NAMA JURUSAN SEMESTER MATA KUL

: : :

ANNISA RAMADHANI : PAI 2 4 MANAJEMEN ORGANISASI

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16.

Komunikasi adalah dasar dari setiap usaha antar manusia, sukar untuk bekerjasama apabila komunikasi kurang lancar. Komunikasi adalah menyampaikan informasi sehingga ada kesesuaian paham. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari satu orang kepada orang lain, bisa melalui telepon, surat, pembicaraan, ekspresi, kombinasi cara tersebut dan lain-lain. Komunikasi adalah melibatkan minimal dua orang yaitu pemberi dan penerima informasi , informasi diberikan melalui saluran (channel) dan media. Komunikasi adalah komunikasi yang dilakukan individu satu dengan yang lainnya atau antara kawan dengan kawan dalam suatu pembicaraan. Komunikasi adalah untuk menyampaikan pesan yang cepat dan murah dan bisa juga media iklan dan pengenalan, profile dan sebagainya. Komunikasi adalah untuk membicarakan suatu hal yang penting , untuk memantapkan suatu sikap atau kebijakan, untuk membicarakan koordinasi dan sebagainya. Komunikasi adalah melibatkan banyak orang dan pihak dalam membicarakan suatu hal atau memecahkan suatu masalah. Komunikasi adalah untuk memperlancar hubungan antara pimpinan dengan bawahannya, maka terjadilah hubungan yang baik. Komunikasi adalah hubungan berinteraksi dengan seseorang untuk memperoleh informasi. Komunikasi adalah pemberitahuan atau pertukaran pikiran antara komunikator (penyebar pesan) dan komunikan (penerima pesan). Komunikasi adalah adanya unsur-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu pertukaran pikiran atau pengertian dengan satu objek tertentu. Komunikasi adalah sebagai transfer informasi atau pesan-pesan (messages) dari pengirim pesan sebagai komunikator dan kepala penerima pesan sebagai komunikan. Komunikasi adalah untuk mencapai saling pengertian antara bawahan dengan atasan dalam suatu kegiatan perusahaan. Komunikasi adalah hubungan manusia dalam kehidupannya sehari-hari, sesuai dengan fungsi komunikasinya yang bersifat persuasif, edukatif dan informatif. Komunikasi adalah prosesnya interaksi saling tukar ilmu pengetahuan, pengalaman, pendidikan, persuasidan informasi lain sebagainya.

Komunikasi adalah hubungan lapor-melapor secara langsung satu sama lainnya dalam berinteraksi. Komunikasi adalah memiliki prinsip yang bersifat dua arah dalam rangka pertukaran pikiran (idea) dan informasi menuju pada terbentuknya pengertian bersama. 22. yaitu bawahan dan komunikasi ke atas. yaitu dalam hal penyampaian intruksi di satu pihak dan pelaksanaan kewajiban di lain pihak. Komunikasi adalah merupakan suatu kegiatan manajer untuk mencurahkan sebagian besar dari waktunya. tetapi suatu bagian utama dari hampir senua hal yang dilakukan manajer itu. 28. ajakan. Komunikasi keorganisasian adalah sebagai proses aliran (pengiriman dan penerimaan) pesan-pesan yang berorientasikan tujuan diantara sumbersumber komunikasi dalam suatu pola dan melalui suatu medium atau media. Komunikasi adalah adanya informasi pengetahuan. dan memberikan motivasi kepada orang-orang disekelilingnya. 32. komunikasi adalah harus dimulai dengan si penerima. 26. Komunikasi adalah membantu hubungan organisasi dengan dunia luar.17. 31. Menurut Koontz. 23. 29. Komunikasi adalah adanya kekhususan bahasa percakapan yang mengandung makna yang dapat dimengerti atau dalam lambang yang sama dan pemakaian bahasa itu pengertiannya dapat bersifat konkret atau abstrak. 21. 20. 33. Komunikasi adalah sumber pengirim dan penerima adalah orang-orang yang mengirim dan menerima pesan itu. 30. menurut Drucker. Komunikasi adalah untuk menciptakan suasana yang baik. . 34. O Donnel dan Weihrich komunikasi adalah penyampaian informasi dari pengirim kepada penerima dan informasi itu dapat dipahami oleh si penerima. Komunikasi adalah adanya interaksi seseorang dengan orang lain dalam segala aspek kehidupan untuk memperoleh kepuasan bagi kedua belah pihak. Komunikasi adalah sarana untuk menyalurkan masukan sosial ke dalam sistem sosial masyarakat. sikap yang benar dan hubungan organisasi dengan dunia luar. Komunikasi manajemen adalah hal yang paling pokok atau nomor satu. 19. bujukan atau ungkapan bersifat pendidikan dan emosi lain sebagainya. Komunikasi adalah kegiatan atau hal yang sangat penting dalam penyamapaian pesan-pesan demi tercapainya tujuan. 35. 25. 24. Komunikasi adalah umpan balik membantu usaha mengambil langkahlangkah perbaikan dan penyesuaian yang diperlukan. 27. 18. Komunikasi adalah sebuah prasarana dengan mana seorang manajer diperlengkapkan ia bukanlah suatu kegiatan yang berdiri sendiri. Komunikasi adalah intraksi tatap muka lebih efektif untuk mengadakan perubahan pendapat dan sikap. Komunikasi adalah interaksi antara orang-orang yang berada dalam struktur formal yang disusun secara fungsional untuk mencapai suatu tujuan lembaga atau perusahaan.

Menurut Dr. Komunikasi adalah adanya interaksi yang terjadi dalam suatu organisasi yang bersifat formal dan juga informal. Komunikasi adalah merupakan sistem aliran yang menghubungkan dan membangkitkan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan sinergi. Menurut Barry Cushway dan Derek Lodge. Komunikasi adalah merupakan salah satu jaringan yang menjangkau segenap pelosok bumi dengan kualitas lebih baik. Komunikasi yang terbaik adalah kebenaran dan kejujuran. 56. komunikasi adalah mensolisasikan keberadaannya (eksistensi) kepada masyarakat luas yang saling berhubungan satu sama lain. Ms. komunikasi adalah adanya organisasi sebagai pembentuk dan menggambarkan suasana kerja organisasi atau sejumlah keseluruhan perasaan dan sikap orang-oran yang bekerja di dalam organisasi. yaitu komunikator. teks. 52. komunikasi adalah proses secara langsung yang menggambarkan bahwa proses komunikasi seseorang memerlukan media. 44. 49. komunikasi adalah memasukkan komunikasi organisasi setara dengan manajemennya/organizational cummunication. 45. komunikasi ke atas dan komunikasi horizontal. Komunikasi adalah meupakan penyampaian pesan yang berkenaan dengan fungsi suatu sistem tertentu. 50. Komunikasi adalah membuat suatu organisasi di dalamnya menjadi saling mengenal satu sama lain. 42. Komunikasi adalah merupakan tingkah laku dalam suatu organisasi baik atasan atau pimpinan. Komunikasi adalah alat bagi pemimpin untuk berinteraksi dengan bawahannya. suara. 38. 37. 48. warna dan gerak). Komunikasi adalah memuat informasi yang sangat kaya dari segal jenis (data. . dan saluran atau media. 40. 47. Komunikasi adalah kemampuan individu untuk menyampaikan suatu pesan kepada seseorang ataupun sekelompok orang. 54. 43. Komunikasi adalah merupakan salah satu dari alat media masa yang memberikan informasi kepada masyarakat. pesan. Kumunikasi berpangkal dari kata communicare yang berarti berpartisipasi. Komunikasi memiliki empat unsur. gambar. 53. Harold D. komunikan. Komunikasi adalah merupakan bagian yang integral dalam suatu organisasi. Komunikasi adalah suatu proses komunikasi dalam rangka membentuk saling pengertian. Lasswell (1984). Komunikasi formal adalah komunikasi menurut struktur organisasi. 39. 41. Alo Liliweri.36. 46. Komunikasi adalah hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. 55. yakni komunikasi kebawah. Fungsi komunikasi merupakan sarana memadukan aktivitas yang terorganisasi. 51. 57.

empathy. proses komunikasi akan terjadi jika ada empat komponen. Komunikasi merupakan keterampilan yang amat penting karena sangat sangat diperlukan dalam rangka pengembangan diri baik secara personal maupun profesional. dan “kita mengirim pesan”. maupun respon dari orang lain. Teknik komunikasi ialah tatacara hubungan yang efisien baik melalui penggunaan alat-alat komunikasi maupun tidak dengan semua unsur yang saling melibatkan diri dalam satu unit sosial. membaca. yaitu respect. 1989 mendefinisikan komunikasi sebagai Penyebaran (transmisi). 67. audible. pengiriman (pengoperan).P Chaplin dalam bukunya Kamus Lengkap Psikologi. Komunikasi merupakan upaya untuk meraih perhatian. dan humble. 63. Dapat berarti pula hubungan wahana atau saluran-saluran. serta nilai-nilai dengan maksud untuk menggugah partisipasi agar hal-hal yang diberitahukan itu menjadi milik bersama. tanggapan. 66. yaitu komunikator. Teori komunikasi adalah cabang psikologi yang membahas komunikasi dalam segala fasenya. Komunikasi pada dasarnya adalah sebuah proses memberi dan menerima informasi sampai pada pemahan makna. yaitu manusiawi. C. Komunikasi ialah arus informasi dan emosi-emosi yang terdapat dalam masyarakat yang berlangsung secara vertical (atas-bawah. pikiran. minat. Komunikasi merujuk pada berbagai cara. Kata lain yang mirip dengan komunikasi adalah komunitas (community) yang menekankan kesamaan atau kebersamaan. 68. pengetahuan.58. 65. pikiran-pikiran. simpati. 64. “kita mendiskusikan makna”. Komunikasi ialah kapasitas individu atau kelompok untuk menyampaikan perasaan. . 72. 1975. Komunikasi memiliki lima hukum. 59. 69. perubahan-perubahan energi dari stu temapt ketempat lain. mekanis. yaitu menulis. 61. dan saluran. Ada empat jenis keterampilan dasar dalam komunikasi. komunikasi. Tugas komunikasi adalah membawa ide-ide dan informasi yang berasal dari luar kedalam masyarakat. mendengar. kepedulian. barbagai hal-hal seperti “kita berbagi pikiran”. seperti dalam transmisi syaraf. dengan lima hukum ini maka akan tercipta komunikasi yang efektif. institusional atau kelembagaan 70. vice-versa) maupun secara horizontal. dan berbicara. dan kehendak kepada individu dan kelompok lain. 71. clarity. gagasan. Komunikasi adalah alat agi pemimpin untuk berinteraksi dengan bawahan. 62. 73. Yang perlu diperhatikan pada komunikasi adalah teknik komunikasi. cinta kasih. 60. Komunikasi adalah memberitahukan berita.

kombinasi cara tersebut dan lain-lain. ekspresi. 84. Komunikasi menjadi sarana primer untuk mengubah tingkah laku dengan jalan mempengaruhi dan meyakinkan para pengikut.74. Komunikasi yang efektif dan terbuka akan memudahkan penjabaran kebijakan sekaligus memberikan juga memberikan fasilitas kelancaran kerja. ketegangan-ketegangan dikalangan para anggota organisasi. Bentuk komunikasi dalam kepemimpinan orang yaitu: Komunikasi dapat berlangsung cepat dan efisien. Komunikasi adalah dasar dari setiap usaha antar manusia. 81. 1) semua perintah dapat diterima dengan lebih akurat. Komunikasi yang tak lancar dapat menimbulkan banyak dampak antara lain timbulnya sentimen-sentimen. Komunikasi adalah melibatkan minimal dua orang yaitu pemberi dan penerima informasi. sukar untuk kerja sama apabila komunikasi kurang lancar. 2) bisa dikurangi salah paham dan salah interpretasi. 82. serta memunculkan konflik-konflik diantara bermacam-macam tingkatan dalam organisasi garis atau oganisasi model piramida. bisa melaluii telepon. Komunikasi adalah interaksi yang dilakukan individu satu dengan yang lainnya atau antara kawan dengan kawan dalam suatu pembicaraan. 78. karena dapat ditanyakan dan didiskusikan apabila pesan-pesan yang diberikan kurang dapat dimengerti. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari satu orang kepada orang lain. apabila dalam organisasi terdapat terlalu banyak kompetisi dan persaingan yang tidak sehat. prasangka-prasangka. suasananya lebih demokratis. Komunikasi dua arah ialah. tepat. informasi diberikan melalui saluran (channel) dan media. sehingga orang atau para pengikut dapat melihat dan menilai kesalahan-kesalahan dan kelemahan pemimpin. Komunikasi adalah menyampaikan informasi sehingga ada keseusian paham. Komunikasi juga berlangsung tidak lancar. 77. surat. berlangsung top down dan dapat melindungi pemimpin. 76. 79. . 83. 75. 80. pembicaraan.

97. 92. maka terjadilah hubungan yang baik. untuk membicarakan suatu sikap atau kebijakan.85. pendidikan. Komunikasi adalah proses interaksi saling tukar ilmu pengetahuan. Komunikasi adalah hubungan manusia dalam kehidupan sehari-harinya. dan informatif. 88. 94. Komunikasi adalah adanya unsur-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu pertukaran pikiran atau pengertian dengan satu objek tertentu. dan informasi dan lain sebagainya. 96. dan sebagainya. sesuai dengan fungsi komunikasinya yang bersifat persuasive . 93. dan sebagainya. untuk membicarakan koordinasi. Komunikasi adalah untuk menyampaikan pesan yang cepat dan murah. . Komunikasi adalah kegiatan atau hal yang sangat penting dalam penyampaian pesan-pesan demi tercapainya tujuan. persuasi. 95. 86. Komunikasi adalah sebagai transfer informasi atau pesan-pesan (messages) dari pengirim pesan sebagai komunikator dan kepada penerima pesan sebagai komunikan. Komunikasi adalah untuk membicarakan suatu hal yang penting. Komunikasi adalah pemberitahuan atau pertukaran pikiran antara komunikator (penyebar pesan) dan komunikan (penerima pesan). Komunikasi adalah melibatkan banyak orang dan pihak dalam membicarakan suatu hal atau memecahkan suatu masalah. dan bisa juga media iklan. 90. pengalaman. dan pengenalan. 87. Komunikasi adalah untuk memperlancar hubungan antara pimpinan dengan bawahannya. profil. 89. Komunikasi adalah hubungan berinteraksi dengan seseorang untuk memperoleh informasi. dan pemakaian bahasa itu pengertiannya dapat bersifat konkrit atau abstrak. edukatif. Komunikasi adalah untuk mencapai saling pengertian antara bawahan dengan atasan dalam suatu kegiatan perusahaan. Komunikasi adalah adanya kekhususan bahasa percakapan yang mengandung makna yang dapat dimengerti atau dalam lambang yang sama. 91.

pengetahuan. ajakan. Komunikasi adalah adanya informasi. 106. penerima pesan. Komunikasi manajemen adalah hal yang paling pokok atau nomor satu. Komunikasi adalah interaksi antara orang-orang yang berada dalam struktur formal yang disusun secara fungsional untuk mencapai suatu tujuan lembaga atau perusahaan. 104. Komunikasi adalah adanya interaksi seseorang dengan orang lain dalam segala aspek kehidupan untuk memperoleh kepuasan bagi kedua belah pihak. 103. antara lain jaringan komunikasi ke bawah. Komunikasi adalah sumber pengirim dan sumber penerima adalah orangorang yang mengirim dan menerima pesan itu. dan melalui suatu medium atau media. yaitu dalam hal penyampaian intruksi disatu pihak dan pelaksanaan kewajiban dilain pihak. bujukan atau ungkapan bersifat pendidikan. dan jaringan komunikasi ke samping. dan memberikan motivasi kepada orang-orang disekelilingnya. dan hubungan kerja yang menyenangkan. Komunikasi keorganisasian adalah sebagai proses aliran (pengiriman dan penerimaan) pesan-pesan yang berorientasikan tujuan diantara sumbersumber komunikasi dalam suatu pola. Komunikasi dapat terjadi karena adanya unsur-unsur komunikasi yang terdiri dari pengirim pesan. dan balikan. Komunikasi adalah interaksi tatap muka lebih efektif untuk mengadakan perubahan pendapat dan sikap. 107. 99. 109. . Komunikasi adalah umpan balik membantu usaha mengambil langkahlangkah perbaikan dan penyesuain yang diperlukan. emosi dan lain sebagainya. 105. 101. pesan. sikap yang benar. jaringan komunikasi ke atas. 108. Komunikasi adalah untuk menciptakan suasana yang baik. Komunikasi memiliki tiga jaringan. Komunikasi adalah membantu membangun hubungan organisasi dengan dunia luar. 102.98. 100. saluran.

Seperti halnya dengan komunikasi. 116. dakwah adalah suatu proses penyampaian pesan oleh komunikator dengan mempergunakan lambang bahasa guna mengubah tingkah laku. Liliweri (2003). gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. 3) pertukaran informasi atau hiburan dengan katakata melalui percakapan atau dengan metode lain. 118. dan komunike. Terdapat tiga unsur yang berperan dalam proses komunikasi. Komunikasi berarti bersatu dengan orang lain atau bersama dengan orang lain untuk melakukan kontak atau hubungan. komunikan. komunikasi adalah 1) pernyataan diri yang efektif. Didalam Wikipedia. 111. 4) pengalihan informasi dari seseorang kepada orang lain. Komunikasi horizontal dapat berupa dakwah sedangkan komunikasi vertical dapat berupa sholat. Stephen Covey: Communication is the most important skill in life 119. 112. Komunikasi adalah proses pengalihan lembaga-lembaga yang berarti bagi individu. 115. 113. Komunikasi adalah proses penyampaian lambing bahasa (oleh komunikator) untuk mengubah tingkah laku manusia. ide. 120. 5) pertukaran makna antar pribadi dengan . 2) pertukaran pesan-pesan yang tertulis. Bentuk komunikasi dalam Islam yaitu komunikasi vertical dan komunikasi horizontal. Komunikasi publik adalah pertukaran pesan dengan sejumlah orang yang berada dalam organisasi atau yang diluar organisasi secara tatap muka atau melalui media. 114.110. Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi yang berlangsung antar individu dalam rangka supaya terjalin hubungan baik dalam interaksi sosial. bahkan melalui imajinasi. komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan. 121. pesan-pesan dalam percakapan. yaitu komunikator. 117.

yaitu simbol. 128. Sutisna (1983) komunikasi adalah proses menyalurkan informasi. Newell (1978) “process by which information is exchanged between individuals through a common system of symbol. serta Bolton (1983) komunikasi sebagai proses penyampain pesan kepada seseorang atau kelompok. Liliweri (2007) komunikasi merupakan proses pengalihan informasi dari satu orang kepada orang lain dengan maksud tertentu. verbal dan nonverbal. Karlfried Knapp (2003). Lewis(1987). seperti sistem simbol verbal (kata-kata). Komunikasi merupakan pertukaran informasi antara individu melalui suatu sistem umum. penjelasan.sistem symbol. 123. 126. komunikasi merupakan interaksi antar pribadi yang menggunakan simbol-simbol linguistik. 125. Ia adalah proses interaksi antara orang-orang atau kelompokkelompok yang ditujukan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku orangorang dan kelompok-kelompok didalam suatu organisasi. tanda atau prilaku. 6) proses pengalihan pesan melalui saluran tertentu kepada orang lain dengan efek tertentu. Robbins dan coulter (2007) “comunication is the transfer and understanding of meaning”. 127. Komunikasi merupakan pertukaran pesan yang menghasilkan pertukaran makna antara pengirim dan penerima pesan. Komunikasi adalah mengirim dan paham akan suatu pengertain. Komunikasi adalah hubungan kontak antara dua orang atau lebih. sign or behavior”. pernyataan dari orang keorang atau dari kelompok ke kelompok. 124. “communication is the exchange of messages resulting in a degree of shared meaning between a sender and receiver”. dan proses interaksi tersebut hendak mencapai kesamaan pengertian. perasaan. Wexley dan Yulk (1977). 122. . ide.

Forsdale (1981). sehingga dengan cara ini suatu sistem dapat didirikan.129. Ashley Montagu (1967: 450). Communication 1) the transmission of energy change from one place to another as in the nervous . begitu rupa sehingga membantu orang lain untuk mengeluarkan dari pengalamannya sendiri arti atau respons yang sama dengan yang dimaksud oleh sumber. Muhammad (2002). maintened. komunikasi adalah proses dengan mana simbol verbal dan nonverbal dikirim. dipelihara dan diubah. Komunikasi adalah suatu proses memberikan signal menurut aturan tertentu. 132. selecting.” 133. Dance (1967). Kamus psikologi dictionary of behavioral science. menurut mereka “communication is the process by which an individual (the communicator) transmits stimuli (ussualy verbal) to modify the behavior of other individuals (the audience)”(1953: 12) 134. 135. dan pemilihan bersama lambang secara kognitif. “the most important agency through which the child learns to be humas is communication. 130. Hovland. and sharing of symbol in such a way as to help another elicit from his own experiences a meaning or responses similar to that intended by the source. “communication is the process by which a system is established.) 136. dan diberi arti. Seiler (1988). diterima. verbal also noverbal. komunikasi adalah pertukaran pesan verbal maupun nonverbal antara si pengirim dengan si penerima pesan untuk mengubah tingkah laku. and altered by maens of shared signal that operate according to rules”. 131.” (proses transaksional yang meliputi pemisahan. Raymond S. Janis dan Kelly. communication is a transactional process involving cognitive sorting. ketika lambang-lambang tersebut bertindak stimulus. Ross (1974:b7).”komunikasi adalah usaha menimbulkan respond melalui lambang-lambang verbal”.

6) pesan pasien kepada pemberi terapi dalam psikoterapi. Lewin). 1973:69) a. communication is the transmission of information.E. Komunikasi 1) penyampaian perubahan energy dari satu tempat ketempat yang lain seperti dalam sistem syaraf atau penyampaian gelombanggelombang suara . attitudes. 2) the transmission or reception of signal or messages by organism. Pengaruh satu wilayah persona pada wilayah persona yang lain sehingga perubahan dalam satu sistem menimbulkan perubahan yang berkaitan pada wilayah lain. 4) (teori komunikasi). influence another. communication : in the most general sense.system or transmission of sound waves. 5) (K. Proses yang dilakukan satu sistem untuk mempengaruhi sistem yang lain melalui pengaturan signal-signal yang disampaikan. 2) penyampain atau penerimaan signal atau pesan oleh organism.) . 3) pesan yang disampaikan. a source. mempengaruhi pihak lain yang bertujuan untuk memanipulasi simbol-simbol alternatif dan dapat ditransmisikan melalui suatu saluran untuk mengotak sasarannya. ideas. 3) the transmitted message. Theodorson (1969).) 137. the destination by manipulation of alternative symbols. Lewin) the influence of one personal region on another whereby a change in one result in a corresponding change in the other region. which transmitted over the channel connecting them. terutama melalui simbol-simbol tertentu. (Wolman. kita melakukan komunikasi dimana saja merupakan suatu sistem. we have communication wherever one system. (dalam pengertian secara umum. C.) b. adanya sumber. 6) The message of a patient to his therapist in psychotherapy. 5) (K. ide-ide. sikap atau pernyataan emosional dari satu orang atau kelompok yang disampaikan ke pihak lain. (secara umum bahwa batasan pengertian komunikasi merupakan kegiatan transmisi informasi.the process whereby system influences another system through regulation of on the transmitted signals.Osgood (1957). 4) (communication theory). or emotional from one person or group to another (or other) primarily through symbols.

pesan. Mc Quail dan Windahl (1993: 5). 142. penerima. mass communications comprise the institution and techniquies by which specialized groups employ technological devides (press. atau terjadi interaksi dan reaksi dari satu pihak kepada pihak lainnya). Sender. films. an interaction with others and reaction to other. (pengiriman pesan. a receiver. Janowitz (1968). 141. ets) to disseminate symbolic content to large. media saluran. yaitu sumber atau pembicara. Menurut Koontz. (komunikasi sebagai interaksi sosial melalui pesanpesan. a channel. pesan-pesan. Kadang-kadang komunikasi dapat terjadi pada seseorang atau semuanya. mulai dari yang melakukan aksi kepada lainnya. media. film. atau keitannya dengan kegiatan komunikasi dan suatu hal dalam rangka penyampaian pesan-pesan. an effect. a context in which communication occurs and a range of things to which “messages” refer. sometimes. . heterogeneous and widely dispersed audiences (komunikasi masa terdiri dari lembaga dan teknis yang dilakukan oleh kelompok-kelompok khusus yang memiliki kemampuan menyediakan perangkat teknologi informasi (perusahaan penerbitan pers. Menurut Widjaja (1987) bahwa komunikasi memiliki enam unsur. dan hasil. beragam dan mampu mencapai khalayak yang tersebar secara luas). radio. communication can be any or all of the following: action on another. 140. dsb) untuk menyebarluaskan isi pesan-pesan (simbol) bermuatan besar. a relationship between sender and receiver. tujuan. radio.) 139.138. communication may be defined as social interaction through messages. Gerbner (1967). penerima dan terjadi hubungan antara pengirim dan penerima yang menimbulkan efek tertentu. a message. O Donnel dan Weihrich komunikasi adalah penyampaian informasi dari pengirim kepada penerima dan informasi itu dapat diterima oleh si penerima.

yaitu bawahan. Komunikasi adalah penyampaian pesan yang berkenaan dengan fungsi suatu sistem tertentu. 150. Komunikasi adalah kemampuan individu untuk menyampaikan suatu pesan kepada seseorang ataupun sekelompok orang. seberapa baik mereka melakukannya. Komunikasi adalah hubungan lapor melapor secara langsung satu sama lainnya dalam berinteraksi. 144. Menurut Drucker.Lasswell (1984) bahwasanya komunikasi adalah proses secara langsung yang menggambarkan bahwa proses komunikasi seseorang memerlukan media. 148. Komunikasi adalah sarana untuk menyalurkan masukan sosial kedalam sistem sosial masyarakarat. . 152.143. dan komunikasi keatas. 146. 149. komunikasi harus dimulai dengan sipenerima. ia bukanlah suatu kegiatan yang berdiri sendiri tetapi suatu kegiatan utama dari hampir semua hal yang dilakukan manajer itu. dan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja. 145. Komunikasi adalah suatu kegiatan manajer untuk mencurahkan sebagian besar dari waktunya. Komunikasi mendorong motivasi dengan menjelaskan pada karyawan apa yang harus diselesaikan. Komunikasi adalah memiliki prinsip yang bersifat dua arah dalam rangka pertukaran pikiran (idea) dan informasi menuju pada terbentuknya pengertian bersama. jika kinerja tidak sejajar dengan tingkat yang diharapkan. Komunikasi adalah sebuah prasarana dengan dimana seseorang manajer diperlengkapkan. 147. Harold D. 151.

155. . 158. suara. 163. gambar. 161. setara komunikasi adalah / memasukkan organizational organisasi dengan manajemen communication. 160. 162. Komunikasi adalah memuat informasi yang sangat kaya dari segala jenis (data. komunikasi keatas dan komunikasi horizontal. 154.Alo Liliweri. warna. komunikasi adalah adanya organisasi sebagai pembentuk dan menggambarkan suasana kerja organisasi atau sejumlah keseluruhan perasaan dan sikap orang-orang yang bekerja didalam organisasi. teks. Komunikasi adalah salah satu dari alat atau media masa yang memberikan informasi kepada masyarakat. dan gerak). Komunikasi membangkitkan adalah kinerja sistem antar aliran bagian yang dalam menghubungkan organisasi dan sehingga menghasilkan sinergi. Komunikasi adalah salah satu jaringan yang menjangkau segenap pelosok bumi dengan kualitas lebih baik. Komunikasi adalah adanya interaksi yang terjadi dalam suatu organisasi yang bersifat formal dan juga informal. Komunikasi adalah merupakan bagian yang integral didalam suatu organisasi. Menurut komunikasi Dr. 159. 156.153.MS. Komunikasi adalah membuat suatu organisasi didalamnya menjadi saling mengenal satu sama lain. 157. yakni komunikasi kebawah. Komunikasi formal adalah komunikasi menurut struktur organisasi. Komunikasi adalah suatu proses komunikai dalam rangka membentuk saling pengertian. Menurut Barry Cushwey dan Derek Lodge.

Everett Rogers dan Schoemaker menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu cara penyampaian pesan dari sumber kepenerima pesan. Komunikasi adalah tingkah laku dalam suatu organisasi baik atasan atau pimpinan. Komunikasi berfungsi sebagai sarana untuk memadukan aktivitas yang terorganisasi. Komunikasi sebagai proses sosial. 170. Komunikasi antar orang yang baik merupakan dasar keberhasilan promosi kesehatan. 171. pendapat. tindak. Komunikasi adalah kecenderungan bersifat terbuka dan jujur tentang perasaan-perasaan dan persoalan-persoalan yang kini dianggap penting bagi kelompok yang bersangkutan. 172. yaitu yang jelas berjalan dua arah tanpa ada pengurangan pesan antara yang diberikan dan diterima.164. Komunikasi berlangsung untuk mencari titik temu dan kesamaan makna dari suatu objek. misalnya mampu mempengaruhi atau merubah sikap. 167. perilaku. 173. Komunikasi adalah tukar-menukar pikiran. 165. 166. dan perasaan untuk menemukan persamaan dalam perbedaan sebagai dasar musyawarah dan mufakat. 169. Komunikasi yang terbaik adalah kebenaran dan kejujuran. Komunikasi ibarat ranting pohon anggur (the Grapevine) yaitu sebagi pemenuh kebutuhan-kebutuhan kelompok kerja serta menyediakan semua informasi melalui saluran-saluran formal. percakapan dengan sejawat atau permohonan pada atasan. baik dalam konteks konsultasi dengan pasien. peranan komunikasi dalam proses sosial banyak dikaitkan dengan terjadinya perubahan sosial. Kemudian menyajikan solusi-solusi masalah dan menganalisis alternatif-alternatif. Komunikasi adalah mensosialisasikan keberadaannya (eksistensi) kepada masyarakat luas yang saling berhubungan satu sama lain. 168. dan pola pikir .

terutama dalam menerima ide. 179. Komunikasi sebagai ilmu. 181. Komunikasi sebagai kiat-kiat dan keterampilan khusus. Komunikasi adalah communication yang berarti pemberitahuan atau pertukaran pikiran.masyarakat. dalam proses komunikasi tersebut bertujuan untuk mencapai saling pengertian antar kedua belah pihak. kepada siapa dengan efek apa. Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa. misalnya pemasaran. komunikasi adalah sebagai skill atau keterampilan tertentu dalam dunia public. Jadi secara garis besar. Komunikasi adalah sebagai transfer informasi atau pesan-pesan dari pengirim pesan sebagai komunikator dan kepada penerima pesan sebagai komunikan. komunikasi psikologi. Komunikasi merupakan rangkaian proses pengalihan informasi dari satu orang kepada orang lain dengan maksud tertentu. dan pengetahuan. 175. Komunikasi sebagai peristiwa. gagasan. 174. misalnya berkaitan dengan etnografi (bahasa) komunikasi sosiologi kemasyarakatan. bisnis. lokasi atau kawasan. politik. 176. informasi dan teknologi baru. Komunikasi yang termasuk atau yang berkaitan dengan aplikasi . 177. 178. 180. Komunikasi adalah proses yang melibatkan seseorang untuk menggunakan tanda-tanda (alamiah atau universal berupa simbol-simbol . Misalnya komunikasi internasional. dalam suatu proses komunikasi haruslah terdapat unsur-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu pertukaran pikiran atau pengertian antara komunikator (penyebar pesan) dan komunikasi (penerima pesan). komunikasi merupakan suatu gejala atau peristiwa dan komunikasi dapat dibedakan berdasarkan waktu.

lingkungan. Orientasinya bukan pada organisasi. kebijakan. dan ketidakpastian. Komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. jaringan. Definisi ini mengandung tujuh konsep kunci yaitu proses. komunikasi organisasi merupakan pengiriman dan penerimaan pesan baik dalam organisasi di dalam kelompok formal maupun kelompok informal organisasi. Wiryanto mengemukakan bahwa komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. terjadi jaringan pesan satu sama lain yang bergantung satu sama lain. saling tergantung. Menurut Goldhaber komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah. tetapi lebih kepada anggotanya secara individual. 183. Menurut Devito. produktivitas. 185. Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. 186. pernyataan. dan surat-surat resmi. Komunikasi organisasi adalah komunikasi antar manusia yang terjadi dalam konteks organisasi. jumpa pers. hubungan. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi. Pace & Feules menyatakan komunikasi organisasi dapat sebagai penunjukan dan penafsiran suatu pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu. Misalnya: memo. pesan. . 182. 184.berdasarkan perjanjian manusia) verbal atau nonverbal yang disadari atau tidak disadari yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap orang lain. 187. dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi.

salah seorang ibu-bapaknya atau sekaligus keduanya. Menurut Katz & Kahn. 192. ide. Hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abi Sa’ad Al-Marquby dari Abi Hurairah r. kemudian bulan itu habis sebelum Allah memberi ampunan akan dia. bahkan melalui imajinasi. Hidup sengsara seorang laki-laki yang telah tua. Hidup sengsara seorang laki-laki telah masuk bulan Ramadhan (puasa). 6) proses pengalihan pesan melalui saluran tertentu kepada orang lain dengan efek tertentu.a: ‫رغم أنف رجل ذكرت عنده فلم يصل على ورغم أنف رجل أدرك أبويه عنده الكبر اواحدهما فلم‬ 190. pertukaran informasi.188. Stephen Covey: Communication is the most important skill in life. 192. Komunikasi : bersatu dengan orang lain atau bersama dengan orang lain untuk melakukan kontak atau hubungan. 191. namun dia tidak mengucapkan shalawat atasku. komunikasi organisasi merupakan arus informasi. ‫يدخله الجنة ورغم انف رجل دخل عليه رمضان ثم انسلخ قبل أن يغفرل‬ “Hidup sengsara laki-laki disebut orang aku di dekatnya. 2) pertukaran pesan-pesan yang tertulis. 4) pengalihan informasi dari seseorang kepada orang lain. komunikasi adalah 1) pernyataan diri yang efektif. namun pemeliharaannya atas keduanya tidak menyebabkan dia masuk surga. Liliweri (2003). gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan. Didalam Wikipedia. 3) pertukaran informasi atau hiburan dengan katakata melalui percakapan atau dengan metode lain. dan pemindahan arti di dalam suatu organisasi. . 189. pesan-pesan dalam percakapan. 5) pertukaran makna antar pribadi dengan sistem symbol.

Komunikasi merupakan pertukaran pesan yang menghasilkan pertukaran makna antara pengirim dan penerima pesan. sign or behavior”. 197. penjelasan. pernyataan dari orang keorang atau dari kelompok ke kelompok. Liliweri (2007) komunikasi merupakan proses pengalihan informasi dari satu orang kepada orang lain dengan maksud tertentu. tanda atau prilaku. verbal dan nonverbal. 200. dan diberi arti. Komunikasi adalah hubungan kontak antara dua orang atau lebih.193. Yang paling penting adalah pemahaman. Lewis(1987). 196. yaitu symbol. Situsna (1983) komunikasi adalah proses menyalurkan informasi. “comm unication is the exchange of messages resulting in a degree of shared meaning between a sender and receiver”. . Robbins dan coulter (2007) “comunication is the transfer and understanding of meaning”. seperti system symbol verbal (katakata). ide. Karlfried Knapp (2003). perasaan. serta Bolton (1983) komunikasi sebagai proses penyampain pesan kepada seseorang atau kelompok. Komunikasi merupakan pertukaran info rmasi antara individu melalui suatu sistem umum. 198. Muhammad (2002). komunikasi merupakan interaksi antar pribadi yang menggunakan symbol-simbol linguistic. Seiler (1988). Newell (1978) “process by which information is exchanged between individuals through a common system of symbol. Ia adalah proses interaksi antara orang-orang atau kelompokkelompok yang ditujukan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku orangorang dan kelompok-kelompok didalam suatu organisasi. 195. diterima. dan proses interaksi tersebut hendak mencapai kesamaan pengertian. komunikasi adalah proses dengan mana symbol verbal dan nonverbal dikirim. 199. komunikasi adalah pertukaran pesan verbal maupun nonverbal antara si pengirim dengan si penerima pesan untuk mengubah tingkah laku 201. 194. Wexley dan Yulk (1977).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful