kepada siswa kelas IV SD Gisikdrono 01 dengan menggunakan sedotan yang terdiri dari beberapa warna misalnya. dan ratusan ribu yang diberikan pada siswa kelas IV SD Gisikdrono 01 misalnya: Sedotan warna merah digunakan sebagai nilai tempat satuan Sedotan warna kuning digunakan sebagai nilai tempat puluhan Sedotan warna hijau digunakan sebagai nilai tempat ratusan Sedotan warna biru digunakan sebagai nilai tempat ribuan Sedotan warna ungu digunakan sebagai nilai tempat puluhan ribu Sedotan warna orange digunakan sebagai nilai tempat ratusan ribu. Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu Pada Siswa Kelas IV SD Gisikdrono 01 Sebelum penulis menjelaskan materi tentang Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu. Penulis menjelaskan bagaimana menetukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu menggunakan sedotan dan tempat sedotan yang sudah diberi keterangan nilai tempat satuan. sedotan berwarna merah. ribuan. hijau. biru. puluhan ribu. dan hitam. kuning. . kemudian penulkis juga menyiapkan kotak yang sengaja dibuat sebagai tempat untuk sedotan yang sudah diberi keterangan. unggu.BAB III PEMBAHASAN A. puluhan. ratusan.

000 Angka 8 menempati nilai tempat ribuan nilainya 8.653 tentukan nilai tempatnya ? Jadi: Angka 2 menempati nilai tempat ratusan ribu nilainya 200.00 Angka 5 menempati nilai tempat puluhan nilainya 50 Angka 3 menempati nilai tempat satuan nilainya 3 Gambar I Ratusa n ribu Puluha ribu Ribuan Puluha ribu Ratusan Puluhan Satuan Keterangan : sedotan Satuan : tempat sedotan .Misalnya ada bilangan 278.000 Angka 6 menempati nilai tempat ratusan nilainya 6.000 Angka 7 menempati nilai tempat puluhan ribu nilainya 70.

kuning. antara lain: 1. penulis melakukan Tanya jawab pada siswa dengan cara memberikan pertanyaan dan menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan menggunakan sedotan dan tempatnya.ada bilangan 554321 tentukan nilai tempatnya: angka 5 menempati nilai tempat ratusan ribu nilainya 500. Metode Dalam Menjelaskan Untuk Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu Selain menggunakan sedotan dan tempat sedotan. ratusan.warna tersebut digunakan untuk menentukan nilai tempat bilangan yaitu satuan. puluhan ribu.000 angka 5 menempati nilai tempat puluhan ribu nilainya 50. ada beberapa cara yang dapat digunakan penulis dalam menjelaskan materi yaitu Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu. biru. pulahan. ribuan. Menggunakan Cuisioner cuisioner merupakan esbuah alat yang terdiri dari beberapa warna antara lain merah.000 . dan ratusan ribu sehingga siswa lebih mudah memahaminya contoh. hijau.Setelah penulis menjelaskan dan mendemonstrasikan sedotan dan tempat sedotan (media pembelajaran) yang digunakan untuk Menentukan Nilai Tempat Sampai dengan Ratusan Ribu pada siswa kelas IV SD Gisikdrono 01 penulis memantapkan sejauh mana pemahaman siswa mengenai nilai tempat. B. kemudian penulis memberikan soal untuk dikerjakan semua siswa sebagai evaluasi. dan lain sebagainya.

Oleh karena itu dalam memberikan bimbingan hendaknya dilaksanakan . tentukan nilai tempatnya Gambar II 5 5 4 3 2 1 Ratusan ribu Puluhan ribu Ribuan Ratusan Puluhan satuan C. Peran Bimbingan Dalam Meningkatkan Materi Tentang Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu Bimbingan di SD dilandasi oleh karakteristik dan masalah perkembangan siswa.00 angka 2 menempati nilai tempat puluhan nilainya 20 angka 1 menempati nilai tempat satuan nilainya 1 2.angka 4 menempati nilai tempat ribuan nilainya 4. Misal : bilangan 554321. Menulis Langsung Dipapan Tulis penulis juga bisa langsung menjelaskan untuk Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu dengan cara menuliskan langsung dipapan tulis.000 angka 3 menempati nilai tempat ratusan nilainya 3.

Caranya: anak-anak yang memiliki tingkat pemahaman materi yang tinggi dikelompokkan dengan anak-anak memiliki pemahaman yang kurang. Tekhnik Remidi Teaching Bimbingan ini digunakan jika anak mengalami kesulitan belajar. Hal ini tergantung pada tingkat kesulitan belajar. Sehingga anak yang pemahamannya tinggi dapat membantu anak yang tingkat pemahaman materinya kurang. jadi dalam waktu ysama guru dituntut untuk dapat melakukan pembelajaran dan bias melakukan bimbingan terhadap siswa sehingga pembelajaran terlaksana secara optimal. penambahan pelajaran.jadi dalam hal ini murid yang berpengaruh besar dalam memberikan bimbingan. . Tekhnik Kelompok Belajar Teknik belajar dibentuk dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa pada materi.dan ditangani langsung oleh guru kelas dan dilakukan secara terpadu melalui proses pembelajaran. Tujuan utamanya adalah membantu murid dalam memecahkan masalah yang bersifat korektif dan kuratif. melakukan remidi. Pelaksanaannya dapat dilakukan secara individual maupun kelompok. Bimbingan pada anak yang mengalami kesulitan belajar dengan menjelaskan kembali materi. Teknik-teknik bimbingan yang diberikan penulis dalam meningkatkan materi untuk menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu antara lain : 1. 2.

Tujuan dari pengayaan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi.Dalam hal ini penulis memberikan layanan bimbingan secara klasiklal dalam proses pembelajaran. Caranya dengan memberikan remidi pada siswa yang nilainya berada dibawah rata-rata kelas diberikan pengayaan. .

dan dari salah semua menjadi benar semua . B. Penulis mengambil dua siswa yang sekiranya kurang begitu paham terhadap materi. Sesudah Diberikan Bimbingan Pemberian bimbingan terhadap anak yang mengalami kesulitan belajar dilakukan diluar jam sekolah dari beberapa anak yang mengalami kesulitan belajar.BAB IV PAPARAN HASIL A. Semula salah tiga dan menjadi benar semua. Sebelum Diberikan Bimbingan Penyusunan laporan tugas akhir ini diawali dengan pamberian materi kelas IV SD Gisikdrono 01 tentang Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu yang diakhiri dengan latihan soal atau ulangan pada saat akhir pembelajaran terhadap 36 siswa kelas Ivdiantaranya ada anak yang mengalami kesulitan atau keterlambatan belajar dengan mendapat nilai yang kurang dari rata-rata. Setelah diberikan bimbingan siswa mengalami peningkatan dalam mengerjakan soal. Melalui pendekatan langsung dan data nilai anak tarsebut dapat disimpulkan mengalami kesulitan dalam Menentukan Nilai Tempat Sampai dengan Ratusan Ribu maka peranan bimbingan sangat dibutuhkan untuk anak yang mengalami kesulitan belajar.

dan ceramah. tanya jawab.karena dengan metode tersebut penulis berharap supaya siswa kelas IV SD Gisikdrono 01 dapat memahami apa yang mereka pelajari yaitu tentang Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu dan dapat mengembangkan pemahaman matematika yang telah penulis sampaikan melalui benda kongkrit sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan apa yang penulis harapkan. cuisioner dan sebagainya sehingga pemahaman konsep siswa tentang Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu dapat ditingkatkan dan mengarah pada penyelidikan serta pemecahan masalah sehingga siswa akan terbiasa dalam menghadapi masalah dalam matematika. Dalam menjelaskan materi tentang menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu penulis menggunakan metode demonstrasi. Kesimpulan Dari uraian diatas penulis dapat menyimpulkan untuk mengajar matematika khususnya pada materi Menentukan Nilai Tempat Bilangan Sampai dengan Ratusan Ribu pada siswa kelas IV SD Gisikdrono 01 penulis mengenalkan dan menanamkan konsep tentang nilai tempat terlebih dahulu yang dapat dilakukan melalui berbagai cara misalnya dengan menggunakan sedotan dan tempatnya. Penulis dalam menjelaskan materi tentang menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu pada siswa kelas IV SD Gisikdrono 01 .BAB V PENUTUP A.

Dalam hal ini penulis melakukan beberapa bimbingan antara lain: 1. 2.namun tidak dapat dipastikan hasil belajar akan tercapai secara optimal. Bimbingan belajar merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam dunia pendidikan. Saran 1. Setiap mata pelajaran. 2. bimbingan belajar sangat membantu siswa dalam pembelajaran. penambahan pelajaran. Apalagi bagi siswa yang . B. Tekhnik Kelompok Belajar tekhnik ini dibentuk dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa pada materi dalam hal ini siswa yang berpengaruh besar dalam memberikan bimbingan. menambah wawasan. Tekhnik Remidi Teaching bimbingan ini dilakukan pada anak yang mengalami kesulitan belajar yaitu dengan cara penulis menjelaskan kembali materi. dan melakukan remidi dengan tujuan utamanya adalah membantu murid dalam memecahkan masalah yang bersifat korektif dan kuratif. Sebagai seorang pendidik maupun calon pendidik hendaknya kita selalu meningkatkan kualitas diri.memberikan bimbingan secara klasikal dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengatasi perbedaan anak dalam memahami materi dan karakteristik siswa meskipun penulis sudah menggunakan metode dan media yang bervariasi. meningkatkan pengetahuan sehinga dapat menjadi seorang pendidik yang professional untuk kemajuan dalam dunia pendidikan.

mengalami kesulitan dalam belajar. . Dalam mata pelajaran matematika misalnya bimbingan belajar akan akan memudahkan siwa untuk belajar dan memudahkan siswa dalam memehami materi yang diajarkan.