P. 1
Izin-Usaha

Izin-Usaha

|Views: 32|Likes:
Published by Halim Harahap

More info:

Published by: Halim Harahap on Feb 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2013

pdf

text

original

KEWIRAUSAHAAN

MARAHALIM HARAHAP NIP. 197412172005021003

dan kepastian usaha. adanya kelancaran arus barang.Maksud Perizinan Usaha  Usaha yang sudah menetap wajib memiliki izin usaha. Dengan adanya perizinan usaha diharapkan akan tercipta tertib usaha. pendapatan. sedangkan pedagang keliling yang tidak menetap dan pedagang kaki lima (PKL) belum diwajibkan memiliki izin usaha. dan pengawasan kegiatan usaha oleh pemerintah. meratakan kesempatan berusaha/bekerja. Maksud perizinan usaha untuk mewujudkan pembinaan. pengarahan.  .

Izin Usaha Bidang Industri dan Perdagangan .

atau persetujuan prinsip mendirikan perusahaan industri.Izin Prinsip  Izin prinsip adalah persetujuan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat untuk mendirikan perusahaan industri. .

berlaku 20 sampai 30 tahun. Izin pembebasan dapat berbentuk Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).Izin Penggunaan Tanah  Izin penggunaan tanah dikeluarkan oleh Kantor Agraria Pemda setempat setelah izin pembebasan tanah dimiliki. .

Izin Mendirikan Bangunan (IMB)  Izin mendirikan bangunan dikeluarkan oleh Dinas Pengawasan Pembangunan Tata Kota. . dengan syarat pelaksanaan pembangunan tidak mengganggu tempat sekitar bangunan yang didirikan dan lain sebagainya.

perusahaan wajib memiliki izin dari RT.Izin Gangguan  Sebelum mengajukan permohonan izin gangguan. Izin gangguan wajib diperbaharui setiap 3 tahun sekali apabila usahanya masih berjalan. . dan Kantor Desa/Kelurahan setempat dan mendapat persetujuan tidak berkeberatan dari tetangga terdekat. RW. Izin gangguan dikeluarkan oleh Bagian Undang-Undang Gangguan pemda setempat yang wajib dimiliki oleh Perusahaan.

generator. Fondasi bangunan harus kuat menahan getaran. dan alat lainnya tidak menimbulkan kebisingan.  Perusahaan harus menyediakan sarana pengamanan seperti pemadam kebakaran. tempat usaha dan halaman harus terpelihara kebersihannya. .  Tidak mengganggu daerah sekitarnya dan hanya buka pada waktu tertentu. dan sebagainya.  Peralatan mesin. obat – obatan. dan alat keselamatan lainnya. Syarat-syaratyang harus dipenuhi untuk membuat izin gangguan diantaranya.

 Surat lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)  . sepanjang ketentuanketentuan undang-undang Gangguan (HO) mewajibkannya. Pada umumnya SITU dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Tingkat II dan Tingkat I. maka setiap wirausahawan perlu membuat SITU.Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Untuk kelancaran mengurus surat izin usaha.  Salinan akta pendirian usaha dari Notaris.  Persyaratan untuk memperoleh SITU :  Salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP)  Pas foto dua buah ukuran 3x4 dari penanggung jawab atau pemilik usaha.

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)  SIUP adalah surat izin yang diberikan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk untuk melaksanakannya. atau koperasi. SIUP perusahaan kecil dan menengah ditandatangani oleh Kepala Kantor Perdagangan Daerah Tingkat II atas nama Menteri. baik perorangan. serta berlaku untuk melakukan kegiatan perdagangan di seluruh wilayah Republik Indonesia. Firma. SIUP perusahaan besar ditandatangani oleh Kepala Kantor Wilayah Perdagangan Daerah Tingkat I. atas nama Menteri. selama perusahaan yang dimilikinya masih menjalankan usahanya. Sedangkan SIUP perusahaan besar masa berlakunya 5 tahun. kepada para pengusaha.   . BUMN. SIUP perusahaan kecil dan menengah masa berlakunya tidak terbatas. CV. dan sebagainya. berdasarkan tempat kedudukan perusahaan.

Salinan SITU dari pemerintah daerah.Persyaratan untuk memperoleh SIUP       Salinan akta pendirian usaha dari Notaris. Salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari penanggung jawab perusahaan. . Salinan pendaftaran akta pendirian pada kepaniteraan pengadilan setempat. Salinan pengesahan Anggaran Dasar dari Departemen Kehakiman. Salinan berita negara tentang pendirian PT.

 Pas foto dua buah ukuran 3x4 dari penanggung jawab perusahaan. .  Salinan Surat Keputusan Direksi dan persetujuan dari Dewan Komisaris mengenai pendirian cabang atau perwakilan dan nomor surat izin usaha perdagangan dari perusahaan setempat. Salinan surat keputusan ganti nama dari penanggung jawab perusahaan yang dikeluarkan oleh Menteri Kehakiman/ Kepala Daerah Tingkat II.

tempat rekreasi dari Departemen Pariwisata. Masingmasing izin usaha diajukan melalui Kantor Dinas Kota/Kabupaten dimana usaha beroperasi. .Izin Departemen  Dikeluarkan oleh setiap departemen yang membawahi bidang usaha yang dijalankan. Misalnya : biro perjalanan/travel.

Analisis Dampak Lingkungan (amdal)  Analisis dampak lingkungan adalah keseluruhan proses yang meliputi penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan bagi berbagai usaha atau kegiatan terpadu/ multisektor. Sertifikat tanah. . Persyaratan untuk memperoleh amdal :          Akta pendirian perusahaan Surat Izin Tempat Usaha Nomor Register Perusahaan Nomor Pokok Wajib Pajak Foto copy KTP pengusaha. pengurus. Lokasi dan gambar tanah yang akan didirikan perusahaan. atau pemilik perusahaan. Rencana usaha atau kegiatan usaha. terlaksananya pembangunan yang berwawasan lingkungan dan terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana merupakan tujuan dari amdal.

Neraca usaha perusahaan atau pembukuan.  . Persyaratan memeproleh NPWP :     Memasukkan STP ke Direktorat Jenderal Pajak. benar. lengkap. jika tidak akan dikenakan sanksi pidana. Akta pendirian perusahaan Surat Izin Tempat Usaha. sesuai petunjuk yang diberikan. wajib mengisi dan menyampaikan Surat Pemberitahuan (STP).Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)  Setiap wirausahawan adalah wajib pajak dan harus mendaftarkan diri pada Direktorat Jenderal Pajak dan akan diberi NPWP. Pengisian SPT harus dilakukan secara jelas. dan harus disampaikan kepada Kantor Pelayanan Pajak tepat pada waktunya. Setiap wirausahawan yang mempunyai NPWP.

Nomor Register Perusahaan (NRP)   Wirausahawan sebagai pemilik perusahaan diwajibkan mengurus dan harus mempunyai NRP atau disebut juga Tanda Daftar Perusahaan (TDP). . Wajib Daftar Perusahaan dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan melalui Dinas Perdagangan Kota/Kabupaten. Akta pendirian perusahaan dari notaris bagi perusahaan yang berbadan hukum. dilakukan paling lambat 3 bulan setelah perusahaan menjalankan usahanya : wajib didaftarkan kembali setiap 5 tahun. Persyaratan untuk memperoleh NRP :       Foto copy KTP pemilik perusahaan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

  Foto copy KTP/SIM Mengisi formulir kartu contoh tanda tangan .Nomor Rekening Bank (NRB)        Wirausahawan yang mempunyai perusahaan diwajibkan mengurus dan harus mempunyai NRB. Prosedur untuk mendapatkan NRB : Persyaratan untuk memperoleh NRB : Foto copy KTP pemilik perusahaan. Formulir kartu contoh tanda tangan Tanda setoran Lembar pemberitahuan setoran.

Proses Perizinan  Setelah persyaratan dipenuhi langsung menghubungi instansi atau lembaga yang berwenang untuk mendapatkan informasi sekaligus mengurusnya. Dalam mengurus dan memperoleh surat perizinan akan menerima formulir untuk diisi. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->