P. 1
Seni Kria Batik 1

Seni Kria Batik 1

|Views: 92|Likes:
Published by Widibae Jokothole
batik
batik

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Widibae Jokothole on Feb 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/26/2013

pdf

text

original

SENI KRIYA BATIK

Adaptif

Standar Kompetensi

Mengapresiasi karya seni rupa Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni rupa

Adaptif

Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak Melaporkan pengamatan terhadap karya seni rupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
Adaptif

JENIS BATIK 1 BATIK TULIS
2 BATIK CAP

3 4

BATIK IKAT / JUMPUTAN BATIK CETAK / PRINTING

Adaptif

BATIK TULIS BATIK YANG PEMBUATANNYA DENGAN CARA TRADISIONAL YAITU DENGAN CANTING DAN MALAM MOTIF / DESAIN YANG DIGUNAKAN BIASANYA MOTIF TRADISIONAL Adaptif .

COTOH BATIK TULIS Adaptif .

BATIK CAP BATIK YANG PEMBUATANNYA MENGGUNAKAN SISTIM CAP / STEMPEL BATIK INI BIASANYA DIPRODUKSI DALAM JUMLAH BANYAK Adaptif .

COTOH BATIK CAP Adaptif .

BATIK IKAT / JUMPUTAN BATIK YANG DIBUAT DENGAN CARA MENGIKAT KAIN DENGAN BENANG YANG KEMUDIAN DICELUPKAN WARNA PADA BATIK INI MOTIF YANG DIHASILKAN SANGAT TERBATAS Adaptif .

CONTOH BATIK JUMPUTAN Adaptif .

BATIK CETAK / PRINTING BATIK YANG DIBUAT DENGAN CARA DI CETAK DENGAN SISTIM SABLON DIBUAT DENGAN PRODUKSI MASSAL Adaptif .

CONTOH BATIK CETAK Adaptif .

malam cetak( warnanya coklat sifatnya mudah retak ) Pewarna . primisima.BAHAN DAN PERALATAN BATIK .Naptol : berfungsi sebagai warna dasar yang dibangkitkan oleh garam warna Adaptif . voalisima. Jenis kain untuk membatik yang cocok adalah jenis kain katundan sutra. seperti : blaco. KAIN MalamJenis malam yang digunakan untuk membatik adalah : malam lowong ( warnanya kuning dan lebih liat ). poplin. santun. prima. dan sutra. linen.

PERALATAAN MEMBATIK CANTING KOMPOR WAJAN GAWANGAN SARUNG TANGAN Adaptif .

CANTING ALAT UNTUK MENOREHKAN MALAM PADA KAIN Adaptif .

Contoh macam-macam canting Adaptif .

CARA MEMEGANG CANTING Adaptif .

KOMPOR & WAJAN Adaptif .

soda abu untuk membuat cairan pelorot malam dari kain. .soda api disebut juga costik soda berbentuk seperti Kristal dipakai untuk campuran larutan naptol.BAHAN PELENGKAP 4. Adaptif .TRO berbentuk minyak digunakan digunakan untuk campuran larutan neptol dan larutan rapid . Bahan pelengkap .

TAHAP PEMBUATAN BATIK MOTIF /DESAIN PEMBERIAN MALAM PEWARNAAN Adaptif .

MOTIF /DESAIN PEMBUATAN GAMBAR PADA KAIN KATUN DENGAN PENSIL GAMBAR BISA MENJIPLAK DARI POLA YANG SUDAH ADA Adaptif .

PEMBUATAN MOTIF Adaptif .

PEMBERIAN MALAM ADALAH PROSES UNTUK MENUTUP POLA / GAMBAR DARI PENSIL YANG SUDAH ADA MENGGUNAKAN MALAM DENGAN ALATNYA CANTING Adaptif .

KAIN YANG SUDAH DI MALAM Adaptif .

PEWARNAAN NAPTOL GARAM WARNA RAPIDOGIN BAHAN PELENGKAP Adaptif .

Pencelupan warna proses pencelupan dilaukan 3 langkah -pencelupan dengan larutan naptol -pencelupan pada larutan garam warna -pembilasan dengan air bersih untuk hasil yang memuaskan pencelupan dilakukan berulang-ulang dari bak 1.2 dan 3 dst Adaptif .

Cara pembuatan larutan garam  1 sendok makan garam warna diaduk dengan air dingin hingga rata.dilakukan penutupan dengan malam bila kita ingin memunculkan warna lain dalam batik yang kita buat. Dan proses penutupan ini harus tembus sampai di balik kain agar warna tidak tembus pada saat pencelupan warna. kemudian di masukkan kedalam bak berisi sepertiga isi bak. Adaptif . ( ukuran untuk 4 meter kain ) setelah proses pewarnaan .

kain yang siap dilorot dibentangkan dan di atasnya dikasih kertas koran kemudian diseterika hingga malam menyerap di koran begitu seterusnya sampai malam pada kain hilang. Kain dimasukkan ke dalam larutan diaduk-aduk sampai malamnya terlepas dari kain.kemudian dibilas dengan air bersih dan dijemur di tempat yang teduh.Pelorotan  untuk menghilangkan malam dari kain melalui proses pelorotan ada 2 cara yaitu : 2-3 sendok makan soda abu + air mendidih satu panci dimasukkan keember plastik. Adaptif .

GAMBAR PELOROTAN Adaptif .

Contoh-contoh karya seni batik Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

Adaptif .

AGOES SOESILO ETY YUNIANDARI.SPd SMK NEGERI 11 SURABAYA Adaptif .TERIMA KASIH DRS.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->