Jakarta 29 Januari 2013 Kepada yang terhormat ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Di Jakarta Perihal : Gugatan Ganti

Kerugian

Dengan hormat, Yang bertanda tangan dibawah ini : Dekasper S.H., M.M., dan Rajat, S.H., advokat, kantor hukum Philips & Rekan , beralamat di jalan sudirman No. 28, Jakarta. Berdasarkan surat kuasa khusus tanggal 2 maret 2004, ( vide : surat kuasa terlampir), bertindak untuk dan atas kepentingan hukum penggugat : PT. CXC beralamat kantor di Jalan Benhil No. 99, Jakarta Pusat, berdasarkan Akta Pendirian Perseroan Terbatas No. 9 tanggal 9 agustus 1999, oleh Notaris Phiilips Siagian, S.H. dengan pengesahan Menteri Kehakiman No. C-232.AA.95.33. Tahun 1999, telah diumumkan dalam Lembaran Negara Tahun 2013 Nomor 229 selanjutnya disebut sebagai -------------------------------------------------------------PENGGUGAT Mengajukan gugatan ganti kerugian akibat perbuatan ingkar janji (wanprestasi) yang dilakukan oleh : PT. Biji Jamban yang diwakili oleh Jamban, Direktur Utama, beralamat di kantor di Jalan Sektor V No.5, Cilandak, Jakarta Selatan, untuk selanjutnya disebut sebagai --------------------------------------------TERGUGAT Gugatan ini didasarkan pada alasan dan fakta seperti terurai di bawah ini : 1. Bahwa Penggugat telah membuat perjanjian Hutang Piutang memberikan pinjaman kepada Tergugat sebesar Rp. 200.000.000 (dua ratus juta rupiah), hubungan hukum yang telah memenuhi syarat konsesualis sesuai dengan pasal 1320 KUH Perdata , sebagai tersebut dalam Akte Notaris Philips Siagian No. 221, tanggal 3 Februari 1989. 2. 2. Bahwa cara dan waktu tergugat penyelesaian pembayaran dengan mencicil setiap bulan kepada penggugat sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah), selama 2 tahun , terhitung sejak tanggal 3 Februari 1989 hingga tanggal 3 Februari 2013.

Rawamangun No. hingga gugatan ini mempunyai keputusan hukum yang berkekuatan hukum tetap (inkracht vanb gewisjde) hingga dibayar lunas kepada penggugat. Bahwa kerugian penggugat sebagai akibat perbuatan wanprestasi Tergugat sejak berhenti membayar utang. 4. meletakkan sita jaminan (conservatoir beslag) atas harta kekayaan dari tergugat.000. telah patut dibayar oleh Tergugat. 6. 100. sesuai dengan putusan yang dijatuhkan dalam perkara ini. melahirkan hak bagi penggugat untuk menutut segala ganti kerugian. Bahwa menurut hukum . bunga dan biaya yang diakibatkan oleh perbuatan wanprestasi (cide: pasal 1243 KUH Perdata) oleh karena itu beralasan hukum penggugat melakukan gugatan ganti kerugian. istimewa : sebidang tanah dan bangunan . 7.000. bahwa penggugat kehilangan keuntungan dan uang yang tidak dapat ditagih dari tergugat sebagaimana disebut pada pun 6. 6. Jakarta TImur. berupa sisa utang sejak gugatan ini diajukan ke Pengadilan berjumlah Rp. 5. Bahwa pengguat khawatir. memohon kepada majelis hakim yang terhormat.000 (seratus juta rupiah). menunjukkan bahwa Tergugat telah ingkar janji atau wanprestasi dalam menyelesaikan kewajiban sisa hutang kepada penggugat. 100.1 yang mestinya dapat digunakan untuk kebutuhan modal usaha yang akan mendapat keuntungan dan bunga sebesar 12% setiap tahun. Bahwa Penggugat mempunyai sangkaan yang beralasan Tergugat akan ingkar dan lalai untuk memenuhi isi keputusan hukum yang berkekuatan . Kelalain ini .2 kerugian lainnya.000 (seratus juta rupiah).1 Kerugian Materiil. yang telah dijaminkan kepada penggugat. dikenal terletak di Jl. bahwa ternyata setelah kredit berjalan selama 1 (satu) tahun tepat tanggal 2 Februari 2001. penggugat telah melakukan segala upaya yang patut menurut hukum beberapa kali mengirimkan somasi kepada Tergugat mengingatkan dan meminta agar tergugat segera menyelesaikan kewajiban kepada Penggugat. sebagai berikut : 6. Bahwa sebelum gugatan ini diajukan. Namun Tergugat telah mengabaikan segala kewajiban yang telah disepakati. Tergugat akan mengalihkan harta kekayaan guna menghindar dari tanggung jawab membayar semua hak-hak penggugat atau ganti kerugian yang timbul akibat perbuatan Tergugat. sebagaimana dinyatkan dalam Sertifikat Hak Milik Nomor 2 seluas 100 m2. oleh karena itu untuk menjamin pemenuhan tuntutan pengguat. 77.3. Tergugat telah lali dan berhenti membayar sisa utang kepada penggugat. terhitung sejak bulan Februari 2013. yang hingga saat gugatan ini diajukan ke pengadilan berjumlah Rp. 8. perbuatan wanprestasi telah dilakukan oleh tergugat sebgaimana diuraikan di atas.

000.000 (dua puluh juta rupiah) setiap hari kepada penggugat bila ternyata Tergugat lalai memenuhi isi keputusan hukum yang berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) dalam perkara ini. berkenan memutus perkara ini dapat dilaksanakan terlebih dahulu meskipun ada bantahan (verzet). 20.-(dua puluh juta rupiah) setiap hari bila tergugat lalai memenuhi isi putusan ini. hingga putusan ini mempunyai kekuatan hukum tetap. Menyatakan perbuatan Tergugat yang telah tidak membayar sisa utang kepada penggugat merupakan perbuatan wanprestasi. penggugat mohon kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan c/q Majelis Hakim. 2.Oleh karena tergugat telah terbukti melakukan perbuatan wanprestasi. Bawha menunjuk pasal 180 HIR. 6. .000 (seratus juta rupiah) ditambah bunga sebessar 12% setiap tahun terhitung sejak bulan februari 2013.H. adlah sah. 100. patut dan adil dihukum membayar ongkos-ongkos perkara yang timbul dalam perkara ini : Berdasarkan segala uraian yangtelah Penggugat kemukakan. 10. sampai kerugian dan bunga tersebut dibayar lunas kepada penggugat.hukum tetap (inkracht van gewijsde) dalam perkara ini dan oleh karena itu mohonlah Pengadilan Negeri Jakarta Barat Menghukum tergugat untuk membayar uang paksa (dwangsom) sebesar Rp. Penggugat memohon kepada Majelis Hakim. 20.000. menyatakan demi hukum Akte Perjanjian HUtang Piutang No. 3. 9.000. Menyatakan sah dan berharga sita jaminan yang telah diletakkan dalam perkara ini. 4. 5. Menghukum tergugat untuk membayar ganti kerugian kepada penggugat secara tunai dan seketika sebesar Rp. menerima dan mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya. guna memeriksa dan mengadili gugatan ini dan lebih lanjut berkenaan memutuskan dengan amar sebagai berikut : 1. atau banding atau kasasi (uitvoerbaar bij voorrad). 221 tanggal 3 Februari 1989 dibuat oleh notaris Philips Sigaian.000. untuk memanggil para pihak yang bersengketa pada suatu persidangan yang ditentukan untuk itu. S. Menghukum tergugat menurut hukum untuk membayar uang paksa sebesar Rp.

Menghukum tergugat untuk membayar biaya perkara yang timbul dalam perkara ini. banding atau kasasi (uitvoerbaar bij voorrad). mohon putusan yang seadil-adilnya (ex aequo et bono). . Terima kasih.H. 8. Demikian gugatan ini diajukan. 6000 TTD Dekasper S.7. Apabila majelis hakim yang memutus perkara ini berpendapat lain. Menyatakan putusan ini dapat dilaksanakan terlebih dahulu meskipun ada bantahan ( verzet). Hormat kami Kuasa hukum penggugat 29 Januari 2013 Materai Rp. semoga pengadilan negeri Jakarta selatan berkenan mengabulkannya.H TTD Raja Gugat S.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.