Gempa Tengah Malam di Laut Jawa Itu Berbeda

Gempa Tengah Malam di Laut Jawa Itu Berbeda
Agustus 12th, 2007 — Rovicky Dwi Putrohari Gempa yang terjadi 8 Agustus 2007 pukul 00.05 tengah malam itu menurut USGS (US Geological Survey) berada pada kedalaman 289.2 km (179.7 miles). Gempa dengan kekuatan 7.5 SR ini tentunya memiliki kekuatan sangat besar dibanding gempa Jogja yang hanya berkekuatan 6.3 SR (USGS). Namun gempa Jogja yang kekuatannya kurang dari seper sepuluhnya gempa Indramayu ini jauh lebih merusak ketimbang gempa di Laut Jawa ini.

Tanyaken Apa ?

Ada beberapa penjelasan mengapa gempa ada yang merusak, ada yang menyebar lebih jauh, dan ada pula yang menyebabkan tsunami. Semua karena bumi bergerak. Tetapi akibatnya dapat berbeda beda. “Wah ngeri Pakdhe, Sekali goyang bisa dua tiga kerusakan terjadi ya ?” “Mulane, kamu harus tahu juga karakteristik gempa-gempa ini tole” “Tapi pakdhe ngga ngrasain gempa kali ini kaan ? Wah Pakdhe jalan-jalan sendiri, tole ga diajak !” Jenis-jenis gempa dilihat dari kedalaman episenternya. Sekarang kita bisa belajar adanya beberapa jenis gempa. Kalau dulu hanya mengenal gempa darat dan gempa laut sekarang agak sedikit beragam ditambah dengan kedalamannya dan mekanismenya.

1. Gempa dangkal (kedalaman 0 – 35 – 70 Km)
Di daratan gempa-gempa dangkal ini biasanya berasosiasi dengan patahan patahan major yang bergeser atu bergerak akibat gerakan plate tektonik. Dapat juga gempagempa dangkal ini akibat gerakan-gerakan magma, sering disebut gempa volkanik. Gempa dangkal yang terjadi di darat ini memiliki daya rusak kontsruksi yang sangat kuat karena amplitudo goyangan ini sangat “terasa” dipermukaan. Walaupun gempanya hanya memiliki 4 Skala Richter walaupun skala gempanya kecil namun gempa ini mampu -5
http://rovicky.wordpress.com Halaman 1 dari 6

Selain goyangan tentusaja adanya akan ada efek ilusi juga menyebabkan orientasi mata dan otak tidak sinkron. Gempa di darat akibat gerakan sesar aktif ini tidak menyebabkan tsunami. Potensi-potensi patahan lain yang dikhawatirkan masih aktif dan mungkin menyebabkan kerusakan karena getarannya antara lain Sesar Cimandiri. Gempa dangkal yang terjadi di laut disebabkan oleh pergerakan kerak yang menyebabkan terjadinya dislokasi yang mampu menimbulkan tsunami. Patahan Palu-Koro di Sulawesi. kan? Goyangan yg tercatat dalam seismogram atau yang terlihat pada seismogram ini yang dapat dipakai sebagai patokan.Gempa Tengah Malam di Laut Jawa Itu Berbeda merusakkan bangunan di permukaan.” Contoh gempa dangkal yang episenternya di darat yang sangat merusak ini adalah gempa Jogja.com Halaman 2 dari 6 . Banyak yang melihat seolah ada gerakan gelombang tiga meter padahal itu mungkin hanyalah ilusi akibat dis-orientasi saja.wordpress. Goyangan yang ada di seismograft ngga akan sampai segitu besarnya. Gempa ini memiliki goyangan kuat yang tentusaja kalau terjadi cukup lama akan membuat pusing. Ada banyak patahan-patahan aktif di darat ini yang sering menyebabkan gempa antara lain Patahan Sumatra (Semangko Fault). Sesar Lembang (di jawa Barat) dan Sesar Opak (tahun 2006 aktif) Sesar Grindulu di Jawa Timur. persis orang mabok . Gempa dangkal di laut yg http://rovicky. pandangan mata saja tidak bisa dijadikan ukuran. Gempa di Jogja kemarin disebabkan oleh pergerakan sesar atau Patahan Opak. “Bener looh Pakdhe. goyangannya terasa sampai meteran je” “Hiyo thole. dll.

Getaran ini juga sangat mungkin menyebabkan timbulnya longsoran bawah laut. Nah kalau melihat gambar diatas tentunya kita tahu bahwa tsunami sangat mungkin terjadi dan menerpa pantai selatan Jawa dan Sumatra.com Halaman 3 dari 6 . Longsoran ini terjadi karena pada daerah tubrukan lempeng ini memiliki lereng yang sangat curam yang rawan longsor karena goyangan gempa.Gempa Tengah Malam di Laut Jawa Itu Berbeda menimbulkan tsunami ini akibat adanya dislokasi atau perubahan elevasi dasar laut yang menggerakkan massa air diatasnya. http://rovicky. Ingat ya … kalau sedang dipantai terasa ada gempa kemudian diikuti dengan surutnya muka air laut sebaiknya menghindar ke darat. Tsunami-tsunami yang disebabkan oleh gempa dangkal di laut yang ini antara lain yang terjadi di Aceh. Namun akan lebih baik kalau mencari lokasi yang tinggi permukaannya yang relatif lebih aman. Tentunya masih ingat gambar dibawah ini kan ? Dislokasi ini ini disebabkan terangkatnya kerak benua (merah) karena disundul oleh kerak samodra (biru). Nias dan Pangandaran yang terjadi beberapa waktu lalu.wordpress. Ketika berada di pantai kita tidak tahu dimana sumber gempanya.

Mengapa disebut gempa dalam ? Kerak bumi inisebenarnya sangat tipis.wordpress.com Halaman 4 dari 6 . Namun gempa-gempa ini masih dapat di perkirakan genesa atau mekanisme terjadinya. Tetapi semestinya kamu tahu bahwa gempa-gempa itu berbeda dengan yang di Samodra Indonesia bukan ? http://rovicky. Sehingga digolongkan sebagai gempa-gempa yang mungkin tidak berasosiasi dengan penampakan retakan atau patahan di permukaan. Kalau dilihat gambar gempa dangkal yang menyebabkan tsunami di Aceh yang di atas. Gempa-gempa dalam terletak pada kedalaman dibawah kerak bumi. Sehingga diperkirakan gempa-gempa dalam ini diperkirakan terjadi dengan mekanisme yang sama dengan yang berada di sebelah kirinya. Sedangkan kerak benua di pegunungan lebih tinggi ketimbang kerak benua di pantai (dataran). maka bisa kita lihat adanya jalur atau zona gempa yang berupa titik2. Titik-titik merah ini merupakan tempat bergesernya kerak samodra yang menghunjam kebawah.Gempa Tengah Malam di Laut Jawa Itu Berbeda 2. Kerak samodra lebih tipis hanya sekitar 10 Km saja. Hanya saja kebetulan yang terjadi di sebelah utara Indramayu kemarin itu berada di Laut Jawa. Rata-rata hanya sekitar 30-40 Km. Gempa dalam (kedalaman 70 – 150 – 300 Km) Yang termasuk gempa dalam ini memiliki kedalaman hiposenter antara 70-150 Km dan 150-300 Km. Di Jawa dan Sumatra lokasi gempa dalam semakin ke utara semakin dalam.

Namun karena berada pada kedalaman dibawah 300 Km maka manusia tidak akan merasakan getarannya.com Halaman 5 dari 6 . Bahkan bisa dikatakan tidak ada pergeseran batuan yang berada diatas. 3. Kalau kita lihat gambar diatas jelas memperlihatkan lokasi kedalaman yang sangat jauuh dari kerak bumi. http://rovicky. apakah gempa seperti di lepas pantai Indramayu ini dapat menyebabkan tsunami ? Saya lebih cenderung untuk mengatakan gempa dalam di Laut Jawa tidak menyebabkan tsunami. wong yang terjadi di Jogja saja hampir tidak terasa di daerah Kebumen. jadi sama-sama gempa yang episenternya di laut tetapi berbeda dampaknya dengan yang di Aceh ya Pakdhe ?” “Ya jadi kamu bisa ngerti mengapa gempa yang di laut tidak selalu menyebabkan tsunami walaupun kekuatannya sudah diatas 6 skala Richter” Yang banyak mengundang pertanyaan k emarin adalah. Banyumas dan Jawa barat pada umumnya. Gempa sangat dalam (kedalaman 300 – 500 – 800 Km) Gempa sangat dalam ini sebenarnya relatif sering terjadi juga. Bayangkan saja.wordpress. Sebab gempa dalam yang terjadi di Laut Jawa ini tidak menyebabkan dislokasi yang berarti di permukaan.Gempa Tengah Malam di Laut Jawa Itu Berbeda “Wooo. ….

KL – Malaysia. (Society of Exploration Geophysicists). Saat ini beliau bekerja di HESS.wordpress. Total. Selain rajin menulis di situsnya di http://rovicky. Murphy Oil sebagai explorationist. Beliau sudah pernah bekerja di beberapa perusahaan minyak asing.Gempa Tengah Malam di Laut Jawa Itu Berbeda Gambar diatas memperlihatkan gempa-gempa yang terjadi di Jawa beserta kedalamannya. Gempa dalam ini tentusaja akan terasa di permukaan dan juga akan memiliki daya rusak apabila energi geombangnya masih kuat. beliau juga menjadi anggota di beberapa o rganisasi profesional. Gempa sangat dalam merupakan gempa-gempa yang disebabkan oleh pergerakan kerak benua (biru). http://rovicky. Kondur PSA. seperti Hudbay Oil.wordpress. Shell.com Halaman 6 dari 6 . Lasmo. yaitu : • • • • • IAGI HAGI AAPG SEG IPA (Ikatan Ahli Geologi Indonesia).com untuk berbagi ilmu secara cuma-Cuma. ya ? Tentang Penulis : Rovicky adalah salah seorang geolog Indonesia. Kamu bisa lihat lokasi-lokasi gempa yang dapat menjelaskan bagaimana kemungkinan terjadinya. (Indonesian Petroleum Association). Namun. (Himpunan Ahli Geofisika Indonesia) (American Assoc of Petroleum geologist). ada yang aneh kan ? Mengapa Indramayu yang deket dengan episenter tidak separah Sukabumi ? Tunggu dongeng berikutnya.