P. 1
Anabolisme Fotositesis

Anabolisme Fotositesis

|Views: 23|Likes:
Published by Andi Maryam Mogana
Fotosintesis Pada Tumbuhan
Fotosintesis Pada Tumbuhan

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Andi Maryam Mogana on Feb 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2013

pdf

text

original

Standar Kompetensi 2. Memahami pentingnya organisme.

proses

metabolisme

pada

Kompetensi Dasar 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mendefinisikan pengertian anabolisme 2. Siswa mampu mendeskripsikan perbedaan fotosintesis dan kemosintesis 3. Siswa mampu mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis.

Anabolisme
• Penyusunan atau sintesis suatu molekul. • Contoh: fotosintesis atau sintesis karbohidrat dengan bantuan energi cahaya matahari
Molekul Kecil Molekul Besar

6H2O + 6CO2 ----------> C6H12O6+ 6O2
KLOROFIL

ANABOLISME

FOTOSINTESIS

KEMOSINTESIS

A. Fotosintesis
• Fotosintesis merupakan sintesis yang memerlukan cahaya (fotos = cahaya; sintesis = membuat bahan kimia, memasak).

Fotosintesis adalah peristiwa penggunaan energi cahaya untuk membentuk senyawa dasar karbohidrat dari karbondioksida dan air.

Tempat terjadinya fotosintesis
• Kloroplas  organel plastid yang mengandung pigmen hijau daun (klorofil). • terdapat pada mesofil daun tanaman, yaitu selsel jaringan tiang (palisade) dan sel-sel jaringan bunga karang (spons). • Di dalam kloroplas terdapat klorofil pada protein integral membrane tilakoid.

Bagian-bagian kloroplas antara lain:
a. Stroma Stroma  struktur kosong di dalam kloroplas. Tempat glukosa terbentuk dari karbon dioksida dan air b. Tilakoid Tilakoid  struktur cakram yang terbentuk dari pelipatan membrane dalam kloroplas. Membrane tilakoid menangkap energy cahaya dan mengubahnya menjadi energi kimia. c. Grana Grana  satu tumpuk tilakoid

Tempat Terjadinya proses Fotosintesis

Jalannya Reaksi Fotosintesis

1. Reaksi terang (reaksi yang bergantung cahaya)

2. Reaksi gelap (reaksi yang tidak bergantung cahaya)

1. Reaksi terang (reaksi yang bergantung cahaya)
Tempat: membran tilakoid • Penyerapan energi cahaya • Molekul air pecah, • ATP dan NADPH terbentuk, dan oksigen dilepaskan.

Reaksi Terang pada membrane tilakoid

2. Reaksi gelap (reaksi yang tidak bergantung cahaya)
Tidak bergantung secara langsung dengan cahaya (SIKLUS CALVIN) hanya dapat berlangsung jika ada ATP dan NADPH dari reaksi terang. 1. Fase Fiksasi Karbondioksida diikat oleh RuBP menjadi senyawa 6 karbon yang labil. Senyawa 6 karbon kemudian memecah menjadi 2 fosfogliserat (PGA). 2. Fase Reduksi Masing-masing PGA menerima gugus Fosfat dari ATP dan menerima hydrogen serta electron dari NADPH. Reaksi ini menghasilkan PGAL (fosfogliserida) Molekul PGAL membentuk Glukosa 3. Fase Regenerasi Dari 12 PGAL, 10 molekul kembali ke tahap awal menjadi RuBP, dan seterusnya RuBP akan mengikat CO2 yang baru Dua PGAL lainnya akan berkondensasi menjadi glukosa 6 fosfat. Molekul ini merupakan prekursor (bahan baku).

Tahap reaksi gelap terjadi setelah reaksi terang

B. Kemosintesis
Kemosintesis adalah sintesis (anabolisme) dengan menggunakan sumber energi berasal dari reaksi kimia eksergonik. Bakteri kemosintetik berperan penting pada daur biogeokimia. Misalnya bakteri belerang mengubah belerang menjadi sulfat yang kemudian dapat digunakan oleh tanaman untuk sintesis protein.

Anabolisme ….

Perbedaan fotosintesis dan kemosintesis …
Tahap-tahap reaksi fotosintesis….

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->